kecilkan semua  

Teks -- Ezra 2:1-70 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Daftar orang-orang yang kembali dari pembuangan
2:1 Inilah orang-orang propinsi Yehuda yang berangkat pulang dari pembuangan, yakni para tawanan, yang dahulu diangkut ke Babel oleh Nebukadnezar, raja Babel, dan yang kembali ke Yerusalem dan ke Yehuda, masing-masing ke kotanya. 2:2 Mereka datang bersama-sama Zerubabel, Yesua, Nehemia, Seraya, Reelaya, Mordekhai, Bilsan, Mispar, Bigwai, Rehum dan Baana. Inilah daftar orang-orang bangsa Israel: 2:3 bani Paros: dua ribu seratus tujuh puluh dua orang; 2:4 bani Sefaca: tiga ratus tujuh puluh dua orang; 2:5 bani Arah: tujuh ratus tujuh puluh lima orang; 2:6 bani Pahat-Moab, yakni anak-anak Yesua dan Yoab: dua ribu delapan ratus dua belas orang; 2:7 bani Elam: seribu dua ratus lima puluh empat orang; 2:8 bani Zatu: sembilan ratus empat puluh lima orang; 2:9 bani Zakai: tujuh ratus enam puluh orang; 2:10 bani Bani: enam ratus empat puluh dua orang; 2:11 bani Bebai: enam ratus dua puluh tiga orang; 2:12 bani Azgad: seribu dua ratus dua puluh dua orang; 2:13 bani Adonikam: enam ratus enam puluh enam orang; 2:14 bani Bigwai: dua ribu lima puluh enam orang; 2:15 bani Adin: empat ratus lima puluh empat orang; 2:16 bani Ater, yakni bani Hizkia: sembilan puluh delapan orang; 2:17 bani Bezai: tiga ratus dua puluh tiga orang; 2:18 bani Yora: seratus dua belas orang; 2:19 bani Hasum: dua ratus dua puluh tiga orang; 2:20 bani Gibar: sembilan puluh lima orang; 2:21 dari Betlehem: seratus dua puluh tiga orang; 2:22 orang-orang Netofa: lima puluh enam orang; 2:23 orang-orang Anatot: seratus dua puluh delapan orang; 2:24 dari Asmawet: empat puluh dua orang; 2:25 dari Kiryat-Arim, Kefira dan Beerot: tujuh ratus empat puluh tiga orang; 2:26 dari Rama dan Gaba: enam ratus dua puluh satu orang; 2:27 orang-orang Mikhmas: seratus dua puluh dua orang; 2:28 orang-orang Betel dan Ai: dua ratus dua puluh tiga orang; 2:29 dari Nebo: lima puluh dua orang; 2:30 bani Magbis: seratus lima puluh enam orang; 2:31 bani Elam, yakni Elam yang lain: seribu dua ratus lima puluh empat orang; 2:32 bani Harim: tiga ratus dua puluh orang; 2:33 orang-orang dari Lod, Hadid dan Ono: tujuh ratus dua puluh lima orang; 2:34 dari Yerikho: tiga ratus empat puluh lima orang; 2:35 bani Senaa: tiga ribu enam ratus tiga puluh orang. 2:36 Inilah para imam: bani Yedaya, yakni kaum keluarga Yesua: sembilan ratus tujuh puluh tiga orang; 2:37 bani Imer: seribu lima puluh dua orang; 2:38 bani Pasyhur: seribu dua ratus empat puluh tujuh orang; 2:39 bani Harim: seribu tujuh belas orang. 2:40 Inilah orang-orang Lewi: bani Yesua dan Kadmiel, yakni bani Hodawya: tujuh puluh empat orang. 2:41 Inilah para penyanyi: bani Asaf: seratus dua puluh delapan orang. 2:42 Inilah kaum penunggu pintu gerbang: bani Salum, bani Ater, bani Talmon, bani Akub, bani Hatita, bani Sobai, semuanya seratus tiga puluh sembilan orang. 2:43 Inilah para budak di bait Allah: bani Ziha, bani Hasufa, bani Tabaot; 2:44 bani Keros, bani Siaha, bani Padon; 2:45 bani Lebana, bani Hagaba, bani Akub; 2:46 bani Hagab, bani Samlai, bani Hanan; 2:47 bani Gidel, bani Gahar, bani Reaya; 2:48 bani Rezin, bani Nekoda, bani Gazam; 2:49 bani Uza, bani Paseah, bani Besai; 2:50 bani Asna, bani Meunim, bani Nefusim; 2:51 bani Bakbuk, bani Hakufa, bani Harhur; 2:52 bani Bazlut, bani Mehida, bani Harsa; 2:53 bani Barkos, bani Sisera, bani Temah; 2:54 bani Neziah, bani Hatifa. 2:55 Inilah keturunan para hamba Salomo: bani Sotai, bani Soferet, bani Peruda; 2:56 bani Yaala, bani Darkon, bani Gidel; 2:57 bani Sefaca, bani Hatil, bani Pokheret-Hazebaim, bani Ami. 2:58 Seluruh budak di bait Allah dan keturunan para hamba Salomo ada tiga ratus sembilan puluh dua orang. 2:59 Inilah orang-orang yang berangkat pulang dari Tel-Melah, Tel-Harsa, Kerub, Adan dan Imer, tetapi mereka tidak dapat menyatakan apakah kaum keluarga dan asal usul mereka termasuk bangsa Israel: 2:60 bani Delaya, bani Tobia, bani Nekoda, enam ratus lima puluh dua orang; 2:61 dan dari antara kaum imam: bani Habaya, bani Hakos, bani Barzilai. Barzilai itu memperisteri seorang anak perempuan Barzilai, orang Gilead itu, dan sejak itu ia dinamai menurut nama keluarga itu. 2:62 Mereka itu menyelidiki apakah nama mereka tercatat dalam silsilah, tetapi karena itu tidak didapati, maka mereka dinyatakan tidak tahir untuk jabatan imam. 2:63 Dan tentang mereka diputuskan oleh kepala daerah, bahwa mereka tidak boleh makan dari persembahan maha kudus, sampai ada seorang imam bertindak dengan memegang Urim dan Tumim. 2:64 Seluruh jemaah itu bersama-sama ada empat puluh dua ribu tiga ratus enam puluh orang, 2:65 selain dari budak mereka laki-laki dan perempuan yang berjumlah tujuh ribu tiga ratus tiga puluh tujuh orang. Pada mereka ada dua ratus penyanyi laki-laki dan perempuan. 2:66 Mereka mempunyai tujuh ratus tiga puluh enam ekor kuda, dua ratus empat puluh lima ekor bagal, 2:67 empat ratus tiga puluh lima ekor unta, dan enam ribu tujuh ratus dua puluh ekor keledai. 2:68 Beberapa kepala kaum keluarga, tatkala datang ke rumah TUHAN yang di Yerusalem, mempersembahkan persembahan sukarela guna pembangunan rumah Allah pada tempatnya semula. 2:69 Mereka memberi sumbangan sekadar kemampuan mereka untuk perbendaharaan guna pekerjaan itu sebanyak enam puluh satu ribu dirham emas, lima ribu mina perak dan seratus helai kemeja imam. 2:70 Adapun para imam dan orang-orang Lewi, dan juga sebagian dari rakyat, serta para penyanyi, para penunggu pintu gerbang dan para budak di bait Allah menetap di kota-kota mereka, demikian juga semua orang Israel yang lain, masing-masing di kota-kotanya sendiri.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Adin head of an Israelite clan that returned from exile in Babylon,head of an Israelite clan who pledged to obey God's law
 · Adonikam father of a clan that returned from exile
 · Ai a town of Canaanites in Benjamin
 · Akub son of Eli-O-Enai (Hananiah Zerubbabel David Judah); Akkub I,a Levite who was chief gate keeper under Nehemiah; Akkub II,a chief Temple Servant under Nehemiah; Akkub III,a Levite scribe who helped Ezra explain the law; Akkub IV
 · Ami head of the descendants of Solomon's servants
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · Anatot a town of Benjamin 10 km NE of Jerusalem, given to the priests,son of Becher, a Benjamite,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law
 · Arah a town in northern Palestine belonging to the Sidonians
 · Asaf father of Joah, Hezekiah's recorder,son of Berechiah the Levite; music minister under David,father of Zichri; a Levite ancestor of some returnees,an official over the (Persian) king's forest in Judah
 · Asna a Levite; head of a group of temple servants in Ezra's time
 · Ater a man whose descendants returned from exile in Babylon,a Levite; head of a group of gatekeepers in Ezra's time,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law
 · Azgad forefather of a group that returned from exile,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law
 · Baana son of Rimmon and a Benjamite captain of Ishbosheth's army,a man of Netophah; father of Heled, one of David's mighty men.,a leader returned exiles who pledged to keep God's law
 · Babel members of the nation of Babylon
 · Bakbuk a Levite head of a group of temple servants in Ezra's time
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Bani a man of Gad; one of David's military elite,son of Shemer (Merari Aaron Levi),a man descended from Perez of Judah,a non-Levite ancestor of men who put away their heathen wives,a non-Levite ancestor of others who put away heathen wives,a Levite who helped Ezra explain the reading of the law,son of Henadad (Levi); a signer of the pledge to keep the law,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law,son of Hashabiah and father of head Levite Uzzi under Nehemiah
 · bani Gilead member(s) of the clan, or residents of the region of Gilead
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · bani Magbis a town of Judah reoccupied after the exile (OS)
 · bani Mehida a Levite; head of a group of temple servants in Ezra's time
 · bani Meunim a Levite; head of a group of temple servants in Ezra's time,a people who were enemies of Israel
 · bani Nebo a town in Moab (on the east side of the Jordan),a mountain in Reuben, 15 km east of the mouth of the Jordan River,a town in Judah (IBD).,the Babylonian deity Nabu, son of Bel (Marduk),the forefather of some men who put away their heathen wives
 · bani Nekoda a Levite; head of a group of temple servants in Ezra's time,head of a clan of returnees lacking proof of being Israelites
 · bani Neziah a Levite; head of a group of temple servants in Ezra's time
 · bani Paseah son of Eshton; a descendant of Caleb of Judah (DC),a Levite; head of a group of temple servants in Ezra's time,father of Joiada who repaired the Old Gate of Jerusalem
 · bani Peruda leader of a clan of "Solomon's servants" back from exile.
 · bani Reaya son of Shobal of Judah,son of Micah of Reuben,a Levite; head of a group of temple servants in Ezra's time
 · bani Rezin a king of Aram/Syria in the time of Jotham and Ahaz of Judah,a Levite; head of a group of temple servants in Ezra's time


Topik/Tema Kamus: Babel | Penulis Peristiwa | Cacah Jiwa | Aram | Orang Netinim | Imam | Asal Usul | Urim dan Tumim | Kenisah | Zerubabel | Paros | Peruda | Sotai | Tel-Harsa | Temah | Tel-Melah | Taboat | Soferet | Senaa | Samlai | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ezr 2:1 - BERANGKAT PULANG DARI PEMBUANGAN. Nas : Ezr 2:1 Kitab Ezra menguraikan dua dari tiga gelombang orang buangan Israel yang kembali ke Yehuda. 1) Rombongan pertama kembali pada ta...

Nas : Ezr 2:1

Kitab Ezra menguraikan dua dari tiga gelombang orang buangan Israel yang kembali ke Yehuda.

  1. 1) Rombongan pertama kembali pada tahun 538 SM di bawah pimpinan Zerubabel (ayat Ezr 2:2; 3:8; bd. Hag 1:1,14; Za 4:9). Sekitar 50.000 orang kembali (ayat Ezr 2:64-65) dan membangun kembali Bait Suci, yang selesai pada tahun 516 SM

    (lihat cat. --> Ezr 6:15).

    [atau ref. Ezr 6:15]

    Nabi Hagai dan Zakharia melayani di sana selama masa ini (Ezr 5:1-2).
  2. 2) Rombongan kedua kembali pada tahun 457 SM di bawah pimpinan Ezra (pasal Ezr 7:1-10:44). Sebagai pemimpin, Ezra memusatkan perhatian pada pengembangan kehidupan rohani umat itu dan mendorong mereka untuk menaati hukum Allah (Ezr 7:10; 10:1-6).
  3. 3) Rombongan ketiga kembali pada tahun 444 SM di bawah pimpinan Nehemia yang pergi ke Yerusalem untuk membangun kembali tembok Yerusalem (Neh 2:17). Nabi Maleakhi mungkin melayani di Yehuda selama tahun-tahun terakhir Ezra dan Nehemia.

Full Life: Ezr 2:64 - ADA 42.360 ORANG. Nas : Ezr 2:64 Seluruh jumlah yang diberikan dalam ayat Ezr 2:3-63 kurang sekitar 11.000 orang dari jumlah 42.360 orang yang disebutkan di sini: ju...

Nas : Ezr 2:64

Seluruh jumlah yang diberikan dalam ayat Ezr 2:3-63 kurang sekitar 11.000 orang dari jumlah 42.360 orang yang disebutkan di sini: jumlah tambahan 11.000 itu mungkin menunjuk orang buangan yang bukan dari suku Yehuda (bd. ayat Ezr 2:70; 6:17; 8:35), wanita, dan anak-anak serta sejumlah imam yang tidak tercatat (ayat Ezr 2:61-62). Beberapa perbedaan jumlah dalam daftar Nehemia (Ezr 7:6-73) mungkin disebabkan oleh kesalahan jurutulis ketika menyalin angka-angka.

Full Life: Ezr 2:70 - SEMUA ORANG ISRAEL YANG LAIN. Nas : Ezr 2:70 Frasa ini memberi kesan bahwa orang dari ke-12 suku diwakili dalam kaum sisa yang kembali (lih. Ezr 6:17; 8:35).

Nas : Ezr 2:70

Frasa ini memberi kesan bahwa orang dari ke-12 suku diwakili dalam kaum sisa yang kembali (lih. Ezr 6:17; 8:35).

BIS: Ezr 2:63 - Urim dan Tumim Urim dan Tumim: Dua benda yang dipakai nabi untuk mengetahui kehendak Allah; kita tak tahu dengan tepat bagaimana cara pemakaiannya.

Urim dan Tumim: Dua benda yang dipakai nabi untuk mengetahui kehendak Allah; kita tak tahu dengan tepat bagaimana cara pemakaiannya.

BIS: Ezr 2:70 - -- Sebuah terj. lama: Di Yerusalem ... dekatnya. Dalam Ibrani tak ada.

Sebuah terj. lama: Di Yerusalem ... dekatnya. Dalam Ibrani tak ada.

Jerusalem: Ezr 2:1-70 - -- Daftar ini juga terdapat dalam Neh 7 dan 3Ezr 5. Tetapi ada perbedaan-perbedaan dalam nama-nama dan angka-angka dan juga dalam ungkapan: bani.... :ora...

Daftar ini juga terdapat dalam Neh 7 dan 3Ezr 5. Tetapi ada perbedaan-perbedaan dalam nama-nama dan angka-angka dan juga dalam ungkapan: bani.... :orang-orang.... Sebenarnya daftar Ezra, Nehemia dan 3Ezra adalah tiga salinan dari daftar yang sama. Kadang-kadang daftar 3Ezra nampaknya lebih dekat pada yang asli dari pada Ezra dan Nehemia. Tetapi tidak baik daftar yang satu dipakai untuk memperbaiki daftar yang lain. daftar yang majemuk ini mengelompokkan orang-orang baik sesuai dengan keluarganya, maupun menurut tempat asalnya. Daftar ini sebetulnya berasal dari sebuah pendaftaran penduduk Yehuda yang dibuat di masa jauh sesudah kaum buangan yang pertama kembali. Si Muwarikh memanfaatkan daftar itu untuk melengkapi kisahnya mengenai kembalinya kaum buangan, Ezra 2, dan untuk melengkapi ceriteranya mengenai kota Yerusalem yang kembali didiami, Neh 7.

Jerusalem: Ezr 2:2 - bersama-sama... Jumlah nama yang disebut genap dua belas, jumlah suku Israel.

Jumlah nama yang disebut genap dua belas, jumlah suku Israel.

Jerusalem: Ezr 2:41 - para penyanyi Di sini para penyanyi tidak termasuk kalangan orang Lewi, sedangkan dalam Ezr 3:10 termasuk kalangan mereka. Di sini hanya disebut satu kelompok penya...

Di sini para penyanyi tidak termasuk kalangan orang Lewi, sedangkan dalam Ezr 3:10 termasuk kalangan mereka. Di sini hanya disebut satu kelompok penyanyi, padahal dalam 1Ta 6:33 dst terbilang tiga kelompok.

Jerusalem: Ezr 2:43 - para budak di bait Allah Harafiah: mereka yang diberikan. Adapun "yang diberikan" (Ibraninya: han-nethimim), yang asal usulnya diceritakan dalam Yos 9:27, bersama keturunan pa...

Harafiah: mereka yang diberikan. Adapun "yang diberikan" (Ibraninya: han-nethimim), yang asal usulnya diceritakan dalam Yos 9:27, bersama keturunan para hamba Salomo, Ezr 2:55; Neh 11:3, ialah keturunan tawanan perang atau orang bukan Yahudi yang dibebani dengan kerja rodi, bdk Yeh 44:7-9. Mereka adalah petugas-petugas rendahan dalam bait Allah untuk melayani orang Lewi. Bdk Ezr 8:20.

Jerusalem: Ezr 2:62 - mereka dinyatakan tidak tahir... Dalam Neh 3:4,21 menjadi nyata bahwa tindakan itu tidak selalu diambil, sebab bani Hakos tetap di kalangan para imam, bdk Ezr 8:33; Uria bin Hakos.

Dalam Neh 3:4,21 menjadi nyata bahwa tindakan itu tidak selalu diambil, sebab bani Hakos tetap di kalangan para imam, bdk Ezr 8:33; Uria bin Hakos.

Jerusalem: Ezr 2:63 - kepala daerah Begitu diterjemahkan kata Ibrani: hath-thirsyata Ini sebuah kata dari bahasa Persia dan merupakan gelar kehormatan gubernur propinsi. Boleh diterjemah...

Begitu diterjemahkan kata Ibrani: hath-thirsyata Ini sebuah kata dari bahasa Persia dan merupakan gelar kehormatan gubernur propinsi. Boleh diterjemahkan dengan: Yang Mulia. Gelar itu terdapat pula dalam Neh 7:65,70,8:10; 10:1. Gubernur menyerahkan kepada para imam keputusan-keputusan dalam masalah-masalah agama. Petunjuk-petunjuk yang dahulu diberi nabi Yehezkiel, Yeh 45:7-17; 46:1-10,12,16-18 ternyata diperhatikan juga

Jerusalem: Ezr 2:63 - persembahan maha kudus Hanya para imam boleh memakannya, bdk Ima 22:10 dst; Ezr 10:14-15

Hanya para imam boleh memakannya, bdk Ima 22:10 dst; Ezr 10:14-15

Jerusalem: Ezr 2:63 - Urim dan Tumim Mengenai membuang undi suci untuk meminta petunjuk Tuhan bdk 1Sa 14:41+. Jelaslah imam besar belum juga diangkat bdk Zak 3; Hag 1:1.

Mengenai membuang undi suci untuk meminta petunjuk Tuhan bdk 1Sa 14:41+. Jelaslah imam besar belum juga diangkat bdk Zak 3; Hag 1:1.

Jerusalem: Ezr 2:70 - sebagian dari rakyat Terjemahan Yunani dan 3Ezr 5:45 menambah: menetap di Yerusalem.

Terjemahan Yunani dan 3Ezr 5:45 menambah: menetap di Yerusalem.

Ende: Ezr 2:1 - -- Daftar ini bukan daftar orang2 jang kembali bersama dengan Sjesjbasar, melainkan orang2 jang ber-angsur2 kembali dipimpin oleh orang2 jang namanja ter...

Daftar ini bukan daftar orang2 jang kembali bersama dengan Sjesjbasar, melainkan orang2 jang ber-angsur2 kembali dipimpin oleh orang2 jang namanja terdaftar dalam aj.2(Ezr 2:2), dan jang sudah menetap di Palestina djuga. Daftar ini berasal dari "surat peringatan Nehemia" (Neh 7:6-72) (perbedaan nama datang dari salah tulis) dan dibubuhkan disini oleh si penjusun, sebagai pendahuluan kisahnja mengenai hal-ihwal kaum jang pulang itu. Daftar ini pada achirnja (68-69) sedikit disadur oleh si penjusun. Nehemia sendiri mengambil daftar itu dari satu dokumen lain.

Ende: Ezr 2:2 - -- Genap duabelas orang, selaku bapa2 bangsa umat jang baru, sebagaimana jang lamapun berasal dari duabelas bapa-bangsa!

Genap duabelas orang, selaku bapa2 bangsa umat jang baru, sebagaimana jang lamapun berasal dari duabelas bapa-bangsa!

Ende: Ezr 2:63 - Jang Mulia ialah gubernur Jerusjalem, petugas radja Parsi. Ada jang berpendapat, bahwa gubernur itu ialah Sjesjbasar. "Urim dan Tumim", ialah undi sutji, jang di...

ialah gubernur Jerusjalem, petugas radja Parsi. Ada jang berpendapat, bahwa gubernur itu ialah Sjesjbasar. "Urim dan Tumim", ialah undi sutji, jang diurus oleh imam agung. Agaknja pada masa itu belum ada imam agung.

Ende: Ezr 2:64 - -- Sebenarnja angka ini tidak tjotjok dengan djumlah bilangan angka jang disebut diatas. Dapat diterangkan sebagai salah tulis dalam naskah Hibrani, hal ...

Sebenarnja angka ini tidak tjotjok dengan djumlah bilangan angka jang disebut diatas. Dapat diterangkan sebagai salah tulis dalam naskah Hibrani, hal mana boleh djuga dikenakan pada angka2 lain dalam daftar itu.

Endetn: Ezr 2:2 - (Nahamani) ditambahkan menurut Neh 7:7 dan Ezr 5:8.

ditambahkan menurut Neh 7:7 dan Ezr 5:8.

Endetn: Ezr 2:6 - (dan) ditambahkan menurut Neh 7:11. Tertulis: "Jesjua'-Joab.

ditambahkan menurut Neh 7:11. Tertulis: "Jesjua'-Joab.

Endetn: Ezr 2:40 - jakni diperbaiki menurut Neh 7:43. Tertulis: "dan".

diperbaiki menurut Neh 7:43. Tertulis: "dan".

Endetn: Ezr 2:42 - -- Ditinggalkan "Kaum (putera2, keturunan)", menurut Neh 7:45.

Ditinggalkan "Kaum (putera2, keturunan)", menurut Neh 7:45.

Endetn: Ezr 2:62 - (dalam) ditambahkan menurut terdjemahan Syriah.

ditambahkan menurut terdjemahan Syriah.

Endetn: Ezr 2:70 - -- Dua kata, jakni "para pendjaga pintu dan para biduan", dipindahkan. "di Jerusjalem", ditambahkan menurut III Esr 5:45.

Dua kata, jakni "para pendjaga pintu dan para biduan", dipindahkan. "di Jerusjalem", ditambahkan menurut III Esr 5:45.

Ref. Silang FULL: Ezr 2:1 - dari pembuangan // raja Babel // ke kotanya · dari pembuangan: 2Taw 36:20; 2Taw 36:20 · raja Babel: 2Raj 24:16; 2Raj 24:16; 2Raj 25:12 · ke kotanya: Ezr 2:70; 1Taw 9:2; Neh...

· dari pembuangan: 2Taw 36:20; [Lihat FULL. 2Taw 36:20]

· raja Babel: 2Raj 24:16; [Lihat FULL. 2Raj 24:16]; 2Raj 25:12

· ke kotanya: Ezr 2:70; 1Taw 9:2; Neh 7:73; 11:3

Ref. Silang FULL: Ezr 2:2 - bersama-sama Zerubabel // Yesua // Nehemia, Seraya · bersama-sama Zerubabel: 1Taw 3:19; 1Taw 3:19; Mat 1:12; Luk 3:27 · Yesua: Ezr 3:2; 5:2; 10:18; Neh 12:1,8; Hag 1:1,12; 2:5; Za 3:1-10;...

· bersama-sama Zerubabel: 1Taw 3:19; [Lihat FULL. 1Taw 3:19]; Mat 1:12; Luk 3:27

· Yesua: Ezr 3:2; 5:2; 10:18; Neh 12:1,8; Hag 1:1,12; 2:5; Za 3:1-10; 6:9-15

· Nehemia, Seraya: 1Taw 6:14; Neh 10:2; 11:11; 12:1

Ref. Silang FULL: Ezr 2:3 - bani Paros · bani Paros: Ezr 8:3; 10:25; Neh 3:25

· bani Paros: Ezr 8:3; 10:25; Neh 3:25

Ref. Silang FULL: Ezr 2:13 - bani Adonikam · bani Adonikam: Ezr 8:13

· bani Adonikam: Ezr 8:13

Ref. Silang FULL: Ezr 2:21 - dari Betlehem · dari Betlehem: Mi 5:1

· dari Betlehem: Mi 5:1

Ref. Silang FULL: Ezr 2:26 - dari Rama · dari Rama: Yos 18:25; Yos 18:25

· dari Rama: Yos 18:25; [Lihat FULL. Yos 18:25]

Ref. Silang FULL: Ezr 2:28 - dan Ai · dan Ai: Kej 12:8; Kej 12:8

· dan Ai: Kej 12:8; [Lihat FULL. Kej 12:8]

Ref. Silang FULL: Ezr 2:34 - dari Yerikho · dari Yerikho: 1Raj 16:34; 2Taw 28:15

· dari Yerikho: 1Raj 16:34; 2Taw 28:15

Ref. Silang FULL: Ezr 2:36 - bani Yedaya · bani Yedaya: 1Taw 24:7; 1Taw 24:7

· bani Yedaya: 1Taw 24:7; [Lihat FULL. 1Taw 24:7]

Ref. Silang FULL: Ezr 2:37 - bani Imer · bani Imer: 1Taw 24:14; 1Taw 24:14

· bani Imer: 1Taw 24:14; [Lihat FULL. 1Taw 24:14]

Ref. Silang FULL: Ezr 2:38 - bani Pasyhur · bani Pasyhur: 1Taw 9:12; 1Taw 9:12

· bani Pasyhur: 1Taw 9:12; [Lihat FULL. 1Taw 9:12]

Ref. Silang FULL: Ezr 2:39 - bani Harim · bani Harim: 1Taw 24:8; 1Taw 24:8

· bani Harim: 1Taw 24:8; [Lihat FULL. 1Taw 24:8]

Ref. Silang FULL: Ezr 2:40 - orang-orang Lewi // bani Yesua · orang-orang Lewi: Kej 29:34; Bil 3:9; Ul 18:6-7; 1Taw 16:4; Ezr 7:7; 18:15; Neh 12:24 · bani Yesua: Ezr 3:9

· orang-orang Lewi: Kej 29:34; Bil 3:9; Ul 18:6-7; 1Taw 16:4; Ezr 7:7; 18:15; Neh 12:24

· bani Yesua: Ezr 3:9

Ref. Silang FULL: Ezr 2:41 - para penyanyi · para penyanyi: 1Taw 15:16; 1Taw 15:16

· para penyanyi: 1Taw 15:16; [Lihat FULL. 1Taw 15:16]

Ref. Silang FULL: Ezr 2:42 - kaum penunggu · kaum penunggu: 1Sam 3:15; 1Taw 9:17; 1Taw 9:17

· kaum penunggu: 1Sam 3:15; 1Taw 9:17; [Lihat FULL. 1Taw 9:17]

Ref. Silang FULL: Ezr 2:43 - para budak · para budak: 1Taw 9:2; 1Taw 9:2; Neh 11:21

· para budak: 1Taw 9:2; [Lihat FULL. 1Taw 9:2]; Neh 11:21

Ref. Silang FULL: Ezr 2:58 - Seluruh budak · Seluruh budak: 1Taw 9:2; 1Taw 9:2

· Seluruh budak: 1Taw 9:2; [Lihat FULL. 1Taw 9:2]

Ref. Silang FULL: Ezr 2:59 - asal usul · asal usul: Bil 1:18; Bil 1:18

· asal usul: Bil 1:18; [Lihat FULL. Bil 1:18]

Ref. Silang FULL: Ezr 2:61 - orang Gilead · orang Gilead: 2Sam 17:27; 2Sam 17:27

· orang Gilead: 2Sam 17:27; [Lihat FULL. 2Sam 17:27]

Ref. Silang FULL: Ezr 2:62 - untuk jabatan · untuk jabatan: Bil 3:10; 16:39-40

· untuk jabatan: Bil 3:10; 16:39-40

Ref. Silang FULL: Ezr 2:63 - dari persembahan // dan Tumim · dari persembahan: Im 2:3,10 · dan Tumim: Kel 28:30; Kel 28:30

· dari persembahan: Im 2:3,10

· dan Tumim: Kel 28:30; [Lihat FULL. Kel 28:30]

Ref. Silang FULL: Ezr 2:65 - ratus penyanyi · ratus penyanyi: 2Sam 19:35; 2Sam 19:35

· ratus penyanyi: 2Sam 19:35; [Lihat FULL. 2Sam 19:35]

Ref. Silang FULL: Ezr 2:66 - ekor kuda · ekor kuda: Yes 66:20

· ekor kuda: Yes 66:20

Ref. Silang FULL: Ezr 2:68 - kaum keluarga · kaum keluarga: Kel 25:2; Kel 25:2

· kaum keluarga: Kel 25:2; [Lihat FULL. Kel 25:2]

Ref. Silang FULL: Ezr 2:70 - di kota-kotanya · di kota-kotanya: Ezr 2:1; Ezr 2:1; 1Taw 9:2; 1Taw 9:2; Neh 11:3-4

· di kota-kotanya: Ezr 2:1; [Lihat FULL. Ezr 2:1]; 1Taw 9:2; [Lihat FULL. 1Taw 9:2]; Neh 11:3-4

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Ezr 2:1-70 - -- C. Orang-orang yang Kembali (2:1-70). Daftar ini dibagi menjadi delapan kelompok: Zerubabel dan mereka yang bersama dengannya (ay. 1, 2); para keluar...

C. Orang-orang yang Kembali (2:1-70).

Daftar ini dibagi menjadi delapan kelompok: Zerubabel dan mereka yang bersama dengannya (ay. 1, 2); para keluarga Yahudi (ay. 3-19); kota-kota di Palestina (ay. 20-35); para imam (ay. 36-39); orang-orang Lewi (ay. 40-42); para budak di Bait Allah (ay. 43-54); para hamba Salomo (ay. 55-58) dan orang-orang yang keturunannya tidak jelas (ay. 59-63). Bagian ini diakhiri dengan daftar sejumlah angka total (ay. 64-67) dan pernyataan singkat tentang kedatangan mereka serta apa yang mereka persembahkan untuk rumah Allah (ay. 68-70).

Wycliffe: Ezr 2:2 - Mereka datang bersama-sama Zerubabel: Yesua, Nehemia . . // Yesua, 2. Mereka datang bersama-sama Zerubabel: Yesua, Nehemia . . . Menurut Nehemia 7:7 terdapat dua belas orang di dalam kelompok pemimpin ini. Yesua, atau...

2. Mereka datang bersama-sama Zerubabel: Yesua, Nehemia . . . Menurut Nehemia 7:7 terdapat dua belas orang di dalam kelompok pemimpin ini. Yesua, atau Yosua, adalah imam besar (3:2), cucu imam besar Seria yang dibunuh oleh Nebukadnezar di Ribla (II Raj. 25:18-21; bdg. I Taw. 6:14). Nehemia yang disebutkan di sini jelas bukan gubernur terkenal yang memerintah delapan puluh tahun kemudian.

Wycliffe: Ezr 2:3-19 - -- 3-19. Banyak di antara nama yang disebutkan di sini muncul kembali di Ezra 8 dan 10 serta di Nehemia 10. Jadi yang disebutkan di sini bukan nama orang...

3-19. Banyak di antara nama yang disebutkan di sini muncul kembali di Ezra 8 dan 10 serta di Nehemia 10. Jadi yang disebutkan di sini bukan nama orang-orang yang hidup pada saat itu, namun nama keluarga-keluarga yang sudah tua dan mapan. Beberapa anggota dari keluarga tua yang mapan ini kembali bersama Zerubabel pada tahun 530 sM dan sisanya baru datang kemudian bersama Ezra. 20-25. Sebagian besar kota ini disebutkan juga di bagian Perjanjian Lama lainnya.

Wycliffe: Ezr 2:36-39 - Yedaya // Yesua, // Imer // Pasyhur // Harim 36-39. Yedaya mungkin adalah nama seorang kepala keluarga di kalangan keluarga imam besar Yesua, yang merupakan keturunan Eleazar, putra ketiga Harun....

36-39. Yedaya mungkin adalah nama seorang kepala keluarga di kalangan keluarga imam besar Yesua, yang merupakan keturunan Eleazar, putra ketiga Harun. Imer adalah nama rombongan keenam belas dari para imam (I Taw. 24:14). Pasyhur mungkin merupakan nama lain dari keluarga Malkhiya, rombongan kelima dari para imam (I Taw. 24:9; bdg. I Taw. 9:12; Neh. 11:12). Harim merupakan nama rombongan ketiga dari para imam (I Taw. 24:8).

Wycliffe: Ezr 2:40-42 - -- 40-42. Disebutkan adanya tiga golongan orang Lewi: (1) orang-orang Lewi biasa yang membantu para imam di dalam melaksanakan tugasnya; (2) para penyany...

40-42. Disebutkan adanya tiga golongan orang Lewi: (1) orang-orang Lewi biasa yang membantu para imam di dalam melaksanakan tugasnya; (2) para penyanyi: dan (3) para penjaga pintu gerbang Bait Allah. Yang kembali bersama Zerubabel hanyalah tiga ratus empat puluh satu orang Lewi dibandingkan dengan empat ribu dua ratus delapan puluh sembilan orang imam. Ezra juga menghadapi keengganan yang sama dari pihak orang Lewi untuk pulang ke Israel pada zamannya (8:15). Keengganan ini sulit untuk dipahami.

Wycliffe: Ezr 2:43-54 - Para budak di Bait Allah 43-54. Para budak di Bait Allah barangkali adalah keturunan Gibeon yang telah dipaksa oleh Yosua untuk melakukan pekerjaan yang kasar (Yos. 9).

43-54. Para budak di Bait Allah barangkali adalah keturunan Gibeon yang telah dipaksa oleh Yosua untuk melakukan pekerjaan yang kasar (Yos. 9).

Wycliffe: Ezr 2:55-58 - Para hamba Salomo 55-58. Para hamba Salomo pastilah merupakan keturunan dari tawanan-tawanan perang Salomo. Mereka juga termasuk budak Bait Allah lainnya (ay. 58).

55-58. Para hamba Salomo pastilah merupakan keturunan dari tawanan-tawanan perang Salomo. Mereka juga termasuk budak Bait Allah lainnya (ay. 58).

Wycliffe: Ezr 2:59-62 - -- 59-62. Disebutkan adanya tiga keluarga rakyat biasa (ay. 59, 60) dan tiga keluarga imam (ay. 61, 62) yang tidak jelas asal-usulnya sehingga secara res...

59-62. Disebutkan adanya tiga keluarga rakyat biasa (ay. 59, 60) dan tiga keluarga imam (ay. 61, 62) yang tidak jelas asal-usulnya sehingga secara resmi mereka tidak diikutsertakan sekalipun diizinkan untuk ikut pulang bersama dengan orang-orang Yahudi lainnya di dalam perjalanan itu.

Wycliffe: Ezr 2:63 - Kepala daerah // Sampai ada seorang imam bertindak dengan memegang Urim dan Tumim 63. Kepala daerah. Sebutan ini mengacu kepada gubernur, yaitu Zerubabel. Di Nehemia 8:9 panggilan ini dikenakan kepada Yeremia. Sampai ada seorang ima...

63. Kepala daerah. Sebutan ini mengacu kepada gubernur, yaitu Zerubabel. Di Nehemia 8:9 panggilan ini dikenakan kepada Yeremia. Sampai ada seorang imam bertindak dengan memegang Urim dan Tumim. Dalam Keluaran 28:30 Urim dan Tumim disebutkan sebagai bagian dari jubah resmi seorang imam besar. Urim dan Tumim dipakai dengan cara tertentu untuk mengetahui kehendak Allah. Tetapi kelihatannya kehendak Allah tidak bisa lagi diketahui dengan cara ini sesudah kemuliaan Syekina meninggalkan Bait Allah pada tahun 592 sM (ps. 8-11). Harapan sungguh-sungguh Zerubabel (dan juga harapan semua orang Yahudi yang saleh) agar keadaan yang menyedihkan tersebut tidak berlanjut secara berkepanjangan, tentu tidak terpenuhi, dan persoalan enam keluarga ini tidak terpecahkan.

Wycliffe: Ezr 2:64-67 - Dua ratus penyanyi laki-laki dan perempuan 64-67. Jumlah empat puluh dua ribu tiga ratus enam puluh orang yang disebutkan di sini sama dengan jumlah yang disebutkan dalam Nehemia 7:66, tetapi a...

64-67. Jumlah empat puluh dua ribu tiga ratus enam puluh orang yang disebutkan di sini sama dengan jumlah yang disebutkan dalam Nehemia 7:66, tetapi angka sesungguhnya di pasal 2 hanya mencapai dua puluh sembilan ribu delapan ratus delapan belas orang dan jumlah yang disebutkan di Nehemia 7 jumlahnya hanya mencapai tiga puluh satu ribu delapan puluh delapan orang saja. Di dalam menyalin angka-angka yang terdapat di dalam Perjanjian Lama, kadang-kadang terjadi perubahan dan penghilangan karena penyalinan yang berulang-ulang; mungkin hal inilah yang menyebabkan adanya perbedaan tersebut. Dua ratus penyanyi laki-laki dan perempuan (ay. 65). Mereka ini adalah orang-orang non-Israel yang disewa untuk menyanyi pada saat perayaan atau meratap pada saat ada yang meninggal, sebagai tambahan untuk melengkapi penyanyi-penyanyi suku Lewi.

Wycliffe: Ezr 2:68-70 - Beberapa kepala kaum keluarga tatkala datang ke rumah Tuhan // Enam puluh satu ribu dirham emas // Semua orang Israel di kota-kotanya sendiri 68-70. Beberapa kepala kaum keluarga tatkala datang ke rumah Tuhan. Ungkapan yang menarik, yang menunjukkan bahwa keadaan ini tetap berlangsung di Yer...

68-70. Beberapa kepala kaum keluarga tatkala datang ke rumah Tuhan. Ungkapan yang menarik, yang menunjukkan bahwa keadaan ini tetap berlangsung di Yerusalem bahkan sesudah kota itu dihancurkan pada tahun 586 sM. Bandingkan Yeremia 41:5; Hagai 2:9. Enam puluh satu ribu dirham emas. Lihat tafsiran-tafsiran atas nas yang paralel, Nehemia 7:70-72. Semua orang Israel di kota-kotanya sendiri. Bandingkan Ezra 2:2b. Jelas bahwa masing-masing suku di antara kedua belas suku Israel memiliki wakilnya di dalam ekspedisi ini, sebab para pengungsi dari suku-suku utara telah membanjiri Yehuda selama beberapa abad sebelum terjadi pembuangan ke Babel.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Ezr 2:1-70 - Menata ulang keumatan (Minggu 14 September 2008) Menata ulang keumatan Ketika arus mudik saat lebaran tiba, kita menyaksikan suasana yang begitu gembira. Para pemudik terlihat bersukacita meski ...

SH: Ezr 2:1-70 - Orang Yahudi mau tetap tinggal di Babilonia karena mereka (Rabu, 1 Desember 1999) Orang Yahudi mau tetap tinggal di Babilonia karena mereka sudah berhasil dalam perdagangan dan usaha mereka. Dengan kata lain, "buat apa kemba...

Topik Teologia: Ezr 2:65 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Ibadah Perjanjian Lama Wanita-wanita Menyanyi Dalam Paduan Sua...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ezra (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra Tema : Pemulihan Kaum Sisa Tanggal Penulisan: 450-420 SM Latar Belakang Kitab Ezra adalah bagian dari sejarah y...

Full Life: Ezra (Garis Besar) Garis Besar I. Rombongan Pertama Orang Buangan yang Kembali ke Yerusalem (Ezr 1:1-6:22) A. Pengumuman dan Persediaan ...

Jerusalem: Ezra (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: Ezra (Pendahuluan Kitab) KITAB ESRA-NEHEMIA PENDAHULUAN Kitab Esra-Nehemia menurut aselinja hanjalan sat karya sadja. Sebagaimana halnja dengan pelbagai kitab lainnja, barulah...

Wycliffe: Ezra (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN EZRA Judul. Kitab Ezra, seperti halnya Kitab Rut, Ayub, Ester dan lain-lain, dinamakan menurut tokoh utamanya. Orang Yahudi menganggap ki...

Wycliffe: Ezra (Garis Besar) GARIS BESAR EZRA I. Para Tawanan Kembali dari Babel (1:1-2:70) A. Ketetapan Raja Koresy (1:1-4) B. Persiapan untuk Mengadak...

BIS: Ezra (Pendahuluan Kitab) EZRA PENGANTAR Buku Ezra adalah lanjutan dari buku Tawarikh, dan menggambarkan keadaan bangsa Yahudi sehabis masa pembuangan di Babel. Setelah sebag

EZRA

PENGANTAR

Buku Ezra adalah lanjutan dari buku Tawarikh, dan menggambarkan keadaan bangsa Yahudi sehabis masa pembuangan di Babel. Setelah sebagian dari orang- orang buangan itu pulang ke Yerusalem, kehidupan dan ibadat bangsa Yahudi dipulihkan.

Peristiwa-peristiwa itu disajikan dalam babak-babak berikut:

  1. 1. Kelompok pertama orang-orang buangan Yahudi pulang dari Babel ke Yerusalem, sesuai dengan perintah Kores, raja Persia.
  2. 2. Rumah TUHAN di Yerusalem dibangun kembali dan ditahbiskan, dan ibadat dipulihkan.
  3. 3. Bertahun-tahun kemudian kelompok Yahudi lain kembali ke Yerusalem di bawah pimpinan Imam Ezra, seorang ahli hukum Allah. Ezra membantu menyusun kembali kehidupan rakyat dalam bidang agama dan sosial, agar dapat melindungi warisan rohani Israel.

Isi

  1.  Pemulangan pertama dari tempat pembuangan
    Ezr 1:1-2:70
  2.  Rumah TUHAN dibangun kembali dan ditahbiskan
    Ezr 3:1-6:22
  3.  Ezra kembali bersama-sama dengan para buangan lain
    Ezr 7:1-10:44

Ajaran: Ezra (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya anggota jemaat yakin bahwa baginya juga tersedia kasih dan kemurahan Allah mengampuni dosa-dosa mereka, ketika melihat kasih dan kemur

Tujuan

Supaya anggota jemaat yakin bahwa baginya juga tersedia kasih dan kemurahan Allah mengampuni dosa-dosa mereka, ketika melihat kasih dan kemurahan Allah dalam Kitab Ezra kepada umat pilihan-Nya.

Pendahuluan

Penulis : Ezra.

Isi Kitab: Menurut urutan peristiwa yang tertulis dalam Kitab Ezra ini. Ezra ingin menjelaskan tentang, keadaan umat pilihan Allah dari pembuangan di Babel. Kitab ini terbagi atas 10 pasal.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ezra

  1. Pasal 1-6 (Ezr 1:1-6:22).

    Umat Allah kembali dari pembuangan di Babel dan membangun Dalam pasal-pasal ini, dijelaskan tentang raja Koresy, yang berkuasa pada waktu itu, mengijinkan umat Allah kembali ke Yerusalem untuk membangun Bait Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ezr 1:1-4. Mengapakah raja Koresy menyuruh umat Allah kembali k Yerusalem? Hal ini berarti Tuhan lebih berkuasa dar raja-raja di dunia.
    2. Bacalah pasal Ezr 3:1-2,12-13. Bagaimanakah perasaan hati umat Allah pada saat selesa membuat mezbah dan meletakkan dasar bangunan Bait Allah? Mengapa demikian?
    3. Akhirnya pembangunan rumah ibadah selesa (pasal Ezr 6:16-17).
  2. Pasal 7-10 (Ezr 7:1-10:44).

    Pembaharuan oleh Ezra atas bangsa Israel

    Ezra kembali ke Yerusalem dengan surat kuasa dari raja Artahsasta. Dan mulailah pembaharuan terjadi di Yerusalem.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ezr 9:1-5,15. Sebagai seorang hamba Tuhan, Ezra menunjukka keprihatinannya dan juga tanggung jawabnya atas uma Allah. Bagaimana sikap saudara, kalau menjadi pemimpin?
    2. Bacalah pasal Ezr 10:1-6. Ezra bukan saja menaruh perhatian, tetapi ia bertindak. Dan apakah akibat tindakan Ezra ini?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Pemulihan kembali umat Allah dari pembuangan membuktikan bahwa Allah tetap setia dalam memberikan pengampunan kepada umat-Nya yang jatuh ke dalam dosa.

  2. Dengan melihat pembangunan Rumah Tuhan oleh Ezra, jelaslah bahwa Allah berkenan kepada pembangunan rumah-rumah ibadah kepada-Nya.

  3. Pernikahan anak-anak Tuhan dengan orang-orang yang tidak mengenal-Nya, merupakan dosa atau perzinahan di hadapan Allah.

  4. Pemulihan kembali umat Allah dari pembuangan, merupakan penggenapan Allah terhadap Firman-Nya, melalui nubuatan nabi-nabi-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menjadi penulis Kitab ini?
  2. Mengapakah pembangunan rumah Tuhan mengalami penundaan?
  3. Apakah yang diberikan raja Artahsasta kepada Ezra?
  4. Dosa apakah yang dilakukan oleh bangsa pilihan Allah itu, sehingga Ezr mengajak melakukan pengudusan diri?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari mempelajari Kitab Ezra?

Intisari: Ezra (Pendahuluan Kitab) Bangsa yang bangkit dari debu LATAR BELAKANGYerusalem dihancurkan oleh tentara Babel pada tahun 587 S.M. dan bangsa Yehuda dibuang ke pengasingan. Pe

Bangsa yang bangkit dari debu

LATAR BELAKANG
Yerusalem dihancurkan oleh tentara Babel pada tahun 587 S.M. dan bangsa Yehuda dibuang ke pengasingan. Peristiwa itu terjadi hampir lima puluh tahun sebelum Kerajaaan Babel ditumbangkan oleh bangsa Persia. Penguasa mereka, Koresy, mengambil suatu kebijaksanaan baru dengan mengizinkan orang-orang buangan kembali ke tanah air mereka, memberikan segala bantuan yang diperlukan untuk membangun kembali rumah-rumah ibadah dan menyelenggarakan ibadah mereka kembali. Banyak orang Yahudi yang sudah betah tinggal di pengasingan dan mereka tidak ingin kembali ke tanah air mereka. Kitab Ezra dimulai dengan kembalinya orang-orang Yahudi kurang lebih tahun 538 S.M.. Pasal Ezr 1-6 menceritakan apa yang terjadi dua puluh dua tahun kemudian ketika di bawah pimpinan Zerubabel mereka menghadapi banyak kekecewaan, tetapi akhirnya mereka dapat menyelesaikan pembangunan kembali Rumah Tuhan. Ezra sendiri tidak diperkenalkan sampai pasal Ezr 7:1. Ia memimpin serombongan orang buangan kembali ke tanah air mereka pada tahun 458 S.M.. Pasal Ezr 7-10 menceritakan cara Ezra membangun kembali bangsa itu menjadi bangsa yang hidupnya berkenan kepada Allah. Perlu dicatat bahwa ada masa tenang selama hampir enam puluh tahun di antara pasal Ezr 6:22 dan Ezr 7:1.

KITAB ITU
Kitab Ezra merupakan bagian dari suatu kisah bersambung yang dimulai dari permulaan I Tawarikh sampai pada akhir Nehemia.
Perhatikan:
1. Ezra mungkin tidak menulis kitab itu sendiri, walaupun bagian kedua kisah itu diambil dari catatan hariannya.
2. Seringkali sukar untuk menentukan berbagai tahun kejadian. Kisah mengenai perlawanan di bawah Artahsasta (Ezr 4:7-24) menunjuk pada masa yang kemudian dibandingkan dengan apa yang terjadi pada bagian permulaan kitab ini.
3. Ezra bukanlah semata-mata catatan sejarah. Si Penulis menggunakan sejarah untuk mengajar kita bagaimana Allah menangani umat-Nya. Pengajaran-pengajaran itu masih berlaku sampai saat ini.

EZRA
Ezra adalah seorang terpelajar yang menjadi Menteri Negara urusan orang Yahudi dalam pemerintahan Artahsasta. Kehidupannya yang boleh jadi sangat mengesankan di hadapan raja ditandai dengan tiga sifat, yaitu: ia berdedikasi tinggi mempelajari kitab suci (Ezr 7:10); ia memperagakan keberanian untuk percaya kepada Allah (Ezr 8:21-23) dan ia dengan rendah hati menunjukkan solidaritas terhadap bangsanya (Ezr 9:6-15).

Pesan

1. Apa yang diajarkan Ezra mengenai Allah
Ezra berbicara mengenai Allah sebagai Tuhan penguasa langit dan bumi (Ezr 1:2; 5:11), namun demikian ia Allah yang dapat dikenal dan dipercayai oleh umat-Nya.
Allah yang:
o memenuhi janji-janji-Nya. Ezr 1:1
o menggenapi rencana-Nya. Ezr 1:1, 5
o menjaga kekudusan secara mutlak. Ezr 4:3, 9:15
o mengubah yang jelek menjadi baik. Ezr 5:3-6:12
o mengatur segala segi kehidupan manusia. Ezr 7:27, 28
o melindungi umat-Nya. Ezr 8:21-23
o menjawab doa-doa mereka. Ezr 8:23,31
o di atas segalanya, baik. Ezr 3:11

2. Apa yang diajarkan Ezra mengenai penyembahan
Pemulihan kembali tata ibadah penyembahan merupakan prioritas utama bagi mereka yang kembali dari pembuangan. Ezr 3:1-6
Pelaku ibadat:
o bersatu. Ezr 3:1
o penuh sukacita. Ezr 3:11-13; 6:16
o tidak mengenal kompromi. Ezr 4:1-3, 6:21
o bertobat. Ezr 6:17
o taat. Ezr 3:2; 6:18

3. Apa yang diajarkan Ezra mengenai dosa
o dosa harus ditangani dengan sungguh-sungguh. Ezr 9:3,4; 10:6
o dosa dapat berbentuk suatu kompromi yang tidak kelihatan. Ezr 4:1-3; 9:1-3
o dalam menangani dosa diperlukan pengakuan yang sungguh-sungguh tanpa mencoba untuk membela diri. Ezr 9:5-15
o pemulihan dosa hanya dapat terjadi dengan belas kasihan Allah. Ezr 9:13
o untuk menghalau dosa diperlukan langkah-langkah praktis. Ezr 10:7-17

Penerapan

1. Bagi para pemimpin dunia
o Allah mengatur segala masalah dunia.
o Allah akan memberkati mereka yang memperlakukan bangsa yang tertekan dengan adil.
o Allah akan menghargai mereka yang menepati janji.

2. Bagi gereja Kristen
o Uang harus diberikan untuk pekerjaan Allah dengan bebas dan dengan murah hati.
o Ibadah harus dipersembahkan kepada Allah dengan penuh sukacita.
o Persatuan dalam gereja adalah penting.
o Jagalah kemurnian penyembahan Anda: jangan membuang kekhasan ibadah Anda sebagai akibat kompromi dengan kepercayaan lain.
o Suatu perubahan sikap yang radikal -- meninggalkan cara hidup yang penuh dosa -- diperlukan jika Anda ingin Allah memberkati Anda.

3. Bagi pribadi-pribadi Kristen
o Jadikan ibadah kepada Allah sebagai prioritas utama.
o Jangan memandang enteng dosa.
o Pelajari Alkitab secara sungguh-sungguh.
o Taatilah Tuhan secara mutlak.
o Percayalah pada pemeliharaan Allah.
o Berilah persembahan dengan murah hati.
o Ambillah langkah-langkah praktis untuk bertambah-tambah dalam kesucian.

Tema-tema Kunci

Sejumlah tema dalam kitab Ezra mengundang orang Kristen untuk meninjau hubungan mereka dengan Allah.

1. Pengalaman Kristiani
Ezra menyadari bahwa Allah bekerja dalam hidupnya dan memimpin setiap langkahnya. Camkanlah khususnya ungkapan ini, "tangan Tuhan Allahnya berada di atasnya" (Ezr 7:6,9,28; 8:22,31). Pada saat-saat apa Anda merasakan kuasa Allah dalam hidup Anda?

2. Ambisi Kristiani
Kerinduan terbesar dalam kehidupan Ezra adalah firman Allah (Ezr 7:10). Ia mempelajarinya; menaati dan mengajarkannya. Belajar dan ketaatan seharusnya berjalan berdampingan. Lihatlah betapa erat hubungannya dengan Mazmur 119. Dengan cara bagaimana mempelajari Alkitab mempengaruhi hidup Anda?

3. Memberi secara Kristiani
Cara Anda menggunakan harta milik Anda merupakan suatu indikasi keadaan rohani Anda. Bangsa Yahudi yang baru kembali dari pembuangan memberi dengan spontan kepada Allah (Ezr 2:68,69). Tinjaulah kembali apa yang Anda berikan kepada Allah di bawah terang pengajaran yang terdapat dalam 2Korintus 8 dan 2Korintus 9, dan 1Korintus 16:2.

4. Kemurnian Kristiani
Tinjaulah hidup Anda dengan maksud untuk menemukan titik-titik rawan tempat Anda cenderung mengadakan kompromi dengan iman Anda. Langkah-langkah praktis apa saja yang dapat Anda ambil untuk memastikan bahwa Anda tidak mengadakan kompromi.

5. Kegagalan Kristiani
Pada waktu Anda mengalami kegagalan seperti yang dialami oleh bangsa Yahudi, apa yang telah Anda lakukan? Sebagian orang mencoba untuk melupakannya, tetapi Ezra (Ezr 9:1-10:44) mengajarkan bahwa kegagalan harus dihadapi, diakui, disesali dan diluruskan. Dengan jalan demikian pengampunan sejati dapat dirasakan.

6. Iman Kristiani
Tindakan Ezra untuk kembali ke Yerusalem tanpa dikawal oleh pasukan bersenjata merupakan tindakan yang sangat berani (Ezr 8:21-23). Mengapakah ia melakukan hal itu? Melalui perbuatan iman, baik kecil maupun besar, apakah Allah telah memanggil Anda dalam kehidupan kekristenan Anda? Sampai di mana pertumbuhan rohani bergantung pada perbuatan iman seperti itu.

Garis Besar Intisari: Ezra (Pendahuluan Kitab) [1] KEMBALI DARI PEMBUANGAN DI BAWAH PEMERINTAHAN KORESY Ezr 1:1-6:22 Pembangunan kembali Rumah Tuhan Ezr 1:1-11Koresy mengizinkan orang Yahudi pu

[1] KEMBALI DARI PEMBUANGAN DI BAWAH PEMERINTAHAN KORESY Ezr 1:1-6:22

Pembangunan kembali Rumah Tuhan

Ezr 1:1-11Koresy mengizinkan orang Yahudi pulang ke negeri mereka
Ezr 2:1-67Daftar orang-orang yang kembali dari pembuangan
Ezr 2:68-70Apa yang pertama-tama dilakukan di Yerusalem
Ezr 3:1-6Tata cara ibadat lama dipulihkan
Ezr 3:7-13Peletakan pondasi pembangunan Rumah Tuhan
Ezr 4:1-24Bangsa Yahudi menghadapi perlawanan
Ezr 5:1-17Penyelidikan arsip
Ezr 6:1-12Penganiayaan membuahkan berkat
Ezr 6:13-22Rumah Tuhan selesai dibangun

[2] KEMBALI DARI PEMBUANGAN DI BAWAH PEMERINTAHAN ARTAHSASTA Ezr 7:1-10:44

Pembangunan kembali bangsa Yahudi

Ezr 7:1-28Ezra diperintahkan untuk kembali ke negerinya
Ezr 8:1-20Daftar orang yang kembali dari pembuangan
Ezr 8:21-36Peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh Ezra
Ezr 9:1-5Dosa ditunjukkan
Ezr 9:6-15Doa pengakuan dosa Ezra
Ezr 10:1-5Reformasi dimulai
Ezr 10:6-15Perintah langsung dari Ezra
Ezr 10:16-44Nama-nama mereka yang tidak menghormati perintah Tuhan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #20: Untuk penyelidikan lebih dalam, silakan baca artikel-artikel terkait melalui Tab Artikel. [SEMUA]
dibuat dalam 0.83 detik
dipersembahkan oleh YLSA