Teks -- Keluaran 22:19-31 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Kel 22:22-24; Kel 22:25
Full Life: Kel 22:22-24 - JANDA ATAU ANAK YATIM.
Nas : Kel 22:22-24
Aneka peraturan dalam ayat Kel 22:22-27 menyatakan bahwa Allah
sangat memperhatikan kesulitan-kesulitan yang dihadapi seorang ja...
Nas : Kel 22:22-24
Aneka peraturan dalam ayat Kel 22:22-27 menyatakan bahwa Allah sangat memperhatikan kesulitan-kesulitan yang dihadapi seorang janda, orang miskin, orang malang, dan Ia terdorong oleh belas kasihan terhadap mereka (bd. Ul 24:6,12-13; Ayub 22:6; 24:7; Yeh 18:12,16;
lihat cat. --> Mr 6:34;
lihat cat. --> Mr 8:2;
lihat cat. --> Luk 2:36-37;
lihat cat. --> Luk 7:13;
[atau ref. Mr 6:34; 8:2; Luk 2:36-37; 7:13]
lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT).
Full Life: Kel 22:25 - JIKA ENGKAU MEMINJAMKAN UANG.
Nas : Kel 22:25
Allah melarang minta bunga atas uang yang dipinjamkan kepada mereka
yang kekurangan untuk menyediakan kebutuhan pokoknya (bd.
Im 25...
Nas : Kel 22:25
Allah melarang minta bunga atas uang yang dipinjamkan kepada mereka yang kekurangan untuk menyediakan kebutuhan pokoknya (bd. Im 25:25,35,39,47). Allah ingin mencegah orang miskin diperas oleh golongan kaya. Akan tetapi, hukum ini tidak melarang peminjaman uang dengan bunga yang wajar kepada orang bukan Israel dengan tujuan komersial (bd. Ul 23:19-20; Hab 2:6; Mat 25:27; Luk 19:23).
Jerusalem: Kel 19:1--40:38 - -- Sebagian besar dari bagian terakhir kitab Keluaran ini, yaitu Kel 19:1-2; 24:15-31:18; 34:29-35:8, berasal dari tradisi Para Imam. Bagian yang memuat ...
Sebagian besar dari bagian terakhir kitab Keluaran ini, yaitu Kel 19:1-2; 24:15-31:18; 34:29-35:8, berasal dari tradisi Para Imam. Bagian yang memuat Kitab (Hukum) Perjanjian, Kel 20:22-23:33, harus dipisahkan, sebab baru belakangan dihubungkan dengan peristiwa di gunung Sinai. Bagian-bagian lain berasal dari sumber-sumber yang lebih tua usianya. Sering sukar menentukan bagian manakah berasal dari tradisi Yahwista dan bagian manakah berasal dari tradisi Elohista. Menurut pandangan penyusun terakhir kisah ini maka perjanjian yang diadakan Musa meneguhkan kepilihan bangsa Israel serta janji-janji yang telah diberikan kepadanya, Kel 6:5-7, sama seperti perjanjian dengan Abraham (yang disinggung dalam Kel 6:4) meneguhkan janji-janji yang terdahulu, Kej 17. Akan tetapi perjanjian dengan Abraham diadakan dengan seorang saja (walaupun perjanjian itu menyangkut keturunannya) dan disertai satu perintah saja (sunat). Perjanjian di gunung Sinai langsung menyangkut seluruh bangsa yang menerima hukum: kesepuluh perintah (Allah) serta Kitab Perjanjian. Bersama dengan semua tambahannya dari zaman kemudian hukum tsb menjadi piagam agama Yahudi, Sir 24:9-27 menyamakan Hukum Taurat itu dengan Hikmat Allah. Tetapi sekaligus hukum itu "menjadi suatu saksi terhadap bangsa Israel", Ula 31:26, artinya: pelanggaran hukum Taurat oleh umat Israel akan membatalkan segala janji dan akan mendatangkan kutuk Allah. Maka hukum Taurat hanya berperan sebagai pengajaran dan paksaan untuk menyiapkan manusia bagi kedatangan Kristus yang akan mengadakan suatu perjanjian yang baru. Peranan sementara dari hukum Taurat itu diterangkan Paulus dalam uraiannya melawan orang Kristen yang hendak memaksakan hukum Taurat kepada orang Kristen bukan Yahudi, Gal 3; Rom 7.
Jerusalem: Kel 20:22--23:33 - -- Berdasarkan Kel 24:7 bagian Keluaran ini lazimnya disebut "Kitab Perjanjian", meskipun Kel 24:7 sebenarnya hanya mengenai Dekalog. Kumpulan hukum dan ...
Berdasarkan Kel 24:7 bagian Keluaran ini lazimnya disebut "Kitab Perjanjian", meskipun Kel 24:7 sebenarnya hanya mengenai Dekalog. Kumpulan hukum dan adat-istiadat itu tidak mungkin diumumkan di gunung Sinai, sebab mengandaikan suatu masyarakat yang sudah menetap dan bertani. Kumpulan itu sebenarnya berasal dari zaman bangsa Israel mulai menetap di negeri Kanaan, jadi sebelum masa kerajaan. Oleh karena dalam hukum dan adat-istiadat itu Dekalog diterapkan pada hidup yang nyata, maka kumpulan itu dipandang sebagai piagam perjanjian yang diikat di gunung Sinai dan justru karena itulah disisipkan ke dalam kisah tentang diikatnya perjanjian itu, lalu ditempatkan sesudah Dekalog. Karena itupun boleh disebut "Kitab Perjanjian". Antara Kitab Perjanjian dan Kitab Hukum Hammurabi, kitab Hukum bangsa Het serta Maklumat Horemhed ada beberapa kesamaan yang cukup menyolok. Namun ini tidak berarti bahwa Kitab Perjanjian itu meminjam bahannya dari kitab-kitab hukum tsb. Hanya semua kitab hukum itu, termasuk Kitab Perjanjian, mempunyai sumber bersama. Sumber itu ialah hukum adat kuno bersama yang dalam masing-masing kitab hukum tsb disesuaikan dengan bangsa-bangsa dan tempat-tempat yang berbeda-beda. - Berdasarkan isinya undang-undang Kitab Perjanjian dapat dikelompokkan menjadi tiga macam hukum: Hukum Perdana dan Pidana, Kel 21:1-22:20, Hukum Peribadatan, Kel 20:22-26; 22:28-31; 23:10-19, dan Hukum Akhlak Kemasyarakatan, Kel 22:21-27; 23:10-19. Ditinjau dari segi gaya bahasa undang-undang Kitab Perjanjian dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu: Hukum Kasuistik atau bersyarat yang memakai gaya bahasa yang dipakai kitab-kitab dari Mesopotamia, dan Hukum Apodiktik atau berupa perintah/larangan mutlak yang memakai gaya bahasa seperti yang terdapat dalam Dekalog dan lazim dalam kitab-kitab Hikmat dari Mesir.
Jerusalem: Kel 22:29 - mempersembahkan hasil gandummu Yang dimaksudkan ialah bagian hasil bumi yang ditarik untuk keperluan ibadat (hasil bumi yang pertama).
Yang dimaksudkan ialah bagian hasil bumi yang ditarik untuk keperluan ibadat (hasil bumi yang pertama).
Ende: Kel 22:20 - -- Pengutjilan (hibr. "cherem") berarti mempersembahkan seseorang atau suatu
benda kepada Tuhan mendjadi milikNja semata-mata, sehingga apa jang
dipersem...
Pengutjilan (hibr. "cherem") berarti mempersembahkan seseorang atau suatu benda kepada Tuhan mendjadi milikNja semata-mata, sehingga apa jang dipersembahkan itu tidak digunakan lagi oleh manusia. Maka dari itu kota jang terkena pengutukan sematjam itu harus dihantjur-leburkan orang-orang harus dibunuh, benda-benda jang berharga harus diserahkan ke Tempat Sutji (lihat Ula 7:1-2; Yos 2:10; 12 bandingkan Kel 6:11: Jericho sebagai kota Kanaan jang pertama-tama ditaklukkan dipersembahkan kepada Tuhan).
Menurut ajat ini orang dengan menjembah berhala menolak untuk beribadat-bakti kepada Jahwe, oleh umat Israel harus dipersembahkan kepada Jahwe. Demikianlah Israel mengelakkan diri dari bahaja jang mengantjam imannja.
Ende: Kel 22:21 - -- Dipandang dari sudut sosial, orang asing jang berdiam diantara umat Israel
terlampau lemah kedudukannja untuk membela hak-haknja. Maka dari setjara
is...
Dipandang dari sudut sosial, orang asing jang berdiam diantara umat Israel terlampau lemah kedudukannja untuk membela hak-haknja. Maka dari setjara istimewa ia dilindungi Hukum. Alasannja bersifat religieus: wadjib bersjukur kepada Tuhan atas pembebasan Israel sendiri. Kata "orang asing" atau "imigran" (Junani: "proselytos") sesudah masa Pembuangan memperoleh arti: seseorang bukan-Jahudi jang masuk Agama Jahudi.
Ende: Kel 22:22 - -- Disini dengan djelasnja nampaklah kejakinan, bahwa Tuhan setjara istimewa tjinta
akan mereka jang lemah tak berdaja dan miskin-menderita.
Disini dengan djelasnja nampaklah kejakinan, bahwa Tuhan setjara istimewa tjinta akan mereka jang lemah tak berdaja dan miskin-menderita.
Ende: Kel 22:25 - -- Ketika itu menurut bunga dari uang jang dipindahkan berarti menjalahgunakan
kemiskinan orang lain dan membinasakannja. Menurut hasil penjelidikan tent...
Ketika itu menurut bunga dari uang jang dipindahkan berarti menjalahgunakan kemiskinan orang lain dan membinasakannja. Menurut hasil penjelidikan tentang djaman itu, bunga itu sekurang-kurangnja sebanjak seperlima dari uang jang dipindjamkan.
Mantol merupakan djaminan untuk barang pindjaman.
Ende: Kel 22:28 - -- Memberontak terhadap seorang pemimpin berarti memberontak terhadap tata-susunan
masjarakat, dan dengan demikian memberontak melawan Tuhan sendiri.
Memberontak terhadap seorang pemimpin berarti memberontak terhadap tata-susunan masjarakat, dan dengan demikian memberontak melawan Tuhan sendiri.
· seekor binatang: Im 18:23; 20:15; Ul 27:21
Ref. Silang FULL: Kel 22:20 - kepada allah // ia ditumpas · kepada allah: Kel 20:23; Kel 20:23; Kel 34:15; Im 17:7; Bil 25:2; Ul 32:17; Mazm 106:37
· ia ditumpas: Im 27:29; Ul 13:5; 17:2-5; 18:...
· kepada allah: Kel 20:23; [Lihat FULL. Kel 20:23]; Kel 34:15; Im 17:7; Bil 25:2; Ul 32:17; Mazm 106:37
· ia ditumpas: Im 27:29; Ul 13:5; 17:2-5; 18:20; 1Raj 18:40; 19:1; 2Raj 10:25; 23:20; 2Taw 15:13
Ref. Silang FULL: Kel 22:21 - orang asing // orang asing · orang asing: Kel 23:9; Im 19:33; 24:22; Bil 15:14; Ul 1:16; 24:17; Yeh 22:29
· orang asing: Ul 10:19; 27:19; Za 7:10; Mal 3:5
· orang asing: Kel 23:9; Im 19:33; 24:22; Bil 15:14; Ul 1:16; 24:17; Yeh 22:29
· orang asing: Ul 10:19; 27:19; Za 7:10; Mal 3:5
Ref. Silang FULL: Kel 22:22 - anak yatim · anak yatim: Kel 22:26; Ul 10:18; 24:6,10,12,17; Ayub 22:6,9; 24:3,21; Mazm 68:6; 146:9; Ams 23:10; Yes 1:17; Yer 7:5,6; 21:12; 22:3; Yeh 18:5...
Ref. Silang FULL: Kel 22:23 - mendengarkan seruan // mereka berseru-seru · mendengarkan seruan: Ul 10:18; 15:9; 24:15; Ayub 34:28; 35:9; Mazm 10:14,17; 12:6; 18:7; 34:16; Yak 5:4
· mereka berseru-seru: Luk 18:...
· mendengarkan seruan: Ul 10:18; 15:9; 24:15; Ayub 34:28; 35:9; Mazm 10:14,17; 12:6; 18:7; 34:16; Yak 5:4
· mereka berseru-seru: Luk 18:7
· menjadi yatim: Mazm 69:25; 109:9; Rat 5:3
Ref. Silang FULL: Kel 22:25 - bunga uang · bunga uang: Im 25:35-37; Ul 15:7-11; 23:20; Neh 5:7,10; Mazm 15:5; Yeh 18:8
· bunga uang: Im 25:35-37; Ul 15:7-11; 23:20; Neh 5:7,10; Mazm 15:5; Yeh 18:8
Ref. Silang FULL: Kel 22:26 - sebagai gadai · sebagai gadai: Kel 22:22; Kel 22:22; Ams 20:16; Yeh 33:15; Am 2:8
Ref. Silang FULL: Kel 22:27 - pergi tidur // ini pengasih · pergi tidur: Ul 24:13,17; Ayub 22:6; 24:7; 29:11; 31:19-20; Yeh 18:12,16
· ini pengasih: Kel 34:6; Ul 4:31; 2Taw 30:9; Neh 9:17; Mazm ...
· pergi tidur: Ul 24:13,17; Ayub 22:6; 24:7; 29:11; 31:19-20; Yeh 18:12,16
· ini pengasih: Kel 34:6; Ul 4:31; 2Taw 30:9; Neh 9:17; Mazm 99:8; 103:8; 116:5; 145:8; Yoel 2:13; Yun 4:2
Ref. Silang FULL: Kel 22:28 - mengutuki Allah // engkau menyumpahi // tengah-tengah bangsamu · mengutuki Allah: Kel 20:7; Kel 20:7
· engkau menyumpahi: 2Sam 16:5,9; 19:21; 1Raj 21:10; 2Raj 2:23; Mazm 102:9
· tengah-tengah ...
· mengutuki Allah: Kel 20:7; [Lihat FULL. Kel 20:7]
· engkau menyumpahi: 2Sam 16:5,9; 19:21; 1Raj 21:10; 2Raj 2:23; Mazm 102:9
· tengah-tengah bangsamu: Pengkh 10:20; Kis 23:5%&
Ref. Silang FULL: Kel 22:29 - lalai mempersembahkan // anak-anakmu lelaki · lalai mempersembahkan: Kel 23:15,16,19; 34:20,26; Im 19:24; 23:10; Bil 18:13; 28:26; Ul 18:4; 26:2,10; 1Sam 6:3; Neh 10:35; Ams 3:9; Mal 3:10...
· lalai mempersembahkan: Kel 23:15,16,19; 34:20,26; Im 19:24; 23:10; Bil 18:13; 28:26; Ul 18:4; 26:2,10; 1Sam 6:3; Neh 10:35; Ams 3:9; Mal 3:10
· anak-anakmu lelaki: Kel 13:2; [Lihat FULL. Kel 13:2]; Bil 8:16-17; Luk 2:23
Ref. Silang FULL: Kel 22:30 - kambing dombamu // pada hari · kambing dombamu: Kel 34:19; Ul 15:19
· pada hari: Kej 17:12; Im 12:3; 22:27
· kambing dombamu: Kel 34:19; Ul 15:19
· pada hari: Kej 17:12; Im 12:3; 22:27
Ref. Silang FULL: Kel 22:31 - orang-orang kudus // binatang buas · orang-orang kudus: Kel 19:6; Im 19:2; 22:31; Ezr 9:2
· binatang buas: Im 7:24; 17:15; 22:8; Ul 14:21; Yeh 4:14; 44:31
· orang-orang kudus: Kel 19:6; Im 19:2; 22:31; Ezr 9:2
· binatang buas: Im 7:24; 17:15; 22:8; Ul 14:21; Yeh 4:14; 44:31