kecilkan semua  

Teks -- Wahyu 5:1-14 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Kitab yang dimeterai dan Anak Domba
5:1 Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah dalam dan sebelah luarnya dan dimeterai dengan tujuh meterai. 5:2 Dan aku melihat seorang malaikat yang gagah, yang berseru dengan suara nyaring, katanya: "Siapakah yang layak membuka gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya?" 5:3 Tetapi tidak ada seorangpun yang di sorga atau yang di bumi atau yang di bawah bumi, yang dapat membuka gulungan kitab itu atau yang dapat melihat sebelah dalamnya. 5:4 Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak ada seorangpun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu ataupun melihat sebelah dalamnya. 5:5 Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya." 5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi. 5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu. 5:8 Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Anak Domba itu, masing-masing memegang satu kecapi dan satu cawan emas, penuh dengan kemenyan: itulah doa orang-orang kudus. 5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa. 5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi." 5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa, 5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian!" 5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!" 5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin". Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall


Topik/Tema Kamus: Wahyu | Lihat, Penglihatan | Surga | Mulia, Kemulian Kristus | Pimpin, Pemimpin, Pemuka | Anak Domba | Pendamaian (Korban Kristus) | Malaikat | Singa | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Kristus | Musik | Kitab | Kristus, Allah | Mulia, Memuliakan Allah | Pahala Orang-Orang Kudus | Tebus, Penebusan | Tanduk | Puji-Pujian | Meterai | Doa | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg , Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Why 5:1 - SEBUAH GULUNGAN KITAB. Nas : Wahy 5:1 Gulungan kitab ini sangat penting karena berisi penyataan dari apa yang telah Allah tetapkan untuk nasib akhir dunia dan umat manusi...

Nas : Wahy 5:1

Gulungan kitab ini sangat penting karena berisi penyataan dari apa yang telah Allah tetapkan untuk nasib akhir dunia dan umat manusia. Kitab ini menerangkan bagaimana dunia ini akan dihukum dan menggambarkan kemenangan akhir dari Allah dan umat-Nya atas segala kejahatan. Bilamana setiap meterai itu dibuka, suatu bagian isi kitab itu dinyatakan dalam sebuah penglihatan (pasal Wahy 6:1-17; bd. Yeh 2:9-10).

Full Life: Why 5:4 - MENANGISLAH AKU DENGAN AMAT SEDIHNYA. Nas : Wahy 5:4 Yohanes menangis karena ia mengetahui bahwa apabila tidak ditemukan seorang yang layak untuk membuka kitab itu, maka maksud Allah un...

Nas : Wahy 5:4

Yohanes menangis karena ia mengetahui bahwa apabila tidak ditemukan seorang yang layak untuk membuka kitab itu, maka maksud Allah untuk penghakiman dan berkat bagi dunia ini akan tetap tidak digenapi.

Full Life: Why 5:5 - SINGA DARI SUKU YEHUDA. Nas : Wahy 5:5 Kristus dilukiskan seperti Singa, yang menunjukkan bahwa Ia akan memerintah segenap bumi. Ia berasal dari suku Yehuda dan keturunan ...

Nas : Wahy 5:5

Kristus dilukiskan seperti Singa, yang menunjukkan bahwa Ia akan memerintah segenap bumi. Ia berasal dari suku Yehuda dan keturunan keluarga Daud. Gelar-gelar Yesus sebagai Mesias yang berkemenangan (Kej 49:9-10) dan raja yang kekal ini selaras dengan janji-janji yang telah dibuat dengan Daud (Yes 11:1,10).

Full Life: Why 5:6 - SEPERTI TELAH DISEMBELIH. Nas : Wahy 5:6 Kristus, yang menampakkan diri sebagai Anak Domba yang menyandang tanda-tanda bahwa Ia telah disembelih, melambangkan penyerahan dir...

Nas : Wahy 5:6

Kristus, yang menampakkan diri sebagai Anak Domba yang menyandang tanda-tanda bahwa Ia telah disembelih, melambangkan penyerahan diri-Nya di salib bagi dosa umat manusia. Ini menunjukkan bahwa kelayakan, kuasa, wewenang, dan kemenangan Kristus itu datang dari kematian-Nya sebagai korban (ayat Wahy 5:9-14). "Anak Domba" merupakan simbol yang paling menonjol dalam kitab Wahyu untuk Kristus (mis. ayat Wahy 5:6-7; 12:11; Wahy 15:3; 17:14; 21:22; 22:1,3). Hukuman Kristus akan berlaku bagi mereka yang menolak korban-Nya sebagai Anak Domba Allah (Wahy 6:16-17). "Ketujuh tanduk" itu melambangkan kuasa dan kekuatan seorang penguasa (1Raj 22:11; Dan 7:24); tentang "ketujuh roh",

lihat cat. --> Wahy 4:5.

[atau ref. Wahy 4:5]

Full Life: Why 5:8 - DOA ORANG-ORANG KUDUS. Nas : Wahy 5:8 Hal ini menunjuk kepada syafaat orang kudus bagi kedatangan kerajaan itu ketika mereka akan ikut memerintah di bumi (ayat Wahy 5:9-1...

Nas : Wahy 5:8

Hal ini menunjuk kepada syafaat orang kudus bagi kedatangan kerajaan itu ketika mereka akan ikut memerintah di bumi (ayat Wahy 5:9-10). Doa mereka ialah, "Datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga" (Mat 6:10;

lihat cat. --> Mat 6:6;

lihat cat. --> 2Pet 3:12;

[atau ref. Mat 6:6; 2Pet 3:12]

bd. Mazm 141:2).

BIS: Why 5:3 - di bawah bumi di bawah bumi: dunia orang mati (lih. Wah 1:18).

di bawah bumi: dunia orang mati (lih. Wah 1:18).

Jerusalem: Why 4:1--16:21 - -- Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang...

Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang nasibnya diserahkan kepada Anak Domba. Ini dilambangkan oleh Kitab yang dimeterai, yang diserahkan kepada Anak Domba, bab 5. Lalu menyusullah berbagai penglihatan besar yang berupa lambang. Penglihatan-penglihatan itu, bab 6-16, menyiapkan "Hari Besar", yakni hari murka Allah menimpa para penganiaya, bab 17-19.

Jerusalem: Why 5:1 - -- Meterai-meterainya dibuka satu demi satu, lalu keputusan-keputusan itu terlaksana, dalam bab 6-9. Memperkenalkan Anak Domba yang dekat pada takhta All...

Meterai-meterainya dibuka satu demi satu, lalu keputusan-keputusan itu terlaksana, dalam bab 6-9. Memperkenalkan Anak Domba yang dekat pada takhta Allah, bab 5, termasuk dalam ibadat sorgawi, bab 4.

Jerusalem: Why 5:2 - Siapakah yang layak Layak adalah Dia yang dalam percobaan dengan perbuatan-perbuatanNya telah membuktikan diriNya layak, Wah 5:9,12.

Layak adalah Dia yang dalam percobaan dengan perbuatan-perbuatanNya telah membuktikan diriNya layak, Wah 5:9,12.

Jerusalem: Why 5:3 - yang di bawah bumi Ialah dunia orang mati, Hades, Wah 1:18+.

Ialah dunia orang mati, Hades, Wah 1:18+.

Jerusalem: Why 5:5 - telah menang Artinya mengalahkan Iblis dan dunia, bdk Yoh 3:35+; 1Yo 2:14+.

Artinya mengalahkan Iblis dan dunia, bdk Yoh 3:35+; 1Yo 2:14+.

Jerusalem: Why 5:6 - Anak Domba Dengan mengganti berbagai gelar Mesias, Wah 5:5, gelar Anak Domba tampil di sini sebagai gelar Kristus dan selanjutnya oleh Wahyu masih akan dipakai t...

Dengan mengganti berbagai gelar Mesias, Wah 5:5, gelar Anak Domba tampil di sini sebagai gelar Kristus dan selanjutnya oleh Wahyu masih akan dipakai tiga puluh kali lebih. Anak Domba itu telah disembelih guna keselamatan umat terpilih, bdk Yoh 1:29+; Yes 53:7. Ia masih membawa bekas-bekas penderitaanNya, tetapi berdiri sebagai pemenang, Kis 7:55, yang mengalahkan maut, Wah 1;18, dan oleh karena itu menjadi penyerta Allah sebagai Penguasa seluruh umat manusia, Wah 5:13; dll; bdk bab 21-22; Rom 1:4+, dll

Jerusalem: Why 5:6 - tanduk tujuh... Tanduk itu melambangkan kekuasaan, dan mata itu mengibaratkan pengetahuan. Dua-duanya sepenuh-penuhnya (angka tujuh) dimiliki Kristus.

Tanduk itu melambangkan kekuasaan, dan mata itu mengibaratkan pengetahuan. Dua-duanya sepenuh-penuhnya (angka tujuh) dimiliki Kristus.

Jerusalem: Why 5:9 - membeli mereka bagi Allah Var: membeli kami, atau: membeli kami bagi Allah. Var ini mengandaikan bahwa tua-tua itu adalah manusia, barangkali para bapa bangsa Perjanjian Lama

Var: membeli kami, atau: membeli kami bagi Allah. Var ini mengandaikan bahwa tua-tua itu adalah manusia, barangkali para bapa bangsa Perjanjian Lama

Jerusalem: Why 5:9 - dari tiap-tiap suku... Ini sebuah ungkapan yang lazim dengan arti: dari segala bangsa, seluruh umat manusia. Bdk Dan 3:4,7,96; Dan 6:26.

Ini sebuah ungkapan yang lazim dengan arti: dari segala bangsa, seluruh umat manusia. Bdk Dan 3:4,7,96; Dan 6:26.

Jerusalem: Why 5:10 - mereka...mereka Var: kami...kami.

Var: kami...kami.

Ende: Why 5:1 - -- Dalam bab ini dilambangkan bagaimana Kristus sebagai penebus dunia dimuliakan disurga dan disembah setara dengan Allah.

Dalam bab ini dilambangkan bagaimana Kristus sebagai penebus dunia dimuliakan disurga dan disembah setara dengan Allah.

Ende: Why 5:6 - Anak domba bagaikan disembelih Njatalah dia lambang Kristus. Tetapi penglihatan ini seperti umumnja segala penglihatan dan gambaran dibuku "apokalipsis" ini, agak aneh dan sukar unt...

Njatalah dia lambang Kristus. Tetapi penglihatan ini seperti umumnja segala penglihatan dan gambaran dibuku "apokalipsis" ini, agak aneh dan sukar untuk dibajangkan. Djangan tjoba membajangkan djuga. Bagaimana dalam keadaan disembelih dapat berdiri; dimana letaknja ketudjuh tanduk dan sepuluh mata itu? Ungkapan-ungkapan berupa gambar itu hendak melambangkan atau mengingatkan satu segi atau sifat sadja. "Berdiri" disini berarti, bahwa Anak domba (Kristus) telah bangkit dan hidup: ketudjuh tanduk, bahwa Ia mempunjai segala kekuasaan dan kekuatan sepenuhnja; sepuluh mata, bahwa Ia mahatahu.

Ende: Why 5:8 - -- Kristus sebagai Anak domba disembelih seperti Allah. Oleh keempat binatang atas nama seluruh djagat raja; oleh orang tua-tua atas nama segala orang su...

Kristus sebagai Anak domba disembelih seperti Allah. Oleh keempat binatang atas nama seluruh djagat raja; oleh orang tua-tua atas nama segala orang sutji diatas bumi, jang doa-doanja mereka persembahkan kepada anak-domba.

Ende: Why 5:11 - -- Semua Malaekat, tak terhitung banjaknja, turut menjembah dan memuliakan Kristus sama seperti Allah.

Semua Malaekat, tak terhitung banjaknja, turut menjembah dan memuliakan Kristus sama seperti Allah.

Ref. Silang FULL: Why 5:1 - takhta itu // sebelah luarnya // dan dimeterai · takhta itu: Wahy 5:7,13; Wahy 4:2,9; 6:16 · sebelah luarnya: Yeh 2:9,10 · dan dimeterai: Yes 29:11; Dan 12:4

· takhta itu: Wahy 5:7,13; Wahy 4:2,9; 6:16

· sebelah luarnya: Yeh 2:9,10

· dan dimeterai: Yes 29:11; Dan 12:4

Ref. Silang FULL: Why 5:2 - seorang malaikat · seorang malaikat: Wahy 10:1

· seorang malaikat: Wahy 10:1

Ref. Silang FULL: Why 5:5 - Sesungguhnya, singa // suku Yehuda // tunas Daud · Sesungguhnya, singa: Kej 49:9 · suku Yehuda: Ibr 7:14; Ibr 7:14 · tunas Daud: Yes 11:1,10; Rom 15:12; Wahy 22:16

· Sesungguhnya, singa: Kej 49:9

· suku Yehuda: Ibr 7:14; [Lihat FULL. Ibr 7:14]

· tunas Daud: Yes 11:1,10; Rom 15:12; Wahy 22:16

Ref. Silang FULL: Why 5:6 - keempat makhluk // tengah-tengah tua-tua // Anak Domba // bermata tujuh // ketujuh Roh · keempat makhluk: Wahy 4:6; Wahy 4:6 · tengah-tengah tua-tua: Wahy 4:4; Wahy 4:4 · Anak Domba: Wahy 5:8,9,12,13; Yoh 1:29; Yoh 1...

· keempat makhluk: Wahy 4:6; [Lihat FULL. Wahy 4:6]

· tengah-tengah tua-tua: Wahy 4:4; [Lihat FULL. Wahy 4:4]

· Anak Domba: Wahy 5:8,9,12,13; Yoh 1:29; [Lihat FULL. Yoh 1:29]

· bermata tujuh: Za 4:10

· ketujuh Roh: Wahy 1:4; [Lihat FULL. Wahy 1:4]

Ref. Silang FULL: Why 5:7 - atas takhta · atas takhta: Wahy 5:1; Wahy 5:1

· atas takhta: Wahy 5:1; [Lihat FULL. Wahy 5:1]

Ref. Silang FULL: Why 5:8 - keempat makhluk // empat tua-tua // satu kecapi // itulah doa · keempat makhluk: Wahy 4:6; Wahy 4:6 · empat tua-tua: Wahy 4:4; Wahy 4:4 · satu kecapi: Wahy 14:2; 15:2 · itulah doa: Maz...

· keempat makhluk: Wahy 4:6; [Lihat FULL. Wahy 4:6]

· empat tua-tua: Wahy 4:4; [Lihat FULL. Wahy 4:4]

· satu kecapi: Wahy 14:2; 15:2

· itulah doa: Mazm 141:2; Wahy 8:3,4

Ref. Silang FULL: Why 5:9 - suatu nyanyian // Engkau layak // dengan darah-Mu // telah membeli // dan bangsa · suatu nyanyian: Mazm 40:4; 98:1; 149:1; Yes 42:10; Wahy 14:3,4 · Engkau layak: Wahy 4:11 · dengan darah-Mu: Ibr 9:12 · t...

· suatu nyanyian: Mazm 40:4; 98:1; 149:1; Yes 42:10; Wahy 14:3,4

· Engkau layak: Wahy 4:11

· dengan darah-Mu: Ibr 9:12

· telah membeli: 1Kor 6:20; [Lihat FULL. 1Kor 6:20]

· dan bangsa: Wahy 13:7; [Lihat FULL. Wahy 13:7]

Ref. Silang FULL: Why 5:10 - menjadi imam-imam // di bumi · menjadi imam-imam: 1Pet 2:5; 1Pet 2:5 · di bumi: Wahy 3:21; 20:4

· menjadi imam-imam: 1Pet 2:5; [Lihat FULL. 1Pet 2:5]

· di bumi: Wahy 3:21; 20:4

Ref. Silang FULL: Why 5:11 - takhta, makhluk-makhluk // dan tua-tua // beribu-ribu laksa · takhta, makhluk-makhluk: Wahy 4:6; Wahy 4:6 · dan tua-tua: Wahy 4:4; Wahy 4:4 · beribu-ribu laksa: Dan 7:10; Ibr 12:22; Yud 1:1...

· takhta, makhluk-makhluk: Wahy 4:6; [Lihat FULL. Wahy 4:6]

· dan tua-tua: Wahy 4:4; [Lihat FULL. Wahy 4:4]

· beribu-ribu laksa: Dan 7:10; Ibr 12:22; Yud 1:14

Ref. Silang FULL: Why 5:12 - Anak Domba // yang disembelih // dan puji-pujian · Anak Domba: Wahy 5:13 · yang disembelih: Wahy 5:9 · dan puji-pujian: Wahy 1:6; 4:11

· Anak Domba: Wahy 5:13

· yang disembelih: Wahy 5:9

· dan puji-pujian: Wahy 1:6; 4:11

Ref. Silang FULL: Why 5:13 - di bumi // atas takhta // Anak Domba // sampai selama-lamanya · di bumi: Wahy 5:3; Fili 2:10 · atas takhta: Wahy 5:1,7; Wahy 5:1; Wahy 5:7 · Anak Domba: Wahy 5:6; Wahy 6:16; 7:10 · sam...

· di bumi: Wahy 5:3; Fili 2:10

· atas takhta: Wahy 5:1,7; [Lihat FULL. Wahy 5:1]; [Lihat FULL. Wahy 5:7]

· Anak Domba: Wahy 5:6; Wahy 6:16; 7:10

· sampai selama-lamanya: 1Taw 29:11; Mal 1:6; 2:2; Rom 11:36; [Lihat FULL. Rom 11:36]

Ref. Silang FULL: Why 5:14 - keempat makhluk // Amin // Dan tua-tua // dan menyembah · keempat makhluk: Wahy 4:6; Wahy 4:6 · Amin: Wahy 4:9 · Dan tua-tua: Wahy 4:4; Wahy 4:4 · dan menyembah: Wahy 4:10

· keempat makhluk: Wahy 4:6; [Lihat FULL. Wahy 4:6]

· Amin: Wahy 4:9

· Dan tua-tua: Wahy 4:4; [Lihat FULL. Wahy 4:4]

· dan menyembah: Wahy 4:10

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Why 5:1 - -- 5:1 Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah dalam dan sebelah luarnya dan dis...

5:1 Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah dalam dan sebelah luarnya dan disegel272 dengan tujuh segel.

Pentingnya gulungan kitab yang ada di tangan kanan Allah Bapa perlu dimengerti. Mengapa Yohanes menangis pada waktu melihat tidak ada orang yang dapat membuka gulungan kitab itu? Mengapa malapetaka baru terjadi pada waktu segel dibuka?

Gulungan kitab itu ditulis sebelah dalam dan sebelah luarnya. Barclay273 menjelaskan bahwa bagian balik papirus sulit untuk ditulisi, sehingga bagian sebelah luar dari gulungan kitab jarang ditulisi.274 Gulungan kitab yang dimaksud di sini penuh sekali dengan tulisan.

Juga, gulungan kitab itu disegel dengan tujuh segel. Mengapa memakai tujuh segel? Menurut hukum Roma, surat wasiat harus ditutup dengan tujuh segel, sama seperti gulungan kitab itu.275 Setelah pewaris meninggal, ketujuh saksi yang dulunya sudah memasang segel mereka masing-masing dipanggil, dan gulungan surat wasiat dibuka. Setiap orang dapat berkata bahwa segel yang mereka buka adalah segelnya sendiri, dan tidak dipalsukan. Barangsiapa telah menerima warisan pada zaman itu, pasti masih mengingat peristiwa pembukaan ketujuh segel yang dipakai untuk menutup surat wasiat tersebut. Oleh karena itu, makna dari gulungan kitab di Wahyu pasal 5 ini, sangat jelas bagi mereka: ada warisan yang mau dibagi!

Dalam Wahyu 21:7 mereka yang menang dikaitkan dengan mereka yang menerima warisan. Dalam Efesus 5:5, Matius 5:5 dan 19:29 kita membaca bahwa ada warisan khusus untuk orang percaya yang mantap ketaatannya.

Kalau memang gulungan kitab itu merupakan surat wasiat, peristiwa ini mengandung suatu arti yang indah sekali bagi orang percaya yang sungguh setia dan sungguh menuruti apa yang tertulis dalam pasal dua dan pasal tiga. Tuhan Allah sudah menentukan suatu warisan yang luar biasa untuk orang "yang menang". Tinggal surat wasiat itu dibuka dan warisan menjadi milik orang yang menang. Tetapi surat wasiat itu disegel dengan tujuh segel. Kebiasaan dalam budaya dan hukum Roma ini dipergunakan oleh Tuhan menjadi unsur yang pokok dalam struktur Kitab Wahyu.

Hagelberg: Why 5:1-7 - -- 3. Gulungan Kitab dan Anak Domba (5:1-7) Pasal 4 menceritakan lingkungan dan pelaku, namun baru dalam pasal 5 ada satu unsur lagi yang dikemukakan, ya...

3. Gulungan Kitab dan Anak Domba (5:1-7)

Pasal 4 menceritakan lingkungan dan pelaku, namun baru dalam pasal 5 ada satu unsur lagi yang dikemukakan, yaitu mengenai sebuah gulungan kitab yang ada di dalam tangan kanan Allah. Hal ini menjadi pusat perhatian pasal 5.

Hagelberg: Why 5:1 - -- 5:1 Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah dalam dan sebelah luarnya dan dis...

5:1 Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah dalam dan sebelah luarnya dan disegel272 dengan tujuh segel.

Pentingnya gulungan kitab yang ada di tangan kanan Allah Bapa perlu dimengerti. Mengapa Yohanes menangis pada waktu melihat tidak ada orang yang dapat membuka gulungan kitab itu? Mengapa malapetaka baru terjadi pada waktu segel dibuka?

Gulungan kitab itu ditulis sebelah dalam dan sebelah luarnya. Barclay273 menjelaskan bahwa bagian balik papirus sulit untuk ditulisi, sehingga bagian sebelah luar dari gulungan kitab jarang ditulisi.274 Gulungan kitab yang dimaksud di sini penuh sekali dengan tulisan.

Juga, gulungan kitab itu disegel dengan tujuh segel. Mengapa memakai tujuh segel? Menurut hukum Roma, surat wasiat harus ditutup dengan tujuh segel, sama seperti gulungan kitab itu.275 Setelah pewaris meninggal, ketujuh saksi yang dulunya sudah memasang segel mereka masing-masing dipanggil, dan gulungan surat wasiat dibuka. Setiap orang dapat berkata bahwa segel yang mereka buka adalah segelnya sendiri, dan tidak dipalsukan. Barangsiapa telah menerima warisan pada zaman itu, pasti masih mengingat peristiwa pembukaan ketujuh segel yang dipakai untuk menutup surat wasiat tersebut. Oleh karena itu, makna dari gulungan kitab di Wahyu pasal 5 ini, sangat jelas bagi mereka: ada warisan yang mau dibagi!

Dalam Wahyu 21:7 mereka yang menang dikaitkan dengan mereka yang menerima warisan. Dalam Efesus 5:5, Matius 5:5 dan 19:29 kita membaca bahwa ada warisan khusus untuk orang percaya yang mantap ketaatannya.

Kalau memang gulungan kitab itu merupakan surat wasiat, peristiwa ini mengandung suatu arti yang indah sekali bagi orang percaya yang sungguh setia dan sungguh menuruti apa yang tertulis dalam pasal dua dan pasal tiga. Tuhan Allah sudah menentukan suatu warisan yang luar biasa untuk orang "yang menang". Tinggal surat wasiat itu dibuka dan warisan menjadi milik orang yang menang. Tetapi surat wasiat itu disegel dengan tujuh segel. Kebiasaan dalam budaya dan hukum Roma ini dipergunakan oleh Tuhan menjadi unsur yang pokok dalam struktur Kitab Wahyu.

Hagelberg: Why 4:1--5:14 - -- A. Visi Ruangan Takhta sebagai Pendahuluan (4:1-5:14) Pendahuluan ini melukiskan ruangan takhta Allah di surga. Para pembaca perlu mengingat bahwa Tuh...

A. Visi Ruangan Takhta sebagai Pendahuluan (4:1-5:14)

Pendahuluan ini melukiskan ruangan takhta Allah di surga. Para pembaca perlu mengingat bahwa Tuhan Yesus sudah menjanjikan pahala yang indah kepada semua orang yang menaati Firman-Nya. Dalam bagian ini Dia mulai menyediakan pahala-pahala itu. Oleh karena bumi masih penuh dengan orang jahat, maka bumi perlu "dibersihkan". Musuh Tuhan dan orang-orang yang menindas jemaat Kristus belum dikalahkan.

Sama seperti ketujuh surat diawali dengan satu visi mengenai Tuhan Yesus, demikian juga ada visi Tuhan Yesus di surga yang mengawali bagian ini. Apa yang dialami oleh Yohanes, yang diceritakan dalam pasal 4-5, merupakan "engsel" dalam struktur Kitab Wahyu. Dari satu segi, bagian ini terkait erat dengan pasal 1-3 mengenai pahala-pahala yang dijanjikan, karena dalam pasal 4-5 ada juga takhta, pakaian putih, dan mahkota. Dari segi yang lain, bagian ini terkait dengan apa yang diceritakan dalam pasal 6-22, dengan ketujuh segel dari gulungan kitab, yang dibuka satu per satu.

Dalam pasal 4 Dia yang bertakhta, yang dikelilingi dengan takhta dan empat makhluk, dipuji sebagai Pencipta. Dalam pasal 5 Domba Allah yang mendekati Dia yang bertakhta dipuji sebagai Penebus. Peristiwa pengambilan gulungan kitab yang ada di tangan Dia yang bertakhta menjembatani dua pasal ini. Makna dari gulungan kitab tersebut sangat penting, dan akan dibahas dalam bagian berikut ini.

Menurut pengalaman jemaat-jemaat yang diceritakan dalam pasal 2-3, kuasa kejahatan di bumi ini dengan bebas mengancam dan menyusahkan jemaat-jemaat Kristus. Tetapi menurut perspektif ruangan takhta yang digambarkan dalam pasal 4-5, yang berkuasa mutlak adalah Tuhan Allah, dan bukan kejahatan yang ada di bumi.249

Hagelberg: Why 4:1--22:21 - -- III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21) Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi s...

III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21)

Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi sesudah ini") dan 4:1 ("Naiklah kemari dan Aku akan menunjuk kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini") kita mengetahui bahwa pasal 4 merupakan permulaan dari bagian ketiga. Bagian ketiga ini akan menceritakan "apa yang akan/harus terjadi sesudah" hal-hal mengenai ketujuh jemaat. Apa yang dibahas dalam pasal 1-3 sudah terjadi. Ketujuh jemaat itu sudah tidak ada lagi, sedangkan apa yang digambarkan dalam pasal 4-22 belum terjadi.

Fungsi bagian ini:

Memang Tuhan Yesus sudah menjanjikan pahala yang indah dan hebat kepada yang setia, kepada "barangsiapa yang menang", kepada "yang menuruti apa yang tertulis di dalam" Kitab Wahyu. Dalam bagian ketiga ini dibuktikan bahwa janji-janji itu bukan omong kosong, tetapi Dia mampu menggenapi janji-Nya, karena Dia akan mengalahkan musuh-Nya dan mendirikan Kerajaan-Nya. Juga, mereka yang menganiaya anggota jemaat Kristus akan dikalahkan oleh Raja atas segala raja, sehingga mereka yang dianiaya akan dihibur dan didorong untuk setia di dalam penganiayaan.

Struktur bagian ini:

Struktur bagian ini dapat dibagi ke dalam beberapa bagian, sebagai berikut:

Visi Takhta sebagai Pendahuluan, 4:1-5:14

Masa Kesengsaraan, 6:1-20:3

Kerajaan Seribu Tahun, 20:4-15

Yerusalem yang Baru, 21:1-22:5

Penjelasan Akhir dari Penglihatan, 22:6-17

Bagian Penutup dari Kitab, 22:18-21

Hagelberg: Why 5:2 - -- 5:2 Dan aku melihat seorang malaikat yang gagah, yang berseru dengan suara nyaring, katanya: "Siapakah yang layak membuka gulungan kitab itu dan membu...

5:2 Dan aku melihat seorang malaikat yang gagah, yang berseru dengan suara nyaring, katanya: "Siapakah yang layak membuka gulungan kitab itu dan membuka segel-segelnya?"

Mereka semua mengerti bahwa segel tidak boleh dibuka oleh sembarang orang.

Hagelberg: Why 5:2 - -- 5:2 Dan aku melihat seorang malaikat yang gagah, yang berseru dengan suara nyaring, katanya: "Siapakah yang layak membuka gulungan kitab itu dan membu...

5:2 Dan aku melihat seorang malaikat yang gagah, yang berseru dengan suara nyaring, katanya: "Siapakah yang layak membuka gulungan kitab itu dan membuka segel-segelnya?"

Mereka semua mengerti bahwa segel tidak boleh dibuka oleh sembarang orang.

Hagelberg: Why 5:3 - -- 5:3 Tetapi tidak ada seorang pun yang di surga atau yang di bumi atau yang di bawah bumi, yang dapat membuka gulungan kitab itu atau yang dapat meliha...

5:3 Tetapi tidak ada seorang pun yang di surga atau yang di bumi atau yang di bawah bumi, yang dapat membuka gulungan kitab itu atau yang dapat melihat sebelah dalamnya.

Seluruh ciptaan Allah tidak ada seorang pun yang layak membuka gulungan kitab itu. Pembagian ciptaan Allah menjadi tiga bagian (surga, bumi, dan di bawah bumi) menegaskan bahwa tidak ada, sama sekali tidak ada orang lain yang seperti Tuhan Yesus.

Hagelberg: Why 5:3 - -- 5:3 Tetapi tidak ada seorang pun yang di surga atau yang di bumi atau yang di bawah bumi, yang dapat membuka gulungan kitab itu atau yang dapat meliha...

5:3 Tetapi tidak ada seorang pun yang di surga atau yang di bumi atau yang di bawah bumi, yang dapat membuka gulungan kitab itu atau yang dapat melihat sebelah dalamnya.

Seluruh ciptaan Allah tidak ada seorang pun yang layak membuka gulungan kitab itu. Pembagian ciptaan Allah menjadi tiga bagian (surga, bumi, dan di bawah bumi) menegaskan bahwa tidak ada, sama sekali tidak ada orang lain yang seperti Tuhan Yesus.

Hagelberg: Why 5:4 - -- 5:4 Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak ada seorang pun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu ataupun melihat sebel...

5:4 Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak ada seorang pun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu ataupun melihat sebelah dalamnya.

Yohanes menangis karena dia mengerti kepentingan dari gulungan kitab itu. Dia ingin sekali supaya segelnya dibuka, sehingga orang yang menang dapat menerima warisan mereka dari tangan Kristus.

Hagelberg: Why 5:4 - -- 5:4 Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak ada seorang pun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu ataupun melihat sebel...

5:4 Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak ada seorang pun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu ataupun melihat sebelah dalamnya.

Yohanes menangis karena dia mengerti kepentingan dari gulungan kitab itu. Dia ingin sekali supaya segelnya dibuka, sehingga orang yang menang dapat menerima warisan mereka dari tangan Kristus.

Hagelberg: Why 5:5 - -- 5:5 Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, ...

5:5 Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh segelnya."

Entah mengapa, sebelum saat yang diceritakan dalam nas ini, Yohanes rupanya tidak mengerti bahwa Tuhan Yesus ada di ruangan takhta Allah. Hal-hal seperti ini dapat dikatakan aneh oleh para pembaca modern, namun merupakan hal yang biasa dalam sastra apokaliptik.

Dua sebutan ini, yaitu singa dari suku Yehuda dan tunas Daud, adalah sebutan yang diambil dari Kejadian 49:9-10 dan Yesaya 11:1, sebutan yang sudah lama dipakai oleh guru-guru Israel mengenai Mesias.276 Bagaimana cara Dia telah menang tidak dijelaskan dalam ayat ini, tetapi rupanya kemenangan-Nya di kayu salib adalah kemenangan yang dimaksudkan. Istilah yang sama277 juga dipakai tentang Iblis dalam pasal 13:7. Rupanya Iblis dan Kristus Yesus memiliki masing-masing kemenangan! Kemenangan Iblis bersifat sementara, sedangkan kemenangan Anak Domba Allah bersifat kekal.

Hagelberg: Why 5:5 - -- 5:5 Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, ...

5:5 Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh segelnya."

Entah mengapa, sebelum saat yang diceritakan dalam nas ini, Yohanes rupanya tidak mengerti bahwa Tuhan Yesus ada di ruangan takhta Allah. Hal-hal seperti ini dapat dikatakan aneh oleh para pembaca modern, namun merupakan hal yang biasa dalam sastra apokaliptik.

Dua sebutan ini, yaitu singa dari suku Yehuda dan tunas Daud, adalah sebutan yang diambil dari Kejadian 49:9-10 dan Yesaya 11:1, sebutan yang sudah lama dipakai oleh guru-guru Israel mengenai Mesias.276 Bagaimana cara Dia telah menang tidak dijelaskan dalam ayat ini, tetapi rupanya kemenangan-Nya di kayu salib adalah kemenangan yang dimaksudkan. Istilah yang sama277 juga dipakai tentang Iblis dalam pasal 13:7. Rupanya Iblis dan Kristus Yesus memiliki masing-masing kemenangan! Kemenangan Iblis bersifat sementara, sedangkan kemenangan Anak Domba Allah bersifat kekal.

Hagelberg: Why 5:6 - -- 5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembel...

5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi.

Pribadi-pribadi dan pokok-pokok dari lingkungan yang sudah diceritakan dalam pasal 4 diulang secara ringkas dalam nas ini. Ada takhta, makhluk, dan tua-tua. Tetapi di tengah-tengah semua ini, yang Yohanes lihat bukan seekor singa, tetapi seekor Anak Domba.278 Dalam ayat ini kemenangan-Nya dijelaskan: Dia telah disembelih. Dengan demikian para pembaca mengerti bahwa pada waktu Yesus Kristus disalibkan, Dia menang. Anak Domba ini tidak mati lagi, Dia berdiri di tengah-tengah segala kemuliaan ruangan takhta Allah.

Dalam bahasa sumber, ungkapan seperti telah disembelih mirip sekali dengan apa yang dikatakan dalam pasal 13:3 tentang Anti-Kristus, yang diterjemahkan "seperti kena luka fatal".279 Kesejajaran ini merupakan kelanjutan dari kesejajaran yang disebut di atas karena istilah "menang" dipakai dalam pasal 5:5 dan 13:7.

Dalam Perjanjian Lama, misalnya Ulangan 33:17 dan 1 Samuel 2:10, tanduk melambangkan kekuatan. Kuasa Anak Domba itu sempurna. Mata, misalnya dalam Kejadian 3:5, melambangkan pengetahuan. Dalam Zakharia 4:10 juga ada tujuh mata yang menjelajah seluruh bumi. Anak Domba itu penuh kuasa dan pengetahuan. Roh Allah yang ada di hadapan takhta-Nya juga disebutkan dalam pasal 1:4 . Dalam pasal 4:5 tujuh obor yang menyala-nyala melambangkan Roh Allah.

Begitu banyak lambang yang dipakai untuk menunjuk Yesus Kristus dalam beberapa ayat ini, sehingga kepentingan-Nya dalam Kitab Wahyu, bahkan dalam seluruh Firman Allah, sungguh nyata.

Hagelberg: Why 5:6 - -- 5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembel...

5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi.

Pribadi-pribadi dan pokok-pokok dari lingkungan yang sudah diceritakan dalam pasal 4 diulang secara ringkas dalam nas ini. Ada takhta, makhluk, dan tua-tua. Tetapi di tengah-tengah semua ini, yang Yohanes lihat bukan seekor singa, tetapi seekor Anak Domba.278 Dalam ayat ini kemenangan-Nya dijelaskan: Dia telah disembelih. Dengan demikian para pembaca mengerti bahwa pada waktu Yesus Kristus disalibkan, Dia menang. Anak Domba ini tidak mati lagi, Dia berdiri di tengah-tengah segala kemuliaan ruangan takhta Allah.

Dalam bahasa sumber, ungkapan seperti telah disembelih mirip sekali dengan apa yang dikatakan dalam pasal 13:3 tentang Anti-Kristus, yang diterjemahkan "seperti kena luka fatal".279 Kesejajaran ini merupakan kelanjutan dari kesejajaran yang disebut di atas karena istilah "menang" dipakai dalam pasal 5:5 dan 13:7.

Dalam Perjanjian Lama, misalnya Ulangan 33:17 dan 1 Samuel 2:10, tanduk melambangkan kekuatan. Kuasa Anak Domba itu sempurna. Mata, misalnya dalam Kejadian 3:5, melambangkan pengetahuan. Dalam Zakharia 4:10 juga ada tujuh mata yang menjelajah seluruh bumi. Anak Domba itu penuh kuasa dan pengetahuan. Roh Allah yang ada di hadapan takhta-Nya juga disebutkan dalam pasal 1:4 . Dalam pasal 4:5 tujuh obor yang menyala-nyala melambangkan Roh Allah.

Begitu banyak lambang yang dipakai untuk menunjuk Yesus Kristus dalam beberapa ayat ini, sehingga kepentingan-Nya dalam Kitab Wahyu, bahkan dalam seluruh Firman Allah, sungguh nyata.

Hagelberg: Why 5:7 - -- 5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu. Anak Domba mendekati Allah di atas ta...

5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu.

Anak Domba mendekati Allah di atas takhta-Nya untuk menerima gulungan kitab itu. Saat itu adalah saat yang amat penting.280 Gulungan itu diterima dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu. Allah Bapa sudah menawarkan ini kepada Tuhan Yesus. Mazmur 2:8 berbunyi "Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepada-Mu menjadi milik pusaka-Mu, dan ujung bumi menjadi kepunyaan-Mu." Dalam Matius 24:36 Tuhan Yesus berkata, "Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri." Akhirnya, di dalam nas ini, Wahyu pasal 5:7, Tuhan Yesus minta kepada-Nya!281

Hagelberg: Why 5:7 - -- 5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu. Anak Domba mendekati Allah di atas ta...

5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu.

Anak Domba mendekati Allah di atas takhta-Nya untuk menerima gulungan kitab itu. Saat itu adalah saat yang amat penting.280 Gulungan itu diterima dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu. Allah Bapa sudah menawarkan ini kepada Tuhan Yesus. Mazmur 2:8 berbunyi "Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepada-Mu menjadi milik pusaka-Mu, dan ujung bumi menjadi kepunyaan-Mu." Dalam Matius 24:36 Tuhan Yesus berkata, "Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri." Akhirnya, di dalam nas ini, Wahyu pasal 5:7, Tuhan Yesus minta kepada-Nya!281

Hagelberg: Why 5:8 - -- 5:8 Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Anak Domba itu, masing-masing m...

5:8 Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Anak Domba itu, masing-masing memegang satu kecapi dan cawan282 emas, penuh dengan kemenyan: itulah doa orang-orang kudus.

Sesaat gulungan kitab itu ada di tangan Tuhan Yesus, maka pribadi-pribadi yang sudah dikemukakan sebelumnya, menyembah Dia dengan lebih giat lagi.

Apa yang dianggap hina di bumi, sangat dihargai di surga: doa orang-orang kudus ada di dalam cawan emas.283 Selain di dalam nas ini, kemenyan melambangkan doa umat Allah dalam Mazmur 141:2 dan dalam Kitab Wahyu 8:3-4.

Hagelberg: Why 5:8-14 - -- 4. Pujian kepada Dia yang mengambil gulungan kitab (5:8-14) Bagi setiap orang dalam nas tersebut, kepentingan permintaan dan pengambilan gulungan kita...

4. Pujian kepada Dia yang mengambil gulungan kitab (5:8-14)

Bagi setiap orang dalam nas tersebut, kepentingan permintaan dan pengambilan gulungan kitab itu sangat jelas. Tanggapan mereka semua merupakan pujian. Pada saat pengambilan itu waktu kedatangan Tuhan Yesus dan kerajaan-Nya sudah ditentukan. Mereka yang setia akan diberi pahala dengan segera. Mereka akan segera "memerintah atas bangsa-bangsa." Tetapi bangsa-bangsa itu harus lebih dahulu dibersihkan dengan hukuman yang sangat dahsyat.

Hagelberg: Why 5:8 - -- 5:8 Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Anak Domba itu, masing-masing m...

5:8 Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Anak Domba itu, masing-masing memegang satu kecapi dan cawan282 emas, penuh dengan kemenyan: itulah doa orang-orang kudus.

Sesaat gulungan kitab itu ada di tangan Tuhan Yesus, maka pribadi-pribadi yang sudah dikemukakan sebelumnya, menyembah Dia dengan lebih giat lagi.

Apa yang dianggap hina di bumi, sangat dihargai di surga: doa orang-orang kudus ada di dalam cawan emas.283 Selain di dalam nas ini, kemenyan melambangkan doa umat Allah dalam Mazmur 141:2 dan dalam Kitab Wahyu 8:3-4.

Hagelberg: Why 5:9 - -- 5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka segel-segelnya; karena Engkau telah dise...

5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka segel-segelnya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli kami284 bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.

Nyanyian yang mereka nyanyikan bukan saja "baru" dari segi waktu,285 tetapi pada hakikatnya memang baru, dan sebelumnya tidak pernah ada nyanyian yang sama dengan nyanyian baru tersebut.286

Allah Bapa dipuji sebagai yang layak287 dalam pasal 4:11 karena Dia menciptakan segala sesuatu. Dalam nas ini Tuhan Yesus dipuji sebagai yang layak288, karena Dia telah menjadi Penebus. Selain Dia yang menebus umat manusia yang berdosa, tidak ada yang lain yang layak menyediakan warisan bagi mereka yang menang, tidak ada yang lain yang layak mengangkat mereka untuk memerintah bersama-sama dengan Dia.

Nyanyian mereka menekankan bahwa Tuhan Yesus bukan hanya Penebus Israel, tetapi juga Penebus manusia dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa. Keselamatan yang disediakan-Nya boleh dinikmati oleh seluruh manusia dari segala latar belakang. Menurut Mounce,289 usaha untuk membedakan arti dari keempat istilah ini sia-sia. Yang harus diperhatikan bukanlah beda antara misalnya istilah suku dan kaum, tetapi bahwa tanpa terkecuali, ada orang yang ditebus dari tiap masyarakat di muka bumi ini.

Ungkapan dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa perlu diamati dengan saksama.290 Ternyata anak kalimat tersebut diulangi tujuh kali, yang masing-masing mengandung empat unsur, yang berbeda urutannya.291

Hagelberg: Why 5:9 - -- 5:9 suku dan bahasa dan kaum dan bangsa

5:9 suku dan bahasa dan kaum dan bangsa

Hagelberg: Why 5:9 - -- 5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka segel-segelnya; karena Engkau telah dise...

5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka segel-segelnya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli kami284 bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.

Nyanyian yang mereka nyanyikan bukan saja "baru" dari segi waktu,285 tetapi pada hakikatnya memang baru, dan sebelumnya tidak pernah ada nyanyian yang sama dengan nyanyian baru tersebut.286

Allah Bapa dipuji sebagai yang layak287 dalam pasal 4:11 karena Dia menciptakan segala sesuatu. Dalam nas ini Tuhan Yesus dipuji sebagai yang layak288, karena Dia telah menjadi Penebus. Selain Dia yang menebus umat manusia yang berdosa, tidak ada yang lain yang layak menyediakan warisan bagi mereka yang menang, tidak ada yang lain yang layak mengangkat mereka untuk memerintah bersama-sama dengan Dia.

Nyanyian mereka menekankan bahwa Tuhan Yesus bukan hanya Penebus Israel, tetapi juga Penebus manusia dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa. Keselamatan yang disediakan-Nya boleh dinikmati oleh seluruh manusia dari segala latar belakang. Menurut Mounce,289 usaha untuk membedakan arti dari keempat istilah ini sia-sia. Yang harus diperhatikan bukanlah beda antara misalnya istilah suku dan kaum, tetapi bahwa tanpa terkecuali, ada orang yang ditebus dari tiap masyarakat di muka bumi ini.

Ungkapan dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa perlu diamati dengan saksama.290 Ternyata anak kalimat tersebut diulangi tujuh kali, yang masing-masing mengandung empat unsur, yang berbeda urutannya.291

Hagelberg: Why 5:9 - -- 5:9 suku dan bahasa dan kaum dan bangsa

5:9 suku dan bahasa dan kaum dan bangsa

Hagelberg: Why 5:10 - -- 5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi raja-raja293 dan imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi." Bagian pert...

5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi raja-raja293 dan imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."

Bagian pertama dari ayat ini juga ada dalam pasal 1:6, dan seluruh ayat ini diulangi dalam pasal 20:6. Apa yang direncanakan bagi umat Israel, yaitu keturunan jasmani dari Yakub, sudah digenapi dalam nas ini.

Hagelberg: Why 5:10 - -- 5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi raja-raja293 dan imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi." Bagian pert...

5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi raja-raja293 dan imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."

Bagian pertama dari ayat ini juga ada dalam pasal 1:6, dan seluruh ayat ini diulangi dalam pasal 20:6. Apa yang direncanakan bagi umat Israel, yaitu keturunan jasmani dari Yakub, sudah digenapi dalam nas ini.

Hagelberg: Why 5:11 - -- 5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-...

5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa294

Baru dalam pasal 5:6 Yohanes dapat melihat Tuhan Yesus. Sebelumnya, Tuhan tidak terlihat oleh Yohanes. Demikian juga dalam nas ini penglihatan Rasul Yohanes menjadi lebih luas, sehingga dia sadar bahwa sekian banyak malaikat juga ikut menyembah Tuhan Yesus. Menurut Beasley-Murray,295 angka laksa, yaitu 10.000, adalah angka yang paling besar dalam bahasa Yunani. Secara harfiah, Yohanes berkata bahwa di situ ada beberapa laksa kali beberapa laksa ditambah beberapa ribu kali beberapa ribu malaikat, tetapi rupanya yang ingin dimaksudkan Yohanes adalah bahwa jumlah malaikat itu tak terhitung, seperti juga dalam Daniel 7:10 dan Ibrani 12:22.

Hagelberg: Why 5:11 - -- 5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-...

5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa294

Baru dalam pasal 5:6 Yohanes dapat melihat Tuhan Yesus. Sebelumnya, Tuhan tidak terlihat oleh Yohanes. Demikian juga dalam nas ini penglihatan Rasul Yohanes menjadi lebih luas, sehingga dia sadar bahwa sekian banyak malaikat juga ikut menyembah Tuhan Yesus. Menurut Beasley-Murray,295 angka laksa, yaitu 10.000, adalah angka yang paling besar dalam bahasa Yunani. Secara harfiah, Yohanes berkata bahwa di situ ada beberapa laksa kali beberapa laksa ditambah beberapa ribu kali beberapa ribu malaikat, tetapi rupanya yang ingin dimaksudkan Yohanes adalah bahwa jumlah malaikat itu tak terhitung, seperti juga dalam Daniel 7:10 dan Ibrani 12:22.

Hagelberg: Why 5:12 - -- 5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan...

5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian296!"

Sekali lagi istilah layak ditekankan dalam pujian kepada Anak Domba, dan sekali lagi Dia dipuji oleh karena Dia sudah menjadi korban bagi kita. Dia dipuji dengan tujuh istilah. Keempat istilah yang pertama menunjuk pada hakikat-Nya sendiri, dan ketiga istilah yang terakhir menunjuk pada sikap manusia dan sikap malaikat terhadap Dia.297

Hagelberg: Why 5:12 - -- 5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan...

5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian296!"

Sekali lagi istilah layak ditekankan dalam pujian kepada Anak Domba, dan sekali lagi Dia dipuji oleh karena Dia sudah menjadi korban bagi kita. Dia dipuji dengan tujuh istilah. Keempat istilah yang pertama menunjuk pada hakikat-Nya sendiri, dan ketiga istilah yang terakhir menunjuk pada sikap manusia dan sikap malaikat terhadap Dia.297

Hagelberg: Why 5:13 - -- 5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di surga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "...

5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di surga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"

Dalam pasal 5:6 penglihatan Yohanes diperluas sehingga dia dapat melihat Tuhan Yesus. Dalam pasal 5:11 penglihatannya diperluas, sehingga dia dapat melihat sekian banyak malaikat di surga. Demikian juga dalam nas ini, Yohanes dapat mendengar semua yang diciptakan oleh Allah. Dengan menyebut di surga dan di bumi dan di bawah bumi dan di laut dan di dalamnya, Yohanes sungguh menegaskan bahwa pujian ini disampaikan oleh semua makhluk yang ada. Itulah yang perlu direnungkan, dan bukan rincian yang jauh dari maksud Yohanes, seperti misalnya: "Siapa memuji Dia di laut?" Ayat ini merupakan puncak dari pujian yang dapat disamakan dengan riak yang meluas sampai menjangkau seluruhnya. Oleh karena penebusan-Nya menjangkau seluruh ciptaan-Nya, maka pujian bagi Dia juga datang dari seluruh ciptaan-Nya.298

Dalam pasal 4, Allah Bapa (Dia yang duduk di atas takhta) dipuji. Dalam pasal 5:1-12, Tuhan Yesus (Anak Domba) dipuji. Dan dalam pasal 5:13-14, baik Dia yang duduk di atas takhta maupun Anak Domba dipuji.

Hagelberg: Why 5:13 - -- 5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di surga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "...

5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di surga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"

Dalam pasal 5:6 penglihatan Yohanes diperluas sehingga dia dapat melihat Tuhan Yesus. Dalam pasal 5:11 penglihatannya diperluas, sehingga dia dapat melihat sekian banyak malaikat di surga. Demikian juga dalam nas ini, Yohanes dapat mendengar semua yang diciptakan oleh Allah. Dengan menyebut di surga dan di bumi dan di bawah bumi dan di laut dan di dalamnya, Yohanes sungguh menegaskan bahwa pujian ini disampaikan oleh semua makhluk yang ada. Itulah yang perlu direnungkan, dan bukan rincian yang jauh dari maksud Yohanes, seperti misalnya: "Siapa memuji Dia di laut?" Ayat ini merupakan puncak dari pujian yang dapat disamakan dengan riak yang meluas sampai menjangkau seluruhnya. Oleh karena penebusan-Nya menjangkau seluruh ciptaan-Nya, maka pujian bagi Dia juga datang dari seluruh ciptaan-Nya.298

Dalam pasal 4, Allah Bapa (Dia yang duduk di atas takhta) dipuji. Dalam pasal 5:1-12, Tuhan Yesus (Anak Domba) dipuji. Dan dalam pasal 5:13-14, baik Dia yang duduk di atas takhta maupun Anak Domba dipuji.

Hagelberg: Why 5:14 - -- 5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin." Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah. Dalam pasal 4:8-10 segala pujian yang digambarkan dalam ...

5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin." Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.

Dalam pasal 4:8-10 segala pujian yang digambarkan dalam ruangan takhta Allah dimulai oleh keempat makhluk itu dan kedua puluh empat tua-tua, dan dalam nas ini pula pujian tersebut ditutup oleh mereka juga.

Para pembaca sudah mengerti bahwa mereka memiliki pahala yang indah yang dijanjikan jika mereka melakukan kehendak Allah sampai kesudahannya. Dalam pasal 4 dan 5 pembaca mengetahui mengenai waktu tersebut, yaitu saat Penebus dan Raja kita meminta dari Allah Bapa supaya warisan-Nya disiapkan untuk diwariskan melalui pembersihan yang dahsyat, sehingga Dia dapat mendirikan kerajaan-Nya, dan mereka yang setia turut serta memerintah bersama Dia.

Hagelberg: Why 5:14 - -- 5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin." Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah. Dalam pasal 4:8-10 segala pujian yang digambarkan dalam ...

5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin." Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.

Dalam pasal 4:8-10 segala pujian yang digambarkan dalam ruangan takhta Allah dimulai oleh keempat makhluk itu dan kedua puluh empat tua-tua, dan dalam nas ini pula pujian tersebut ditutup oleh mereka juga.

Para pembaca sudah mengerti bahwa mereka memiliki pahala yang indah yang dijanjikan jika mereka melakukan kehendak Allah sampai kesudahannya. Dalam pasal 4 dan 5 pembaca mengetahui mengenai waktu tersebut, yaitu saat Penebus dan Raja kita meminta dari Allah Bapa supaya warisan-Nya disiapkan untuk diwariskan melalui pembersihan yang dahsyat, sehingga Dia dapat mendirikan kerajaan-Nya, dan mereka yang setia turut serta memerintah bersama Dia.

Wycliffe: Why 4:1--6:17 - -- II. Kitab dengan Tujuh Meterai dan Peristiwa di Bumi yang Diumumkan Olehnya (4:1-6:17) Sekalipun terdapat beberapa unsur eskatologis dalam gambaran t...

II. Kitab dengan Tujuh Meterai dan Peristiwa di Bumi yang Diumumkan Olehnya (4:1-6:17)

Sekalipun terdapat beberapa unsur eskatologis dalam gambaran tentang Kristus yang disajikan oleh pasal yang pertama, dan terdapat sejumlah unsur nubuat dalam surat-surat kepada tujuh jemaat, namun semua itu tidak menjangkau hingga akhir zaman. Bagian nubuat sesungguhnya dari kitab ini berawal dengan bagian yang akan kita pelajari sesaat lagi. Sebagaimana dikemukakan di bagian Pendahuluan, bagian yang lebih luas dari bagian ini bersifat sebagai pengantar, sebab pemandangan yang tercatat pada pasal 4 dan 5 adalah surga. Sebenarnya, berbagai nubuat tentang peristiwa-peristiwa pada masa depan yang jauh belum dimulai hingga pasal 6. Yohanes kini melihat pintu yang terbuka di surga dan mendengar suara yang mengatakan, "Naiklah kemari dan Aku akan menunjukkan kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini" (tentang peristiwa lain menyangkut terbukanya surga, lihat Yeh. 1:1; Mrk. 1:10; Yoh. 1:51). Banyak penafsir menempatkan pengangkatan Gereja di antara pasal 3 dan 4 dari kitab ini, tetapi karena teksnya sendiri sama sekali tidak menyebutkan hal itu, orang layak mempertanyakan manfaat untuk membahasnya.

Wycliffe: Why 5:1-5 - sebuah gulungan kitab, yang ditulis sebelah dalam dan sebelah luarnya dan dimeterai dengan tujuh meterai // layak // singa dari suku Yehuda // tunas Daud // dapat membuka // telah menang, 5:1-5. Yohanes menambahkan beberapa rincian tertentu tentang Dia yang duduk di takhta, yang disebutkan memegang di tangan kanan-Nya sebuah gulungan ki...

5:1-5. Yohanes menambahkan beberapa rincian tertentu tentang Dia yang duduk di takhta, yang disebutkan memegang di tangan kanan-Nya sebuah gulungan kitab, yang ditulis sebelah dalam dan sebelah luarnya dan dimeterai dengan tujuh meterai. Apakah kitab ini berbentuk kodeks seperti buku-buku kita dewasa ini dengan ketujuh meterai yang diletakkan secara teratur di bagian atas, kanan dan bawah, ataukah sebuah gulungan dengan tujuh meterai yang berjejer lurus, tidak disebutkan. Kemudian terdengar suara yang lain, suara malaikat yang kuat, yang bertanya siapa yang layak membuka kitab ini (ay. 2). Jawabnya ialah tidak seorang pun di alam semesta ini yang layak. Lalu salah seorang penatua (ay. 5) menyebutkan bahwa singa dari suku Yehuda (Kej. 49:9), tunas Daud (Yes. 11:1, 10) itulah yang dapat membuka kitab itu karena dua alasan: pertama, Dia telah menang, yang tampaknya mengacu kepada kemenangan-Nya atas Iblis dan atas segala kuasa kejahatan ketika Ia di bumi; dan kedua, karena oleh karya penebusan-Nya Dia telah menebus kita untuk Allah dengan darah-Nya (5:9). Perhatikan universalnya orang-orang yang ditebus pada ayat 9.

Wycliffe: Why 5:6-7 - disembelih 6, 7. Bukan tanpa kepentingan yang besar jika karya penebusan Kristus disingkapkan sebagai sangat penting di dalam pemikiran para makhluk surgawi ini ...

6, 7. Bukan tanpa kepentingan yang besar jika karya penebusan Kristus disingkapkan sebagai sangat penting di dalam pemikiran para makhluk surgawi ini dan di dalam rencana Allah yang akan digenapi dalam kitab ini. Kata yang diterjemahkan dengan disembelih (ay. 6) hanya muncul di sini, di ayat 9, 12 dan 13:8. "Adalah 'darah' dan bukan sekadar 'kematian' yang menunjukkan pengorbanan; sebab seseorang bila mati tanpa disembelih dan bisa disembelih tanpa menjadi korban" (R. C. H. Lenski, The Interpretation of St. John's Revelation, in loco).

Wycliffe: Why 5:8-14 - nyanyian baru // mereka ... memerintah sebagai raja di bumi 8-14. Di sini kecapi disebutkan untuk pertama kali (muncul kembali di 14:2 dan 15:2). Pengertian tentang nyanyian baru sering dijumpai dalam Perjanjia...

8-14. Di sini kecapi disebutkan untuk pertama kali (muncul kembali di 14:2 dan 15:2). Pengertian tentang nyanyian baru sering dijumpai dalam Perjanjian Lama seperti di Mazmur 33:3; 40:3; 96:1; 98:1; 149:1. Wahyu 5:10 praktis merupakan pengakuan ulang dari kebenaran yang dinyatakan dalam 1:6. Di sini, menurut pendapat saya, untuk pertama kali kita berhadapan dengan konsep pemerintahan orang kudus dan sebuah kerajaan. Perhatikan pernyataan mereka ... memerintah sebagai raja di bumi.

Kita sekarang siap untuk pembukaan ketujuh meterai tersebut, tetapi sebelum mengawali pembahasan tentang pasal 6, perhatikanlah - pokok ini sering kali diabaikan - bahwa sekalipun meterai-meterai dibuka, maksudnya diambil dari kitab, kitab itu sendiri tidak pernah dibuka. Kenyataan ini tentu saja menimbulkan banyak penafsiran tentang isi dari kitab tersebut. Simcox, yang jelas Salah, beranggapan bahwa yang dimaksudkan di sini adalah kitab kehidupan. Irenius menandaskan bahwa kitab itu berisi "hal-hal mengenai Kristus." Swete tepat waktu mengatakan bahwa isinya adalah masa depan yang tidak diketahui, karena itu ia menamakannya "kitab tadir." Milligan mengatakan bahwa kitab ini berisi "seluruh nasihat Allah." Di dalam pasal ini hanya enam meterai saja yang dibuka: meterai yang ketujuh tidak dibuka hingga menjelang sangkakala penghakiman diumumkan (8:1). Dari keenam meterai tersebut, empat yang pertama merupakan sebuah kelompok; yang kelima dan keenam berdiri sendiri. Masing-masing meterai dari empat meterai pertama diawali dengan penunggang kuda, sehingga muncul ungkapan terkenal yang sering kali dipakai dalam sastra bahasa Inggris, "empat penunggang kuda dari Kitab Wahyu." (The four horsemen of the Apocalypse.)

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Why 5:1-5 - Gulungan Kitab dengan Ketujuh Meterainya Sekarang keputusan-keputusan hikmat Allah dan ketetapan-ketetapan-Nya dihadapkan kepada Rasul Yohanes, seperti dalam sebuah gulungan kitab, dan ...

Matthew Henry: Why 5:6-14 - Anak Domba Menerima Gulungan Kitab Itu Anak Domba Menerima Gulungan Kitab Itu (5:6-14) I. Rasul Yohanes melihat gulungan kitab ini diserahkan ke tangan Tuhan Yesus Kristus. Tempa...

SH: Why 5:1-14 - Liturgi surgawi (ayat 2) (Rabu, 10 Agustus 2005) Liturgi surgawi (ayat 2) Siapa layak membuka kitab bermeterai itu di hadapan Allah? Kitab apa yang dimeterai dengan tujuh meterai itu sehingga tak seo...

SH: Why 5:1-14 - Yesus layak disembah. (Kamis, 31 Oktober 2002) Yesus layak disembah. Banyak orang ragu untuk percaya kepada Yesus. Bahkan di antara orang yang menamakan diri Kristun pun, bermunculan sikap memperta...

Utley: Why 5:1-5 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 5:1-51 Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah da...

Utley: Why 5:6-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 5:6-106 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor A...

Utley: Why 5:11-14 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 5:11-1411 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah ...

Topik Teologia: Why 5:2 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Para Malaikat Ayu 33:19-25 Dan 4:13-17 Dan 8:15-16 Dan 9:21-23 Dan 10:5-6,10-11 ...

Topik Teologia: Why 5:5 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus

Topik Teologia: Why 5:6 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Domba Allah Yoh 1:29 Yoh 1:36 1Pe 1:19 Wah 5:6,8,12-13 Wah 6:1 Wah 6:16 ...

Topik Teologia: Why 5:8 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Domba Allah Yoh 1:29 Yoh 1:36 1Pe 1:19 Wah 5:6,8,12-13 Wah 6:1 Wah 6:16 ...

Topik Teologia: Why 5:9 - -- Dosa Sikap Allah Terhadap Dosa Secara Positif, Sikap Allah: Menebus Kel 15:2 Maz 19:15 Maz 27:1 Maz 31:6 Maz 34:23 Maz 62:2 Maz...

Topik Teologia: Why 5:10 - -- Dosa Sikap Allah Terhadap Dosa Secara Positif, Sikap Allah: Menebus Kel 15:2 Maz 19:15 Maz 27:1 Maz 31:6 Maz 34:23 Maz 62:2 Maz...

Topik Teologia: Why 5:11 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Para Malaikat Ayu 33:19-25 Dan 4:13-17 Dan 8:15-16 Dan 9:21-23 Dan 10:5-6,10-11 ...

Topik Teologia: Why 5:12 - -- Yesus Kristus Kebijakan 1Ko 1:24 1Ko 1:30 Kol 2:2-3 Wah 5:12 Dia Mati Yoh 19:30 Kis 17:3 1Ko 15:3 ...

Topik Teologia: Why 5:13 - -- Yesus Kristus Penggenapan Kis 2:32 Kis 5:31 Kis 7:55-56 Efe 1:20 Fili 2:9-11 Kol 3:1 Ibr 1:3 Ibr 8:1 Ibr 10:12 1Pe 3:22...

Topik Teologia: Why 5:14 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Menerima Permohonan Doa, Pujian dan Penyembahan ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Perjuangan dan Penyelesaian Tanggal Penulisan: 90-96 M Latar Belakang Kitab Wahyu adalah kitab Perjan...

Full Life: Wahyu (Garis Besar) Garis Besar Prolog (Wahy 1:1-8) I. Tuhan yang Diagungkan dan Jemaat-Jemaat-Nya (Wahy 1:9-3:22) A. Penglihatan dar...

Matthew Henry: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tidak semestinya mengurangi nama baik dan wewenang kitab ini bahwa ia sudah ditolak oleh orang-orang yang bobrok pikirannya. Jemaat Allah pada u...

Jerusalem: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Kata "Wahyu" dalam judul Kitab ini menterjemahkan kata Yunani yang berbunyi "Apokalipsis". Kata ini...

Ende: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHJU JOANES KATA PENGANTAR Tjorak chas karangan ini Dalam ajat pertama, mengenai isinja, karangan ini disebut "Wahju Jesus Kristus". Selandjutnja dit...

Hagelberg: Wahyu (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Walaupun kitab ini seringkali ditafsirkan dengan pendekatan yang bermacam-macam, sangat diharapkan agar pembahasan berikut ini...

Hagelberg: Wahyu (Garis Besar) GARIS BESAR wahyu I. Bagian Pertama: "...apa yang telah kaulihat..." (1:1-20) A. Pembukaan Kitab (1:1-8) ...

Hagelberg: Wahyu DAFTAR PUSTAKA wahyu Daftar Kepustakaan Bauckham, Richard, The Climax of Prophecy: Studies on the Book of Revelation, T & T Clark, Edinburgh, 199...

Wycliffe: Wahyu (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN WAHYU Catatan: Pada awal dari tafsiran singkat atas kitab terakhir yang tak kunjung habis dari kanon Perjanjian Baru ini, sesuatu hal ten...

Wycliffe: Wahyu (Garis Besar) GARIS BESAR WAHYU I. Surat kepada tujuh jemaat di Asia (1:9-3:22). II. Kitab bermeterai tujuh dan peristiwa di bumi yang diumumkan olehnya (...

BIS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Wahyu Kepada Yohanes ini ditulis pada masa orang-orang Kristen ditekan dan dianiaya karena percaya kepada Yesus Krist

WAHYU KEPADA YOHANES

PENGANTAR

Wahyu Kepada Yohanes ini ditulis pada masa orang-orang Kristen ditekan dan dianiaya karena percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan. Maksud utama penulisnya ialah untuk memberi harapan serta semangat kepada para pembacanya, dan juga untuk mendorong mereka supaya tetap percaya pada waktu dianiaya dan ditekan.

Isi buku ini sebagian besar terdiri dari beberapa rangkaian wahyu dan penglihatan yang dikemukakan dengan memakai bahasa perlambang yang dapat difahami artinya oleh orang-orang Kristen zaman itu, tetapi sulit dimengerti oleh orang-orang lain. Pokok pikiran yang dikemukakan dalam buku ini diulang-ulangi dalam bermacam-macam cara melalui berbagai-bagai rangkaian penglihatan. Meskipun terdapat banyak perbedaan pendapat mengenai tafsiran yang terperinci tentang isi buku ini, namun inti sari pokok pikirannya jelas, yaitu bahwa melalui Kristus, Allah akhirnya akan mengalahkan semua musuh-Nya, termasuk Iblis. Dan apabila kemenangan itu sudah tercapai, Allah akan memberikan surga yang baru dan bumi yang baru sebagai hadiah kepada umat-Nya yang setia.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Wahyu 1:1-8
  2.  Penglihatan permulaan dan surat-surat kepada ketujuh jemaat
    Wahyu 1:9-3:22
  3.  Gulungan buku dan tujuh segel
    Wahyu 4:1-8:1
  4.  Tujuh trompet
    Wahyu 8:2-11:19
  5.  Naga dan dua ekor binatang
    Wahyu 12:1-13:18
  6.  Berbagai-bagai penglihatan
    Wahyu 14:1-15:8
  7.  Tujuh wadah amarah Allah
    Wahyu 16:1-21
  8.  Hancurnya Babel, kalahnya binatang, nabi palsu dan Iblis
    Wahyu 17:1-20:10
  9.  Hukuman terakhir
    Wahyu 20:11-15
  10.  Langit baru, bumi baru, Yerusalem baru
    Wahyu 21:1-22:5
  11.  Penutup
    Wahyu 22:6-21

Ajaran: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Wahyu, sehingga mereka melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Pend

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Wahyu, sehingga mereka melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Yohanes.

Tahun : Sekitar tahun 95-96 sesudah Masehi.

Penerima : Ketujuh jemaat di Asia Kecil (tetapi juga semua jemaat Yesus Kristus di seluruh dunia).

Isi Kitab: Kitab Wahyu ini terdiri dari 22 pasal. Di dalam Kitab ini, kita dapat melihat dengan jelas apa yang diwahyukan Allah kepadanya tentang apa yang terjadi sekarang, dan apa yang akan terjadi kemudian atas seluruh umat manusia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Wahyu

  1. Pasal 1 (Wahy 1:9-12).

    Pengajaran tentang apa yang telah dilihat oleh Rasul Yohanes Bagian ini menceritakan tentang rahasia ketujuh bintang dan ketujuh kaki dian emas. (Wahy 1:17-20).

  2. Pasal 2-3 (Wahy 2:1-3:22).

    Pengajaran tentang apa yang terjadi sekarang

    Bagian ini berisi pesan kepada ketujuh jemaat. Ketujuh jemaat ini menggambarkan keadaan jemaat Kristen di seluruh dunia.

  3. Pasal 4-22 (Wahy 4:1-22:21).

    Pengajaran tentang apa yang terjadi di masa depan

    Bagian ini berisikan tentang masa depan yang terjadi di dunia, yaitu siksaan besar bagi isi dunia. Setelah malapetaka itu terjadi, Yesus Kristus datang untuk mendirikan Kerajaan Seribu Tahun, dan sesudahnya Iblis dan pengikutnya dihancurkan akhirnya, dunia dan langit ini akan dijadikan baru. Puncak dari isi Kitab Wahyu ini adalah berita dan janji tentang kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali.

    Pendalaman

    1. Kalau kenyataan akhir dunia ini sudah jelas, yaitu kedatangan kedua kali dari Yesus Kristus ke dunia ini, dengan membawa kemenangan, maka apakah yang akan saudara lakukan dalam penderitaan hidup sebagai orang Kristen? Setia? Ataukah mundur?
    2. Kalau orang-orang kudus akan diberkati saudara yang ada di dalam kekudusan dan kemenangan Kristuslah yang diberkati. Saudara sekarang berada di pihak yang mana?

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Wahyu?
  2. Apakah hasil dari mempelajari Kitab Wahyu?
  3. Bagaimanakah keadaan ketujuh jemaat itu?
  4. Apakah janji Tuhan Yesus akan kedatangan-Nya?
  5. Apakah yang akan dialami oleh orang percaya setelah dunia in diperbaharui?

Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Apa yang akan terjadi pada masa depan PENULIS.Penulisnya disebut sebagai 'Yohanes' sebanyak empat kali (1:1, 4, 9; 22:8), tetapi ia tidak mengakui di

Apa yang akan terjadi pada masa depan

PENULIS.
Penulisnya disebut sebagai 'Yohanes' sebanyak empat kali (1:1, 4, 9; 22:8), tetapi ia tidak mengakui dirinya sebagai rasul Yohanes, dan beberapa orang mengemukakan bahwa penulisnya adalah Yohanes yang lain, sebab:

1. Bahasa Yunani yang dipakai dalam Wahyu sangat tidak biasa, tidak seperti bahasa Yunani yang dipakai dalam Injil Yohanes.
2. Dalam Injil, Yohanes tidak pernah menuliskan namanya.
3. Ciri-ciri tema dari Injil Yohanes, yaitu kasih dan kebenaran, hampir tidak muncul dalam Wahyu. Tetapi, keberatan-keberatan ini mudah dijawab. Bahasa Yunani yang dipakai sengaja tidak seperti biasanya -- bukan bahasa Yunani yang jelek -- karena menuliskan nubuatan. Kedua, Injil pada dasarnya adalah biografi dari Yesus, dan Yohanes tidak ingin memasukkan dirinya ke dalam tulisan itu. Tetapi, Wahyu merupakan penyataan yang diberikan kepada seseorang, tentu nama orang itu memberikan keabsahan pada wahyu itu. Ketiga, kita tidak mungkin mengharapkan kasih menjadi tema kunci dari suatu kitab yang berbicara mengenai penghakiman!

PENERIMANYA.
Kitab ini berisi tujuh surat kepada tujuh jemaat (lebih tegasnya kepada 'para malaikat' mereka) di Asia. Terdapat banyak jemaat di Asia, tetapi hanya tujuh yang dipilih, pertama karena angka tujuh menyatakan kesempurnaan atau keutuhan; tujuh melukiskan seluruh jemaat dalam sepanjang sejarah, dan kedua, sebab ke tujuh jemaat tersebut melambangkan seluruh ragam jemaat jemaat sepanjang zaman, mulai dari jemaat di Smirna, yang tidak ada hal buruk disebutkan, sampai jemaat di Laodikia, yang tidak ada satu hal baik pun disebutkan.

WAKTU PENULISAN.
Kitab ini ditulis pada saat yang bersamaan dengan memuncaknya penganiayaan atas jemaat-jemaat. Kristen sudah mengalami aniaya, tetapi sekarang mereka harus mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian. Penganiayaan pertama yang terbesar terjadi di bawah pemerintahan Kaisar Nero dan seolah-olah tercermin dalam kitab itu -- mungkin dengan angka '666' yang misterius itu (13:18). Ada penganiayaan kedua yang lebih kejam, yaitu di bawah Kaisar Domitian yang berlangsung dari tahun 91-95 M. dan banyak orang berpendapat bahwa Yohanes menulis kitab ini pada masa tersebut.

CIRI-CIRI KHUSUS.
Kitab ini mewakili tulisan Yahudi yang khusus. Kitab ini berisi wahyu; suatu penyingkapan, suatu penyataan, tetapi ditulis dalam bentuk yang gamblang dan puitis. Sukar untuk memahami tulisan ini, tetapi kitab ini sangat penting untuk dipelajari oleh Kristen jika ia ingin mempelajari sejarah dengan benar.

Pesan

1. Menafsirkan kitab Wahyu.
Kitab ini berisi banyak simbol di antaranya yang paling menonjol adalah angka
tujuh:
o Tujuh gereja. Wah 1:4
o Tujuh roh. Wah 1:4
o Tujuh kaki dian. Wah 1:12
o Tujuh bintang. Wah 1:16
o Tujuh meterai. Wah 5:1
o Tujuh tanduk. Wah 5:6
o Tujuh malaikat. Wah 8:2
o Tujuh sangkakala. Wah 8:2
o Tujuh guruh. Wah 10:3
o Tujuh kepala. Wah 12:3
o Tujuh malapetaka. Wah 15:1
o Tujuh cawan emas. Wah 15:7
o Tujuh raja. Wah 17:10

Selain itu, masih mungkin kita temukan hal-hal yang berhubungan dengan angka
tujuh dalam kitab ini, yang tidak dijelaskan secara khusus. Angka tujuh berarti
keutuhan, kesempurnaan. Angka itu merupakan angka Allah, seperti juga halnya
dengan angka enam adalah angka manusia.
Kitab ini harus dimengerti sebagai kitab yang membangkitkan semangat pada
saatsaat penganiayaan. Bahkan kitab ini menandaskan bahwa keberadaan Nero dalam
sejarah adalah bagian dari rencana Allah.
Dan, kitab ini menekankan tentang penghakiman: pada puncaknya Allah akan
menuntut perliitungan. Pembohong, penipu, orang-orang yang amoral seakan-akan
terlepas dari penghukuman. Dan, kita sering kali menjadi tidak sabar' Berapa
lamakah?'(Wah 6:10). Hari penghakiman mereka sudahditetapkan.

2. Empat pola penafsiran.
o Wahyu sebagai sejarah menafsirkan Wahyu seolah-olah ditujukan kepada Kristen
penerimanya di abad pertama. Petunjuk-petunjuk sejarah hanya untuk orang dan
peristiwa-peristiwa saat itu. Semua rahasia tentang Wahyu dimengerti oleh para
pembaca pertamanya tetapi kita tidak perlu berharap untuk melihat kesesuaian
wahyu tersebut secara rind dengan zaman kita sekarang.
o Wahyu sebagai nubuatan menafsirkan Wahyu sebagai kitab yang membeberkan garis
besar jangka panjang jalannya sejarah, dimulai dari abad pertama dan melaju
dengan pasti sampai pada masa kini terus sampai pada akhir zaman.
o Wahyu sebagai pemaparan masa depan. Sama sekali tidak memandangnya sebagai
kitab yang menyinggung sejarah tetapi semata membicarakan akhir zaman.
o Wahyu berlsikan lambang-lambang. Wahyu dipandang sebagai sesuatu yang penuh
dengan lambang-lambang yang masing-masing harus ditafsirkan tersendiri dan
tidak mempunyai hubungan dengan sejarah dunia. Mungkin tak satu pun dari
pandangan- pandangan di atas yang memuaskan. Pandangan sejarah membuat Wahyu
hanya sedikit berguna bagi kita, dan pandangan masa depan membuat kitab ini
hanya cocok untuk Kristen yang hidup pada akhir zaman.

Tetapi nubuat-nubuat sering mempunyai dua pokok acuan, yaitu: kejadian yang
segera akan terjadi dan yang masih jauh. Nubuatan Yesaya yang terkenal tentang
seorang anak (Yes 7:14) menunjuk kepada seorang wanita muda pada zaman Yesaya
dan kepada Maria, ibu Tuhan Yesus. Nubuatan-nubuatan ini juga menunjuk ke
pemerintahan Domitian maupun ke kejadian-kejadian di akhir zaman.

3. Angka misterius 666 (Wah 13:10).
Teka-teki ini tergantung pada fakta bahwa baik bahasa Ibrani maupun Yunani,
huruf-huruf abjad juga dipakai untuk bilangan. Oleh karena itu, tiap-tiap kata
mempunyai nilai bilangan dan setiap angka bisa merupakan suatu kode untuk kata
tertentu. Kaisar Nero, jika ditulis dalam bahasa Ibrani, berjumlah 666. Titus
merupakan pemecahan lain, dan kali ini dalam bahasa Yunani, dan kata ini
menunjuk kepada kaisar ketiga yang bernama Titus Domitian.

Penerapan

Berita dalam Wahyu sederhana: semua sejarah adalah 'Sejarah-Nya', sudah ditulis dan akan berakhir dengan penghakiman untuk seluruh dunia. Dan dalam terang pengetahuan ini Kristen harus mendapatkan penghiburan, terutama di saat-saat penganiayaan.

Tema-tema Kunci

1. Babel.
Kejatuhan Babel di gambarkan secara rinci dalam pasal 18, 19. Pakailah konkordansi untuk mempelajari ajaran Alkitab tentang Babel. Mulailah dari Kejadian 11, perhatikan bahwa Babel adalah Babilonia. Terutama perhatikan nubuatan Yesaya mengenai Babilonia. Dalam Wah 18:1-24 tunjukkanlah tujuh ratapan untuk Babel, mulai dengan ratapan malaikat dalam ayat 1-3.

2. Malapetaka.
Bandingkan ketujuh malapetaka dalam pasal 16 dengan sepuluh malapetaka dalam Keluaran 7-11. Perhatikan bagaimana bagian Wahyu ini sengaja dihubungkan dengan kejadian dalam Keluaran (lihat Wah 15:2-4). Mengapa penglihatan mengenai penghakiman dihubungkan dengan Keluaran yang biasanya dianggap sebagai peristiwa penyelamatan?

3. Dua orang saksi.
Ada pasal yang membuat kita penasaran (Wah 11:1-13), yang menggambarkan dua orang saksi yang juga disebut sebagai dua orang nabi, walaupun nama mereka tidak pernah disebut. Beberapa penafsir menafsirkan bahwa dua saksi ini adalah dua jemaat; yang lain lebih cenderung untuk menafsirkan mereka sebagai nabi Perjanjian Lama yang kembali ke bumi. Musa dan Elia dianggap sebagai kedua saksi itu. Mengapa mereka berdua? Apa penjelasan lebih lanjut tentang hal ini yang dikemukakan dalam Zakharia 4?

4. Pohon kehidupan.
Alkitab dimulai dengan sebuah taman (Kej 2:8) dan berakhir dengan sebuah taman (Why 22). Bandingkan dan tunjukkan perbedaannya antara dua pasal pertama dengan dua pasal terakhir Alkitab.

5. Tuhan Yesus Kristus.
Pelajarilah seluruh kitab dan buatlah sebuah daftar dari nama-nama dan julukan bagi Yesus. Alfa dan Omega (huruf pertama dan ter akhir dalam abjad Yunani), keturunan Daud dan lain-lain. Khususnya perhatikan gelar utama: Anak Domba (28 kali). Apa arti penting dari gelar ini (lihat juga Yoh 1:29-37); Ibr 9:1-28; 1 Kor. 5:7; 1 Ptr. 1:18, 19)? Tetapi perhatikan cara indah kitab ini menggambarkan kemuliaan Yesus, ditutup dengan sebuah petunjuk sederhana kepada Tuhan (kemuliaan-Nya) Yesus (kerendahanhati-Nya). Amin.

Datanglah Tuhan Yesus!

Garis Besar Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Wah 1:1-20 Wah 1:1-3Pengantar Wah 1:4-8Salam Wah 1:9-20Penglihatan yang pertama [2] TUJUH SURAT KEPADA TUJUH JEMAAT Wah 2:

[1] PENDAHULUAN Wah 1:1-20

Wah 1:1-3Pengantar
Wah 1:4-8Salam
Wah 1:9-20Penglihatan yang pertama

[2] TUJUH SURAT KEPADA TUJUH JEMAAT Wah 2:1-3:22

[3] PENGLIHATAN TENTANG SURGA Wah 4:1-11

[4] TUJUH METERAI Wah 5:1-8 :5

Wah 5:1-14Pendahuluan: kitab dan singa
Wah 6:1-17Enam meterai dibuka
Wah 7:1-17Pemeteraian simbolis orang-orang kudus
Wah 8:1-5Meterai ketujuh dibuka

[5] TUJUH SANGKAKALA Wah 8:6-11:19

Wah 8:6-9:21Enam sangkakala berbunyi
Wah 10:1-11:14Tujuh guruh dan dua saksi
Wah 11:15-19Sangkakala ketujuh

[6] TUJUH TANDA Wah 12:1-14:20

Wah 12:1-6Perempuan yang berselubungkan matahari
Wah 12:7-12Setan diusir
Wah 12:13-17Peperangan antara Setan dan Sang Putra
Wah 13:1-10Binatang yang keluar dari laut
Wah 13:11-18Binatang yang keluar dari bumi
Wah 14:1-5Penglihatan tentang Anak Domba
Wah 14:6-20Penglihatan tentang panen

[7] TUJUH CAWAN Wah 15:1-16:21

Wah 15:1-8Tujuh malaikat
Wah 16:1-21Tujuh cawan dan tujuh malapetaka

[8] PEMERINTAHAN DAN KEHANCURAN ANTI KRISTUS Wah 17:1-20:15

Wah 17:1-18Penghakiman atas pelacur
Wah 18:1-19:5Jatuhnya Babel
Wah 19:6-10Pernikahan Anak Domba
Wah 19:11-20:15Kemenangan Allah

[9] KOTA ALLAH Wah 21:1-22:5

Wah 21:1-4Pernyataan tentang kota itu
Wah 21:5-8Kemurnian kota itu
Wah 21:9-27Kesempurnaan kota itu
Wah 22:1-5Air kehidupan

[10] PENUTUP Wah 22:6-21

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #04: Coba gunakan range (OT dan NT) pada Pencarian Khusus agar pencarian Anda lebih terfokus. [SEMUA]
dibuat dalam 0.63 detik
dipersembahkan oleh YLSA