Teks -- Yohanes 18:1-11 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Yoh 18:11
Jerusalem -> Yoh 18:3
Jerusalem: Yoh 18:3 - sepasukan prajurit Sebuah "kohort", sebagian dari pasukan Romawi yang ditempatkan di Yerusalem.
Sebuah "kohort", sebagian dari pasukan Romawi yang ditempatkan di Yerusalem.
Ende -> Yoh 18:3
Ende: Yoh 18:3 - Sepasukan pradjurit ialah seregu tentara Romawi jang mereka namakan
"kohorte", jang berasrama di Jerusalem.
ialah seregu tentara Romawi jang mereka namakan "kohorte", jang berasrama di Jerusalem.
Ref. Silang FULL: Yoh 18:1 - sungai Kidron // suatu taman // taman itu · sungai Kidron: 2Sam 15:23
· suatu taman: Yoh 18:26; Mat 21:1; Mat 21:1
· taman itu: Mat 26:36
· sungai Kidron: 2Sam 15:23
· suatu taman: Yoh 18:26; Mat 21:1; [Lihat FULL. Mat 21:1]
· taman itu: Mat 26:36
· dengan murid-murid-Nya: Luk 21:37; 22:39
Ref. Silang FULL: Yoh 18:3 - datanglah Yudas // orang-orang Farisi · datanglah Yudas: Kis 1:16
· orang-orang Farisi: Yoh 18:12
Ref. Silang FULL: Yoh 18:4 - menimpa diri-Nya // kamu cari · menimpa diri-Nya: Yoh 6:64; 13:1,11
· kamu cari: Yoh 18:7
· menimpa diri-Nya: Yoh 6:64; 13:1,11
· kamu cari: Yoh 18:7
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Yoh 18:1; Yoh 18:1-11; Yoh 18:1; Yoh 18:1--19:42; Yoh 13:1--20:31; Yoh 18:2; Yoh 18:2; Yoh 18:3; Yoh 18:3; Yoh 18:4; Yoh 18:4; Yoh 18:5; Yoh 18:5; Yoh 18:6; Yoh 18:6; Yoh 18:7-8; Yoh 18:7-8; Yoh 18:9; Yoh 18:9; Yoh 18:10; Yoh 18:10; Yoh 18:11; Yoh 18:11
Hagelberg: Yoh 18:1 - -- 18:1 Setelah Yesus mengatakan semuanya itu keluarlah Ia dari situ bersama-sama dengan murid-murid-Nya dan mereka pergi ke seberang sungai1200 Kidron. ...
18:1 Setelah Yesus mengatakan semuanya itu keluarlah Ia dari situ bersama-sama dengan murid-murid-Nya dan mereka pergi ke seberang sungai1200 Kidron. Di situ ada suatu taman1201 dan Ia masuk ke taman itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.
Sesuai dengan pembahasan pasal 14:31, tidak jelas apa mereka sudah berangkat dari ruangan atas itu pada saat pasal 14:31 diucapkan, atau keberangkatan mereka ditunda sampai ayat ini. Jika ditunda, maka ayat ini berkata mereka keluar dari ruangan atas itu, lalu menuju ke sungai Kidron. Jika mereka memang berangkat dari ruangan atas itu dalam 14:31, maka ayat ini menceritakan keberangkatan yang lain, yang tidak dirinci. Mungkin dari ruangan atas itu mereka pergi ke Bait Allah. Oleh karena pintu gerbang Bait Allah tetap terbuka pada malam pun setelah perayaan Paskah, maka mereka orang bebas masuk ke pelatarannya. Jadi ayat ini dapat menceritakan keberangkatan dari pelataran Bait Allah. Mungkin juga mereka keluar dari benteng kota Yerusalem.
Kota Yerusalem tidak besar dibanding dengan ukuran kota zaman ini, dan Lembah Kidron merupakan batas timur dari kota itu, sehingga perjalanan mereka tidak jauh, dan mungkin hanya makan waktu setengah jam.
Hagelberg: Yoh 18:1-11 - -- 1. Yesus ditangkap (18:1-11)
Yohanes menekankan kuasa Tuhan Yesus, misalnya bagaimana mereka rebah pada waktu Dia mengucapkan ungkapan "Akulah Dia". D...
1. Yesus ditangkap (18:1-11)
Yohanes menekankan kuasa Tuhan Yesus, misalnya bagaimana mereka rebah pada waktu Dia mengucapkan ungkapan "Akulah Dia". Dia tidak menceritakan doa Tuhan Yesus di taman Getsemani dan segala pergumulannya, ataupun penyembuhan telinga Malkhus.
Hagelberg: Yoh 18:1 - -- 18:1 Setelah Yesus mengatakan semuanya itu keluarlah Ia dari situ bersama-sama dengan murid-murid-Nya dan mereka pergi ke seberang sungai1200 Kidron. ...
18:1 Setelah Yesus mengatakan semuanya itu keluarlah Ia dari situ bersama-sama dengan murid-murid-Nya dan mereka pergi ke seberang sungai1200 Kidron. Di situ ada suatu taman1201 dan Ia masuk ke taman itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.
Sesuai dengan pembahasan pasal 14:31, tidak jelas apa mereka sudah berangkat dari ruangan atas itu pada saat pasal 14:31 diucapkan, atau keberangkatan mereka ditunda sampai ayat ini. Jika ditunda, maka ayat ini berkata mereka keluar dari ruangan atas itu, lalu menuju ke sungai Kidron. Jika mereka memang berangkat dari ruangan atas itu dalam 14:31, maka ayat ini menceritakan keberangkatan yang lain, yang tidak dirinci. Mungkin dari ruangan atas itu mereka pergi ke Bait Allah. Oleh karena pintu gerbang Bait Allah tetap terbuka pada malam pun setelah perayaan Paskah, maka mereka orang bebas masuk ke pelatarannya. Jadi ayat ini dapat menceritakan keberangkatan dari pelataran Bait Allah. Mungkin juga mereka keluar dari benteng kota Yerusalem.
Kota Yerusalem tidak besar dibanding dengan ukuran kota zaman ini, dan Lembah Kidron merupakan batas timur dari kota itu, sehingga perjalanan mereka tidak jauh, dan mungkin hanya makan waktu setengah jam.
E. Pemeriksaan, Pengadilan dan Penderitaan Yesus (18:1-19:42)
Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...
IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.
Hagelberg: Yoh 18:2 - -- 18:2 Yudas, yang mengkhianati Yesus, tahu juga tempat itu, karena Yesus sering berkumpul di situ dengan murid-murid-Nya.
Mereka sering berkumpul di si...
18:2 Yudas, yang mengkhianati Yesus, tahu juga tempat itu, karena Yesus sering berkumpul di situ dengan murid-murid-Nya.
Mereka sering berkumpul di situ jika mereka berada di Yerusalem. Ini sesuai dengan catatan yang terdapat dalam Lukas 22:39. Dapat diduga bahwa Yudas hanya dapat memberitakan kepada para pemimpin agama Yahudi bahwa di tempat itu Tuhan Yesus sering berkumpul dengan murid-murid-Nya.
Carson1202 menjelaskan bahwa menurut adat Yahudi mereka wajib tetap tinggal dekat kota Yerusalem pada malam Paskah itu. Ternyata Getsemani cukup dekat, tetapi Betania, di mana mereka biasa bermalam, di luar batas yang diperbolehkan oleh adat Yahudi.
Tampaknya Yudas dan para pemimpin memilih waktu dan tempat itu karena memungkinkan pengkhianatan yang lancar dan aman. Situasinya sepi, dan jauh dari khalayak yang mungkin melawan mereka secara spontan.
Hagelberg: Yoh 18:2 - -- 18:2 Yudas, yang mengkhianati Yesus, tahu juga tempat itu, karena Yesus sering berkumpul di situ dengan murid-murid-Nya.
Mereka sering berkumpul di si...
18:2 Yudas, yang mengkhianati Yesus, tahu juga tempat itu, karena Yesus sering berkumpul di situ dengan murid-murid-Nya.
Mereka sering berkumpul di situ jika mereka berada di Yerusalem. Ini sesuai dengan catatan yang terdapat dalam Lukas 22:39. Dapat diduga bahwa Yudas hanya dapat memberitakan kepada para pemimpin agama Yahudi bahwa di tempat itu Tuhan Yesus sering berkumpul dengan murid-murid-Nya.
Carson1202 menjelaskan bahwa menurut adat Yahudi mereka wajib tetap tinggal dekat kota Yerusalem pada malam Paskah itu. Ternyata Getsemani cukup dekat, tetapi Betania, di mana mereka biasa bermalam, di luar batas yang diperbolehkan oleh adat Yahudi.
Tampaknya Yudas dan para pemimpin memilih waktu dan tempat itu karena memungkinkan pengkhianatan yang lancar dan aman. Situasinya sepi, dan jauh dari khalayak yang mungkin melawan mereka secara spontan.
Hagelberg: Yoh 18:3 - -- 18:3 Maka datanglah Yudas juga ke situ dengan sepasukan prajurit1203 dan penjaga-penjaga Bait Allah1204 yang disuruh oleh imam-imam kepala dan orang-o...
18:3 Maka datanglah Yudas juga ke situ dengan sepasukan prajurit1203 dan penjaga-penjaga Bait Allah1204 yang disuruh oleh imam-imam kepala dan orang-orang Farisi lengkap dengan lentera, suluh dan senjata.
Si pengkhianat menuntun sepasukan prajurit (serta komandan mereka, menurut ayat 12) dan juga penjaga-penjaga Bait Allah untuk menangkap Tuhan Yesus. Dengan demikian seluruh dunia (Yahudi dan bukan Yahudi) diwakili melawan Tuhan Yesus.
Biasanya pasukan Roma yang tidak sedang bertugas ditempatkan di Kaisarea, tetapi pada waktu hari raya mereka ditugaskan di Yerusalem, karena kota itu selalu ramai dan penuh dengan peziarah. Garnisun khusus itu ditempatkan di benteng Antonia, pas di luar pojok barat laut pelataran Bait Allah.
Walaupun mereka bemusuhan, imam-imam kepala1205 dan orang-orang Farisi1206 disebutkan bersama-sama dalam pasal 7:32, 45; 11:47 dan 57. Sementara ini mereka rela mengesampingkan perbedaan-perbedaan mereka untuk melawan Tuhan Yesus.1207
Memang malam itu bulan purnama, tetapi mereka segan keluar kota ke lereng bukit Zaitun mencari-cari seseorang tanpa lentera dan suluh. Mungkinkah Yohanes menyebutkan lentera dan suluh mereka untuk menekankan gelapnya malam itu, ataupun sebagai kiasan terang palsu yang melawan Terang yang benar?
Hagelberg: Yoh 18:3 - -- 18:3 Maka datanglah Yudas juga ke situ dengan sepasukan prajurit1203 dan penjaga-penjaga Bait Allah1204 yang disuruh oleh imam-imam kepala dan orang-o...
18:3 Maka datanglah Yudas juga ke situ dengan sepasukan prajurit1203 dan penjaga-penjaga Bait Allah1204 yang disuruh oleh imam-imam kepala dan orang-orang Farisi lengkap dengan lentera, suluh dan senjata.
Si pengkhianat menuntun sepasukan prajurit (serta komandan mereka, menurut ayat 12) dan juga penjaga-penjaga Bait Allah untuk menangkap Tuhan Yesus. Dengan demikian seluruh dunia (Yahudi dan bukan Yahudi) diwakili melawan Tuhan Yesus.
Biasanya pasukan Roma yang tidak sedang bertugas ditempatkan di Kaisarea, tetapi pada waktu hari raya mereka ditugaskan di Yerusalem, karena kota itu selalu ramai dan penuh dengan peziarah. Garnisun khusus itu ditempatkan di benteng Antonia, pas di luar pojok barat laut pelataran Bait Allah.
Walaupun mereka bemusuhan, imam-imam kepala1205 dan orang-orang Farisi1206 disebutkan bersama-sama dalam pasal 7:32, 45; 11:47 dan 57. Sementara ini mereka rela mengesampingkan perbedaan-perbedaan mereka untuk melawan Tuhan Yesus.1207
Memang malam itu bulan purnama, tetapi mereka segan keluar kota ke lereng bukit Zaitun mencari-cari seseorang tanpa lentera dan suluh. Mungkinkah Yohanes menyebutkan lentera dan suluh mereka untuk menekankan gelapnya malam itu, ataupun sebagai kiasan terang palsu yang melawan Terang yang benar?
Hagelberg: Yoh 18:4 - -- 18:4 Maka Yesus, yang tahu semua yang akan menimpa diri-Nya, keluar1208 dan berkata kepada mereka, "Siapakah yang kamu cari?"
Dalam pasal 10:17-18 Tuh...
18:4 Maka Yesus, yang tahu semua yang akan menimpa diri-Nya, keluar1208 dan berkata kepada mereka, "Siapakah yang kamu cari?"
Dalam pasal 10:17-18 Tuhan Yesus berkata, "...Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. Tidak seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku." Tema ini, bahwa dengan kesadaran penuh dan dengan sengaja Dia memberikan diri-Nya sebagai korban, cukup jelas dalam ketiga Injil Sinoptik, dan sangat jelas dalam Injil Yohanes. Dalam Pesan Perpisahan-Nya Dia sering mengatakan ucapan seperti "Dan sekarang juga Aku mengatakannya kepadamu sebelum hal itu terjadi, supaya kamu percaya, apabila hal itu terjadi" (pasal 14:29). Dalam ayat ini Dia keluar sendiri, tidak diseret keluar.1209 Kedaulatan-Nya nyata. Dia bertindak.
Dalam Lukas 22:53 Dia berkata, "Tetapi inilah saat kamu, dan inilah kuasa kegelapan itu", tetapi Yohanes tidak mencatat ucapan itu, mungkin untuk menjaga tekanan pada kedaulatan Tuhan Yesus.
Mungkinkah Dia bertanya, Siapakah yang kamu cari? untuk mengetengahkan identitas diri-Nya?
Ciuman Yudas, yang diceritakan dalam ketiga Injil Sinoptik, tidak disebutkan oleh Yohanes. Dalam Injil Yohanes peranan Tuhan Yesus lebih aktif, Dia menantang mereka, sehingga kedaulatan-Nya lebih nyata.
Hagelberg: Yoh 18:4 - -- 18:4 Maka Yesus, yang tahu semua yang akan menimpa diri-Nya, keluar1208 dan berkata kepada mereka, "Siapakah yang kamu cari?"
Dalam pasal 10:17-18 Tuh...
18:4 Maka Yesus, yang tahu semua yang akan menimpa diri-Nya, keluar1208 dan berkata kepada mereka, "Siapakah yang kamu cari?"
Dalam pasal 10:17-18 Tuhan Yesus berkata, "...Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. Tidak seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku." Tema ini, bahwa dengan kesadaran penuh dan dengan sengaja Dia memberikan diri-Nya sebagai korban, cukup jelas dalam ketiga Injil Sinoptik, dan sangat jelas dalam Injil Yohanes. Dalam Pesan Perpisahan-Nya Dia sering mengatakan ucapan seperti "Dan sekarang juga Aku mengatakannya kepadamu sebelum hal itu terjadi, supaya kamu percaya, apabila hal itu terjadi" (pasal 14:29). Dalam ayat ini Dia keluar sendiri, tidak diseret keluar.1209 Kedaulatan-Nya nyata. Dia bertindak.
Dalam Lukas 22:53 Dia berkata, "Tetapi inilah saat kamu, dan inilah kuasa kegelapan itu", tetapi Yohanes tidak mencatat ucapan itu, mungkin untuk menjaga tekanan pada kedaulatan Tuhan Yesus.
Mungkinkah Dia bertanya, Siapakah yang kamu cari? untuk mengetengahkan identitas diri-Nya?
Ciuman Yudas, yang diceritakan dalam ketiga Injil Sinoptik, tidak disebutkan oleh Yohanes. Dalam Injil Yohanes peranan Tuhan Yesus lebih aktif, Dia menantang mereka, sehingga kedaulatan-Nya lebih nyata.
Hagelberg: Yoh 18:5 - -- 18:5 Jawab mereka, "Yesus dari Nazaret." Kata-Nya kepada mereka, "Akulah Dia."1210 Yudas yang mengkhianati Dia berdiri juga di situ bersama-sama merek...
18:5 Jawab mereka, "Yesus dari Nazaret." Kata-Nya kepada mereka, "Akulah Dia."1210 Yudas yang mengkhianati Dia berdiri juga di situ bersama-sama mereka.
Nama Yesus, yaitu nama Yosua dalam bahasa Aram, cukup sering dipakai oleh masyarakat, sehingga mereka harus menjelaskan lebih lanjut. Mereka tidak dapat menjawab "Yesus Kristus", karena mereka tidak percaya bahwa Dia adalah Mesias. Oleh karena itu, maka julukan Yesus dari Nazaret masuk akal.
Ungkakapn Akulah Dia dipakai tiga kali dalam peristiwa ini. Kita mengerti bahwa tidak kebetulan Dia memakai ungkapan yang begitu erat kaitannya dengan nama Allah.
Beberapa jam yang lalu Ia mencelupkan sebuah pecahan roti dan memberikannya kepada Yudas. Sekali lagi mereka bertemu, yang satu menyatakan diri-Nya sebagai Allah, yang satu jelas pengkhianat.
Hagelberg: Yoh 18:5 - -- 18:5 Jawab mereka, "Yesus dari Nazaret." Kata-Nya kepada mereka, "Akulah Dia."1210 Yudas yang mengkhianati Dia berdiri juga di situ bersama-sama merek...
18:5 Jawab mereka, "Yesus dari Nazaret." Kata-Nya kepada mereka, "Akulah Dia."1210 Yudas yang mengkhianati Dia berdiri juga di situ bersama-sama mereka.
Nama Yesus, yaitu nama Yosua dalam bahasa Aram, cukup sering dipakai oleh masyarakat, sehingga mereka harus menjelaskan lebih lanjut. Mereka tidak dapat menjawab "Yesus Kristus", karena mereka tidak percaya bahwa Dia adalah Mesias. Oleh karena itu, maka julukan Yesus dari Nazaret masuk akal.
Ungkakapn Akulah Dia dipakai tiga kali dalam peristiwa ini. Kita mengerti bahwa tidak kebetulan Dia memakai ungkapan yang begitu erat kaitannya dengan nama Allah.
Beberapa jam yang lalu Ia mencelupkan sebuah pecahan roti dan memberikannya kepada Yudas. Sekali lagi mereka bertemu, yang satu menyatakan diri-Nya sebagai Allah, yang satu jelas pengkhianat.
Hagelberg: Yoh 18:6 - -- 18:6 Ketika Ia berkata kepada mereka: "Akulah Dia," mundurlah mereka dan jatuh ke tanah.
Raulus Yohanes tidak menjelaskan apakah sebabnya mereka mundu...
18:6 Ketika Ia berkata kepada mereka: "Akulah Dia," mundurlah mereka dan jatuh ke tanah.
Raulus Yohanes tidak menjelaskan apakah sebabnya mereka mundur dan jatuh ke tanah. Mungkinkah sebabnya kuasa yang ajaib dalam perkataan Tuhan Yesus, ataukah wibawa-Nya dalam situasi yang menakutkan orang biasa, ataukah kebingungan sementara yang mereka alami karena Dia memakai ungkapan Akulah Dia? Yohanes tidak menjelaskan hal itu, tetapi yang jelas adalah bahwa saat itu Tuhan Yesus berkesempatan untuk menyelamatkan diri-Nya dari bahaya, tetapi Dia tidak mengambil kesempatan itu. Dia hanya tetap berdiri dan mengulangi pertanyaan-Nya. Dia siap ditangkap untuk dikorbankan. Kedaulatan-Nya nyata.
Hagelberg: Yoh 18:6 - -- 18:6 Ketika Ia berkata kepada mereka: "Akulah Dia," mundurlah mereka dan jatuh ke tanah.
Raulus Yohanes tidak menjelaskan apakah sebabnya mereka mundu...
18:6 Ketika Ia berkata kepada mereka: "Akulah Dia," mundurlah mereka dan jatuh ke tanah.
Raulus Yohanes tidak menjelaskan apakah sebabnya mereka mundur dan jatuh ke tanah. Mungkinkah sebabnya kuasa yang ajaib dalam perkataan Tuhan Yesus, ataukah wibawa-Nya dalam situasi yang menakutkan orang biasa, ataukah kebingungan sementara yang mereka alami karena Dia memakai ungkapan Akulah Dia? Yohanes tidak menjelaskan hal itu, tetapi yang jelas adalah bahwa saat itu Tuhan Yesus berkesempatan untuk menyelamatkan diri-Nya dari bahaya, tetapi Dia tidak mengambil kesempatan itu. Dia hanya tetap berdiri dan mengulangi pertanyaan-Nya. Dia siap ditangkap untuk dikorbankan. Kedaulatan-Nya nyata.
Hagelberg: Yoh 18:7-8 - -- 18:7-8 Maka Ia bertanya pula, "Siapakah yang kamu cari?" Kata mereka, "Yesus dari Nazaret." Jawab Yesus, "Telah Kukatakan kepadamu, Akulah Dia. Jika A...
18:7-8 Maka Ia bertanya pula, "Siapakah yang kamu cari?" Kata mereka, "Yesus dari Nazaret." Jawab Yesus, "Telah Kukatakan kepadamu, Akulah Dia. Jika Aku yang kamu cari, biarkanlah mereka ini pergi."
Tuhan Yesus sudah mengerti siapakah yang mereka cari, namun Dia mengulangi pertanyaan ini untuk menyatakan bahwa Dia tidak hendak melarikan diri, dan juga sebagai peralihan pada permintaan-Nya supaya murid-murid-Nya bebas pergi.
Hagelberg: Yoh 18:7-8 - -- 18:7-8 Maka Ia bertanya pula, "Siapakah yang kamu cari?" Kata mereka, "Yesus dari Nazaret." Jawab Yesus, "Telah Kukatakan kepadamu, Akulah Dia. Jika A...
18:7-8 Maka Ia bertanya pula, "Siapakah yang kamu cari?" Kata mereka, "Yesus dari Nazaret." Jawab Yesus, "Telah Kukatakan kepadamu, Akulah Dia. Jika Aku yang kamu cari, biarkanlah mereka ini pergi."
Tuhan Yesus sudah mengerti siapakah yang mereka cari, namun Dia mengulangi pertanyaan ini untuk menyatakan bahwa Dia tidak hendak melarikan diri, dan juga sebagai peralihan pada permintaan-Nya supaya murid-murid-Nya bebas pergi.
Hagelberg: Yoh 18:9 - -- 18:9 Demikian hendaknya supaya genaplah1211 firman yang telah dikatakan-Nya: "Dari mereka yang Engkau serahkan kepada-Ku, tidak seorangpun yang Kubiar...
18:9 Demikian hendaknya supaya genaplah1211 firman yang telah dikatakan-Nya: "Dari mereka yang Engkau serahkan kepada-Ku, tidak seorangpun yang Kubiarkan binasa."
Firman yang dimaksudkan adalah perkataan Tuhan Yesus sendiri, yang dicatat dalam pasal 17:12. (Lihat juga 6:39 dan 10:28.) Namun ada masalah dalam ayat ini, karena baik ayat ini maupun pasal 17:12 merujuk pada keselamatan kekal yang disediakan oleh Tuhan Yesus Kristus, sedangkan peristiwa yang tercatum dalam ayat 8 adalah peristiwa keselamatan jasmani dari bahaya jasmani. Menurut Carson1212 dan Barrett1213 keselamatan jasmani yang dikisahkan dalam nas ini merupakan suatu perumpamaan yang diperagakan yang mengilustrasikan keselamatan rohani yang akan diperoleh sebentar lagi.
Hagelberg: Yoh 18:9 - -- 18:9 Demikian hendaknya supaya genaplah1211 firman yang telah dikatakan-Nya: "Dari mereka yang Engkau serahkan kepada-Ku, tidak seorangpun yang Kubiar...
18:9 Demikian hendaknya supaya genaplah1211 firman yang telah dikatakan-Nya: "Dari mereka yang Engkau serahkan kepada-Ku, tidak seorangpun yang Kubiarkan binasa."
Firman yang dimaksudkan adalah perkataan Tuhan Yesus sendiri, yang dicatat dalam pasal 17:12. (Lihat juga 6:39 dan 10:28.) Namun ada masalah dalam ayat ini, karena baik ayat ini maupun pasal 17:12 merujuk pada keselamatan kekal yang disediakan oleh Tuhan Yesus Kristus, sedangkan peristiwa yang tercatum dalam ayat 8 adalah peristiwa keselamatan jasmani dari bahaya jasmani. Menurut Carson1212 dan Barrett1213 keselamatan jasmani yang dikisahkan dalam nas ini merupakan suatu perumpamaan yang diperagakan yang mengilustrasikan keselamatan rohani yang akan diperoleh sebentar lagi.
Hagelberg: Yoh 18:10 - -- 18:10 Lalu Simon Petrus, yang membawa pedang,1214 menghunus pedang itu, menetakkannya kepada hamba Imam Besar dan memutuskan telinga1215 kanannya.1216...
18:10 Lalu Simon Petrus, yang membawa pedang,1214 menghunus pedang itu, menetakkannya kepada hamba Imam Besar dan memutuskan telinga1215 kanannya.1216 Nama hamba itu Malkhus.1217
Usaha yang sia-sia ini menyatakan bahwa Petrus masih tidak mengerti apa yang sedang terjadi di kebun pohon zaitun, sama seperti dia tidak mengerti penjelasan Tuhan Yesus sebelumnya, misalnya dalam Markus 8:31-33.
Keempat Injil menceritakan peristiwa ini, tetapi hanya Injil Yohanes memberi nama Petrus dan Malkhus.1218
Hagelberg: Yoh 18:10 - -- 18:10 Lalu Simon Petrus, yang membawa pedang,1214 menghunus pedang itu, menetakkannya kepada hamba Imam Besar dan memutuskan telinga1215 kanannya.1216...
18:10 Lalu Simon Petrus, yang membawa pedang,1214 menghunus pedang itu, menetakkannya kepada hamba Imam Besar dan memutuskan telinga1215 kanannya.1216 Nama hamba itu Malkhus.1217
Usaha yang sia-sia ini menyatakan bahwa Petrus masih tidak mengerti apa yang sedang terjadi di kebun pohon zaitun, sama seperti dia tidak mengerti penjelasan Tuhan Yesus sebelumnya, misalnya dalam Markus 8:31-33.
Keempat Injil menceritakan peristiwa ini, tetapi hanya Injil Yohanes memberi nama Petrus dan Malkhus.1218
Hagelberg: Yoh 18:11 - -- 18:11 Kata Yesus kepada Petrus, "Sarungkan pedangmu itu; bukankah Aku harus minum cawan yang diberikan Bapa kepada-Ku?"
Usaha Petrus tidak hanya sia-s...
18:11 Kata Yesus kepada Petrus, "Sarungkan pedangmu itu; bukankah Aku harus minum cawan yang diberikan Bapa kepada-Ku?"
Usaha Petrus tidak hanya sia-sia, tetapi juga menghalangi tujuan Tuhan Yesus.1219 Baik dalam Injil Matius maupun Injil Yohanes, Tuhan Yesus menyuruh Petrus supaya dia mengembalikan pedang itu ke tempatnya, tetapi teguran yang dicatat oleh Yohanes memusatkan perhatian para pembaca pada Tuhan Yesus serta tugas yang Dia kerjakan, sedangkan teguran yang dicatat oleh Matius memusatkan perhatian pada pedang itu. Dengan kata lain, menurut apa yang ditekankan oleh Yohanes, Petrus harus menyarungkan pedang itu supaya tidak menghalangi rencana ilahi yang sedang berjalan, sedangkan Matius lebih menekankan bahwa Petrus harus menyarungkan pedangnya supaya dia tidak mati oleh pedang yang lain.1220 Kedua tekanan itu diucapkan oleh Tuhan Yesus, tetapi yang satu dicatat oleh Yohanes, dan yang lain dicatat oleh Matius.
Pemakaian kiasan minum cawan terkait dengan doa-Nya di Getsemani, yang tidak tercatat dalam Injil Yohanes.
Hagelberg: Yoh 18:11 - -- 18:11 Kata Yesus kepada Petrus, "Sarungkan pedangmu itu; bukankah Aku harus minum cawan yang diberikan Bapa kepada-Ku?"
Usaha Petrus tidak hanya sia-s...
18:11 Kata Yesus kepada Petrus, "Sarungkan pedangmu itu; bukankah Aku harus minum cawan yang diberikan Bapa kepada-Ku?"
Usaha Petrus tidak hanya sia-sia, tetapi juga menghalangi tujuan Tuhan Yesus.1219 Baik dalam Injil Matius maupun Injil Yohanes, Tuhan Yesus menyuruh Petrus supaya dia mengembalikan pedang itu ke tempatnya, tetapi teguran yang dicatat oleh Yohanes memusatkan perhatian para pembaca pada Tuhan Yesus serta tugas yang Dia kerjakan, sedangkan teguran yang dicatat oleh Matius memusatkan perhatian pada pedang itu. Dengan kata lain, menurut apa yang ditekankan oleh Yohanes, Petrus harus menyarungkan pedang itu supaya tidak menghalangi rencana ilahi yang sedang berjalan, sedangkan Matius lebih menekankan bahwa Petrus harus menyarungkan pedangnya supaya dia tidak mati oleh pedang yang lain.1220 Kedua tekanan itu diucapkan oleh Tuhan Yesus, tetapi yang satu dicatat oleh Yohanes, dan yang lain dicatat oleh Matius.
Pemakaian kiasan minum cawan terkait dengan doa-Nya di Getsemani, yang tidak tercatat dalam Injil Yohanes.