kecilkan semua  

Teks -- Efesus 1:15-23 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Doa untuk pengertian tentang kemuliaan Kristus
1:15 Karena itu, setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus, 1:16 akupun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku, 1:17 dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar. 1:18 Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, 1:19 dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya, 1:20 yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga, 1:21 jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang. 1:22 Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada. 1:23 Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ef 1:16-20 - DALAM DOAKU. Nas : Ef 1:16-20 Doa Paulus bagi jemaat Efesus mencerminkan kerinduan Allah yang tertinggi bagi setiap orang percaya dalam Kristus. Dia berdoa agar...

Nas : Ef 1:16-20

Doa Paulus bagi jemaat Efesus mencerminkan kerinduan Allah yang tertinggi bagi setiap orang percaya dalam Kristus. Dia berdoa agar pekerjaan Roh Kudus dapat lebih meningkat dalam diri mereka (bd. Ef 3:16). Alasan penyaluran Roh Kudus yang ditingkatkan ini ialah supaya orang percaya boleh menerima lebih banyak hikmat, penyataan, dan pengetahuan mengenai maksud penebusan Allah bagi keselamatan saat ini dan pada masa depan (ayat Ef 1:17-18), dan mengalami "kuasa" Roh Kudus di dalam hidup mereka secara lebih berlimpah lagi (ayat Ef 1:19-20).

Full Life: Ef 1:19 - KUASA-NYA. Nas : Ef 1:19 Agar orang percaya dapat bertumbuh dalam kasih karunia, memperoleh kemenangan atas Iblis dan dosa, bersaksi secara efektif mengenai K...

Nas : Ef 1:19

Agar orang percaya dapat bertumbuh dalam kasih karunia, memperoleh kemenangan atas Iblis dan dosa, bersaksi secara efektif mengenai Kristus serta memperoleh keselamatan terakhir, diperlukan kuasa Allah dalam diri mereka (bd. 1Pet 1:5). Kuasa ini merupakan suatu kegiatan, manifestasi, dan kekuatan Roh Kudus yang bekerja dalam orang percaya yang setia. Kuasa dan Roh yang sama ini telah membangkitkan Kristus dari antara orang mati dan mendudukkan-Nya di sebelah kanan Allah Bapa (ayat Ef 1:20; Rom 8:11-16,26-27; Gal 5:22-25).

BIS: Ef 1:23 - yang menyempurnakan segala sesuatu di mana pun juga yang menyempurnakan segala sesuatu di mana pun juga: atau dan Dia sendiri telah disempurnakan oleh Allah.

yang menyempurnakan segala sesuatu di mana pun juga: atau dan Dia sendiri telah disempurnakan oleh Allah.

Jerusalem: Ef 1:15 - tentang kasihmu terhadap Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini. Kalau demikian maka "imanmu" itu tidak hanya mengenai Kristus, tetapi juga "semua orang kudus".

Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini. Kalau demikian maka "imanmu" itu tidak hanya mengenai Kristus, tetapi juga "semua orang kudus".

Jerusalem: Ef 1:17 - -- Roh di sini adalah sama dengan apa yang sekarang kita sebut "rahmat" (pembantu).

Roh di sini adalah sama dengan apa yang sekarang kita sebut "rahmat" (pembantu).

Jerusalem: Ef 1:18 - mata hatimu Hati (harafiah: jantung) di sini dianggap sebagai pusat dan pangkal perasaan, pikiran dan kelakuan manusia. Pandangan ini sudah terdapat dalam Perjanj...

Hati (harafiah: jantung) di sini dianggap sebagai pusat dan pangkal perasaan, pikiran dan kelakuan manusia. Pandangan ini sudah terdapat dalam Perjanjian Lama, Kej 8:21; 1Sa 16:7; Maz 17:3; 44:22; Yer 11:20; Maz 51:12,19; Yer 4:4; 31:31-33; Yeh 36:26; Ula 4:29; Maz 105:3; 119:2,20; 1Ra 3:9; Hos 2:16; dll, dan juga dalam Perjanjian Baru. Allah mengenal hati manusia, Luk 16:15; Kis 1:24; Rom 8:27. Manusia perlu mengasihi Allah dengan segenap hati, Mar 12:29-30 dsj. Allah mengutus RohNya ke dalam hati orang beriman, Rom 5:5+; 2Ko 1:22; Gal 4:6; Kristus juga diam dalam hati manusia, Efe 3:17. Orang yang hatinya tulus, Kis 2:46; 2Ko 11:3; Efe 6:5; Kol 3:22, lurus, Kis 8:21, dan suci, Mat 5:8; Yak 4:8, terbuka lebar-lebar bagi kehadiran dan pengaruh Allah. Dan orang-orang beriman adalah sehati dan sejiwa, Kis 4:32.

Jerusalem: Ef 1:21 - pemerintah, penguasa ... Ini adalah nama macam-macam "kuasa" di jagat raya dan cukup lazim dipakai dalam karangan-karangan Yahudi. Paulus tidak membenarkan atau menyangkal ada...

Ini adalah nama macam-macam "kuasa" di jagat raya dan cukup lazim dipakai dalam karangan-karangan Yahudi. Paulus tidak membenarkan atau menyangkal adanya kuasa-kuasa semacam itu. Ia hanya menekankan bahwa semua takluk kepada Kristus, Kol 1:16; 2:10. Dengan menghubungkan kuasa-kuasa itu dengan malaikat-malaikat yang tampil dalam tradisi alkitabiah dan dengan pemberian hukum Taurat, Gal 3:19+, Paulus memasukkan kuasa-kuasa itu ke dalam sejarah penyelamatan. Dalam pandangan Paulus kuasa-kuasa itu menjadi makin lama makin buruk, Gal 4:3+; Kol 2:15+, sampai akhirnya dianggap kuasa-kuasa setani, Efe 2:2+; Efe 6:12+; bdk 1Ko 15:24+.

Jerusalem: Ef 1:23 - kepenuhan Gereja yang adalah Tubuh Kristus, 1Ko 12:12+, dapat dikatakan "kepenuhan", bdk juga Efe 3:19; 4:13, sejauh merangkum dunia baru yang sebagai lingkunga...

Gereja yang adalah Tubuh Kristus, 1Ko 12:12+, dapat dikatakan "kepenuhan", bdk juga Efe 3:19; 4:13, sejauh merangkum dunia baru yang sebagai lingkungan umat manusia diikut-sertakan dalam pemulihan umum di bawah pemerintahan Yesus Kristus yang menjadi Tuhan dan Kepala, Kol 1:15-20+. Ungkapan "semua dalam segala sesuatu" bermaksud menonjolkan ukuran yang tidak terbatas, bdk 1Ko 12:6; 15:28; Kol 3:11.

Ende: Ef 1:1-23 - -- Fasal ini berbentuk dan berisi madah pudjian penuh sjukur kepada Allah, jang dalam tjintaNja dari kekal telah menetapkan rentjana untuk menjelamatkan ...

Fasal ini berbentuk dan berisi madah pudjian penuh sjukur kepada Allah, jang dalam tjintaNja dari kekal telah menetapkan rentjana untuk menjelamatkan segenap umat manusia dalam Kristus.

Seluruh fasal ini dalam naskah asli berbentuk satu kalimat pandjang, tetapi untuk memudahkan pembatjaan dan pengertiannja kami uraikan bentuk itu, tetapi sedapat-dapatnja menurut bentuk aslinja.

Ende: Ef 1:18 - Harapan jaitu kemuliaan dan segala harta abadi jang diharapkan.

jaitu kemuliaan dan segala harta abadi jang diharapkan.

Ende: Ef 1:19 - Bagi kita Atau "dalam kita", jaitu jang bekerdja dalam kita.

Atau "dalam kita", jaitu jang bekerdja dalam kita.

Ende: Ef 1:22 - Meletakkan semuanja dibawah tapak kakiNja Atau: "mendjadi tumpuan kakiNja". Kutipan dari Maz 110:1, ini digunakan sebagai bukti kedaulatan mutlak Kristus djuga dalam 1Ko 15:25-27 dan Ibr 1:13;...

Atau: "mendjadi tumpuan kakiNja". Kutipan dari Maz 110:1, ini digunakan sebagai bukti kedaulatan mutlak Kristus djuga dalam 1Ko 15:25-27 dan Ibr 1:13; 2:8. Maksud kalimat itu: menaklukkan segala musuh dibawah kuasaNja, disini Paulus tentu chususnja ingat akan kalangan-kalangan Malaekat dan penguasa-penguasa gaib diangkasa, jang disebut dalam Gal 1:21 tadi.

Ende: Ef 1:23 - -- Tentang arti "Tubuh" disini batjalah 1Ko 12:12-30 dan Rom 12:4-8.

Tentang arti "Tubuh" disini batjalah 1Ko 12:12-30 dan Rom 12:4-8.

Ende: Ef 1:23 - Kepenuhan Kristus sebagai "Tubuh mistik" tidak penuh (utuh) kalau Ia sendiri sadja, tanpa segala anggota, jaitu tanpa umatnja. Dan Kristus kepala tubuh mempunja...

Kristus sebagai "Tubuh mistik" tidak penuh (utuh) kalau Ia sendiri sadja, tanpa segala anggota, jaitu tanpa umatnja.

Dan Kristus kepala tubuh mempunjai "seluruh kepenuhan Allah" (Kol 1:19 dan Kol 2:9), djuga untuk mengalirkannja kedalam sekalian anggota, sampai demikian memenuhi segala dengan segala-galanja.

Ref. Silang FULL: Ef 1:15 - Tuhan Yesus // orang kudus · Tuhan Yesus: Kis 20:21; Kis 20:21 · orang kudus: Kol 1:4; Kol 1:4

· Tuhan Yesus: Kis 20:21; [Lihat FULL. Kis 20:21]

· orang kudus: Kol 1:4; [Lihat FULL. Kol 1:4]

Ref. Silang FULL: Ef 1:16 - karena kamu // dalam doaku · karena kamu: Rom 1:8; Rom 1:8 · dalam doaku: Rom 1:10; Rom 1:10

· karena kamu: Rom 1:8; [Lihat FULL. Rom 1:8]

· dalam doaku: Rom 1:10; [Lihat FULL. Rom 1:10]

Ref. Silang FULL: Ef 1:17 - yaitu Bapa // Roh hikmat · yaitu Bapa: Yoh 20:17; Rom 15:6; Wahy 1:6 · Roh hikmat: Kel 28:3; Yes 11:2; Fili 1:9; Kol 1:9

· yaitu Bapa: Yoh 20:17; Rom 15:6; Wahy 1:6

· Roh hikmat: Kel 28:3; Yes 11:2; Fili 1:9; Kol 1:9

Ref. Silang FULL: Ef 1:18 - hatimu terang // dalam panggilan-Nya // betapa kayanya // kemuliaan bagian // orang-orang kudus · hatimu terang: Ayub 42:5; 2Kor 4:6; Ibr 6:4 · dalam panggilan-Nya: Rom 8:28; Rom 8:28 · betapa kayanya: Ef 1:7; Rom 2:4; Rom 2:...

· hatimu terang: Ayub 42:5; 2Kor 4:6; Ibr 6:4

· dalam panggilan-Nya: Rom 8:28; [Lihat FULL. Rom 8:28]

· betapa kayanya: Ef 1:7; Rom 2:4; [Lihat FULL. Rom 2:4]

· kemuliaan bagian: Ef 1:11

· orang-orang kudus: Kol 1:12

Ref. Silang FULL: Ef 1:19 - dengan kekuatan // kuasa-Nya · dengan kekuatan: Yes 40:26; Ef 6:10 · kuasa-Nya: Ef 3:7; Kol 1:29

· dengan kekuatan: Yes 40:26; Ef 6:10

· kuasa-Nya: Ef 3:7; Kol 1:29

Ref. Silang FULL: Ef 1:20 - orang mati // sebelah kanan-Nya // di sorga · orang mati: Kis 2:24; Kis 2:24 · sebelah kanan-Nya: Mr 16:19; Mr 16:19 · di sorga: Ef 1:3; Ef 1:3

· orang mati: Kis 2:24; [Lihat FULL. Kis 2:24]

· sebelah kanan-Nya: Mr 16:19; [Lihat FULL. Mr 16:19]

· di sorga: Ef 1:3; [Lihat FULL. Ef 1:3]

Ref. Silang FULL: Ef 1:21 - dan kerajaan // tiap-tiap nama // akan datang · dan kerajaan: Ef 3:10; Kol 1:16 · tiap-tiap nama: Fili 2:9,10 · akan datang: Mat 12:32; Mat 12:32

· dan kerajaan: Ef 3:10; Kol 1:16

· tiap-tiap nama: Fili 2:9,10

· akan datang: Mat 12:32; [Lihat FULL. Mat 12:32]

Ref. Silang FULL: Ef 1:22 - bawah kaki // sebagai Kepala · bawah kaki: Mat 22:44; Mat 22:44; Mat 28:18; Mat 28:18 · sebagai Kepala: 1Kor 11:3; Ef 4:15; 5:23; Kol 1:18; 2:19

· bawah kaki: Mat 22:44; [Lihat FULL. Mat 22:44]; Mat 28:18; [Lihat FULL. Mat 28:18]

· sebagai Kepala: 1Kor 11:3; Ef 4:15; 5:23; Kol 1:18; 2:19

Ref. Silang FULL: Ef 1:23 - adalah tubuh-Nya // kepenuhan Dia // segala sesuatu · adalah tubuh-Nya: 1Kor 12:27; 1Kor 12:27 · kepenuhan Dia: Yoh 1:16; Yoh 1:16; Ef 3:19 · segala sesuatu: Ef 4:10

· adalah tubuh-Nya: 1Kor 12:27; [Lihat FULL. 1Kor 12:27]

· kepenuhan Dia: Yoh 1:16; [Lihat FULL. Yoh 1:16]; Ef 3:19

· segala sesuatu: Ef 4:10

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Ef 1:15-23 - -- C. Doa Pertama Paulus (1:15-23). Doa yang menyusul didasarkan pada paragraf yang baru saja berakhir. Adalah karena Allah telah melakukan semua itu un...

C. Doa Pertama Paulus (1:15-23).

Doa yang menyusul didasarkan pada paragraf yang baru saja berakhir. Adalah karena Allah telah melakukan semua itu untuk orang percaya, yaitu membawa dia dari maksud abadi-Nya dalam kekekalan yang lalu kepada penggenapan penebusan dalam kekekalan yang akan datang, maka Paulus dapat berdoa seperti ini. Perhatikan bahwa berbeda dengan sebagian besar doa kita, doa syafaat Paulus adalah terutama untuk kesejahteraan rohani orang-orang yang didoakannya..

Wycliffe: Ef 1:15 - Setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus 15. Setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus. Kadang-kadang kita lupa bahwa kita harus su...

15. Setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus. Kadang-kadang kita lupa bahwa kita harus sungguh-sungguh mendoakan orang-orang yang sudah diselamatkan seperti halnya kita harus sungguh-sungguh mendoakan mereka yang belum diselamatkan. Iman dan kasih jemaat di Efesus ini merupakan perangsang bagi Paulus untuk mendoakan agar pertumbuhan rohani mereka berlanjut terus.

Wycliffe: Ef 1:16 - Tidak berhenti mengucap syukur karena kamu // Selalu mengingat kamu dalam doa 16. Tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Bersyukur demi kamu; yaitu bersyukur kepada Allah atas apa yang telah Dia lakukan untuk jemaat di Efes...

16. Tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Bersyukur demi kamu; yaitu bersyukur kepada Allah atas apa yang telah Dia lakukan untuk jemaat di Efesus tersebut. Selalu mengingat kamu dalam doa. Paulus tidak menganggap doa itu sesuatu yang kabur dan tidak menentu. Dia senantiasa mengingat mereka dan kebutuhan mereka khususnya di hadapan Allah.

Wycliffe: Ef 1:17 - Allah Tuhan kita Yesus Kristus, // Bapa yang mulia // Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu // untuk mengenal 17. Allah Tuhan kita Yesus Kristus, (bdg. ay. 3) Bapa yang mulia itu. Yakni Bapa yang bercirikan kemuliaan. Supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat d...

17. Allah Tuhan kita Yesus Kristus, (bdg. ay. 3) Bapa yang mulia itu. Yakni Bapa yang bercirikan kemuliaan. Supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu. Mungkin doa ini sifatnya obyektif: yaitu Roh Kudus yang memberi hikmat dan wahyu untuk mengenal. Kata ini menunjukkan pengetahuan penuh berdasarkan pengalaman.

Wycliffe: Ef 1:18 - Supaya Ia menjadikan mata hatimu terang // Agar kamu mengerti // Pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya // Betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya 18. Supaya Ia menjadikan mata hatimu terang. "Di dalam Alkitab hati merupakan pusat dan inti kehidupan yang paling dalam" (Alf). Agar kamu mengerti. H...

18. Supaya Ia menjadikan mata hatimu terang. "Di dalam Alkitab hati merupakan pusat dan inti kehidupan yang paling dalam" (Alf). Agar kamu mengerti. Hanya jika Allah menjelaskan kepada kita barulah kita dapat mengetahui apa yang Ia ingin kita ketahui. Pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya. Pengharapan di dalam Alkitab adalah kepastian mutlak tentang masa depan yang cemerlang. Betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus. Bandingkan dengan "kekayaan kasih karunia-Nya" dalam ayat 7 (bdg. juga dengan Ul. 33:3, 4).

Wycliffe: Ef 1:19 - Betapa hebat kuasa-Nya // bagi kita. 20. Yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati // lah yang membangkitkan Kristus dari antara orang mati tersedia untuk kita, dan kita dapat mengetahuinya dalam pengalaman hidup kita. Mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya // Di surga 19. Betapa hebat kuasa-Nya. Frasa-frasa selanjutnya menumpukkan kata-kata untuk menunjukkan kemahakuasaan Allah bagi kita. 20. Yang dikerjakan-Nya di ...

19. Betapa hebat kuasa-Nya. Frasa-frasa selanjutnya menumpukkan kata-kata untuk menunjukkan kemahakuasaan Allah bagi kita. 20. Yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati. Seringkali standar kuasa Allah dalam Perjanjian Lama ialah pembebasan dari Mesir, khususnya ketika menyeberang Laut Merah. Tetapi di sini terdapat patokan kekuasaan yang jauh lebih besar lagi. Kuasa Allah yang membangkitkan Kristus dari antara orang mati tersedia untuk kita, dan kita dapat mengetahuinya dalam pengalaman hidup kita. Mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya. Mungkin berbagai rujukan di dalam Perjanjian Baru tentang Kristus di sebelah kanan Allah berasal dari Mazmur 110. Di surga. Di dalam pemakaian kedua dari lima pemakaian frasa ini tampak jelas pengertian khusus. Tuhan Yesus secara harfiah dan jasmaniah berada di surga.

Wycliffe: Ef 1:21 - Jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa. Segala // Di dunia ini 21. Jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa. Segala dalam arti "setiap." Ada berbagai kata yang dipakai dalam Perjanjian Baru untuk menu...

21. Jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa. Segala dalam arti "setiap." Ada berbagai kata yang dipakai dalam Perjanjian Baru untuk menunjuk kepada sejumlah pangkat dan jenis makhluk surgawi, baik malaikat yang kudus maupun yang berbuat dosa. Untuk pengangkatan Kristus ini bandingkan dengan Filipi 2:8-11. Di dunia ini. Istilah ini mengacu kepada waktu, pada zaman ini.

Wycliffe: Ef 1:22 - Segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus // Telah diberikan-Nya // kepada jemaat sebagai Kepala 22. Segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus. Kembali rujukan ke Mazmur 110:1 (bdg. juga Mzm. 8:6). Ini menunjukkan kemenangan sempur...

22. Segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus. Kembali rujukan ke Mazmur 110:1 (bdg. juga Mzm. 8:6). Ini menunjukkan kemenangan sempurna yang akan dicapai Kristus. Telah diberikan-Nya (bdg. Yoh. 3:16) kepada jemaat sebagai Kepala. Di sini baru pertama kali di dalam surat ini Kristus disebut sebagai Kepala Gereja, suatu kebenaran yang dikembangkan secara cukup lengkap (lihat Pendahuluan).

Wycliffe: Ef 1:23 - Yang adalah tubuh-Nya // Kepenuhan 23. Yang adalah tubuh-Nya. Walaupun kita melihatnya sebagai sebuah kiasan; pernyataan ini lebih daripada sekadar kiasan saja. Pernyataan ini mengungka...

23. Yang adalah tubuh-Nya. Walaupun kita melihatnya sebagai sebuah kiasan; pernyataan ini lebih daripada sekadar kiasan saja. Pernyataan ini mengungkapkan kesatuan sempurna dari Gereja dengan Tuhan Yesus, pernyataan mutlak orang-orang percaya dengan diri-Nya (bdg. I Kor. 12:12). Kepenuhan. Yang dipenuhi. "Gereja merupakan penyataan yang berkesinambungan mengenai hidup ilahi-Nya di dalam bentuk manusia" (JFB). Dapat dilihat bahwa doa yang sejati mencakup kelimpahan ucapan syukur. Memuja Allah yang heran itu hendaknya lebih diutamakan dari semua permohonan yang mementingkan diri kita sendiri. Betapa berbedanya hidup kita seandainya kita saling mendoakan terus-menerus dengan cara ini!

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Ef 1:15-23 - Doa Rasul Paulus Doa Rasul Paulus (1:15-23) Kita telah sampai pada bagian akhir pasal ini. Bagian yang memuat doa Rasul Paulus yang dinaikkan dengan sungguh-sungguh...

SH: Ef 1:15-23 - Kekayaan rohani di dalam Kristus. (Minggu, 2 November 2003) Kekayaan rohani di dalam Kristus. Dalam doa Paulus ini kita menemukan berkat-berkat atau kekayaan ilahi yang Paulus inginkan agar dinikmati o...

SH: Ef 1:15-23 - Bagaimana mengenal kuasa Allah? (Minggu, 6 Oktober 2002) Bagaimana mengenal kuasa Allah? Dengan doa! Tanpa doa tidak mungkin mengenal kuasa Allah. Paulus berdoa agar Allah ‘menjadikan mata hatimu tenang’...

Utley: Ef 1:15-23 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ef 1:15-2315 Karena itu, setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus,...

Topik Teologia: Ef 1:15 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mengasihi Sesama adalah Bukti Iman Gal 5:6 Efe 1:15 Efe 6:23 Kol 1:4-5 1Ti 1...

Topik Teologia: Ef 1:16 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mengucap Syukur Senantiasa Maz 30:13 Maz 119:62 Efe 1:16 Efe 5:20 1Te 1:2 ...

Topik Teologia: Ef 1:17 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Roh Kudus Roh yang Cerdas Yes 11:2 Yoh 14:26 Rom 8:27 1Ko 2:10-13 1Ko 12:8 Efe 1:17...

Topik Teologia: Ef 1:18 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

Topik Teologia: Ef 1:19 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Natur dari Para Malaikat Baik Status Para ...

Topik Teologia: Ef 1:20 - -- Yesus Kristus Penggenapan Kis 2:32 Kis 5:31 Kis 7:55-56 Efe 1:20 Fili 2:9-11 Kol 3:1 Ibr 1:3 Ibr 8:1 Ibr 10:12 1Pe 3:22...

Topik Teologia: Ef 1:21 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Gereja Maz 118:22-23 Mat 12:6,8 Mat 16:18-1...

Topik Teologia: Ef 1:22 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Gereja Mat 16:18 Luk 2:28-33 Kis ...

Topik Teologia: Ef 1:23 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Gereja Mat 16:18 Luk 2:28-33 Kis ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Efesus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Kristus dan Gereja Tanggal Penulisan: Sekitar 62 M Latar Belakang Surat Efesus merupakan salah satu pu...

Full Life: Efesus (Garis Besar) Garis Besar Salam Kristen (Ef 1:1-2) I. Ajaran yang Penuh Kuasa -- Penebusan Orang Percaya (Ef 1:3-3:21) A. Keuta...

Matthew Henry: Efesus (Pendahuluan Kitab) Beberapa orang berpendapat bahwa sebenarnya surat kepada jemaat di Efesus ini merupakan surat edaran yang dikirim kepada beberapa jemaat, dan kar...

Jerusalem: Efesus (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: Efesus (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA UMAT EFESUS KATA PENGANTAR Djudul "kepada orang-orang kudus di Efesus" sudah diberikan kepada surat ini di Geredja purba, te...

Wycliffe: Efesus (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN EFESUS Penulis, Tanggal dan Tempat Penulisan. Hanya sedikit kritikus yang tidak yakin bahwa Pauluslah penulis surat ini. Serangan lebih b...

Wycliffe: Efesus (Garis Besar) GARIS BESAR EFESUS I. Kedudukan Orang Percaya di Dalam Kristus (1:1-3:21) A. Salam (1:1, 2) B. Semua Berkat Rohani (1:3-14)...

BIS: Efesus (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI EFESUS PENGANTAR Dalam Surat Paulus Kepada Jemaat di Efesus, penulis menekankan Rencana Allah agar "Seluruh alam, baik

SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI EFESUS

PENGANTAR

Dalam Surat Paulus Kepada Jemaat di Efesus, penulis menekankan Rencana Allah agar "Seluruh alam, baik yang di surga maupun yang di bumi, menjadi satu dengan Kristus sebagai kepala" (Ef 1:10). Surat ini merupakan juga seruan kepada umat Allah supaya mereka menghayati makna rencana agung dari Allah itu untuk mempersatukan seluruh umat manusia melalui Yesus Kristus.

Di dalam bagian pertama surat Efesus ini dikemukakan bagaimana penyatuan itu terjadi. Untuk menjelaskan hal itu ia menceritakan bagaimana Allah Bapa telah memilih umat-Nya, bagaimana Allah melalui Yesus Kristus, Anak-Nya, mengampuni dan membebaskan umat-Nya dari dosa, dan bagaimana janji Allah itu dijamin oleh Roh Allah. Di dalam bagian kedua, diserukan kepada para pembacanya supaya mereka hidup rukun agar kesatuan mereka sebagai umat yang percaya kepada Kristus dapat terlaksana.

Untuk menunjukkan bahwa umat Allah sudah menjadi satu karena bersatu dengan Kristus, penulis memakai beberapa kiasan. Jemaat adalah seperti tubuh dengan Kristus sebagai kepalanya, atau seperti sebuah bangunan yang batu sendinya ialah Kristus, atau seperti seorang istri dengan Kristus sebagai suaminya. Penulis sangat terharu ketika mengingat akan rahmat Allah melalui Kristus, sehingga ungkapan-ungkapan yang dipakainya dalam suratnya menunjukkan bahwa hatinya makin meluap dengan perasaan syukur dan pujian kepada Tuhan. Segala sesuatu ditinjaunya dari segi kasih Kristus, dari segi pengurbanan-Nya, pengampunan-Nya, kebaikan hati-Nya dan kesucian-Nya.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Ef 1:1-2
  2.  Kristus dengan gereja-Nya
    Ef 1:3-3:21
  3.  Kehidupan yang baru sebagai orang Kristen
    Ef 4:1-6:20
  4.  Penutup
    Ef 6:21-24

Ajaran: Efesus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang Kristen mengerti bahwa yang dimaksudkan dengan Gereja adalah Tubuh Kristus. Ini berarti Gereja adalah Tubuh Kristus. Ini berarti

Tujuan

Supaya orang Kristen mengerti bahwa yang dimaksudkan dengan Gereja adalah Tubuh Kristus. Ini berarti Gereja adalah Tubuh Kristus. Ini berarti Gereja adalah orang-orang pilihan Allah, atau kelompok orang-orang yang percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Juruselamatnya.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Paulus.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Jemaat Kristen di kota Efesus. (Dan juga jemaat-jemaat Kristen di seluruh dunia).

Isi Kitab: Kitab Efesus terbagi atas 6 pasal. Di dalamnya kita dapat melihat dengan jelas uraian tentang arti Gereja yang benar.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Efesus

  1. Pasal 1-3 (Ef 1:1-3:21).

    Pengajaran tentang keselamatan orang-orang percaya

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa keselamatan orang-orang percaya sudah berada dalam rencana Allah, yaitu terhadap orang-orang yang dipilih-Nya dan orang-orang yang mau menerima anugerah-Nya di dalam Kristus dengan iman.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ef 1:1-14. _Tanyakan_: Siapakah yang telah dipilih Allah? (ayat 4; Ef 1:4). Apakah jaminan keselamatan orang percaya?
    2. Bacalah pasal Ef 2:8-10. _Tanyakan_: Apakah yang menyelamatkan manusia? Untuk apakah Allah menyelamatkan manusia?
  2. Pasal 4-6 (Ef 4:6-6:9).

    Pengajaran tentang kesatuan orang percaya dan cara-cara kehidupan sebagai orang percaya

    Dalam bagian ini Rasul Paulus menjelaskan bahwa setiap orang percaya sudah menjadi saudara karena dipersatukan di dalam Tuhan Yesus. Juga Paulus menjelaskan bagaimana orang-orang Kristen harus hidup di dalam gereja, keluarga dan masyarakat.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ef 4:2-3,25-26,28-29,31-32. _Tanyakan_: Apakah yang harus dilakukan oleh orang percaya menurut nats ini?
    2. Bacalah pasal Ef 5:8-21. _Tanyakan_: Apakah yang membuktikan bahwa saudara anak-anak terang?
  3. Pasal 6 (Ef 6:10-24). Pengajaran tentang perlengkapan rohani orang Kristen dalam mengikut Yesus

    Pendalaman

    1. Mengapakah orang Kristen perlu menggunakan perlengkapan rohani yan Allah berikan?
    2. Siapakah musuh-musuh orang Kristen?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Efesus, jelaslah kita lihat bahwa orang-orang percaya adalah Gereja yang disebut juga Tubuh Kristus. Dan melalui Kitab ini juga dijelaskan tentang cara-cara kehidupan Gereja itu.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menjadi penulis Kitab Efesus?
  2. Siapakah yang dikatakan sebagai orang-orang percaya?
  3. Mengapakah orang (manusia) tidak bisa menyelamatkan dirinya dengan usah atau perbuatannya?

Intisari: Efesus (Pendahuluan Kitab) Sebuah surat edaran? UNTUK SIAPA SURAT INI DITULIS?Banyak orang berpendapat bahwa surat ini dimaksudkan untuk diedarkan secara luas, bukan hanya untu

Sebuah surat edaran?

UNTUK SIAPA SURAT INI DITULIS?
Banyak orang berpendapat bahwa surat ini dimaksudkan untuk diedarkan secara luas, bukan hanya untuk gereja di Efesus saja. Surat ini mungkin semacam surat edaran yang ditulis untuk digunakan oleh berbagai kelompok Kristen di daerah Efesus dan sekitamya. Apa yang ditulis Paulus dalam surat ini dapat diterapkan oleh umat Allah pada umumnya dan tidak ditujukan untuk suatu gereja tertentu. Tidak ada salam pribadi. Mungkin surat ini sebenarnya yang dimaksud oleh Rasul Paulus dalam Kolose 4:16 sebagai 'surat dari Laodikia'. Tikhikus dipercayakan untuk menyampaikan surat ini kepada alamat yang dituju. (Efe 6:21, 22). Surat ini, seperti surat-surat Rasul Paulus kepada jemaat di Filipi dan Kolose, ditulis dari dalam penjara dan tema utamanya ialah sifat, ciri-ciri dan tujuan dari gereja Kristen, yaitu terciptanya apa yang disebut 'masyarakat Allah yang baru'.

GEREJA DI EFESUS.
Paulus tinggal di Efesus selama 3 tahun (Kis 19:8, 10; 20:31). Efesus merupakan suatu kota yang banyak menyediakan sarana untuk penyembahan berhala. Kuil Dewi Diana (Artemis) terletak di kota itu. Di sana banyak terdapat orang-orang yang mempraktekkan ilmu sihir. Namun, waktu kita membaca surat ini kita tidak perlu mengetahui latar belakang gereja yang menjadi tujuan surat ini, karena isinya bersifat umum.

PESAN.
Surat ini tidak berhubungan dengan masalah-masalah yang khusus, tetapi tujuannya adalah untuk meninggikan nama Yesus Kristus dan untuk menunjukkan pentingnya gereja Kristen sebagai alat Allah di dunia ini. Seperti halnya dengan surat-surat Paulus lainnya, doktrin yang diberikan disusul dengan penerapan praktis. Iman Kristen dan kehidupan Kristen harus berjalan secara seimbang. Surat ini ditutup dengan peringatan bahwa Kristen selalu berada dalam konflik yang terus-menerus dengan setan dan kuasa kejahatan, tetapi Allah telah memberikan senjata yang diperlukan untuk memampukan Kristen bertahan dalam menghadapi semua serangan musuh.

Pesan

1. Warisan kekayaan untuk dinikmati.
o Tiga Pribadi Keallahan yang berperan dalam penyelamatan kita:
- Allah Bapa. Efe 1:4-6
- Allah Putra. Efe 1:7-12
- Allah Roh Kudus. 1: 13, 14
o Perhatikan permohonan doa Paulus bagi orang-orang Efesus
- untuk penerangan guna mengetahui sampai seberapa luas warisan kita. Efe 1:17-19
- untuk kuasa guna mengetahui sampai seberapa besar keagungan Allah. Efe 1:19-21

2. Kasih karunia dan damai sejahtera untuk dialami.
o Dari keadaan apa kita diselamatkan. Efe 2:1-3, 11, 12
o Oleh siapa kita diselamatkan. Efe 2:4-9, 13-18
o Untuk apa kita diselamatkan. 2:10, 19-22

3. Sumber-sumber rohani untuk dijajaki.
o Kekayaan yang tidak dapat dicari. Efe 3:8-13
o Kekuatan Ilahi. Efe 3:14-21
4. Persatuan rohani yang harus dipelihara.
o Sikap yang benar itu penting. Efe 4:1-3
o Dasar yang sama itu penting. Efe 4:4-6
o Persatuan dalam keanekaragaman harus dihadapi. 4:11
o Kedewasaan Kristen diharapkan. 4:13

5. Hubungan harmonis yang harus diusahakan.
o Terang sebagai ganti kegelapan. Efe 5:3-6
o Hikmat sebagai ganti kebodohan. Efe 5:15-17
o Kerohanian sebagai ganti hawa nafsu.Efe 5:18-20
o Kepatuhan sebagai ganti perdebatan.Efe 5:21-33

6. Senjata rohani untuk dipakai.
o Musuh yang kita hadapi. Efe 6:10-12
o Perlengkapan senjata yang kita punyai.Efe 6:13-20

Penerapan

Efesus mengajar kita tentang:

1. Betapa murah hati Allah
o dalam memberi kita seorang Penyelamat
o dalam mengirim kepada kita Roh Kudus
o dalam memberi jaminan kepada kita rumah surgawi

2. Betapa besar hak kita
untuk menjadi anggota keluarga Allah untuk mendapat bagian dalam Kerajaan Allah

3. Betapa kita perlu tenggang rasa
o dalam sikap kita terhadap orang lain
o dalam hubungan kita dengan orang lain

4. Betapa praktisnya kekristenan dalam hal
o perkawinan
o kedudukan sebagai orang-tua
o pekerjaan

5. Betapa nyatanya setan dalam
o pengaruhnya
o kegiatannya

6. Bagaimana kita perlu bersiap-siap
o dengan perlengkapan senjata Allah
o dengan doa

Tema-tema Kunci

1. Kasih karunia.
Kasih karunia merupakan kata kunci dalam Alkitab, sebab hal itu memperlihatkan sifat Allah yang memungkinkan adanya keselamatan bagi kita. Oleh karena dosa manusia, jika tidak ada kasih karunia, tidak akan ada pengharapan. Kasih karunia berarti hadiah yang diberikan cuma-cuma. Respons manusia terhadap kasih karunia ialah iman, tetapi ini pun diberikan oleh Allah kepada kita. Lihatlah khususnya Efe 2:1-10. Perhatikan bahwa kasih karunia selalu dipertentangkan dengan hukum Taurat (Rom 6:14). Pembenaran dimungkinkan oleh dua alasan, yaitu kasih karunia Allah (Rom 3:24) dan kematian Kristus (Rom 5:9).

2. Keesaan.
Paulus telah menjelaskan bahwa umat Allah di bawah perjanjian baru mengikutsertakan baik orang Yahudi maupun bukan Yahudi, dan sekarang ia menekankan perlunya kita memelihara keesaan sejati ini. Sebagai Kristen kita tidak dapat menciptakan keesaan oleh karena hal ini adalah pekerjaan Roh Kudus, tetapi kita diminta untuk memeliharanya. Kesatuan yang kita punyai tidaklah sama dengan keseragaman. Ada keanekaragaman karunia di antara umat Allah, tetapi hanya ada satu dasar kesatuan. Lihat juga pada perikop lain yang terbaik yang menekankan pentingnya kesatuan - Yohanes pasal 17.

3. Hubungan.
Kita tidak hidup di dalam suatu ruangan hampa, tetapi di dalam serentetan hubungan - di dalam rumah, dalam pekerjaan, di dalam gereja dan di dalam masyarakat pada umumnya. Iman Kristen kita terutama menyangkut hubungan-hubungan tersebut. Kita sering menemukan bahwa pada suatu saat, standar kehidupan menurut ajaran Alkitab bertentangan dengan standar kehidupan yang sementara ini diterima dalam masyarakat. Dalam kasus seperti itu kita harus lebih menaati Allah daripada manusia. Bandingkan perikop dalam Efesus tentang masalah ini dengan ayat-ayat yang serupa dalam Kolose. Juga perhatikan bagaimana dalam memilih pemimpin Kristen, masalah hubungan kekeluargaan sangat mendapat perhatian (1Tim 3:1-5; Tit 1:6-8).

4. Konflik.
Paulus menyebut seorang Kristen sebagai prajurit (2 Tim. 2:3, 4). Baginya selalu berlangsung peperangan, dan Kristen benar-benar terlibat di dalamnya. Alkitab tidak pernah meragukan keberadaan setan. Setan begitu nyata dalam pengalaman Tuhan Yesus,dan nyata juga bagi para murid.Dalam Efesus Paulus mengingatkan kita tentang kecerdikan musuh itu.Kita tidak dapat menghadapinya tanpa senjata atau tanpa perlindungan. Carilah hal-hal yang berhubungan dengan Iblis yang ditunjukkan oleh Kristus - Matius 4:1-11; 12:24; 13:39; 25:41; Lukas 8:12; 10:18; Yohanes 8:44.

Garis Besar Intisari: Efesus (Pendahuluan Kitab) [1] SEBUAH PESAN UNTUK ORANG-ORANG KUDUS YANG SETIA DALAM YESUS KRISTUS DI EFESUS Efe 1:1, 2 [2] WARISAN KITA SEBAGAI ORANG KRISTEN Efe 1:3-2:

[1] SEBUAH PESAN UNTUK ORANG-ORANG KUDUS YANG SETIA DALAM YESUS KRISTUS DI

EFESUS Efe 1:1, 2

[2] WARISAN KITA SEBAGAI ORANG KRISTEN Efe 1:3-2:22

Efe 1:3-6Dipilih untuk suatu maksud
Efe 1:7-14Diselamatkan untuk suatu maksud
Efe 1:15-23Diterangi untuk suatu maksud
Efe 2:1-10Dihidupkan untuk suatu maksud
Efe 2:11-22Didamaikan untuk suatu maksud

[3] SUATU MISTERI YANG DISINGKAPKAN Efe 3:1-21

Efe 3:1-6Orang-orang yang bukan Yahudi juga diikutsertakan
Efe 3:7-12Pelayanan Paulus yang strategis
Efe 3:13-21Pengertian penuh sangat penting

[4] SIFAT GEREJA Efe 4:1-32

Efe 4:1-6Dipersatukan di dalam Roh
Efe 4:7-12Diberkati dengan karunia-karunia Roh
Efe 4:13-16Diperlengkapi untuk bertumbuh
Efe 4:17-24Diperbarui ciri-cirinya
Efe 4:25-32Diubahkan penampilannya

[5] CIRI-CIRI, TINGKAH LAKU DAN KONFLIK KRISTEN Efe 5:1-6:24

Efe 5:1-20Mengikut Kristus
Efe 5:21-6:9Hidup dengan sesama
Efe 6:10-24Menghadapi musuh
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #32: Gunakan Pencarian Khusus untuk melakukan pencarian Teks Alkitab, Tafsiran/Catatan, Studi Kamus, Ilustrasi, Artikel, Ref. Silang, Leksikon, Pertanyaan-Pertanyaan, Gambar, Himne, Topikal. Anda juga dapat mencari bahan-bahan yang berkaitan dengan ayat-ayat yang anda inginkan melalui pencarian Referensi Ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.66 detik
dipersembahkan oleh YLSA