Teks -- Ibrani 2:11-18 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Ibr 2:11 - IA YANG MENGUDUSKAN.
Nas : Ibr 2:11
"Ia yang menguduskan" manusia itu adalah Kristus (bd.
Ibr 10:10,14,29; 13:12) dan "mereka yang dikuduskan" adalah orang-orang
yang t...
Nas : Ibr 2:11
"Ia yang menguduskan" manusia itu adalah Kristus (bd. Ibr 10:10,14,29; 13:12) dan "mereka yang dikuduskan" adalah orang-orang yang telah diselamatkan dari kesalahan dan kuasa dosa serta dipisahkan sebagai umat Allah. Pengabdian Kristus untuk mati karena kita membuka jalan bagi pengudusan kita
(lihat art. PENGUDUSAN).
Full Life: Ibr 2:14 - MENDAPAT BAGIAN DALAM KEADAAN MEREKA.
Nas : Ibr 2:14
Karena mereka yang akan ditebus oleh Kristus adalah darah dan daging
(maksudnya: manusia), Yesus juga harus menjadi darah dan daging...
Nas : Ibr 2:14
Karena mereka yang akan ditebus oleh Kristus adalah darah dan daging (maksudnya: manusia), Yesus juga harus menjadi darah dan daging. Karena hanya sebagai manusia sejati dapatlah Ia memenuhi syarat untuk menyelamatkan umat manusia dari kuasa Iblis. Kristus mati untuk menghancurkan kuasa Iblis atas orang-orang percaya (bd. 1Yoh 3:8) serta membebaskan mereka dari ketakutan akan kematian (Wahy 1:18) dengan menjanjikan hidup kekal bersama Allah (Yoh 17:3; Wahy 21:1-22:21).
Full Life: Ibr 2:17 - IMAM BESAR YANG MENARUH BELAS KASIHAN DAN YANG SETIA.
Nas : Ibr 2:17
Kristus manunggal dengan umat manusia agar dapat menjadi Imam Besar
dan dengan demikian dapat mewakili orang-orang percaya di hadapa...
Nas : Ibr 2:17
Kristus manunggal dengan umat manusia agar dapat menjadi Imam Besar dan dengan demikian dapat mewakili orang-orang percaya di hadapan Allah.
- 1) Di dalam pelayanan ini, kematian Putra menyediakan pendamaian dengan menghapuskan murka Allah terhadap kita karena dosa-dosa kita (bd. Rom 1:18; 5:10). Oleh karena itu sekarang kita dapat menghampiri-Nya dengan penuh keberanian.
- 2) Putra Allah dengan bermurah hati mengasihani kita pada saat kita dicobai dan menolong kita karena Dia, sebagai manusia, telah mengalami penderitaan, kesukaran, dan godaan, namun tidak pernah berbuat dosa (bd. Ibr 4:14-15; 2Kor 6:2).
Full Life: Ibr 2:18 - IA DAPAT MENOLONG.
Nas : Ibr 2:18
Pada saat kita tergoda untuk tidak setia kepada Allah dan menyerah
kepada dosa, kita harus berdoa kepada Kristus yang telah menang a...
Nas : Ibr 2:18
Pada saat kita tergoda untuk tidak setia kepada Allah dan menyerah kepada dosa, kita harus berdoa kepada Kristus yang telah menang atas segala pencobaan dan kini, selaku Imam Besar kita, berjanji untuk memberikan kekuatan dan kasih karunia untuk mengalahkan dosa. Tanggung jawab kita adalah mendekat kepada-Nya pada saat mengalami kesulitan; tanggung jawab-Nya adalah memberikan pertolongan manakala diperlukan
(lihat cat. --> Ibr 4:16).
[atau ref. Ibr 4:16]
Jerusalem: Ibr 2:11 - -- Sesuai dengan konteksnya, ayat ini juga dapat diterjemahkan sbb: Sebab Ia
yang menguduskan dan mereka yang dikuduskan adalah satu semua. Ayat-ayat yan...
Sesuai dengan konteksnya, ayat ini juga dapat diterjemahkan sbb: Sebab Ia yang menguduskan dan mereka yang dikuduskan adalah satu semua. Ayat-ayat yang menyusul sangat menekankan bahwa Yesus mengambil bagian dalam keadaan manusia (daging dan darah), ay 14. Dengan rela hati Anak Allah berbuat demikian. Begitu pengarang membuka pokok utama pembahasannya, yaitu Kristus sebagai Imam Besar, ay 17; Ibr 5:7+.
Jerusalem: Ibr 2:14 - yang berkuasa atas maut Dosa dan maut berhubungan satu sama lain;
kedua-duanya berasal dari Iblis yang kerajaannya melawan kerajaan Kristus.
Dosa dan maut berhubungan satu sama lain; kedua-duanya berasal dari Iblis yang kerajaannya melawan kerajaan Kristus.
Ende: Ibr 2:11 - Saudara Sebab kita diangkat mendjadi anak Allah maka kita mendjadi "saudara"
Putera Allah.
Sebab kita diangkat mendjadi anak Allah maka kita mendjadi "saudara" Putera Allah.
Ende: Ibr 2:13 - Aku pertjaja kepadaNja. Barangkali Kristus hendak mengakui,bahwa Ia sebagai
manusia bergantung pada Allah, sama seperti semua saudara-saudaraNja.
Barangkali Kristus hendak mengakui,bahwa Ia sebagai manusia bergantung pada Allah, sama seperti semua saudara-saudaraNja.
Ende: Ibr 2:14 - -- Kristus mempunjai segenap kodrat manusia dengan segala kelemahannja ketjuali
dosa, dan sebab itu dapat menderita dan mati untuk menebus kita.
Kristus mempunjai segenap kodrat manusia dengan segala kelemahannja ketjuali dosa, dan sebab itu dapat menderita dan mati untuk menebus kita.
Ende: Ibr 2:15 - Dalam perbudakan. Maksudnja: dalam perbudakan dosa. Siapa telah dibebaskan
dari perbudakan itu tidak usah takut mati.
Maksudnja: dalam perbudakan dosa. Siapa telah dibebaskan dari perbudakan itu tidak usah takut mati.
Ende: Ibr 2:17 - Imam Agung Disini pertama kalinja Jesus disebut"Imam Agung" kita.
Selandjutnja peranan Kristus sebagai penjelamat kita selalu ditindjau dari
sudut-sudut keimam-a...
Disini pertama kalinja Jesus disebut"Imam Agung" kita. Selandjutnja peranan Kristus sebagai penjelamat kita selalu ditindjau dari sudut-sudut keimam-agungan itu.
Ref. Silang FULL: Ibr 2:11 - yang menguduskan // yang dikuduskan // mereka saudara · yang menguduskan: Ibr 13:12
· yang dikuduskan: Ef 5:26; Ef 5:26
· mereka saudara: Mat 28:10; Mat 28:10
· dan memuji-muji: Mazm 22:23; 68:27
Ref. Silang FULL: Ibr 2:13 - kepercayaan kepada-Nya // Allah kepada-Ku · kepercayaan kepada-Nya: Yes 8:17
· Allah kepada-Ku: Yes 8:18; Yoh 10:29
Ref. Silang FULL: Ibr 2:14 - dan daging // dengan mereka // Ia memusnahkan // yaitu Iblis · dan daging: 1Kor 15:50; Ef 6:12
· dengan mereka: Yoh 1:14; Yoh 1:14
· Ia memusnahkan: Kej 3:15; 1Kor 15:54-57; 2Tim 1:10
&middo...
· dan daging: 1Kor 15:50; Ef 6:12
· dengan mereka: Yoh 1:14; [Lihat FULL. Yoh 1:14]
· Ia memusnahkan: Kej 3:15; 1Kor 15:54-57; 2Tim 1:10
· yaitu Iblis: 1Yoh 3:8
Ref. Silang FULL: Ibr 2:17 - dengan saudara-saudara-Nya // Imam Besar // belas kasihan // kepada Allah // seluruh bangsa · dengan saudara-saudara-Nya: Ibr 2:14; Fili 2:7; Fili 2:7
· Imam Besar: Ibr 3:1; 4:14,15; 5:5,10; 7:26,28; 8:1,3; 9:11
· belas k...
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Ibr 2:11; Ibr 2:10-18; Ibr 2:11; Ibr 2:5-18; Ibr 1:5--4:16; Ibr 2:14; Ibr 2:14-18; Ibr 2:14; Ibr 2:14-18; Ibr 2:16; Ibr 2:16; Ibr 2:17; Ibr 2:17
Hagelberg: Ibr 2:11 - -- 2:11 Ia yang menguduskan dan mereka yang dikuduskan...
Di dalam surat ini dikuduskan berarti dikhususkan bagi Allah. Gagasan ini mirip sekali denga...
2:11 Ia yang menguduskan dan mereka yang dikuduskan...
Di dalam surat ini dikuduskan berarti dikhususkan bagi Allah. Gagasan ini mirip sekali dengan apa yang Paulus gambarkan dengan "dibenarkan" atau "diselamatkan." Ini jelas dari 10:10 dan 10:14, di mana istilah ini dipakai lagi.
...mereka semua berasal dari Satu.
Rupanya yang dimaksudkan di sini adalah bahwa Tuhan Yesus, dan kita, mengalami hal-hal yang sama karena kita dan Dia sama-sama manusia.
Kesatuan antara Tuhan Yesus dan kita penting sekali di dalam bagian ini, karena bagian ini menjelaskan bahwa seharusnya dunia ini ditaklukkan oleh manusia, dan karena kesatuan kita dengan Kristus, maka kita sebagai manusia yang dibenarkan dapat menjalankan tugas itu. Akhirnya, dengan Tuhan Yesus sebagai Perintis kita, kita boleh melakukan apa yang diperintahkan kepada Adam dan Hawa di dalam Kejadian 1:28.
Hagelberg: Ibr 2:10-18 - -- 2. Sebagai Perintis Dia menyelamatkan orang lain (2:10-18)
Yesus adalah "yang memimpin mereka kepada keselamatan." Kata "yang memimpin" ini boleh ju...
2. Sebagai Perintis Dia menyelamatkan orang lain (2:10-18)
Yesus adalah "yang memimpin mereka kepada keselamatan." Kata "yang memimpin" ini boleh juga diterjemahkan "perintis" atau "pendiri." Istilah ini juga bisa dipakai untuk menyebut seorang pahlawan yang mendirikan sebuah kota. Pokoknya dia membuat suatu jalan yang nantinya diikuti orang lain. Menurut nats ini Tuhan Yesus adalah yang tepat untuk peranan ini.
Pasal 2:10 menjelaskan 2:9, karena 2:10 menerangkan "mengalami maut" dari ayat 9. 2:10 menjelaskan bahwa Allah "memperlengkapi" (bukan "menyempurnakan") Juruselamat kita dengan penderitaanNya di kayu salib itu. (Baik kata "menyempurnakan" maupun kata "memperlengkapi" dapat dipakai untuk menterjemahkan istilah yang dipakai di sini (teleiow/teleioo), jadi sebaiknya kata "memperlengkapi" dipakai karena Tuhan Yesus sudah sempurna sejak semula.
Hagelberg: Ibr 2:11 - -- 2:11 Ia yang menguduskan dan mereka yang dikuduskan...
Di dalam surat ini dikuduskan berarti dikhususkan bagi Allah. Gagasan ini mirip sekali denga...
2:11 Ia yang menguduskan dan mereka yang dikuduskan...
Di dalam surat ini dikuduskan berarti dikhususkan bagi Allah. Gagasan ini mirip sekali dengan apa yang Paulus gambarkan dengan "dibenarkan" atau "diselamatkan." Ini jelas dari 10:10 dan 10:14, di mana istilah ini dipakai lagi.
...mereka semua berasal dari Satu.
Rupanya yang dimaksudkan di sini adalah bahwa Tuhan Yesus, dan kita, mengalami hal-hal yang sama karena kita dan Dia sama-sama manusia.
Kesatuan antara Tuhan Yesus dan kita penting sekali di dalam bagian ini, karena bagian ini menjelaskan bahwa seharusnya dunia ini ditaklukkan oleh manusia, dan karena kesatuan kita dengan Kristus, maka kita sebagai manusia yang dibenarkan dapat menjalankan tugas itu. Akhirnya, dengan Tuhan Yesus sebagai Perintis kita, kita boleh melakukan apa yang diperintahkan kepada Adam dan Hawa di dalam Kejadian 1:28.
C. Raja/Anak Allah sebagai Perintis yang Sempurna (2:5-18)
Hagelberg: Ibr 1:5--4:16 - -- II. Bagian Pertama: Raja/Anak Allah (1:5-4:16)
Di dalam bagian ini Tuhan Yesus dinyatakan sebagai Anak Allah yang Allah tetapkan sebagai Raja untuk ...
II. Bagian Pertama: Raja/Anak Allah (1:5-4:16)
Di dalam bagian ini Tuhan Yesus dinyatakan sebagai Anak Allah yang Allah tetapkan sebagai Raja untuk dunia yang akan datang. PerananNya sebagai Raja menjadi dasar peringatan kita, karena, sebagai seorang Raja yang menang, Dia akan mengumpulkan orang-orang yang setia kepadaNya untuk diberi kepercayaan melayani di dalam pemerintahanNya. Bukan sembarang orang akan Dia pilih, tetapi hanya mereka yang setia kepadaNya pada zaman ini. Seperti seorang jendral yang memenangkan wilayah yang luas, perwira-perwira yang dia anggap baik dan setia akan diberi wilayah dan kekuasaan dalam pemerintahannya yang baru.
Hagelberg: Ibr 2:14-18 - -- 2:14-18 ini menjelaskan secara ringkas bagaimana caranya di mana Dia menjadi satu dengan kita, bagaimana Dia "membawa banyak orang kepada kemuliaan," ...
2:14-18 ini menjelaskan secara ringkas bagaimana caranya di mana Dia menjadi satu dengan kita, bagaimana Dia "membawa banyak orang kepada kemuliaan," dan bagaimana Dia "menguduskan," seperti dikatakan dalam 2:10-13.
Hal ini membingungkan para sarjana, tetapi hal ini dapat diterima oleh anak kecil: Dia menjelma menjadi manusia, dan Dia dibunuh di kayu salib.
...memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut
Perlu diamati di sini bahwa kalau memang Adam sudah menyerahkan kuasanya kepada Iblis di Taman Eden, sehingga Iblis berkuasa atas maut, sudah dikatakan dengan jelas di sini bahwa Yesus, dengan pengorbananNya, memusnahkan Iblis yang begitu berkuasa. Memang maut belum ditiadakan, tetapi kita tidak usah takut maut lagi, karena kematianNya. Kebenaran ini diterapkan bagi jemaat di Smirna di dalam Wahyu 2:8-11, di mana Dia yang sudah bangkit dari kematianNya mendorong mereka untuk tidak takut mati.
memusnahkan dia, yaitu Iblis
Kata yang dipakai di sini untuk "memusnahkan" (katargew/katargeo) dapat berarti memusnahkan, tetapi bisa juga berarti "membuat supaya tidak berdaya," dengan pengertian bahwa kuasa Tuhan Yesus selalu tersedia untuk mengatasi kuasa Iblis.
Hagelberg: Ibr 2:14-18 - -- 2:14-18 ini menjelaskan secara ringkas bagaimana caranya di mana Dia menjadi satu dengan kita, bagaimana Dia "membawa banyak orang kepada kemuliaan," ...
2:14-18 ini menjelaskan secara ringkas bagaimana caranya di mana Dia menjadi satu dengan kita, bagaimana Dia "membawa banyak orang kepada kemuliaan," dan bagaimana Dia "menguduskan," seperti dikatakan dalam 2:10-13.
Hal ini membingungkan para sarjana, tetapi hal ini dapat diterima oleh anak kecil: Dia menjelma menjadi manusia, dan Dia dibunuh di kayu salib.
...memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut
Perlu diamati di sini bahwa kalau memang Adam sudah menyerahkan kuasanya kepada Iblis di Taman Eden, sehingga Iblis berkuasa atas maut, sudah dikatakan dengan jelas di sini bahwa Yesus, dengan pengorbananNya, memusnahkan Iblis yang begitu berkuasa. Memang maut belum ditiadakan, tetapi kita tidak usah takut maut lagi, karena kematianNya. Kebenaran ini diterapkan bagi jemaat di Smirna di dalam Wahyu 2:8-11, di mana Dia yang sudah bangkit dari kematianNya mendorong mereka untuk tidak takut mati.
memusnahkan dia, yaitu Iblis
Kata yang dipakai di sini untuk "memusnahkan" (katargew/katargeo) dapat berarti memusnahkan, tetapi bisa juga berarti "membuat supaya tidak berdaya," dengan pengertian bahwa kuasa Tuhan Yesus selalu tersedia untuk mengatasi kuasa Iblis.
Hagelberg: Ibr 2:16 - -- 2:16 bukan malaikat yang Ia kasihani...
Ayat 16 ini bisa juga diterjemahkan "Sebab sesungguhnya, Ia tidak menjelma menjadi malaikat-malaikat, tetapi ...
2:16 bukan malaikat yang Ia kasihani...
Ayat 16 ini bisa juga diterjemahkan "Sebab sesungguhnya, Ia tidak menjelma menjadi malaikat-malaikat, tetapi keturunan Abraham." Terjemahan ini menyatakan pengertian bapa-bapa gereja mengenai kata kerja yang dipakai di dalam ayat ini, epilambanw/epilambano. Tetapi sarjana-sarjana zaman ini lebih cenderung mengartikan kata tersebut "menolong" (atau "mengasihani"), dan bukan "menjelma menjadi."
Hagelberg: Ibr 2:16 - -- 2:16 bukan malaikat yang Ia kasihani...
Ayat 16 ini bisa juga diterjemahkan "Sebab sesungguhnya, Ia tidak menjelma menjadi malaikat-malaikat, tetapi ...
2:16 bukan malaikat yang Ia kasihani...
Ayat 16 ini bisa juga diterjemahkan "Sebab sesungguhnya, Ia tidak menjelma menjadi malaikat-malaikat, tetapi keturunan Abraham." Terjemahan ini menyatakan pengertian bapa-bapa gereja mengenai kata kerja yang dipakai di dalam ayat ini, epilambanw/epilambano. Tetapi sarjana-sarjana zaman ini lebih cenderung mengartikan kata tersebut "menolong" (atau "mengasihani"), dan bukan "menjelma menjadi."
Hagelberg: Ibr 2:17 - -- 2:17 Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan...
Akhirnya sebutan "Imam Besar" dipakai. Tema ini, Tuhan Yesus sebagai Imam Besar kita, akan ...
2:17 Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan...
Akhirnya sebutan "Imam Besar" dipakai. Tema ini, Tuhan Yesus sebagai Imam Besar kita, akan dikembangkan setelah peringatan yang berikut. Di sini hanya ada suatu dasar yang diletakkan.
Kesimpulan bagian ini, 2:5-18
Raja kita sudah menjelma menjadi manusia supaya Dia dapat menyelamatkan kita dan menjadi Perintis kita pada dunia yang akan datang.
Hagelberg: Ibr 2:17 - -- 2:17 Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan...
Akhirnya sebutan "Imam Besar" dipakai. Tema ini, Tuhan Yesus sebagai Imam Besar kita, akan ...
2:17 Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan...
Akhirnya sebutan "Imam Besar" dipakai. Tema ini, Tuhan Yesus sebagai Imam Besar kita, akan dikembangkan setelah peringatan yang berikut. Di sini hanya ada suatu dasar yang diletakkan.
Kesimpulan bagian ini, 2:5-18
Raja kita sudah menjelma menjadi manusia supaya Dia dapat menyelamatkan kita dan menjadi Perintis kita pada dunia yang akan datang.