Teks -- Yohanes 20:1-8 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem: Yoh 20:1 - hari pertama Hari ini kemudian menjadi "hari Tuhan", hari Minggu orang-orang Kristen; bdk Wah 1:10.
Hari ini kemudian menjadi "hari Tuhan", hari Minggu orang-orang Kristen; bdk Wah 1:10.
Jerusalem: Yoh 20:5 - ia tidak masuk Murid itu menerima bahwa Petrus patut didahulukan. Bdk Yoh 21:15-17.
Murid itu menerima bahwa Petrus patut didahulukan. Bdk Yoh 21:15-17.
Ende -> Yoh 20:2
Maria Magdalena bukan sendirian. Lih. Mat 28:1; Mar 16:1 dan Luk 23:55-24:1.
Ref. Silang FULL: Yoh 20:1 - Maria Magdalena // dari kubur · Maria Magdalena: Yoh 20:18; Luk 8:2; Yoh 19:25
· dari kubur: Mat 27:60,66
· Maria Magdalena: Yoh 20:18; Luk 8:2; Yoh 19:25
· dari kubur: Mat 27:60,66
Ref. Silang FULL: Yoh 20:2 - yang dikasihi // Ia diletakkan · yang dikasihi: Yoh 13:23; Yoh 13:23
· Ia diletakkan: Yoh 20:13
Ref. Silang FULL: Yoh 20:5 - dan melihat // kain kapan · dan melihat: Yoh 20:11
· kain kapan: Yoh 19:40; Yoh 19:40
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Yoh 20:1 - -- 20:1 Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diam...
20:1 Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur.
Ketiga Injil Sinoptik menceritakan bahwa beberapa ibu pergi ke kubur itu, tetapi Yohanes hanya menceritakan mengenai Maria Magdalena. Mungkin kisah Yohanes terfokus pada Maria Magdalena sebagai persiapan pada percakapan Maria Magdalena dan Tuhan Yesus dalam ayat 11-18.1364
Yohanes tidak menceritakan batu itu dalam kisah penguburan Tuhan Yesus, ataupun bagaimana caranya batu itu diambil. Tampaknya Yohanes menduga bahwa para pembaca telah membaca salah satu Injil Sinoptik.1365 Dia juga tidak menyebutkan penjaga-penjaga yang diceritakan oleh Matius.
Hagelberg: Yoh 20:1-9 - -- 1. Petrus dan Yohanes di kuburan yang kosong (20:1-9)
Walaupun keempat Injil menceritakan aspek-aspek yang lain dalam kisah kebangkitan Tuhan Yesus, k...
1. Petrus dan Yohanes di kuburan yang kosong (20:1-9)
Walaupun keempat Injil menceritakan aspek-aspek yang lain dalam kisah kebangkitan Tuhan Yesus, keempat Injil sama-sama menekankan bahwa kubur Tuhan Yesus adalah kosong. Tidak ada mayat lagi, karena Dia sungguh-sungguh bangkit dari kematian.
Hagelberg: Yoh 20:1 - -- 20:1 Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diam...
20:1 Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur.
Ketiga Injil Sinoptik menceritakan bahwa beberapa ibu pergi ke kubur itu, tetapi Yohanes hanya menceritakan mengenai Maria Magdalena. Mungkin kisah Yohanes terfokus pada Maria Magdalena sebagai persiapan pada percakapan Maria Magdalena dan Tuhan Yesus dalam ayat 11-18.1364
Yohanes tidak menceritakan batu itu dalam kisah penguburan Tuhan Yesus, ataupun bagaimana caranya batu itu diambil. Tampaknya Yohanes menduga bahwa para pembaca telah membaca salah satu Injil Sinoptik.1365 Dia juga tidak menyebutkan penjaga-penjaga yang diceritakan oleh Matius.
F. Kebangkitan Yesus (20:1-31)
Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...
IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.
Hagelberg: Yoh 20:2 - -- 20:2 Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi1366 Yesus,1367 dan berkata kepada mereka, "Tuan1368 telah diambil oran...
20:2 Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi1366 Yesus,1367 dan berkata kepada mereka, "Tuan1368 telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan."
Maria Magdalena tidak menduga bahwa Dia bangkit, demikian juga Petrus dalam ayat 6-7. Tampaknya kengerian penyaliban Tuhan Yesus begitu mengesankan hati mereka, sehingga mereka tidak dapat mengingat nubutan yang telah Dia ucapkan mengenai kebangkitan-Nya.
Begitu banyak mayat dicuri dari kuburan pada zaman itu, sehingga Kaisar Claudius, yang bertahkta dari tahun 41-54 M., mengeluarkan sebuah titah yang mewajibkan hukuman maut bagi orang yang merusak kubur, mencuri mayat, atau membuka segel di batu penutup kubur.1369 Dalam budaya mereka, orang harus dikuburkan secara layak. Maria tidak mau membayangkan buruknya kalau mayat Tuhan Yesus diambil oleh musuh.
Hagelberg: Yoh 20:2 - -- 20:2 Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi1366 Yesus,1367 dan berkata kepada mereka, "Tuan1368 telah diambil oran...
20:2 Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi1366 Yesus,1367 dan berkata kepada mereka, "Tuan1368 telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan."
Maria Magdalena tidak menduga bahwa Dia bangkit, demikian juga Petrus dalam ayat 6-7. Tampaknya kengerian penyaliban Tuhan Yesus begitu mengesankan hati mereka, sehingga mereka tidak dapat mengingat nubutan yang telah Dia ucapkan mengenai kebangkitan-Nya.
Begitu banyak mayat dicuri dari kuburan pada zaman itu, sehingga Kaisar Claudius, yang bertahkta dari tahun 41-54 M., mengeluarkan sebuah titah yang mewajibkan hukuman maut bagi orang yang merusak kubur, mencuri mayat, atau membuka segel di batu penutup kubur.1369 Dalam budaya mereka, orang harus dikuburkan secara layak. Maria tidak mau membayangkan buruknya kalau mayat Tuhan Yesus diambil oleh musuh.
Hagelberg: Yoh 20:3 - -- 20:3 Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur.
Ayat ini memberi kesan bahwa mereka segera berangkat.1370
Hagelberg: Yoh 20:3 - -- 20:3 Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur.
Ayat ini memberi kesan bahwa mereka segera berangkat.1370
Hagelberg: Yoh 20:4 - -- 20:4 Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur.
Mungkin Yoh...
20:4 Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur.
Mungkin Yohanes lebih muda, tetapi hal itu tidak dapat dipastikan.
Hagelberg: Yoh 20:4 - -- 20:4 Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur.
Mungkin Yoh...
20:4 Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur.
Mungkin Yohanes lebih muda, tetapi hal itu tidak dapat dipastikan.
Hagelberg: Yoh 20:5 - -- 20:5 Ia menjenguk1371 ke dalam,1372 dan melihat kain kapan1373 terletak di sana;1374 akan tetapi ia tidak masuk ke dalam.
Di pintu kubur Tuhan Yesus, ...
20:5 Ia menjenguk1371 ke dalam,1372 dan melihat kain kapan1373 terletak di sana;1374 akan tetapi ia tidak masuk ke dalam.
Di pintu kubur Tuhan Yesus, Yohanes ragu-ragu atau bingung. Dia tidak menjelaskan sebabnya, tetapi sikap itu dapat dimaklumi. Mungkin dia takut masih ada orang jahat yang menyembunyikan diri di dalamnya. Mungkin dia takut masuk kubur orang.
Hagelberg: Yoh 20:5 - -- 20:5 Ia menjenguk1371 ke dalam,1372 dan melihat kain kapan1373 terletak di sana;1374 akan tetapi ia tidak masuk ke dalam.
Di pintu kubur Tuhan Yesus, ...
20:5 Ia menjenguk1371 ke dalam,1372 dan melihat kain kapan1373 terletak di sana;1374 akan tetapi ia tidak masuk ke dalam.
Di pintu kubur Tuhan Yesus, Yohanes ragu-ragu atau bingung. Dia tidak menjelaskan sebabnya, tetapi sikap itu dapat dimaklumi. Mungkin dia takut masih ada orang jahat yang menyembunyikan diri di dalamnya. Mungkin dia takut masuk kubur orang.
Hagelberg: Yoh 20:6 - -- 20:6 Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di sana,
Sesuai dengan sifatnya, Simon...
20:6 Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di sana,
Sesuai dengan sifatnya, Simon Petrus tidak takut. Sama seperti Yohanes di luar, di dalam Petrus dapat melihat kain kapan itu. Dalam Lukas 24:12 kita membaca bahwa dia melihat kain kapan itu. Kemudian dia pergi, dan "bertanya dalam hatinya apa yang kiranya telah terjadi."
Hagelberg: Yoh 20:6 - -- 20:6 Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di sana,
Sesuai dengan sifatnya, Simon...
20:6 Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di sana,
Sesuai dengan sifatnya, Simon Petrus tidak takut. Sama seperti Yohanes di luar, di dalam Petrus dapat melihat kain kapan itu. Dalam Lukas 24:12 kita membaca bahwa dia melihat kain kapan itu. Kemudian dia pergi, dan "bertanya dalam hatinya apa yang kiranya telah terjadi."
Hagelberg: Yoh 20:7 - -- 20:7 sedang kain peluh1375 yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah ...
20:7 sedang kain peluh1375 yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung.
Tampaknya rincian-rincian ini mengenai letaknya kedua kain itu penting bagi Yohanes, tetapi dia tidak menjelaskan kepentingan itu. Mungkin dia hanya hendak melaporkan secara rinci apa yang dia sendiri lihat di kubur kosong itu, karena kepentingan kebangkitan Kristus dan kesaksian.
Mungkin kain peluh dan kain kapan masih berada dalam bentuk dan tempat yang semula, dan tidak berubah bentuk ataupun tempat pada waktu Tuhan Yesus bangkit dari dalamnya, tetapi ayat 6-7 tidak mengatakan hal itu dengan jelas.
Apa yang dilihat oleh Simon Petrus membuktikan bahwa mayat Tuhan Yesus tidak dicuri. Pencuri-pencuri tidak meninggalkan kain peluh ataupun kain kapan rapih tergulung.1376 Keadaan ini juga dapat dibandingkan dengan kebangkitan Lazarus, yang masih terikat dengan kain kapan. Lazarus bangkit, tetapi harus mati lagi. Kebangkitan Tuhan Yesus berbeda. Pada waktu Tuhan Yesus bangkit, Dia mempunyai tubuh kebangkitan, dan tidak akan mengalami maut lagi. Lazarus perlu ditolong untuk keluar dari kain kapan itu, tetapi Tuhan Yesus tidak perlu pertolongan orang lain. Tampaknya Dia membuka kain peluh yang tadinya ada di kepala, melipat atau menggulungkannya, dan menaruhnya di bangku, karena tidak diperlukan lagi.
Hagelberg: Yoh 20:7 - -- 20:7 sedang kain peluh1375 yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah ...
20:7 sedang kain peluh1375 yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung.
Tampaknya rincian-rincian ini mengenai letaknya kedua kain itu penting bagi Yohanes, tetapi dia tidak menjelaskan kepentingan itu. Mungkin dia hanya hendak melaporkan secara rinci apa yang dia sendiri lihat di kubur kosong itu, karena kepentingan kebangkitan Kristus dan kesaksian.
Mungkin kain peluh dan kain kapan masih berada dalam bentuk dan tempat yang semula, dan tidak berubah bentuk ataupun tempat pada waktu Tuhan Yesus bangkit dari dalamnya, tetapi ayat 6-7 tidak mengatakan hal itu dengan jelas.
Apa yang dilihat oleh Simon Petrus membuktikan bahwa mayat Tuhan Yesus tidak dicuri. Pencuri-pencuri tidak meninggalkan kain peluh ataupun kain kapan rapih tergulung.1376 Keadaan ini juga dapat dibandingkan dengan kebangkitan Lazarus, yang masih terikat dengan kain kapan. Lazarus bangkit, tetapi harus mati lagi. Kebangkitan Tuhan Yesus berbeda. Pada waktu Tuhan Yesus bangkit, Dia mempunyai tubuh kebangkitan, dan tidak akan mengalami maut lagi. Lazarus perlu ditolong untuk keluar dari kain kapan itu, tetapi Tuhan Yesus tidak perlu pertolongan orang lain. Tampaknya Dia membuka kain peluh yang tadinya ada di kepala, melipat atau menggulungkannya, dan menaruhnya di bangku, karena tidak diperlukan lagi.
Hagelberg: Yoh 20:8 - -- 20:8 Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya.
Dia yang lebih cepat berlari, lebih pela...
20:8 Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya.
Dia yang lebih cepat berlari, lebih pelan memasuki kubur, juga lebih cepat percaya. Yohanes menceritakan keadaan hati sendirinya. Dia mengerti secara persis kapan dia percaya. Dia percaya bahwa Tuhan Yesus tidak dimusnahkan di kayu salib, dan bahwa Dia bangkit dan mengalahkan maut.1377 Pada saat itu dia mengerti bahwa apa yang tampaknya merupakan akhir kisah sebenarnya menjadi permulaan dari kisah Tuhan Yesus dan Kerajaan-Nya.
Dapat dikatakan bahwa dalam seluruh Injil Yohanes hanya dalam satu ayat ini Yohanes bermegah. Dia bermegah bahwa dia yang pertama untuk sadar, mengerti, dan percaya bahwa Tuhan Yesus bangkit. Kemegahan itu dapat dimaklumi mengingat Yeremia 9:24 yang berkata, "tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku...." Murid-murid yang percaya karena mereka melihat Tuhan Yesus, sedangkan lebih dahulu Yohanes percaya karena dia melihat kubur yang kosong, dan kain kapan itu. Dia boleh bermegah.
Kubur yang kosong menjadi bukti yang berguna sampai sekarang. Jika Dia tidak mati dan bangkit dari kubur itu, yaitu jika Dia masih hidup, tetapi menyamarkan diri-Nya, para pemimpin Yahudi pasti mencari Dia dan membuktikan bahwa berita Kristen itu hanya bohong. Ataupun jika Dia mati, dan tidak bangkit, para pemimpin Yahudi pasti mencari mayat-Nya dan membuktikan bahwa berita Kristen itu bohong. Mereka tidak dapat membuktikan apa-apa, karena Dia yang sungguh mati di kayu salib, telah bangkit, dan tidak ada mayat di manapun.
Kubur yang kosong juga amat penting karena memungkinkan harapan Kristen yang diberitakan dalam 1 Korintus 15 dan 1 Tesalonika 4:13-18. Mayat Tuhan Yesus diubahkan menjadi tubuh kebangkitan-Nya.1378
Beberapa penafsir berpendapat bahwa Yohanes melambangkan gereja-gereja bukan Yahudi, sedangkan Petrus melambangkan gereja-gereja Yahudi, dan ada saingan antara Yohanes dan Petrus. Pendapat itu kurang tepat. Dalam keempat Injil Yohanes dan Petrus adalah sahabat, bukan saingan, dan tidak jelas mengapa seorang Yahudi seperti Yohanes menjadi lambang gereja-gereja bukan Yahudi.1379
Hagelberg: Yoh 20:8 - -- 20:8 Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya.
Dia yang lebih cepat berlari, lebih pela...
20:8 Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya.
Dia yang lebih cepat berlari, lebih pelan memasuki kubur, juga lebih cepat percaya. Yohanes menceritakan keadaan hati sendirinya. Dia mengerti secara persis kapan dia percaya. Dia percaya bahwa Tuhan Yesus tidak dimusnahkan di kayu salib, dan bahwa Dia bangkit dan mengalahkan maut.1377 Pada saat itu dia mengerti bahwa apa yang tampaknya merupakan akhir kisah sebenarnya menjadi permulaan dari kisah Tuhan Yesus dan Kerajaan-Nya.
Dapat dikatakan bahwa dalam seluruh Injil Yohanes hanya dalam satu ayat ini Yohanes bermegah. Dia bermegah bahwa dia yang pertama untuk sadar, mengerti, dan percaya bahwa Tuhan Yesus bangkit. Kemegahan itu dapat dimaklumi mengingat Yeremia 9:24 yang berkata, "tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku...." Murid-murid yang percaya karena mereka melihat Tuhan Yesus, sedangkan lebih dahulu Yohanes percaya karena dia melihat kubur yang kosong, dan kain kapan itu. Dia boleh bermegah.
Kubur yang kosong menjadi bukti yang berguna sampai sekarang. Jika Dia tidak mati dan bangkit dari kubur itu, yaitu jika Dia masih hidup, tetapi menyamarkan diri-Nya, para pemimpin Yahudi pasti mencari Dia dan membuktikan bahwa berita Kristen itu hanya bohong. Ataupun jika Dia mati, dan tidak bangkit, para pemimpin Yahudi pasti mencari mayat-Nya dan membuktikan bahwa berita Kristen itu bohong. Mereka tidak dapat membuktikan apa-apa, karena Dia yang sungguh mati di kayu salib, telah bangkit, dan tidak ada mayat di manapun.
Kubur yang kosong juga amat penting karena memungkinkan harapan Kristen yang diberitakan dalam 1 Korintus 15 dan 1 Tesalonika 4:13-18. Mayat Tuhan Yesus diubahkan menjadi tubuh kebangkitan-Nya.1378
Beberapa penafsir berpendapat bahwa Yohanes melambangkan gereja-gereja bukan Yahudi, sedangkan Petrus melambangkan gereja-gereja Yahudi, dan ada saingan antara Yohanes dan Petrus. Pendapat itu kurang tepat. Dalam keempat Injil Yohanes dan Petrus adalah sahabat, bukan saingan, dan tidak jelas mengapa seorang Yahudi seperti Yohanes menjadi lambang gereja-gereja bukan Yahudi.1379