Kepala [pedoman]
- 1. Anggota tubuh yang paling atas dan penting. 2Raj 6:31; Yes 1:6
- 2. Semua anggota tubuh yang lain diperlukan oleh - . 1Kor 12:21
- 3. Tubuh menjadi satu dengan - . Ef 4:16
- 4. Mewakili seluruh tubuh. Kej 49:26; Ams 10:6
- 5. Menanggung nyawa tubuh. 1Sam 28:2; Dan 1:10
- 6. Bagian-bagiannya yang disebutkan:
- 6.1 Batu kepala. Kej 49:26; Yes 3:17
- 6.2 Dahi. 1Sam 17:49; Yeh 9:4
- 6.3 Muka. 2Raj 9:30
- 6.4 Pelipis. Hak 4:21,22
- 6.5 Rambut. Hak 16:22; Mazm 40:13
- 6.6 Kepala. 2Raj 9:35; Mazm 68:22; Mat 27:33
- 7. Sering kali diminyaki. Pengkh 9:8; Mat 6:17
- 8. Ditundukkan:
- 9. Pada waktu kedukaan:
- 9.1 Ditaburi abu. Yos 7:6; Ayub 2:12
- 9.2 Dicukur. Ayub 1:20
- 9.3 Diselubungi. 2Sam 15:30; Est 6:12
- 9.4 Meletakkan tangan di atasnya. 2Sam 13:19; Yer 2:37
- 10. Imam-imam dilarang mencukur - . Im 21:5,10
- 11. Orang nazir dilarang mencukur - . Bil 6:5
- 12. Olok-olokan dinyatakan dengan menggelengkan - . 2Raj 19:21; Mazm 22:8; 109:25; Mat 27:39
- 13. Orang Yahudi disalahkan karena bersumpah demi - . Mat 5:36
- 14. Orang yang ubanan harus dihormati. Im 19:32
- 15. Mudah kena:
- 15.1 Botak. Im 13:40,41; Yes 15:2
- 15.2 Kusta. Im 13:42-44
- 15.3 Penyakit di dalam - . 2Raj 4:19; Yes 1:5
- 15.4 Kudis. Yes 3:17
- 15.5 - kusta selalu tidak ditutupi. Im 13:45
- 15.6 - perempuan biasanya ditudungi di hadapan orang banyak. Kej 24:65; 1Kor 11:5
- 15.7 - penjahat yang dihukum sering kali dipenggal. Mat 14:10
- 15.8 - musuh yang dibunuh dalam peperangan sering kali dipenggal. Hak 5:26; 1Sam 17:51,57; 31:9
- 16. Melukiskan:
- 16.1 Allah. 1Kor 11:3
- 16.2 (Diangkat) kesenangan dan harapan. Mazm 3:4; Luk 21:28
- 16.3 (Ditinggikan) kesombongan. Mazm 83:3
- 16.4 (Ditegakkan) kemuliaan. Kej 40:13; Mazm 27:6
- 16.5 (Digundul) hukuman-hukuman yang berat sekali. Yes 3:24; 15:2; 22:12; Mi 1:16
- 16.6 (Diurapi) sukacita dan keberuntungan. Mazm 23:5; 92:11
- 16.7 (Ditudungi) pembelaan dan perlindungan. Mazm 140:8
- 16.8 (Ditudungi) penaklukan diri. 1Kor 11:5,10
- 16.9 Kristus. 1Kor 11:3; Ef 1:22; Kol 2:19
- 16.10 Kota yang terpenting dalam kerajaan. Yes 7:8
- 16.11 Orang-orang yang terpandang. Yes 9:14,15
- 16.12 Para pemimpin. 1Sam 15:17; Dan 2:38
Kepala [lambang]
- (1) METAFORA orang yang memerintah, misalnya, peremukan kepala ular dalam Kej 3:15 menggambarkan tindakan Kristus yang mematahkan penguasaan Iblis atas umat manusia yang berdosa. Kej 3:15; Bil 17:3; Ul 28:13; Hak 10:18; 2 Sam 22:44; 1 Taw 29:11; Mzm 18:44; Yes 7:8, 9; 1 Kor 11:3; Ef 1:22; 4:15; 5:23; Kol 1:18; 2:10, 19; Why 13:1,3; 17:9, dll. (Beberapa penafsir modern mengatakan bahwa "kepala" yg disebut di dl beberapa bagian PB adalah METAFORA sumber atau asal usul, bukan kekuasaan.)
- (2) SINEKDOKE untuk pribadi orang seutuhnya, misalnya, meletakkan sesuatu di atas kepala seseorang dapat meLAMBANGkan penerimaan berkat atau tanggung jawab, rasa bersalah atau hukuman - sesuai konteksnya - oleh orang tersebut. Kej 49:26; Kel 29:10; Im 8:14; Ul 33:16; 1 Sam 25:39; Neh 4:4; Est 9:25; Mzm 7:17; 23:5; 68:22; Ams 10:6; 25:22; Yeh 11:21; 22:31; Kis 18:6, dll.
- (3) Mengangkat kepala seseorang kadang-kadang digunakan sebagai METAFORA pembebasan atau pengagungan orang tersebut, kendati hanya sementara. Ayb 10:15; Mzm 3:4; 27:6; 83:2; 110:7.
- (4) Melepaskan kerudung atau mencukur rambut kepala, atau menaburkan debu di atas kepala seseorang, meLAMBANGkan kesedihan atau kedukaan yang amat dalam. Im 21:5; Ayb 1:20; Yes 15:2; Yer 14:3, 4; Yeh 7:18; Why 18:19.
- (5) Sesuatu menimpa kepala seseorang digunakan sebagai METAFORA rasa kewalahan atau tertekan. Mzm 38:5; 66:12.
- (6) LAMBANG dedikasi seseorang kepada Allah dengan cara tidak memotong rambut. Bila ia melakukan kenajisan, rambut itu harus dicukur habis. Ul 21:12; Hak 13:5.
KEPALA [browning]
Bagian tubuh manusia, yang dalam PL dan PB dapat dimaksudkan secara harfiah (Kej. 48:14; Mrk. 15:29), atau secara metaforis, seperti kepala *keluarga (Yos. 22:14). Dalam PB, Kristus digambarkan sebagai Kepala Gereja (Ef. 4:15; Kol. 1:18), yang dapat berarti bahwa Kristus adalah kepala, dalam pengertian sebagai raja dan hakim, atau sebagai pelindung atas tubuh-Nya, yaitu Gereja; atau dapat juga menandakan ketidakterpisahan kepala dari tubuh -- Kristus dan Gereja adalah satu organisme.
KEPALA [ensiklopedia]
(Ibrani rosy; Yunani kefale) tidak dipandang sebagai tempat akal, tapi sebagai sumber kehidupan (1 Sam 28:2, harfiah, 'penjaga kepalaku'; Mat 14:8, 11; Yoh 19:30). Jadi mengangkat kepala adalah memberi kehidupan dalam arti keberhasilan (Hak 8:28; Mzm 27:6; Kej 40:13, tapi bnd permainan kata dlm ay 19), atau mengharapkannya di dalam Allah sendiri (Mzm 24:7, 9; Luk 21:28). Menutup kepala dengan tangan atau dengan tanah dan abu berarti meratapi hilangnya hidup seseorang (2 Sam 13:19; Rat 2:10). Secara kiasan, kepala menyatakan keunggulan pangkat dan kekuasaan atas orang lain (Hak 11:11; 2 Sam 22:44). Ketika Kristus dikatakan sebagai Kepala dari tubuh-Nya, gereja (Ef 5:23; Kol 2:19), Kepala setiap orang laki-laki (1 Kor 11:3), Kepala dari segala yg ada (hyper panta, Ef 1:22), dan Kepala dari semua pemerintah dan penguasa (Kol 2:10), juga ketika laki-laki (suami) dikatakan sebagai kepala dari perempuan (istri) (1 Kor 11:3; Ef 5:23; bnd Kej 2:21 dab), maka artinya yg terutama adalah arti baku tadi, yaitu kepala sebagai sumber kehidupan dan tenaga.
Gerejalah tubuh Kristus, Dia Kepalanya (Ef 4:15 dab); kedua-duanya tak boleh dipisahkan. Dalam kesatuan Kepala dengan tubuh ini, Kristus mengarahkan pertumbuhan gereja kepada diriNya: Ia bukan hanya sumber hidup bagi tubuh (1 Kor 10:16 dst), tapi juga kepenuhan dan puncak dari hidup (Ef 4:15 dst). Jadi menaruh kepercayaan dan kesetiaan kepada perantara-perantara rohani lainnya, seperti dilakukan orang-orang di Kolose, berarti memutuskan hubungan yg vital antara anggota tubuh dari Kristus yg, sebagai Kepala, adalah Sumber utama dari keberadaannya (Kol 2:18 dab).
KEPUSTAKAAN. F Foulkes, Ephesians, TNTC, 1963, hlm 65, 124, 155 dst; K Munzer dan C Brown, NIDNTT 2, hlm 156-163; H Schlier, TDNT 3, hlm 673-681; S Bedale, 'The Meaning of kefale in the Pauline Epistles', JTS ns 5, 1954, hlm 211 dst. FHP/JMP