![](images/minus.gif)
Teks -- Kejadian 3:19-24 (TB)
![](images/arrow_open.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
![](images/arrow_open.gif)
![](images/information.gif)
![](images/cmt_minus_head.gif)
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Kej 3:16-19 - SUSAH PAYAHMU ... AKAN KUBUAT SANGAT BANYAK.
Nas : Kej 3:16-19
Hukuman yang dikenakan pada laki-laki dan wanita (ayat
Kej 3:16-19), dan juga efek dosa atas alam, dimaksudkan untuk
mengingatkan...
Nas : Kej 3:16-19
Hukuman yang dikenakan pada laki-laki dan wanita (ayat Kej 3:16-19), dan juga efek dosa atas alam, dimaksudkan untuk mengingatkan umat manusia tentang akibat-akibat mengerikan dari dosa dan menyebabkan mereka bergantung pada Allah dalam iman dan ketaatan. Allah bermaksud agar keadaan umat manusia dewasa ini bersifat memulihkan.
- 1) Usaha Hawa untuk membebaskan diri dari Allah dan bertindak terlepas dari suaminya dihalangi karena rasa berahi kepada suami. Tertariknya Hawa kepada Adam dan kepemimpinannya akan mendatangkan kesulitan dan penderitaan bersama dengan sukacita dan berkat (bd. Kej 1:26-27; 1Kor 11:7-9; Ef 5:22-25; 1Tim 2:11-14).
- 2) Karena kutukan Allah atas alam, Adam dan Hawa akan menderita secara jasmani, bekerja membanting tulang, berjuang dengan susah payah, dan akhirnya mati, baik mereka maupun keturunan mereka.
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Kej 3:20 - MEMBERI NAMA HAWA KEPADA ISTERINYA.
Nas : Kej 3:20
Adam memberikan nama "Hawa," yang artinya "hidup," kepada istrinya
karena dia adalah ibu pertama dari semua orang.
Nas : Kej 3:20
Adam memberikan nama "Hawa," yang artinya "hidup," kepada istrinya karena dia adalah ibu pertama dari semua orang.
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Kej 3:22 - TAHU TENTANG YANG BAIK DAN YANG JAHAT.
Nas : Kej 3:22
Adam dan Hawa telah berusaha untuk menyejajarkan diri mereka dengan
Allah dan menentukan sendiri norma-norma mereka
(lihat...
Nas : Kej 3:22
Adam dan Hawa telah berusaha untuk menyejajarkan diri mereka dengan Allah dan menentukan sendiri norma-norma mereka
(lihat cat. --> Kej 3:5).
[atau ref. Kej 3:5]
Karena kejatuhan, manusia dalam arti tertentu terlepas dari Allah dan mulai membedakan sendiri antara yang baik dan jahat.
- 1) Di dalam dunia ini, penilaian manusia yang tidak sempurna dan sesat sering kali menentukan apa yang baik dan yang buruk. Ini tidak pernah dikehendaki Allah, karena Ia bermaksud agar kita mengetahui yang baik dalam ketergantungan kepada Dia dan firman-Nya.
- 2) Semua yang mengakui Kristus sebagai Tuhan kembali kepada maksud Allah semula bagi umat manusia. Mereka bergantung pada firman Allah untuk menentukan apa yang baik.
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Kej 3:24 - IA MENGHALAU MANUSIA ITU.
Nas : Kej 3:24
Hubungan Adam yang sempurna dengan Allah telah hilang. Kini dia
diusir dari taman Eden dan mulailah hidup bersandar kepada Allah di
...
Nas : Kej 3:24
Hubungan Adam yang sempurna dengan Allah telah hilang. Kini dia diusir dari taman Eden dan mulailah hidup bersandar kepada Allah di tengah-tengah pencobaan. Tambahan pula, Iblis sampai batas tertentu memperoleh kekuasaan atas dunia ini melalui kejatuhan Adam dan Hawa, karena PB berbicara tentang Iblis sebagai "penguasa dunia ini" (Yoh 14:30; bd. 2Kor 4:4; 1Yoh 5:19). Akan tetapi, Allah begitu mengasihi manusia sehingga Ia menetapkan untuk mengalahkan Iblis dengan memperdamaikan manusia dan dunia dengan diri-Nya dengan mengorbankan nyawa Anak-Nya sendiri
(lihat cat. --> Kej 3:15;
[atau ref. Kej 3:15]
bd. Yoh 3:16; Wahy 21:1-8)
BIS: Kej 3:20 - Hawa Hawa: Nama ini dalam bahasa Ibrani kedengarannya seperti kata yang berarti "kehidupan".
Hawa: Nama ini dalam bahasa Ibrani kedengarannya seperti kata yang berarti "kehidupan".
![](images/cmt_minus.gif)
BIS: Kej 3:24 - kerub kerub: Golongan malaikat yang digambarkan sebagai makhluk bersayap dan melambangkan kehadiran Allah serta keagungannya.
kerub: Golongan malaikat yang digambarkan sebagai makhluk bersayap dan melambangkan kehadiran Allah serta keagungannya.
Jerusalem: Kej 3:20 - Hawa Nama Hawa - Ibraninya: Hawwah - dijelaskan dengan kata dasar hidup Ibraninya: hayah.
Nama Hawa - Ibraninya: Hawwah - dijelaskan dengan kata dasar hidup Ibraninya: hayah.
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Kej 3:22 - tahu tentang yang baik dan yang jahat Manusia yang berdosa telah mengangkat dirinya menjadi hakim atas apa yang baik dan apa yang jahat, Kej 2:17+, dan dengan demikian merampas hak istimew...
Manusia yang berdosa telah mengangkat dirinya menjadi hakim atas apa yang baik dan apa yang jahat, Kej 2:17+, dan dengan demikian merampas hak istimewa Allah
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Kej 3:22 - hidup untuk selama-lamanya Pohon kehidupan sebagai lambang dipungut dari tradisi yang sejalan dengan tradisi mengenai pohon pengetahuan. Pada hakekatnya manusia adalah sebuah ma...
Pohon kehidupan sebagai lambang dipungut dari tradisi yang sejalan dengan tradisi mengenai pohon pengetahuan. Pada hakekatnya manusia adalah sebuah makhluk yang harus mati, lih Kej 3:19. Namun demikian ia menginginkan kebakaran. Kebakaran itu akhirnya akan dianugerahkan kepada manusia Firdaus yang telah hilang karena dosa adalah serupa dengan Firdaus yang akan ditemukan kembali oleh manusia berkat kasih karunia Allah.
Ende: Kej 3:20 - -- "Chawa" artinja: jang hidup, atau: jang memberi hidup. Meskipun manusia
tidak luput dari maut, namun hidupnja masih terus berlangsung djuga dalam
ketu...
"Chawa" artinja: jang hidup, atau: jang memberi hidup. Meskipun manusia tidak luput dari maut, namun hidupnja masih terus berlangsung djuga dalam keturunannja.
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Kej 3:22 - -- Dulu manusia hanjalah mengalami apa jang baik sadja, dan belum mempunjai
gambaran tentang apakah kedjahatan itu (Kej 2:25). Tetapi sekarang dia
telah ...
Dulu manusia hanjalah mengalami apa jang baik sadja, dan belum mempunjai gambaran tentang apakah kedjahatan itu (Kej 2:25). Tetapi sekarang dia telah berkenan dengan kedjahatan, jang dialaminja sebagai sesuatu jang merugikan baginja. Demikian dalam arti tertentu ia "menjerupai" Tuhan, karena mengenal hakekat kedjahatan.
Bahwa pintugerbang kearah pohon kehidupan telah ditutup, merupakan lukisan lebih landjut dari siksaan maut jang telah didjatuhkan atas diri manusia. Pengarang menjelesaikan tjeritanja setjara konkrit dengan menggunakan gambaran-gambaran jang sesuai dengan lukisan taman-bahagia: firdaus adalah tempat kehidupan kekal; kerub-kerub (a. 24)(#TB Kej 3:24) pendjaga pintu-gerbang taman-bahagia itu. Pada tjandi-tjandi dan istana-istana radja didunia timur djaman dahulu pintu-gerbang dihiasi dengan artja-artja batu (seperti pada tjandi-tjandi Hindu di Djawa, apa jang disebut "kala"). Disini para pendjaga-pintu adalah machluk- machluk hidup, hamba istana Tuhan.
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Kej 3:24 - -- Maksud pengarang mengadjarkan kepada kita kebenaran-kebenaran historis berhubung
dengan keselamatan kita: keadaan jang sesungguhnja dari manusia perta...
Maksud pengarang mengadjarkan kepada kita kebenaran-kebenaran historis berhubung dengan keselamatan kita: keadaan jang sesungguhnja dari manusia pertama serta keturunannja, dan sikapnja terhadap Tuhan. Keadaan ini dilukiskannja berbentuk suatu drama dengan berbagai-bagai pelakunja. Djadi bentuk gambaran ini bukan dalam segala-galanja menepati apa jang terdjadi dalam sedjarah. Kesimpulan ini dapat kita ambil dari teks sendiri. Pertama-tama: bentuk literer, jang mengandung banjak motif-motif dan unsur-unsur mitologis dari kesusasteraan hikmah: taman kenikmatan, ular jang berbitjara, pohon kehidupan, dan pengertian tentang baik dan djahat. Ini termasuk djenis puisi. Selandjutnja pelaku-pelaku simbolis, jang memegang peranan dalam tjerita. Sifat simbolis ini ternjata dari nama-nama jang mempunjai arti umum: 'adam = manusia; chawa = jang hidup. Demikian pula halnja dalam fasal-fasal berikutnja: Kain, Abil, Enosj, dll, semua ini nama-nama buatan jang timbul dalam tradisi.
Achirnja maksud tersebut diatas ternjata djuga dari tjara penghimpun kitab Kedjadian menggabungkan fasal 1(Kej 1) dengan fasal 2-3(Kej 2-3) mendjadi kesatuan: gambaran olehnja tidak dianggap sebagai kissah-sedjarah jang menguraikan segala-sesuatu tepat sebagaimana tampak terdjadi. Maka dari itu ia tidak berkerabatan mentjampur mempersatukan lukisan-lukisan jang mengandung perbedaan-perbedaan satu sama lain.
Endetn -> Kej 3:24
Endetn: Kej 3:24 - -- Junani: "Ia mengusir manusia, dan ditetapkanNja dimuka tanah Eden, kemudian ditempatkanNja kerub...."
Junani: "Ia mengusir manusia, dan ditetapkanNja dimuka tanah Eden, kemudian ditempatkanNja kerub...."
Ref. Silang FULL: Kej 3:19 - dengan berpeluh // mencari makananmu // akan kembali · dengan berpeluh: Mazm 104:23
· mencari makananmu: Kej 14:18; Ul 8:3,9; 23:4; Rut 1:6; 2:14; 2Tes 3:10
· akan kembali: Kej 2:7; ...
· dengan berpeluh: Mazm 104:23
· mencari makananmu: Kej 14:18; Ul 8:3,9; 23:4; Rut 1:6; 2:14; 2Tes 3:10
· akan kembali: Kej 2:7; [Lihat FULL. Kej 2:7]; Ayub 7:21; [Lihat FULL. Ayub 7:21]; Mazm 146:4; [Lihat FULL. Mazm 146:4]; 1Kor 15:47; Ibr 9:27
![](images/cmt_minus.gif)
![](images/cmt_minus.gif)
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Kej 3:22 - dari Kita // pohon kehidupan · dari Kita: Kej 1:26; Kej 1:26
· pohon kehidupan: Kej 2:9; Kej 2:9; Wahy 2:7; Wahy 2:7
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Kej 3:23 - taman Eden // mengusahakan tanah · taman Eden: Kej 2:8; Kej 2:8
· mengusahakan tanah: Kej 2:7; Kej 2:7
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Kej 3:24 - taman Eden // beberapa kerub // dengan pedang // pohon kehidupan · taman Eden: Kej 2:8; Kej 2:8
· beberapa kerub: Kel 25:18-22; 1Sam 4:4; 2Sam 6:2; 22:11; 1Raj 6:27; 8:6; 2Raj 19:15; 2Taw 5:8; Mazm 18:...
· taman Eden: Kej 2:8; [Lihat FULL. Kej 2:8]
· beberapa kerub: Kel 25:18-22; 1Sam 4:4; 2Sam 6:2; 22:11; 1Raj 6:27; 8:6; 2Raj 19:15; 2Taw 5:8; Mazm 18:11; 80:2; 99:1; Yes 37:16; Yeh 10:1; 28:16
· dengan pedang: Ayub 40:14; Mazm 104:4; Yes 27:1
![](images/cmt_minus_head.gif)
buka semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry: Kej 3:17-19 - Hukuman yang Diberikan kepada Adam; Akibat Kejatuhan Hukuman yang Diberikan kepada Adam; Akibat Kejatuhan (Kejadian 3:17-19)
Di sini kita mendapati hukuman yang diberikan kepada Adam, yang didahului d...
![](images/cmt_minus.gif)
Matthew Henry: Kej 3:20 - Pemberian Nama Hawa Pemberian Nama Hawa (Kejadian 3:20)
Setelah Allah menamai manusia itu, dan memanggil dia Adam, yang artinya tanah liat, maka sebagai tanda kekuasaa...
![](images/cmt_minus.gif)
Matthew Henry: Kej 3:21 - Pakaian Kulit Binatang untuk Manusia Pakaian Kulit Binatang untuk Manusia (Kejadian 3:21)
Di sini kita mendapati tanda pemeliharaan Allah lebih lanjut yang berkaitan dengan nenek moya...
![](images/cmt_minus.gif)
Matthew Henry: Kej 3:22-24 - Adam dan Hawa Diusir dari Taman Firdaus Adam dan Hawa Diusir dari Taman Firdaus (Kejadian 3:22-24)
Setelah hukuman dijatuhkan ke atas para pelanggar, di sini kita mendapati sebagian huku...
SH: Kej 3:8-24 - Berpakaian (Selasa, 4 Februari 2003) Berpakaian
Ketika Tuhan berjalan-jalan di taman, langkah-langkah Allah
terdengar bagaikan jejak-jejak penghakiman bagi manusia yang
baru ma...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Kej 3:8-24 - Hukuman dan anugerah (Minggu, 6 April 2008) Hukuman dan anugerah
Dosa menyebabkan perasaan bersalah dan takut menghantui pasutri
pertama. Itu sebabnya mereka sembunyi ketika mendengar suar...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Kej 3:1-19 - Dosa, hukuman, dan janji pelepasan (Senin, 25 April 2011) Dosa, hukuman, dan janji pelepasan
Kisah klasik kejatuhan manusia ke dalam dosa biasa digambarkan dengan pasangan suami istri pertama yang memakan bu...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Kej 3:1-24 - Tergoda (Minggu, 22 April 2018) Tergoda
Keberadaan manusia di Taman Eden tidak berlangsung abadi (24). Manusia tergoda oleh bujuk rayu ular, yang merupakan binatang melata yang pali...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Kej 3:1-24 - Menilai dan Memilih dengan Benar (Minggu, 21 April 2024) Menilai dan Memilih dengan Benar
Setiap pilihan selalu mengandung konsekuensi, entah itu baik atau buruk. Tuhan telah mengingatkan Adam untuk taat ke...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Kej 3:20--4:16 - Dosa dan anugerah (Selasa, 26 April 2011) Dosa dan anugerah
Dosa memang memiliki efek menular. Satu dosa dalam diri seseorang dapat melahirkan dosa lain dalam diri orang tersebut. Satu orang ...
Utley: Kej 3:14-19 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 3:14-1914 Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: "Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara sega...
![](images/cmt_minus.gif)
Utley: Kej 3:20-21 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 3:20-2120 Manusia itu memberi nama Hawa kepada isterinya, sebab dialah yang menjadi ibu semua yang hidup. 21 Dan TUHAN Alla...
![](images/cmt_minus.gif)
Utley: Kej 3:22-24 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 3:22-2422 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang...
Topik Teologia: Kej 3:19 - -- Umat Manusia Pada Umumnya
Manusia adalah Lemah, Rendah dan Terbatas
Kej 3:8-10,13 Kej 3:16-19 Kej 6:3 Kej 18:27 1Ta 29:14-15 2T...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Kej 3:20 - -- Umat Manusia: Wanita
Wanita sebagai Ciptaan Allah
Wanita Mengandung Anak-anak
Kej 1:28 Kej 3:16 Kej 3:20 Kej 4:11
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Kej 3:21 - -- Yesus Kristus
Kristus dalam Perjanjian Lama
Kristus dalam Paralel
Peristiwa yang Diparalelkan dengan Kristus
Pembuatan P...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Kej 3:22 - -- Allah yang Berpribadi
Allah sebagai Tritunggal
Ketritunggalan Allah
Allah Tritunggal dalam Kiasan-kiasan PL
Kejamakan Ke...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Kej 3:23 - -- Dosa
Disiplin Kemurahan
Kej 3:21-24
Dosa Menyebabkan Keterpisahan dari Allah
Kej 3:22-24 Ula 25:16 Ula 31:16-18 2Ta 2...
![](images/cmt_minus.gif)