kecilkan semua  

Teks -- Ezra 1:1-11 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Koresh mengizinkan orang-orang buangan pulang ke negerinya
1:1 Pada tahun pertama zaman Koresh, raja negeri Persia, TUHAN menggerakkan hati Koresh, raja Persia itu untuk menggenapkan firman yang diucapkan oleh Yeremia, sehingga disiarkan di seluruh kerajaan Koresh secara lisan dan tulisan pengumuman ini: 1:2 "Beginilah perintah Koresh, raja Persia: Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda. 1:3 Siapa di antara kamu termasuk umat-Nya, Allahnya menyertainya! Biarlah ia berangkat pulang ke Yerusalem, yang terletak di Yehuda, dan mendirikan rumah TUHAN. Allah Israel, yakni Allah yang diam di Yerusalem. 1:4 Dan setiap orang yang tertinggal, di manapun ia ada sebagai pendatang, harus disokong oleh penduduk setempat dengan perak dan emas, harta benda dan ternak, di samping persembahan sukarela bagi rumah Allah yang ada di Yerusalem." 1:5 Maka berkemaslah kepala-kepala kaum keluarga orang Yehuda dan orang Benyamin, serta para imam dan orang-orang Lewi, yakni setiap orang yang hatinya digerakkan Allah untuk berangkat pulang dan mendirikan rumah TUHAN yang ada di Yerusalem. 1:6 Dan segala orang di sekeliling mereka membantu mereka dengan barang-barang perak, dengan emas, harta benda dan ternak dan dengan pemberian yang indah-indah, selain dari segala sesuatu yang dipersembahkan dengan sukarela. 1:7 Pula raja Koresh menyuruh mengeluarkan perlengkapan rumah TUHAN yang telah diangkut Nebukadnezar dari Yerusalem dan yang ditaruhnya di dalam kuil allahnya. 1:8 Koresh, raja Persia itu, menyuruh mengeluarkan semuanya itu di bawah pengawasan Mitredat, bendahara raja, yang menghitung seluruhnya bagi Sesbazar, pembesar di Yehuda. 1:9 Inilah daftarnya: tiga puluh bokor emas, seribu bokor perak, dua puluh sembilan pisau, 1:10 tiga puluh piala emas, pula empat ratus sepuluh piala perak, seribu buah barang-barang lain. 1:11 Barang-barang emas dan perak itu seluruhnya berjumlah lima ribu empat ratus. Semuanya itu dibawa oleh Sesbazar sewaktu orang-orang buangan itu dibawa pulang dari negeri Babel ke Yerusalem.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · Babel members of the nation of Babylon
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kasdim the inhabitants of Chaldea.
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum suku Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · kaum-kaum Lewi members of the tribe of Levi
 · kaum-kaum suku Lewi members of the tribe of Levi
 · kerajaan Persia a country located primarily east of the Persian Gulf
 · Koresh the Persian king of Babylon known as Cyrus the Great (OS)
 · Lewi relating to Levi and the priesthood given to him,a tribal name describing people and ceremonies as sacred
 · Mitredat a man who was treasurer of Cyrus, King of Persia,a man who was an opponent to Zerubbabel's rebuilding the temple
 · Nebukadnezar the king of Babylon who took Judah into exile
 · negeri Persia a country located primarily east of the Persian Gulf
 · orang Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Lewi member of the tribe of Levi
 · orang Persia citizen(s) of Persia
 · orang-orang Benyamin member(s) of the tribe of Benjamin
 · orang-orang dari bani Lewi members of the tribe of Levi
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Lewi members of the tribe of Levi
 · Orang-orang suku Lewi members of the tribe of Levi
 · para orang Lewi members of the tribe of Levi
 · Persia citizen(s) of Persia


Topik/Tema Kamus: Kores (Koresy) | Penulis Peristiwa | Bait Suci Yang Kedua | Koresy | Orang Yahudi | Yerusalem | Raja, Kerajaan Media Dan Persia | Raja | Utusan Injil | Suku Benyamin | Babel | Sesbazar | Benyamin | Mitredat | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ezr 1:1 - TUHAN MENGGERAKKAN HATI KORESY. Nas : Ezr 1:1 Tuhan Allah mengarahkan aliran penebusan sepanjang sejarah menuju sasarannya. Ketika melakukan hal itu, kadang-kadang Ia memutuskan u...

Nas : Ezr 1:1

Tuhan Allah mengarahkan aliran penebusan sepanjang sejarah menuju sasarannya. Ketika melakukan hal itu, kadang-kadang Ia memutuskan untuk merendahkan penguasa yang berkuasa (mis. Nebukadnezar, pasal Dan 4:1-37), menjatuhkan hukuman atas para penguasa (mis. Firaun pada keluaran, pasal Kel 14:1-31; Belsyazar di Babel, pasal Dan 5:1-31), atau mengangkat seorang pemimpin internasional (mis. Raja Koresy dari Persia, ayat Ezr 1:2) supaya menggenapi firman-Nya dan mengerjakan maksud-maksud-Nya. Dengan menggerakkan hati Koresy untuk berbuat baik kepada umat yang terkalahkan dan terbuang itu, Allah memungkinkan janji-Nya melalui Yeremia digenapi pada waktunya. Amsal mengatakan bahwa hati seorang raja bagai batang air di tangan Tuhan untuk diarahkan ke mana saja dikehendaki oleh-Nya untuk memastikan kelancaran aliran penebusan dan akhir sejarah (Ams 21:1).

Full Life: Ezr 1:1 - MENGGENAPKAN FIRMAN YANG DIUCAPKAN OLEH YEREMIA. Nas : Ezr 1:1 Yeremia sudah menubuatkan bahwa orang-orang Yahudi akan ditahan di Babel selama 70 tahun sebelum kembali ke Yehuda (Yer 25:11-12; 29:...

Nas : Ezr 1:1

Yeremia sudah menubuatkan bahwa orang-orang Yahudi akan ditahan di Babel selama 70 tahun sebelum kembali ke Yehuda (Yer 25:11-12; 29:10). Masa pembuangan 70 tahun dapat dihitung dari pembuangan tahap pertama tahun 605 SM, tahun ketiga pemerintahan Yoyakim (2Raj 24:1; Dan 1:1) hingga 583 SM (sekitar 70 tahun kemudian) ketika umat itu mulai kembali ke negeri mereka

(lihat cat. --> Ezr 2:1).

[atau ref. Ezr 2:1]

Full Life: Ezr 1:2 - KORESY, RAJA PERSIA. Nas : Ezr 1:2 Sekitar 160 tahun sebelum Koresy muncul, Yesaya sudah bernubuat tentang seorang raja bernama Koresy yang akan mengizinkan orang Yahud...

Nas : Ezr 1:2

Sekitar 160 tahun sebelum Koresy muncul, Yesaya sudah bernubuat tentang seorang raja bernama Koresy yang akan mengizinkan orang Yahudi kembali ke tanah air mereka untuk membangun kembali Yerusalem dan bait suci (Yes 44:26-28; 45:1,13; juga lih. Yes 41:2; 45:4-5).

Full Life: Ezr 1:5 - YANG HATINYA DIGERAKKAN ALLAH. Nas : Ezr 1:5 Melalui Roh Kudus, Allah menggerakkan hati sebagian umat-Nya yang setia untuk kembali ke negeri mereka (bd. lihat cat. -->...

Nas : Ezr 1:5

Melalui Roh Kudus, Allah menggerakkan hati sebagian umat-Nya yang setia untuk kembali ke negeri mereka (bd.

lihat cat. --> Fili 2:13).

[atau ref. Fili 2:13]

Sekitar 50.000 orang menanggapi panggilan Allah untuk ikut serta dalam rombongan peziarah pertama menuju Palestina. Perhatikan bahwa yang lain tinggal dalam pembuangan (ayat Ezr 1:4,6); maksud mereka ialah memberi semangat dan mendukung mereka yang kembali ke Yehuda.

Full Life: Ezr 1:8 - SESBAZAR. Nas : Ezr 1:8 Sesbazar, gubernur pertama yang ditugaskan atas orang buangan yang kembali itu (bd. Ezr 5:14,16), mungkin adalah nama lain untuk Zeru...

Nas : Ezr 1:8

Sesbazar, gubernur pertama yang ditugaskan atas orang buangan yang kembali itu (bd. Ezr 5:14,16), mungkin adalah nama lain untuk Zerubabel (bd. Ezr 2:2; 3:2,8; 4:3).

BIS: Ezr 1:1 - Kores, raja Persia Kores, raja Persia mengalahkan kota Babel pada tahun 539 Seb. M. dan mulai memerintah sebagai raja di Babel.

Kores, raja Persia mengalahkan kota Babel pada tahun 539 Seb. M. dan mulai memerintah sebagai raja di Babel.

Jerusalem: Ezr 1:1 - tahun pertama zaman Koresy Koresy (Yunaninya: Sirus) merebut Babel pada musim rontok th 539 seb. Mas. Tahun pertama pemerintahan (atas kerajaan Babel) mulai pada bulan Nisan (Ma...

Koresy (Yunaninya: Sirus) merebut Babel pada musim rontok th 539 seb. Mas. Tahun pertama pemerintahan (atas kerajaan Babel) mulai pada bulan Nisan (Maret/April) th 538

Jerusalem: Ezr 1:1 - firman yang diucapkan oleh Yeremia Nabi Yeremia menubuatkan bahwa pembuangan akan berlangsung selama tujuh puluh tahun, Yer 25:11-12; 29:10. Jumlah itu hanya dimaksud sebagai angka bula...

Nabi Yeremia menubuatkan bahwa pembuangan akan berlangsung selama tujuh puluh tahun, Yer 25:11-12; 29:10. Jumlah itu hanya dimaksud sebagai angka bulat. Tetapi juga dapat diartikan sebagai genap tujuh puluh tahun kalau dimulai dengan masa pemerintahan Yoyakim yang pada th 609 menaklukkan diri, bdk 2Ra 24:1. Peranan raja Koresy dinubuatkan dalam Yes 44:28; 45:1 dst.

Jerusalem: Ezr 1:2 - Beginilah perintah Koresy Para raja Persia umumnya sangat toleran di bidang keagamaan sehingga mengizinkan ibadat asli di negeri-negeri yang direbut mereka berlangsung terus. M...

Para raja Persia umumnya sangat toleran di bidang keagamaan sehingga mengizinkan ibadat asli di negeri-negeri yang direbut mereka berlangsung terus. Mereka mendirikan dan memugarkan kuil-kuil setempat dan hanya menjalankan pengawasan. begitu pula sikap mereka terhadap agama Yahudi. Dalam surat-surat resmi. Tuhan orang Yahudi disebut "Allah semesta langit". Begitu Allah Israel dapat disamakan dengan dewa tertinggi maha raja Persia, yang bernama Ahura-Mazda.

Jerusalem: Ezr 1:3 - termasuk umatNya Rupanya yang dimaksud bukan hanya orang Yehuda, tetapi juga orang Israel yang dahulu dibuang ke negeri Asyur, bdk Ezr 1:5.

Rupanya yang dimaksud bukan hanya orang Yehuda, tetapi juga orang Israel yang dahulu dibuang ke negeri Asyur, bdk Ezr 1:5.

Jerusalem: Ezr 1:4 - orang yang tertinggal Orang-orang ini ialah mereka "yang terluput", Ezr 9:8,13-15; Neh 1:2. Mereka merupakan "sisa Israel" yang disayangkan Tuhan dan yang mulai dengan Yeh ...

Orang-orang ini ialah mereka "yang terluput", Ezr 9:8,13-15; Neh 1:2. Mereka merupakan "sisa Israel" yang disayangkan Tuhan dan yang mulai dengan Yeh 6:8-10 disamakan dengan kaum buangan di Babel bdk Yes 4:3+

Jerusalem: Ezr 1:4 - Yerusalem Rupanya maklumat Koresy itu diumumkan dalam bahasa Ibrani oleh bentara-bentara negara. Ia ditujukan kepada kaum buangan Yahudi dan kiranya ditulis ole...

Rupanya maklumat Koresy itu diumumkan dalam bahasa Ibrani oleh bentara-bentara negara. Ia ditujukan kepada kaum buangan Yahudi dan kiranya ditulis oleh pegawai-pegawai di istana Persia yang berbangsa Yahudi. Sebaliknya, dalam Ezr 6:3-5 terdapat semacam "memorandum" yang ditujukan kepada pejabat-pejabat Persia.

Jerusalem: Ezr 1:6 - membantu mereka dengan Dalam kitab 3Ezra terbaca: memberikan segala macam bantuan: (barang-barang perak... ). Adapun kitab 3Ezra itu ialah sebuah kitab yang tidak tercantum ...

Dalam kitab 3Ezra terbaca: memberikan segala macam bantuan: (barang-barang perak... ). Adapun kitab 3Ezra itu ialah sebuah kitab yang tidak tercantum dalam Alkitab. Dalam Kitab Suci Yunani terdapat dengan judul: Kitab Ezra A (yang pertama), sedangkan dalam terjemahan Latin diberi judul. Kitab Ezra yang ketiga. Kitab 3Ezra sebagian besar sama dengan Ezra. Terjemahan Yunani 3Ezra, yang aslinya ditulis dalam bahasa Semit (Ibrani atau Aram), kadang-kadang dapat menolong untuk memperbaiki kitab Ezra Ibrani (Aram).

Jerusalem: Ezr 1:8-11 - -- Bagian ini berasal dari sebuah dokumen yang tertulis dalam bahasa Aram. Naskahnya rusak sekali.

Bagian ini berasal dari sebuah dokumen yang tertulis dalam bahasa Aram. Naskahnya rusak sekali.

Ende: Ezr 1:1 - -- Cyrus naik tachta pada th.558. Disini waktu terhitung sedjak Cyrus merebut Babel, jakni th.539.

Cyrus naik tachta pada th.558. Disini waktu terhitung sedjak Cyrus merebut Babel, jakni th.539.

Ende: Ezr 1:2 - -- Istilah jang disini dalam mulut radja kafir itu, tidak berarti bahwa Cyrus mengakui Allah Israil sebagai jang esa. Dibidang keigamaan Cyrus selalu dan...

Istilah jang disini dalam mulut radja kafir itu, tidak berarti bahwa Cyrus mengakui Allah Israil sebagai jang esa. Dibidang keigamaan Cyrus selalu dan di-mana2 sangat toleran. Penetapan penjusun kitab Esra, bersandarkan surat resmi (Ezr 6:2-12).

Ende: Ezr 1:4 - -- Kata2 ini menundjukkan, bahwa agak banjak orang Jahudi sudah bertjampur dengan kaum kafir dan sudah diasimilir. Sebenarnjapun hanja sebagian jang ketj...

Kata2 ini menundjukkan, bahwa agak banjak orang Jahudi sudah bertjampur dengan kaum kafir dan sudah diasimilir. Sebenarnjapun hanja sebagian jang ketjil menggunakan kesempatan ini untuk kembali ke Palestina. Angka2 jang terdapat dalam kitab Esra terlalu besar djuga. Orang2 setempat ialah orang2 kafir.

Ende: Ezr 1:6 - -- Teranglah disini, bahwa keadaan kaum buangan itu agak makmur dan sedjahtera. Penindasan berlangsung sementara sadja.

Teranglah disini, bahwa keadaan kaum buangan itu agak makmur dan sedjahtera. Penindasan berlangsung sementara sadja.

Ende: Ezr 1:8 - -- Sjesjbasar adalah pemimpin kelompok pertama jang kembali ke Palestina. Sjesjbasar itu tidak sama dengan Zerubabel, jang merupakan penggantinja sebagai...

Sjesjbasar adalah pemimpin kelompok pertama jang kembali ke Palestina. Sjesjbasar itu tidak sama dengan Zerubabel, jang merupakan penggantinja sebagai petugas radja di Palestina. Berapa lamanja Sjesjbasar bertugas tidak dapat dipastikan.

Endetn: Ezr 1:9 - -- Dalam naskah Hibrani tertulis: "tjeper perak 10.000 dan pisau? (bokor?) 29". Orang mengira, bahwa satu kata jang dahulu tertulis dipinggir halaman, ke...

Dalam naskah Hibrani tertulis: "tjeper perak 10.000 dan pisau? (bokor?) 29". Orang mengira, bahwa satu kata jang dahulu tertulis dipinggir halaman, kemudian masuk kedalam teks sendiri dengan berubah djuga jakni: "harus diubah" (jaitu angka jang tidak tjotjok) mendjadi "pisau".

Endetn: Ezr 1:10 - -- Tertulis: "piala perak jang lain (kedua). Lalu disini terdjadi seperti dalam ajat Ezr 1:9.

Tertulis: "piala perak jang lain (kedua). Lalu disini terdjadi seperti dalam ajat Ezr 1:9.

Ref. Silang FULL: Ezr 1:1 - menggerakkan hati // oleh Yeremia · menggerakkan hati: Ezr 6:22; 7:27 · oleh Yeremia: Yer 25:11-12; 29:10-14; Za 1:12-16

· menggerakkan hati: Ezr 6:22; 7:27

· oleh Yeremia: Yer 25:11-12; 29:10-14; Za 1:12-16

Ref. Silang FULL: Ezr 1:2 - Ia menugaskan // untuk mendirikan · Ia menugaskan: Hak 4:10; Hak 4:10; Mazm 72:11; Yes 41:2,25; 44:28; 45:13; 46:11; 49:7,23; 60:3,10 · untuk mendirikan: Hag 1:2

· Ia menugaskan: Hak 4:10; [Lihat FULL. Hak 4:10]; Mazm 72:11; Yes 41:2,25; 44:28; 45:13; 46:11; 49:7,23; 60:3,10

· untuk mendirikan: Hag 1:2

Ref. Silang FULL: Ezr 1:4 - yang tertinggal // dan emas // persembahan sukarela // rumah Allah // di Yerusalem · yang tertinggal: Yes 10:20-22 · dan emas: Kel 3:22; Kel 3:22 · persembahan sukarela: Bil 15:3; Mazm 50:14; 54:8; 116:17 ·...

· yang tertinggal: Yes 10:20-22

· dan emas: Kel 3:22; [Lihat FULL. Kel 3:22]

· persembahan sukarela: Bil 15:3; Mazm 50:14; 54:8; 116:17

· rumah Allah: Mazm 72:8-11; Wahy 21:24

· di Yerusalem: Ezr 3:7; 4:3; 5:13; 6:3,14

Ref. Silang FULL: Ezr 1:5 - orang Benyamin // hatinya digerakkan // mendirikan rumah · orang Benyamin: 2Taw 11:1,3,10,12,23; 15:2,8-9; 25:5; 31:1; 34:9; Ezr 4:1; 10:9; Neh 11:4; 12:34 · hatinya digerakkan: Ezr 1:1; Kel 35...

· orang Benyamin: 2Taw 11:1,3,10,12,23; 15:2,8-9; 25:5; 31:1; 34:9; Ezr 4:1; 10:9; Neh 11:4; 12:34

· hatinya digerakkan: Ezr 1:1; Kel 35:20-22; 2Taw 36:22; Hag 1:14; Fili 2:13; [Lihat FULL. Fili 2:13]

· mendirikan rumah: Mazm 127:1

Ref. Silang FULL: Ezr 1:6 - dengan emas · dengan emas: Kel 3:22; Kel 3:22

· dengan emas: Kel 3:22; [Lihat FULL. Kel 3:22]

Ref. Silang FULL: Ezr 1:7 - kuil allahnya · kuil allahnya: 2Raj 24:13; 2Raj 24:13; 2Taw 36:7,10; 2Taw 36:7; 2Taw 36:10; Ezr 5:14; 6:5; Yer 52:17-19

· kuil allahnya: 2Raj 24:13; [Lihat FULL. 2Raj 24:13]; 2Taw 36:7,10; [Lihat FULL. 2Taw 36:7]; [Lihat FULL. 2Taw 36:10]; Ezr 5:14; 6:5; Yer 52:17-19

Ref. Silang FULL: Ezr 1:8 - bagi Sesbazar · bagi Sesbazar: 1Taw 3:18; 1Taw 3:18

· bagi Sesbazar: 1Taw 3:18; [Lihat FULL. 1Taw 3:18]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Ezr 1:1-4 - -- A. Ketetapan Raja Koresy (1:1-4). Allah menggenapi semua janji-Nya kepada Israel melalui Yeremia bahwa Pembuangan itu hanya akan berlangsung selama t...

A. Ketetapan Raja Koresy (1:1-4).

Allah menggenapi semua janji-Nya kepada Israel melalui Yeremia bahwa Pembuangan itu hanya akan berlangsung selama tujuh puluh tahun. Ketika masa pembuangan tersebut berakhir, Allah mengangkat Koresy Raja Persia untuk menaklukkan Babel yang telah memperbudak orang Israel. Salah satu tindakan pertama Koresy di depan umum sebagai raja baru Babel adalah mendorong orang Yahudi untuk kembali ke Palestina dan membangun kembali puing-puing rumah Allah.

Wycliffe: Ezr 1:1 - Pada tahun pertama zaman Koresy // Firman yang diucapkan oleh Yeremia 1. Pada tahun pertama zaman Koresy. Ayat ini dan ayat selanjutnya hingga pertengahan ayat ketiga memiliki kesamaan dengan ayat-ayat penutup pada Kitab...

1. Pada tahun pertama zaman Koresy. Ayat ini dan ayat selanjutnya hingga pertengahan ayat ketiga memiliki kesamaan dengan ayat-ayat penutup pada Kitab II Tawarikh. Dengan demikian kedua kitab tersebut dihubungkan oleh sebuah mata rantai yang sama. Sangat mungkin bahwa Ezralah yang menulis Kitab I dan II Tawarikh. Koresy yang pada tahun 550 sM telah menggabungkan Media dan Persia menjadi satu kerajaan yang akhirnya dikalahkan oleh Babel pada bulan Oktober 539 sM. Firman yang diucapkan oleh Yeremia. Pada tahun 605 sM Yeremia menubuatkan tentang tujuh puluh tahun masa pembuangan Yehuda (Yer. 25:12; bdg. 25:1). Nubuat ini pula yang membuat Daniel berdoa memohon pembebasan bangsanya pada tahun keruntuhan Babel (Dan. 9:2).

Wycliffe: Ezr 1:2 - Tuhan ... menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem 2. Tuhan ... menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem. Hampir dua ratus tahun sebelumnya, Yesaya sudah bernubuat bahwa Koresy akan ...

2. Tuhan ... menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem. Hampir dua ratus tahun sebelumnya, Yesaya sudah bernubuat bahwa Koresy akan merupakan alat pilihan Allah untuk membebaskan orang-orang Yahudi yang dalam pembuangan dan mengawali pembangunan kembali Bait Suci (Yes. 44:28-45:7; 45:13). Tidak perlu beranggapan bahwa sang pembebas itu adalah seorang percaya sejati (bdg. Yes. 45:4 - "Aku memanggil engkau dengan namamu, menggelari engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku"). Prasasti Koresy yang terkenal mencatat doa berikut dari Raja Persia ini, "Kiranya semua dewa yang telah kuberi tempat menetap yang baru di kota-kota suci mereka setiap hari meminta kepada Bel dan Nebo agar memberi aku panjang umur ... " Koresy mungkin mengenal Allah Israel sebagai salah satu dewa terpenting di wilayah itu, khususnya jika Daniel menunjukkan nubuat-nubuat Yesaya kepadanya (Yosefus, Antiquities, 11.1.1). Ketetapan ini disimpan di Ekbatana (Ahmeta) di mana Darius I menemukannya dua puluh tahun kemudian (6:2).

Wycliffe: Ezr 1:5-11 - -- B. Persiapan untuk Mengadakan Perjalanan Pulang (1:5-11) Ribuan orang Yahudi yang saleh memperhatikan surat perintah Koresy dan membuat persiapan unt...

B. Persiapan untuk Mengadakan Perjalanan Pulang (1:5-11)

Ribuan orang Yahudi yang saleh memperhatikan surat perintah Koresy dan membuat persiapan untuk mengadakan perjalanan yang panjang itu. Banyak peralatan Bait Allah yang telah dijarah Nebukadnezar diserahkan kembali agar dapat diletakkan di Yerusalem.

Wycliffe: Ezr 1:6 - Dan segala orang di sekeliling mereka membantu mereka 6. Dan segala orang di sekeliling mereka membantu mereka. Hanya sekitar 50.000 orang Yahudi yang kembali (bdg. 2:64, 65). Sebagian besar mengambil kep...

6. Dan segala orang di sekeliling mereka membantu mereka. Hanya sekitar 50.000 orang Yahudi yang kembali (bdg. 2:64, 65). Sebagian besar mengambil keputusan untuk tetap tinggal di Babel, sebab mereka sudah mapan di sana (Yer. 29:4-7). Jadi, orang-orang yang tetap tinggal berkesempatan untuk menolong orang-orang yang pulang. Orang-orang bukan Yahudi mungkin juga ikut memberikan sumbangan (bdg. Kel. 12:35, 36).

Wycliffe: Ezr 1:7 - Perlengkapan rumah Tuhan 7. Perlengkapan rumah Tuhan. Sebagian perlengkapan ikut diangkut ke Babel pada tahun 605 sM (Dan. 1:2), sebagian diangkut tahun 597 sM (II Raj. 24:13)...

7. Perlengkapan rumah Tuhan. Sebagian perlengkapan ikut diangkut ke Babel pada tahun 605 sM (Dan. 1:2), sebagian diangkut tahun 597 sM (II Raj. 24:13) dan sisanya pada tahun 586 sM (II Raj. 25:14, 15; Yer. 27:16-22). Yang tidak dikembalikan oleh Koresy pada waktu itu dikembalikan oleh Darius I pada sekitar tahun 518 sM (6:5). Tetapi, perabotan Bait Suci, termasuk tabut perjanjian, dihancurkan pada tahun 586 sM (Yer. 3:16; II Raj. 25:13).

Wycliffe: Ezr 1:8 - Sesbazar, pembesar di Yehuda 8. Sesbazar, pembesar di Yehuda. Seperti Daniel secara resmi dikenal sebagai Beltsazar di Babel (Dan. 1:7) demikian pula tampaknya Zerubabel dikenal d...

8. Sesbazar, pembesar di Yehuda. Seperti Daniel secara resmi dikenal sebagai Beltsazar di Babel (Dan. 1:7) demikian pula tampaknya Zerubabel dikenal dengan nama Sesbazar. Kita mengetahui bahwa Zerubabel membangun dasar dari Bait Suci (3:8; 5:2; Zak. 4:9), namun di dalam sebuah surat resmi kepada Darius, dikatakan bahwa yang melakukan hal itu adalah Sesbazar (5:16). Zerubabel adalah cucu Raja Yoyakhin (Yekhonya; I Taw. 3:17-19) dan keturunan Yusuf (Mat. 1:12). Kenyataan bahwa I Tawarikh 3:19 menyebutnya sebagai putra Pedaya dan bukan Sealtiel (seperti di 3:2) menunjukkan bahwa Sealtiel tidak mempunyai anak dan Pedaya terikat dalam pernikahan levirat dengan janda kakaknya.

Wycliffe: Ezr 1:11 - Lima ribu empat ratus 11. Lima ribu empat ratus. Jumlah 2499 benda yang disebutkan pada ayat 9, 10 mungkin hanya merupakan jumlah dari benda-benda yang besar ukurannya.

11. Lima ribu empat ratus. Jumlah 2499 benda yang disebutkan pada ayat 9, 10 mungkin hanya merupakan jumlah dari benda-benda yang besar ukurannya.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Ezr 1:1-11 - Pemulihan kembali (Sabtu 13 September 2008) Pemulihan kembali Maklumat Raja Koresy mengizinkan orang Yahudi kembali ke tanah airnya dan membangun kembali rumah bagi Allah mereka. Maklumat i...

SH: Ezr 1:1-11 - Tuhan penggerak sejarah. (Selasa, 30 November 1999) Tuhan penggerak sejarah. Kitab Ezra menceritakan suatu permulaan baru bagi umat Israel. Setelah 70 tahun lamanya tertawan di negeri asing, mer...

Topik Teologia: Ezr 1:2 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Allah yang Empunya Langit Kej 24:7 2Ta 36:23 E...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ezra (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra Tema : Pemulihan Kaum Sisa Tanggal Penulisan: 450-420 SM Latar Belakang Kitab Ezra adalah bagian dari sejarah y...

Full Life: Ezra (Garis Besar) Garis Besar I. Rombongan Pertama Orang Buangan yang Kembali ke Yerusalem (Ezr 1:1-6:22) A. Pengumuman dan Persediaan ...

Jerusalem: Ezra (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: Ezra (Pendahuluan Kitab) KITAB ESRA-NEHEMIA PENDAHULUAN Kitab Esra-Nehemia menurut aselinja hanjalan sat karya sadja. Sebagaimana halnja dengan pelbagai kitab lainnja, barulah...

Wycliffe: Ezra (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN EZRA Judul. Kitab Ezra, seperti halnya Kitab Rut, Ayub, Ester dan lain-lain, dinamakan menurut tokoh utamanya. Orang Yahudi menganggap ki...

Wycliffe: Ezra (Garis Besar) GARIS BESAR EZRA I. Para Tawanan Kembali dari Babel (1:1-2:70) A. Ketetapan Raja Koresy (1:1-4) B. Persiapan untuk Mengadak...

BIS: Ezra (Pendahuluan Kitab) EZRA PENGANTAR Buku Ezra adalah lanjutan dari buku Tawarikh, dan menggambarkan keadaan bangsa Yahudi sehabis masa pembuangan di Babel. Setelah sebag

EZRA

PENGANTAR

Buku Ezra adalah lanjutan dari buku Tawarikh, dan menggambarkan keadaan bangsa Yahudi sehabis masa pembuangan di Babel. Setelah sebagian dari orang- orang buangan itu pulang ke Yerusalem, kehidupan dan ibadat bangsa Yahudi dipulihkan.

Peristiwa-peristiwa itu disajikan dalam babak-babak berikut:

  1. 1. Kelompok pertama orang-orang buangan Yahudi pulang dari Babel ke Yerusalem, sesuai dengan perintah Kores, raja Persia.
  2. 2. Rumah TUHAN di Yerusalem dibangun kembali dan ditahbiskan, dan ibadat dipulihkan.
  3. 3. Bertahun-tahun kemudian kelompok Yahudi lain kembali ke Yerusalem di bawah pimpinan Imam Ezra, seorang ahli hukum Allah. Ezra membantu menyusun kembali kehidupan rakyat dalam bidang agama dan sosial, agar dapat melindungi warisan rohani Israel.

Isi

  1.  Pemulangan pertama dari tempat pembuangan
    Ezr 1:1-2:70
  2.  Rumah TUHAN dibangun kembali dan ditahbiskan
    Ezr 3:1-6:22
  3.  Ezra kembali bersama-sama dengan para buangan lain
    Ezr 7:1-10:44

Ajaran: Ezra (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya anggota jemaat yakin bahwa baginya juga tersedia kasih dan kemurahan Allah mengampuni dosa-dosa mereka, ketika melihat kasih dan kemur

Tujuan

Supaya anggota jemaat yakin bahwa baginya juga tersedia kasih dan kemurahan Allah mengampuni dosa-dosa mereka, ketika melihat kasih dan kemurahan Allah dalam Kitab Ezra kepada umat pilihan-Nya.

Pendahuluan

Penulis : Ezra.

Isi Kitab: Menurut urutan peristiwa yang tertulis dalam Kitab Ezra ini. Ezra ingin menjelaskan tentang, keadaan umat pilihan Allah dari pembuangan di Babel. Kitab ini terbagi atas 10 pasal.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ezra

  1. Pasal 1-6 (Ezr 1:1-6:22).

    Umat Allah kembali dari pembuangan di Babel dan membangun Dalam pasal-pasal ini, dijelaskan tentang raja Koresy, yang berkuasa pada waktu itu, mengijinkan umat Allah kembali ke Yerusalem untuk membangun Bait Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ezr 1:1-4. Mengapakah raja Koresy menyuruh umat Allah kembali k Yerusalem? Hal ini berarti Tuhan lebih berkuasa dar raja-raja di dunia.
    2. Bacalah pasal Ezr 3:1-2,12-13. Bagaimanakah perasaan hati umat Allah pada saat selesa membuat mezbah dan meletakkan dasar bangunan Bait Allah? Mengapa demikian?
    3. Akhirnya pembangunan rumah ibadah selesa (pasal Ezr 6:16-17).
  2. Pasal 7-10 (Ezr 7:1-10:44).

    Pembaharuan oleh Ezra atas bangsa Israel

    Ezra kembali ke Yerusalem dengan surat kuasa dari raja Artahsasta. Dan mulailah pembaharuan terjadi di Yerusalem.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ezr 9:1-5,15. Sebagai seorang hamba Tuhan, Ezra menunjukka keprihatinannya dan juga tanggung jawabnya atas uma Allah. Bagaimana sikap saudara, kalau menjadi pemimpin?
    2. Bacalah pasal Ezr 10:1-6. Ezra bukan saja menaruh perhatian, tetapi ia bertindak. Dan apakah akibat tindakan Ezra ini?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Pemulihan kembali umat Allah dari pembuangan membuktikan bahwa Allah tetap setia dalam memberikan pengampunan kepada umat-Nya yang jatuh ke dalam dosa.

  2. Dengan melihat pembangunan Rumah Tuhan oleh Ezra, jelaslah bahwa Allah berkenan kepada pembangunan rumah-rumah ibadah kepada-Nya.

  3. Pernikahan anak-anak Tuhan dengan orang-orang yang tidak mengenal-Nya, merupakan dosa atau perzinahan di hadapan Allah.

  4. Pemulihan kembali umat Allah dari pembuangan, merupakan penggenapan Allah terhadap Firman-Nya, melalui nubuatan nabi-nabi-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menjadi penulis Kitab ini?
  2. Mengapakah pembangunan rumah Tuhan mengalami penundaan?
  3. Apakah yang diberikan raja Artahsasta kepada Ezra?
  4. Dosa apakah yang dilakukan oleh bangsa pilihan Allah itu, sehingga Ezr mengajak melakukan pengudusan diri?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari mempelajari Kitab Ezra?

Intisari: Ezra (Pendahuluan Kitab) Bangsa yang bangkit dari debu LATAR BELAKANGYerusalem dihancurkan oleh tentara Babel pada tahun 587 S.M. dan bangsa Yehuda dibuang ke pengasingan. Pe

Bangsa yang bangkit dari debu

LATAR BELAKANG
Yerusalem dihancurkan oleh tentara Babel pada tahun 587 S.M. dan bangsa Yehuda dibuang ke pengasingan. Peristiwa itu terjadi hampir lima puluh tahun sebelum Kerajaaan Babel ditumbangkan oleh bangsa Persia. Penguasa mereka, Koresy, mengambil suatu kebijaksanaan baru dengan mengizinkan orang-orang buangan kembali ke tanah air mereka, memberikan segala bantuan yang diperlukan untuk membangun kembali rumah-rumah ibadah dan menyelenggarakan ibadah mereka kembali. Banyak orang Yahudi yang sudah betah tinggal di pengasingan dan mereka tidak ingin kembali ke tanah air mereka. Kitab Ezra dimulai dengan kembalinya orang-orang Yahudi kurang lebih tahun 538 S.M.. Pasal Ezr 1-6 menceritakan apa yang terjadi dua puluh dua tahun kemudian ketika di bawah pimpinan Zerubabel mereka menghadapi banyak kekecewaan, tetapi akhirnya mereka dapat menyelesaikan pembangunan kembali Rumah Tuhan. Ezra sendiri tidak diperkenalkan sampai pasal Ezr 7:1. Ia memimpin serombongan orang buangan kembali ke tanah air mereka pada tahun 458 S.M.. Pasal Ezr 7-10 menceritakan cara Ezra membangun kembali bangsa itu menjadi bangsa yang hidupnya berkenan kepada Allah. Perlu dicatat bahwa ada masa tenang selama hampir enam puluh tahun di antara pasal Ezr 6:22 dan Ezr 7:1.

KITAB ITU
Kitab Ezra merupakan bagian dari suatu kisah bersambung yang dimulai dari permulaan I Tawarikh sampai pada akhir Nehemia.
Perhatikan:
1. Ezra mungkin tidak menulis kitab itu sendiri, walaupun bagian kedua kisah itu diambil dari catatan hariannya.
2. Seringkali sukar untuk menentukan berbagai tahun kejadian. Kisah mengenai perlawanan di bawah Artahsasta (Ezr 4:7-24) menunjuk pada masa yang kemudian dibandingkan dengan apa yang terjadi pada bagian permulaan kitab ini.
3. Ezra bukanlah semata-mata catatan sejarah. Si Penulis menggunakan sejarah untuk mengajar kita bagaimana Allah menangani umat-Nya. Pengajaran-pengajaran itu masih berlaku sampai saat ini.

EZRA
Ezra adalah seorang terpelajar yang menjadi Menteri Negara urusan orang Yahudi dalam pemerintahan Artahsasta. Kehidupannya yang boleh jadi sangat mengesankan di hadapan raja ditandai dengan tiga sifat, yaitu: ia berdedikasi tinggi mempelajari kitab suci (Ezr 7:10); ia memperagakan keberanian untuk percaya kepada Allah (Ezr 8:21-23) dan ia dengan rendah hati menunjukkan solidaritas terhadap bangsanya (Ezr 9:6-15).

Pesan

1. Apa yang diajarkan Ezra mengenai Allah
Ezra berbicara mengenai Allah sebagai Tuhan penguasa langit dan bumi (Ezr 1:2; 5:11), namun demikian ia Allah yang dapat dikenal dan dipercayai oleh umat-Nya.
Allah yang:
o memenuhi janji-janji-Nya. Ezr 1:1
o menggenapi rencana-Nya. Ezr 1:1, 5
o menjaga kekudusan secara mutlak. Ezr 4:3, 9:15
o mengubah yang jelek menjadi baik. Ezr 5:3-6:12
o mengatur segala segi kehidupan manusia. Ezr 7:27, 28
o melindungi umat-Nya. Ezr 8:21-23
o menjawab doa-doa mereka. Ezr 8:23,31
o di atas segalanya, baik. Ezr 3:11

2. Apa yang diajarkan Ezra mengenai penyembahan
Pemulihan kembali tata ibadah penyembahan merupakan prioritas utama bagi mereka yang kembali dari pembuangan. Ezr 3:1-6
Pelaku ibadat:
o bersatu. Ezr 3:1
o penuh sukacita. Ezr 3:11-13; 6:16
o tidak mengenal kompromi. Ezr 4:1-3, 6:21
o bertobat. Ezr 6:17
o taat. Ezr 3:2; 6:18

3. Apa yang diajarkan Ezra mengenai dosa
o dosa harus ditangani dengan sungguh-sungguh. Ezr 9:3,4; 10:6
o dosa dapat berbentuk suatu kompromi yang tidak kelihatan. Ezr 4:1-3; 9:1-3
o dalam menangani dosa diperlukan pengakuan yang sungguh-sungguh tanpa mencoba untuk membela diri. Ezr 9:5-15
o pemulihan dosa hanya dapat terjadi dengan belas kasihan Allah. Ezr 9:13
o untuk menghalau dosa diperlukan langkah-langkah praktis. Ezr 10:7-17

Penerapan

1. Bagi para pemimpin dunia
o Allah mengatur segala masalah dunia.
o Allah akan memberkati mereka yang memperlakukan bangsa yang tertekan dengan adil.
o Allah akan menghargai mereka yang menepati janji.

2. Bagi gereja Kristen
o Uang harus diberikan untuk pekerjaan Allah dengan bebas dan dengan murah hati.
o Ibadah harus dipersembahkan kepada Allah dengan penuh sukacita.
o Persatuan dalam gereja adalah penting.
o Jagalah kemurnian penyembahan Anda: jangan membuang kekhasan ibadah Anda sebagai akibat kompromi dengan kepercayaan lain.
o Suatu perubahan sikap yang radikal -- meninggalkan cara hidup yang penuh dosa -- diperlukan jika Anda ingin Allah memberkati Anda.

3. Bagi pribadi-pribadi Kristen
o Jadikan ibadah kepada Allah sebagai prioritas utama.
o Jangan memandang enteng dosa.
o Pelajari Alkitab secara sungguh-sungguh.
o Taatilah Tuhan secara mutlak.
o Percayalah pada pemeliharaan Allah.
o Berilah persembahan dengan murah hati.
o Ambillah langkah-langkah praktis untuk bertambah-tambah dalam kesucian.

Tema-tema Kunci

Sejumlah tema dalam kitab Ezra mengundang orang Kristen untuk meninjau hubungan mereka dengan Allah.

1. Pengalaman Kristiani
Ezra menyadari bahwa Allah bekerja dalam hidupnya dan memimpin setiap langkahnya. Camkanlah khususnya ungkapan ini, "tangan Tuhan Allahnya berada di atasnya" (Ezr 7:6,9,28; 8:22,31). Pada saat-saat apa Anda merasakan kuasa Allah dalam hidup Anda?

2. Ambisi Kristiani
Kerinduan terbesar dalam kehidupan Ezra adalah firman Allah (Ezr 7:10). Ia mempelajarinya; menaati dan mengajarkannya. Belajar dan ketaatan seharusnya berjalan berdampingan. Lihatlah betapa erat hubungannya dengan Mazmur 119. Dengan cara bagaimana mempelajari Alkitab mempengaruhi hidup Anda?

3. Memberi secara Kristiani
Cara Anda menggunakan harta milik Anda merupakan suatu indikasi keadaan rohani Anda. Bangsa Yahudi yang baru kembali dari pembuangan memberi dengan spontan kepada Allah (Ezr 2:68,69). Tinjaulah kembali apa yang Anda berikan kepada Allah di bawah terang pengajaran yang terdapat dalam 2Korintus 8 dan 2Korintus 9, dan 1Korintus 16:2.

4. Kemurnian Kristiani
Tinjaulah hidup Anda dengan maksud untuk menemukan titik-titik rawan tempat Anda cenderung mengadakan kompromi dengan iman Anda. Langkah-langkah praktis apa saja yang dapat Anda ambil untuk memastikan bahwa Anda tidak mengadakan kompromi.

5. Kegagalan Kristiani
Pada waktu Anda mengalami kegagalan seperti yang dialami oleh bangsa Yahudi, apa yang telah Anda lakukan? Sebagian orang mencoba untuk melupakannya, tetapi Ezra (Ezr 9:1-10:44) mengajarkan bahwa kegagalan harus dihadapi, diakui, disesali dan diluruskan. Dengan jalan demikian pengampunan sejati dapat dirasakan.

6. Iman Kristiani
Tindakan Ezra untuk kembali ke Yerusalem tanpa dikawal oleh pasukan bersenjata merupakan tindakan yang sangat berani (Ezr 8:21-23). Mengapakah ia melakukan hal itu? Melalui perbuatan iman, baik kecil maupun besar, apakah Allah telah memanggil Anda dalam kehidupan kekristenan Anda? Sampai di mana pertumbuhan rohani bergantung pada perbuatan iman seperti itu.

Garis Besar Intisari: Ezra (Pendahuluan Kitab) [1] KEMBALI DARI PEMBUANGAN DI BAWAH PEMERINTAHAN KORESY Ezr 1:1-6:22 Pembangunan kembali Rumah Tuhan Ezr 1:1-11Koresy mengizinkan orang Yahudi pu

[1] KEMBALI DARI PEMBUANGAN DI BAWAH PEMERINTAHAN KORESY Ezr 1:1-6:22

Pembangunan kembali Rumah Tuhan

Ezr 1:1-11Koresy mengizinkan orang Yahudi pulang ke negeri mereka
Ezr 2:1-67Daftar orang-orang yang kembali dari pembuangan
Ezr 2:68-70Apa yang pertama-tama dilakukan di Yerusalem
Ezr 3:1-6Tata cara ibadat lama dipulihkan
Ezr 3:7-13Peletakan pondasi pembangunan Rumah Tuhan
Ezr 4:1-24Bangsa Yahudi menghadapi perlawanan
Ezr 5:1-17Penyelidikan arsip
Ezr 6:1-12Penganiayaan membuahkan berkat
Ezr 6:13-22Rumah Tuhan selesai dibangun

[2] KEMBALI DARI PEMBUANGAN DI BAWAH PEMERINTAHAN ARTAHSASTA Ezr 7:1-10:44

Pembangunan kembali bangsa Yahudi

Ezr 7:1-28Ezra diperintahkan untuk kembali ke negerinya
Ezr 8:1-20Daftar orang yang kembali dari pembuangan
Ezr 8:21-36Peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh Ezra
Ezr 9:1-5Dosa ditunjukkan
Ezr 9:6-15Doa pengakuan dosa Ezra
Ezr 10:1-5Reformasi dimulai
Ezr 10:6-15Perintah langsung dari Ezra
Ezr 10:16-44Nama-nama mereka yang tidak menghormati perintah Tuhan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #07: Klik ikon untuk mendengarkan pasal yang sedang Anda tampilkan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.19 detik
dipersembahkan oleh YLSA