Teks -- Wahyu 9:13-21 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Why 9:14 - LEPASKANLAH KEEMPAT MALAIKAT.
Nas : Wahy 9:14
Malaikat yang keenam melepaskan empat malaikat; pastilah
malaikat-malaikat ini jahat atau roh-roh jahat, karena malaikat kudus tida...
Nas : Wahy 9:14
Malaikat yang keenam melepaskan empat malaikat; pastilah malaikat-malaikat ini jahat atau roh-roh jahat, karena malaikat kudus tidak terikat. Mereka dilepaskan untuk membunuh sepertiga penduduk dunia (ayat Wahy 9:15) Mereka dilepaskan dari sungai Efrat, karena dalam sejarah PL daerah Efrat melambangkan serangan militer yang dipakai Allah untuk mendatangkan hukuman (bd. Yes 8:5-8; 10:5-7).
Full Life: Why 9:16 - DUA PULUH RIBU LAKSA.
Nas : Wahy 9:16
Para penafsir Alkitab bersilang pendapat cukup tajam dalam
mengartikan dua puluh ribu laksa pasukan berkuda ini.
1) Sebagian o...
Nas : Wahy 9:16
Para penafsir Alkitab bersilang pendapat cukup tajam dalam mengartikan dua puluh ribu laksa pasukan berkuda ini.
- 1) Sebagian orang mengatakan bahwa pasukan itu melambangkan roh-roh
jahat serupa setan dari lobang jurang maut di bawah pimpinan empat
malaikat itu (ayat Wahy 9:14;
lihat cat. --> Wahy 9:3).
[atau ref. Wahy 9:3]
- 2) Orang lainnya menganggap pasukan ini melambangkan banyak tentara yang berhimpun untuk berperang.
Full Life: Why 9:18 - API, DAN ASAP, DAN BELERANG.
Nas : Wahy 9:18
Apa yang dilihat Yohanes mengingatkan kita akan hukuman Allah atas
Sodom dan Gomora (Kej 19:24,28; bd. Yud 1:7). Perkataan ini adal...
Nas : Wahy 9:18
Apa yang dilihat Yohanes mengingatkan kita akan hukuman Allah atas Sodom dan Gomora (Kej 19:24,28; bd. Yud 1:7). Perkataan ini adalah peringatan Allah bahwa mereka yang gemar akan perbuatan berdosa Sodom pasti akan mengalami juga hukuman Sodom (Kej 19:14).
Full Life: Why 9:20 - TIDAK JUGA BERTOBAT.
Nas : Wahy 9:20
Bahkan hukuman Allah tidak bisa membuat orang bertobat. Hal ini
menunjukkan betapa dalamnya kebobrokan akhlak manusia dan cintanya ...
Nas : Wahy 9:20
Bahkan hukuman Allah tidak bisa membuat orang bertobat. Hal ini menunjukkan betapa dalamnya kebobrokan akhlak manusia dan cintanya akan kesenangan yang berdosa (bd. Yer 17:9). Dosa-dosa yang paling menonjol pada hari-hari terakhir dan masa kesengsaraan adalah (ayat Wahy 9:20-21);
- (1) penyembahan roh-roh jahat dan keikutsertaan dalam spiritisme, okultisme, dan sihir (Ul 32:17; 1Kor 10:20);
- (2) pembunuhan dan kekerasan;
- (3) ilmu gaib (Yun. _pharmekeia_), yang meliputi obat-obat bius,
penyembahan okultisme dan guna-guna (Wahy 18:23; 21:8; 22:15;
Gal 5:20;
lihat cat. --> Wahy 9:21 berikutnya);
[atau ref. Wahy 9:21]
- (4) percabulan, nafsu seks, dan pornografi;
- (5) pencurian dan pelanggaran hukum (bd. Rom 1:24,28-31).
Full Life: Why 9:21 - SIHIR.
Nas : Wahy 9:21
Kegiatan sihir akan bangkit secara besar-besaran pada hari-hari
terakhir sebelum dan selama masa kesengsaraan itu (Wahy 18:23; 21:8...
Nas : Wahy 9:21
Kegiatan sihir akan bangkit secara besar-besaran pada hari-hari terakhir sebelum dan selama masa kesengsaraan itu (Wahy 18:23; 21:8; Wahy 22:15; 1Tim 4:1). Sihir dikaitkan dengan okultisme, yang melibatkan hubungan dengan orang-orang yang sudah meninggal, kuasa-kuasa adikodrati, kekuatan-kekuatan paranormal dan kuat kuasa roh-roh jahat demi meraih kuasa untuk memanipulasi atau mempengaruhi benda-benda atau orang-orang. Pemakaian obat-obat bius bisa juga digolongkan sebagai praktik sihir.
Jerusalem: Why 4:1--16:21 - -- Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang...
Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang nasibnya diserahkan kepada Anak Domba. Ini dilambangkan oleh Kitab yang dimeterai, yang diserahkan kepada Anak Domba, bab 5. Lalu menyusullah berbagai penglihatan besar yang berupa lambang. Penglihatan-penglihatan itu, bab 6-16, menyiapkan "Hari Besar", yakni hari murka Allah menimpa para penganiaya, bab 17-19.
Jerusalem: Why 6:1--9:21 - -- Bab-bab ini merupakan suatu keseluruhan. Anak Domba membuka masing-masing meterai kitab itu, Wah 6:1-8:1, dan ditiuplah masing-masing sangkakala, Wah ...
Bab-bab ini merupakan suatu keseluruhan. Anak Domba membuka masing-masing meterai kitab itu, Wah 6:1-8:1, dan ditiuplah masing-masing sangkakala, Wah 8:2-9, lalu ada penglihatan-penglihatan mengenai kejadian-kejadian yang memberitakan dan menyiapkan kemusnahan negara Roma, yang melambangkan segala musuh Allah. Bdk Mat 24 dsj.
Jerusalem: Why 9:13 - suara Suara itu memberitahukan hukuman orang-orang yang tidak mau percaya; hukuman itu menyusul doa para martir yang disebutkan dalam Wah 6:9,10 (bdk Wah 8:...
Suara itu memberitahukan hukuman orang-orang yang tidak mau percaya; hukuman itu menyusul doa para martir yang disebutkan dalam Wah 6:9,10 (bdk Wah 8:2 dst).
Ende -> Why 9:20-21
Ende: Why 9:20-21 - -- Dalam kedua ajat ini njata, bahwa segala hukuman bukan dimaksudkan sebagai
dendam belaka, melainkan lebih sebagai adjaran untuk bertobat.
Dalam kedua ajat ini njata, bahwa segala hukuman bukan dimaksudkan sebagai dendam belaka, melainkan lebih sebagai adjaran untuk bertobat.
Ref. Silang FULL: Why 9:13 - keempat tanduk // hadapan Allah · keempat tanduk: Kel 30:1-3
· hadapan Allah: Wahy 8:3
· keempat tanduk: Kel 30:1-3
· hadapan Allah: Wahy 8:3
Ref. Silang FULL: Why 9:14 - keempat malaikat // besar Efrat · keempat malaikat: Wahy 7:1
· besar Efrat: Kej 15:18; Ul 1:7; Yos 1:4; Yes 11:15; Wahy 16:12
Ref. Silang FULL: Why 9:15 - Maka dilepaskanlah // membunuh sepertiga // umat manusia · Maka dilepaskanlah: Wahy 20:7
· membunuh sepertiga: Wahy 8:7; Wahy 8:7
· umat manusia: Wahy 9:18
· mendengar jumlah: Wahy 5:11; 7:4
Ref. Silang FULL: Why 9:17 - dari mulutnya // dan belerang · dari mulutnya: Wahy 11:5
· dan belerang: Wahy 9:18; Mazm 11:6; Yes 30:33; Yeh 38:22; Wahy 14:10; 19:20; 20:10; 21:8
Ref. Silang FULL: Why 9:18 - ini dibunuh // sepertiga // dan belerang · ini dibunuh: Wahy 9:15
· sepertiga: Wahy 8:7; Wahy 8:7
· dan belerang: Wahy 9:17; Wahy 9:17
Ref. Silang FULL: Why 9:20 - juga bertobat // perbuatan tangan // roh-roh jahat // atau berjalan · juga bertobat: Wahy 2:21; Wahy 2:21
· perbuatan tangan: Ul 4:28; 31:29; Yer 1:16; Mi 5:12; Kis 7:41
· roh-roh jahat: 1Kor 10:20...
· juga bertobat: Wahy 2:21; [Lihat FULL. Wahy 2:21]
· perbuatan tangan: Ul 4:28; 31:29; Yer 1:16; Mi 5:12; Kis 7:41
· roh-roh jahat: 1Kor 10:20; [Lihat FULL. 1Kor 10:20]
· atau berjalan: Mazm 115:4-7; 135:15-17; Dan 5:23
Ref. Silang FULL: Why 9:21 - tidak bertobat // pembunuhan, sihir // percabulan · tidak bertobat: Wahy 2:21; Wahy 2:21
· pembunuhan, sihir: Yes 47:9,12; Wahy 18:23
· percabulan: Wahy 17:2,5
· tidak bertobat: Wahy 2:21; [Lihat FULL. Wahy 2:21]
· pembunuhan, sihir: Yes 47:9,12; Wahy 18:23
· percabulan: Wahy 17:2,5
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Why 9:13; Why 8:7--11:19; Why 9:13; Why 6:1--20:3; Why 4:1--22:21; Why 9:14; Why 9:14; Why 9:15; Why 9:15; Why 9:16; Why 9:16; Why 9:17; Why 9:17; Why 9:18; Why 9:18; Why 9:19; Why 9:19; Why 9:20-21; Why 9:20-21
Hagelberg: Why 9:13 - -- 9:13 Lalu malaikat yang keenam meniup sangkakalanya, dan aku mendengar suatu suara keluar dari keempat tanduk mezbah emas yang di hadapan Allah
Dalam ...
9:13 Lalu malaikat yang keenam meniup sangkakalanya, dan aku mendengar suatu suara keluar dari keempat tanduk mezbah emas yang di hadapan Allah
Dalam pasal 6:9 Yohanes "melihat di bawah mezbah jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh oleh karena kesaksian yang mereka miliki." Dalam pasal 6:10 mereka berseru: "Berapa lamakah lagi... Engkau tidak menghakimi dan tidak membalaskan darah kami kepada mereka, yang diam di bumi?" Dalam pasal 8:3-5 doa orang-orang kudus mulai dikabulkan dari mezbah itu. Rupanya dalam nas ini doa itu tetap dikabulkan. Sekali lagi ketujuh jemaat di Asia diingatkan akan kuasa doa.
Sesuai dengan pola yang sudah biasa dalam Kitab Wahyu, sumber suara itu tidak dijelaskan.
Hagelberg: Why 8:7--11:19 - -- 2. Ketujuh Sangkakala (8:7-11:19)
Beasley-Murray356 menguraikan bahwa hukuman ketujuh sangkakala sejajar dengan kesepuluh tulah dalam Keluaran 7-11. H...
2. Ketujuh Sangkakala (8:7-11:19)
Beasley-Murray356 menguraikan bahwa hukuman ketujuh sangkakala sejajar dengan kesepuluh tulah dalam Keluaran 7-11. Hubungan tersebut diuraikan dalam pembahasan nas masing-masing.
a. Keempat Sangkakala Pertama (8:7-12)
Sama seperti keempat segel yang pertama menjadi satu kelompok, demikian juga keempat sangkakala yang pertama menjadi satu kelompok.357
Hukuman-hukuman ini penuh dengan hal yang aneh. Rincian-rinciannya sebaiknya ditafsirkan secara harfiah asal arti harfiah itu masuk akal. Misalnya, dalam 8:10 ada sebuah "bintang besar" yang menimpa bumi. Tidak mungkin ini ditafsirkan secara harfiah, karena bintang beribu-ribu kali lebih besar dari bumi ini. Hal ini merupakan suatu kiasan yang menggambarkan peristiwa yang sangat dahsyat.
Hagelberg: Why 9:13 - -- 9:13 Lalu malaikat yang keenam meniup sangkakalanya, dan aku mendengar suatu suara keluar dari keempat tanduk mezbah emas yang di hadapan Allah
Dalam ...
9:13 Lalu malaikat yang keenam meniup sangkakalanya, dan aku mendengar suatu suara keluar dari keempat tanduk mezbah emas yang di hadapan Allah
Dalam pasal 6:9 Yohanes "melihat di bawah mezbah jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh oleh karena kesaksian yang mereka miliki." Dalam pasal 6:10 mereka berseru: "Berapa lamakah lagi... Engkau tidak menghakimi dan tidak membalaskan darah kami kepada mereka, yang diam di bumi?" Dalam pasal 8:3-5 doa orang-orang kudus mulai dikabulkan dari mezbah itu. Rupanya dalam nas ini doa itu tetap dikabulkan. Sekali lagi ketujuh jemaat di Asia diingatkan akan kuasa doa.
Sesuai dengan pola yang sudah biasa dalam Kitab Wahyu, sumber suara itu tidak dijelaskan.
Hagelberg: Why 6:1--20:3 - -- B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3)
Bentuk Bagian Ini
Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan...
B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3)
Bentuk Bagian Ini
Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan. (Mungkinkah Mazmur 79:12, yang berkata, "Dan balikkanlah ke atas pangkuan tetangga kami tujuh kali lipat cela yang telah didatangkan kepada-Mu, ya Tuhan!" melatarbelakangi hukuman tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan?) Segel, sangkakala, dan cawan ini merupakan kerangka atau garis besar dari bagian ini. Enam segel itu dibuka Tuhan, disertai hukuman atas bumi. Lalu segel yang ketujuh terdiri dari tujuh sangkakala.299 Keenam sangkakala pertama diceritakan, lalu yang ketujuh terdiri dari tujuh cawan. Struktur ini menekankan dahsyatnya hukuman atas "mereka yang diam di bumi". Segel yang ketujuh merupakan ketujuh sangkakala, dan sangkakala yang ketujuh merupakan ketujuh cawan.300 Jadi, sesudah "yang diam di bumi" mengalami hukuman-hukuman dahsyat yang mulai dari segel yang pertama sampai dengan segel yang keenam, mungkin mereka akan berpikir, "Tinggal hanya satu hukuman lagi, bukankah ada tujuh segel?" Tetapi mereka akan heran, sebab yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang ditandai dengan tujuh sangkakala. Lalu, sesudah hukuman-hukuman dari enam sangkakala, mungkin mereka akan berpikir, "Akhirnya, hanya satu hukuman lagi..." tetapi mereka akan heran, karena yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang disebut tujuh cawan.301
Struktur ini menekankan betapa dahsyatnya hukuman-hukuman itu. Selain itu, ternyata segel, sangkakala, dan cawan menjadi garis besar, kerangka, atau "rantai" kisah ini. Selain "rantai kisah" ini ada beberapa hal lain yang juga disisipkan. Setiap "tambahan" ini juga merupakan dorongan untuk ketujuh jemaat itu.
Bagian ini menceritakan "Masa Kesengsaraan", yang merupakan "minggu" yang ke-70 dalam Kitab Daniel pasal 9, suatu masa yang berkelanjutan tujuh tahun. Di antara nas-nas yang lain, Amos 5:18-20 menceritakan kesengsaraan yang akan dialami umat Israel pada masa itu.
Menurut tafsiran lain, keenam segel dalam Wahyu 6 melambangkan masa ini, "zaman gereja", yang penuh dengan peperangan dan penderitaan seperti dikatakan di dalam Markus 13:5-13 ("Semua itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru").
Tetapi paham tersebut agak sulit diterima, kalau kita membaca 6:8, "Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang ada di bumi." Jadi kalau segel yang keempat dibuka, paling tidak kira-kira satu milyar orang akan dibunuh. Itu bukan zaman sekarang. Alasan lain berkaitan dengan permintaan Tuhan Yesus, yang disebutkan dalam Wahyu 5 dan Mazmur 2:8. Seandainya enam segel itu menceritakan keadaan kita dalam "zaman gereja", artinya gulungan kitab itu sudah diminta Tuhan, dan segel itu sedang dibuka. Dengan demikian, menurut tafsiran tersebut, pembukaan enam segel menghabiskan waktu 2000 tahun, tetapi tujuh sangkakala dan tujuh cawan hanya makan waktu kurang dari tiga tahun. Ini tidak mustahil, tetapi agak aneh.
Lebih baik, sesuai dengan dahsyatnya pembukaan segel dan kepentingan pengambilan gulungan kitab, pengambilan gulungan kitab dianggap permulaan Masa Kesengsaraan, dan pembukaan segel dianggap sebagai sebagian dari hukuman Allah atas "yang diam di bumi" pada Masa Kesengsaraan. Hukuman yang dahsyat harus mendahului pendirian Kerajaan Allah di bumi, sangat jelas dalam Amos 5:18-20 dan Yesaya 2:12-21.
Isi Bagian Ini
Dari segi isi (bukan bentuk), bagian ini ada kesamaannya dengan Markus 13 (juga Matius 24 dan Lukas 21), saat Tuhan Yesus bernubuat mengenai akhir zaman. Beasley-Murray302 mencatat kesamaan-kesamaan tersebut sebagai berikut:
1. Perang-perang |
1. Perang-perang |
2. Perselisihan inter- nasional |
2. Perselisihan inter- nasional |
3. Gempa bumi |
3. Kelaparan |
4. Kelaparan |
4. Wabah/sampar |
5. Penganiayaan |
5. Penganiayaan |
6. Gerhana, bintang berjatuhan, goncangan kuasa-kuasa langit |
6. Gempa bumi, gerhana, bintang berjatuhan, pembesar bersembunyi di gua, langit menyusut |
Hagelberg: Why 4:1--22:21 - -- III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21)
Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi s...
III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21)
Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi sesudah ini") dan 4:1 ("Naiklah kemari dan Aku akan menunjuk kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini") kita mengetahui bahwa pasal 4 merupakan permulaan dari bagian ketiga. Bagian ketiga ini akan menceritakan "apa yang akan/harus terjadi sesudah" hal-hal mengenai ketujuh jemaat. Apa yang dibahas dalam pasal 1-3 sudah terjadi. Ketujuh jemaat itu sudah tidak ada lagi, sedangkan apa yang digambarkan dalam pasal 4-22 belum terjadi.
Fungsi bagian ini:
Memang Tuhan Yesus sudah menjanjikan pahala yang indah dan hebat kepada yang setia, kepada "barangsiapa yang menang", kepada "yang menuruti apa yang tertulis di dalam" Kitab Wahyu. Dalam bagian ketiga ini dibuktikan bahwa janji-janji itu bukan omong kosong, tetapi Dia mampu menggenapi janji-Nya, karena Dia akan mengalahkan musuh-Nya dan mendirikan Kerajaan-Nya. Juga, mereka yang menganiaya anggota jemaat Kristus akan dikalahkan oleh Raja atas segala raja, sehingga mereka yang dianiaya akan dihibur dan didorong untuk setia di dalam penganiayaan.
Struktur bagian ini:
Struktur bagian ini dapat dibagi ke dalam beberapa bagian, sebagai berikut:
Visi Takhta sebagai Pendahuluan, 4:1-5:14
Masa Kesengsaraan, 6:1-20:3
Kerajaan Seribu Tahun, 20:4-15
Yerusalem yang Baru, 21:1-22:5
Penjelasan Akhir dari Penglihatan, 22:6-17
Bagian Penutup dari Kitab, 22:18-21
Hagelberg: Why 9:14 - -- 9:14 dan berkata kepada malaikat yang keenam yang memegang sangkakala itu: "Lepaskanlah keempat malaikat yang terikat dekat sungai besar Efrat itu."
I...
9:14 dan berkata kepada malaikat yang keenam yang memegang sangkakala itu: "Lepaskanlah keempat malaikat yang terikat dekat sungai besar Efrat itu."
Identitas dari keempat malaikat ini sulit dipastikan. Dalam pasal 7:1 ada empat malaikat yang dilarang melangkah sebelum hamba-hamba Allah disegelkan. Rupanya malaikat ini lain, karena tempatnya dekat sungai besar Efrat itu.
Pada zaman Perjanjian Lama, di seberang Sungai Efrat terdapat Asyur, musuh Israel, yang mengancam umat Allah (Yesaya 7:20; 8:7; dan Yeremia 46:10).374 Pada zaman Rasul Yohanes, Sungai Efrat adalah perbatasan timur dari Kekaisaran Romawi. Kerajaan Parthia terletak di sebelah timur Sungai Efrat. Roma dikalahkan oleh Parthia pada tahun 53 SM, dan lagi pada tahun 62 M. Kerajaan Parthia dianggap ancaman bagi kekuasaan Roma.375 Oleh karena itu, maka istilah sungai besar Efrat itu membawa kesan yang menakutkan bagi mereka pada zaman itu, tetapi yang dimaksudkan dalam nas ini jauh lebih dahsyat daripada tentara Parthia atau tentara Asyur.
Hagelberg: Why 9:14 - -- 9:14 dan berkata kepada malaikat yang keenam yang memegang sangkakala itu: "Lepaskanlah keempat malaikat yang terikat dekat sungai besar Efrat itu."
I...
9:14 dan berkata kepada malaikat yang keenam yang memegang sangkakala itu: "Lepaskanlah keempat malaikat yang terikat dekat sungai besar Efrat itu."
Identitas dari keempat malaikat ini sulit dipastikan. Dalam pasal 7:1 ada empat malaikat yang dilarang melangkah sebelum hamba-hamba Allah disegelkan. Rupanya malaikat ini lain, karena tempatnya dekat sungai besar Efrat itu.
Pada zaman Perjanjian Lama, di seberang Sungai Efrat terdapat Asyur, musuh Israel, yang mengancam umat Allah (Yesaya 7:20; 8:7; dan Yeremia 46:10).374 Pada zaman Rasul Yohanes, Sungai Efrat adalah perbatasan timur dari Kekaisaran Romawi. Kerajaan Parthia terletak di sebelah timur Sungai Efrat. Roma dikalahkan oleh Parthia pada tahun 53 SM, dan lagi pada tahun 62 M. Kerajaan Parthia dianggap ancaman bagi kekuasaan Roma.375 Oleh karena itu, maka istilah sungai besar Efrat itu membawa kesan yang menakutkan bagi mereka pada zaman itu, tetapi yang dimaksudkan dalam nas ini jauh lebih dahsyat daripada tentara Parthia atau tentara Asyur.
Hagelberg: Why 9:15 - -- 9:15 Maka dilepaskanlah keempat malaikat yang telah disiapkan bagi jam dan hari, bulan dan tahun untuk membunuh sepertiga dari umat manusia.
Sejak dah...
9:15 Maka dilepaskanlah keempat malaikat yang telah disiapkan bagi jam dan hari, bulan dan tahun untuk membunuh sepertiga dari umat manusia.
Sejak dahulu kala, Allah yang Mahakuasa telah menyediakan hukuman ini. Dengan demikian kedaulatan Allah ditekankan lagi.
Sama seperti dalam pasal 8:7-12, istilah sepertiga muncul lagi.
Hagelberg: Why 9:15 - -- 9:15 Maka dilepaskanlah keempat malaikat yang telah disiapkan bagi jam dan hari, bulan dan tahun untuk membunuh sepertiga dari umat manusia.
Sejak dah...
9:15 Maka dilepaskanlah keempat malaikat yang telah disiapkan bagi jam dan hari, bulan dan tahun untuk membunuh sepertiga dari umat manusia.
Sejak dahulu kala, Allah yang Mahakuasa telah menyediakan hukuman ini. Dengan demikian kedaulatan Allah ditekankan lagi.
Sama seperti dalam pasal 8:7-12, istilah sepertiga muncul lagi.
Hagelberg: Why 9:16 - -- 9:16 Dan jumlah tentara itu ialah dua puluh ribu laksa pasukan berkuda; aku mendengar jumlah mereka.
Adanya dua puluh ribu laksa pasukan berkuda menge...
9:16 Dan jumlah tentara itu ialah dua puluh ribu laksa pasukan berkuda; aku mendengar jumlah mereka.
Adanya dua puluh ribu laksa pasukan berkuda mengejutkan pembaca. Mereka dari mana? Pertanyaan ini tidak dijawab dalam Kitab Wahyu. Karena tentara begitu banyaknya, sehingga mereka tidak dapat dihitung oleh Yohanes, tetapi dia mendengar jumlah mereka. Jumlah itu bukan merupakan taksiran.
Ada beberapa nubuatan dalam kitab-kitab nabi besar (misalnya Yesaya 5:26-30; Yeremia 6:22-26; dan Yehezkiel 38:14-17) saat tentara dari bangsa-bangsa kafir akan menyerang umat Israel, tetapi nas ini menubuatkan pasukan setan yang menyerang musuh Allah.
Hagelberg: Why 9:16 - -- 9:16 Dan jumlah tentara itu ialah dua puluh ribu laksa pasukan berkuda; aku mendengar jumlah mereka.
Adanya dua puluh ribu laksa pasukan berkuda menge...
9:16 Dan jumlah tentara itu ialah dua puluh ribu laksa pasukan berkuda; aku mendengar jumlah mereka.
Adanya dua puluh ribu laksa pasukan berkuda mengejutkan pembaca. Mereka dari mana? Pertanyaan ini tidak dijawab dalam Kitab Wahyu. Karena tentara begitu banyaknya, sehingga mereka tidak dapat dihitung oleh Yohanes, tetapi dia mendengar jumlah mereka. Jumlah itu bukan merupakan taksiran.
Ada beberapa nubuatan dalam kitab-kitab nabi besar (misalnya Yesaya 5:26-30; Yeremia 6:22-26; dan Yehezkiel 38:14-17) saat tentara dari bangsa-bangsa kafir akan menyerang umat Israel, tetapi nas ini menubuatkan pasukan setan yang menyerang musuh Allah.
Hagelberg: Why 9:17 - -- 9:17 Maka demikianlah aku melihat dalam penglihatan ini kuda-kuda dan orang-orang yang menungganginya; mereka memakai baju zirah, merah api dan biru d...
9:17 Maka demikianlah aku melihat dalam penglihatan ini kuda-kuda dan orang-orang yang menungganginya; mereka memakai baju zirah, merah api dan biru dan kuning belerang warnanya;376 kepala kuda-kuda itu sama seperti kepala singa, dan dari mulutnya keluar api, dan asap dan belerang.
Tidak ada keterangan yang lebih lanjut tentang mereka yang menunggangi kuda itu. Dalam bahasa aslinya, sama seperti dalam bahasa Indonesia, tidak jelas siapa pemakai baju zirah, apakah kuda atau yang menungganginya. Kalau kavaleri Parthia, baik kuda maupun yang menungganginya memakai baju zirah.377
Ada yang berkata bahwa kuda-kuda ini adalah tank-tank perang modern, mungkin karena dari mulutnya keluar api, dan asap dan belerang, tetapi kepala kuda-kuda itu sama seperti kepala singa. Tafsiran tersebut tidak dapat ditolak secara pasti, tetapi rupanya tidak ada tank modern yang mirip singa.
Kuda-kuda ini, serta mereka yang menungganginya, sama seperti belalang/kalajengking dalam pasal 9:3-11, adalah setan-setan yang ditugaskan untuk membawa hukuman Allah kepada mereka yang diam di bumi.378
Hagelberg: Why 9:17 - -- 9:17 Maka demikianlah aku melihat dalam penglihatan ini kuda-kuda dan orang-orang yang menungganginya; mereka memakai baju zirah, merah api dan biru d...
9:17 Maka demikianlah aku melihat dalam penglihatan ini kuda-kuda dan orang-orang yang menungganginya; mereka memakai baju zirah, merah api dan biru dan kuning belerang warnanya;376 kepala kuda-kuda itu sama seperti kepala singa, dan dari mulutnya keluar api, dan asap dan belerang.
Tidak ada keterangan yang lebih lanjut tentang mereka yang menunggangi kuda itu. Dalam bahasa aslinya, sama seperti dalam bahasa Indonesia, tidak jelas siapa pemakai baju zirah, apakah kuda atau yang menungganginya. Kalau kavaleri Parthia, baik kuda maupun yang menungganginya memakai baju zirah.377
Ada yang berkata bahwa kuda-kuda ini adalah tank-tank perang modern, mungkin karena dari mulutnya keluar api, dan asap dan belerang, tetapi kepala kuda-kuda itu sama seperti kepala singa. Tafsiran tersebut tidak dapat ditolak secara pasti, tetapi rupanya tidak ada tank modern yang mirip singa.
Kuda-kuda ini, serta mereka yang menungganginya, sama seperti belalang/kalajengking dalam pasal 9:3-11, adalah setan-setan yang ditugaskan untuk membawa hukuman Allah kepada mereka yang diam di bumi.378
Hagelberg: Why 9:18 - -- 9:18 Oleh ketiga malapetaka ini dibunuh sepertiga dari umat manusia, yaitu oleh api, dan asap dan belerang, yang keluar dari mulutnya.
Celaka yang per...
9:18 Oleh ketiga malapetaka ini dibunuh sepertiga dari umat manusia, yaitu oleh api, dan asap dan belerang, yang keluar dari mulutnya.
Celaka yang pertama membawa siksaan, celaka yang kedua membawa maut.379 Sama seperti dalam pasal 9:15, istilah sepertiga muncul lagi. Rupanya hanya sepertiga yang dibunuh karena tujuan dari seluruh bagian ini adalah supaya mereka yang diam di bumi bertobat, maka hal ini belum menunjuk saatnya semua harus mati. Sepertiga dari manusia dibunuh sebagai peringatan380 bagi mereka yang masih hidup, namun menurut pasal 9:20 mereka tidak rela bertobat.
Hagelberg: Why 9:18 - -- 9:18 Oleh ketiga malapetaka ini dibunuh sepertiga dari umat manusia, yaitu oleh api, dan asap dan belerang, yang keluar dari mulutnya.
Celaka yang per...
9:18 Oleh ketiga malapetaka ini dibunuh sepertiga dari umat manusia, yaitu oleh api, dan asap dan belerang, yang keluar dari mulutnya.
Celaka yang pertama membawa siksaan, celaka yang kedua membawa maut.379 Sama seperti dalam pasal 9:15, istilah sepertiga muncul lagi. Rupanya hanya sepertiga yang dibunuh karena tujuan dari seluruh bagian ini adalah supaya mereka yang diam di bumi bertobat, maka hal ini belum menunjuk saatnya semua harus mati. Sepertiga dari manusia dibunuh sebagai peringatan380 bagi mereka yang masih hidup, namun menurut pasal 9:20 mereka tidak rela bertobat.
Hagelberg: Why 9:19 - -- 9:19 Sebab kuasa kuda-kuda itu terdapat di dalam mulutnya dan di dalam ekornya. Sebab ekornya sama seperti ular; mereka berkepala dan dengan kepala me...
9:19 Sebab kuasa kuda-kuda itu terdapat di dalam mulutnya dan di dalam ekornya. Sebab ekornya sama seperti ular; mereka berkepala dan dengan kepala mereka itu mereka mendatangkan kerusakan.
Setan yang digambarkan dalam nas ini sangat ngeri. Bukan mulutnya saja yang berbahaya, tetapi juga ekornya yang sama seperti ular yang beracun.
Hagelberg: Why 9:19 - -- 9:19 Sebab kuasa kuda-kuda itu terdapat di dalam mulutnya dan di dalam ekornya. Sebab ekornya sama seperti ular; mereka berkepala dan dengan kepala me...
9:19 Sebab kuasa kuda-kuda itu terdapat di dalam mulutnya dan di dalam ekornya. Sebab ekornya sama seperti ular; mereka berkepala dan dengan kepala mereka itu mereka mendatangkan kerusakan.
Setan yang digambarkan dalam nas ini sangat ngeri. Bukan mulutnya saja yang berbahaya, tetapi juga ekornya yang sama seperti ular yang beracun.
Hagelberg: Why 9:20-21 - -- 9:20-21 Tetapi manusia lain, yang tidak mati oleh malapetaka381 itu, tidak juga bertobat382 dari perbuatan tangan mereka: mereka tidak berhenti menyem...
9:20-21 Tetapi manusia lain, yang tidak mati oleh malapetaka381 itu, tidak juga bertobat382 dari perbuatan tangan mereka: mereka tidak berhenti menyembah roh-roh jahat dan berhala-berhala dari emas dan perak, dari tembaga, batu dan kayu yang tidak dapat melihat atau mendengar atau berjalan dan mereka tidak bertobat dari pada pembunuhan, sihir, percabulan dan pencurian.
Sama seperti Firaun tidak bertobat, walaupun mengalami tulah yang dikisahkan dalam Kitab Keluaran, demikian mereka yang diam di bumi tidak bertobat.
Nas ini dapat diterapkan dalam pelayanan penginjilan. Mungkin ada orang berkata bahwa seandainya si anu diperingatkan dengan peringatan yang cukup menarik perhatian, pasti dia bertobat. Tetapi berdasarkan nas ini kita dapat menjawab bahwa tanda-tanda semacam itu tidak begitu berguna. Mereka sama sekali tidak mau bertobat!
Tidak jarang dalam Perjanjian Lama dikatakan bahwa berhala tidak dapat melihat atau mendengar atau berjalan, misalnya dalam Ulangan 4:28 dan Mazmur 115:5-7. Firman Allah (Ulangan 32:17 dan 1 Korintus 10:20) juga menegaskan bahwa apa yang dikorbankan kepada berhala sebenarnya dikorbankan kepada setan. Dengan demikian, mereka yang tidak dibunuh oleh setan-setan, tetap menyembah setan-setan!383
Enam sangkakala ditiup tanpa jeda, tetapi ada beberapa tambahan yang ditulis sebelum sangkakala yang ketujuh.
Sama seperti ada dua sisipan antara segel yang keenam dan segel yang ketujuh, demikian juga ada dua sisipan antara sangkakala yang keenam dan sangkakala yang ketujuh.
Tambahan Ketiga: Gulungan Kitab (10:1-11)
Nas ini menegaskan tugas Rasul Yohanes sebagai nabi yang harus memberitakan apa yang harus diberitakan, dan yang harus menutup apa yang harus ditutup. Tugas ini membawa sukacita dan kesusahan. Tambahan yang diceritakan dalam pasal 7 juga mengemukakan kesusahan atau kesyahidan.
Hagelberg: Why 9:20-21 - -- 9:20-21 Tetapi manusia lain, yang tidak mati oleh malapetaka381 itu, tidak juga bertobat382 dari perbuatan tangan mereka: mereka tidak berhenti menyem...
9:20-21 Tetapi manusia lain, yang tidak mati oleh malapetaka381 itu, tidak juga bertobat382 dari perbuatan tangan mereka: mereka tidak berhenti menyembah roh-roh jahat dan berhala-berhala dari emas dan perak, dari tembaga, batu dan kayu yang tidak dapat melihat atau mendengar atau berjalan dan mereka tidak bertobat dari pada pembunuhan, sihir, percabulan dan pencurian.
Sama seperti Firaun tidak bertobat, walaupun mengalami tulah yang dikisahkan dalam Kitab Keluaran, demikian mereka yang diam di bumi tidak bertobat.
Nas ini dapat diterapkan dalam pelayanan penginjilan. Mungkin ada orang berkata bahwa seandainya si anu diperingatkan dengan peringatan yang cukup menarik perhatian, pasti dia bertobat. Tetapi berdasarkan nas ini kita dapat menjawab bahwa tanda-tanda semacam itu tidak begitu berguna. Mereka sama sekali tidak mau bertobat!
Tidak jarang dalam Perjanjian Lama dikatakan bahwa berhala tidak dapat melihat atau mendengar atau berjalan, misalnya dalam Ulangan 4:28 dan Mazmur 115:5-7. Firman Allah (Ulangan 32:17 dan 1 Korintus 10:20) juga menegaskan bahwa apa yang dikorbankan kepada berhala sebenarnya dikorbankan kepada setan. Dengan demikian, mereka yang tidak dibunuh oleh setan-setan, tetap menyembah setan-setan!383
Enam sangkakala ditiup tanpa jeda, tetapi ada beberapa tambahan yang ditulis sebelum sangkakala yang ketujuh.
Sama seperti ada dua sisipan antara segel yang keenam dan segel yang ketujuh, demikian juga ada dua sisipan antara sangkakala yang keenam dan sangkakala yang ketujuh.
Tambahan Ketiga: Gulungan Kitab (10:1-11)
Nas ini menegaskan tugas Rasul Yohanes sebagai nabi yang harus memberitakan apa yang harus diberitakan, dan yang harus menutup apa yang harus ditutup. Tugas ini membawa sukacita dan kesusahan. Tambahan yang diceritakan dalam pasal 7 juga mengemukakan kesusahan atau kesyahidan.