Teks -- Kejadian 2:8-25 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Kej 2:8 - TAMAN DI EDEN, DI SEBELAH TIMUR.
Nas : Kej 2:8
Taman Eden terletak dekat dataran Sungai Efrat dan Tigris (lih. ayat
Kej 2:14). Beberapa orang beranggapan taman ini letak di wilayah...
Nas : Kej 2:8
Taman Eden terletak dekat dataran Sungai Efrat dan Tigris (lih. ayat Kej 2:14). Beberapa orang beranggapan taman ini letak di wilayah selatan Irak sekarang; yang lain beranggapan bahwa data Alkitab (ayat Kej 2:10-14) kurang memadai untuk menentukan tempat yang tepat.
Full Life: Kej 2:9 - POHON KEHIDUPAN.
Nas : Kej 2:9
Dua pohon di taman ini memiliki kepentingan khusus.
1) "Pohon kehidupan" mungkin dimaksudkan untuk mencegah terjadinya
kemati...
Nas : Kej 2:9
Dua pohon di taman ini memiliki kepentingan khusus.
- 1) "Pohon kehidupan" mungkin dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kematian jasmaniah. Pohon ini dikaitkan dengan hidup kekal dalam Kej 3:22 (bd. Wahy 2:7). Umat Allah akan menikmati pohon kehidupan di langit baru dan bumi baru (Wahy 2:7; 22:2).
- 2) Pohon "pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat" dirancang untuk
menguji iman dan ketaatan Adam kepada Allah dan firman-Nya
(lihat cat. --> Kej 2:16).
[atau ref. Kej 2:16]
Allah menciptakan manusia sebagai makhluk moral dengan kemampuan untuk memilih secara bebas untuk mengasihi dan menaati sang Pencipta, atau untuk tidak menaati dan memberontak kepada kehendak-Nya.
Full Life: Kej 2:15 - MENEMPATKANNYA DALAM TAMAN EDEN.
Nas : Kej 2:15
Pada saat ini Adam selaku manusia pertama kudus, bebas dosa dan
dalam hubungan yang sempurna dengan Allah. Adam merupakan puncak cip...
Nas : Kej 2:15
Pada saat ini Adam selaku manusia pertama kudus, bebas dosa dan dalam hubungan yang sempurna dengan Allah. Adam merupakan puncak ciptaan Allah dan diberikan tanggung jawab untuk bekerja di bawah pengarahan Allah dalam memelihara ciptaan-Nya ini. Hubungan harmonis di antara Allah dengan manusia ini hilang karena Adam dan Hawa tidak taat (Kej 3:6,14-19).
Full Life: Kej 2:16 - TUHAN ALLAH MEMBERI PERINTAH INI KEPADA MANUSIA.
Nas : Kej 2:16
Sejak awal sejarah umat manusia terikat dengan Allah melalui iman
dan ketaatan kepada Firman-Nya sebagai kebenaran mutlak.
1) H...
Nas : Kej 2:16
Sejak awal sejarah umat manusia terikat dengan Allah melalui iman dan ketaatan kepada Firman-Nya sebagai kebenaran mutlak.
- 1) Hidup melalui iman dan ketaatan diberikan sebagai prinsip pengatur di dalam hubungan Adam dengan Allah di taman Eden. Adam diingatkan bahwa dia akan mati jikalau melanggar kehendak Allah dan memakan buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat (ayat Kej 2:17). Ancaman kematian ini harus diterima dengan iman berdasarkan firman Allah karena Adam belum melihat kematian manusia.
- 2) Perintah Allah (ayat Kej 2:16-17) diberikan kepada Adam sebagai ujian moral. Perintah itu menempatkan di hadapannya suatu pilihan yang tegas dan sengaja untuk percaya dan taat, atau tidak percaya dan tidak menaati kehendak Penciptanya.
- 3) Selama Adam mempercayai firman Allah dan taat, dia akan terus
memiliki hidup kekal dan hubungan yang bahagia dengan Allah
(lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
Jikalau dia berdosa karena tidak taat, dia akan menuai bencana moral dan kematian (ayat Kej 2:17).
Full Life: Kej 2:18 - PENOLONG ... YANG SEPADAN DENGAN DIA.
Nas : Kej 2:18
Wanita diciptakan untuk menjadi rekan yang mengasihi dan menolong
laki-laki. Selaku rekan ia harus bersama-sama menanggung tanggung ...
Nas : Kej 2:18
Wanita diciptakan untuk menjadi rekan yang mengasihi dan menolong laki-laki. Selaku rekan ia harus bersama-sama menanggung tanggung jawab laki-laki dan bekerja sama dengannya dalam memenuhi maksud Allah bagi kehidupan laki-laki dan keluarga mereka
(lihat cat. --> Ef 5:22;
[atau ref. Ef 5:22]
lih. Mazm 33:20; 70:6; 115:9, di mana istilah "penolong" dipakai juga
untuk menggambarkan Allah).Full Life: Kej 2:24 - MENINGGALKAN AYAHNYA DAN IBUNYA.
Nas : Kej 2:24
Sejak semula Allah menetapkan pernikahan dan kesatuan keluarga
sebagai lembaga pertama dan paling penting di bumi
(lihat c...
Nas : Kej 2:24
Sejak semula Allah menetapkan pernikahan dan kesatuan keluarga sebagai lembaga pertama dan paling penting di bumi
(lihat cat. --> Kej 1:28).
[atau ref. Kej 1:28]
Rencana Allah bagi pernikahan adalah satu orang laki-laki dan satu orang wanita yang menjadi "satu daging" (yaitu, bersatu secara jasmaniah dan rohani). Arahan ini menolak perzinaan, poligami, homoseksualitas, kehidupan tidak bermoral, dan perceraian yang tidak alkitabiah (Mr 10:7-9;
lihat cat. --> Mat 19:9).
[atau ref. Mat 19:9]
BIS: Kej 2:9 - pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat atau pengetahuan tentang segala sesuatu.
pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat atau pengetahuan tentang segala sesuatu.
Kus (di Mesopotamia); atau Sudan.
Dalam bahasa Ibrani kata untuk laki-laki adalah ISH.
Dalam bahasa Ibrani kata untuk perempuan adalah ISHA.
Jerusalem: Kej 2:8 - taman di Eden Kata "taman" oleh Alkitab Yunani diterjemahkan dengan kata firdaus: Dan kata ini akan dipakai dalam tradisi selanjutnya. Eden di sini adalah nama sebu...
Kata "taman" oleh Alkitab Yunani diterjemahkan dengan kata firdaus: Dan kata ini akan dipakai dalam tradisi selanjutnya. Eden di sini adalah nama sebuah daerah yang tidak dapat ditentukan di mana letaknya. Mula-mula kata Eden mungkin hanya berarti: "padang belantara". Tetapi orang-orang Yahudi mengartikan kata Eden itu atas dasar sebuah kata Ibrani 'dn, yang berarti: kenikmatan. Perbedaan antara daerah Eden dan "taman" yang jelas dalam ayat ini dan dalam Kej 2:10, dalam bagian-bagian Kejadian selanjutnya menjadi kabur. Dalam Kej 2:15 dikatakan mengenai "Taman Eden" lih juga Kej 3:23,24. Dalam kitab Yeh 28:13 dan Yeh 31:9 Eden, yaitu "Taman Tuhan", dilawankan dengan padang gurun dan padang belantara.
Jerusalem: Kej 2:9 - pohon kehidupan Ialah lambang kebakaan, bdk Kej 3:22+. Mengenai "pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat" bdk Kej 2:17+.
Jerusalem: Kej 2:10 - empat cabang Kej 2:10-14 berupa sisipan yang harus diberi berkurung. Sisipan itu mungkin sekali dimasukkan oleh Yahwista sendiri yang memanfaatkan pikiran kuno men...
Kej 2:10-14 berupa sisipan yang harus diberi berkurung. Sisipan itu mungkin sekali dimasukkan oleh Yahwista sendiri yang memanfaatkan pikiran kuno mengenai bentuk bumi. Taman Eden tidak mau diletakkan di tempat tertentu. Pengarang hanya mau berkata bahwa sungai-sungai besar yang berperan sebagai "pembuluh vital" keempat bagian bumi semua mempunyai sumbernya di dalam firdaus. Tidak mengherankan bahwa geografi dalam ayat-ayat ini agak kabur. Sungai Efrat dan Tigris memang dikenal baik oleh ilmu bumi. Kedua sungai ini bersumber di pegunungan Armenia. Tetapi tentang sungai Pison dan Gihon tidak diketahui apa-apa. Menurut Kej 10:29 Hawila adalah sebuah daerah di negeri Arab. Kusy biasanya sama dengan Etiopia. Namun tidak pasti juga bahwa di sini kedua nama itu harus dimengerti menurut artinya yang lazim.
Ini suatu jenis getah yang harum mewangi.
Jerusalem: Kej 2:17 - pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat Pengetahuan itu merupakan milik khusus Allah. Dengan berbuat dosa manusia berusaha merebut hal itu bagi dirinya, Kej 3:5,22. Yang dimaksudkan dengan p...
Pengetahuan itu merupakan milik khusus Allah. Dengan berbuat dosa manusia berusaha merebut hal itu bagi dirinya, Kej 3:5,22. Yang dimaksudkan dengan pengetahuan itu bukanlah pengetahuan akan segala-galanya yang tidak lagi dimiliki manusia setelah berdosa. Tidak dimaksudkan pula kemampuan membeda-bedakan baik dan jahat di bidang kesusilaan. Kemampuan itu sudah dimiliki manusia sebelum berdosa dan tidak dapat tidak diberikan kepada makhluk yang berakal. Pengetahuan itu harus diartikan sebagai kemampuan untuk sendiri menentukan apa yang baik dan apa yang jahat, lalu berlaku sesuai dengan penentuan itu. Jadi pada pokoknya pengetahuan itu berakhir bahwa manusia menuntut otonomi di bidang kesusilaan. Dengan demikian manusia ingin meniadakan kedudukannya sebagai makhluk, bdk Yes 5:20, dan merebut kedudukan Allah. Maka dosanya pada pokoknya dosa kesombongan. Pemberontakan manusia terhadap Penciptanya secara kongkrit diungkapkan sebagai pelanggaran suatu perintah Allah yang dilambangkan oleh buah yang terlarang itu
Jerusalem: Kej 2:17 - pastilah engkau mati Rumus yang sama dipakai dalam hukum yang mengancamkan hukuman mati. Tidak perlu bahwa setelah memakan buah terlarang itu manusia mati seketika juga. T...
Rumus yang sama dipakai dalam hukum yang mengancamkan hukuman mati. Tidak perlu bahwa setelah memakan buah terlarang itu manusia mati seketika juga. Ternyata Adam dan Hawa hidup terus. Hukuman mati yang disebut dalam Kej 3:16-19 tidak lain kecuali kematian pada akhir hidup yang malang dan bersengsara. Dosa yang dilambangkan dengan makan buah terlarang patut mendapat hukuman mati; ayat ini tidak mengatakan lebih dari itu, bdk Kej 3:3.
Jerusalem: Kej 2:18 - penolong baginya Kisah mengenai diciptakannya perempuan, Kej 2:18-24, agaknya berasal dari sebuah tradisi tersendiri. Dalam Kej 2:16 manusia ialah laki-laki dan peremp...
Kisah mengenai diciptakannya perempuan, Kej 2:18-24, agaknya berasal dari sebuah tradisi tersendiri. Dalam Kej 2:16 manusia ialah laki-laki dan perempuan, dan demikianpun halnya dalam Kej 3:24 dan Kej 5:1-3 yang melanjutkan Kej 2:17. Maka dapat disimpulkan bahwa Allah memberikan perintahNya kepada laki-laki maupun kepada perempuan.
Jerusalem: Kej 2:21 - daging Kata Ibrani basar (daging) sehubungan dengan manusia dan binatang pertama-tama berarti gumpal urat-urat, Kej 41:2-4; Kej 4:7; Ayu 2:5. Tetapi kata bas...
Kata Ibrani basar (daging) sehubungan dengan manusia dan binatang pertama-tama berarti gumpal urat-urat, Kej 41:2-4; Kej 4:7; Ayu 2:5. Tetapi kata basar berarti juga seluruh tubuh, Bil 8:7; 1Ra 21:27; 2Ra 6:30 lalu hubungan darah, Kej 2:23; 29:14; 37:27, malahan seluruh umat manusia dan segala makhluk yang berhayat (segala yang hidup), Kej 6:17,19; Maz 136:25; Yes 40:5-6. Jiwa, Nefesy, Kej 2:7+; Maz 6:5+, atau nyawa, ruah, Kej 6:17+, menjiwai daging, biarpun tidak ditambah kepadanya, dan menjadikan hidup. tetapi kata basar sering juga khususnya menunjuk kefanaan dan kelemahan manusia, Kej 6:3; Maz 56:5; Yes 40:6; Yer 17:5. Lambat laun disadari bahwa kedua segi pada manusia itu sedikit banyak berlawanan satu sama lain, Maz 78:39; Pengk 12:7; Yes 31:3, bdk juga Wis 8:19; 9:15+. Bahasa Ibrani tidak mempunyai sebuah kata yang berarti: tubuh. Dalam Perjanjian Baru kekurangan itu diatasi dengan kata Yunani soma yang dipakai di samping kata sarks (daging), bdk Rom 7:5+; Rom 7:24+.
Jerusalem: Kej 2:22 - dari rusuk....dibangunNyalah Ungkapan ini mengungkapkan hubungan yang mempersatukan laki-laki dan perempuan, Kej 2:23. Hubungan itu menjadi dasar persatuan mereka dalam perkawinan...
Jerusalem: Kej 2:23 - perempuan Dalam teks Ibrani ada permainan kata antara isysya (perempuan) dan isy (laki-laki).
Dalam teks Ibrani ada permainan kata antara isysya (perempuan) dan isy (laki-laki).
Ende: Kej 2:8 - -- Bukanlah maksud pengarang menundjukkan dimana manusia ketika itu bertempat
kediaman, melainkan melukiskan keadaannja rohani: manusia ditjiptakan oleh ...
Bukanlah maksud pengarang menundjukkan dimana manusia ketika itu bertempat kediaman, melainkan melukiskan keadaannja rohani: manusia ditjiptakan oleh Tuhan supaja hidup berdekatan dengan Tuhan dan karena itu menikmati kebahagiaan sedjati. Keadaan ini diuraikan dengan konkritnja dengan menggunakan lukisan taman bahagia, tempat Tuhan sendiri bertamasja. Kesitulah manusia dipindahkan dari dunia jang masih serba gersang. Taman ini disebut "Eden", artinja Tanah Kelimpahan. Apa sadja jang tidak sempurna lagi serba buruk didunia ini, tidak terdapat disana.
Ende: Kej 2:9 - -- Pohon kehidupan melambangkan hidup lestari tidak terantjam maut. Djuga pohon
pengertian baik dan djahat mengibaratkan hakekat rohani. Nanti akan ternj...
Pohon kehidupan melambangkan hidup lestari tidak terantjam maut. Djuga pohon pengertian baik dan djahat mengibaratkan hakekat rohani. Nanti akan ternjata pohon pengertian baik dan djahat membawa kemalangan bagi manusia. Hingga sekarang baginja kedjahatan belum ada. Tetapi sesudah makan buah pohon ini djuga kedjahatan akan diketahui dan dialaminja.
Disinipun pengarang ternjata suka menggunakan kata jang sama dengan arti-arti jang agak berbeda. Arti "memahami baik dan djahat" berlainan menurut konteksnja.
Ende: Kej 2:10 - -- Adanja air jang berlimpah-limpah adalah sjarat kesuburan taman bahagia ini.
Diajat 10-14(Kej 2:10-14) (jang mungkin pula merupakan tambahan pada
kissa...
Adanja air jang berlimpah-limpah adalah sjarat kesuburan taman bahagia ini. Diajat 10-14(Kej 2:10-14) (jang mungkin pula merupakan tambahan pada kissah asli) taman Firdaus diberi tempat menurut paham-paham ilmu bumi dewasa itu. Orang beranggapan, bahwa dunia dikelilingi empat sungai besar. Hanja sungai Tigris dan Eufratlah jang sekarang kita ketahui letaknja dengan pasti.
Ende: Kej 2:19 - -- Menurut anggapan kuno, nama menentukan kodrat sesuatu, kedudukan serta fungsinja
dialam tertjipta. Bahwa manusia menentukan nama-nama machluk lain-lai...
Menurut anggapan kuno, nama menentukan kodrat sesuatu, kedudukan serta fungsinja dialam tertjipta. Bahwa manusia menentukan nama-nama machluk lain-lainnja, berarti bahwa manusia oleh Tuhan ditempatkan diatas machluk-machluk itu.
Ende: Kej 2:22 - -- Gambaran ini maksudnja mengutarakan kesatuan dan kesedjadjaran antara pria dan
wanita. Tiada machluk lain suatupun jang pantas mendjadi teman hidup ma...
Ende: Kej 2:23 - -- 'issja = wanita; 'isj = pria. Pasangan kata-kata inipun menekankan, bahwa pria
dan wanita adalah seimbang dan ditjiptakan untuk bersatu dalam perkawin...
'issja = wanita; 'isj = pria. Pasangan kata-kata inipun menekankan, bahwa pria dan wanita adalah seimbang dan ditjiptakan untuk bersatu dalam perkawinan monogam.
Ref. Silang FULL: Kej 2:8 - di Eden · di Eden: Kej 2:10,15; Kej 3:23,24; 4:16; 13:10; Yes 51:3; Yeh 28:13; 31:9,16; 36:35; Yoel 2:3
· di Eden: Kej 2:10,15; Kej 3:23,24; 4:16; 13:10; Yes 51:3; Yeh 28:13; 31:9,16; 36:35; Yoel 2:3
Ref. Silang FULL: Kej 2:9 - berbagai-bagai pohon // pohon kehidupan // yang jahat · berbagai-bagai pohon: Yeh 31:8
· pohon kehidupan: Kej 3:22,24; Ams 3:18; 11:30; Wahy 2:7; Wahy 2:7
· yang jahat: Yeh 47:12
· berbagai-bagai pohon: Yeh 31:8
· pohon kehidupan: Kej 3:22,24; Ams 3:18; 11:30; Wahy 2:7; [Lihat FULL. Wahy 2:7]
· yang jahat: Yeh 47:12
Ref. Silang FULL: Kej 2:10 - suatu sungai // dari Eden · suatu sungai: Bil 24:6; Mazm 46:5; Yeh 47:5
· dari Eden: Kej 2:8; Kej 2:8
· tanah Hawila: Kej 10:7; 25:18
Ref. Silang FULL: Kej 2:14 - ialah Tigris // ialah Efrat · ialah Tigris: Kej 41:1; Dan 10:4
· ialah Efrat: Kej 15:18; 31:21; Kel 23:31; Bil 22:5; Ul 1:7; 11:24; Yos 1:4; 2Sam 8:3; 1Raj 4:21; 2R...
· ialah Tigris: Kej 41:1; Dan 10:4
· ialah Efrat: Kej 15:18; 31:21; Kel 23:31; Bil 22:5; Ul 1:7; 11:24; Yos 1:4; 2Sam 8:3; 1Raj 4:21; 2Raj 23:29; 24:7; 1Taw 5:9; 18:3; 2Taw 35:20; Yer 13:4; 46:2; 51:63; Wahy 9:14; [Lihat FULL. Wahy 9:14]
Ref. Silang FULL: Kej 2:17 - yang jahat // engkau mati · yang jahat: Kej 3:11,17
· engkau mati: Kej 3:1,3; 5:5; 9:29; Ul 30:15,19; Yer 42:16; Yeh 3:18; Rom 5:12; Rom 5:12; Rom 6:23; Rom 6:2...
· yang jahat: Kej 3:11,17
· engkau mati: Kej 3:1,3; 5:5; 9:29; Ul 30:15,19; Yer 42:16; Yeh 3:18; Rom 5:12; [Lihat FULL. Rom 5:12]; Rom 6:23; [Lihat FULL. Rom 6:23]
Ref. Silang FULL: Kej 2:19 - binatang hutan // di udara // yang diberikan // tiap-tiap makhluk · binatang hutan: Mazm 8:8
· di udara: Kej 1:20; Kej 1:20
· yang diberikan: Kej 1:5; Kej 1:5
· tiap-tiap makhluk: Kej 1:24...
· menjumpai penolong: Kej 3:20; 4:1
· itu tidur: Kej 15:12; 1Sam 26:12; Ayub 33:15
· dari rusuk: 1Kor 11:8,9,12; 1Tim 2:13
Ref. Silang FULL: Kej 2:23 - dari dagingku // akan dinamai // dari laki-laki · dari dagingku: Kej 29:14; Ef 5:28-30
· akan dinamai: Kej 1:5; Kej 1:5
· dari laki-laki: 1Kor 11:8
· dari dagingku: Kej 29:14; Ef 5:28-30
· akan dinamai: Kej 1:5; [Lihat FULL. Kej 1:5]
· dari laki-laki: 1Kor 11:8
Ref. Silang FULL: Kej 2:24 - dan bersatu // satu daging · dan bersatu: Mal 2:15
· satu daging: Mat 19:5%&; Mr 10:7-8%&; 1Kor 6:16%&; Ef 5:31%&
Ref. Silang FULL: Kej 2:25 - keduanya telanjang · keduanya telanjang: Kej 3:7,10-11; Yes 47:3; Rat 1:8
· keduanya telanjang: Kej 3:7,10-11; Yes 47:3; Rat 1:8