Teks -- Mazmur 23:1-6 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Mzm 23:1-6 - TUHAN.
Nas : Mazm 23:1-6
Mazmur ini, yang bersumber dalam pikiran Tuhan dan diilhamkan oleh
Roh Kudus, mengungkapkan perhatian dan pemeliharaan-Nya yang t...
Nas : Mazm 23:1-6
Mazmur ini, yang bersumber dalam pikiran Tuhan dan diilhamkan oleh Roh Kudus, mengungkapkan perhatian dan pemeliharaan-Nya yang tekun atas mereka yang mengikut Dia. Mereka merupakan sasaran kasih ilahi yang sangat dihargai-Nya. Dia mempedulikan masing-masing mereka sebagaimana seorang ayah mempedulikan anak-anaknya dan seorang gembala domba-dombanya.
Full Life: Mzm 23:1 - GEMBALAKU.
Nas : Mazm 23:1
Dengan mempergunakan metafora yang sering terdapat dalam PL (lih.
Mazm 28:9; 79:13; 80:2; 95:7; Yes 40:11; Yer 31:10; Yeh 34:6-19),...
Nas : Mazm 23:1
Dengan mempergunakan metafora yang sering terdapat dalam PL (lih. Mazm 28:9; 79:13; 80:2; 95:7; Yes 40:11; Yer 31:10; Yeh 34:6-19), Allah menyamakan diri-Nya dengan seorang gembala untuk melukiskan kasih-Nya yang besar bagi umat-Nya. Tuhan Yesus sendiri menggunakan metafora yang sama untuk menyatakan hubungan-Nya dengan umat-Nya (Yoh 10:11-16; bd. Ibr 13:20; 1Pet 5:4; Wahy 7:17). Dua kebenaran ditekankan di sini:
- 1) Allah, melalui Kristus dan oleh Roh Kudus, demikian memperhatikan
setiap anak-Nya sehingga Ia ingin mengasihi, memelihara, melindungi,
membimbing, dan dekat dengan anak itu, sebagaimana dilakukan oleh
seorang gembala yang baik dengan domba-dombanya sendiri
(lihat cat. --> Yoh 10:11;
lihat cat. --> Yoh 10:14).
[atau ref. Yoh 10:11,14]
- 2) Orang percaya adalah domba-domba Tuhan. Kita adalah milik-Nya dan
menjadi sasaran khusus kasih sayang dan perhatian-Nya. Sekalipun "kita
sekalian sesat seperti domba" (Yes 53:6), Tuhan telah menebus kita
dengan darah-Nya yang tercurah (1Pet 1:18-19), dan kini kita menjadi
milik-Nya. Selaku domba-domba Allah kita dapat menagih janji-janji
mazmur ini waktu kita menanggapi suara-Nya dan mengikut Dia (lih.
Yoh 10:3-5;
lihat cat. --> Yoh 10:28).
[atau ref. Yoh 10:28]
Full Life: Mzm 23:1 - TAKKAN KEKURANGAN AKU.
Nas : Mazm 23:1
"Takkan kekurangan" artinya
(1) aku tidak kekurangan apapun yang diperlukan bagi pelaksanaan
kehendak Allah dalam kehid...
Nas : Mazm 23:1
"Takkan kekurangan" artinya
- (1) aku tidak kekurangan apapun yang diperlukan bagi pelaksanaan
kehendak Allah dalam kehidupanku
(lihat cat. --> 3Yoh 1:2), dan
[atau ref. 3Yoh 1:2]
- (2) bahwa aku akan puas dengan pemeliharaan Gembala yang Baik serta perhatian-Nya kepadaku bahkan pada saat-saat mengalami kesulitan pribadi, karena aku mengandalkan kasih dan komitmen Allah kepadaku (bd. Yoh 10:11; Fili 4:11-13).
Full Life: Mzm 23:2 - IA MEMBARINGKAN AKU.
Nas : Mazm 23:2
Kehadiran dan kedekatan sang Gembala membuat saya dapat
"membaringkan diri" dengan tenang, bebas dari segala ketakutan. Roh Kudus
s...
Nas : Mazm 23:2
Kehadiran dan kedekatan sang Gembala membuat saya dapat "membaringkan diri" dengan tenang, bebas dari segala ketakutan. Roh Kudus selaku Penghibur, Penasihat, dan Penolong menyampaikan perhatian dan kehadiran Kristus sebagai gembala dalam hidupku (Yoh 14:16-18; bd. 2Tim 1:7).
- 1) Istirahatku yang aman dalam kehadiran-Nya akan dialami "di padang yang berumput hijau," yaitu di dalam Yesus Kristus dan Firman Allah, yang dibutuhkan untuk kehidupan yang berlimpah (Yoh 6:32-35,63; Yoh 8:31; Yoh 10:9; 15:7).
- 2) "Ia membimbing aku ke air yang tenang" dari Roh Kudus-Nya
(lihat cat. --> Mazm 1:3;
[atau ref. Mazm 1:3]
bd. Yer 2:13; Yoh 7:37-39).
Full Life: Mzm 23:3 - IA MENYEGARKAN JIWAKU.
Nas : Mazm 23:3
Ketika aku menjadi putus asa (Mazm 42:12), Gembala yang Baik
membangkitkan dan menghidupkan kembali jiwa aku melalui kuasa dan kasi...
Nas : Mazm 23:3
Ketika aku menjadi putus asa (Mazm 42:12), Gembala yang Baik membangkitkan dan menghidupkan kembali jiwa aku melalui kuasa dan kasih karunia-Nya (Ams 25:13). "Ia membimbing aku" dengan Roh Allah (Rom 8:14) pada jalan yang benar, yang sesuai dengan jalan kekudusan-Nya (bd. Rom 8:5-14). Tanggapanku adalah ketaatan: aku mengikuti Gembala dan mendengarkan suara-Nya (Yoh 10:3-4); aku tidak akan mengikuti "suara orang-orang asing" (Yoh 10:5).
Full Life: Mzm 23:4 - ENGKAU BESERTAKU.
Nas : Mazm 23:4
Pada saat-saat bahaya, kesulitan dan bahkan kematian, aku tidak
takut bahaya. Mengapa? Karena "Engkau besertaku" di dalam setiap si...
Nas : Mazm 23:4
Pada saat-saat bahaya, kesulitan dan bahkan kematian, aku tidak takut bahaya. Mengapa? Karena "Engkau besertaku" di dalam setiap situasi kehidupan (bd. Mat 28:20). "Gada" (tongkat pendek) menjadi senjata pertahanan atau disiplin, melambangkan kekuatan, kuasa, dan wibawa Allah (bd. Kel 21:20; Ayub 9:34). "Tongkat" (tongkat ramping panjang yang salah satu ujungnya melengkung) dipakai untuk mendekatkan domba-domba dengan gembalanya, menuntunnya pada jalan yang benar atau menyelamatkannya dari kesulitan. Gada dan tongkat Allah menjamin kasih dan bimbingan Allah dalam kehidupan kita (bd. Mazm 71:21; 86:17).
Full Life: Mzm 23:5 - MENYEDIAKAN HIDANGAN.
Nas : Mazm 23:5
Allah digambarkan sebagai memperhatikan semua kebutuhanku di
tengah-tengah berbagai kekuatan jahat yang berusaha merusak kehidupan ...
Nas : Mazm 23:5
Allah digambarkan sebagai memperhatikan semua kebutuhanku di tengah-tengah berbagai kekuatan jahat yang berusaha merusak kehidupan dan jiwaku (lih. Rom 8:31-39).
- 1) Hari lepas hari aku dihadapkan pada Iblis dan dikelilingi oleh masyarakat fasik, namun aku dibekali dengan cukup kasih karunia untuk hidup dan bersukacita di hadapan Allah (lih. 2Kor 12:9-10). Aku bisa makan di meja Tuhan dalam iman, ucapan syukur, dan harapan, tenteram dan terlindung oleh darah yang tercurah dan tubuh yang terluka dari Gembala yang Baik ini (lih. 1Kor 11:23).
- 2) "Mengurapi kepalaku dengan minyak" mengacu kepada perkenan dan
berkat khusus dari Allah melalui urapan Roh Kudus-Nya atas tubuh,
pikiran dan rohku
(lihat cat. --> Ef 5:18).
[atau ref. Ef 5:18]
- 3) "Pialaku penuh melimpah" secara harfiah berarti, "Pialaku memberiku minuman berlimpah." Piala di sini menunjuk kepada piala seorang gembala yang merupakan sebuah batu besar yang dilubangi dan dapat berisi 150-188 liter dan menjadi tempat minum domba-domba.
Full Life: Mzm 23:6 - KEBAJIKAN DAN KEMURAHAN
Nas : Mazm 23:6
(versi Inggris NIV -- Kebajikan dan kasih). Dengan sang Gembala
menemani aku sepanjang jalan hidup ini, aku akan menerima pertolong...
Nas : Mazm 23:6
(versi Inggris NIV -- Kebajikan dan kasih). Dengan sang Gembala menemani aku sepanjang jalan hidup ini, aku akan menerima pertolongan, kemurahan, dan dukungan. Tidak perduli apa yang terjadi aku dapat mempercayai Gembala yang Baik akan bekerja melalui segala sesuatu demi kebaikanku (Rom 8:28; Yak 5:11). Sasaran dari mengikuti sang Gembala serta mengalami kebaikan dan kasih-Nya ialah agar pada suatu saat aku akan bersama Tuhan selama-lamanya (1Tes 4:17), melihat wajah-Nya (Wahy 22:4), dan melayani Dia sepanjang masa di rumah-Nya (lih. Wahy 22:3; bd. Yoh 14:2-3).
Jerusalem: Mzm 23:1-6 - TUHAN, Gembalaku yang baik Dengan bahasa kiasan kidung kepercayaan ini menggambarkan Allah sebagai gembala, Maz 23:1-4, dan sebagai tuan rumah, Maz 23:5-6; ia peduli akan orang ...
Dengan bahasa kiasan kidung kepercayaan ini menggambarkan Allah sebagai gembala, Maz 23:1-4, dan sebagai tuan rumah, Maz 23:5-6; ia peduli akan orang yang baik-baik dipelihara olehNya. Perjamuan yang disediakan Allah sebagai tuan rumah itu melambangkan kebahagiaan di zaman Mesias. sejak dahulu kala tradisi Kristen menghubungkan mazmur ini dengan sakramen baptisan dan dengan sakramen perjamuan Tuhan.
Jerusalem: Mzm 23:2 - air yang tenang Ialah perigi atau waha tempat domba dapat minum dan beristirahat.
Ialah perigi atau waha tempat domba dapat minum dan beristirahat.
Ialah jalan rata, aman sentosa untuk kawanan domba
Jerusalem: Mzm 23:3 - oleh karena namaNya Artinya demi kehormatan dan kemuliaan Tuhan sendiri, tidak berdasarkan jasa dari pihak orang benar, bdk Maz 106:8+.
Artinya demi kehormatan dan kemuliaan Tuhan sendiri, tidak berdasarkan jasa dari pihak orang benar, bdk Maz 106:8+.
Ini melambangkan bahaya dan kesesakan
Jerusalem: Mzm 23:4 - gadaMu Tongkat dipakai gembala untuk mengiring kawanannya, sedangkan gada adalah sepucuk senjata untuk membela ternak terhadap bintang buas dan perampok.
Tongkat dipakai gembala untuk mengiring kawanannya, sedangkan gada adalah sepucuk senjata untuk membela ternak terhadap bintang buas dan perampok.
Jerusalem: Mzm 23:5 - di hadapan lawanku Perjamuan pesta (kebahagiaan) di zaman Mesias hanya teruntuk bagi orang benar, sedangkan orang fasik (lawan orang benar) tidak dapat ikut serta, tetap...
Jerusalem: Mzm 23:5 - mengurapi kepalaku Yaitu dengan minyak zaitun yang menyegarkan kulit. Ini sebuah adat timur untuk menerima tamu, Maz 92:11; 132:2; Ams 6:6; Pengk 9:8
Yaitu dengan minyak zaitun yang menyegarkan kulit. Ini sebuah adat timur untuk menerima tamu, Maz 92:11; 132:2; Ams 6:6; Pengk 9:8
Ende: Mzm 23:1-6 - -- Dengan bahasa kiasan mazmur ini melukiskan Allah jang bersusah karena orang
mursjidNja serta memeliharanja. Bahasa kiasan ini lebih2 dirasai didaerah ...
Dengan bahasa kiasan mazmur ini melukiskan Allah jang bersusah karena orang mursjidNja serta memeliharanja. Bahasa kiasan ini lebih2 dirasai didaerah kering seperti Palestina. Allah berlaku sebagai gembala jang baik (Maz 23:1-4) dan selaku tuan-rumah jang murah (Maz 23:5-6).
Ende: Mzm 23:3 - demi namaNja ialah untuk kemuliaan dan kehormatanNja sendiri. bukannja
berdasarkan si mursjid dan djasanja.
ialah untuk kemuliaan dan kehormatanNja sendiri. bukannja berdasarkan si mursjid dan djasanja.
Ende: Mzm 23:3 - Lorong jang lurus disini tiada bahasa kiasan jang berarti kelakuan baik
seperti biasanja, melainkan djalan rata, aman-sentosa untuk kawanan, menudju
padang rumput, kand...
disini tiada bahasa kiasan jang berarti kelakuan baik seperti biasanja, melainkan djalan rata, aman-sentosa untuk kawanan, menudju padang rumput, kandangnja dsb.
bahasa kiasan jang bermakna: bahaja maut.
ialah alat gembala untuk memimpin dan membela kawanannja.
Ende: Mzm 23:5 - -- Minjak (zaitun) dipakai untuk memelihara badan dan kepala, agar lembut dan segar
rasanja.
Minjak (zaitun) dipakai untuk memelihara badan dan kepala, agar lembut dan segar rasanja.
Ende: Mzm 23:6 - kediamanku Dengan tetap tinggal dalam Bait-Allah di-tjita2kan di djudjur
sebagai kebahagiaan jang tertinggi.
Dengan tetap tinggal dalam Bait-Allah di-tjita2kan di djudjur sebagai kebahagiaan jang tertinggi.
Endetn -> Mzm 23:6
Endetn: Mzm 23:6 - kediamanku Menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.) Naskah Hibrani: "aku kembali".
Menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.) Naskah Hibrani: "aku kembali".
Ref. Silang FULL: Mzm 23:1 - adalah gembalaku // takkan kekurangan · adalah gembalaku: Kej 48:15; Kej 48:15; Mazm 28:9; Mazm 28:9; Yoh 10:11; Yoh 10:11
· takkan kekurangan: Mazm 34:10-11; 84:12; 107:9; F...
· ke air: Mazm 36:9; 46:5; Wahy 7:17
Ref. Silang FULL: Mzm 23:3 - menyegarkan jiwaku // Ia menuntun // yang benar // karena nama-Nya · menyegarkan jiwaku: Mazm 19:8; Mazm 19:8
· Ia menuntun: Mazm 25:9; 73:24; Yes 42:16
· yang benar: Mazm 5:9; Mazm 5:9
· k...
· menyegarkan jiwaku: Mazm 19:8; [Lihat FULL. Mazm 19:8]
· Ia menuntun: Mazm 25:9; 73:24; Yes 42:16
· yang benar: Mazm 5:9; [Lihat FULL. Mazm 5:9]
· karena nama-Nya: Mazm 25:11; 31:4; 79:9; 106:8; 109:21; 143:11
Ref. Silang FULL: Mzm 23:4 - lembah kekelaman // takut bahaya // Engkau besertaku · lembah kekelaman: Ayub 3:5; Ayub 3:5; Mazm 107:14
· takut bahaya: Mazm 3:7; 27:1
· Engkau besertaku: Mazm 16:8; Yes 43:2
· lembah kekelaman: Ayub 3:5; [Lihat FULL. Ayub 3:5]; Mazm 107:14
· takut bahaya: Mazm 3:7; 27:1
Ref. Silang FULL: Mzm 23:5 - menyediakan hidangan // dengan minyak // pialaku · menyediakan hidangan: Ayub 36:16; Ayub 36:16
· dengan minyak: Mazm 45:8; 92:11; Luk 7:46
· pialaku: Mazm 16:5; Mazm 16:5
· menyediakan hidangan: Ayub 36:16; [Lihat FULL. Ayub 36:16]
· dengan minyak: Mazm 45:8; 92:11; Luk 7:46