![](images/minus.gif)
Teks -- Kejadian 2:16-25 (TB)
![](images/arrow_open.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
![](images/arrow_open.gif)
![](images/information.gif)
![](images/cmt_minus_head.gif)
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Kej 2:16 - TUHAN ALLAH MEMBERI PERINTAH INI KEPADA MANUSIA.
Nas : Kej 2:16
Sejak awal sejarah umat manusia terikat dengan Allah melalui iman
dan ketaatan kepada Firman-Nya sebagai kebenaran mutlak.
1) H...
Nas : Kej 2:16
Sejak awal sejarah umat manusia terikat dengan Allah melalui iman dan ketaatan kepada Firman-Nya sebagai kebenaran mutlak.
- 1) Hidup melalui iman dan ketaatan diberikan sebagai prinsip pengatur di dalam hubungan Adam dengan Allah di taman Eden. Adam diingatkan bahwa dia akan mati jikalau melanggar kehendak Allah dan memakan buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat (ayat Kej 2:17). Ancaman kematian ini harus diterima dengan iman berdasarkan firman Allah karena Adam belum melihat kematian manusia.
- 2) Perintah Allah (ayat Kej 2:16-17) diberikan kepada Adam sebagai ujian moral. Perintah itu menempatkan di hadapannya suatu pilihan yang tegas dan sengaja untuk percaya dan taat, atau tidak percaya dan tidak menaati kehendak Penciptanya.
- 3) Selama Adam mempercayai firman Allah dan taat, dia akan terus
memiliki hidup kekal dan hubungan yang bahagia dengan Allah
(lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
Jikalau dia berdosa karena tidak taat, dia akan menuai bencana moral dan kematian (ayat Kej 2:17).
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Kej 2:18 - PENOLONG ... YANG SEPADAN DENGAN DIA.
Nas : Kej 2:18
Wanita diciptakan untuk menjadi rekan yang mengasihi dan menolong
laki-laki. Selaku rekan ia harus bersama-sama menanggung tanggung ...
Nas : Kej 2:18
Wanita diciptakan untuk menjadi rekan yang mengasihi dan menolong laki-laki. Selaku rekan ia harus bersama-sama menanggung tanggung jawab laki-laki dan bekerja sama dengannya dalam memenuhi maksud Allah bagi kehidupan laki-laki dan keluarga mereka
(lihat cat. --> Ef 5:22;
[atau ref. Ef 5:22]
lih. Mazm 33:20; 70:6; 115:9, di mana istilah "penolong" dipakai juga
untuk menggambarkan Allah).![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Kej 2:24 - MENINGGALKAN AYAHNYA DAN IBUNYA.
Nas : Kej 2:24
Sejak semula Allah menetapkan pernikahan dan kesatuan keluarga
sebagai lembaga pertama dan paling penting di bumi
(lihat c...
Nas : Kej 2:24
Sejak semula Allah menetapkan pernikahan dan kesatuan keluarga sebagai lembaga pertama dan paling penting di bumi
(lihat cat. --> Kej 1:28).
[atau ref. Kej 1:28]
Rencana Allah bagi pernikahan adalah satu orang laki-laki dan satu orang wanita yang menjadi "satu daging" (yaitu, bersatu secara jasmaniah dan rohani). Arahan ini menolak perzinaan, poligami, homoseksualitas, kehidupan tidak bermoral, dan perceraian yang tidak alkitabiah (Mr 10:7-9;
lihat cat. --> Mat 19:9).
[atau ref. Mat 19:9]
Dalam bahasa Ibrani kata untuk laki-laki adalah ISH.
![](images/cmt_minus.gif)
Dalam bahasa Ibrani kata untuk perempuan adalah ISHA.
Jerusalem: Kej 2:17 - pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat Pengetahuan itu merupakan milik khusus Allah. Dengan berbuat dosa manusia berusaha merebut hal itu bagi dirinya, Kej 3:5,22. Yang dimaksudkan dengan p...
Pengetahuan itu merupakan milik khusus Allah. Dengan berbuat dosa manusia berusaha merebut hal itu bagi dirinya, Kej 3:5,22. Yang dimaksudkan dengan pengetahuan itu bukanlah pengetahuan akan segala-galanya yang tidak lagi dimiliki manusia setelah berdosa. Tidak dimaksudkan pula kemampuan membeda-bedakan baik dan jahat di bidang kesusilaan. Kemampuan itu sudah dimiliki manusia sebelum berdosa dan tidak dapat tidak diberikan kepada makhluk yang berakal. Pengetahuan itu harus diartikan sebagai kemampuan untuk sendiri menentukan apa yang baik dan apa yang jahat, lalu berlaku sesuai dengan penentuan itu. Jadi pada pokoknya pengetahuan itu berakhir bahwa manusia menuntut otonomi di bidang kesusilaan. Dengan demikian manusia ingin meniadakan kedudukannya sebagai makhluk, bdk Yes 5:20, dan merebut kedudukan Allah. Maka dosanya pada pokoknya dosa kesombongan. Pemberontakan manusia terhadap Penciptanya secara kongkrit diungkapkan sebagai pelanggaran suatu perintah Allah yang dilambangkan oleh buah yang terlarang itu
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Kej 2:17 - pastilah engkau mati Rumus yang sama dipakai dalam hukum yang mengancamkan hukuman mati. Tidak perlu bahwa setelah memakan buah terlarang itu manusia mati seketika juga. T...
Rumus yang sama dipakai dalam hukum yang mengancamkan hukuman mati. Tidak perlu bahwa setelah memakan buah terlarang itu manusia mati seketika juga. Ternyata Adam dan Hawa hidup terus. Hukuman mati yang disebut dalam Kej 3:16-19 tidak lain kecuali kematian pada akhir hidup yang malang dan bersengsara. Dosa yang dilambangkan dengan makan buah terlarang patut mendapat hukuman mati; ayat ini tidak mengatakan lebih dari itu, bdk Kej 3:3.
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Kej 2:18 - penolong baginya Kisah mengenai diciptakannya perempuan, Kej 2:18-24, agaknya berasal dari sebuah tradisi tersendiri. Dalam Kej 2:16 manusia ialah laki-laki dan peremp...
Kisah mengenai diciptakannya perempuan, Kej 2:18-24, agaknya berasal dari sebuah tradisi tersendiri. Dalam Kej 2:16 manusia ialah laki-laki dan perempuan, dan demikianpun halnya dalam Kej 3:24 dan Kej 5:1-3 yang melanjutkan Kej 2:17. Maka dapat disimpulkan bahwa Allah memberikan perintahNya kepada laki-laki maupun kepada perempuan.
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Kej 2:21 - daging Kata Ibrani basar (daging) sehubungan dengan manusia dan binatang pertama-tama berarti gumpal urat-urat, Kej 41:2-4; Kej 4:7; Ayu 2:5. Tetapi kata bas...
Kata Ibrani basar (daging) sehubungan dengan manusia dan binatang pertama-tama berarti gumpal urat-urat, Kej 41:2-4; Kej 4:7; Ayu 2:5. Tetapi kata basar berarti juga seluruh tubuh, Bil 8:7; 1Ra 21:27; 2Ra 6:30 lalu hubungan darah, Kej 2:23; 29:14; 37:27, malahan seluruh umat manusia dan segala makhluk yang berhayat (segala yang hidup), Kej 6:17,19; Maz 136:25; Yes 40:5-6. Jiwa, Nefesy, Kej 2:7+; Maz 6:5+, atau nyawa, ruah, Kej 6:17+, menjiwai daging, biarpun tidak ditambah kepadanya, dan menjadikan hidup. tetapi kata basar sering juga khususnya menunjuk kefanaan dan kelemahan manusia, Kej 6:3; Maz 56:5; Yes 40:6; Yer 17:5. Lambat laun disadari bahwa kedua segi pada manusia itu sedikit banyak berlawanan satu sama lain, Maz 78:39; Pengk 12:7; Yes 31:3, bdk juga Wis 8:19; 9:15+. Bahasa Ibrani tidak mempunyai sebuah kata yang berarti: tubuh. Dalam Perjanjian Baru kekurangan itu diatasi dengan kata Yunani soma yang dipakai di samping kata sarks (daging), bdk Rom 7:5+; Rom 7:24+.
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Kej 2:22 - dari rusuk....dibangunNyalah Ungkapan ini mengungkapkan hubungan yang mempersatukan laki-laki dan perempuan, Kej 2:23. Hubungan itu menjadi dasar persatuan mereka dalam perkawinan...
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Kej 2:23 - perempuan Dalam teks Ibrani ada permainan kata antara isysya (perempuan) dan isy (laki-laki).
Dalam teks Ibrani ada permainan kata antara isysya (perempuan) dan isy (laki-laki).
Ende: Kej 2:19 - -- Menurut anggapan kuno, nama menentukan kodrat sesuatu, kedudukan serta fungsinja
dialam tertjipta. Bahwa manusia menentukan nama-nama machluk lain-lai...
Menurut anggapan kuno, nama menentukan kodrat sesuatu, kedudukan serta fungsinja dialam tertjipta. Bahwa manusia menentukan nama-nama machluk lain-lainnja, berarti bahwa manusia oleh Tuhan ditempatkan diatas machluk-machluk itu.
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Kej 2:22 - -- Gambaran ini maksudnja mengutarakan kesatuan dan kesedjadjaran antara pria dan
wanita. Tiada machluk lain suatupun jang pantas mendjadi teman hidup ma...
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Kej 2:23 - -- 'issja = wanita; 'isj = pria. Pasangan kata-kata inipun menekankan, bahwa pria
dan wanita adalah seimbang dan ditjiptakan untuk bersatu dalam perkawin...
'issja = wanita; 'isj = pria. Pasangan kata-kata inipun menekankan, bahwa pria dan wanita adalah seimbang dan ditjiptakan untuk bersatu dalam perkawinan monogam.
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Kej 2:17 - yang jahat // engkau mati · yang jahat: Kej 3:11,17
· engkau mati: Kej 3:1,3; 5:5; 9:29; Ul 30:15,19; Yer 42:16; Yeh 3:18; Rom 5:12; Rom 5:12; Rom 6:23; Rom 6:2...
· yang jahat: Kej 3:11,17
· engkau mati: Kej 3:1,3; 5:5; 9:29; Ul 30:15,19; Yer 42:16; Yeh 3:18; Rom 5:12; [Lihat FULL. Rom 5:12]; Rom 6:23; [Lihat FULL. Rom 6:23]
![](images/cmt_minus.gif)
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Kej 2:19 - binatang hutan // di udara // yang diberikan // tiap-tiap makhluk · binatang hutan: Mazm 8:8
· di udara: Kej 1:20; Kej 1:20
· yang diberikan: Kej 1:5; Kej 1:5
· tiap-tiap makhluk: Kej 1:24...
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Kej 2:23 - dari dagingku // akan dinamai // dari laki-laki · dari dagingku: Kej 29:14; Ef 5:28-30
· akan dinamai: Kej 1:5; Kej 1:5
· dari laki-laki: 1Kor 11:8
· dari dagingku: Kej 29:14; Ef 5:28-30
· akan dinamai: Kej 1:5; [Lihat FULL. Kej 1:5]
· dari laki-laki: 1Kor 11:8
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Kej 2:24 - dan bersatu // satu daging · dan bersatu: Mal 2:15
· satu daging: Mat 19:5%&; Mr 10:7-8%&; 1Kor 6:16%&; Ef 5:31%&
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Kej 2:25 - keduanya telanjang · keduanya telanjang: Kej 3:7,10-11; Yes 47:3; Rat 1:8
· keduanya telanjang: Kej 3:7,10-11; Yes 47:3; Rat 1:8
![](images/cmt_minus_head.gif)
buka semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry: Kej 2:16-17 - Pohon Pengetahuan tentang yang Baik dan yang Jahat Pohon Pengetahuan tentang yang Baik dan yang Jahat (Kejadian 2:16-17)
Amatilah di sini,
I. Kewibawaan Allah atas manusia sebagai makhluk ya...
![](images/cmt_minus.gif)
Matthew Henry: Kej 2:18-20 - Penolong yang Sepadan Penolong yang Sepadan (Kejadian 2:18-20)
Di sini terdapat,
I. Sebuah contoh perihal kepedulian Sang Pencipta terhadap manusia dan juga perha...
![](images/cmt_minus.gif)
Matthew Henry: Kej 2:21-25 - Pembentukan Hawa; Perkawinan Dilembagakan Pembentukan Hawa; Perkawinan Dilembagakan (Kejadian 2:21-25)
Di sini diceritakan tentang,
I. Dijadikannya perempuan untuk menjadi penolong y...
SH: Kej 2:4-17 - Bukan budak, tetapi juga tidak untuk bermanja-manja (Sabtu, 1 Februari 2003) Bukan budak, tetapi juga tidak untuk bermanja-manja
Seperti kemarin, perbandingan antara wawasan dari narasi
penciptaan di kitab Kejadian dengan...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Kej 2:4-17 - Pribadi yang diciptakan (Kamis, 3 April 2008) Pribadi yang diciptakan
Kisah penciptaan kedua ini mengambil pendekatan yang berbeda. Kisah
penciptaan ini memperlihatkan fokus Allah pada manusia...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Kej 2:8-25 - Harmoni dalam ciptaan (Rabu, 5 Januari 2011) Harmoni dalam ciptaan
Urutan penciptaan alam semesta memperlihatkan betapa tingginya hikmat Allah. Sebelum menciptakan benda-benda langit, terlebih d...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Kej 2:8-25 - Makhluk Pekerja (Sabtu, 21 April 2018) Makhluk Pekerja
Dalam bacaan ini, kita menemukan cerita penciptaan yang berbeda dari Kejadian 1. Di sini, manusia diciptakan pertama kali (Kej 2:7). ...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Kej 2:8-25 - Pernikahan yang Dikehendaki Allah (Sabtu, 20 April 2024) Pernikahan yang Dikehendaki Allah
Pernikahan bukan sekadar ikatan komitmen, melainkan inisiatif Allah bagi manusia sejak masa penciptaan.
Allah tahu...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Kej 2:18-25 - Mengapa harus ada dua gender? (Minggu, 2 Februari 2003) Mengapa harus ada dua gender?
Mungkin pertanyaan ini pernah terbersit di benak Anda yang telah
merasakan "dinamika" hubungan antara pria dan wan...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Kej 2:18-25 - Diciptakan setara (Jumat, 4 April 2008) Diciptakan setara
Bila dalam kisah penciptaan pertama secara konseptual sudah
dijelaskan bahwa pria dan wanita diciptakan setara sebagai
ga...
Utley -> Kej 2:15-17; Kej 2:18-25
Utley: Kej 2:15-17 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 2:15-1715 TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu...
![](images/cmt_minus.gif)
Utley: Kej 2:18-25 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 2:18-2518 TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, ya...
Topik Teologia: Kej 2:16 - -- Umat Manusia Pada Umumnya
Manusia Diciptakan dengan Kuasa Pemilihan
Mereka Membuat Pilihan Seturut dengan Pengalaman Personal
K...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Kej 2:17 - -- Dosa
Asal Usul Dosa
Dosa Bermula di Bumi Bersama dengan Adam dan Hawa
Ujian bagi Adam dan Hawa
Kej 2:16-17
Eskato...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Kej 2:18 - -- Umat Manusia: Wanita
Wanita sebagai Ciptaan Allah
Wanita adalah Penolong Pria
Kej 2:18,20-22 1Ko 11:7-9
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Kej 2:19 - -- Umat Manusia Pada Umumnya
Mereka Membuat Pilihan Seturut dengan Pengalaman Personal
Kej 2:16 Kej 2:19 Kej 13:5-12 Kej 27:5-10 Kej 3...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Kej 2:20 - -- Umat Manusia Pada Umumnya
Tempat Umat Manusia Pada Urutan Penciptaan
Manusia Dalam Relasinya dengan Makhluk Ciptaan Lain
Manusia a...
![](images/cmt_minus.gif)
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Kej 2:22 - -- Umat Manusia: Wanita
Wanita sebagai Ciptaan Allah
Istri Menjadi Satu Daging dengan Suaminya
Kej 2:22-24 Mat 19:5-6
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Kej 2:23 - -- Umat Manusia: Wanita
Wanita adalah Ciptaan Allah yang Khusus
Kej 2:21-25 Mat 19:4 Mar 10:6
Istri Menjadi Satu Daging dengan...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Kej 2:24 - -- Wahyu Allah
Wahyu Khusus
Pandangan Yesus Atas Perjanjian Lama
Kristus Menyatakan Inspirasi Perjanjian Lama
Perjanjian La...
![](images/cmt_minus.gif)