Teks -- Mazmur 78:60-72 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
BIS -> Mzm 78:60
Silo: Pusat penyembahan Allah bagi orang Israel sebelum masa Daud.
Jerusalem: Mzm 78:1-72 - Pelajaran dari sejarah Ini sebuah renungan seseorang yang berhikmat tentang sejarah umat Israel, bdk Yes 63:7 dst; Maz 105:1-45; 106:1-48; 114:1-8; 136:1-26; Wis 16:1-18:25....
Ini sebuah renungan seseorang yang berhikmat tentang sejarah umat Israel, bdk Yes 63:7 dst; Maz 105:1-45; 106:1-48; 114:1-8; 136:1-26; Wis 16:1-18:25. Pesajak memikirkan keluaran umat dari Mesir, Maz 78:11-14, perjalanannya di padang gurun, Maz 78:15-53, masuknya ke negeri Kanaan dan hidupnya di situ di zaman para Hakim sampai dengan raja Daud, Maz 78:54-72. Renungan itu disajikan oleh karena memang wajib memelihara dan meneruskan tradisi, Maz 78:1-7, sebagai pengajaran bagi keturunan nenek moyang, supaya keturunan itu jangan menempuh jalan kedosaan yang sama. Sebab sama dengan tradisi Ulangan, pemazmur menekankan bahwa sejarah umat Israel itu ialah: Allah berbuat baik bagi umat, tetapi umat terus-menerus mendurhaka, Maz 78:8-10. allah tiap-tiap kali menghukum, tetapi juga tiap-tiap kali mengasihani umatNya. Yang pertama-tama disalahkan pemazmur (dari kalangan Yehuda) ialah suku Efraim, Maz 78:9-10, artinya: kerajaan utara, asal usul bangsa Samaria yang bermusuhan dengan bangsa Yahudi. Sebaliknya, kepilihan suku Yehuda dan keturunan Daud sangat ditonjolkan, Maz 78:68-72. Dalam hal ini Maz 78 sejalan dengan kitab Tawarikh.
Jerusalem: Mzm 78:61 - kekuatanNya Kekuatan (dan kehormatan) Allah itu ialah tabut perjanjian yang dirampas orang Filistin, 1Sa 4:19 dst; Maz 132:6+.
Jerusalem: Mzm 78:63 - tidak lagi dipuja dengan nyanyian Artinya: Gadis-gadis tidak dapat dipuji-puji lagi dalam pesta pernikahan, oleh karena semua pemuda ditewaskan Allah (api) dalam perang.
Artinya: Gadis-gadis tidak dapat dipuji-puji lagi dalam pesta pernikahan, oleh karena semua pemuda ditewaskan Allah (api) dalam perang.
Ialah orang Filistin yang secara definitip dikalahkan Daud.
Jerusalem: Mzm 78:67 - menolak kemah Yusuf Tabut perjanjian tidak dikembalikan ke Silo, daerah suku Yusuf (kerajaan utara), tetapi dibawa ke wilayah Yehuda dan akhirnya ke Yerusalem, bdk Maz 87...
Tabut perjanjian tidak dikembalikan ke Silo, daerah suku Yusuf (kerajaan utara), tetapi dibawa ke wilayah Yehuda dan akhirnya ke Yerusalem, bdk Maz 87:2.
Jerusalem: Mzm 78:69 - setinggi langit Dalam naskah Ibrani tertulis: (makhluk-makhluk) yang tinggi. Agaknya pemazmur berpikir kepada bait Allah di Yerusalem sebagai tiruan bait Allah yang s...
Dalam naskah Ibrani tertulis: (makhluk-makhluk) yang tinggi. Agaknya pemazmur berpikir kepada bait Allah di Yerusalem sebagai tiruan bait Allah yang sebenarnya, yaitu sorga. Bdk Maz 11:4; 29:2; 48:3.
Jerusalem: Mzm 78:71 - menggembalakan Daud adalah gembala raja yang dicita-citakan dan iapun wakil dari Gembala yang sebenarnya, ialah Tuhan sendiri. Daud adalah lambang Raja-Mesias yang d...
Daud adalah gembala raja yang dicita-citakan dan iapun wakil dari Gembala yang sebenarnya, ialah Tuhan sendiri. Daud adalah lambang Raja-Mesias yang dinantikan, bdk Yeh 34:23; 37:24.
Ende: Mzm 78:1-72 - -- Mazmur ini adalah tjiptaan seorang guru kebidjaksanaan. Ia memandang sedjarah
bangsa Israil, pengungsiannja dari Mesir (Maz 78:11-14), perdjalanannja
...
Mazmur ini adalah tjiptaan seorang guru kebidjaksanaan. Ia memandang sedjarah bangsa Israil, pengungsiannja dari Mesir (Maz 78:11-14), perdjalanannja dipadang gurun (Maz 78:15-53), masuknja kedalam negeri Kena'an dan hidupnja disana pada masa para Hakim dan Sjemuel sampai tampilannja radja Dawud (Maz 78:54-72). Pengarang berbuat demikian oleh karena hadits itu adalah wadjib bagi umat Israil (Maz 78:1-7). Isi seluruh sedjarah itu ialah: Tuhan berbuat baik terhadap umatNja, malahan berbuat mudjidjat, tetapi umat itu terus menerus mendurhaka dan murtad daripada (Maz 78:8-10). Sebenarnja Allah tiap2 kali menghukum mereka, tetapi tiap2 kali menjajanginja pula.
Chususnja suku2 bangsa Efraim dan Jusuf dituduh pengarang (Maz 9:1-20; 67:1-7), sedangkan Juda dipudjinja (Maz 68). Agaknja ia sendiri termasuk suku bangsa ini dan ia ingat bagaimana Israil (keradjaan utara) kemudian murtad sama sekali. Lagu ini menjerupai Maz 105:1-106:48.
ialah tentara Israil dan Peti Perdjandjian.
Ende: Mzm 78:63 - dara2nja...dst Mereka tidak di-pudji2 dalam pesta pernikahan, oleh karena
mereka tidak dapat berkawin lagi, sebab pemuda tewas.
Mereka tidak di-pudji2 dalam pesta pernikahan, oleh karena mereka tidak dapat berkawin lagi, sebab pemuda tewas.
Ende: Mzm 78:67 - -- Peti Perdjandjian jang direbut orang2 Felesjet tiada dikembalikan ke Sjilo
(wilajah suku bangsa Efraim), melainkan dibawah ke Juda dan achirnja ke
Jer...
Peti Perdjandjian jang direbut orang2 Felesjet tiada dikembalikan ke Sjilo (wilajah suku bangsa Efraim), melainkan dibawah ke Juda dan achirnja ke Jerusjalem.
Ref. Silang FULL: Mzm 78:60 - di Silo // antara manusia · di Silo: Yos 18:1; Yos 18:1
· antara manusia: Yeh 8:6
Ref. Silang FULL: Mzm 78:61 - membiarkan kekuatan-Nya // tertawan · membiarkan kekuatan-Nya: Mazm 132:8
· tertawan: 1Sam 4:17; 1Sam 4:17
· membiarkan kekuatan-Nya: Mazm 132:8
Ref. Silang FULL: Mzm 78:62 - dimakan pedang // atas milik-Nya · dimakan pedang: Ul 28:25; Ul 28:25
· atas milik-Nya: 1Sam 10:1; 1Sam 10:1
Ref. Silang FULL: Mzm 78:63 - dimakan api // nyanyian perkawinan · dimakan api: Bil 11:1; Bil 11:1
· nyanyian perkawinan: 1Raj 4:32; 1Raj 4:32; Yer 7:34; 16:9; 25:10
· dimakan api: Bil 11:1; [Lihat FULL. Bil 11:1]
· nyanyian perkawinan: 1Raj 4:32; [Lihat FULL. 1Raj 4:32]; Yer 7:34; 16:9; 25:10
· yang tertidur: Mazm 44:24
· suku Efraim: Yer 7:15; Hos 9:13; 12:2
Ref. Silang FULL: Mzm 78:68 - suku Yehuda // gunung Sion · suku Yehuda: Bil 1:7; Bil 1:7; Mazm 108:9
· gunung Sion: Kel 15:17; Kel 15:17; Mazm 68:17; Mazm 68:17
· suku Yehuda: Bil 1:7; [Lihat FULL. Bil 1:7]; Mazm 108:9
· gunung Sion: Kel 15:17; [Lihat FULL. Kel 15:17]; Mazm 68:17; [Lihat FULL. Mazm 68:17]