Teks -- Keluaran 28:1-29 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Kel 28:1 - HARUN ... MEMEGANG JABATAN IMAM BAGI-KU.
Nas : Kel 28:1
Tuhan memberikan pengarahan mengenai pelayanan Harun selaku imam
besar, dan tugas-tugas keimaman pada umumnya (pasal Kel 28:1-29:46)...
Nas : Kel 28:1
Tuhan memberikan pengarahan mengenai pelayanan Harun selaku imam besar, dan tugas-tugas keimaman pada umumnya (pasal Kel 28:1-29:46). Imam adalah seorang yang berdiri di hadapan Allah sebagai wakil umat.
- 1) Imam bertugas membakar kemenyan, mengawasi kaki dian dan meja roti Kehadiran Allah, mempersembahkan korban di atas mezbah, dan memberkati umat. Mereka juga menghakimi kasus-kasus perdata (mis. Bil 5:5-31) dan mengajarkan Taurat (bd. Neh 8:8-9).
- 2) Para imam bertindak selaku perantara di antara umat dengan Allah (bd. ayat Kel 28:12,29-30), menyampaikan kehendak dan perjanjian Allah kepada umat (Yer 33:20-26; Mal 2:4,7), dan menjadi perantara dosa-dosa umat di hadapan Allah. Dalam melaksanakan tugas-tugas itu, mereka mengadakan pendamaian bagi dosa umat dan dosa mereka sendiri (Kel 29:33; Ibr 9:6-8) dan menyatakan kekudusan Allah (ayat Kel 28:38; Bil 18:1).
- 3) Bagi orang percaya PB Yesus adalah imam umat Allah. Ia memulai perjanjian yang baru melalui kematian-Nya (Ibr 9:15-22) dan mempersembahkan diri-Nya sebagai korban sempurna (Ibr 9:23-28). Ia turut merasakan kelemahan kita (Ibr 4:15), tampil di hadapan Allah demi kita (Ibr 9:24), menyelesaikan keselamatan kita (Ibr 10:14), dan memungkinkan kita menghampiri Allah Bapa (Ibr 4:16; 6:19-20; 7:25; 19:19-22).
Full Life: Kel 28:4 - TUTUP DADA.
Nas : Kel 28:4
Tutup dada adalah selembar kain segi empat yang diberi dua belas
batu permata kecil dalam empat baris mendatar, masing-masing tiga b...
Nas : Kel 28:4
Tutup dada adalah selembar kain segi empat yang diberi dua belas batu permata kecil dalam empat baris mendatar, masing-masing tiga batu sebarisnya; di atas setiap batu ini terukir nama kedua belas putra Israel (ayat Kel 28:15-21,29-30).
Full Life: Kel 28:6 - BAJU EFOD.
Nas : Kel 28:6
Baju efod merupakan pakaian yang longgar tanpa lengan dan menjangkau
hingga ke lutut; baju efod dipakai sebagai sebuah celemek di at...
Nas : Kel 28:6
Baju efod merupakan pakaian yang longgar tanpa lengan dan menjangkau hingga ke lutut; baju efod dipakai sebagai sebuah celemek di atas jubah imam (ayat Kel 28:6-20; 39:1-21).
Full Life: Kel 28:29 - HARUS DIBAWA ... NAMA PARA ANAK ISRAEL.
Nas : Kel 28:29
Sebagai imam besar, Harun harus mewakili umat di hadapan Tuhan
ketika memasuki Tempat Kudus (ayat Kel 28:12,29). Dengan demikian, i...
Nas : Kel 28:29
Sebagai imam besar, Harun harus mewakili umat di hadapan Tuhan ketika memasuki Tempat Kudus (ayat Kel 28:12,29). Dengan demikian, ia melambangkan Yesus sebagai Imam Besar, yang masuk ke sorga untuk menghadap kehadirat Bapa-Nya selaku wakil kita (Ibr 9:24;
lihat art. KRISTUS DALAM PERJANJIAN LAMA).
Jerusalem -> Kel 19:1--40:38; Kel 28:6
Jerusalem: Kel 19:1--40:38 - -- Sebagian besar dari bagian terakhir kitab Keluaran ini, yaitu Kel 19:1-2; 24:15-31:18; 34:29-35:8, berasal dari tradisi Para Imam. Bagian yang memuat ...
Sebagian besar dari bagian terakhir kitab Keluaran ini, yaitu Kel 19:1-2; 24:15-31:18; 34:29-35:8, berasal dari tradisi Para Imam. Bagian yang memuat Kitab (Hukum) Perjanjian, Kel 20:22-23:33, harus dipisahkan, sebab baru belakangan dihubungkan dengan peristiwa di gunung Sinai. Bagian-bagian lain berasal dari sumber-sumber yang lebih tua usianya. Sering sukar menentukan bagian manakah berasal dari tradisi Yahwista dan bagian manakah berasal dari tradisi Elohista. Menurut pandangan penyusun terakhir kisah ini maka perjanjian yang diadakan Musa meneguhkan kepilihan bangsa Israel serta janji-janji yang telah diberikan kepadanya, Kel 6:5-7, sama seperti perjanjian dengan Abraham (yang disinggung dalam Kel 6:4) meneguhkan janji-janji yang terdahulu, Kej 17. Akan tetapi perjanjian dengan Abraham diadakan dengan seorang saja (walaupun perjanjian itu menyangkut keturunannya) dan disertai satu perintah saja (sunat). Perjanjian di gunung Sinai langsung menyangkut seluruh bangsa yang menerima hukum: kesepuluh perintah (Allah) serta Kitab Perjanjian. Bersama dengan semua tambahannya dari zaman kemudian hukum tsb menjadi piagam agama Yahudi, Sir 24:9-27 menyamakan Hukum Taurat itu dengan Hikmat Allah. Tetapi sekaligus hukum itu "menjadi suatu saksi terhadap bangsa Israel", Ula 31:26, artinya: pelanggaran hukum Taurat oleh umat Israel akan membatalkan segala janji dan akan mendatangkan kutuk Allah. Maka hukum Taurat hanya berperan sebagai pengajaran dan paksaan untuk menyiapkan manusia bagi kedatangan Kristus yang akan mengadakan suatu perjanjian yang baru. Peranan sementara dari hukum Taurat itu diterangkan Paulus dalam uraiannya melawan orang Kristen yang hendak memaksakan hukum Taurat kepada orang Kristen bukan Yahudi, Gal 3; Rom 7.
Jerusalem: Kel 28:6 - Baju efod Dalam Alkitab disebut tiga macam efod yang berbeda sekali: 1. Ada sebuah efod yang sebagai alat peramal dan penenung dipakai untuk menanyakan Tuhan, 1...
Dalam Alkitab disebut tiga macam efod yang berbeda sekali: 1. Ada sebuah efod yang sebagai alat peramal dan penenung dipakai untuk menanyakan Tuhan, 1Sa 2:28+; 1Sa 2. ada efod dari kain lenan yang dipakai para petugas ibadat, 1Sa 2:18+; 1Sa 3. ada efod bagi Imam besar. Ia berupa baju dada yang dililiti sabuk di bagian bawah dan bergantung pada dua slendang. Pada baju dada tsb dipasang "penutup dada pernyataan keputusan", Kel 27:15 dst, dan di dalamnya ada batu undi suci, yaitu Urim dan Tumim, Kel 28:30; Ima 8:7-8; bdk 1Sa 14:41+. Melalui penutup dada itu efod imam besar berdekatan dengan efod sebagai alat penenung, sedangkan nama "efod" mengingatkan pakaian imam dahulu. Tetapi pakaian imam besar seperti digambarkan di sini baru mulai dipakai habis masa pembuangan, sedangkan tentang efod sebagai alat penenung dan undi suci tidak ada berita lagi habis masa raja Daud. Bdk Hak 8:27+.
Ende: Kel 28:1 - -- Disini kita menjaksikan timbulnja imamat jang baru, berlainan dengan fungsi
imamat dalam masjarakat suku-suku. Dalam masjarakat itu biasanja kepala su...
Disini kita menjaksikan timbulnja imamat jang baru, berlainan dengan fungsi imamat dalam masjarakat suku-suku. Dalam masjarakat itu biasanja kepala suku atau orang jang paling tualah jang bertindak selaku wakil masjarakat, menghadap Tuhan atas namanja, dan mempersembahkan korban. Kesatuan religieus Israel jang baru, mengatasi perbatasan suku-suku, dan membutuhkan lembaga imamat jang mewakili kesatuan tersebut dalam tempat sutji milik seluruh umat.
Selain itu Israel memang bukan masjarakat atau persekutuan kodrati semata-mata, tetapi umat jang terkumpulkan karena Perwahjuan dan Rahmat Jahwe sendiri mendjadi Bangsa jang sutji (lihat: Kel 19:6 tjatatan). Maka dari itu imamat baru ini pula tertanda Rahmat kemurahan tuhan. Mereka sendiri, jang mewakili Bangsa terpilih dihadirat Tuhan, merupakan golongan jang terpilih oleh Tuhan sendiri. Tugas kewadjiban mereka berdasarkan panggilan Tuhan. Oleh karena itu mereka djuga dinobatkan mendjadi imam, artinja: pribadi dan hidup mereka seutuhnja disutjikan kepada Tuhan dan disendirikan dari apapun jang bersifat profan. Ini ternjata pula dari pakaian mereka jang sangat chas.
Ende: Kel 28:6 - Efod jang dipakai Imam Agung ialah tutup dada jang terhias (lihat
Kel 28:5 dan Ima 8:7)). Djuga para Parao di Mesir memakai
hiasan sematjam itu. "Efod" men...
jang dipakai Imam Agung ialah tutup dada jang terhias (lihat Kel 28:5 dan Ima 8:7)). Djuga para Parao di Mesir memakai hiasan sematjam itu. "Efod" menandakan, bahwa imam mendjadi wakil seluruh Israel (aj. 9,12 (Kel 28:9,12)) dan Kel 29).
Uraian tentang pakaian-pakaian dalam beberapa perintjiannja melukiskan pakaian Imam Agung sesudah masa pembuangan.
Dalam teks-teks historis jang lebih kuno terdapat "efod", jang lebih menjerupai pakaian lenan jang pendek (1Sa 2:18; 2Sa 6:14). Rupa-rupanja inilah bentuknja jang asli, sedangkan tutup dada itu merupakan penjederhanaan. Selandjutnja istilah "efod" digunakan djuga untuk benda sutji, jang mungkin dipakai dalam mengutjap ramalan-ramalan (Hak 8:27; 17:5 dll.). Mungkin ada djuga hubungannja dengan pakaian imam, tetapi kemudian tersendiri mendjadi benda sutji.
Ende: Kel 28:15 - -- Pakaian dada jang rangkap didalamnja ada "Urim" dan "Tummim"-nja (aj. 30)(Kel 28:30),
alat untuk menjelidiki Kehendak Tuhan tentang hari kemudian atau...
Ende: Kel 28:23 - -- Dalam terdjemahan junani ajat 23-28(Kel 28:23-28) ditaruh sesudah ajat
29(Kel 28:29) dalam bentuk lebih singkat.
Dalam terdjemahan junani ajat 23-28(Kel 28:23-28) ditaruh sesudah ajat 29(Kel 28:29) dalam bentuk lebih singkat.
Ref. Silang FULL: Kel 28:1 - abangmu Harun // jabatan imam // Nadab, Abihu // dan Itamar · abangmu Harun: Im 8:30; Mazm 99:6; Ibr 5:4
· jabatan imam: Im 8:2; 21:1; Bil 18:1-7; Ul 18:5; 1Sam 2:28; Ibr 5:1
· Nadab, Abihu...
Ref. Silang FULL: Kel 28:2 - pakaian kudus // perhiasan kemuliaan · pakaian kudus: Kel 29:5,29; 31:10; 35:19; 39:1; Im 8:7-9,30; 16:32; Bil 20:26-28
· perhiasan kemuliaan: Kel 28:40
· pakaian kudus: Kel 29:5,29; 31:10; 35:19; 39:1; Im 8:7-9,30; 16:32; Bil 20:26-28
· perhiasan kemuliaan: Kel 28:40
Ref. Silang FULL: Kel 28:3 - semua orang // roh keahlian · semua orang: Kel 31:6; 35:10,25,35; 36:1
· roh keahlian: Kel 31:3; Ul 34:9; Yes 11:2; 1Kor 12:8; Ef 1:17; Ef 1:17
Ref. Silang FULL: Kel 28:4 - tutup dada // baju efod // gamis // kemeja // raginya, serban · tutup dada: Kel 28:15-30
· baju efod: Kel 25:7; Kel 25:7
· gamis: Kel 28:31-35
· kemeja: Kel 28:39; Im 10:5
· rag...
· tutup dada: Kel 28:15-30
· baju efod: Kel 25:7; [Lihat FULL. Kel 25:7]
· gamis: Kel 28:31-35
· raginya, serban: Kel 28:37
Ref. Silang FULL: Kel 28:12 - tutup bahunya // tanda peringatan · tutup bahunya: Ul 33:12; Ayub 31:36
· tanda peringatan: Kel 28:29; Kel 30:16; Bil 10:10; 31:54; Yos 4:7; Za 6:14
· tutup bahunya: Ul 33:12; Ayub 31:36
· tanda peringatan: Kel 28:29; Kel 30:16; Bil 10:10; 31:54; Yos 4:7; Za 6:14
· jajar permata: Yeh 28:13; Wahy 21:19-20
· permata pirus: Yeh 1:16; 10:9; Dan 10:6
Ref. Silang FULL: Kel 28:21 - anak Israel // satu suku · anak Israel: Yos 4:8
· satu suku: Wahy 21:12
· anak Israel: Yos 4:8
· satu suku: Wahy 21:12