Matius 11:9
Konteks11:9 Jadi untuk apakah kamu pergi? Melihat nabi? x Benar, dan Aku berkata kepadamu, bahkan lebih dari pada nabi.
Matius 4:14
Konteks4:14 supaya genaplah m firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya:
Matius 10:41
Konteks10:41 Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar 1 sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar.
Matius 12:17
Konteks12:17 supaya genaplah m firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya:
Matius 2:17
Konteks2:17 Dengan demikian genaplah o firman yang disampaikan oleh nabi Yeremia:
Matius 21:4
Konteks21:4 Hal itu terjadi supaya genaplah v firman yang disampaikan oleh nabi:
Matius 11:13
Konteks11:13 Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes a
Matius 21:11
Konteks21:11 Dan orang banyak itu menyahut: "Inilah nabi b Yesus dari Nazaret di Galilea."
Matius 24:11
Konteks24:11 Banyak nabi palsu r akan muncul 2 dan menyesatkan banyak orang. s
Matius 1:22
Konteks1:22 Hal itu terjadi supaya genaplah v yang difirmankan Tuhan oleh nabi:
Matius 2:5
Konteks2:5 Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem d di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:
Matius 22:40
Konteks22:40 Pada kedua hukum inilah l tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."
Matius 14:5
Konteks14:5 Herodes ingin membunuhnya, tetapi ia takut akan orang banyak yang memandang Yohanes sebagai nabi. c
Matius 21:46
Konteks21:46 Dan mereka berusaha untuk menangkap Dia, tetapi mereka takut kepada orang banyak, karena orang banyak itu menganggap Dia nabi. m
Matius 23:31
Konteks23:31 Tetapi dengan demikian kamu bersaksi terhadap diri kamu sendiri, bahwa kamu adalah keturunan pembunuh nabi-nabi itu. q
Matius 15:7
Konteks15:7 Hai orang-orang munafik! Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu:
Matius 5:12
Konteks5:12 Bersukacita dan bergembiralah, s karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu. t "
Matius 21:26
Konteks21:26 Tetapi jikalau kita katakan: Dari manusia, kita takut kepada orang banyak, sebab semua orang menganggap Yohanes ini nabi. q "
Matius 5:17
KonteksMatius 26:56
Konteks26:56 Akan tetapi semua ini terjadi supaya genap h yang ada tertulis dalam kitab nabi-nabi." Lalu semua murid itu meninggalkan Dia dan melarikan diri.
Matius 16:14
Konteks16:14 Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, z ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi. a "
Matius 8:17
Konteks8:17 Hal itu terjadi supaya genaplah z firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita. a "
Matius 23:30
Konteks23:30 dan berkata: Jika kami hidup di zaman nenek moyang kita, tentulah kami tidak ikut dengan mereka dalam pembunuhan nabi-nabi itu.
Matius 2:15
Konteks2:15 dan tinggal di sana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah m yang difirmankan Tuhan oleh nabi: "Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku. n "
Matius 2:23
Konteks2:23 Setibanya di sana iapun tinggal di sebuah kota yang bernama Nazaret. w Hal itu terjadi supaya genaplah x firman yang disampaikan oleh nabi-nabi, bahwa Ia akan disebut: Orang Nazaret. y
Matius 3:3
Konteks3:3 Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan nabi Yesaya ketika ia berkata: "Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya. b "
Matius 12:39
Konteks12:39 Tetapi jawab-Nya kepada mereka: "Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. j
Matius 13:57
Konteks13:57 Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. u Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya v sendiri dan di rumahnya."
Matius 23:29
Konteks23:29 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu membangun makam nabi-nabi p dan memperindah tugu orang-orang saleh
Matius 24:15
KonteksMatius 24:24
Konteks24:24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, d sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.
Matius 7:15
KonteksMatius 7:12
KonteksMatius 13:35
Konteks13:35 supaya genaplah u firman yang disampaikan oleh nabi: "Aku mau membuka mulut-Ku mengatakan perumpamaan, Aku mau mengucapkan hal yang tersembunyi sejak dunia dijadikan. v "
Matius 27:9
Konteks27:9 Dengan demikian genaplah l firman yang disampaikan oleh nabi Yeremia 6 : "Mereka menerima tiga puluh uang perak, yaitu harga yang ditetapkan untuk seorang menurut penilaian yang berlaku di antara orang Israel,
Matius 23:37
KonteksMatius 13:17
Konteks13:17 Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, f tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.
Matius 13:14
Konteks13:14 Maka pada mereka genaplah c nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap.
Matius 23:34
Konteks23:34 Sebab itu, lihatlah, Aku mengutus kepadamu nabi-nabi, orang-orang bijaksana dan ahli-ahli Taurat: separuh di antara mereka akan kamu bunuh dan kamu salibkan, v yang lain akan kamu sesah di rumah-rumah ibadatmu w dan kamu aniaya dari kota ke kota, x
Matius 17:3
Konteks17:3 Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia.
Matius 16:4
Konteks16:4 Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. t " Lalu Yesus meninggalkan mereka dan pergi.
Matius 24:37
KonteksMatius 23:2
Konteks23:2 "Ahli-ahli Taurat p dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa.
Matius 6:29
Konteks6:29 namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannyapun j tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu.
Matius 17:10
Konteks17:10 Lalu murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: "Kalau demikian mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?"
Matius 19:7
Konteks19:7 Kata mereka kepada-Nya: "Jika demikian, apakah sebabnya Musa memerintahkan untuk memberikan surat cerai jika orang menceraikan y isterinya?"
Matius 12:42
Konteks12:42 Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang p dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!"
Matius 12:3
Konteks12:3 Tetapi jawab Yesus kepada mereka: "Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar, z
Matius 24:38
Konteks24:38 Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, s sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera,
Matius 12:40
Konteks12:40 Sebab seperti Yunus 9 tinggal di dalam perut ikan k tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia l akan tinggal di dalam rahim bumi m tiga hari tiga malam.
Matius 22:24
Konteks22:24 "Guru, Musa mengatakan, bahwa jika seorang mati dengan tiada meninggalkan anak, saudaranya harus kawin dengan isterinya itu dan membangkitkan keturunan bagi saudaranya itu. c
Matius 8:4
Konteks8:4 Lalu Yesus berkata kepadanya: "Ingatlah, jangan engkau memberitahukan hal ini kepada siapapun, n tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam o dan persembahkanlah persembahan yang diperintahkan p Musa, sebagai bukti bagi mereka."
Matius 7:20
Konteks7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.
Matius 27:35
Konteks27:35 Sesudah menyalibkan Dia 10 mereka membagi-bagi pakaian-Nya dengan membuang undi. o
Matius 19:8
Konteks19:8 Kata Yesus kepada mereka: "Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian.
Matius 11:14
Konteks11:14 dan--jika kamu mau menerimanya--ialah Elia yang akan datang itu. b
Matius 3:6
Konteks3:6 Lalu sambil mengaku dosanya mereka dibaptis f oleh Yohanes di sungai Yordan.
Matius 14:4
Konteks14:4 Karena Yohanes pernah menegornya, katanya: "Tidak halal engkau mengambil Herodias! b "
Matius 17:11
Konteks17:11 Jawab Yesus: "Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu c
Matius 17:13
Konteks17:13 Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis. g
Matius 26:68
Konteks26:68 dan berkata: "Cobalah katakan kepada kami, hai Mesias, siapakah yang memukul Engkau? a "
Matius 27:47
Konteks27:47 Mendengar itu, beberapa orang yang berdiri di situ berkata: "Ia memanggil Elia."
Matius 3:9
Konteks3:9 Dan janganlah mengira, bahwa kamu dapat berkata dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! j Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!
Matius 3:1
KonteksMatius 3:4
Konteks3:4 Yohanes c memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang d kulit, dan makanannya belalang e dan madu hutan.
Matius 3:13-14
KonteksMatius 4:12
KonteksMatius 11:2
KonteksMatius 11:12
Konteks11:12 Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya 12 .
Matius 14:8
Konteks14:8 Maka setelah dihasut oleh ibunya, anak perempuan itu berkata: "Berikanlah aku di sini kepala Yohanes Pembaptis di sebuah talam."
Matius 14:12
Konteks14:12 Kemudian datanglah murid-murid Yohanes Pembaptis mengambil mayatnya dan menguburkannya. e Lalu pergilah mereka memberitahukannya kepada Yesus.
Matius 27:49
Konteks27:49 Tetapi orang-orang lain berkata: "Jangan, baiklah kita lihat, apakah Elia datang untuk menyelamatkan Dia."
Matius 1:17
Konteks1:17 Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus.
Matius 12:41
Konteks12:41 Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe n akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, o dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!
Matius 17:4
Konteks17:4 Kata Petrus kepada Yesus: "Tuhan, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Jika Engkau mau, biarlah kudirikan di sini tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia."
Matius 2:4
Konteks2:4 Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat 13 bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.
Matius 3:15
Konteks3:15 Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanespun menuruti-Nya.
Matius 8:11
Konteks8:11 Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat t dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga, u
Matius 9:14
KonteksMatius 11:7
Konteks11:7 Setelah murid-murid Yohanes 14 v pergi, mulailah Yesus berbicara kepada orang banyak itu tentang Yohanes: "Untuk apakah kamu pergi ke padang gurun? w Melihat buluh yang digoyangkan angin kian ke mari?
Matius 11:11
Konteks11:11 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar 15 dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya.
Matius 13:34
Konteks13:34 Semuanya itu disampaikan Yesus kepada orang banyak dalam perumpamaan, dan tanpa perumpamaan t suatupun tidak disampaikan-Nya kepada mereka,
Matius 14:2
Konteks14:2 Lalu ia berkata kepada pegawai-pegawainya: "Inilah Yohanes Pembaptis; y ia sudah bangkit dari antara orang mati dan itulah sebabnya kuasa-kuasa itu bekerja di dalam-Nya."
Matius 17:12
Konteks17:12 dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, d tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak e mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita f oleh mereka."
Matius 3:7
Konteks3:7 Tetapi waktu ia melihat banyak orang Farisi dan orang Saduki 16 datang untuk dibaptis, berkatalah ia kepada mereka: "Hai kamu keturunan ular beludak. g Siapakah yang mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka h yang akan datang?
Matius 14:13
KonteksMatius 21:32
Konteks21:32 Sebab Yohanes datang untuk menunjukkan jalan kebenaran u kepadamu, dan kamu tidak percaya kepadanya. Tetapi pemungut-pemungut cukai v dan perempuan-perempuan sundal w percaya kepadanya. Dan meskipun kamu melihatnya, tetapi kemudian kamu tidak menyesal x dan kamu tidak juga percaya kepadanya."
[10:41] 1 Full Life : NABI ... SEORANG BENAR.
Nas : Mat 10:41
Yesus berbicara tentang hal menyambut seorang nabi dan seorang benar, yaitu mereka yang paling sering ditolak dan dianiaya karena mereka dengan teguh mempertahankan kesalehan dan kebenaran
(lihat cat. --> Mat 5:10).
[atau ref. Mat 5:10]
Oleh karena itu orang yang menyambut para nabi dan orang benar serta menerima berita mereka akan mendapat pahala yang khusus dari Tuhan.
- 1) Apabila pengabdian saudara kepada kebenaran dan keadilan begitu kokoh sehingga saudara mengabdikan hidup ini untuk menyediakan segala keperluan, bekerja sama dengan, dan memberikan semangat kepada hamba-hamba Allah yang benar, maka pahala yang saudara terima adalah sama dengan pahala nabi atau orang benar yang saudara terima.
- 2) Sebaliknya, seseorang janganlah mendukung, memberikan semangat atau
bekerja sama dengan para pendeta atau para pengkhotbah yang tidak
memberitakan kebenaran-Nya sesuai dengan penyataan PB atau yang tidak
hidup saleh sesuai dengan patokan kebenaran Allah. Mendukung orang
semacam itu akan menyebabkan kita turut mengalami hukuman mereka (lih.
kitab 2Yoh 1:1-13; dan
lihat cat. --> 2Yoh 1:7;
lihat cat. --> 2Yoh 1:9;
lihat cat. --> 2Yoh 1:10)
[24:11] 2 Full Life : BANYAK NABI PALSU AKAN MUNCUL.
Nas : Mat 24:11
Menjelang kesudahan akhir zaman para nabi dan pengkhotbah palsu akan terdapat di mana-mana
(lihat art. GURU-GURU PALSU).
Sebagian besar umat dan negara-negara Kristen akan murtad. Mereka yang sungguh-sungguh setia kepada kebenaran Firman Allah dan kebenaran alkitabiah merupakan minoritas.
- 1) Mereka yang mengakui dirinya orang beriman akan menerima "wahyu yang
baru" sekalipun itu bertentangan dengan penyataan Firman Allah. Hal ini
akan menimbulkan perlawanan terhadap kebenaran Alkitab di kalangan
gereja-gereja
(lihat cat. --> 1Tim 4:1;
lihat cat. --> 2Tim 3:8 dan
lihat cat. --> 2Tim 4:3).
[atau ref. 1Tim 4:1; 2Tim 3:8; 4:3]
Mereka yang memberitakan Injil yang sesat mungkin sekali memperoleh kedudukan kepemimpinan strategis dalam organisasi gereja dan sekolah teologi(lihat cat. --> Mat 7:22),
[atau ref. Mat 7:22]
sehingga mereka berpeluang untuk menipu dan menyesatkan banyak orang di dalam gereja(lihat cat. --> Gal 1:9;
lihat cat. --> 2Tim 4:3;
2Pet 3:3-4). - 2) Di seluruh dunia berjuta-juta orang akan terlibat dalam ilmu gaib,
ilmu nujum, sihir, spiritisme, dan pemujaan Iblis. Pengaruh setan-setan
dan roh-roh jahat akan makin meningkat
(lihat cat. --> 1Tim 4:1).
[atau ref. 1Tim 4:1]
- 3) Perlindungan terhadap tipu daya ini terdapat dalam iman dan kasih
yang abadi terhadap Kristus, dalam penyerahan kepada kekuasaan mutlak
dari Firman Allah (ayat Mat 24:4,11,13,25) dan dalam suatu
pengenalan yang sangat cermat akan Firman itu
(lihat cat. --> 1Tim 4:16).
[atau ref. 1Tim 4:16]
[5:17] 3 Full Life : HUKUM TAURAT ... UNTUK MENGGENAPINYA.
Nas : Mat 5:17
Maksud Kristus ialah agar tuntutan rohani hukum Allah dapat dilaksanakan di dalam kehidupan para pengikut-Nya (Rom 3:31; 8:4). Hubungan orang percaya dengan hukum Allah meliputi hal-hal berikut :
- 1) Hukum yang perlu ditaati oleh orang percaya terdiri atas
prinsip-prinsip etis dan moral di PL (Mat 7:12; 22:36-40; Rom 3:31;
Gal 5:14;
lihat art. HUKUM PERJANJIAN LAMA)
dan ajaran Kristus serta para rasul (Mat 28:20; 1Kor 7:19; 9:21; Gal 6:2). Hukum-hukum ini menyatakan tabiat dan kehendak Allah bagi semua orang dan masih berlaku hingga saat ini. Hukum PL yang langsung menyangkut bangsa Israel, seperti di bidang persembahan kurban, upacara agama, sosial dan sipil, kini tidak mengikat lagi (Ibr 10:1-4; mis. Im 1:2-3; 24:10). - 2) Orang percaya tidak boleh memandang hukum Taurat sebagai suatu sistem perintah resmi yang perlu ditaati agar memperoleh pengampunan keselamatan (Gal 2:16,19). Sebaliknya, hukum Taurat hendaknya dilihat sebagai panduan moral bagi mereka yang sudah selamat dan yang dengan menaatinya menunjukkan kehidupan Kristus yang ada di dalam diri mereka (Rom 6:15-22).
- 3) Iman kepada Kristus merupakan titik tolak untuk menggenapi hukum Taurat. Melalui iman kepada Kristus, Allah menjadi Bapa kita (bd. Yoh 1:12). Oleh karena itu, ketaatan kita sebagai orang percaya bukan sekedar ketaatan kepada Allah sebagai Pemberi hukum yang berdaulat, namun lebih selaku anak kepada Bapanya (Gal 4:6).
- 4) Melalui iman kepada Kristus, maka orang percaya, oleh kasih karunia
Allah (Rom 5:21) dan Roh Kudus yang mendiami diri mereka
(Rom 8:13; Gal 3:5,14), diberikan dorongan batiniah dan kuasa untuk
menaati hukum Allah (Rom 16:25-26; Ibr 10:16). Kita menggenapi hukum
Allah dengan hidup menurut pimpinan Roh Kudus (Rom 8:4-14). Roh Kudus
membantu kita mematikan perbuatan daging dan menggenapi kehendak Allah
(Rom 8:13;
lihat cat. --> Mat 7:21).
[atau ref. Mat 7:21]
Demikianlah, ketaatan yang lahiriah kepada hukum Allah harus disertai perubahan dalam hati dan roh kita (bd. ayat Mat 5:21-28). - 5) Setelah dibebaskan dari kuasa dosa dan kini menjadi hamba kepada
Allah (Rom 6:18-22), orang percaya mengikuti prinsip "iman" dengan
hidup "di bawah hukum Kristus" (1Kor 9:21). Dengan demikian, kita
menggenapi hukum Kristus (Gal 6:2) dan dengan sendirinya setia
kepada tuntutan hukum Taurat
(lihat cat. --> Rom 7:4;
lihat cat. --> Rom 8:4;
lihat cat. --> Gal 3:19;
[atau ref. Rom 7:4; 8:4; Gal 3:19]
Gal 5:16-25). - 6) Yesus dengan tegas mengajarkan bahwa melakukan kehendak Bapa-Nya di
Sorga akan tetap merupakan suatu syarat untuk memasuki Kerajaan Sorga
(lihat cat. --> Mat 7:21).
[atau ref. Mat 7:21]
[24:15] 4 Full Life : KESENGSARAAN BESAR.
Nas : Mat 24:15-28
Seluruh bagian ini membahas hal-hal yang berkaitan dengan masa kesengsaraan besar. Untuk mengetahui lebih banyak tentang hal itu
lihat art. KESENGSARAAN BESAR.
[7:15] 5 Full Life : WASPADALAH TERHADAP NABI-NABI PALSU.
Nas : Mat 7:15
Lihat art. GURU-GURU PALSU.
[27:9] 6 Full Life : NABI YEREMIA.
Nas : Mat 27:9
Di dalam ayat ini Matius memadukan dan meringkaskan unsur-unsur simbolisme nubuat, satu dari Yeremia (Yer 32:6-9) dan yang satunya dari Zakharia (Za 11:12-13). Kemudian Matius menyebutkan nama nabi yang lebih tua dan lebih terkenal sebagai sumbernya, suatu kebiasaan yang sering dipakai ketika mengutip ayat-ayat dari kitab para nabi.
[23:37] 7 Full Life : YERUSALEM, YERUSALEM.
Nas : Mat 23:37
Lihat cat. --> Luk 13:34; dan
lihat cat. --> Luk 19:41.
[atau ref. Luk 13:34; 19:41]
[24:37] 8 Full Life : KEDATANGAN ANAK MANUSIA.
Nas : Mat 24:37
Pernyataan Yesus mengenai "kedatangan Anak Manusia" menunjuk kepada dua peristiwa: kepada tahap pertama dari kedatangan-Nya kembali pada saat yang tidak diketahui dan tidak diduga (yaitu pada saat keangkatan orang kudus zaman gereja,
lihat cat. --> Mat 24:42;
lihat cat. --> Yoh 14:3; dan
lihat cat. --> Wahy 3:10;
[atau ref. Mat 24:42; Yoh 14:3; Wahy 3:10]
lihat art. KEANGKATAN GEREJA),
dan kepada tahap kedua dari kedatangan-Nya setelah masa kesengsaraan besar, apabila Ia akan membinasakan orang jahat dan mengumpulkan semua orang benar dalam kerajaan-Nya (Wahy 19:11-20:4). Kita menjumpai petunjuk rangkap dua ini ketika Kristus berbicara tentang tiga macam golongan manusia dalam ilustrasinya tentang "zaman Nuh" (ayat Mat 24:37-44). Hubungan antara ketiga golongan ini dengan kedatangan Kristus adalah sebagai berikut:
- 1) Orang tidak percaya pada masa kesengsaraan besar, yang dilambangkan oleh korban air bah pada zaman Nuh. Mereka tidak mengetahui saat kedatangan kembali Kristus sehingga tidak siap dan oleh karena itu mereka dibinasakan pada akhir zaman (ayat Mat 24:38-39,43; bd. Luk 17:26-28). Peristiwa ini merupakan tahap kedua dari kedatangan-Nya kembali, yaitu yang terjadi setelah masa kesengsaraan besar.
- 2) Orang percaya pada masa kesengsaraan besar, dilambangkan oleh Nuh.
Karena tanda-tanda akhir zaman, orang kudus masa kesengsaraan besar
mengetahui waktu yang hampir tepat dari kedatangan Tuhan sehingga mereka
siap siaga dan diselamatkan. Kristus kembali untuk menjemput mereka pada
saat yang telah dinantikan (ayat Mat 24:27; bd. Kej 7:4;
lihat art. KESENGSARAAN BESAR).
Peristiwa ini juga menunjuk kepada tahap kedua dari kedatangan Kristus. - 3) Orang percaya masa kini atau orang kudus yang hidup sebelum masa
kesengsaraan besar, yang dilambangkan oleh murid Yesus. Mereka tidak
mengetahui saat Kristus kembali untuk mengangkat mereka ke sorga (ayat
Mat 24:42,44;
lihat cat. --> Yoh 14:3;
[atau ref. Yoh 14:3]
bd. 1Tes 4:14). Tidak ada tanda-tanda nyata yang mendahului kedatangan Tuhan untuk menjemput mereka karena Kristus telah mengatakan bahwa peristiwa itu akan terjadi pada saat yang tidak terduga (ayat Mat 24:42,44). Perhatikanlah bahwa Yesus tidak menyamakan murid (yaitu orang kudus zaman gereja) dengan Nuh (yaitu orang percaya masa kesengsaraan besar), tetapi dengan korban air bah pada zaman Nuh (bd. "mereka tidak tahu akan sesuatu" dari ayat Mat 24:39 dengan "kamu tidak tahu" dari ayat Mat 24:42). Maksudnya, orang kudus dalam satu arti adalah sama dengan korban air bah: mereka tidak akan mengetahui saat kedatangan Kristus dan akan terkejut ketika Ia datang, sama seperti para korban air bah tidak mengetahui saat terjadinya air bah dan terkejut ketika air bah itu datang. Karena itu semua orang kudus pada zaman gereja harus senantiasa siap sedia (ayat Mat 24:44).
Nas : Mat 12:40
Jelaslah bahwa Yesus menerima kisah Yunus dalam PL sebagai suatu fakta sejarah. Orang skeptis modern yang menyangkal kemungkinan mukjizat dalam PL harus mempertimbangkan dan akan dihakimi oleh perkataan Yesus.
[27:35] 10 Full Life : MENYALIBKAN DIA.
Nas : Mat 27:35
Inilah tahap ketujuh dari penderitaan Yesus. Di bukit Golgota balok salib yang melintang diletakkan di tanah dan Yesus dibaringkan di atasnya. Kedua lengan-Nya direntangkan di atas balok salib dan paku besi yang persegi dipakukan melalui telapak (atau pergelangan) tangan-Nya sampai jauh ke dalam kayu, pertama tangan yang kanan kemudian tangan yang kiri. Setelah itu Kristus diangkat dengan bantuan tali atau tangga, balok salib yang melintang diikatkan atau dipakukan pada tiang salib dan sebuah penyanggah untuk tubuh-Nya dipasang pada salib itu. Akhirnya, kaki-Nya direntangkan dan dipakukan pada salib itu dengan paku lebih besar. (Tahap kedelapan dari penderitaan Kristus diuraikan dalam
lihat cat. --> Mat 27:39).
[atau ref. Mat 27:39]
[3:13] 11 Full Life : YESUS ... DIBAPTIS.
Nas : Mat 3:13
Yesus dibaptis oleh Yohanes karena alasan berikut ini:
- 1) "menggenapkan seluruh kehendak Allah" (ayat Mat 3:15; bd. Im 16:4; Gal 4:4-5). Melalui baptisan, di depan umum Kristus menyerahkan diri kepada Allah dan kerajaan-Nya sehingga dengan demikian menggenapi tuntutan Allah yang benar.
- 2) Menempatkan diri-Nya setara dengan orang berdosa sekalipun Ia sendiri tidak perlu bertobat dari dosa (2Kor 5:21; 1Pet 2:24).
- 3) Menghubungkan diri-Nya dengan gerakan baru dari Allah yang memanggil setiap orang kepada pertobatan; perhatikan pesan Yohanes Pembaptis sebagai pendahulu Mesias (Yoh 1:23,32-33).
[11:12] 12 Full Life : ORANG YANG MENYERONGNYA MENCOBA MENGUASAINYA.
Nas : Mat 11:12
Lihat art. KERAJAAN ALLAH.
[2:4] 13 Full Life : IMAM KEPALA DAN AHLI TAURAT
Nas : Mat 2:4
Imam-imam kepala merupakan para pelayan Bait Allah yang bertanggung jawab atas penyembahan; para ahli Taurat adalah orang yang menyalin nas Alkitab pada zaman pascapembuangan. Mereka dilatih untuk mengajarkan dan menerapkan hukum PL dan dianggap ahli dalam soal Taurat (Mat 22:35). Kedua golongan ini membentuk Sanhedrin, atau badan legislatif Yahudi dan Mahkamah Agama. Badan ini terdiri atas 70-71 orang yang bertugas mengawasi urusan kewargaan dan keagamaan orang Yahudi. Mereka diberikan kewenangan cukup banyak di bawah pemerintah Romawi.
[11:7] 14 Full Life : YOHANES.
Nas : Mat 11:7
Ketika Yesus mengatakan bahwa Yohanes bukanlah "buluh yang digoyangkan angin kian kemari," Ia sedang menunjuk kepada watak Yohanes yang benar dan kepada reputasinya sebagai pengkhotbah yang tidak mau berkompromi keyakinannya. Yohanes memberitakan kebenaran Allah tanpa takut akan orang lain dan tidak pernah menyerah kepada pendapat umum. Dosa Herodes diabaikan begitu saja oleh para pemuka Yahudi, tetapi Yohanes tidak mendiamkannya. Ia bangkit mengecam Herodes, dan dengan demikian menunjukkan kesetiaan penuh kepada Allah dan Firman-Nya. Yohanes berpihak kepada Allah melawan dosa, sekalipun ia harus kehilangan nyawanya (Mat 14:3-12). Biarlah setiap pemberita Firman Allah memperhatikannya, karena Kristus akan menilai pelayanan, perangai dan pendirian terhadap dosa
(lihat cat. --> Luk 1:17).
[atau ref. Luk 1:17]
[11:11] 15 Full Life : SEORANG YANG LEBIH BESAR.
Nas : Mat 11:11
Pernyataan ini dapat berarti bahwa hak istimewa orang yang terkecil dari umat perjanjian yang baru masih lebih besar daripada Yohanes Pembaptis
(lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU).
Umat perjanjian baru memiliki harta penyataan yang lebih besar lagi yang diberikan oleh Allah (bd. Mat 13:16-17) dan akan mengalami berbagai mukjizat yang lebih besar lagi (Mat 11:5), menyaksikan kematian dan kebangkitan Kristus, serta menerima pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta (Kis 2:4).
[3:7] 16 Full Life : ORANG FARISI DAN ORANG SADUKI.
Nas : Mat 3:7
Dua kelompok agama yang utama di kalangan Yudaisme adalah golongan Farisi dan Saduki.
- 1) Golongan Farisi adalah golongan keagamaan orang Yahudi yang sangat menaati baik seluruh PL maupun penafsiran manusiawi mereka sendiri. Mereka secara khusus menekankan bahwa keselamatan dapat diperoleh dengan menaati hukum-hukum Allah secara harfiah dan penafsiran mereka tentang hukum itu. Mereka mengajarkan bahwa Mesias yang dinantikan akan menjadi seorang penguasa di bumi yang akan membantu Israel untuk menguasai semua bangsa dan memaksakan semua orang tunduk kepada hukum Allah. Sekalipun demikian, kesalehan mereka adalah kesalehan lahiriah tanpa kerohanian dalam hati mereka (Mat 23:25), dan mereka juga tidak bersedia mengakui kebobrokan sifat mereka. Pada umumnya mereka menentang Yesus dan ajaran-Nya bahwa hidup keagamaan itu menyangkut hati dan roh, dan bukan sekedar ketaatan lahiriah kepada perintah Kitab Suci (bd. Mat 9:14; 23:2-4; Luk 18:9-14).
- 2) Golongan Saduki adalah golongan liberal yang tidak menyukai perkara-perkara rohani. Sekalipun mengaku tunduk kepada hukum Allah, sesungguhnya mereka menyangkal banyak ajaran PL. Mereka menolak ajaran mengenai kebangkitan, malaikat, mukjizat, kekekalan dan hukuman yang akan datang. Kehidupan mereka secara moral lemah dan duniawi. Mereka juga merupakan golongan yang menganiaya Yesus (Mat 16:1-4).