Resource > 1000 Jawaban >  Kehidupan dan Kematian Yesus > 
Bagian B 
 769. Pada tanggal berapa dan musim apakah Juruselamat kita lahir?
sembunyikan teks

Menurut para ahli yang terkemuka pada zaman modern maupun banyak orang lain pada waktu-waktu sebelumnya, kelahiran Kristus terjadi empat tahun sebelum apa yang dikenal sebagai permulaan zaman kekristenan. Dionisius Exiguus, seorang biarawan yang hidup tahun 526 Masehi dan membuat perhitungan yang mendasari kalender Kristen, telah lama diakui bahwa ia keliru sejauh 4 tahun ketika menetapkan tanggal kelahiran Yesus. Bagaimanapun, tanggal tersebut tidak penting, sejauh itu mempengaruhi misi atau karakter Kristus, walaupun itu telah menjadi pokok diskusi selama berabad-abad. Tidak ada kesepahaman mengenai tanggal, dalam Gereja Kristen purba, demikian pula mengenai musimnya. Klemens dari Aleksandria menganggap 20 Mei sebagai tanggal kelahiran itu, sementara yang lain menganggap 20 April. Penyusun kronologi zaman modern mempunyai berbeda pendapat, ada yang berpendapat bahwa kemungkinan bulan Juni atau Juli (ketika ladang-ladang menjadi kuning karena menantikan hujan yang belum turun) adalah waktunya; Lightfoot menyebut bulan September, Lardnern dan Newcomb menganggap bulan Oktober, Strong menganggap bulan Agustus, dan Andrews dan banyak lainnya menganggap antara pertengahan Desember, tahun 749, dengan pertengahan Januari, tahun 750 (penetapan tanggal sesudah Roma didirikan). Para sejarawan gereja dan tradisi popular menetapkan tanggal pada 25 Desember. Satu petunjuk ditemukan melalui fakta bahwa Zakharia sedang memimpin upacara di Bait Allah ketika malaikat memberitahukan kepadanya mengenai anaknya, Yohanes Pembaptis, yang akan lahir. Diketahui bahwa pelayanan Abia, di mana Zakharia termasuk sedang melayani di Bait Allah pada bulan Oktober tahun itu. Petunjuk lain ialah fakta bahwa para gembala sedang berada di padang, yang sangat mungkin terjadi dalam bulan Desember ketimbang bulan Juni, di mana bulan Juni ini merupakan bulan yang alternatif.

 770. Adakah gambar Kristus yang otentik?
sembunyikan teks

Barangkali yang paling tua dan paling otentik ialah ukiran batu permata (cameo), yang dilaporkan dibuat pada masa pemerintahan Tiberius, tetapi sekarang itu mungkin tidak ada lagi. Gambar Kristus yang dibuat para seniman besar adalah karya ideal paling bagus yang dapat dicapai oleh manusia. Ary Scheffer membuat gambar mulia dan ilahi dari Kristus yang sedih; Raphael melukis gambar Kristus yang tenang; Da Vinci membuat gambar Kristus yang penuh kekuatan; sementara gambar Kristus yang menderita dengan mahkota duri di kepala dibuat oleh Guido Reni, Quentin Matsys, Rembrandt, Titian, 'Correggio dan Albert Diirer; Munkacsy melukis Kristus sebagai orang pertapa, dan gambar-gambar terkemudian dari aliran-aliran Belanda, Perancis, Spanyol dan Inggris. Masing-masing seniman telah memberikan kepada dunia konsepsinya yang paling tinggi menurut standar dari bangsanya. Tetapi, wajah sebenarnya dari sang Juruselamat, yang agung dengan kesempurnaan kuasa dan kemuliaan, namun lembut tak terlukiskan, penuh kasih dan kepedulian telah mengelak mereka semua. Melalui nubuatnya Nabi Yesaya memberikan gambaran nubuat sekilas tentang Dia yang akan datang (53:2).

 771. Mengapa para seniman menggambarkan Yesus dan murid-murid-Nya dengan posisi duduk waktu mengadakan Perjamuan Tuhan (Perjamuan Kudus), sementara semua penulis sakral mengatakan kebiasaan pada zaman Itu ialah berbaring menghadap meja?
sembunyikan teks

Konsepsi-konsepsi artistik memang sangat bervariasi berkaitan dengan pokok ini. Beberapa pelukis tampaknya telah membuang bentuk-bentuk dan kebiasaan-kebiasaan Timur, agar menghasilkan gambar yang tidak begitu aneh, namun tidak kurang berkesan menurut pandangan orang-orang sebangsanya. Ada beberapa orang, seperti Tissot, mengikuti standar-standar Timur. Para pelukis Itali telah menunjukkan kepada kita pemandangan Perjamuan Terakhir dengan suasana Itali klasik. Sementara para pelukis Jerman, Belanda dan Inggris masing-masing memberikan penafsiran nasional mereka tentang pokok ini. Mereka melukis untuk bangsa dan zaman mereka, dan kecuali mereka telah bermanfaat mengunjungi dan mempelajari budaya Timur, maka mereka tidak mungkin berbuat lain. Tampaknya ketepatan dianggap kurang penting dibanding ideal yang indah dan mulia.

 772. Apakah Yesus ketika masih bayi seperti bayi lain pada umumnya, ataukah Dia mengetahui segala sesuatu?
sembunyikan teks

Sulit jika tidak mungkin untuk memahami penyatuan hal yang ilahi dengan yang manusiawi dalam sifat Kristus. Dia tidak mungkin seperti bayi biasa, karena karakter ilahi pasti berkuasa di dalam Dia bahkan pada masa bayi. Tetapi, bahwa Dia mengetahui segala sesuatu dalam pengertian pengetahuan sekular tidak dapat dipercaya. Sebenarnya, Lukas menyatakan secara jelas (Luk. 2:52) bahwa dia bertambah dalam hikmat-Nya. Bahkan sesudah Dia memulai pelayanan-Nya Dia mengakui diri-Nya tidak mengetahui segala sesuatu (Mrk. 13:32). Keilahian-Nya pasti dibatasi oleh lingkungan jasmaninya.

 773. Bukti apakah yang berasal dari luar Alkitab mengenai eksistensi Yesus Kristus?
sembunyikan teks

Sejumlah sejarawan terkemuka, baik bangsa Yahudi maupun Romawi, menyebut tentang Yesus dalam tulisan-tulisan mereka. Tacitus, yang hidup pada abad pertama menulis "sekte ini (orang Kristen) datang dari Yudea dan didirikan oleh Yesus Kristus, yang mati disalib." Suetonius, sejarawan Romawi, yang menulis tentang kehidupan para kaisar, menyebut sekte yang dipimpin seorang yang bernama Kristus. Penulis ini walaupun musuh dari kekristenan, tetap mengakuinya. Lucan, yang hidup menjelang akhir abad pertama, menyebut tentang orang-orang Kristen dan menerangkan kepercayaan mereka. Dia memberi tahu kita mengenai "semua orang besar yang datang dari Yudea, Guru mereka yang disalibkan itu memiliki filsafat dan ajaran lebih tinggi dari semua orang sebelum Dia." Satu pujian yang sangat bagus dari seorang kafir! Yosefus, yang paling besar di antara sejarawan Yahudi, menulis sekitar pertengahan abad pertama, dia mengatakan, "Sekarang, kira-kira pada masa ini, Yesus, orang yang penuh hikmat - jika dibenarkan untuk menyebut Dia manusia - sebab Dia telah melakukan banyak keajaiban, guru dari orang-orang yang telah menerima kebenaran." Lebih jauh, dia menceritakan khotbah-Nya, hukuman pengadilan-Nya, penyaliban dan kebangkitan-Nya, dan merujuk kepada nubuat-nubuat mengenai Dia yang digenapi dalam semua hal ini. Jadi, di luar Firman yang Kudus telah ditegaskan tentang kehidupan Yesus di bumi.

 774. Dalam pengertian apakah Yesus dapat dianggap sebagai keturunan Daud?
sembunyikan teks

Anda akan memperhatikan ada perbedaan dalam daftar nenek moyang Yesus, antara catatan Matius dengan catatan Lukas. Matius mencatat bahwa ayah Yusuf adalah Yakub (Mat. 1:16). Lukas mengatakan (Luk. 3:23) ayah Yusuf adalah Eli. Kita tidak dapat menganggap salah satunya keliru. Dikemukakan hal yang masuk akal bahwa Eli adalah ayah Maria, dan Yusuf sebenarnya adalah anak menantu, bukan anak kandung. Bangsa Yahudi mengikuti silsilah dari garis keturunan laki-laki, yang mungkin menjelaskan kenapa nama Yusuf yang dimasukkan, bukan nama Maria. Jika benar penjelasan ini, maka yang dilaporkan Lukas ialah nenek moyang Maria. Bahwa Maria menyertai Yusuf ke Betlehem untuk sensus tampaknya mengandung arti bahwa, sebagaimana Yusuf, Maria pun dapat menuntut bahwa ia adalah keturunan Daud.

 775. Ayat mana dalam Alkitab yang bisa ditunjukkan sebagai penegasan paling jelas dan kuat bahwa Kristus adalah Allah?
sembunyikan teks

Dalam Yohanes 10:30 Kristus mengatakan, "Aku dan Bapa adalah satu." Inilah penegasan-Nya yang tak bersyarat bahwa Dia dan sang Bapa adalah satu. Dia juga berdoa kepada sang Bapa dengan kata-kata ini, "Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada" (Yoh. 17:5). Rasul Yohanes dalam Injilnya mengawali catatannya tentang Kristus dengan kata-kata yang dipakai Musa untuk memperkenalkan Allah. "Pada mulanya Allah," demikian catatan Musa. "Pada mulanya adalah Firman," demikian Rasul Yohanes menulis, lalu menambahkan, "Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah." Kita mengenal Firman ini sebagai Kristus, seperti kita baca dalam Yohanes 1:14, "Firman itu telah menjadi manusia." Penulis Surat Ibrani menyatakan bahwa Allah menjadikan dunia melalui Anak-Nya dan kepada sang Anak Dia berfirman, "Takhta-Mu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya" (1:8). Dan lagi, "Pada mulanya, ya Tuhan, Engkau telah meletakkan dasar bumi, dan langit adalah buatan tanganMu" (1:10). Ketika Paulus menulis kepada jemaat di Roma, dia berkata mengenai Kristus yang "ada di atas segala sesuatu ... Ia adalah Allah yang harus dipuji sampai selama-lamanya" (9:5).

 776. Bagaimana Yesus menghabiskan masa kecilNya?
sembunyikan teks

Yang kita ketahui tentang masa kecil Yesus ialah yang diceritakan Alkitab. Tetapi, banyak tulisan tradisional tentang pokok itu, kurang lebihnya adalah tulisan yang direkam dalam kitab-kitab apokrif, namun cerita-cerita ini kurang memiliki anti penting. Kehidupan Yesus di Nazaret, walaupun tenang, dan tak terkenal dan diceritakan para penulis Injil hanya dalam beberapa baris, namun pasti merupakan persiapan bagi pekerjaan besar sesudahnya. Walaupun kehidupan Yesus "pasti selalu ditandai dengan kerohanian-Nya yang lebih unggul, namun dalam sifat kemanusiaan-Nya pasti ada perkembangan bertahap seperti manusia lainnya, seandainya tidak demikian mereka (masyarakat) pasti tidak akan menganggap Dia mengherankan, sebagaimana terbukti sesudahnya. Tahun demi tahun berlalu dan tetap melihat Dia bekerja keras setiap hari, sebab waktu-Nya belum tiba," demikian yang ditulis Dr. Geikie. Terbukti dalam banyak hal, bahkan pada masa kecil-Nya pun Yesus memiliki keyakinan yang khas mengenai sifat ilahi-Nya, dan bahwa hal-hal ini berkembang sejalan waktu, sampai masanya telah matang bagi Dia untuk mulai melayani di depan umum.

 777. Apakah orang-orang Yahudi, atau orang-orang Romawi pada waktu itu bertanggung jawab atas kematian Kristus?
sembunyikan teks

Pada saat yang khusus itu orang-orang Yahudi tidak diizinkan menjatuhkan hukuman mati. Sesudah itu, sebagaimana dalam kasus Stefanus, mereka menjatuhkan hukuman mati dengan cara merajamnya. Bagaimanapun, tanggung jawab mereka tidak disangsikan. Pilatus tidak ingin membunuh Yesus. Orang-orang Yahudi membuat posisi Pilatus sulit secara teknis dengan mencela Yesus sebagai saingan dari Kaisar. Seandainya dia tidak mau menghukum Yesus, maka orang Yahudi - sebagaimana ancaman mereka secara terbuka - akan mengadukan dia kepada Kaisar. Dia dapat dengan mudah membersihkan dirinya dari tuduhan seperti itu, tetapi ada persoalan lain dalam kariernya, yang tidak begitu mulus akan berhadapan dengan pemeriksaan, dan wajar hal-hal ini akan dikutip seandainya orang Yahudi hendak mendakwa dia. Pilatus dengan enggan menyetujui hukuman mati itu, karena tekanan orang Yahudi, dan karenanya walaupun eksekusi sebenarnya dilakukan oleh orang-orang Romawi, namun orang-orang Yahudi yang bertanggung jawab.

 778. Adakah cara untuk menyelaraskan perbedaan narasi yang diceritakan para penulis Injil mengenai dua penyamun yang disalib bersama Yesus, di mana Matius dan Markus menceritakan dua-duanya mencela Kristus, sedangkan Lukas menceritakan salah satu penyamun mene
sembunyikan teks

Agustinus serta lainnya, yang membicarakan pokok itu (sebab kesulitan itu sudah menjadi perhatian berabad-abad lalu), mengemukakan bahwa penyamun yang menyesal itu tidak mencela Kristus. Mereka menganggap Matius dan Markus mempunyai kebiasaan menggunakan bentuk jamak dari sebuah kata, padahal yang betul ialah bentuk tunggal, dan mereka menunjukkan contoh-contoh lain dari kebiasaan itu. Matius 26:8; Markus 14:4 dibandingkan dengan Yohanes 12:4 ialah salah satunya. Di sisi lain, kemungkinan bahwa dua penyamun itu mencela Kristus, tetapi pemandangan kemurahan hati dan kesabaran dalam penderitaan sangat mempengaruhi salah satu penyamun itu, sehingga ketika kematian sudah dekat dia menyesal. Dari ekspresi permohonannya, kita juga bisa menyimpulkan bahwa sebelum itu dia menerima ajaran - apakah dari Kristus atau murid-murid-Nya - yang masih diingatnya sampai menjelang mati, dan mempengaruhi hatinya atau kehidupannya.

 779. Siapakah yang oleh Tuhan dianggap sebagai murid yang paling utama?
sembunyikan teks

Yohanes disebut sebagai "murid yang dikasihi Yesus" (Yoh. 13:23; 21:7, 20). Sang Juruselamat menyerahkan Maria kepada pemeliharaan Yohanes, sementara Dia tergantung di kayu salib (lih. Yoh. 19:26, 27). Bagaimanapun, banyak yang menganggap Petrus mempunyai semangat memimpin kelompok itu.

 780. Apakah Yesus bertumbuh karena pengalaman?
sembunyikan teks

Sebagai manusia, Kristus secara sukarela tunduk pada beberapa keterbatasan manusiawi tertentu. Dalam banyak hal Dia serupa dengan sesama-Nya, namun tanpa dosa. Lukas secara jelas menyatakan (2:52) bahwa dia makin bertambah dalam hikmat. Dia mengenakan kemanusiaan pada diri-Nya sesuai kondisi (syarat-syarat) hidup manusia, di antaranya kebutuhan akan pendidikan seperti remaja lain. Kita dapat membayangkan bahwa jika pada masa remaja-Nya Dia sadar akan keilahianNya, maka kehidupan manusia pasti sangat asing bagi-Nya. Pengalaman saja dapat memberi pencerahan kepada-Nya dan kenyataan itulah yang secara khusus menjadikan Dia pantas sebagai Imam Besar, yang dapat ikut merasakan kelemahan-kelemahan kita. Di padang gurun Dia menghadapi pencobaan manusiawi. Dalam mengatasi cobaan berat dengan mengenakan tubuh manusiawi dia merasakan penderitaan manusia saat dicobai, karenanya Dia "bertambah dalam pengalaman" memperoleh kuasa untuk menolong orang-orang yang dicobai.

 781. Apakah maksud dari empat puluh hari puasa yang dijalani Kristus?
sembunyikan teks

Tidak lama sesudah pembaptisan-Nya oleh Yohanes, maka Roh Kudus membawa Yesus ke padang gurun. Dia baru saja menerima pengakuan lahiriah mengenai misi-Nya dan kekuasaan-Nya, dan kini Dia harus mempersiapkan pelayanan yang lebih memasyarakat dengan menyediakan waktu untuk berdoa, berpuasa dan merasakan pengalaman rohani lebih dalam serta persekutuan dengan sang Bapa. Sebenarnya, itu merupakan pentahbisan yang lebih tinggi, seandainya itu mungkin terjadi. Selama empat puluh hari itu "rencana dan masa depan pelayanan-Nya pasti selalu di hadapan-Nya". Tidak ditemukan tempat lain dalam Alkitab di mana kita dapat menyimpulkan bahwa Dia tidak selalu sadar akan garis besar misi-Nya, walaupun bentuk lengkap maupun rinciannya hanya mungkin menjadi jelas sementara pekerjaan itu dilangsungkan.

 782. Apakah Yesus ada di bumi dan di surga pada saat bersamaan?
sembunyikan teks

Ayat dalam Yohanes 3:13 harus dipahami dalam konteks ayat sebelumnya. Yesus telah memberitahukan hal-hal duniawi kepada para pendengarnya, tetapi mereka tidak percaya. Apakah mereka akan percaya jika Dia memberitahukan hal-hal surgawi kepada mereka? Namun, pengetahuan surgawi seperti itu hanya bisa ditunjukkan oleh Oknum yang telah ada di surga, sebab tidak seorang pun yang pernah naik ke surga lalu kembali menunjukkan pengetahuan seperti itu, dan tidak seorang pun dapat mengetahui hal-hal ini, kecuali dia telah turun dari surga, yaitu Anak Manusia. Banyak ahli pada zaman purba menghilangkan empat kata terakhir dari ayat itu, "yang ada di surga" ("who is in heaven") sebab mereka menganggapnya sebagai kata-kata yang disisipkan di kemudian hari, karenanya mereka menganggapnya tidak penting dan cenderung mengacaukan teks itu.

 783. Apakah ada pengampunan bagi orang-orang yang mengeksekusi Yesus?
sembunyikan teks

Kata-kata Yesus, "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat" (Luk. 23:34), diucapkan ketika orang-orang yang mengeksekusi-Nya menyelesaikan tugas mereka yang mengerikan. Tetapi, doa itu tidak terbatas bagi mereka saja, melainkan mencakup semua yang telah mengambil bagian di dalamnya, sebab sesudah itu rasul dapat mengatakan dengan kebenaran, "kalau sekiranya mereka mengenalnya, mereka tidak akan menyalibkan Tuhan yang mulia" (I Kor. 2:8). Masih menurut pengertian yang lebih luas, doa tersebut merupakan penggenapan nubuat tentang Kristus dalam Yesaya 53:12. Dunia ini pada zaman apa pun, berhutang banyak pada perkataan doa ini. Kita tidak berhak menyangsikan kebenaran doa Yesus itu, bahwa apa yang dilakukan oleh orang-orang yang fanatik dan tersesat ini karena kebebalan dan kemarahan mereka, semestinya tidak dijadikan dasar untuk mendakwa mereka pada pertanggungjawaban terakhir.

 784. Apakah mungkin mencocokkan dua silsilah Kristus yang dilaporkan oleh Matius maupun Lukas?
sembunyikan teks

Banyak upaya telah dilakukan ke arah, itu dan beberapa hipotesis yang telah dikemukakan masuk akal. Satu hipotesis dari Dr. Barrett, yang diterima oleh sejumlah sarjana, menyatakan bahwa Matius memberikan silsilah Yusuf, sementara Lukas mencatat silsilah Maria. Suami istri dari suku yang sama - sampai tingkat tertentu - pasti mempunyai nenek moyang yang sama dalam garis silsilah mereka. Sesudah melalui banyak riset Dr. Barrett menemukan bahwa bangsa Yahudi - dalam menelusuri keturunan si perempuan - memiliki kebiasaan untuk menganggap (mengatakan) suami perempuan itu sebagai anak laki-laki dari ayah si perempuan, padahal sebenarnya dia adalah anak menantu. Jadi, Lukas mengatakan Eli sebagai ayah dari Yusuf, padahal sebenarnya dia adalah ayah Maria dan bapak mertua Yusuf. Jika teori ini benar, maka silsilah Yesus dapat ditelusuri melalui garis keturunan Maria sampai Daud dan Abraham. Bahwa tidak ada cacat di dalamnya kita bisa memastikan itu, jika tidak maka bangsa Yahudi tentu akan menunjukkan itu pada saat Yesus mengaku diri-Nya Mesias. Bahwa soal ini tidak pernah dibicarakan selama hidup-Nya atau selama ratusan tahun sesudah kematian-Nya itu adalah masalah kesejarahan.

 785. Apakah Allah pernah berbicara kepada Yesus seperti kepada Musa, Abraham, Yakub dan yang lain?
sembunyikan teks

Pada waktu pembaptisan Yesus, sang Bapa bersabda kepadaNya: "Engkaulah Anak yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan" (Luk. 3:22; Mrk. 1:11). Ucapan-ucapan ketika Yesus dipermuliakan (Mrk. 9:7; Luk. 9:35) tampaknya bukan ditujukan kepada Kristus sendiri, melainkan kepada murid-murid. [Dalam kisah Matius tentang pembaptisan itu digunakan bentuk yang sama (Mat. 3:17).] Tetapi, apa pun bentuk komunikasi Yesus dengan sang Bapa, itu sama sekali berbeda dengan yang dimiliki manusia. Tidak seorang pun dapat mengatakan, seperti yang Dia katakan, "Aku dan Bapa adalah satu" (Yoh. 10:30), atau yang lebih mengejutkan, "Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa" (Yoh. 14:9). Kita mengetahui Yesus mempunyai persekutuan yang lama dengan sang Bapa. Pesan-pesan mistis dan indah apa yang disampaikan di antara mereka melalui kebaktian-kebaktian doa, hanya membuat kita ingin tahu. Kita mengetahui Dia sebenarnya selalu mempunyai persekutuan dengan sang Bapa, sebab Dia berkata, "Ia tidak membiarkan Aku sendiri" (Yoh. 8:29). Hanya ketika peristiwa penyaliban, maka persekutuan sempurna ini terganggu. Dari kesedihan yang dalam yang dinyatakan dalam seruan saat penyaliban itu Dia telah memohon kelepasan, "Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?" (Mrk. 15:34).

 786. Siapakah Yusuf, ayah angkat Yesus, Tuhan kita?
sembunyikan teks

Ada banyak tradisi mengenai Yusuf, ayah angkat sang Juruselamat. Salah satu tradisi yang umumnya diakui oleh para penulis Kristen mula-mula ialah bahwa dia benar-benar sudah tua ketika bertunangan dengan Maria, dan dari perkawinan sebelumnya dia mempunyai empat anak laki-laki dan dua anak perempuan. Epiphanius menyebutkan hal ini, dan Theophylact dan Eusebius memberikan rincian lebih lanjut, dan bahwa istri Yusuf tersebut adalah janda dari saudara laki-lakinya, Kleopas, yang meninggal tanpa keturunan. Kemudian Yusuf mengawininya untuk menggenapi hukum Yahudi kuno. Nicephorus menyebut istri pertama Yusuf itu Salome. Semua pernyataan yang berasal dari para bapa gereja mula-mula ini ditemukan dalam injil-injil apokrif, dan khususnya dalam Protevangelium of St. James, yang diduga ditulis oleh seorang Yahudi Kristen dalam abad kedua, kemudian itu dirujuk oleh Origenes, Klemens dari Aleksandria dan Yustinus Martin dalam tulisan-tulisan mereka. Alkitab tidak menceritakan apa-apa tentang mereka. Perlu ditambahkan bahwa Hieronimus, dan beberapa ahli terkemuka, berpendapat bahwa "saudara-saudara Tuhan kita" yang diceritakan dalam Injil-injil adalah saudara sepupu-Nya, dan bahwa Yusuf tidak menikah sebelum pernikahannya dengan Maria.

 787. Pada waktu makan apakah Yesus memulai Perjamuan Kudus?
sembunyikan teks

Ada banyak diskusi tentang waktu makan di mana Yesus memulai Perjamuan Kudus. Apakah itu Perjamuan Paskah, menurut hukum bangsa Yahudi. Tiga Kitab Injil yang pertama menunjukkan bahwa disediakan kamar tamu (ruangan atas) menurut cara-cara mereka yang datang dari jauh untuk melakukan upacara itu. Tiga penulis Injil menyatakan bahwa "mereka mempersiapkan Paskah," dan Yesus sendiri menyebutnya "makan Paskah ini" (Luk. 22:15, 16). Sesudah mengucap syukur Dia membagikan cawan pertama, dan ketika perjamuan itu berakhir biasanya ada "cawan berkat" dan satu kidung rohani dinyanyikan, barangkali bagian terakhir dari Hallel. Bagaimanapun, Injil Yohanes rupanya menyatakan bahwa Perjamuan Kudus itu berlangsung sebelum hari raya Paskah orang Yahudi (Yoh. 13:1, 2). Dalam Yohanes 19:14, ketika Tuhan kita ada di hadapan Pilatus dan akan dibawa ke Kalvari, kita diberi tahu bahwa itu adalah "persiapan" Paskah, dan lagi sesudah penyaliban (ay. 31), orang-orang Yahudi cemas sebab waktu itu masih "persiapan." Selanjutnya, hukum dari Keluaran 12:22 mengatakan tidak seorang pun boleh keluar pintu rumahnya sampai pagi hari sesudah perjamuan Paskah, walaupun hukum ini mungkin tidak dipakai lagi.' Lightfoot, ahli terkemuka, menyatakan bahwa perjamuan itu diadakan dua hari sebelum hari raya Paskah orang Yahudi, sedang Bengel berpendapat bahwa perjamuan itu dimakan sore hari sebelum Paskah. Soal ini terbuka untuk kemungkinan-kemungkinan tersebut, dan karena para penafsir mempunyai pendapat-pendapat yang bertentangan, hal itu mungkin terus berlanjut demikian.

 788. Berapakah nilai sekarang dari tiga puluh keping perak yang membuat Yudas mengkhianati sang Juruselamat?
sembunyikan teks

Tiga puluh syikal perak diperkirakan sama dengan $ 20, satu syikal berharga 62 sen dolar. Tiga puluh syikal sama dengan 120 dinar, dan satu dinar adalah upah kerja satu hari. Daya beli uang itu sekarang barangkali sepuluh kali nilainya pada zaman kuno.

 789. Apakah ada sensus oleh pemerintah Romawi atas daerah Yudea ketika Yesus lahir?
sembunyikan teks

Bagian Lukas 2:1-3, yang mula-mula begitu sering dikutip kelompok kritikus Alkitab tertentu sebagai "kesalahan besar" sejarawan Injil, telah mendapat penegasan tak terduga pada tahun-tahun belakangan ini. Sebelumnya ada pernyataan bahwa sensus Romawi atas Yudea murni adalah karangan belaka dan bahwa Kirenius adalah sebuah mitos. Tetapi kini, para sejarawan dan penggali telah menemukan bahwa seluruh bagian yang telah menyebabkan banyak perdebatan adalah fakta yang harfiah. Sir William Ramsay, arkeolog ternama, sementara melakukan penggalian di Antiokhia Pisidia (Asia Kecil) pada tahun 1912-13, menemukan tulisan-tulisan (inskripsi) yang menyatakan bahwa Kirenius adalah nama gubernur Siria pada zaman kedatangan Kristus. Selanjutnya, telah dibuktikan oleh penyelidikan yang cermat terhadap sumber-sumber sejarah kuno bahwa penguasa Roma mengadakan sensus rutin setiap empat belas tahun, dan bahwa di bawah hukum yang berlaku setiap orang pada waktu tertentu dalam tahun itu harus datang secara pribadi mendaftarkan diri di kota asalnya.

 790. Apa yang terjadi selanjutnya dengan Lazarus dan anak laki-laki janda di Nain sesudah mereka dibangkitkan dari antara orang mati?
sembunyikan teks

Tidak ada catatan otentik. Menurut sebuah tradisi tua, disebut oleh Epiphanius bahwa Lazarus yang berumur tiga puluh tahun ketika dibangkitkan dari kematian, hidup selama tiga puluh tahun lagi setelah itu. Sebuah kisah yang beredar mengatakan bahwa dia bersama Maria dan Marta melakukan perjalanan ke Provence di Perancis, dan memberitakan Injil di Marseilles. Tidak diceritakan lebih lanjut mengenai pokok kebangkitan di Nain itu.

 791. Mengapa upacara Perjamuan Kudus lebih banyak mendapatkan tekanan, sementara mengenai pembasuhan kaki sedikit sekali ditekan?
sembunyikan teks

Karena orang-orang lebih menghormati roh daripada huruf. Pada zaman Kristus hal membasuh kaki adalah ekspresi yang lazim dari keramahtamahan yang dilakukan oleh seorang hamba. Ketika Yesus sendiri membasuh kaki murid-murid-Nya, Dia mengambil posisi seorang hamba. Perintah tersebut ditaati siapa pun yang ingin memberikan pelayanan dengan rendah hati kepada saudaranya demi Kristus. Firman mengenai Perjamuan Kudus, "kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang" (I Kor. 11:26), cukup menjelaskan mengapa peringatan kasih ini tetap dilaksanakan.

 792. Mengapa tidak ada catatan serentak tentang pelayanan Yesus di hadapan umum?
sembunyikan teks

Sudah pasti banyak orang yang agak heran mengapa tidak ada catatan serentak tentang pelayanan Yesus di depan umum. Penulis-penulis tertentu berpendapat bahwa di antara para pengikut langsung Yesus pada awal pelayanan-Nya tidak menyadari tujuan seperti itu, walaupun sesudah pelayanan itu berkembang dan secara lebih khusus mendekati. akhirnya, maka masuk akal untuk mengasumsikan bahwa beberapa murid-Nya mungkin menyimpan catatan-catatan - yang kurang lebih terpisah-pisah - mengenai tokoh ini. Yohanes, pada bagian akhir Injilnya (21:24, 25), mengatakan secara khas "dialah murid, yang memberi kesaksian tentang semuanya ini dan yang telah menuliskannya." Keempat penulis Injil membuat catatan, walaupun tidak diketahui kapan, dan Hieronimus menyatakan bahwa Theophilus menyusun catatan-catatan ini menjadi satu karya yang harmonis. Kitab-kitab Injil yang kita miliki sekarang harus ditelusuri terutama pada ajaran-ajaran lisan (tradisi oral) para rasul sebagai sumber asli mereka; artinya, ajaran-ajaran itu diberitakan secara lisan sebelum bentuknya yang tertulis diwujudkan. Itu adalah zaman tradisi lisan (ajaran lisan), bukan berbentuk tulisan. Dalam Lukas 1:1-4, terdapat isyarat sangat jelas bahwa upaya awal telah dilakukan - barangkali tidak lama sesudah kenaikan Tuhan Yesus ke surga - untuk menyatakan pelayanan Kristus itu dalam bentuk formal, dan fakta-fakta tersebut telah diceritakan oleh para saksi mata dan para pelayan (murid-murid), yang sangat kenal kejadian-kejadian itu sejak Yesus mulai melayani di depan umum. Westcott menulis: "Selama para saksi pertama itu masih hidup, selama ajaran (tradisi) Injil diteguhkan oleh kesaksian-kesaksian mereka: ketika mereka meninggal ajaran-ajaran itu sudah dibakukan dalam bentuk tulisan."

 793. Keajaiban apa yang pernah dilakukan Yesus ketika masih kanak-kanak?
sembunyikan teks

Para penulis Injil mengabaikan masa kecil Yesus, mereka hanya memberikan keterangan sederhana mengenai ketaatan, kecerdasan dan kesucian-Nya yang memikat kasih sayang orang yang mengenal-Nya (Luk. 2:40, 50, 51). Tidak ada catatan otentik untuk menunjukkan bahwa dia melakukan mukjizat-mukjizat pada masa kecil-Nya, walaupun Gereja Katolik Roma melestarikan tradisi-tradisi tertentu untuk tujuan itu.

 794. Apakah nubuat-nubuat Perjanjian Lama mengenal Kristus digenapi?
sembunyikan teks

Ya, sebagaimana akan terlihat dengan membandingkan ayat-ayat berikut:

Sebagai Anak Allah, Mazmur 2:7; digenapi, Lukas 1:32, 35.

Sebagai Keturunan seorang perempuan, Kejadian 3:15; digenapi Galatia 4:4.

Sebagai Keturunan Abraham, Kejadian 17:7; digenapi Galatia 3:16.

Sebagai Keturunan Ishak, Kejadian 21:12; digenapi Ibrani 11:17-19.

Sebagai Keturunan Daud, Mazmur 132:11; digenapi Kisah Para Rasul 13:23; Roma 1:3.

Kedatangan-Nya pada waktu yang ditentukan, Kejadian 49:10; digenapi, Lukas 2:1.

Dilahirkan dari seorang perawan, Yesaya 7:14; digenapi Matius 1:18; Lukas 2:7.

Dinamakan Imanuel, Yesaya 7:14; digenapi, Matius 1:22.

Dilahirkan di Betlehem, Yudea, Mikha 5:2; digenapi, Matius 2:1; Lukas 2:4-6.

Orang-orang besar datang menyembah Dia, Mazmur 72:10; digenapi, Matius 2:1-11.

Dipanggil dari Mesir, Hosea 11:1; digenapi, Matius 2:15.

Didahului oleh Yohanes Pembaptis, Yesaya 40:3; digenapi, Matius 3:1-3.

Diurapi dengan Roh Kudus, Mazmur 45:8; digenapi Matius 3:16.

Permulaan pelayanan-Nya di Galilea, Yesaya 9:1, 2; digenapi, Matius 4:12-16.

Yesus memasuki Yerusalem disaksikan masyarakat banyak, Zakharia 9:9; digenapi, Matius 21:1-5.

Keadaan Yesus yang miskin, Yesaya 53:2; digenapi, Markus 6:3.

Kelembutan hati-Nya, Yesaya 42:2; digenapi, Matius 12:15.

Kesabaran dan belas kasihan-Nya, Yesaya 40:11; digenapi, Matius 12:15-20.

Kehidupan-Nya yang bersih dari tipu daya, Yesaya 53:9; digenapi, I Petrus 2:22.

Semangat-Nya, Mazmur 69:10; digenapi, Yohanes 2:17.

Cela yang ditanggung-Nya, Mazmur 22:7; digenapi, Roma 15:3.

Dikhianati oleh sahabat-Nya, Mazmur 41:10; digenapi, Yohanes 13:18-21.

Ditinggalkan oleh murid-murid-Nya, Zakharia 13:7; digenapi, Matius 26:31, 56.

Yesus dijual tiga puluh keping perak, Zakharia 11:12; digenapi, Matius 26:15.

Hasil penjualan diri-Nya dibelikan Tanah Tukang Periuk, Zakharia 11:13; digenapi, Matius 27:7.

Yesus dianggap sebagai pemberontak, Yesaya 53:12; digenapi, Markus 15:28.

Syafaat-Nya bagi para pembunuh-Nya, Yesaya 53:12; digenapi, Lukas 23:34.

Kematian-Nya, Yesaya 53:12; digenapi, Matius 27:50.

Bahwa tidak satu pun tulang-Nya dipatahkan, Keluaran 12:46; Mazmur 34:21; digenapi, Yohanes 19:33, 36.

Dia ditikam, Zakharia 12:10; digenapi, Yohanes 19:34, 37.

Kebangkitan-Nya, Mazmur 16:10; digenapi, Lukas, 24:6, 31, 34.

Kenaikan-Nya ke surga, Mazmur 68:19; digenapi, Lukas 24:51.

Yesus duduk di sebelah kanan Allah, Mazmur 110:1; digenapi, Ibrani 1:3.

 795. Apakah ada kuasa nyata pada air Kolam Siloam, ataukah itu hal takhayul?
sembunyikan teks

Pada cerita dalam Injil Yohanes pasal lima jelas dinyatakan ada kepercayaan yang populer bahwa kolam tersebut memiliki kuasa kesembuhan ketika air dari sumbernya yang tersembunyi bergoncang. Ini mungkin didasarkan takhayul atau tradisi (cerita yang diwariskan secara lisan) mengenai kolam itu. Tetapi, perlu diperhatikan bahwa Yesus (dalam Yohanes 5:6-8) tidak mengatakan apa-apa mengenai kuasa menakjubkan dari air kolam itu. Jika ada tradisi atau takhayul mengenai hal tersebut, Dia hanya mengesampingkannya dan menyembuhkan penderita sakit yang lemah di mana dia terbaring. Dalam kasus mengenai pengemis buta di pinggir Kolam Siloam (Yohanes 9) sering ada salah pengertian dalam pikiran pembaca. Yesus tidak menyuruh orang buta itu membasuh dirinya dalam kolam lebih dahulu, melainkan mengoles matanya dengan adukan tanah dan ludahNya, kemudian menyuruh dia membasuh diri di kolam itu - untuk membersihkan matanya dari tanah bercampur air ludah, yang dengan jamahan ilahi maka mukjizat kesembuhan matanya terjadi.

 796. Dari mana asal-usul kebiasaan membebaskan orang hukuman pada hari raya, seperti diceritakan dalam Matius 27:15?
sembunyikan teks

Sejarah sekular tidak menceritakan kebiasaan itu, tetapi mudah untuk melihat bagaimana itu telah muncul. Dalam suatu negeri yang dijajah, si penjajah berkepentingan meredakan kemarahan bangsa terjajah, dan seorang gubernur (wali negeri) yang ingin mencari kepopuleran akan menyenangkan mereka, pada waktu hari raya umum dia memberikan keringanan atau konsesi seperti itu. Pada umumnya, orang yang dimintakan pembebasan adalah pemimpin tertentu yang menjengkelkan pemerintah dengan mendukung perjuangan rakyat yang terjajah itu. Pemerintah Inggris beberapa kali berusaha menarik dukungan anggota-anggota parlemen Irlandia dengan membebaskan orang hukuman tertentu yang telah dipenjarakan karena menghasut dan tidak menyelesaikan hukumannya.

 797. Apakah kanak-kanak Yesus mengikuti sekolah seperti anak-anak biasa?
sembunyikan teks

Dari tiga puluh tahun pertama masa hidup-Nya sedikit saja yang dicatat, kecuali kunjungan-Nya ke Yerusalem bersama Yusuf dan Maria ketika Dia berusia dua belas tahun. Biasanya para orang tua anak Yahudi mengambil peran aktif untuk pendidikan awalnya. Seorang ayah wajib mengajar anaknya mengenai Hukum Taurat dan Kitab-kitab Suci lain, yang merupakan hal penting dalam pendidikan orang Yahudi. Sejarawan Yosefus menyatakan, bahwa pada usia empat belas tahun Yesus mempunyai pengetahuan mendalam tentang Hukum Taurat sehingga orang-orang terkemuka di kota itu ingin menanyakan pendapatNya. Tahun-tahun awal kehidupan Yesus, sesudah mendapatkan pelajaran dari Yusuf dan Maria, Dia tidak diragukan ikut masuk sekolah, sebagaimana anak-anak kecil lain di desa kecil Galilea.

 798. Selama ada di muka bumi apakah Yesus pernah menderita sakit?
sembunyikan teks

Catatan penuh ilham Allah tentang kehidupan Kristus memberi tahu kita bahwa Dia mengalami kelelahan. Tidak ada catatan bahwa Dia pernah jatuh sakit. Dalam Matius 8:17 kita membaca, "Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita." Keterangan jelas ditulis dalam Yesaya 53:4, "Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggung-Nya." Pada ayat 3 pasal yang sama kita membaca bahwa Dia akrab dengan kesengsaraan. Kata kesengsaraan-kesengsaraan itu dan kesengsaraan bisa diterjemahkan dengan penyakit-penyakit dan penyakit; benar-benar, tidak ada pernyataan dalam teks-teks itu bahwa Kristus menderita penyakit apa pun, sebagaimana pernyataan bahwa Dia menanggung dosa-dosa kita menyatakan bahwa ia telah berbuat dosa. Ketaatan-Nya pada semua hukum, termasuk untuk kesehatan, sudah pasti berfungsi untuk menjaga Dia tetap sehat.

 799. Siapakah nama tentara yang menyerang Tuhan kita dengan tombaknya?
sembunyikan teks

Menurut tradisi yang telah terpelihara dia bernama Longinus, seorang Romawi. Selanjutnya, tradisi menambahkan bahwa tombak itu dibawa oleh Yusuf Arimatea kepada Raja Pellam, yang sezaman dengan Yusuf, dan Balim, seorang biadab, merebut tombak itu dan melukai Pellam sampai hampir mati.

 800. Di manakah letak kandang dan palungan tempat Kristus lahir?
sembunyikan teks

Cerita dalam Lukas 2:7 tentang tempat kelahiran hina sang Juruselamat adalah satu-satunya yang kita ketahui mengenai keadaan nyata tempat kelahiran Juruselamat kita. Palungan itu diyakini berada di salah satu bangunan sebelah luar dari sebuah tempat penginapan. Kedatangan-Nya ke dalam dunia di Betlehem adalah ekspresi penggenapan nubuat dalam Mikha 5:2.

 801. Apakah Simon Kirene seorang berkulit putih atau hitam?
sembunyikan teks

Diyakini dia adalah orang asli Afrika, Utara, karenanya berkulit hitam, sebagaimana orang yang bertobat melalui pelayanan Filipus, sida-sida Etiopia, dan Apolos, seorang pengkhotbah besar dari Aleksandria. Sejarah awal kekristenan menyediakan banyak teladan terkenal mengenai orang-orang kulit berwarna, yang telah menderita dan mati demi iman. Onesimus, seorang yang paling setia di antara orang bertobat Paulus, barangkali orang berkulit hitam, dan banyak orang berkulit hitam memegang jabatan tinggi dalam Gereja Kristen Afrika zaman dulu, di mana seluruh penduduk negara-negara utara pada abad-abad permulaan beragama Kristen.

 802. Di mana roh Yesus selama tiga hari tubuh-Nya ada di dalam kubur?
sembunyikan teks

Alkitab sedikit sekali memberikan keterangan mengenai "Di mana roh Yesus berada selama tiga hari tubuh-Nya terbaring dalam kubur?" Para penulis abad permulaan dan banyak penulis terkemudian telah membicarakan pokok ini. Pengakuan iman mengatakan: "Dia turun ke alam maut" (tempat roh-roh orang meninggal). Beberapa teolog, Dean Alford di antaranya, ketika mendiskusikan ayat-ayat I Petrus 3:19, 20 berpendapat bahwa selama kurun waktu antara kematian dan kebangkitan-Nya, Kristus memberitakan karya penghabisan-Nya kepada roh-roh "yang di dalam penjara"; tetapi ayat-ayat itu misterius dan selalu membingungkan orang-orang yang meneliti Alkitab. Pada hari-hari permulaan Gereja Kristen ada beberapa tulisan mengenai pengakuan iman, untuk menggambarkan luapan sukacita orang-orang kudus dan para bapak beriman prakekristenan, karena Kristus membebaskan mereka dari dunia orang mati (Hades) dan membawa mereka ke Firdaus; tetapi tulisan-tulisan ini sejak lama telah dicap sebagai tidak masuk kanon dan bersifat apokrif.

 803. Mengapa Yesus, meskipun tidak mempunyai harta dan tidak melakukan perniagaan apa pun, dituntut membayar pajak?
sembunyikan teks

Dalam Matius 17:24 kita membaca bahwa pemungut bea Bait Allah datang kepada Petrus dan berkata: "Apakah gurumu tidak membayar bea ...?" Salinan The Revised Version menerjemahkan ayat tersebut sedemikian rupa untuk menunjukkan bea khusus yang disebut itu: "Dan ketika Yesus dan murid-muridNya tiba di Kapernaum, mereka yang menerima setengah syikal datang kepada Petrus dan berkata, 'Apakah gurumu' membayar setengah syikal itu?"' Sesudah membaca salinan ini kita mengerti persembahan atau bea yang disebut pemberian, dituntut oleh Hukum Musa kepada semua orang Yahudi yang sudah berusia dua puluh tahun untuk membiayai kegiatan pelayanan di Kemah Suci atau Bait Allah. Semua orang, tanpa melihat bisnis atau pekerjaan mereka wajib membayar pajak (bea) untuk tujuan-tujuan keagamaan. Tuhan kita sebagai orang Yahudi yang saleh juga membayar pajak (bea) ini untuk "menggenapkan seluruh kehendak Allah" (Mat. 3:15).

 804. Siapakah nama dua pencuri yang disalib bersama Kristus?
sembunyikan teks

Mengenai nama-nama mereka, sebagaimana yang dilestarikan oleh legenda dan tradisi, berbeda-beda menurut penulis-penulis berbeda, dan tidak ada catatan mutlak otentik mengenai pokok itu. Seorang penulis abad permulaan (dalam Injil Apokrif Nikodemus) memberikan nama Demas atau Dismas untuk pencuri yang bertobat, yang disalib di sebelah kanan sang Juruselamat, sementara yang tidak mau bertobat bernama Gestas. Bede memberi nama mereka masing-masing: Matha dan Joca, itu yang berlaku pada zamannya. Bagaimanapun, versi yang pertama telah terpelihara, dan dalam hagiologi (penelitian riwayat orang-orang suci) gereja-gereja Siria, Yunani dan Latin Dismas dikenal sebagai penjahat yang bertobat. Bengel menyatakan keyakinan bahwa Dismas adalah orang bukan Yahudi, sementara Gestas adalah orang Yahudi.

 805. Ranting tanaman apakah yang dipakai untuk membuat mahkota duri Yesus?
sembunyikan teks

Mahkota duri yang dikenakan pada pelipis Kristus diyakini adalah tanaman berspesies duri yang dikenal sebagai coppares spinosae. Beberapa penulis berpendapat itu mungkin tanaman yang dikenal sebagai "semak berduri dari selatan." Ada legenda bahwa Kaisar wanita Helena menemukan kembali mahkota duri dan melestarikannya sebagai peninggalan sakral. Beberapa risalat telah ditulis, tetapi tidak ada sesuatu yang pasti bisa dinyatakan.

 806. Dalam pengertian apakah Kristus adalah "raja"?
sembunyikan teks

Ketika Kristus berkata: "Ikutlah Aku," dan ketika Dia memberi tahu murid-murid-Nya, bahwa ujian terhadap kasih mereka kepada Dia ialah ketaatan mereka melakukan perintah-perintahNya, Dia mengambil sikap bahwa sekarang pun perintah itu tidak sepenuhnya dilaksanakan oleh orang-orang yang menyebut diri mereka Kristen. Kita begitu terbiasa mengatakan bahwa Yesus adalah sabar dan rendah hati, sehingga kita cenderung lupa betapa tingginya tuntutan yang dinyatakan oleh-Nya dan betapa tersiratnya ketaatan yang dituntut oleh Dia.

Kristus bersikukuh diri-Nya adalah Raja, dan akhirnya ketika kepada-Nya dikenakan jubah raja sebagai olok-olok, Dia tidak mengurangi tuntutannya-Nya sedikit pun, bahkan ketika Dia sedang memberi Pilatus alasan untuk menghukum mati diri-Nya. Dia sangat meyakini status raja yang dimiliki-Nya, dan dengan kemuliaan yang utuh Dia melaksanakan fungsi-fungsi dari jabatan raja tersebut.

Kristus adalah raja dalam pengertian menegakkan sebuah kerajaan. Dia mengumumkan Kerajaan Allah. Orang banyak mengejek Dia, tetapi Dia benar, dan tuntutan-Nya telah dibuktikan. Mereka pasti memahami Dia seandainya Dia mendirikan takhta-Nya - secara lahiriah - di Yerusalem dan menentang penguasa Romawi. Tetapi, betapa cita-cita-Nya lebih tinggi! Dia membayangkan (memikirkan) satu kerajaan yang meliputi semua bangsa dan mengatasi semua pemerintahan. Dia telah mendirikan sebuah kerajaan. Di seluruh dunia ditemukan orang-orang yang setia kepada kepala pemerintah mereka, warga negara yang baik dan orang-orang taat hukum, pada suatu hari akan berubah menjadi pemberontak jika tuntutan para kepala pemerintahan itu bertentangan dengan tuntutan Kristus. Bagi mereka Dia adalah Raja atas segala raja, dan kesetiaan mereka kepada-Nya mengalahkan semua.

Dia juga raja dalam pengertian undang-undang. Dia tidak mengajukan alasan atau menjelaskan. Kerajaan-Nya tidak memiliki batas-batas. Firman-Nya adalah "Aku berkata kepadamu." Dia mengharapkan ketaatan yang tidak goyah dan tidak bersyarat. Kasih sayang pribadi dan kesetiaan pribadi adalah prinsip-prinsip kerajaan-Nya. Orang bisa memiliki pengakuan iman yang berbeda-beda, bisa menyembah Dia dengan ritual berbeda, tetapi tidak boleh ada perpecahan, kesetiaan kepada Dia tidak boleh terbagi. Dia mengeluarkan perintah dan hanya jika kita taat, maka kita dapat mengajukan tuntutan yang benar untuk menyebut diri kita umat-Nya. Hanya dengan demikian kita dapat masuk kerajaan surga.

 807. Mengapa Yesus mengusir para penukar uang dari Bait Allah?
sembunyikan teks

Ketika Yesus mengusir para penukar uang dari halaman Bait Allah Dia memberikan alasannya dalam Matius 21:13, Markus 11:17. Mereka menajiskan dan merendahkan Bait Allah dengan barang dagangan mereka. Kegiatan-kegiatan mereka bersifat duniawi, dan tidak pantas mendapat tempat dalam rumah Tuhan.

 808. Berapa banyak anggur yang dibuat Yesus pada pesta perkawinan di Kana?
sembunyikan teks

Satu-satunya sumber informasi ialah kisah dalam Injil. Penulis Injil memperkirakan enam tempayan itu masing-masing berisi "dua atau tiga buyung." Buyung, menurut Dictionary of Classical Antiquities karangan Smith sama dengan 8 7/8 galon. Jadi, perkiraan para penulis Injil menunjukkan kepada kita isi masing-masing tempayan antara tujuh belas sampai dua puluh enam galon. Kita tidak diberitahu mengenai tempayan yang dibawa kepada pemimpin pesta. Itu barang kali sebuah kendi. Ada sebuah gambar kuno pada permukaan gading yang menceritakan keajaiban itu. Diyakini gambar itu dilukis tidak lebih kemudian dari abad ketujuh. Di sini tempayan-tempayan tersebut digambarkan sebagai tempayan batu yang lebar dan setinggi dada laki-laki yang sedang menciduk dari tempayan itu. Orang laki-laki itu memegang sebuah cawan yang tampaknya berisi 0,56 liter. Bagaimanapun, ini hanyalah konsepsi mengenai mukjizat itu menurut seniman yang hidup sekitar enam ratus tahun sesudah keajaiban itu terjadi.

 809. Apa pendapat orang-orang ternama, yang tidak dikenal sebagai orang Kristen yang aktif, mengenal Yesus?
sembunyikan teks

Napoleon Bonaparte mengungkapkan pandangan berikut mengenai Yesus: "Saya mengenal banyak orang, dan saya memberi tahu Anda Yesus Kristus bukan manusia. Pikiran dangkal melihat kesamaan antara Kristus dengan pendiri-pendiri kerajaan dan allah-allah dari agama-agama lain. Kemiripan itu tidak ada. Antara kekristenan dengan agama-agama lain ada jarak (perbedaan) tak terbatas. Aleksander Agung, Yulius Kaisar, Charlemagne dan saya sendiri telah mendirikan kerajaan. Tetapi, atas dasar apakah kita menyandarkan penciptaan kejeniusan kita? Pada kekuatan belaka. Hanya Yesus Kristus yang mendirikan kerajaan-Nya berdasarkan kasih; dan pada saat ini jutaan orang mau menyerahkan nyawanya bagi Dia. Pada setiap diri manusia betapa banyak ketidaksempurnaan! Tetapi, bukan pada diri Yesus. Sejak awal sampai akhir Dia tidak berubah: mulia dan utuh, teguh dan sabar tak terkira. Dia menawarkan kepada iman kita rangkaian misteri dan perintah penuh otoritas agar kita mempercayai itu semua, tanpa memberi alasan lain, kecuali perkataan luar biasa: "Akulah Allah." "Yesus adalah yang paling sempurna di antara semua manusia yang pernah ada," demikian kata Ralph Waldo Emerson, dan Thomas Carlyle menulis tentang diri-Nya, "Yesus adalah simbol paling ilahi yang kita miliki. Pikiran manusia yang lebih mulia pun belum bisa menyamainya. Sebuah simbol tentang karakter yang sungguh kekal, tak terbatas: yang arti pentingnya menuntut penyelidikan baru dan manifesto baru." Lord Byron menulis penghormatan ini: "Jika pernah ada manusia yang seperti Allah, atau Allah yang seperti manusia, Yesus Kristus memenuhi dua-duanya."

Rousseau, dalam tulisannya yang paling luar biasa menyatakan berikut ini: "Mungkinkah tokoh sama yang sejarahnya dimuat dalam Alkitab hanyalah seorang manusia? Di manakah manusia, di manakah filsuf, yang dapat hidup dan mati tanpa kelemahan dan tanpa pamer? Ketika Plato menggambarkan manusia yang benar menurut imajinasinya, sarat dengan hukuman karena kesalahan, namun demikian patut mendapat upah kebajikan tertinggi, dia sebenarnya menjelaskan tentang karakter Yesus Kristus. Betapa tak terbatas ketidakseimbangan (perbedaan) antara Anak Saphronisius dengan Anak Maria. Sokrates meninggal penuh kehormatan, dikelilingi murid-muridnya yang mendengarkan ucapan-ucapan paling lembut - kematian paling mudah yang diharapkan seseorang. Yesus mati dalam penderitaan, disertai aib, celaan, menjadi sasaran kutukan - cara kematian paling mengerikan yang pernah ditakuti oleh orang. Sesudah menerima cawan berisi racun, Sokrates memuji orang yang tidak dapat memberikan cawan itu kepadanya tanpa air mata; Yesus, sementara menanggung penderitaan hebat, mendoakan musuh-musuhnya yang paling sengit. Jika Sokrates hidup dan mati seperti seorang filsuf, Yesus hidup dan mati seperti Allah." Benjamin Disraeli, seorang Yahudi yang hebat dan jujur, memberikan penghormatan kepada Tuhan kita: "Mimpi-mimpi paling biadab tentang guru-guru mereka jauh melampaui. Tidakkah Yesus menaklukkan Eropa dan mengubah namanya menjadi kerajaan Kristen? Semua negara yang menolak salib menjadi pudar, dan masanya akan datang ketika banyak sekali negara dan begitu tak terhitung banyaknya dari Amerika dan Australia, menganggap Eropa seperti Eropa sekarang menganggap Yunani, dan heran bagaimana tempat yang kecil dapat mencapai perbuatan-perbuatan yang begitu luar biasa, akan menemukan musik dalam nyanyian-nyanyian Sion dan penghiburan dalam perumpamaan-perumpamaan dari Galilea."



TIP #13: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab dalam format PDF. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA