Teks -- Pengkhotbah 3:14-22 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Pkh 3:16-17 - DI SITUPUN TERDAPAT KETIDAKADILAN.
Nas : Pengkh 3:16-17
Di dalam dunia ini kesempurnaan maksud-maksud Allah tercemar oleh
ketidakadilan dan kefasikan. Tetapi, Salomo menambahkan, kit...
Nas : Pengkh 3:16-17
Di dalam dunia ini kesempurnaan maksud-maksud Allah tercemar oleh ketidakadilan dan kefasikan. Tetapi, Salomo menambahkan, kita bisa yakin bahwa Allah akan, pada waktu-Nya sendiri, menghukum orang fasik dan memberikan upah kepada orang benar (bd. Rom 2:5-11).
Full Life: Pkh 3:19 - DEMIKIAN JUGA YANG LAIN.
Nas : Pengkh 3:19
Menurut ilmu hayat, manusia mati seperti binatang; kenyataan ini
menunjukkan kelemahan dan kerapuhan kita sehingga seharusnya men...
Nas : Pengkh 3:19
Menurut ilmu hayat, manusia mati seperti binatang; kenyataan ini menunjukkan kelemahan dan kerapuhan kita sehingga seharusnya menyebabkan kita takut dan menaati Allah (Pengkh 12:13).
Full Life: Pkh 3:21 - NAFAS MANUSIA NAIK KE ATAS.
Nas : Pengkh 3:21
Dengan mengamati secara jasmaniah saja tidak ada orang yang bisa
menentukan apakah roh (versi Inggris NIV -- spirit -- roh) seseo...
Nas : Pengkh 3:21
Dengan mengamati secara jasmaniah saja tidak ada orang yang bisa menentukan apakah roh (versi Inggris NIV -- spirit -- roh) seseorang itu "naik ke atas". Salomo menyatakan makna ayat ini ketika dalam Pengkh 12:7 ia mengatakan, "Debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya" (bd. Mazm 16:9-11; 49:16; 73:23-26; Yes 26:19; Dan 12:2-3).
Jerusalem: Pkh 3:1-22 - -- Usaha dan pekerjaan manusia kebanyakan hanya menyedihkan saja dan separuh dari hidupnya ialah berkabung. Kematianlah yang memberikan cirinya kepada se...
Usaha dan pekerjaan manusia kebanyakan hanya menyedihkan saja dan separuh dari hidupnya ialah berkabung. Kematianlah yang memberikan cirinya kepada seluruh hidup manusia. Hidup itu hanya sederetan perbuatan yang tidak kait-mengait dan tidak beruntun-runtun, Pengk 2:1-8, dan tidak bertujuan, Pengk 2:9-13, kecuali kematian yang tidak bermakna sama sekali, Pengk 2:14-22.
Jerusalem: Pkh 3:14 - Aku tahu... Menurut ajaran lazim mengenai pembalasan, maka kematian adalah hukuman atas dosa. Tetapi menurut Pengkhotbah kematian merupakan sebuah unsur yang waja...
Menurut ajaran lazim mengenai pembalasan, maka kematian adalah hukuman atas dosa. Tetapi menurut Pengkhotbah kematian merupakan sebuah unsur yang wajar bagi manusia. Kesalehan dan kebajikan sekali-kali tidak berpengaruh dalam hal kematian. Bahkan di bidang kehakimanpun yang lebih berkuasa mendapat kemenangan, Pengk 2:16,18. Namun demikian Allah mengutamakan orang yang lemah, Pengk 2:15+.
Jerusalem: Pkh 3:15 - mencari yang sudah lalu Maksud ungkapan ini kurang jelas. Dapat diartikan: apa yang sudah hilang lenyap oleh Allah "dicari" dan diciptakan kembali. Mungkin juga bahwa kata Ib...
Maksud ungkapan ini kurang jelas. Dapat diartikan: apa yang sudah hilang lenyap oleh Allah "dicari" dan diciptakan kembali. Mungkin juga bahwa kata Ibrani yang di sini diterjemahkan dengan: yang sudah lalu, mesti diterjemahkan dengan: orang yang dikejar. Kalau demikian, maka ungkapan itu berarti: Allah mencari orang yang dikejar, yang tertimpa ketidakadilan; mereka tidak terluput dari tangan Allah, bahkan "dicari" diutamakan oleh Allah.
Jerusalem: Pkh 3:16 - di tempat keadilan.... Dalam naskah Ibrani tertulis: dan di tempat keadilan, di situpun terdapat orang yang tidak adil. Ini dapat diperbaiki dengan dua cara. Yang satu seper...
Dalam naskah Ibrani tertulis: dan di tempat keadilan, di situpun terdapat orang yang tidak adil. Ini dapat diperbaiki dengan dua cara. Yang satu seperti terjadi dalam terjemahan Indonesia ini, yang lain ialah sbb: di tempat orang adil, di situpun terdapat orang yang tidak adil.
Jerusalem: Pkh 3:18 - dan memperlihatkan kepada mereka Ini menurut terjemahan Yunani dan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: dan agar mereka melihat
Ini menurut terjemahan Yunani dan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: dan agar mereka melihat
Jerusalem: Pkh 3:18 - hanyalah binatang Dalam naskah Ibrani tertulis hanyalah binatang seorang kepada seorang. Tetapi bagian terakhir perlu dihilangkan. Sebab seluruh bagian ini tidak mengur...
Dalam naskah Ibrani tertulis hanyalah binatang seorang kepada seorang. Tetapi bagian terakhir perlu dihilangkan. Sebab seluruh bagian ini tidak menguraikan tentang kejahatan manusia satu sama lain, tetapi mengenai kematian yang tidak terhindar: manusia mati sama seperti binatang.
Bdk Kej 2:7; 3:19; Maz 104:29; Ayu 34:15; Sir 16:29-20; Ams 15:24+
Jerusalem: Pkh 3:21 - Siapakah yang mengetahui Catatan ini mengenai kebimbangan dan ketidaktahuan perihal nasib manusia setelah mati. Dan ini menjadikan kematian sesuatu yang amat menakutkan dan me...
Catatan ini mengenai kebimbangan dan ketidaktahuan perihal nasib manusia setelah mati. Dan ini menjadikan kematian sesuatu yang amat menakutkan dan mengejutkan. Di lain tempat dalam kitab pengkhotbah ada keterangan yang kurang suram: roh manusia kembali kepada Allah, bdk Pengk 12:7+.
Bdk Pengk 2:24+.
ialah: samasekali ditentukan dengan tiada perubahan2.
Ende: Pkh 3:15 - jang dikedjar ialah barang jang hilang dan diikuti sesuatu jang lain se-akan2
dienjahkan, dikedjar olehnja. Lalu Allah "mentjarinja", ialah dengan mendjadikan
jang ...
ialah barang jang hilang dan diikuti sesuatu jang lain se-akan2 dienjahkan, dikedjar olehnja. Lalu Allah "mentjarinja", ialah dengan mendjadikan jang sama pula!
Ende: Pkh 3:17-18 - -- Dahulu si Pengchotbah berpendapat semua ketidak-adilan akan dihukum sesuai
dengan adjaran umum pada guru2 kebidjaksanaan. Akan tetapi pengalaman
membu...
Dahulu si Pengchotbah berpendapat semua ketidak-adilan akan dihukum sesuai dengan adjaran umum pada guru2 kebidjaksanaan. Akan tetapi pengalaman membuktikan, bahwa tidaklah terdjadi demikian. Lalu Pengchotbah menduga maksud jang lain dari pihak Allah (Pengk 3:18-19).
Ende: Pkh 3:19-21 - -- Si Pengchotbah tahu baik2 akan perbedaan antara manusia dan binatang. Tetapi
kesudahan ke-dua2nja adalah sama sadja. Ia belum tahu akan dunia baka.
Si Pengchotbah tahu baik2 akan perbedaan antara manusia dan binatang. Tetapi kesudahan ke-dua2nja adalah sama sadja. Ia belum tahu akan dunia baka.
diperbaiki sedikit. Naskah Hibrani tiada terang.
diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "untuk melihat".
· akan Dia: Ayub 23:15; [Lihat FULL. Ayub 23:15]; Pengkh 5:6; 7:18; 8:12-13
Ref. Silang FULL: Pkh 3:15 - sudah ada // lama ada · sudah ada: Pengkh 6:10
· lama ada: Pengkh 1:9; Pengkh 1:9
· sudah ada: Pengkh 6:10
· lama ada: Pengkh 1:9; [Lihat FULL. Pengkh 1:9]
Ref. Silang FULL: Pkh 3:17 - akan mengadili // segala pekerjaan · akan mengadili: Ayub 19:29; Ayub 19:29; Pengkh 11:9; 12:14
· segala pekerjaan: Pengkh 3:1
· akan mengadili: Ayub 19:29; [Lihat FULL. Ayub 19:29]; Pengkh 11:9; 12:14
· segala pekerjaan: Pengkh 3:1
· hanyalah binatang: Mazm 73:22; [Lihat FULL. Mazm 73:22]
· Karena nasib: Pengkh 2:14; [Lihat FULL. Pengkh 2:14]
Ref. Silang FULL: Pkh 3:20 - kedua-duanya kembali · kedua-duanya kembali: Kej 2:7; Kej 2:7; Ayub 34:15; Ayub 34:15
· kedua-duanya kembali: Kej 2:7; [Lihat FULL. Kej 2:7]; Ayub 34:15; [Lihat FULL. Ayub 34:15]
· ke atas: Pengkh 12:7
Ref. Silang FULL: Pkh 3:22 - dalam pekerjaannya // adalah bahagiannya · dalam pekerjaannya: Pengkh 2:24; Pengkh 2:24
· adalah bahagiannya: Ayub 31:2; Ayub 31:2
· dalam pekerjaannya: Pengkh 2:24; [Lihat FULL. Pengkh 2:24]