kecilkan semua  

Teks -- Nehemia 11:1-36 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Daftar penduduk Yerusalem dan Yehuda
11:1 Para pemimpin bangsa menetap di Yerusalem, sedang orang-orang lain membuang undi untuk menentukan satu dari sepuluh orang yang harus menetap di Yerusalem, kota yang kudus itu, sedang yang sembilan orang lagi tinggal di kota-kota yang lain. 11:2 Orang-orang memuji setiap orang yang rela menetap di Yerusalem. 11:3 Inilah kepala-kepala propinsi Yehuda yang menetap di Yerusalem, sedang di kota-kota di Yehuda setiap orang, yakni orang-orang Israel awam, para imam, orang-orang Lewi, para budak di bait Allah dan keturunan para hamba Salomo, tinggal di tanah miliknya, di kotanya sendiri. 11:4 Di Yerusalem tinggal orang-orang dari bani Yehuda dan bani Benyamin. Dari anak-anak Yehuda: Ataya bin Uzia bin Zakharia bin Amarya bin Sefaca bin Mahalaleel dari bani Peres, 11:5 dan Maaseya bin Barukh bin Kolhoze bin Hazaya bin Adaya bin Yoyarib bin Zakharia keturunan orang Syela. 11:6 Semua bani Peres yang tinggal di Yerusalem berjumlah empat ratus enam puluh delapan orang yang gagah perkasa. 11:7 Dan inilah bani Benyamin: Salu bin Mesulam bin Yoed bin Pedaya bin Kolaya bin Maaseya bin Itiel bin Yesaya. 11:8 Dan sesudah dia: Gabai, Salai: sembilan ratus dua puluh delapan orang. 11:9 Yoel bin Zikhri adalah pengawas mereka, sedang Yehuda bin Hasenua adalah wakil penguasa kota. 11:10 Dari para imam: Yedaya bin Yoyarib, Yakhin, 11:11 Seraya bin Hilkia bin Mesulam bin Zadok bin Merayot bin Ahitub, pemuka rumah Allah, 11:12 dan saudara-saudara mereka yang bertugas di rumah itu: delapan ratus dua puluh dua orang. Pula Adaya bin Yeroham bin Pelalya bin Amzi bin Zakharia bin Pasyhur bin Malkia 11:13 dan saudara-saudaranya, kepala-kepala kaum keluarga: dua ratus empat puluh dua orang. Dan Amasai bin Asareel bin Ahzai bin Mesilemot bin Imer, 11:14 dan saudara-saudara mereka, pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa, seratus dua puluh delapan orang dengan Zabdiel bin Gedolim sebagai pengawas mereka. 11:15 Dari orang-orang Lewi: Semaya bin Hasub bin Azrikam bin Hasabya bin Buni. 11:16 Pula Sabetai dan Yozabad, kepala-kepala orang-orang Lewi, yang mengawasi pekerjaan di luar rumah Allah. 11:17 Lalu Matanya bin Mikha bin Zabdi bin Asaf, pemimpin yang mengangkat nyanyian syukur dalam doa, dan Bakbukya, orang kedua di antara saudara-saudaranya, dan Abda bin Samua bin Galal bin Yedutun. 11:18 Semua orang Lewi di kota kudus ada dua ratus delapan puluh empat orang. 11:19 Para penunggu pintu gerbang: Akub dan Talmon dengan saudara-saudara mereka yang mengadakan penjagaan di pintu-pintu gerbang, berjumlah seratus tujuh puluh dua orang. 11:20 Selebihnya dari orang-orang Israel awam dan dari para imam dan orang-orang Lewi ada di semua kota Yehuda, masing-masing di tanah pusakanya. 11:21 Tetapi para budak di bait Allah tinggal di Ofel. Ziha dan Gispa adalah pemimpin para budak di bait Allah itu. 11:22 Pengawas orang-orang Lewi di Yerusalem adalah Uzi bin Bani bin Hasabya bin Matanya bin Mikha dari bani Asaf, yakni para penyanyi yang menyanyi sementara berlangsung kebaktian di rumah Allah. 11:23 Karena mengenai mereka ada perintah raja yang menetapkan peraturan untuk para penyanyi menurut keperluan setiap hari. 11:24 Petahya bin Mesezabeel dari bani Zerah bin Yehuda diperbantukan kepada raja untuk segala urusan mengenai bangsa itu. 11:25 Tentang tempat-tempat kediaman di daerah perladangan, sebagian dari bani Yehuda tinggal di Kiryat-Arba dan segala anak kotanya, di Dibon dan segala anak kotanya dan di Yekabzeel dan desa-desanya; 11:26 di Yesua, di Molada dan Bet-Pelet, 11:27 di Hazar-Sual, di Bersyeba dan segala anak kotanya, 11:28 di Ziklag, di Mekhona dan segala anak kotanya, 11:29 di En-Rimon, Zora, Yarmut, 11:30 Zanoah, Adulam dan desa-desanya, di Lakhis dan ladang-ladangnya, dan di Azeka dan segala anak kotanya. Demikianlah mereka berkampung dari Bersyeba sampai lebak Hinom. 11:31 Dan bani Benyamin tinggal mulai dari Geba, di Mikhmas, di Aya, di Betel dan segala anak kotanya, 11:32 di Anatot, Nob dan Ananya, 11:33 di Hazor, Rama dan Gitaim, 11:34 di Hadid, Zeboim dan Nebalat, 11:35 di Lod dan di Ono, Lembah Tukang-tukang. 11:36 Beberapa rombongan orang Lewi dari Yehuda bergabung dengan orang Benyamin.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abda father of Adoniram, Solomon's forced labor boss,a Levite living in Jerusalem in Nehemiah's day
 · Adaya a woman's name; King Josiah's grandmother,the son of Ethan (Gershom, Levi); ancestor of Asaph,the son of Shimei of Benjamin,son of Jeroham; a priestly leader of those returning from exile,father of Ma-Aseiah, a commander who helped enthrone Joash,an Israelite (Bani) who put away his heathen wife,an Israelite (Binnui) who put away his heathen wife,the son of Joiarib of Judah of pre-exile times,son of Jeroham; head of the priestly clan of Melchijah
 · Adulam a town of Judah 16 km ESE of Gath and 17 km NW of Hebron,a cave near the town of Adullam
 · Ahitub chief priest Ahitub I; son of Phinehas II son of Eli,chief priest Ahitub II; son of Amariah I (WZ-466),chief priest, Ahitub III; son of Amariah II
 · Ahzai son (grandson) of Meshillemoth (Immer Aaron Levi)
 · Akub son of Eli-O-Enai (Hananiah Zerubbabel David Judah); Akkub I,a Levite who was chief gate keeper under Nehemiah; Akkub II,a chief Temple Servant under Nehemiah; Akkub III,a Levite scribe who helped Ezra explain the law; Akkub IV
 · Amarya a Levite (Hebron Kohath); founder of a sub-clan of Hebron,the chief priest, Amariah I; son of Marioth I; 1100 BC,son of Azariah II; chief priest under Jehoshaphat; Amariah II,a Levite temple assistant to Kore under King Hezekiah; 725 BC,son of King Hezekiah; 700 BC,an Israelite (Binnui) who put away his heathen wife; 458 BC,a priestly leader who returned with Zerubbabel 537 BC (NIVsn),son of Shephatiah of Judah
 · Amasai son of Azarel/Adiel; head of the priestly clan of Immer
 · Amzi son of Zechariah; a priest whose family returned from exile,son of Bani, a member of the temple singer family
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · Ananya father of Maaseiah, father of Azariah, a wall repairman,a town of Benjamin on the east slope of the Mount of Olives
 · Anatot a town of Benjamin 10 km NE of Jerusalem, given to the priests,son of Becher, a Benjamite,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law
 · Asaf father of Joah, Hezekiah's recorder,son of Berechiah the Levite; music minister under David,father of Zichri; a Levite ancestor of some returnees,an official over the (Persian) king's forest in Judah
 · Aseka a town in the western foothills of Judah
 · Ataya son of Uzziah (Judah); a returned exile in Jerusalem
 · Aya a town of Manasseh
 · Azareel a man of Benjamin who defected to David at Ziklag,chief of the 11th division of singers under David,son of Jeroham; chief of the tribe of Dan under David,an Israelite (Binnui) who put away his heathen wife,son of Ahzai; a returned exile priest musician
 · Azeka a town in the western foothills of Judah
 · Azrikam son of Neariah, the descendent of Solomon,son of Azel of Benjamin,son of Hashabiah (Merari Levi),the commander of the palace under King Ahaz
 · Bakbukya a Levite worship leader who lead a group from the exile
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Bani a man of Gad; one of David's military elite,son of Shemer (Merari Aaron Levi),a man descended from Perez of Judah,a non-Levite ancestor of men who put away their heathen wives,a non-Levite ancestor of others who put away heathen wives,a Levite who helped Ezra explain the reading of the law,son of Henadad (Levi); a signer of the pledge to keep the law,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law,son of Hashabiah and father of head Levite Uzzi under Nehemiah
 · bani Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · Barukh son of Zabbai and a priest repairer of the wall who also pledged to keep the law,son of Col-Hozeh of Judah,son of Neriah; Jeremiah's secretary
 · Ben-Hinom a man and a valley
 · Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Betel a town of Benjamin bordering Ephraim 18 km north of Jerusalem
 · Buni a man of Levi who helped Ezra explain the law to the people,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law,a man of Levi whose descendant Shemaiah returned from Exile


Topik/Tema Kamus: Penulis Peristiwa | Azeka | Kerajinan Tangan | Zora | Yoed | Silon | Yekabzeel | Asaf | Ucap, Ucapan Syukur | Yerusalem | Suku Yehuda | Suku Benyamin | Orang Netinim | Salai | Pelalya | Bakbukya | Bet-Pelet | Aya | Ataya | Amasai | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

BIS: Neh 11:7-8 - sanak saudara dekat Sebuah terjemahan kuno: sanak saudara dekat, Ibrani: sesudah dia.

Sebuah terjemahan kuno: sanak saudara dekat, Ibrani: sesudah dia.

BIS: Neh 11:14 - anak Gedolim anak Gedolim, atau anggota keluarga terkemuka.

anak Gedolim, atau anggota keluarga terkemuka.

Jerusalem: Neh 11:1-36 - -- Ditinjau dari segi kesusasteraan maka dalam bab ini dapat dibedakan dua lapisan; Neh 11:1-2,20-25,36 ditulis oleh si Muwarikh dengan bersumberkan Neh ...

Ditinjau dari segi kesusasteraan maka dalam bab ini dapat dibedakan dua lapisan; Neh 11:1-2,20-25,36 ditulis oleh si Muwarikh dengan bersumberkan Neh 7:1-5 (riwayat Nehemia); seorang penyadur kemudian menyelipkan daftar-daftar yang tercantum dalam Neh 11:4-19 dan Neh 11:25-35. Daftar-daftar ini diangkat dari sebuah arsip. Penyadur itu juga membubuhkan judul pada daftar itu, Neh 11:3, dan catatan-catatan yang tercantum dalam Neh 11:21-24.

Jerusalem: Neh 11:1 - kota yang kudus itu Sejak Yes 48:2; 52:1; bdk Neh 11:18; Dan 9:24; Tob 13:9; Mat 4:5; 27:53; Wah 11:2, Yerusalem disebut kota yang kudus, meskipun dahulu memang sudah dia...

Sejak Yes 48:2; 52:1; bdk Neh 11:18; Dan 9:24; Tob 13:9; Mat 4:5; 27:53; Wah 11:2, Yerusalem disebut kota yang kudus, meskipun dahulu memang sudah dianggap kudus juga.

Jerusalem: Neh 11:4-19 - -- 1Ta 9:1-18 bergantung pada daftar ini. Ia rupanya sebuah daftar penduduk kota Yerusalem, satu dua keturunan sesudah masa Nehemia.

1Ta 9:1-18 bergantung pada daftar ini. Ia rupanya sebuah daftar penduduk kota Yerusalem, satu dua keturunan sesudah masa Nehemia.

Jerusalem: Neh 11:5 - keturunan orang Syela Bdk Bil 26:20. Dalam naskah Ibrani sebenarnya tertulis: keturunan (anak-anak) orang Silo itu.

Bdk Bil 26:20. Dalam naskah Ibrani sebenarnya tertulis: keturunan (anak-anak) orang Silo itu.

Jerusalem: Neh 11:8 - Dan sesudah dia Dalam beberapa naskah terjemahan Yunani terbaca: Dan saudara-saudaranya.

Dalam beberapa naskah terjemahan Yunani terbaca: Dan saudara-saudaranya.

Jerusalem: Neh 11:11 - pemuka rumah Allah Ini sebuah sebutan imam besar, bdk 2Ta 31:13.

Ini sebuah sebutan imam besar, bdk 2Ta 31:13.

Jerusalem: Neh 11:17 - bin Asaf Ternyata para penyanyi sudah termasuk kaum Lewi, bdk Neh 11:22, tetapi para penunggu pintu gerbang belum, Neh 11:19. Dari para penyanyi hanya bani Asa...

Ternyata para penyanyi sudah termasuk kaum Lewi, bdk Neh 11:22, tetapi para penunggu pintu gerbang belum, Neh 11:19. Dari para penyanyi hanya bani Asaf kembali dari pembuangan, Ezr 2:41=Neh 7:44. Mungkin kedua kelompok lain, yang bani Heman dan bani Yedutun, keturunan para penyanyi bait Allah dahulu, tidak masuk pembuangan, bdk 1Ta 16:41-43.

Jerusalem: Neh 11:20 - -- Ayat ini sebaik-baiknya ditempatkan sesudah ayat 24.

Ayat ini sebaik-baiknya ditempatkan sesudah ayat 24.

Jerusalem: Neh 11:21 - -- Catatan mengenai para budak di bait Allah, bdk Ezr 2:43+, mungkin seumur dengan daftar itu sendiri, tetapi catatan mengenai Uzi, Neh 11:22-23, berasal...

Catatan mengenai para budak di bait Allah, bdk Ezr 2:43+, mungkin seumur dengan daftar itu sendiri, tetapi catatan mengenai Uzi, Neh 11:22-23, berasal dari zaman yang kemudian dari disusunnya daftar itu. Uzi adalah cicit dari Matanya yang disebutkan dalam Neh 11:17. Petahnya, Neh 11:24, pada zaman yang tidak tentu memegang jabatan yang serupa dengan jabatan Nehemia.

Jerusalem: Neh 11:25 - -- Bagian ayat ini sebaiknya dihubungkan dengan Neh 11:20

Bagian ayat ini sebaiknya dihubungkan dengan Neh 11:20

Jerusalem: Neh 11:31 - bani Benyamin Dalam dua naskah Ibrani terbaca: dari bani Benyamin, bdk Neh 11:25

Dalam dua naskah Ibrani terbaca: dari bani Benyamin, bdk Neh 11:25

Jerusalem: Neh 11:31 - mulai dari Geba Ini barangkali perlu diperbaiki menjadi: di Geba.

Ini barangkali perlu diperbaiki menjadi: di Geba.

Jerusalem: Neh 11:36 - -- Naskah Ibrani dalam ayat ini kurang jelas. Barangkali teksnya dapat diperbaiki menjadi Beberapa rombongan orang Lewi tinggal baik di Yehuda maupun di ...

Naskah Ibrani dalam ayat ini kurang jelas. Barangkali teksnya dapat diperbaiki menjadi Beberapa rombongan orang Lewi tinggal baik di Yehuda maupun di Benyamin.

Ende: Neh 11:1-2 - -- Ajat2 ini meneruskan Neh 7:72a dan diteruskan oleh Neh 11:20,25a.

Ajat2 ini meneruskan Neh 7:72a dan diteruskan oleh Neh 11:20,25a.

Ende: Neh 11:3 - -- Bagian ajat ini bertjorak tambahan.

Bagian ajat ini bertjorak tambahan.

Ende: Neh 11:11 - pembesar Bait Allah ialah imam agung.

ialah imam agung.

Ende: Neh 11:20 - -- Ajat ini dipindahkan sesudah aj.24.

Ajat ini dipindahkan sesudah aj.24.

Ende: Neh 11:21-24 - -- Daftar inipun dibubuhi oleh si penjusun, sebagaimana halnja dengan jang berikut Neh 11:25-12:26. Dengan daftar2 ini, jang tidak semua berasal dari dja...

Daftar inipun dibubuhi oleh si penjusun, sebagaimana halnja dengan jang berikut Neh 11:25-12:26. Dengan daftar2 ini, jang tidak semua berasal dari djaman Nehemia, si penjusun kitab Nehemia dengan ringkas mau melukiskan keadaan umat jang sudah menetap dan perhatiannja chususnja ditaruh pada kaum imam dan kaum Levita. Untuk orang2 Jahudi pada masa sesudah pembuangan sangat penting untuk mempunjai silsilahnja, jang membuktikan mereka sungguh masuk kedalam umat Allah jang baru itu. Itupun satu daripada beberapa alat untuk memisahkan orang2 Jahudi dari kaum kafir dan kaum tjampuran.

Endetn: Neh 11:3 - (Demikianlah) ditambahkan menurut satu naskah terdjemahan Junani dan terdjemahan Syriah.

ditambahkan menurut satu naskah terdjemahan Junani dan terdjemahan Syriah.

Endetn: Neh 11:8 - saudara2nja diperbaiki menurut satu naskah Junani. Tertulis: "sesudah dia".

diperbaiki menurut satu naskah Junani. Tertulis: "sesudah dia".

Endetn: Neh 11:8 - orang2 dewasa diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Gabai, Salai".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Gabai, Salai".

Endetn: Neh 11:10 - bin Jojakim bin diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Jojarib, Jakin".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Jojarib, Jakin".

Endetn: Neh 11:17 - pudjian diperbaiki menurut suatu naskah terdjemahan Junani dan terdjemahan Latin (Vlg). Tertulis: "permulaan".

diperbaiki menurut suatu naskah terdjemahan Junani dan terdjemahan Latin (Vlg). Tertulis: "permulaan".

Endetn: Neh 11:31 - orang dari suku diperbaiki menurut dua naskah Hibrani (lih. aj. 25). Tertulis: "Dan bani". "di", diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "dari".

diperbaiki menurut dua naskah Hibrani (lih. aj. 25). Tertulis: "Dan bani". "di", diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "dari".

Endetn: Neh 11:36 - di... maupun diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "dari... ke".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "dari... ke".

Ref. Silang FULL: Neh 11:1 - di Yerusalem // yang kudus // di kota-kota · di Yerusalem: Neh 7:4 · yang kudus: Yes 48:2; 52:1; 64:10; Za 14:20-21 · di kota-kota: Neh 7:73; Neh 7:73

· di Yerusalem: Neh 7:4

· yang kudus: Yes 48:2; 52:1; 64:10; Za 14:20-21

· di kota-kota: Neh 7:73; [Lihat FULL. Neh 7:73]

Ref. Silang FULL: Neh 11:3 - di kotanya · di kotanya: Ezr 2:1; Ezr 2:1

· di kotanya: Ezr 2:1; [Lihat FULL. Ezr 2:1]

Ref. Silang FULL: Neh 11:4 - Di Yerusalem // bani Benyamin · Di Yerusalem: Ezr 2:70; Ezr 2:70 · bani Benyamin: Ezr 1:5; Ezr 1:5

· Di Yerusalem: Ezr 2:70; [Lihat FULL. Ezr 2:70]

· bani Benyamin: Ezr 1:5; [Lihat FULL. Ezr 1:5]

Ref. Silang FULL: Neh 11:11 - Seraya // bin Ahitub · Seraya: 2Raj 25:18; 2Raj 25:18; Ezr 2:2; Ezr 2:2 · bin Ahitub: Ezr 7:2; Ezr 7:2

· Seraya: 2Raj 25:18; [Lihat FULL. 2Raj 25:18]; Ezr 2:2; [Lihat FULL. Ezr 2:2]

· bin Ahitub: Ezr 7:2; [Lihat FULL. Ezr 7:2]

Ref. Silang FULL: Neh 11:16 - Pula Sabetai // dan Yozabad · Pula Sabetai: Ezr 10:15 · dan Yozabad: Ezr 8:33; Ezr 8:33

· Pula Sabetai: Ezr 10:15

· dan Yozabad: Ezr 8:33; [Lihat FULL. Ezr 8:33]

Ref. Silang FULL: Neh 11:17 - Lalu Matanya // bin Asaf // bin Yedutun · Lalu Matanya: 1Taw 9:15; 1Taw 9:15; Neh 12:8 · bin Asaf: 2Taw 5:12 · bin Yedutun: 1Taw 25:1; 1Taw 25:1

· Lalu Matanya: 1Taw 9:15; [Lihat FULL. 1Taw 9:15]; Neh 12:8

· bin Asaf: 2Taw 5:12

· bin Yedutun: 1Taw 25:1; [Lihat FULL. 1Taw 25:1]

Ref. Silang FULL: Neh 11:18 - kota kudus · kota kudus: Wahy 21:2; Wahy 21:2

· kota kudus: Wahy 21:2; [Lihat FULL. Wahy 21:2]

Ref. Silang FULL: Neh 11:21 - para budak · para budak: Ezr 2:43; Ezr 2:43; Neh 3:26; Neh 3:26

· para budak: Ezr 2:43; [Lihat FULL. Ezr 2:43]; Neh 3:26; [Lihat FULL. Neh 3:26]

Ref. Silang FULL: Neh 11:22 - bin Matanya · bin Matanya: 1Taw 9:15; 1Taw 9:15

· bin Matanya: 1Taw 9:15; [Lihat FULL. 1Taw 9:15]

Ref. Silang FULL: Neh 11:23 - para penyanyi · para penyanyi: 1Taw 15:16; 1Taw 15:16; Neh 7:44

· para penyanyi: 1Taw 15:16; [Lihat FULL. 1Taw 15:16]; Neh 7:44

Ref. Silang FULL: Neh 11:24 - bani Zerah · bani Zerah: Kej 38:30; Kej 38:30

· bani Zerah: Kej 38:30; [Lihat FULL. Kej 38:30]

Ref. Silang FULL: Neh 11:25 - di Kiryat-Arba // di Dibon · di Kiryat-Arba: Kej 35:27; Kej 35:27 · di Dibon: Bil 21:30; Bil 21:30

· di Kiryat-Arba: Kej 35:27; [Lihat FULL. Kej 35:27]

· di Dibon: Bil 21:30; [Lihat FULL. Bil 21:30]

Ref. Silang FULL: Neh 11:26 - di Molada // dan Bet-Pelet · di Molada: Yos 15:26 · dan Bet-Pelet: Yos 15:27

· di Molada: Yos 15:26

· dan Bet-Pelet: Yos 15:27

Ref. Silang FULL: Neh 11:27 - di Hazar-Sual // di Bersyeba · di Hazar-Sual: Yos 15:28 · di Bersyeba: Kej 21:14; Kej 21:14

· di Hazar-Sual: Yos 15:28

· di Bersyeba: Kej 21:14; [Lihat FULL. Kej 21:14]

Ref. Silang FULL: Neh 11:28 - di Ziklag · di Ziklag: 1Sam 27:6; 1Sam 27:6

· di Ziklag: 1Sam 27:6; [Lihat FULL. 1Sam 27:6]

Ref. Silang FULL: Neh 11:29 - En-Rimon, Zora // Yarmut · En-Rimon, Zora: Yos 15:33 · Yarmut: Yos 10:3; Yos 10:3; Yos 15:35; Yos 15:35

· En-Rimon, Zora: Yos 15:33

· Yarmut: Yos 10:3; [Lihat FULL. Yos 10:3]; Yos 15:35; [Lihat FULL. Yos 15:35]

Ref. Silang FULL: Neh 11:30 - Zanoah // Adulam // di Lakhis // di Azeka // dari Bersyeba · Zanoah: Yos 15:34 · Adulam: Yos 15:35 · di Lakhis: Yos 10:3; Yos 10:3; Yos 15:39 · di Azeka: Yos 10:10; Yos 10:10 &midd...

· Zanoah: Yos 15:34

· Adulam: Yos 15:35

· di Lakhis: Yos 10:3; [Lihat FULL. Yos 10:3]; Yos 15:39

· di Azeka: Yos 10:10; [Lihat FULL. Yos 10:10]

· dari Bersyeba: Yos 15:28

Ref. Silang FULL: Neh 11:31 - dari Geba // di Mikhmas // di Betel · dari Geba: Yos 21:17; Yes 10:29 · di Mikhmas: 1Sam 13:2; 1Sam 13:2 · di Betel: Yos 12:9; Yos 12:9

· dari Geba: Yos 21:17; Yes 10:29

· di Mikhmas: 1Sam 13:2; [Lihat FULL. 1Sam 13:2]

· di Betel: Yos 12:9; [Lihat FULL. Yos 12:9]

Ref. Silang FULL: Neh 11:32 - di Anatot // Nob · di Anatot: Yos 21:18; Yes 10:30; Yer 1:1 · Nob: 1Sam 21:1; 1Sam 21:1

· di Anatot: Yos 21:18; Yes 10:30; Yer 1:1

· Nob: 1Sam 21:1; [Lihat FULL. 1Sam 21:1]

Ref. Silang FULL: Neh 11:33 - di Hazor // Rama // dan Gitaim · di Hazor: Yos 11:1; Yos 11:1 · Rama: Yos 18:25; Yos 18:25 · dan Gitaim: 2Sam 4:3

· di Hazor: Yos 11:1; [Lihat FULL. Yos 11:1]

· Rama: Yos 18:25; [Lihat FULL. Yos 18:25]

· dan Gitaim: 2Sam 4:3

Ref. Silang FULL: Neh 11:34 - Hadid, Zeboim · Hadid, Zeboim: 1Sam 13:18

· Hadid, Zeboim: 1Sam 13:18

Ref. Silang FULL: Neh 11:35 - di Ono · di Ono: 1Taw 8:12; 1Taw 8:12

· di Ono: 1Taw 8:12; [Lihat FULL. 1Taw 8:12]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Neh 11:1--12:26 - -- IV. Daftar Penduduk (11:1-12:26) Kisah Nehemia tentang usahanya untuk menempatkan orang-orang Yahudi murni di Yerusalem sesuai dengan daftar keluarga...

IV. Daftar Penduduk (11:1-12:26)

Kisah Nehemia tentang usahanya untuk menempatkan orang-orang Yahudi murni di Yerusalem sesuai dengan daftar keluarga-keluarga yang kembali dari Babel (7:4 dst.) yang dipotong oleh narasi tentang berbagai upacara khusus yang harus dilaksanakan pada bulan yang ketujuh (ps. 8-10), kini dilanjutkan lagi (11:1, 2). Sesudah itu disajikan daftar orang-orang yang tinggal di Yerusalem (11:3- 24); daftar kota-kota lain di mana tinggal orang-orang Yahudi (11:25-36); daftar para imam dan orang Lewi yang kembali bersama Zerubabel (12:1-9); dan daftar para imam besar, para imam dan orang-orang Lewi pada tahun-tahun belakangan (12:10-26).

Wycliffe: Neh 11:1-2 - kota yang kudus 1, 2. Sebagaimana dikemukakan di 7:4, Yerusalem hanya memiliki sedikit penduduk, mungkin karena bahaya-bahaya tinggal di sebuah kota yang tidak bertem...

1, 2. Sebagaimana dikemukakan di 7:4, Yerusalem hanya memiliki sedikit penduduk, mungkin karena bahaya-bahaya tinggal di sebuah kota yang tidak bertembok (khususnya sesudah malapetaka yang disebutkan di Neh. 1:3). Di sini dikemukakan bahwa orang-orang yang tinggal di Yerusalem sebagian besar adalah para pemuka. Tidak diragukan lagi bahwa Nehemia telah memanfaatkan kesempatan, selama kebangkitan kembali peraturan tentang hari raya bulan ketujuh, untuk mendorong orang lain agar pindah ke ibu kota itu. Orang-orang menerima himbauan tersebut sebagai kehendak Yehova dalam hal ini, dan para kepala keluarga yang dengan sukarela menyetujui himbauan ini memperoleh berkat dari bangsa itu. Yerusalem disebut kota yang kudus sebab Bait Suci ada di sana (Yes. 48:2).

Wycliffe: Neh 11:3-24 - -- 3-24. Jumlah laki-laki yang tinggal di Yerusalem, tidak termasuk budak-budak Bait Suci, adalah tiga ribu empat puluh empat jiwa. Seandainya jumlah ini...

3-24. Jumlah laki-laki yang tinggal di Yerusalem, tidak termasuk budak-budak Bait Suci, adalah tiga ribu empat puluh empat jiwa. Seandainya jumlah ini adalah sepersepuluh dari keseluruhan laki-laki yang tinggal di Yudea (ay. 1), maka penduduk telah berkembang secara cukup besar sepanjang abad sebelumnya; sebab lima puluh ribu orang yang kembali dari Babel bersama Zerubabel (Ezr. 2:64-67) tampaknya termasuk perempuan dan anak-anak.

Wycliffe: Neh 11:25-36 - -- 25-36. Para kepala rumah tangga tidak disebutkan menurut distrik, tetapi hanya untuk kota-kota dari wilayah Yehuda sebelumnya. Anehnya, kota Yerikho, ...

25-36. Para kepala rumah tangga tidak disebutkan menurut distrik, tetapi hanya untuk kota-kota dari wilayah Yehuda sebelumnya. Anehnya, kota Yerikho, Gibeon dan Mispa yang disebutkan di dalam Nehemia 3, tidak disebutkan di sini.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Neh 11:1--12:26 - Terkenal atau dikenal? (Selasa, 19 September 2006) Terkenal atau dikenal? Apabila sekadar mengikuti hasrat manusiawi kita saja, pasti kita cenderung memilih hal yang nyaman dan mudah. Tidak heran,...

SH: Neh 11:1-36 - Kerelaan untuk berkorban. (Senin, 27 November 2000) Kerelaan untuk berkorban. Setiap Kristen tentu berharap agar pekerjaan Tuhan dapat terlaksana dengan baik. Namun berapa banyak yang mau berk...

Topik Teologia: Neh 11:17 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Mengucap Syukur kepada Allah Ragam Pengucapan Syukur Men...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Nehemia (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra dan Nehemia (?) Tema : Pembangunan Kembali Tembok Yerusalem Tanggal Penulisan: Sekitar 430-420 SM Latar Belakang...

Full Life: Nehemia (Garis Besar) Garis Besar I. Membangun Kembali Tembok Yerusalem: Dipimpin oleh Nehemia (Neh 1:1-7:73) A. Syafaat Nehemia bagi Yerus...

Jerusalem: Nehemia (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: Nehemia (Pendahuluan Kitab) KITAB ESRA-NEHEMIA PENDAHULUAN Kitab Esra-Nehemia menurut aselinja hanjalan sat karya sadja. Sebagaimana halnja dengan pelbagai kitab lainnja, barulah...

Wycliffe: Nehemia (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN NEHEMIA Judul. Seperti halnya Kitab Ezra, kitab ini judulnya juga disesuaikan dengan nama tokoh utamanya. Lihat pendahuluan Kitab Ezra un...

Wycliffe: Nehemia (Garis Besar) GARIS BESAR NEHEMIA I. Nehemia Tiba di Yerusalem (1:1-2:20) A. Berita Menyedihkan dari Yerusalem dan Doa Nehemia (1:1-11). ...

BIS: Nehemia (Pendahuluan Kitab) NEHEMIA PENGANTAR Buku Nehemia dapat dibagi dalam tiga bagian: (1) Kisah perbaikan tembok-tembok Yerusalem di bawah pimpinan Nehemia yang

NEHEMIA

PENGANTAR

Buku Nehemia dapat dibagi dalam tiga bagian:

  1. (1) Kisah perbaikan tembok-tembok Yerusalem di bawah pimpinan Nehemia yang diangkat menjadi gubernur Yehuda oleh raja Persia. Nehemia juga menjalankan bermacam-macam perubahan dalam bidang sosial dan agama.
  2. (2) Pembacaan Hukum Allah yang dilakukan oleh Ezra secara khidmat, dan pengakuan dosa oleh umat Israel.
  3. (3) Kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan Nehemia sebagai gubernur Yehuda.

Bagian yang menarik dalam buku ini ialah kisah yang menunjukkan betapa Nehemia bergantung kepada Allah dan betapa sering ia berdoa kepada-Nya.

Isi

  1.  Nehemia kembali ke Yerusalem
    Neh 1:1-2:20
  2.  Tembok-tembok Yerusalem diperbaiki
    Neh 3:1-7:73
  3.  Hukum TUHAN dibacakan dan perjanjian dengan Allah diperbaharui
    Neh 8:1-10:39
  4.  Kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan Nehemia
    Neh 11:1-13:31

Ajaran: Nehemia (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya anggota jemaat dengan mengenal Kitab Nehemia, memperoleh pengertian tentang cara hidup yang berhasil, karena contoh kehidupan Nehemia

Tujuan

Supaya anggota jemaat dengan mengenal Kitab Nehemia, memperoleh pengertian tentang cara hidup yang berhasil, karena contoh kehidupan Nehemia yang berhasil, melalui perjuangan dan kerja keras serta penyerahan diri kepada Allah.

Pendahuluan

Penulis : Nehemia.

Isi Kitab: Kitab ini terbagi atas 13 pasal. Isinya merupakan kelanjutan dari Kitab Ezra, yaitu pemulihan pemerintahan bangsa Israel, setelah kembali dari pembuangan.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Nehemia

  1. Pasal 1-11 (Neh 1:1-11:36).

    Keamanan kota Yerusalem dilaksanakan

    Nehemia mendengar keadaan kota Yerusalem yang rusak berat. Langkah pertama yang diambilnya ialah pembangunan kembali tembok Yerusalem. Dalam melaksanakan kembali tembok ini, Nehemia lebih dahulu berpuasa dan meminta bantuan dari raja, kemudian Nehemia memeriksa kembali tembok-tembok yang sudah runtuh. Dalam pembangunan ini, Nehemia menghadapi ancaman-ancaman dan tantangan, tetapi Nehemia menanggapinya dengan berdoa dan penjagaan serta memberikan teladan-teladan yang baik kepada penguasa- penguasa, akhirnya pembangunan tembok selesai, dan ditempatkan penjaga- penjaga. Langkah kedua, Nehemia menambah jumlah penduduk di kota Yerusalem dengan orang-orang yang baik di hadapan Tuhan, yaitu mereka yang mau mendengar Kitab Taurat, mereka yang mengaku dosa dan suka berdoa, mereka yang membuat perjanjian dengan Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Neh 1:1-4. Apakah bukti beban Nehemia atas bangsanya?
    2. Bagaimanakah kegiatan pembangunan tembok Yerusalem walaupun mendapat ancaman? (Neh 4:11-16,22-23).
    3. Bacalah pasal Neh 9:1-3; 11:1-2. Orang-orang yang bagaimanakah yang tinggal di Yerusalem?
  2. Pasal 12-13 (Neh 12:1-13:31).

    Keamanan hidup rohani umat Allah dilaksanakan Pasal-pasal ini menjelaskan bahwa setelah tembok kota Yerusalem selesai dibangun, Nehemia mulai mengadakan pembangunan rohani umat Allah. Hal ini dimulai dari kehidupan rohani para imam, karena para imanlah yang memegang peranan penting dalam hidup rohani umat Allah.

    Pendalaman

    1. Apakah dasar tindakan Nehemia? (Neh 13:1-3).
    2. Apakah yang diperbuat imam Elyasib? (Neh 13:4-9).
    3. Apakah yang terjadi dengan orang-orang Lewi yan seharusnya melayani umat Allah? (Neh 13:10-11).
    4. Apakah hubungan perbuatan dosa dengan kehancuran kot Yerusalem? (Neh 13:17-18).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Nehemia memberikan pengajaran untuk memperoleh kemenangan dari tantangan yang berat melalui penyerahan, kepercayaan kepada kuasa Allah dan disertai dengan usaha yang sungguh.

  2. Untuk menjadi pemimpin yang baik, seseorang haruslah mempunyai sifat seperti Nehemia, yakni rajin berdoa, bersemangat dan mempunyai penyerahan kepada Allah.

  3. Melalui kehidupan Nehemia, kita mengetahui bahwa Allah mau dan bisa memakai siapa saja yang berbeban kepada pekerjaan-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Nehemia?
  2. Berita apakah yang diterima oleh Nehemia?
  3. Bagaimanakah sikap Nehemia menerima berita itu?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari mempelajari Kita Nehemia?

Intisari: Nehemia (Pendahuluan Kitab) Pembangunan kembali tembok Yerusalem LATAR BELAKANG SEJARAHSetelah kematian Salomo, kerajaan Israel terpecah menjadi dua -- kerajaan utara dan selata

Pembangunan kembali tembok Yerusalem

LATAR BELAKANG SEJARAH
Setelah kematian Salomo, kerajaan Israel terpecah menjadi dua -- kerajaan utara dan selatan. Ibukota kerajaan utara ialah Samaria, dan dalam tahun 722 SM kota itu direbut oleh bangsa Asyur dan banyak rakyatnya dijadikan tawanan. Hal yang hampir sama terjadi juga terhadap kerajaan selatan, Yehuda, ketika Yerusalem direbut oleh bangsa Babel pada tahun 586 SM. Dalam tahun 539 SM bangsa Babel sendiri dikalahkan oleh bangsa Persia -- dan raja Persia mendorong sebagian orang Yahudi untuk kembali ke tanah air mereka. Kira-kira 50.000 orang kembali dan memulai tugas untuk membangun kembali Rumah Tuhan, tetapi kemudian mereka menjadi kecil hati dan hanya mampu membangun fondasinya saja. Sejarah selanjutnya agak ruwet, tetapi rupanya kira-kira enam belas tahun kemudian Allah mengirimkan dua orang nabi, Hagai dan Zakharia, untuk menggugah semangat rakyat. Mereka sudah menempati rumah mereka masing-masing, tetapi mengabaikan pembangunan kembali Rumah Tuhan. Sebagai akibatnya, pekerjaan pembangunan dimulai lagi dan kali ini Rumah Tuhan dapat diselesaikan. Dalam tahun 486 SM serombongan lagi orang Yahudi kembali ke Yerusalem di bawah pimpinan Ezra. Ezra berusaha sebaik mungkin untuk membangun semangat bangsanya dan mengangkat moral serta kehidupan rohani mereka, tetapi ia banyak menemui kekecewaan. Beberapa tahun kemudian, sekitar tahun 445 SM Allah berbicara kepada seorang lain, yaitu Nehemia dan menugaskannya untuk secara khusus menekuni pembangunan kembali tembok kota yang sudah hancur itu. Beberapa orang menempatkan kisah kembalinya Ezra sesudah Nehemia, tetapi keterangan tersebut tidak meyakinkan.

SIAPAKAH NEHEMIA?
Sebagai pengurus minuman raja, Nehemia mencicipi lebih dahulu anggur yang akan disajikan kepada raja untuk membuktikan bahwa minuman itu tidak mengandung racun. Hanya orang yang paling dipercaya dapat menduduki posisi tertinggi ini dalam istana raja Persia. Namun demikian, hati Nehemia lebih cenderung untuk melakukan tugas yang Allah bebankan kepadanya. Ia digambarkan sebagai seorang pengusaha yang hidupnya penuh diwarnai doa. Nehemia tidak melupakan bangsanya sendiri. Ia bersedia meninggalkan kehidupan mewah dalam istana dan pergi ke Yerusalem untuk membangun kembali kota itu. Ketika pada akhirnya ia pergi ke Yerusalem, ia bertugas sebagai gubernur sipil dengan kuasa dari raja Persia.

Pesan

Nehemia merupakan gambaran seorang pekerja yang ideal bagi Allah. Kuncinya ialah doa dan kerja. Ia tidak saja berdoa dan bekerja sendiri, tetapi ia menganjurkan para pengikutnya untuk melakukan hal yang sama.

1. Berdoalah dalam segala situasi kehidupan
o Ia berdoa waktu ia mendengar mengenai keadaan Yerusalem. Neh 1:4-11
o Ia berdoa waktu ia menghadap Raja Artahsasta untuk memohon izin pergi ke Yerusalem. Neh 2:4
o Ia berdoa di hadapan penentangnya. Neh 4:4,9
o Ia berdoa waktu difitnah. Neh 6:8,9
o Ia berdoa pada waktu pekerjaan perbaikan tembok telah selesai. Neh 13:14

2. Kerja dan doa berjalan bersama-sama
o Ia melakukan penyelidikan terlebih dahulu untuk memastikan apa yang terjadi. Neh 2:11-16
o Ia mengatur tenaga kerja, sehingga setiap orang tahu apa yang diharapkan dari mereka. Neh 3:1-32
o Ia memberi teladan kepada orang lain untuk bekerja. Neh 2:17,18; 4:6,23
o Ia menyadari kesucian pekerjaan yang Allah bebankan kepadanya. Neh 6:3

Penerapan

1. Anda harus berbeban bagi bangsa Anda
Ketika Nehemia menerima kabar mengenai keadaan yang tragis di kota Yerusalem yang hancur, ia merasa sangat terharu.

2. Siap untuk bertindak
Sebelum mengambil tindakan apa-apa, Nehemia berdoa. Pertama-tama ia mencari pimpinan Tuhan, setelah ia menerimanya ia segera bertindak.

3. Siap untuk menghadapi tentangan
Bekerja untuk Allah tidak pernah tanpa tantangan. Nehemia mendapati bahwa ia mempunyai musuh, baik di dalam maupun di luar kota Yerusalem. Tetapi ia membuktikan bahwa selalu ada kemungkinan untuk menang atas segala tentangan itu.

4. Hati-hati terhadap bahaya kemunduran
Nehemia mengumpulkan rakyat untuk mendengarkan firman Allah dan ternyata mereka memberi tanggapan positif. Tetapi ketika ia kembali ke kota Yerusalem setelah ditinggalkannya selama dua belas tahun, ia mendapati bahwa rakyat telah melupakan Allah dan bahwa diperlukan suatu reformasi lebih lanjut.

Tema-tema Kunci

Nehemia dengan jelas dianggap sebagai seorang pekerja Allah yang ideal -- "seorang patriot yang berani, tidak mengenal takut, penuh semangat dan berinisiatif, seorang pendoa dan pekerja keras dan seorang yang takut kepada Allah dan yang selalu mencari berkat-Nya". Kehidupannya ditandai dengan keseimbangan yang sehat antara berdoa dan kerja keras. Pelajarilah dalam kitab ini hal-hal yang berhubungan dengan kedua unsur ini. Bandingkan penemuan Anda dengan studi yang serupa mengenai kehidupan Paulus.

1. Patriotisme
Patriotisme itu sendiri tidak salah. Paulus mempunyai beban berat bagi bangsanya (Rom 10:1). Kristus mendorong murid-murid-Nya untuk memberikan kepada Kaisar apa yang menjadi haknya (Mat 22:21). Nehemia menaruh perhatian yang besar terhadap rakyatnya (Neh 1:3-11). Patriotisme sejati adalah rasa prihatin terhadap keadaan bangsa. Bagaimana umat Kristen dewasa ini dapat mempengaruhi sikap bangsanya?

2. Doa
Nehemia berdoa setiap saat dan dalam segala keadaan (Neh 1:4; 2:4; 4:4; 5:19; 6:9,14; 13:14, 22,29,31). Bandingkan ini dengan perintah Paulus kepada orang-orang di Filipi 4:6,7. Apa tujuan doa?

3. Dedikasi
Nehemia menerima tugas yang diberikan oleh Allah dengan sungguh-sungguh -- ia sangat teliti. Ia bertekad untuk menyelidiki perkara yang sebenarnya (Neh 2:12). Ia tahu akan kesucian pekerjaannya (Neh 6:3). Ia menjadi teladan bagi orang lain untuk bekerja seperti dia (Neh 2:17,18; 4:6,23). Buatlah daftar tugas-tugas yang harus dilaksanakan di gereja Anda atau dalam kelompok Anda, dan rencanakan penyelesaiannya.

4. Ketekunan
Nehemia tidak undur menghadapi tentangan, baik dari dalam maupun dari luar. Ia diejek dan dicaci, karena bergantung kepada Allah (Neh 2:19,20). Ia tidak bersedia mengalihkan perhatiannya dari tugas yang sedang dihadapinya (Neh 6:2,3). Carilah keterangan mengenai mereka yang menderita bagi Kristus di bawah rezim yang kejam, dan pakailah hal ini untuk merangsang doa yang teratur. Pikirkan juga situasi Anda sendiri sehubungan dengan tantangan yang Anda hadapi.

Garis Besar Intisari: Nehemia (Pendahuluan Kitab) [1] BERITA BURUK TENTANG YERUSALEM Neh 1:1-4 [2] DOA NEHEMIA Neh 1:5-11 Neh 1:5Permohonan untuk kesetiaan janji Allah Neh 1:6,7Penyesalan atas

[1] BERITA BURUK TENTANG YERUSALEM Neh 1:1-4

[2] DOA NEHEMIA Neh 1:5-11

Neh 1:5Permohonan untuk kesetiaan janji Allah
Neh 1:6,7Penyesalan atas dosa bangsa Israel
Neh 1:8-10Kenangan akan kemurahan Allah yang tak kunjung padam
Neh 1:11Seruan mohon pertolongan dalam kesesakan

[3] NEHEMIA MENDAPAT KUASA Neh 2:1-10

Neh 2:1-5Ia mengajukan permohonan kepada raja
Neh 2:6-9 Raja memberikan restunya
Neh 2:10Tanda-tanda awal tantangan

[4] NEHEMIA DI YERUSALEM Neh 2:11-20

Neh 2:11-16Nehemia memeriksa tembok Yerusalem
Neh 2:17-20Nehemia mencari dukungan rakyat untuk tugas perbaikan tembok kota

[5] PEMBANGUNAN TEMBOK-TEMBOK KOTA Neh 3:1-6:19

Neh 3:1-32Pembagian kerja
Neh 4:1-23Tantangan terhadap pembangunan
Neh 5:1-6:14Perselisihan di dalam
Neh 6:15-19Tugas selesai

[6] ORANG-ORANG BUANGAN YANG KEMBALI DENGAN ZERUBABEL Neh 7:1-73

[7] EZRA MEMBACAKAN HUKUM Neh 8:1-18

[8] PEMBARUAN PERJANJIAN Neh 9:1-10:39

Neh 9:1-38Pengakuan dosa
Neh 10:1-39Persetujuan terhadap perjanjian

[9] RAKYAT YANG TERLIBAT Neh 11:1-12:26

Neh 11:1-24Penduduk Yerusalem
Neh 11:25-36Daftar desa-desa
Neh 12:1-26Para imam dan bangsa Lewi

[10] PERESMIAN TEMBOK KOTA DAN URUSAN ADMINISTRASI Neh 12:27-13:31

Neh 12:27-43Peresmian tembok kota
Neh 12:44-47Organisasi orang-orang Lewi
Neh 13:1-31Perbaikan-perbaikan selanjutnya yang diadakan oleh Nehemia
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #35: Beritahu teman untuk menjadi rekan pelayanan dengan gunakan Alkitab SABDA™ di situs Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.40 detik
dipersembahkan oleh YLSA