kecilkan semua  

Teks -- Daniel 1:1-21 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Di istana Babel
1:1 Pada tahun yang ketiga pemerintahan Yoyakim, raja Yehuda, datanglah Nebukadnezar, raja Babel, ke Yerusalem, lalu mengepung kota itu. 1:2 Tuhan menyerahkan Yoyakim, raja Yehuda, dan sebagian dari perkakas-perkakas di rumah Allah ke dalam tangannya. Semuanya itu dibawanya ke tanah Sinear, ke dalam rumah dewanya; perkakas-perkakas itu dibawanya ke dalam perbendaharaan dewanya. 1:3 Lalu raja bertitah kepada Aspenas, kepala istananya, untuk membawa beberapa orang Israel, yang berasal dari keturunan raja dan dari kaum bangsawan, 1:4 yakni orang-orang muda yang tidak ada sesuatu cela, yang berperawakan baik, yang memahami berbagai-bagai hikmat, berpengetahuan banyak dan yang mempunyai pengertian tentang ilmu, yakni orang-orang yang cakap untuk bekerja dalam istana raja, supaya mereka diajarkan tulisan dan bahasa orang Kasdim. 1:5 Dan raja menetapkan bagi mereka pelabur setiap hari dari santapan raja dan dari anggur yang biasa diminumnya. Mereka harus dididik selama tiga tahun, dan sesudah itu mereka harus bekerja pada raja. 1:6 Di antara mereka itu ada juga beberapa orang Yehuda, yakni Daniel, Hananya, Misael dan Azarya. 1:7 Pemimpin pegawai istana itu memberi nama lain kepada mereka: Daniel dinamainya Beltsazar, Hananya dinamainya Sadrakh, Misael dinamainya Mesakh dan Azarya dinamainya Abednego. 1:8 Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja; dimintanyalah kepada pemimpin pegawai istana itu, supaya ia tak usah menajiskan dirinya. 1:9 Maka Allah mengaruniakan kepada Daniel kasih dan sayang dari pemimpin pegawai istana itu; 1:10 tetapi berkatalah pemimpin pegawai istana itu kepada Daniel: "Aku takut, kalau-kalau tuanku raja, yang telah menetapkan makanan dan minumanmu, berpendapat bahwa kamu kelihatan kurang sehat dari pada orang-orang muda lain yang sebaya dengan kamu, sehingga karena kamu aku dianggap bersalah oleh raja." 1:11 Kemudian berkatalah Daniel kepada penjenang yang telah diangkat oleh pemimpin pegawai istana untuk mengawasi Daniel, Hananya, Misael dan Azarya: 1:12 "Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari dan biarlah kami diberikan sayur untuk dimakan dan air untuk diminum; 1:13 sesudah itu bandingkanlah perawakan kami dengan perawakan orang-orang muda yang makan dari santapan raja, kemudian perlakukanlah hamba-hambamu ini sesuai dengan pendapatmu." 1:14 Didengarkannyalah permintaan mereka itu, lalu diadakanlah percobaan dengan mereka selama sepuluh hari. 1:15 Setelah lewat sepuluh hari, ternyata perawakan mereka lebih baik dan mereka kelihatan lebih gemuk dari pada semua orang muda yang telah makan dari santapan raja. 1:16 Kemudian penjenang itu selalu mengambil makanan mereka dan anggur yang harus mereka minum, lalu memberikan sayur kepada mereka. 1:17 Kepada keempat orang muda itu Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat, sedang Daniel juga mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi. 1:18 Setelah lewat waktu yang ditetapkan raja, bahwa mereka sekalian harus dibawa menghadap, maka dibawalah mereka oleh pemimpin pegawai istana itu ke hadapan Nebukadnezar. 1:19 Raja bercakap-cakap dengan mereka; dan di antara mereka sekalian itu tidak didapati yang setara dengan Daniel, Hananya, Misael dan Azarya; maka bekerjalah mereka itu pada raja. 1:20 Dalam tiap-tiap hal yang memerlukan kebijaksanaan dan pengertian, yang ditanyakan raja kepada mereka, didapatinya bahwa mereka sepuluh kali lebih cerdas dari pada semua orang berilmu dan semua ahli jampi di seluruh kerajaannya. 1:21 Daniel ada di sana sampai tahun pertama pemerintahan Koresh.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Aspenas the chief eunuch of Nebuchadnezzar
 · Azarya son of Ahimaaz; grandson and successor of Zadok I,son of Nathan; a priest who was chief of Solomons officers,son and successor of king Amaziah of Judah,son of Ethan son of Zerah of Judah,son of Jehu son of Obed of Judah,son of Johanan; descendant of Meraioth I,son of Hilkiah before the exile; high priest Azariah III,a descendant of Hilkiah the priest,son of Zephaniah/Uriel (Korah Levi); forefather of Samuel,son of Oded; prophet under King Asa,second son of Jehoshaphat; brother of King Jehoram,fifth son of Jehoshaphat; brother of King Jehoram,son of Jeroham; a commander who helped enthrone Joash,son of Obed; a commander who helped enthrone Joash,the priest who confronted Uzziah for offering incense,a chief of Ephraim under Israel's King Pekah,father of Joel (Kohath Levi), who served under Hezekiah,son of Jehallelel (Merari Levi). He served under Hezekiah,chief priest, of Zadok's line, under Hezekiah,son of Maaseiah son of Ananiah; a repairer of Nehemiah's wall,a man who accompanied Zerubbabel back to the land of Judah,a scribe who helped Ezra explain the reading of the Law,a priest who signed the covenant to keep God's law,a prince of Judah who led praises to God on the new city wall,son of Hoshaiah; one of the leaders rebelling against Jeremiah,a man exiled from Judah and trained with Daniel in Babylon
 · Babel members of the nation of Babylon
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Beltsazar the exiled prophet who wrote the book of Daniel
 · Daniel the prophet who wrote the book of Daniel,son of David and Abigail,head of clan (Ithamar Levi) who pledged to obey God's law,prophet who wrote the book of Daniel
 · Hananya son of Heman the Levite; worship leader under Heman and David,a man who was one of King Uzziah's commanders,son of Azzur; a false prophet of Zedekiah's from Gibeon,father of Zedekiah, a prince of Judah in the time of Jehoiakim,grandfather of Irijah the sentry who falsely accused Jeremiah; the father of Shelemiah,son of Shashak of Benjamin,a man of Judah who served Nebuchadnezzar with Daniel in Babylon,son of Zerubbabel,a layman of the Bebai clan who put away his heathen wife,a man who made perfume and helped rebuild the wall of Jerusalem; son of Shelemiah,governor of the castle and over Jerusalem under Nehemiah,an Israelite chief who signed the covenant to keep God's law,a priest and head of the clan of Jeremiah under Joiakim
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kasdim the inhabitants of Chaldea.
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Koresh the Persian king of Babylon known as Cyrus the Great (OS)
 · Mesakh a man of Judah who served Nebuchadnezzar with Daniel in Babylon
 · Misael son of Uzziel son of Kohath son of Levi,a man who stood with Ezra when he read the law to the assembly,a man of Judah who served Nebuchadnezzar with Daniel in Babylon
 · Nebukadnezar the king of Babylon who took Judah into exile
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Sadrakh a man of Judah who served Nebuchadnezzar with Daniel in Babylon
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Sinear a region including Babylonia and Babel, Erech, and Accad (OS)
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Ur-Kasdim a town of lower Mesopotamia about 230 km SE of old Babylon,father of Eliphal / Eliphelet, one of David's military elite
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yoyakim son of Jeshua; high priest in Ezra and Nehemiah's time


Topik/Tema Kamus: Daniel | Abednego | Mesakh | Daniel /Beltazar | Sadrakh | Sangkal, Penyangkalan Diri | Azarya | Babel | Nebukadnezar | Kebijaksanaan | Istana | Bahasa | Kepala | Tentara | Nabi | Lihat, Penglihatan | Anggur | Kasdim | Nego | Aspenas | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Utley

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Dan 1:4 - YANG CAKAP UNTUK BEKERJA DALAM ISTANA RAJA. Nas : Dan 1:4 Ketika Allah memberikan kemenangan atas Yoyakim kepada Nebukadnezar pada tahun 605 SM, raja Babel ini membawa beberapa perkakas rumah...

Nas : Dan 1:4

Ketika Allah memberikan kemenangan atas Yoyakim kepada Nebukadnezar pada tahun 605 SM, raja Babel ini membawa beberapa perkakas rumah Allah dan juga beberapa bangsawan pilihan. Sejak kehancuran Niniwe 7 tahun sebelumnya, kerajaan Babel berkembang demikian pesat sehingga mereka kekurangan tenaga terpelajar dari bangsanya sendiri untuk menjalankan pemerintahan; karena itu Nebukadnezar memilih pemuda-pemuda tampan, sehat, dan terpelajar dan membawa mereka ke Babel untuk mengajarkan kebudayaan dan bahasa Babel kepada mereka sehingga dapat dipakai dalam melayani kerajaan. Di antaranya terdapat Daniel dan ketiga kawannya.

Full Life: Dan 1:7 - MEMBERI NAMA LAIN KEPADA MEREKA. Nas : Dan 1:7 Supaya diterima sebagai pegawai raja, Daniel dan kawan-kawannya memerlukan kewarganegaraan Babel; hal ini terlaksana dengan memberi m...

Nas : Dan 1:7

Supaya diterima sebagai pegawai raja, Daniel dan kawan-kawannya memerlukan kewarganegaraan Babel; hal ini terlaksana dengan memberi mereka nama Babel. Bangsawan muda Daniel ("Allah adalah hakimku") dinamainya Beltsazar ("Bel, [dewa tertinggi Babel], melindungi hidupnya"); Hananya ("Tuhan menunjukkan kasih karunia") dinamainya Sadrakh ("Hamba Aku," yaitu dewa bulan); Misael ("Siapa yang setara dengan Allah?") dinamainya Mesakh ("Bayangan pangeran" atau "Siapa ini?"); dan Azarya ("Tuhan menolong") dinamainya Abednego ("Hamba Nego," yaitu dewa hikmat atau bintang fajar). Sebagai penduduk Babel mereka kini mempunyai tanggung jawab resmi. Sekalipun memperoleh nama-nama baru ini, para pemuda Yahudi ini menetapkan bahwa mereka akan tetap setia kepada Allah yang esa dan benar

(lihat cat. --> Dan 1:8 berikut).

[atau ref. Dan 1:8]

Full Life: Dan 1:8 - DANIEL BERKETETAPAN UNTUK TIDAK MENAJISKAN DIRINYA. Nas : Dan 1:8 Situasi moral Babel sepenuhnya kafir. Dapat dipastikan bahwa apa yang diajarkan kepada Daniel dan kawan-kawannya sering kali bertenta...

Nas : Dan 1:8

Situasi moral Babel sepenuhnya kafir. Dapat dipastikan bahwa apa yang diajarkan kepada Daniel dan kawan-kawannya sering kali bertentangan dengan hukum dan prinsip-prinsip kebenaran Allah. Makanan dan anggur yang diberikan kepada mereka adalah sama dengan yang disajikan kepada raja -- makanan dan anggur yang mungkin telah dipersembahkan kepada berhala. Memakan makanan itu berarti melanggar hukum Allah; minum anggur itu berarti menumpulkan pikiran mereka karena pengaruhnya yang memabukkan.

  1. 1) Daniel telah berketetapan sejak semula untuk tidak menajiskan dirinya; ia tidak akan mengorbankan pendiriannya sekalipun itu berarti kematiannya. Perhatikanlah bahwa Daniel tidak lagi memiliki orang-tua untuk membimbing dirinya dalam mengambil keputusan; kasihnya kepada Allah dan hukum-Nya telah begitu tertanam di dalam dirinya sejak anak-anak sehingga ia ingin melayani Allah dengan sepenuh hatinya

    (lihat cat. --> Ul 6:7;

    [atau ref. Ul 6:7]

    lihat art. ORANG-TUA DAN ANAK-ANAK).

  2. 2) Mereka yang berketetapan untuk tetap setia kepada Allah ketika diperhadapkan dengan pencobaan akan diberikan kekuatan untuk tetap tabah demi Allah. Sebaliknya, mereka yang sebelumnya tidak memutuskan untuk tetap setia kepada Allah dan firman-Nya akan menemui kesulitan untuk menolak dosa atau mengelak menyesuaikan diri dengan cara-cara dunia.

Full Life: Dan 1:12 - ADAKANLAH PERCOBAAN DENGAN HAMBA-HAMBAMU ... SEPULUH HARI. Nas : Dan 1:12 Karena Daniel dan kawan-kawannya diperhatikan raja secara khusus, murka raja akan menimpa pejabat itu apabila ia menyetujui perminta...

Nas : Dan 1:12

Karena Daniel dan kawan-kawannya diperhatikan raja secara khusus, murka raja akan menimpa pejabat itu apabila ia menyetujui permintaan Daniel; karena itu ia menolak (ayat Dan 1:10). Daniel tidak berdebat; sebaliknya dengan bijaksana dan tenang ia pergi kepada pengawal yang menyajikan makanan mereka dan menawarkan suatu percobaan selama 10 hari.

Full Life: Dan 1:17 - ALLAH MEMBERIKAN PENGETAHUAN DAN KEPANDAIAN. Nas : Dan 1:17 Karena keempat pemuda itu mengabdi kepada Allah, Allah mewajibkan diri-Nya untuk menolong mereka. Jikalau saudara sungguh-sungguh be...

Nas : Dan 1:17

Karena keempat pemuda itu mengabdi kepada Allah, Allah mewajibkan diri-Nya untuk menolong mereka. Jikalau saudara sungguh-sungguh berusaha untuk menaati Allah dan jalan-jalan-Nya, dapat dipastikan bahwa Ia akan tetap bersama saudara dan memberikan bantuan dan anugerah yang diperlukan untuk melaksanakan kehendak-Nya.

Full Life: Dan 1:20 - DALAM TIAP-TIAP HAL ... KEBIJAKSAAN ... SEPULUH KALI LEBIH CERDAS. Nas : Dan 1:20 Pada ujian terakhir, Daniel dan kawan-kawannya berdiri dalam keadaan sehat dan tidak gentar di hadapan raja. Mereka tetap setia kepa...

Nas : Dan 1:20

Pada ujian terakhir, Daniel dan kawan-kawannya berdiri dalam keadaan sehat dan tidak gentar di hadapan raja. Mereka tetap setia kepada Tuhan, dan melalui hikmat dan pengetahuan yang ditunjukkan, mereka memberi kesaksian tentang kuasa Allah.

Full Life: Dan 1:21 - TAHUN PERTAMA PEMERINTAHAN KORESY. Nas : Dan 1:21 Tahun ini (539 SM) adalah 66 tahun setelah Daniel dibawa ke Babel. Daniel menyaksikan orang buangan pertama yang kembali ke Yehuda d...

Nas : Dan 1:21

Tahun ini (539 SM) adalah 66 tahun setelah Daniel dibawa ke Babel. Daniel menyaksikan orang buangan pertama yang kembali ke Yehuda dari pembuangan di Babel pada tahun 538 SM karena ia masih hidup pada tahun 537 SM (bd. Dan 10:1).

Jerusalem: Dan 1:2 - tanah Sinear Ialah negeri Babel, sebagaimana terbaca dalam terjemahan Yunani. Bdk Yos 7:21

Ialah negeri Babel, sebagaimana terbaca dalam terjemahan Yunani. Bdk Yos 7:21

Jerusalem: Dan 1:2 - ke dalam rumah dewanya Ini tidak terdapat dalam terjemahan Yunani.

Ini tidak terdapat dalam terjemahan Yunani.

Jerusalem: Dan 1:3 - raja bertitah Dalam istana raja-raja di kawasan timur dahulu memang biasa bahwa mereka yang akan menjadi penulis, juru bahasa, penterjemah, dsb, sejak kecil dididik...

Dalam istana raja-raja di kawasan timur dahulu memang biasa bahwa mereka yang akan menjadi penulis, juru bahasa, penterjemah, dsb, sejak kecil dididik untuk pekerjaannya itu.

Jerusalem: Dan 1:7 - Abednego Penyalin kitab Daniel kiranya dengan sengaja merobah nama Babel Abed Nebo artinya: Abdi (dewa) Nabu (Nama dewa itupun terpakai dalam nama Nebu-kadneza...

Penyalin kitab Daniel kiranya dengan sengaja merobah nama Babel Abed Nebo artinya: Abdi (dewa) Nabu (Nama dewa itupun terpakai dalam nama Nebu-kadnezar). Begitu juga dirubah nama: Isy-baal dan Meri-baal menjadi Isyboset dan Mefiboset, 2Sa 2:8+; 2Sa 4:4+.

Jerusalem: Dan 1:8 - tak usah menajiskan diri Melanggar hukum tentang makanan haram dan halal sama dengan menjadi murtad pada masa Antiokhus Epifanes, yang memaksakan kebudayaan Yunani, bdk 2Ma 6:...

Melanggar hukum tentang makanan haram dan halal sama dengan menjadi murtad pada masa Antiokhus Epifanes, yang memaksakan kebudayaan Yunani, bdk 2Ma 6:18-7:42.

Ende: Dan 1:1 - -- Tahun ketiga Jojakim ialah 606/605. Karenanja ajat ini tidak menjindir pengasingan besar th. 598, melainkan pembuangan lain. Kemudian Jojakim kembali ...

Tahun ketiga Jojakim ialah 606/605. Karenanja ajat ini tidak menjindir pengasingan besar th. 598, melainkan pembuangan lain. Kemudian Jojakim kembali mendjadi radja di Jerusjalem. Ada banjak kesulitan untuk menjesuaikan berita itu dengan apa jang diketahui dari sumber2 lain. Mengenai perebutan Jerusjalem dari ajat ini tidak ada berita lain. (lih 2Ta 36:5).

Ende: Dan 1:2 - Sjine'ar adalah nama kuno negeri Babel.

adalah nama kuno negeri Babel.

Ende: Dan 1:4 - -- Pemuda kaum terkemuka diikat pada istana radja, agar djangan mendapat sempat untuk bermufakat. Dalam istana mereka bekerdja sebagai penulis, sekretari...

Pemuda kaum terkemuka diikat pada istana radja, agar djangan mendapat sempat untuk bermufakat. Dalam istana mereka bekerdja sebagai penulis, sekretaris dll.

Ende: Dan 1:4 - Chaldai disini berarti: Orang2 Chaldai (Babel) pada umumnja, dan tidak "alim-ulama" atau "ahlunnudjum", seperti halnja dalam pasal 2 (Dan 2:2 dst).

disini berarti: Orang2 Chaldai (Babel) pada umumnja, dan tidak "alim-ulama" atau "ahlunnudjum", seperti halnja dalam pasal 2 (Dan 2:2 dst).

Ende: Dan 1:7 - -- Dalam nama2 baru itu tersembunjilah nama dewa2 Babel.

Dalam nama2 baru itu tersembunjilah nama dewa2 Babel.

Ende: Dan 1:8 - -- Makanan orang kafir pada djaman itu dianggap "nadjis" oleh kaum Jahudi, entah karena tjara disediakan, entah karena bahan, entah oleh sebab upatjara k...

Makanan orang kafir pada djaman itu dianggap "nadjis" oleh kaum Jahudi, entah karena tjara disediakan, entah karena bahan, entah oleh sebab upatjara kafir diadakan diatasnja sebelum disadjikan.

Ende: Dan 1:17 - -- Kebidjaksanaan jang luar biasa merupakan anugerah Allah sadja dan djuga gandjaran untuk kemursjidan.

Kebidjaksanaan jang luar biasa merupakan anugerah Allah sadja dan djuga gandjaran untuk kemursjidan.

Ende: Dan 1:21 - -- Tahun pertama pemerintah Cyrus ialah 539. Daniel masih tinggal lebih lama dalam istana radja menurut Dan 6:28; 10:1. Ajat 21 (Dan 1:21) meringkaskan s...

Tahun pertama pemerintah Cyrus ialah 539. Daniel masih tinggal lebih lama dalam istana radja menurut Dan 6:28; 10:1. Ajat 21 (Dan 1:21) meringkaskan seluruh kegiatan Daniel waktu pemerintah Nabukadnezar, hal mana dalam fasal2 jang berikut disadjikan setjara terperintji.

Endetn: Dan 1:2 - -- Dua kata (kekuil dewatanja) ditinggalkan menurut terdjemahan Junani.

Dua kata (kekuil dewatanja) ditinggalkan menurut terdjemahan Junani.

Ref. Silang FULL: Dan 1:1 - pemerintahan Yoyakim // datanglah Nebukadnezar // raja Babel // lalu mengepung · pemerintahan Yoyakim: Yer 46:2; Yer 46:2 · datanglah Nebukadnezar: 2Raj 24:1; 2Raj 24:1; Yer 28:14; Yer 28:14 · raja Babel: Yer...

· pemerintahan Yoyakim: Yer 46:2; [Lihat FULL. Yer 46:2]

· datanglah Nebukadnezar: 2Raj 24:1; [Lihat FULL. 2Raj 24:1]; Yer 28:14; [Lihat FULL. Yer 28:14]

· raja Babel: Yer 50:1

· lalu mengepung: 2Raj 24:1; 2Taw 36:6; [Lihat FULL. 2Taw 36:6]; Yer 35:11

Ref. Silang FULL: Dan 1:2 - itu dibawanya // perbendaharaan dewanya · itu dibawanya: 2Raj 24:13; 2Raj 24:13 · perbendaharaan dewanya: 2Taw 36:7; 2Taw 36:7; Yer 27:19-20; Za 5:5-11

· itu dibawanya: 2Raj 24:13; [Lihat FULL. 2Raj 24:13]

· perbendaharaan dewanya: 2Taw 36:7; [Lihat FULL. 2Taw 36:7]; Yer 27:19-20; Za 5:5-11

Ref. Silang FULL: Dan 1:3 - kaum bangsawan · kaum bangsawan: 2Raj 20:18; 2Raj 20:18; 2Raj 24:15; 2Raj 24:15; Yes 39:7

· kaum bangsawan: 2Raj 20:18; [Lihat FULL. 2Raj 20:18]; 2Raj 24:15; [Lihat FULL. 2Raj 24:15]; Yes 39:7

Ref. Silang FULL: Dan 1:4 - yang berperawakan // berbagai-bagai hikmat // dan bahasa · yang berperawakan: Kej 39:6; Kej 39:6 · berbagai-bagai hikmat: Dan 1:17 · dan bahasa: Ezr 4:7; Ezr 4:7

· yang berperawakan: Kej 39:6; [Lihat FULL. Kej 39:6]

· berbagai-bagai hikmat: Dan 1:17

· dan bahasa: Ezr 4:7; [Lihat FULL. Ezr 4:7]

Ref. Silang FULL: Dan 1:5 - dari santapan // dari anggur // tiga tahun // harus bekerja · dari santapan: Est 2:9; Est 2:9 · dari anggur: Dan 1:8,10 · tiga tahun: Dan 1:18 · harus bekerja: Dan 1:19; Est 2:5-6; E...

· dari santapan: Est 2:9; [Lihat FULL. Est 2:9]

· dari anggur: Dan 1:8,10

· tiga tahun: Dan 1:18

· harus bekerja: Dan 1:19; Est 2:5-6; [Lihat FULL. Est 2:5]; [Lihat FULL. Est 2:6]

Ref. Silang FULL: Dan 1:6 - yakni Daniel // dan Azarya · yakni Daniel: Yeh 14:14; Yeh 14:14 · dan Azarya: Dan 2:17,25

· yakni Daniel: Yeh 14:14; [Lihat FULL. Yeh 14:14]

· dan Azarya: Dan 2:17,25

Ref. Silang FULL: Dan 1:7 - dinamainya Beltsazar // dinamainya Abednego · dinamainya Beltsazar: Dan 2:26; 4:8; 5:12; 10:1 · dinamainya Abednego: Yes 39:7; Yes 39:7; Dan 2:49; 3:12

· dinamainya Beltsazar: Dan 2:26; 4:8; 5:12; 10:1

· dinamainya Abednego: Yes 39:7; [Lihat FULL. Yes 39:7]; Dan 2:49; 3:12

Ref. Silang FULL: Dan 1:8 - tidak menajiskan · tidak menajiskan: Yeh 4:13-14; Yeh 4:13; Yeh 4:14

· tidak menajiskan: Yeh 4:13-14; [Lihat FULL. Yeh 4:13]; [Lihat FULL. Yeh 4:14]

Ref. Silang FULL: Dan 1:9 - Daniel kasih // dan sayang · Daniel kasih: Kej 39:21; Kej 39:21; Ams 16:7; Ams 16:7 · dan sayang: 1Raj 8:50; 1Raj 8:50

· Daniel kasih: Kej 39:21; [Lihat FULL. Kej 39:21]; Ams 16:7; [Lihat FULL. Ams 16:7]

· dan sayang: 1Raj 8:50; [Lihat FULL. 1Raj 8:50]

Ref. Silang FULL: Dan 1:10 - dan minumanmu · dan minumanmu: Dan 1:5

· dan minumanmu: Dan 1:5

Ref. Silang FULL: Dan 1:12 - Adakanlah percobaan · Adakanlah percobaan: Wahy 2:10

· Adakanlah percobaan: Wahy 2:10

Ref. Silang FULL: Dan 1:13 - dengan pendapatmu · dengan pendapatmu: Dan 1:16

· dengan pendapatmu: Dan 1:16

Ref. Silang FULL: Dan 1:14 - diadakanlah percobaan · diadakanlah percobaan: Wahy 2:10

· diadakanlah percobaan: Wahy 2:10

Ref. Silang FULL: Dan 1:15 - santapan raja · santapan raja: Kel 23:25

· santapan raja: Kel 23:25

Ref. Silang FULL: Dan 1:16 - memberikan sayur · memberikan sayur: Dan 1:12-13

· memberikan sayur: Dan 1:12-13

Ref. Silang FULL: Dan 1:17 - dan kepandaian // dan hikmat // dan mimpi · dan kepandaian: Ayub 12:13; Ayub 12:13 · dan hikmat: Dan 2:23; Kol 1:9; Yak 1:5 · dan mimpi: Dan 2:19,30; 5:11; 7:1; 8:1

· dan kepandaian: Ayub 12:13; [Lihat FULL. Ayub 12:13]

· dan hikmat: Dan 2:23; Kol 1:9; Yak 1:5

· dan mimpi: Dan 2:19,30; 5:11; 7:1; 8:1

Ref. Silang FULL: Dan 1:18 - lewat waktu · lewat waktu: Dan 1:5

· lewat waktu: Dan 1:5

Ref. Silang FULL: Dan 1:19 - maka bekerjalah · maka bekerjalah: Kej 41:46; Kej 41:46

· maka bekerjalah: Kej 41:46; [Lihat FULL. Kej 41:46]

Ref. Silang FULL: Dan 1:20 - orang berilmu // seluruh kerajaannya · orang berilmu: Kej 41:8; Kej 41:8 · seluruh kerajaannya: 1Raj 4:30; 1Raj 4:30; Est 2:15; Yeh 28:3; Yeh 28:3; Dan 2:13,28; 4:18; 6:4

· orang berilmu: Kej 41:8; [Lihat FULL. Kej 41:8]

· seluruh kerajaannya: 1Raj 4:30; [Lihat FULL. 1Raj 4:30]; Est 2:15; Yeh 28:3; [Lihat FULL. Yeh 28:3]; Dan 2:13,28; 4:18; 6:4

Ref. Silang FULL: Dan 1:21 - Koresh · Koresh: 2Taw 36:22; 2Taw 36:22; Dan 6:29; 10:1

· Koresh: 2Taw 36:22; [Lihat FULL. 2Taw 36:22]; Dan 6:29; 10:1

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Dan 1:1--2:4 - -- I. PENGANTAR SEJARAH. 1:1-2:4a. Dalam bagian ini orang-orang yang penting dalam kitab ini diperkenalkan, bersama dengan keadaan yang menempatkan mere...

I. PENGANTAR SEJARAH. 1:1-2:4a.

Dalam bagian ini orang-orang yang penting dalam kitab ini diperkenalkan, bersama dengan keadaan yang menempatkan mereka dalam posisi yang mereka pegang sesuai dengan yang tertulis belakangan.

Wycliffe: Dan 1:1 - Pada tahun yang ketiga pemerintahan Yoyakim // Datanglah Nebukadnezar 1. Pada tahun yang ketiga pemerintahan Yoyakim. Menurut Yeremia 25:1, tahun keempat. Yoyakim adalah tahun pertama Nebukadnezar. Namun, orang Kasdim it...

1. Pada tahun yang ketiga pemerintahan Yoyakim. Menurut Yeremia 25:1, tahun keempat. Yoyakim adalah tahun pertama Nebukadnezar. Namun, orang Kasdim itu disebut "raja Babel" di sini dalam tahun ketiga Yoyakim. Ini merupakan sebuah "Prolepsis" (C. F. Keil, Biblical Commentary on the Book of Daniel) atau "antisipasi" (Rose, The Bible Commentary) di mana suatu nama dari masa yang kemudian digunakan waktu berbicara tentang suatu zaman bahkan sebelum nama tersebut benar-benar diberikan. Sesaat kemudian ayah Nebukadnezar, raja Babel mangkat, dan Nebukadnezar, yang bergegas pulang ke Babel mendahului tentaranya, menerima takhta (Jos Antiquities x. 11. 1.). Datanglah Nebukadnezar. Lihat Pendahuluan, Latar Belakang Historis. Apakah kata Ibrani ba harus diterjemahkan "pergi" atau "meninggalkan" (yaitu, meninggalkan Babel), atau "datang," "tiba," tidaklah jelas. Sudut pandang tulisan Daniel adalah Babel; jadi yang mungkin adalah "pergi." Kata Ibrani bisa berarti semuanya. Sampai akhir-akhir ini ayat tersebut merupakan satu-satunya informasi yang ada mengenai tawanan dari Yerusalem, selain laporan singkat dari Josephus. Sekalipun demikian, II Raja-Raja 24:1 dan juga II Tawarikh 36:6, 7 mungkin menunjuk pada hal itu. Karena tidak ada bukti lebih jauh, nyaris menjadi aksiomatis di antara para kritikus modem yang kurang beriman untuk menyangkali bahwa peristiwa semacam itu pernah terjadi dan menyebutnya sebagai "kesalahan historis" pertama dari penulis. Baru pada Februari 1956, dokumen-dokumen kuno itu pertama kali diterbitkan yang sekarang memberikan dukungan historis penuh bagi keberadaan Nebukadnezar di Yehuda tepat pada masa itu (lih. JBL, Des. 1956, Vol. LXXV, Pt. IV, hlm. 277).

Adalah menyedihkan melihat data baru ini diabaikan oleh penulis-penulis modem (lih. B. W. Anderson, Understanding the Old Testament, 1957, hlm. 355; N. K. Gottwald, A Light to the Nations, 1959, hlm. 618; John Bright, A History of Israel, 1959, hlm. 569). Akan tetapi, orang-orang percaya, tidak perlu menunggu konfirmasi arkeologi untuk menerima perkataan Daniel.

Wycliffe: Dan 1:2 - Tuhan menyerahkan Yoyakim // Perkakas-perkakas di rumah Allah 2. Inilah penafsiran yang benar tentang sejarah. Tuhan menyerahkan Yoyakim. "Bagi TUHAN tidak sukar untuk menolong, baik dengan banyak orang maupun de...

2. Inilah penafsiran yang benar tentang sejarah. Tuhan menyerahkan Yoyakim. "Bagi TUHAN tidak sukar untuk menolong, baik dengan banyak orang maupun dengan sedikit orang." (I Sam. 14:6). Juga tidak sukar untuk menghancurkan dengan banyak orang ataupun dengan sedikit orang. Belakangan kekuasaan Allah atas sejarah dibuat lebih tegas (Dan. 4:17). Nebukadnezar adalah "hamba" Allah (Yer. 25:9). Demikian juga, Allah memakai diktator-diktator yang meninggikan diri sendiri pada zaman itu untuk menghukum negeri-negeri dan bangsa-bangsa, lalu Dia menghancurkan mereka (bdg. Yer. 25:12-14). Sebagaimana seseorang secara aneh mengatakan, tindakan berani mereka meninggikan diri sendiri nyaris tidak lebih dari "latihan untuk menjaga agar mereka tetap sehat guna menjalani hukuman." Perkakas-perkakas di rumah Allah. Bagaimana dosa-dosa bangsa itu menyebabkan kehancuran secara lambat tetapi pasti dari Bait Suci Salomo yang megah terlihat dalam I Raja-Raja 14:25, 26; II Raja-Raja 14:8-14; 16:8; 18:13-16; 24:8-13; Yeremia 27:16-22; 52:17-23. Mengenai kehancuran peralatan-peralatan Bait Suci itu, lihat Daniel 5; dan mengenai kembalinya mereka ke Yerusalem, lihat Ezra 1:7-11.

Wycliffe: Dan 1:2 - -- f) Nubuatan Mengenai Kebangkitan Orang Mati (ay. 2). Seperti bagian lain dari nubuatan itu, ayat ini berkaitan dengan orang-orang Israel. Karena Alki...

f) Nubuatan Mengenai Kebangkitan Orang Mati (ay. 2).

Seperti bagian lain dari nubuatan itu, ayat ini berkaitan dengan orang-orang Israel. Karena Alkitab tidak berbicara mengenai kebangkitan khusus bagi orang-orang Israel, "kebangkitan pertama" yang dinubuatkan dalam Wahyu 20:6 akan meliputi kelompok ini. Daniel 12:2 hanya menunjuk pada orang-orang Israel yang benar. Bagian-bagian lain yang berbicara tentang tiga tahap dalam kebangkitan (kebangkitan Kristus, orang-orang kudus, orang-orang mati lainnya) adalah I Korintus 15:20-24 (lih. R. Culver, "A Neglected Millennial Passage from St. Paul," Bibliotheca Sacra, April, 1956; C. F. Kling, dikutip dari D. W. Poor tentang I Kor. 15:20-24 dalam Lange's Commentary) dan Wahyu 20. Lihat juga Yohanes 5:28, 29; Kisah para Rasul 24:15. Bahwa ayat ini menggambarkan kebangkitan khusus disepakati bukan hanya oleh para ahli pra-milenial, tetapi juga oleh beberapa ahli amilenial (mis. Keil). Lihat R. Culver, Daniel and the Latter Days, halaman 172-176; Tregelles, Remarks, in loco.

Wycliffe: Dan 1:3 - Kepala istananya // Orang Israel // Keturunan raja // Dan dari kaum bangsawan // bangsawan // orang Israel ... keturunan raja ... kaum bangsawan, 3. Kepala istananya (AV. Master of his eunuchs). Eunuch sida-sida ( Ibr. saris), seorang laki-laki yang dikebiri. Untuk alasan-alasan yang jelas, para...

3. Kepala istananya (AV. Master of his eunuchs). Eunuch sida-sida ( Ibr. saris), seorang laki-laki yang dikebiri. Untuk alasan-alasan yang jelas, para sida-sida sering kali bertugas mengawasi para istri dan selir raja. Kadang-kadang kata itu, secara kiasan, dipakai hanya untuk seorang pejabat. Ada kemungkinan besar bahwa Daniel dan rekan-rekannya mungkin telah dikebiri. Lihat lagi ramalan Yesaya yang bersifat sebagai pertanda (II Raj. 20:18). Orang Israel (Ibr. Mib-benê yi_-râ-'el, harf. berasal dari keturunan Israel). Pada dasarnya ini adalah seluruh keturunan Yakub atau Israel. Belakangan, Israel adalah sebuah nama untuk kesepuluh suku, yang mengikatkan diri kepada Yerobeam (I Raj. 11:13; bdg. 12:19). Tetapi setelah kehancuran "Kerajaan Utara," nama Israel kembali ke maknanya semula. Keturunan raja (harf., keturunan dari kerajaan). Ini menunjuk pada keluarga Daud (bdg. Yes. 7:2, 13). Untuk contoh tentang kemunduran rohani anggota tertentu dari keturunan raja pada zaman ini, lihat II Raja-Raja 25:25; Yeremia 41:1. Dan dari kaum bangsawan. Kata bangsawan (Ibr. partemîm) adalah istilah Persia yang tampaknya berhubungan dengan kata-kata untuk orang-orang penting dalam beberapa bahasa Indo-Eropa. Rata itu mungkin digunakan untuk sopan santun biasa. Ini menunjuk pada keluarga-keluarga penting yang bukan termasuk keluarga Daud. Makna dari tiga istilah, orang Israel ... keturunan raja ... kaum bangsawan, adalah bahwa pemilihan itu meliputi orang-orang Ibrani, baik dari kerajaan maupun keluarga bangsawan lainnya.

Wycliffe: Dan 1:3 - -- g) Nubuatan Mengenai Upah pada Akhirnya (ay. 3). Bijaksana. Lihat 11:33, 35; 12:10. Bandingkan Amsal 11:30; I Korintus 9:19; Yakobus 5:20; I Petrus 2...

Wycliffe: Dan 1:4 - Orang-orang muda yang tidak ada sesuatu cela // Orang-orang muda // Berperawakan baik, // Memahami berbagai-bagai hikmat, berpengetahuan banyak dan yang mempunyai pengertian tentang ilmu // Cakap untuk bekerja dalam istana raja // Supaya mereka diajarkan tulisan dan bahasa orang Kasdim // Bahasa orang Kasdim // Kasdim 4. Orang-orang muda yang tidak ada sesuatu cela. Inilah persyaratan pertama dari serangkaian persyaratan yang ditentukan untuk memilih orang-orang yan...

4. Orang-orang muda yang tidak ada sesuatu cela. Inilah persyaratan pertama dari serangkaian persyaratan yang ditentukan untuk memilih orang-orang yang akan dilatih dalam istana Babel. Orang-orang muda. Ibr. yelâdîm adalah sebuah kata seperti dalam bahasa kita, tidak memiliki makna tertentu, yang bergantung pada sudut pandang usia pembicara. Dalam tulisan yang obyektif seperti ini, perkiraan yang lazim yakni usia 14 atau 15 tahun kemungkinan benar. Tidak adanya cela tidak menghilangkan kemungkinan pengebirian mereka. Sebagai orang-orang pilihan, mereka secara alamiah tidak memiliki cacat. Berperawakan baik, yaitu, berwajah menarik. Orang Yang akan dilihat oleh raja harus tanpa cacat dan sangat rupawan. Kombinasi kata yang sama dipakai untuk kecantikan Ribka (Kej. 24:16; 26:7), Batsyeba (II Sam. 11:3), Ratu Wasti (Est. 1:11), dan Ester (Est. 2:2,3,7). Memahami berbagai-bagai hikmat, berpengetahuan banyak dan yang mempunyai pengertian tentang ilmu. Tiga ungkapan yang bertumpuk ini menekankan kemampuan alami dan pengajaran sebelumnya. Pengulangan idiom Ibrani tersebut berfungsi untuk penekanan dan bukan untuk menunjukkan martabat. Ini adalah keadaan sebenarnya dari para pemuda itu dan bukan keadaan yang harus mereka capai. Umumnya, kemampuan intelektual berarti "seorang yang sudah sepenuhnya matang waktu muda." Cakap untuk bekerja dalam istana raja. Bakat yang alami dan yang didapat yang akan memampukan para pemuda ini berdiri di depan seorang raja agung dalam sebuah gedung megah memiliki makna penting. Para pemuda itu perlu rendah hati tetapi tidak malu-malu atau dungu.

Supaya mereka diajarkan tulisan dan bahasa orang Kasdim. Tulisan (Ibr. buku) orang Kasdim itu berarti literatur orang-orang Mesopotamia bawah. Karena penemuan-penemuan arkeologi dari abad yang lalu telah menyingkapkan dan memberikan kunci penerjemahan literatur itu, kita mengetahui betapa luasnya tulisan orang Kasdim itu. Penemuan-penemuan baru-baru ini dalam wilayah Laut Egeik Timur Dekat menunjukkan bahwa sejumlah besar pertukaran budaya terjadi antara dua wilayah itu. Dan negara tetangga Israel, Filistin, rupanya berasal dari keturunan "Yunani." Di sana, seperti yang ditunjukkan oleh Kitab Hakim-Hakim, ada pertukaran budaya. (Lih. G. Bonfante, "Who Were the Philistines?" American Journal of Archaeology, I, 2 , hlm. 251-262.) Bahasa orang Kasdim pasti menunjuk pada bahasa Akad (Babel, Asyur) zaman itu. Kasdim di sini tampaknya dipakai dalam makna luas, untuk menyebut para penduduk di wilayah Kasdim, yang dalam makna terluasnya adalah keseluruhan Babel. Beberapa bahasa di wilayah itu, termasuk bahasa ritual yang paling kuno, ditulis pada tanah liat dalam huruf-huruf berbentuk baji. Ini adalah sistem tulisan gambar dan suku kata, sangat berbeda dengan tulisan alfabet yang ditulis pada papirus dengan pena dan tinta yang biasa digunakan oleh orang-orang di Palestina dan Siria. Dasar-dasar astronomi, matematika, hukum, dan sejumlah ilmu lainnya ditulis dalam naskah-naskah kuno dengan huruf-huruf berbentuk baji itu, bersama dengan banyak omong kosong sihir. Jika semua tulisan ini harus diajarkan kepada para pemuda ini, maka tiga tahun (bdg. ay. 5) tidaklah terlalu lama untuk pendidikan mereka.

Wycliffe: Dan 1:5 - Pelabur setiap hari dari santapan raja dan dari anggur yang biasa diminumnya. Santapan 5. Pelabur setiap hari dari santapan raja dan dari anggur yang biasa diminumnya. Santapan (AV) di sini bukanlah perbaikan berupa makanan-makanan lezat...

5. Pelabur setiap hari dari santapan raja dan dari anggur yang biasa diminumnya. Santapan (AV) di sini bukanlah perbaikan berupa makanan-makanan lezat (ASV) atau makanan bergizi (RSV). Kata yang diterjemahkan demikian (patbag) adalah kata pinjaman kepada bahasa Ibrani dari Persia Kuno, Yang bermakna "pemberian" atau "tunjangan" (Montgomery, ICC, hlm. 122-124). Kata itu memiliki hubungan dengan fakta bahwa pemuda-pemuda ini disokong oleh pemerintah, bersama dengan pejabat kerajaan lainnya. Bahkan tidak ada petunjuk dalam teks Ibrani bahwa ada sesuatu yang bersifat merusak secara fisik ataupun moral dalam makanan dan minuman itu. Anggur cukup umum untuk menu Yahudi (lih. Mzm. 104:15; Yes. 55.1; Neh. 5:18, di mana kata yang sama yayin digunakan). Namun, banyak larangan terhadap penggunaan anggur terdapat dalam Perjanjian Lama (Ams. 20:1; 23:20, 30, 3 1); dan beberapa peraturan agama melarang penggunaan anggur (Bil. 6:1-20; Hak. 13:1-7; Yer. 35:1-14). Para imam dilarang meminum anggur sebelum melayani di Bait Allah (Im. 10:1-9), dan raja-raja dilarang meminumnya (Ams. 31:4,5).

Wycliffe: Dan 1:6-7 - -- B. IDENTITAS TOKOH UTAMA DALAM KISAH ITU DAN REKAN-REKANNYA. 1:6-7. Daniel, yang disebut namanya, adalah orang yang di sepanjang kitab itu tidak hany...

B. IDENTITAS TOKOH UTAMA DALAM KISAH ITU DAN REKAN-REKANNYA. 1:6-7.

Daniel, yang disebut namanya, adalah orang yang di sepanjang kitab itu tidak hanya melaporkan peristiwa-peristiwa, tetapi dirinya merupakan pokok dari sebagian besar kisah dengan beberapa kemampuan: penafsir mimpi (ps. 2; 4; 5), teman dari orang-orang yang menderita (ps. 3), penerima penglihatan-penglihatan dan mimpi-mimpi yang merupakan penyataan dari Allah (ps. 6-12). Dalam beberapa kejadian, tiga teman Yahudinya dihubungkan dengannya. Di sini semuanya disebutkan namanya. Perubahan nama para pemuda itu sangatlah penting. Pendidikan mereka dalam sejarah budaya kafir tertinggi yang baru diselesaikan harus disempurnakan dengan penggantian nama yang menghormati dewa-dewa Babel yang jahat menggantikan nama yang menghormati Yang Kudus dari Israel. Mereka harus dipisahkan dari agama dan budaya lama mereka, dan diubah sepenuhnya, bahkan dalam identitas, menjadi orang Babel. Pada zaman itu, nama manusia lebih dihargai sebagai bagian dari identitas dan karakternya daripada zaman sekarang.

Wycliffe: Dan 1:7 - Daniel dinamainya Beltsazar. Daniel // Beltsazar, // Hananya // Sadrakh, // Misael // Azarya // Abednego 7. Daniel dinamainya Beltsazar. Daniel dalam bahasa Ibrani berarti, pemimpin (atau hakim) milik Allah, sedangkan nama barunya adalah Beltsazar, dalam ...

7. Daniel dinamainya Beltsazar. Daniel dalam bahasa Ibrani berarti, pemimpin (atau hakim) milik Allah, sedangkan nama barunya adalah Beltsazar, dalam bahasa Babel, berarti pemimpin Bel. Nama Beltsazar (berbeda dengan nama Raja Belsyazar, ps. 5), menghormati salah satu dewa utama Babel (lih. Yes. 46:1; Yer. 50:2; 51:44). Hananya berarti belas kasihan Yahweh (variasi dari nama asli murid yang dikasihi, Yohanes), sedangkan Sadrakh, yang mungkin berarti "perintah dari Aku," yakni dewa bulan (HDB), mungkin merupakan bentuk samaran dari Marduk (Montgomery, ICC, hlm. 123), dewa utama Babel. Misael hampir pasti berarti, Siapakah Allah? Sedangkan Mesakh (menurut ahli yang kompeten, Fred. Delitzsch) berarti, Siapa seperti Aku? Sayangnya, ini tidaklah pasti karena nama itu tidak muncul di tempat lain dan asal-usulnya tidak jelas. Azarya berarti Yang ditolong Yahweh, atau Yahweh akan menolong, sedangkan Abednego sangat mungkin berarti Hamba Nebo.

"Suatu kebiasaan ... untuk menentukan nama baru ketika orang memasuki keadaan atau hubungan baru dalam kehidupan," menurut Moses Stuart, "dikembangkan secara luas dalam Perjanjian Lama: lihat Abram dan Abraham, Kejadian 17:5; Yusuf dan Zafnat-Paaneah, Kejadian 41:45; bandingkan II Samuel 12:24, 25; II Raja-Raja 23:34; 24:17; juga Ester 2:7; Ezra 5:14 bandingkan dengan Hagai 1:14; 2:2, ,21. Begitu juga dalam Perjanjian Baru: Markus 3:16, 17. Nama-nama ini, yang ditentukan sejak semula, lazimnya menunjukkan sesuatu yang dimaksudkan untuk menghormati orang-orang yang menerimanya, atau menghormati dewa yang disembahnya yang menentukan nama baru itu, atau untuk mengingat suatu peristiwa yang menarik, dan lain-lain" (A Commentary on the Book of Daniel, hlm. 9). Pembahasan yang lebih luas mengenai nama-nama ini terdapat dalam ensiklopedia dan kamus Alkitab, serta kamus Ibrani.

Wycliffe: Dan 1:8--2:4 - -- C. PERISTIWA-PERISTIWA YANG MENEMPATKAN PENULIS MENJADI SEORANG YANG TERKEMUKA. 1:8-2:4A. Suatu Saat Krisis untuk Kebenaran. Ini dijelaskan di atas d...

C. PERISTIWA-PERISTIWA YANG MENEMPATKAN PENULIS MENJADI SEORANG YANG TERKEMUKA. 1:8-2:4A.

Suatu Saat Krisis untuk Kebenaran. Ini dijelaskan di atas dalam ayat 5. Ayat 6 dan 7 menyela untuk memperkenalkan Daniel dan teman-temannya.

Wycliffe: Dan 1:8 - -- 1) Musuh Iman. 3:1 (bdg. ay. 8). Peristiwanya adalah pembuatan sebuah patung berhala. Ukurannya yang diberikan dalam rasio, 60x6 = 10 x1, menyirat ka...

1) Musuh Iman. 3:1 (bdg. ay. 8).

Peristiwanya adalah pembuatan sebuah patung berhala. Ukurannya yang diberikan dalam rasio, 60x6 = 10 x1, menyirat kan sebuah patung yang didirikan di atas suatu bangunan dasar. Tentang lokasi Dura, meski setidaknya ada tiga tempat dengan nama itu yang diberikan oleh para ahli, hanya satu yang, berada di sekitar kota itu. Patung itu mungkin telah dipersembahkan kepada dewa-dewa Babel, sekalipun ayat 12, 14, 18 sepertinya menolaknya. Montgomery dan Keil berpendapat bahwa patung itu adalah lambang dari kerajaan Nebukadnezar. Tuduhan ketidaksetiaan (ay. 12) mendukung hal ini. Seiss (Joseph A. Seiss, Voices from Babylon) berpandangan bahwa patung itu mungkin menjadi lambang Yahweh, karena Nebukadnezar sepertinya telah mengakui kedaulatan-Nya (2:47, 48). Ada contoh-contoh untuk patung Yahweh (Kel. 32; I Raj. 12:25-33; bdg. Kis. 17:23), tetapi sepertinya patung ini tidaklah sama. Orang-orang yang memimpin serangan (Dan. 3:8) adalah semua orang yang seharusnya mendukung orang-orang Ibrani ini, karena mereka berhutang nyawa kepada ketiga orang Ibrani itu. Namun, seperti semua orang fasik, mereka merupakan musuh dari ibadah sejati kepada Allah (bdg. Ams. 29:25; Mat. 10:16-39, khususnya ay. 28).

Wycliffe: Dan 1:9 - Maka Allah mengaruniakan 9. Maka Allah mengaruniakan. AV memberikan kesan bahwa Daniel sebelumnya sudah mendapatkan rasa suka dari kepala pegawai istana. Makna bahasa Ibraniny...

9. Maka Allah mengaruniakan. AV memberikan kesan bahwa Daniel sebelumnya sudah mendapatkan rasa suka dari kepala pegawai istana. Makna bahasa Ibraninya umumnya diterjemahkan berurutan; yakni, Daniel membuat permohonan, sehingga Allah mengaruniakannya simpati dari pemimpin pegawai istana. Perhatikan bahwa motivasi yang baik dan perasaan-perasaan yang terpuji tidak hilang dari hati orang-orang yang tidak mengenal Allah (bdg. Yos. 2:1; bdg. Ams. 12:10; lih. Gal. 5:22). Allah membangkitkan pembela-pembela untuk umat-Nya dengan cara-cara yang aneh. 10. Orang diingatkan akan juru minuman dan juru roti yang dipenjarakan bersama Yusuf (Kej. 40). Rupanya, meski kepala pegawai istana itu ingin membantu Daniel, dia tidak melihat cara untuk melakukannya (lih. Yak. 2:14-18).

Wycliffe: Dan 1:11 - Penjenang // Daniel, Hananya, Misael dan Azarya 11. Penjenang (AV. Melzar). Ini adalah pelayan. Nama Ibrani biasanya tidak disertai kata sandang. Daniel, Hananya, Misael dan Azarya. Dengan dipimpin ...

11. Penjenang (AV. Melzar). Ini adalah pelayan. Nama Ibrani biasanya tidak disertai kata sandang. Daniel, Hananya, Misael dan Azarya. Dengan dipimpin oleh pandangan Roh Kudus sendiri, penulis tidak merendahkan martabatnya dengan menyebut nama-nama baru yang menghormati dewa-dewa kafir Babel yang diberikan oleh pegawai istana yang tidak mengenal Allah, tetapi lebih suka menggunakan nama-nama yang menghormati Allah yang diberikan oleh empat orang ibu Yahudi yang saleh.

Wycliffe: Dan 1:12 - Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari // adakanlah // Sepuluh hari // Sayur untuk dimakan // sayur 12. Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari. Kata adakanlah (nâ-sâ) adalah sebuah kata intensif (piel) dan digabu...

12. Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari. Kata adakanlah (nâ-sâ) adalah sebuah kata intensif (piel) dan digabungkan dengan kata na yang menyatakan permohonan yang kuat. Bagi Daniel dan teman-temannya serta bagi pelayan itu, batas sepuluh hari tersebut merupakan ujian tentang kehendak Allah. Jika percobaan itu gagal, para pemuda Ibrani tersebut siap untuk mengesampingkan keberatan-keberatan agama mereka sendiri, sebagaimana yang ditunjukkan ayat berikutnya. Tidak ada bukti bahwa Daniel mengetahui seperti apa hasilnya kelak. Tidak dibutuhkan dugaan, seperti pendapat Young (Edward J. Young, The Prophecy of Daniel,. in loco), karena sejumlah contoh yang diakui tentang ujian semacam itu diberikan oleh Alkitab. Sepuluh hari. Angka genap yang disukai (1:20; bdg. Am. 5:3; Za. 8:23). Sayur untuk dimakan (harf., dari zçro"îm dan kami akan makan). Sekalipun dipakai hanya di sini dan dalam 1:16 di seluruh Alkitab, dan tidak ada dalam literatur lainnya, kata itu sepertinya berarti sayuran, karena berasal dari kata yang berarti "menabur" (benih). Jadi sayur adalah sesuatu yang tumbuh dari benih yang ditanam di tanah. Tidak ada upacara agama dalam persembahan kepada dewa yang berhubungan langsung dalam pengolahan sayur-mayur, sebagaimana dalam pengolahan daging; dan sayuran tidak digunakan dalam ibadah bangsa kafir sebagaimana persembahan anggur. Ini bukanlah ayat bukti untuk mendukung vegetarianisme (lih. Rm. 14:1-4).

Wycliffe: Dan 1:14 - Didengarkannyalah 14. Didengarkannyalah masalah ini. Bahasa Ibraninya menunjukkan bahwa dia memberikan perhatian yang saksama kepada Daniel.

14. Didengarkannyalah masalah ini. Bahasa Ibraninya menunjukkan bahwa dia memberikan perhatian yang saksama kepada Daniel.

Wycliffe: Dan 1:15-16 - -- 15, 16. Upah Kebenaran. Ujian itu berhasil dan Daniel serta teman-temannya terhindar dari rasa malu dan ketegangan emosi yang bisa diakibatkan oleh se...

15, 16. Upah Kebenaran. Ujian itu berhasil dan Daniel serta teman-temannya terhindar dari rasa malu dan ketegangan emosi yang bisa diakibatkan oleh serangan terhadap standar mereka sendiri.

Wycliffe: Dan 1:17 - Kepada keempat orang muda itu // memberikan // Pengetahuan. Bahasa // Kepandaian // Tulisan // Dan hikmat // hikmat // Daniel juga mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi, 17. Kepada keempat orang muda itu. Lebih tepat, para pemuda itu, empat di antaranya. Ini menekankan bahwa keempat orang muda itu semuanya menerima hal...

17. Kepada keempat orang muda itu. Lebih tepat, para pemuda itu, empat di antaranya. Ini menekankan bahwa keempat orang muda itu semuanya menerima hal-hal tertentu, sedangkan Daniel. mendapat anugerah khusus selain itu. Allah memberikan. Semua kemampuan dan karunia, entah alami ataupun yang didapat, berasal dari Dia dan dipakai untuk Dia. Pengetahuan. Bahasa Ibraninya, maddã', sebuah kata yang jarang dan baru. Meskipun berhubungan dengan kata kerja biasa, "mengetahui," kelihatannya 'kata itu berarti "pikiran," dalam pengertian proses rasional yang tersembunyi, seperti ditunjukkan dengan jelas oleh penggunaannya dalam Pengkhotbah 10:12. Mungkin artinya "akal sehat." Kepandaian. Dari kata ha_kel (hiph. inf. abs.), yang rupanya berarti "wawasan" atau "pemahaman." Tulisan. Ibr. sçper, biasanya bermakna "buku," tetapi di sini, seperti dalam 1:4, menggambarkan dunia sastra, literatur. Dan hikmat. Ibr. hakmâ. Sekalipun sering menunjuk pada pengetahuan amsal dari Timur Dekat kuno, kata itu memiliki makna yang lebih luas daripada sekadar "sejumlah prinsip yang disusun secara bijak," atau, seperti yang sekarang kita sebut, "ilmu pengetahuan" (S. R. Driver, Daniel, dalam Cambridge Bible for Schools and Colleges). Perhatikan bahwa kata "berbagai-bagai" memberi sifat pada hikmat ini, yakni menunjukkan bahwa ini lebih dari sekadar pengetahuan takhayul dari imam-imam kafir yang ada dalam pikiran. Para peneliti telah menunjukkan bahwa, selain astronomi (tambahan dari ibadah kafir), sudah berkembang juga arsitektur, linguistik, pertanian, meteorologi, agronomi, dan banyak ilmu pengetahuan lainnya di tanah yang dilalui dua sungai tersebut. Daniel juga mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi, atau lebih tepat, tentang semua jenis penglihatan dan tentang mimpi-mimpi. Ini hanya menunjukkan, mendahului cerita berikutnya, ketenaran. Daniel sebagai agen penyataan Allah.

Wycliffe: Dan 1:19 - Raja bercakap-cakap dengan mereka; dan di antara mereka sekalian itu .. // Tidak didapati yang setara dengan Daniel ... maka bekerjalah mereka itu pada raja 19. Raja bercakap-cakap dengan mereka; dan di antara mereka sekalian itu ... Seluruh kelompok, termasuk banyak orang selain empat orang kita yang isti...

19. Raja bercakap-cakap dengan mereka; dan di antara mereka sekalian itu ... Seluruh kelompok, termasuk banyak orang selain empat orang kita yang istimewa, telah ambil bagian dalam tiga tahun pendidikan itu, dan semua telah dipersembahkan kepada Nebukadnezar. Pertanyaannya adalah: Apa yang terjadi dengan para pemuda Yahudi lainnya yang belajar agama yang sejati? Jelas bahwa pelajaran mereka "jatuh tenggelam" dalam kompromi dan kemurtadan. Tidak didapati yang setara dengan Daniel ... maka bekerjalah mereka itu pada raja. "Sang raja, melalui pengamatannya sendiri, memilih orang-orang yang telah Allah bedakan dengan karunia khusus yang membuat mereka lebih hebat daripada orang-orang muda lainnya" (Stuart, Commentary).

Wycliffe: Dan 1:20 - Sepuluh kali lebih cerdas daripada semua orang berilmu // semua ahli jampi // ahli jampi 20. Sepuluh kali lebih cerdas daripada semua orang berilmu (magician). "Mungkin ... orang-orang yang menggunakan ilmu sihir secara umum" (Driver). Kat...

20. Sepuluh kali lebih cerdas daripada semua orang berilmu (magician). "Mungkin ... orang-orang yang menggunakan ilmu sihir secara umum" (Driver). Kata yang tidak jelas hartummim, yang dipakai juga dalam 2:2, 10, 27; 4:7, 9; 5:11, dipandang oleh para ahli berasal dari bahasa Mesir. Di luar Kitab Daniel kata .itu dipakai hanya untuk "tukang sihir" Mesir (Kej. 41:8, 24; Kel. 7:11, 22; 8:7, 18, 19; 9:11). Beberapa orang berpendapat bahwa kata itu, yang rupanya berasal dari kata heret, "alat tulis," seharusnya diterjemahkan juru tulis, yakni juru tulis teks-teks ritual agama kuno dalam bahasa kuno dari penduduk pertama Babel, sebuah bahasa yang tidak dikenal oleh orang awam dalam zaman Daniel. (Dan) semua ahli jampi. Tidak ada kata penghubung dalam teks Ibrani; jadi ahli jampi (astrologer) digunakan sebagai keterangan tambahan. Ini adalah kata Babel, yang terdapat baik dalam bagian Kitab Daniel yang berbahasa Ibrani maupun Aram tetapi tidak ada di bagian Alkitab lainnya. Kata itu lebih baik diterjemahkan penyihir (enchanter), atau ahli sihir (charmer). Kata-kata ini menunjukkan bagaimana omong kosong takhayul merusak pengetahuan tentang kebenaran ilmiah di Babel.

Wycliffe: Dan 1:21 - Sampai tahun pertama pemerintahan Koresy 21. Sampai tahun pertama pemerintahan Koresy. Suatu kontradiksi dengan 10:1 telah sering dibayangkan. Adalah sangat mungkin bahwa karena periode penaw...

21. Sampai tahun pertama pemerintahan Koresy. Suatu kontradiksi dengan 10:1 telah sering dibayangkan. Adalah sangat mungkin bahwa karena periode penawanan secara resmi berakhir pada tahun pertama Koresy (bdg. Ezr. 1:1), ayat itu menunjukkan fakta yang mencolok bahwa pemuda Daniel, yang termasuk dalam kelompok Yahudi pertama yang ditawan dari Yerusalem ke Babel (605 SM) tetap hidup selama masa penawanan yang lama dan membosankan untuk menyaksikan kelompok pertama dari orang buangan yang pulang. Inilah pemahaman yang paling wajar dari ayat tersebut.

Menurut bahasa dan makna asal, Daniel 2:1-4a, yang menyusul sesudah ini, termasuk dalam pasal 1; karena ayat-ayat ini merupakan bagian dari pengantar kitab ini. Di sini para pembaca diizinkan untuk mengetahui situasi sesungguhnya yang membawa Daniel menjadi orang terkemuka di Babel. Ayat-ayat ini juga berfungsi. sebagai prolog bagi kisah dari pasal 2 yang profetik dan dramatis. Karenanya, Daniel 2:1-4a dibahas dalam kaitan dengan hal terakhir ini dalam bagian Tafsiran.

Beberapa pendapat tentang makna praktis dari pasal 1 sebaiknya tidak dihilangkan. Untuk pendidikan seratus generasi, kisah tersebut memberikan elemen-elemen kepahlawanan moral. (1) Ketajaman. Empat pemuda itu melihat dengan tepat apa yang 'salah dengan memakan makanan yang ditetapkan. Dari mana mereka belajar hal itu? Dari orang tua yang saleh (Ul. 6:4-9). (2) Perlawanan terhadap kejahatan. Jauh dari pengamatan kritis tidak memperlemah perlawanan itu (lih. Mat. 10:26-28; Yak. 4:7). Perlawanan terhadap kejahatan juga berkembang pada tahun-tahun awal mereka di dalam keluarga yang saleh. Anak-anak tidak melawan kejahatan secara alami; sebaliknya, mereka merangkul kejahatan. Mereka harus diajarkan untuk membenci kejahatan! (lih. Ibr. 12:9-13; Ams. 3:11, 12; 13:24; bdg. anak-anak Eli, I Sam. 2:12-30). (3) Kekuatan untuk menyatakan tidak setuju. Pemuda adalah usia di mana orang bertindak dan berpikir seperti lingkungan sosialnya. Karena itu, peristiwa ini memberikan bukti kuat akan anugerah khusus dalam kehidupan empat pemuda ini. (4) Keberanian fisik. Pemimpin pegawai istana itu benar. Mereka dan juga dirinya sendiri berada dalam bahaya (bdg. Dan 2:5, gua singa, dapur perapian.) (5) Ketekunan. Ketika tidak ada bantuan datang melalui pemimpin pegawai istana itu, Daniel mencoba pada Penjenang atau pelayannya. (6) Keteguhan hati. Tujuannya ada "dalam hatinya," yaitu pusat keberadaannya. Ini bukanlah tujuan yang dangkal. (7) Kelemahlembutan. Tanpa sikap yang berlebihan, Daniel dengan rendah hati "memohon" atau "mengusulkan" kepada para atasannya. (8) Akal sehat. Percobaan yang diusulkan masuk akal dan bisa dilakukan. (Lih. juga Yeh. 28:3; Ams. 2:23 dalam konteks.)

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Dan 1:1-21 - Berani bersikap (Kamis 30 Oktober 2008) Berani bersikap Dalam dunia yang makin menggoda ini, bagaimanakah orang beriman dapat berprinsip dan membedakan mana pilihan yang serasi dengan ...

SH: Dan 1:1-5 - Disiplin dari Allah. (Kamis, 15 April 1999) Disiplin dari Allah. Inilah tindakan disiplin dari Allah: Israel diserahkan pada bangsa Babel. Ketika peristiwa ini terjadi, Babel adalah kera...

SH: Dan 1:6-21 - Anak-anak Allah bersikap. (Jumat, 16 April 1999) Anak-anak Allah bersikap. Siapakah orang yang tidak tergoda untuk hidup nikmat? Siapakah orang yang datang dari status rendah, sebagai tawanan...

Utley: Dan 1:1-2 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 1:1-21 Pada tahun yang ketiga pemerintahan Yoyakim, raja Yehuda, datanglah Nebukadnezar, raja Babel, ke Yerusalem, lalu men...

Utley: Dan 1:3-7 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 1:3-73 Lalu raja bertitah kepada Aspenas, kepala istananya, untuk membawa beberapa orang Israel, yang berasal dari keturuna...

Utley: Dan 1:8-13 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 1:8-138 Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja; ...

Utley: Dan 1:14-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 1:14-1614 Didengarkannyalah permintaan mereka itu, lalu diadakanlah percobaan dengan mereka selama sepuluh hari. 15 Setelah...

Utley: Dan 1:17 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 1:1717 Kepada keempat orang muda itu Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai- bagai tulisan dan hikmat...

Utley: Dan 1:18-21 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 1:18-2118 Setelah lewat waktu yang ditetapkan raja, bahwa mereka sekalian harus dibawa menghadap, maka dibawalah mereka ole...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Daniel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Daniel Tema : Kedaulatan Allah Dalam Sejarah Tanggal Penulisan: Sekitar 536-530 SM Latar Belakang Daniel, yang naman...

Full Life: Daniel (Garis Besar) Garis Besar I. Latar Belakang Sejarah Daniel (Dan 1:1-21) A. Daniel dan Teman-Teman Diangkut ke Babel ...

Jerusalem: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL Kalau ditinjau dari segi isinya, maka kitab Daniel dapat dibagi dua. Bagian pertama Daniel, yaitu Dan 1-6, berisikan kisah-kisah sbb: Daniel da...

Ende: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL PENDAHULUAN Kitab Daniel memperkenalkan kita dengan tokoh jang bernama demikian. Kitab itu sedikitpun tidak menjatakan telah ditulis oleh Danie...

Ende: Daniel (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

Wycliffe: Daniel (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN DANIEL Nama Kitab. Dalam Alkitab bahasa Inggris judul bagian Alkitab ini adalah "The Book of Daniel" ("Kitab Daniel")...

Wycliffe: Daniel (Garis Besar) GARIS BESAR DANIEL Judul: Nubuatan tentang Bangsa-bangsa di Dunia dan tentang Masa Depan Israel yang Berkaitan dengan Mereka dalam Rencana Allah. ...

BIS: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL PENGANTAR Buku Daniel ditulis pada waktu bangsa Yahudi sangat menderita karena dianiaya dan ditindas oleh seorang raja asing. Si penulis memb

DANIEL

PENGANTAR

Buku Daniel ditulis pada waktu bangsa Yahudi sangat menderita karena dianiaya dan ditindas oleh seorang raja asing. Si penulis membesarkan hati bangsanya dengan berbagai cerita dan laporan tentang penglihatan- penglihatan. Ia memberikan mereka harapan bahwa Allah akan menjatuhkan si penjajah dan memulihkan kerajaan bagi umat Allah.

Buku ini berisi dua bagian yang terpenting:

  1. 1. Kisah tentang Daniel dan beberapa temannya sepembuangan; mereka mengalahkan musuh-musuh mereka hanya karena mereka percaya dan taat kepada Allah. Kisah- kisah itu terjadi di zaman kerajaan Babel dan Persia.
  2. 2. Sejumlah penglihatan yang dilihat oleh Daniel. Dalam bentuk perlambang, penglihatan-penglihatan itu menggambarkan berkembangnya dan jatuhnya berbagai negara berturut-turut mulai dengan Babel. Selain itu, diramalkan juga jatuhnya si penjajah yang tidak mengenal Allah itu, serta kemenangan umat Allah.

Isi

  1.  Daniel dan teman-temannya
    Dan 1:1-6:28
  2.  Penglihatan-penglihatan yang dilihat Daniel
    Dan 7:1-11:45
    1. a. Empat binatang
      Dan 7:1-28
    2. b. Domba jantan dan kambing jantan
      Dan 8:1-9:27
  3.  Akhir zaman
    Dan 12:1-13

Ajaran: Daniel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Daniel, anggota jemaat mengerti bahwa kelahiran dan kedatangan Tuhan Yesus ke dunia telah dinubuatkan pada z

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Daniel, anggota jemaat mengerti bahwa kelahiran dan kedatangan Tuhan Yesus ke dunia telah dinubuatkan pada zaman dahulu. Dan juga tentang keadaan daripada zaman akhir. Selain itu, agar anggota jemaat juga dapat meneladani kehidupan Daniel dengan teman-temannya yang setia beribadah kepada Allah, walaupun berada di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Daniel.

Isi Kitab: Kitab Daniel terbagi atas 12 pasal, yang isinya berhubungan sejarah kekuasaan bangsa-bangsa di dunia, dan juga tentang keadaan pada masa yang akan datang, ketika Tuhan Yesus datang kembali ke dunia untuk yang kedua kali.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang isi Kitab Daniel, lihatlah uraian berikut:

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Daniel

  1. Pasal 1-66 (Dan 1:1-6:28).

    Pemberitaan tentang peristiwa-peristiwa kehidupan Nabi Daniel

    1. Sejarah Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego sebelum k Babel sampai mereka menjadi pejabat pemerintah Babe (Pasal 1; Dan 1:1-21).
    2. Cerita tentang mimpi raja Nebukadnezar dan arti yan dijelaskan oleh Daniel (Pasal 2; Dan 2:1-49).
    3. Cerita tentang ketaatan Sadrakh, Mesakh, dan Abedneg dalam menyembah Allah walaupun dimasukkan ke dala perapian yang menyala-nyala (Pasal 3; Dan 3:1-30).
    4. Pemberitahuan arti dari mimpi raja Nebukadnezar, da penggenapannya (Pasal 4; Dan 4:1-37).
    5. Cerita tentang tulisan di dinding dan arti sert penggenapannya (Pasal 5; Dan 5:1-31).
    6. Cerita ketaatan Daniel dalam beribadah kepada Alla walaupun dimasukkan ke dalam gua singa (Pasal 6; Dan 6:1-28).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Dan 1:8-15, 18-20. Apakah keputusan Daniel dan akibatnya?
    2. Bacalah pasal Dan 2:26-30, 47-49. Mengapa Daniel dapat menjelaskan mimpi raja? Dan apakah akibatnya?
    3. Bacalah pasal Dan 3:12-30. Mengapakah Sadrakh, Mesakh, dan Abednego dihukum raja? Bagaimanakah sikap ketiga orang umat Allah itu? Dan apakah akibatnya?
    4. Bacalah pasal Dan 4:19-37. Apakah arti mimpi raja dan apakah akibatnya bagi raja?
    5. Bacalah pasal Dan 5:3-6, 17-30. Mengapakah ada tulisan di dinding? Dan apakah artinya serta akibatnya bagi raja?
    6. Bacalah pasal Dan 6:8-11,14-25. Apakah sebabnya Daniel dibuang ke gua singa? Dan apa saja yang terjadi? Apakah akibatnya atas orang-orang yan memfitnah/memusuhi umat Allah?
  2. Pasal 7-12 (Dan 7:1-12:13).

    Penglihatan Nabi Daniel tentang keadaan bangsa-bangsa di akhir zaman

    Pendalaman

    Bacalah pasal Dan 12:1-13. Apakah janji bagi orang-orang yang percaya? (pasal Dan 12:13).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Ketaatan Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego di dalam menyembah Allah walaupun berada dalam ancaman, merupakan pengajaran terhadap setiap orang Kristen untuk mempunyai kesetiaan dalam imannya ketika berada dalam bahaya.

  2. Pertolongan Allah terhadap Daniel dan teman-temannya, membuktikan bahwa Allah tidak pernah membiarkan anak-anak-Nya mengalami penderitaan seorang diri.

  3. Pada akhir zaman akan ada kesusahan-kesusahan besar, tetapi umat Allah akan mendapat bagian dalam kerajaan Allah yang kekal.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Daniel?
  2. Mengapakah Sadrakh dan teman-temannya dimasukkan ke dala perapian yang bernyala-nyala? Siapakah yang menolong?
  3. Mengapakah Daniel dimasukkan ke dalam gua singa? Dan siapakah penolongnya?
  4. Dari manakah pengetahuan Daniel untuk mengartikan mimp Raja Nebukadnezar?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan setela mempelajari Kitab Daniel?

Intisari: Daniel (Pendahuluan Kitab) Orang yang diberi karunia penglihatan SIAPAKAH DANIELDaniel adalah seorang tawanan perang yang ditangkap oleh Nebukadnezar, raja Babel, pada waktu Ye

Orang yang diberi karunia penglihatan

SIAPAKAH DANIEL
Daniel adalah seorang tawanan perang yang ditangkap oleh Nebukadnezar, raja Babel, pada waktu Yerusalem jatuh. Bersama-sama dengan orang Yahudi dari golongan atas lainnya, Daniel diangkut ke Babel, dididik, dan dipekerjakan pada pemerintah. Dia bekerja di bawah Nebukadnezar, Belsyazar dan Darius dari tahun 605 SM sampai 536. Namanya berarti "Allah adalah hakimku", tetapi di Babel ia diberi nama baru. Seperti nama aslinya yang mengandung nama Allah Israel, yaitu El, maka nama barunya pun mengandung nama dewa Babel, Bel. Beltsazar mungkin berarti "Semoga dewa Bel melindungi raja". Perhatikan tiga hal mengenai Daniel, yaitu dia adalah seorang yang sangat bijaksana, sangat mudah bergaul dan rajin berdoa.

JAWABAN ATAS PERTANYAAN YANG MENGIBAKAN
Mazmur 137, sama seperti halnya nubuatan ini, ditulis di Babel: "Di tepi sungai-sungai Babel
di sanalah kita duduk sambil menangis,
apabila kita mengingat Sion."
Hidup dalam pengasingan sangat menghancurkan moral bangsa Yahudi. Mereka merasa bahwa Allah telah meninggalkan mereka. Oleh karena itu, mereka menggantungkan harpa mereka dan menolak untuk bernyanyi: "Bagaimanakah kita menyanyikan nyanyian Tuhan di negeri asing?"
Itulah pertanyaan mereka yang mengibakan. Daniel menjawab pertanyaan mereka. Ia menunjukkan bahwa Allah tetap Allah, walaupun mereka berada di Babel.

DANIEL DAN ANTIOKUS EFIFANUS
Bagian kedua kitab Daniel berisi gambaran yang mengandung nubuatan yang dapat kita lihat sudah digenapi secara detail dalam pemerintahan Antiokus Efifanus, yang memerintah sebagian besar Asia Kecil, Siria dan Palestina dari tahun 175 sampai 164 SM. Banyak penulis tentang Daniel menolak adanya nubuatan di kitab kedua ini dan berpendapat bahwa kitab ini, sebenarnya, ditulis sekitar tahun 165 SM, bukan oleh Daniel tetapi oleh seorang penulis tak dikenal. Keberatan mereka yang utama rupanya menyangkut konsep nubuatan sebagai ramalan mengenai apa yang akan terjadi di masa depan, khususnya nubuatan yang sangat rinci. Tetapi nubuatan-nubuatan ini mendapat perhatian sungguh-sungguh dari Tuhan Yesus (Matius 24:15) dan harus diakui bahwa paling tidak dua, mungkin tiga nubuatan digenapi: di zaman dan pada Akhir Zaman. Keempat binatang buas yang dilukiskan dalam Daniel 7 boleh jadi ditafsirkan dalam tiga cara, yaitu sebagai kerajaan-kerajaan besar dunia, masa lalui, sekarang dan masa yang akan datang.

Pesan

1. Minat fatalistis manusia terhadap agama Dan 3:1-30
o Obyek penyembahan manusia disediakan. Perhatikan konstruksinya -- lunak tetapi terbuat dari emas yang mewah dan ukurannya -- kaku tetapi kelihatannya hebat. Dan 3:1-3
o Perintah dikeluarkan. Suatu liturgi baru! "Katakan pada kami apa yang harus kami lakukan dan kami akan melakukannya!" Pendapat Nebukadnezar itu benar bahwa gabungan rasa kagum dan takut dapat meningkatkan penyembahan. Dan 3:4-6
o Ketaatan ditawarkan. Manusia seperti domba dan mereka akan mengikuti seorang "gembala". Ini merupakan peringatan bagi para pemimpin. Dan 3:7
o Tuduhan dilancarkan. Bersyukurlah kepada Allah bagi para "non-konformis", orang yang dapat membedakan yang benar dari yang jahat, walaupun yang salah itu bersumber pada raja. Dan 3:8-12
o Suatu pilihan ditawarkan. Bertobat atau mati! Sering kali pilihan yang ditawarkan begitu gamblang, tetapi kita sering menolak Kristus jika pilihan itu bukan kematian, melainkan semata-mata hanya menjadi bahan tertawaan atau dianggap aneh. Dan 3:13-15
o Jawaban diberikan. Dan jawaban itu luar biasa! Kami tidak mau! Kemenangan! Dan 3:16-18
o Hukuman dilaksanakan. Iman ketiga orang ini dicobai habis-habisan; kelihatannya tidak akan ada pembebasan. Dan 3:19-23
o Ada pelepasan. Ada orang keempat, suatu tubuh ilahi, yang berjalan bersama mereka bertiga di dalam api (suatu ilustrasi luar biasa dari Yesaya 43:2). Dan 3:24-27
o Suatu titah baru. Nebukadnezar sungguh bersedia untuk menambahkan Allah Israel ke dalam koleksi dewa-dewanya, bahkan mengakui kuasanya yang luar biasa untuk menyelamatkan. Tetapi Dia "Allah Sadrakh, Mesakh dan Abednego. Dan 3:28-29
o Kedudukan baru. Dari penjara kepada kekuasaan, dari penghinaan kepada kehormatan. Yusuf juga mempunyai pengalaman yang serupa (Kejadian 41). Dan 3:30

2. Pengetahuan Allah yang sempurna mengenai hari depan Dan 9:20-27
o Pengantar Wahyu. Kembali kita mendapatkan Daniel yang sedang berdoa; tidak meminta sesuatu, tetapi mengakui segala kesalahannya; meluruskan hubungannya dengan Allah. Dan 9:20-23
o Suatu ringkasan yang tepat. Tujuh kali tujuh puluh, tidak semata-mata 490 tahun, tetapi angka yang mewakili seluruh periode dalam rencana Allah. Dan 9:24
o Petunjuk untuk penafsiran. Rencana inti terbagi dalam tiga bagian: 49 tahun, 434 tahun dan masa akhir selama 7 tahun. Ayat Dan 9:27 boleh jadi menunjuk baik kepada Antiokus (yang meninggalkan altar dengan memberlakukan tata ibadah kafir), maupun masa pemerintahan Titus, yaitu ketika pada tanggal 17 juli tahun 70, semua korban sembelihan di bait Allah dihentikan, dan sampai akhir dari Kitab Wahyu. Kitab Daniel harus ditafsirkan di bawah terang Wahyu. Dan 9:25-27

Penerapan

1. Orang Kristen sebagai orang buangan
Seperti dikatakan oleh Paulus, "kewargaan kita adalah di dalam sorga" (Fil 3:20), dan Petruss menasihati kita, "hendaklah kamu hidup dalam ketakutan selama kamu menumpang di dunia ini" (1Pe 1:17).
Demikianlah yang terjadi dengan Daniel: seorang buangan, seorang pendatang, seorang asing. Bagian pertama dari kitab ini merupakan suatu tuntunan yang luar biasa mengenai bagaimana umat Allah harus bersikap dalam dunia yang jahat ini.
Pasal-pasal permulaan dari kitab ini mengajarkan kepada kita:
o Jangan terpengaruh oleh puji-pujian duniawi, atau oleh hadiah-hadiah (Dan 5:17).
o Jangan takut terhadap ancaman dunia; katakan apa yang harus dikatakan (Dan 3:16-18).
o Jangan terpengaruh dengan agama-agama dunia; bersamalah dengan Allah dan serahkanlah segala konsekuensinya kepada Dia (Dan 6:1-10).

2. Umat Allah sebagai kawan sekerja Allah
Dalam keseluruhan kitab Daniel kita merasakan adanya kehadiran Allah bersama umat-Nya, berbagi rencana dengan mereka dan berbagi pengalaman. Itu pula yang menjadi pelajaran yang harus diajarkan oleh Musa kepada orang buangan di Mesir. Mereka telah menderita dan telah pula berdoa, tetapi Allah tidak menyelamatkan mereka. Allah berkata kepada Musa: "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan olah pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka. Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka..." (Keluaran 3:7,8). Daniel mengingatkan kita bahwa meskipun Allah mungkin kadang-kadang membiarkan kita menderita, Dia selalu dekat dengan kita dan selalu dapat membebaskan kita. Dan sebagai kawan sekerja-Nya, Dia kadang-kadang mengizinkan kita untuk sejenak melihat kemuliaan yang akan datang.

Tema-tema Kunci

Akhir zaman
o Kitab Daniel merupakan kitab nubuatan, tetapi dalam bentuk yang lain daripada yang lain, berisi gambar-gambar dan lambang. Kitab itu terutama berkenaan dengan akhir zaman. Dalam hal ini serupa dengan Wahyu, tetapi harus juga dibandingkan dengan Markus 13, Matius 24 dan Lukas 21.
o Dari kata-kata Tuhan Yesus sendiri (Markus 13:32-4) timbul suatu prinsip yang penting, yaitu kita tidak diperkenankan untuk mengetahui dengan tepat kapan akhir zaman itu akan tiba. Informasi yang kita dapat dari kitab Daniel tidaklah cukup bagi kita untuk menentukan dengan tepat kapan akhir zaman itu akan tiba.
o Namun demikian, kita bukan tidak diberi petunjuk. Ada orang yang menertawakan nubuatan dan menolak pendapat mengenai Wahyu, akhir zaman yang penuh bencana. Segala sesuatu berjalan seperti sedia kala (2Pe 3:1-13). Ada pula yang ingin tahu lebih banyak daripada yang diperbolehkan, dan mencoba untuk menentukan waktu yang tepat kapan akhir zaman itu akan terjadi.
o Banyak usaha penjelasan arti misteri "tujuh" telah diusulkan. Periode pertama dari tujuh kali tujuh masa bisa jadi menunjuk kepada periode pembuangan dari 587 SM ketika Yerusalem jatuh, sampai 538/7 SM ketika Xerxes memerintahkan pembangunan kembali Yerusalem. Ada kesepakatan meluas bahwa Yang Diurapi (arti dari istilah bahasa Ibrani: Mesias) pasti menunjuk kepada Kristus. Namun diusulkan pula bahwa antara 69 minggu dan minggu terakhir yaitu antara kedatangan Kristus pertama dan kedua, terjadi masa "diam" yang lama yang di dalamnya kabar baik diberitakan.
o Kejadian-kejadian yang terjadi dalam Dan 9:27 dan acuan kepada "pertengahan masa" sering dibandingkan dengan Wahyu 11:1-13, dan sudah jelas bahwa perkataan-perkataan Daniel tidak dapat ditafsirkan tanpa mengacu kepada ayat-ayat ini dan ayat-ayat lainnya dalam Wahyu. Pelajari dan bandingkan: Daniel 9:20-27; Matius 24:1-44; 2Pe 3; dan Wahyu 11. Perhatikan mengapa angka tujuh merupakan lambang penting dalam Alkitab. Telusuri berapa banyak angka tujuh yang ada dalam kitab Wahyu. Nubuatan-nubuatan itu akan lebih mudah dimengerti jika angka tujuh diartikan secara simbolis dan tidak secara harafiah, untuk melambangkan "kesempurnaan".
o Daftarkan apa saja yang kita ketahui mengenai akhir zaman. Apakah kita perlu mengetahui lebih banyak lagi? Dengan apa yang kita ketahui, harus menjadi manusia macam apakah kita ini (2Pe 3:11-15)?

Garis Besar Intisari: Daniel (Pendahuluan Kitab) [1] DANIEL DI BABEL Dan 1:1-21 Dan 1:1-7Bagaimana Daniel datang ke Babel Dan 1:8-16Daniel menjadi vegetaris Dan 1:17-21Anugerah-anugerah Allah

[1] DANIEL DI BABEL Dan 1:1-21

Dan 1:1-7Bagaimana Daniel datang ke Babel
Dan 1:8-16Daniel menjadi vegetaris
Dan 1:17-21Anugerah-anugerah Allah

[2] MIMPI NEBUKADNEZAR TENTANG SEBUAH PATUNG Dan 2:1-49

Dan 2:1-13Mimpi itu
Dan 2:14-23Daniel sebagai pendoa
Dan 2:24-25Penafsiran mimpi
Dan 2:46-49Daniel yang penuh kuasa

[3] PERAPIAN YANG BERNYALA-NYALA Dan 3:1-30

Dan 3:1-7Perintah raja
Dan 3:8-23Dituduh, dijatuhi hukuman
Dan 3:24-27Dilepaskan
Dan 3:28-30Diberi kedudukan

[4] MIMPI NEBUKADNEZAR MENGENAI POHON Dan 4:1-37

Dan 4:1-18Mimpi diceritakan
Dan 4:19-27Mimpi dijelaskan
Dan 4:28-37Mimpi menjadi kenyataan

[5] PESTA RAJA BELSYAZAR Dan 5:1-31

Dan 5:1-9Tulisan di atas tembok
Dan 5:10-12Daniel dipanggil
Dan 5:13-28Daniel menerangkan semuanya
Dan 5:29-31Anugerah dan kehancuran

[6] DANIEL DAN SINGA-SINGA Dan 6:1-28

Dan 6:1-4Pejabat dengan kuasa penuh
Dan 6:5-9Persekongkolan
Dan 6:10-18Kandang singa
Dan 6:19-23Allah kembali bertindak
Dan 6:24-28Titah kerajaan

[7] PENGLIHATAN MENGENAI EMPAT BINATANG BUAS Dan 7:1-28

[8] DOMBA JANTAN DAN KAMBING JANTAN Dan 8:1-17

[9] BERHENTI SEJENAK UNTUK BERDOA Dan 9:1-19

[10] TUJUH PULUH KALI TUJUH MASA Dan 9:20-27

[11] PENGANTAR NUBUATAN Dan 10:1-21

Dan 10:1-3Keadaan
Dan 10:4-17Daniel jatuh pingsan
Dan 10:18-21Jamahan yang menguatkan

[12] PENGLIHATAN TENTANG RAJA-RAJA Dan 11:1-12:4

Dan 11:36-45 Raja perebut kuasa
Dan 11:1-35Kedua raja
Dan 12:1-4 Raja penyelamat

[13] PENGLIHATAN DI TEPI SUNGAI Dan 12:5-13

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #33: Situs ini membutuhkan masukan, ide, dan partisipasi Anda! Klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.82 detik
dipersembahkan oleh YLSA