kecilkan semua  

Teks -- Imamat 2:1-16 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Korban sajian
2:1 "Apabila seseorang hendak mempersembahkan persembahan berupa korban sajian kepada TUHAN, hendaklah persembahannya itu tepung yang terbaik dan ia harus menuangkan minyak serta membubuhkan kemenyan ke atasnya. 2:2 Lalu korban itu harus dibawanya kepada anak-anak Harun, imam-imam itu. Setelah diambil dari korban itu tepung segenggam dengan minyak beserta seluruh kemenyannya, maka imam haruslah membakar semuanya itu di atas mezbah sebagai bagian ingat-ingatan korban itu, sebagai korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN. 2:3 Korban sajian selebihnya adalah teruntuk bagi Harun dan anak-anaknya, yakni bagian maha kudus dari segala korban api-apian TUHAN. 2:4 Apabila engkau hendak mempersembahkan persembahan berupa korban sajian dari apa yang dibakar di dalam pembakaran roti, haruslah itu dari tepung yang terbaik, berupa roti bundar yang tidak beragi, yang diolah dengan minyak, atau roti tipis yang tidak beragi, yang diolesi dengan minyak. 2:5 Jikalau persembahanmu merupakan korban sajian dari yang dipanggang di atas panggangan, haruslah itu dari tepung yang terbaik, diolah dengan minyak, berupa roti yang tidak beragi. 2:6 Korban itu harus dipotong-potong, lalu kautuangkanlah minyak ke atasnya; itulah korban sajian. 2:7 Jikalau persembahanmu merupakan korban sajian dari yang dimasak di dalam wajan, haruslah itu diolah dari tepung yang terbaik bersama-sama minyak. 2:8 Maka korban sajian yang diolah menurut salah satu cara itu haruslah kaupersembahkan kepada TUHAN, yakni harus disampaikan kepada imam, yang membawanya ke mezbah. 2:9 Kemudian imam harus mengkhususkan dari korban sajian itu bagian ingat-ingatannya lalu membakarnya di atas mezbah sebagai korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN. 2:10 Korban sajian selebihnya adalah bagian Harun dan anak-anaknya, yakni bagian maha kudus dari segala korban api-apian TUHAN! 2:11 Suatu korban sajian yang kamu persembahkan kepada TUHAN janganlah diolah beragi, karena dari ragi atau dari madu tidak boleh kamu membakar sesuatupun sebagai korban api-apian bagi TUHAN. 2:12 Tetapi sebagai persembahan dari hasil pertama boleh kamu mempersembahkannya kepada TUHAN, hanya janganlah dibawa ke atas mezbah menjadi bau yang menyenangkan. 2:13 Dan tiap-tiap persembahanmu yang berupa korban sajian haruslah kaububuhi garam, janganlah kaulalaikan garam perjanjian Allahmu dari korban sajianmu; beserta segala persembahanmu haruslah kaupersembahkan garam. 2:14 Jikalau engkau hendak mempersembahkan korban sajian dari hulu hasil kepada TUHAN, haruslah engkau mempersembahkan bulir gandum yang dipanggang di atas api, emping gandum baru, sebagai korban sajian dari hulu hasil gandummu. 2:15 Haruslah kaububuh minyak dan kautaruh kemenyan ke atasnya; itulah korban sajian. 2:16 Haruslah imam membakar sebagai ingat-ingatannya, sebagian dari emping gandumnya dan minyaknya beserta seluruh kemenyannya sebagai korban api-apian bagi TUHAN."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Harun a son of Amram; brother of Moses,son of Amram (Kohath Levi); patriarch of Israel's priests,the clan or priestly line founded by Aaron


Topik/Tema Kamus: Korban | Imam | Imamat, Kitab | Hukum Musa | Sembah, Persembahan | Sembah, Persembahan Makanan | Dupa | Madu | Garam | Roti Tak Beragi | Kemenyan | Roti | Ragi | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kel 35:1--Im 3:4 - INILAH FIRMAN YANG DIPERINTAHKAN. Nas : Kel 35:1-40:38 Pasal-pasal ini secara umum mengulang materi pasal Kel 25:1-31:18, kecuali di sini petunjuk-petunjuk yang diberikan kepada Mus...

Nas : Kel 35:1-40:38

Pasal-pasal ini secara umum mengulang materi pasal Kel 25:1-31:18, kecuali di sini petunjuk-petunjuk yang diberikan kepada Musa mengenai Kemah Suci dilaksanakan. Bagian ini dimaksudkan untuk menekankan bahwa sangat penting umat Allah menanggapi pengarahan-Nya dengan sungguh-sungguh dan menaatinya dengan tekun.

Full Life: Im 2:1 - KORBAN SAJIAN. Nas : Im 2:1 Korban sajian merupakan sebuah persembahan kepada Allah sebagai suatu tindakan penyembahan, yang melambangkan penyerahan hasil pekerja...

Nas : Im 2:1

Korban sajian merupakan sebuah persembahan kepada Allah sebagai suatu tindakan penyembahan, yang melambangkan penyerahan hasil pekerjaan seseorang kepada Allah. Dalam korban ini tersirat bahwa semua karya manusia harus dilakukan bagi Tuhan dan bahwa makanan sehari-hari harus diterima dengan ucapan syukur kepada-Nya (bd. 1Kor 10:31;

lihat cat. --> Kol 3:23).

[atau ref. Kol 3:23]

Full Life: Im 2:11 - JANGANLAH ... DARI RAGI ATAU DARI MADU. Nas : Im 2:11 Ragi atau madu dilarang di mezbah karena dipakai untuk membantu peragian. Peragian, yang membawa perubahan atau pembusukan, sering ka...

Nas : Im 2:11

Ragi atau madu dilarang di mezbah karena dipakai untuk membantu peragian. Peragian, yang membawa perubahan atau pembusukan, sering kali melambangkan kejahatan (lih. Kel 13:7;

lihat cat. --> Mr 8:15).

[atau ref. Mr 8:15]

Jerusalem: Im 1:1--7:38 - -- Bagian ini boleh diberi judul: "Tata Upacara Korban". Oleh kitab Imamat seluruh tata upacara itu dihubungkan dengan masa tinggalnya Israel di padang g...

Bagian ini boleh diberi judul: "Tata Upacara Korban". Oleh kitab Imamat seluruh tata upacara itu dihubungkan dengan masa tinggalnya Israel di padang gurun dan ditempatkan di bawah kewibawaan Musa. Pada kenyataannya bagian ini memang memuat beberapa aturan kuno tetapi juga sejumlah penetapan yang berasal dari zaman jauh kemudian dari masa Musa. Sesudah pembuangan barulah tata upacara ini disusun. Maka Ima 1:1-7 sebenarnya menyajikan tata upacara korban yang menjadi pegangan bagi ibadah yang diselenggarakan dalam bait Allah yang didirikan sesudah masa pembuangan Israel ke Babel. Mengenai ibadah suku-suku Israel yang sebagai Badui mengembara di gurun tidak banyak yang dapat diketahui. Nas-nas yang tua usianya hanya memberi petunjuk mengenai perayaan Paskah, bdk catatan pada Kel 12:1,23,39. Tata upacara terperinci yang disajikan Taurat oleh tradisi Kristen diartikan sebagai persiapan dan pralambang korban tunggal penebus, bdk Ibr 8 dst, dan sakramen-sakramen Gereja.

Jerusalem: Im 2:1-16 - -- Korban sajian bersama dengan persembahan hasil bumi pertama yang dianggap korban sajian juga, Ima 2:14-15, ialah suatu korban yang bahannya terdiri at...

Korban sajian bersama dengan persembahan hasil bumi pertama yang dianggap korban sajian juga, Ima 2:14-15, ialah suatu korban yang bahannya terdiri atas hasil bumi. Maka jelaslah korban ini berasal dari suatu bangsa yang menetap dan bertani. Di Israel korban itu mulai dipersembahkan setelah suku-suku Israel menetap di negeri Kanaan - Persembahan ukupan yang menyertai korban sajian adalah lazim pada bangsa-bangsa di sekitar Israel, khususnya pada bangsa Mesir. Dan korban ini barangkali lebih tua dari pada korban sajian. Korban sajian disamakan dengan korban bakaran dengan jalan membakar segenggam tepung yang disirami dengan minyak (zaitun) sebagai "korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi Tuhan", Ima 1:9+. Biasanya korban sajian itu dipersembahkan sebagai pelengkap korban berdarah. Kalau demikian korban sajian dilengkapi dengan korban curahan air anggur, bdk Ima 23:13; Kel 29:40; Bil 15:5,7.

Jerusalem: Im 2:3 - Bagian maha kudus Dibedakan: persembahan, barang kudus dan barang maha kudus. Barang maha kudus menguduskan (artinya: menjadikannya milik Allah sehingga tidak lagi bole...

Dibedakan: persembahan, barang kudus dan barang maha kudus. Barang maha kudus menguduskan (artinya: menjadikannya milik Allah sehingga tidak lagi boleh dipakai manusia) segala sesuatunya yang bersentuhan dengannya, Kel 29:37

Jerusalem: Im 2:11 - beragi Ragi sedikit banyak merubah keadaan alamiah bahan yang dipersembahkan kepada Allah. Dengan demikian bahan itu dicemarkan. Barangkali peraturan ini men...

Ragi sedikit banyak merubah keadaan alamiah bahan yang dipersembahkan kepada Allah. Dengan demikian bahan itu dicemarkan. Barangkali peraturan ini menentang apa yang lazim dalam ibadat penduduk Kanaan, bdk Ams 4:5.

Jerusalem: Im 2:13 - garam perjanjian Garam dianggap berdaya untuk mentahirkan, Yeh 16:4; 2Ra 2:20; Mat 5:13. Pada bangsa Asyur garam dipakai dalam ibadat. Suku-suku Badui memakainya dalam...

Garam dianggap berdaya untuk mentahirkan, Yeh 16:4; 2Ra 2:20; Mat 5:13. Pada bangsa Asyur garam dipakai dalam ibadat. Suku-suku Badui memakainya dalam perjamuan persahabatan, artinya perjamuan perjanjian. Dari adat itu berasallah ungkapan "garam perjanjian". Ungkapan itu menekankan kemantapan perjanjian Allah dengan umatNya.

Jerusalem: Im 2:14 - hulu hasil Persembahan hasil bumi pertama yang sejak dahulu kala dipersembahkan bdk Ula 26:1+, di sini dianggap korban sajian.

Persembahan hasil bumi pertama yang sejak dahulu kala dipersembahkan bdk Ula 26:1+, di sini dianggap korban sajian.

Ende: Im 1:1--7:38 - -- Dalam bagian pertama ini disadjikan peraturan mengenai pelbagai djenis kurban dan mengenai ibadah umat Allah (lihat pendahuluan hal IX-XI) Kurban-kurb...

Dalam bagian pertama ini disadjikan peraturan mengenai pelbagai djenis kurban dan mengenai ibadah umat Allah (lihat pendahuluan hal IX-XI) Kurban-kurban ini didjaman persiapan itu adalah alat dan djalan jang ditentukan Jahwe sendiri, supaja manusia dapat menghadapiNja dan dengan djalan itu memperoleh berkah ilahi serta mengambil bagian dalam kekudusan tuhan. Manusia sendiri tidak tahu dan tidak mampu pula membuat djalan itu. Maka dari itu Allah berdjandji sendiri menetapkan djalan itu. Meskipun tidak sedikit dari upatjara itu sesungguhnja diambil alih oleh agama Israil dari bangsa-bangsa lain, namun kesemuanja disahkan oleh Allah dan dengan demikian dibuatNja mendjadi bertenaga djuga. Kitab Sutji menghubungkan semua dengan Musa, bukan oleh sebab Musa sendiri (sebagai pengantar Allah)memberikan undang-undang itu, melainkan oleh sebab Musalah pendiri agama Israil jang sedjati. Apa jang dimaksudkan kurban Perdjandjian Lama jang bermatjam ragam itu diketemukan kembali dalam satu Kurban Perdjandjian Baru, jakni kurban Kristus, sebagaimana ditegaskan dalam surat kepada orang-orang Hibrani (pasal 8-9(Ima 8-9), jang menafsirkan kurban-kurban itu sebagai perlambang kurban sedjati itu).

Ende: Im 2:1-16 - -- Tentang kurban santapan lihat pendahuluan hal. X-XI.

Tentang kurban santapan lihat pendahuluan hal. X-XI.

Ende: Im 2:2 - kurban peringatan Artinja kurang djelas. Mungkin: baginja kurban jang mengingatkan keseluruhan kepada Jahwe.

Artinja kurang djelas. Mungkin: baginja kurban jang mengingatkan keseluruhan kepada Jahwe.

Ende: Im 2:3 - jang mahakudus Dalam kurban ada dua bagian jang diperuntukkan bagi imam (dan orang-orang lain), jakni: jang kudus dan jang mahakudus. Jang mahakudus "menguduskan" se...

Dalam kurban ada dua bagian jang diperuntukkan bagi imam (dan orang-orang lain), jakni: jang kudus dan jang mahakudus. Jang mahakudus "menguduskan" segala sesuatu jang disentuhnja dan harus dimakan menurut aturanaturan tertentu. Dengan "jang kudus" tidak demikian halnja.

Ende: Im 2:4 - tak beragi Ragi dianggap menghantjurkan dan membusukkan barang sehingga dekat dengan maut. karenanja "nadjis" dan tidak patut untuk Allah jang hidup.

Ragi dianggap menghantjurkan dan membusukkan barang sehingga dekat dengan maut. karenanja "nadjis" dan tidak patut untuk Allah jang hidup.

Ende: Im 2:11 - -- Mengapa madu dilarang kurang terang.

Mengapa madu dilarang kurang terang.

Ende: Im 2:13 - -- Garam dipakai dalam djamuan (kurban) untuk mengikat perdjandjian dengan demikian setiap kurban (jang harus diberi garam) mengingatkan perdjandjian Jah...

Garam dipakai dalam djamuan (kurban) untuk mengikat perdjandjian dengan demikian setiap kurban (jang harus diberi garam) mengingatkan perdjandjian Jahwe dengan umatNja.

Endetn: Im 2:6 - -- "kau (petjah-petjahkan), diperbaiki dengan berdasarkan terdjemahan Junani. Naskah Hibrani menulis infinitivus.

"kau (petjah-petjahkan), diperbaiki dengan berdasarkan terdjemahan Junani. Naskah Hibrani menulis infinitivus.

Ref. Silang FULL: Im 2:1 - korban sajian // itu tepung // menuangkan minyak // ke atasnya // ke atasnya · korban sajian: Kel 29:41; Kel 29:41; Im 6:14-18 · itu tepung: Kel 29:2,40; Im 5:11 · menuangkan minyak: Bil 15:4; 28:5 ·...

· korban sajian: Kel 29:41; [Lihat FULL. Kel 29:41]; Im 6:14-18

· itu tepung: Kel 29:2,40; Im 5:11

· menuangkan minyak: Bil 15:4; 28:5

· ke atasnya: Kel 29:2; [Lihat FULL. Kel 29:2]; Im 7:12

· ke atasnya: Im 2:2,15,16; Im 24:7; Neh 13:9; Yes 43:23

Ref. Silang FULL: Im 2:2 - itu tepung // seluruh kemenyannya // sebagai bagian // korban api-apian // bagi Tuhan · itu tepung: Im 5:11 · seluruh kemenyannya: Im 6:15; Yes 1:13; 65:3; 66:3 · sebagai bagian: Im 2:9,16; Im 5:12; 6:15; 24:7; Bil ...

· itu tepung: Im 5:11

· seluruh kemenyannya: Im 6:15; Yes 1:13; 65:3; 66:3

· sebagai bagian: Im 2:9,16; Im 5:12; 6:15; 24:7; Bil 5:26; 18:8; Mazm 16:5; 73:26; Yes 53:12

· korban api-apian: Im 2:16

· bagi Tuhan: Im 1:9; [Lihat FULL. Im 1:9]

Ref. Silang FULL: Im 2:3 - dan anak-anaknya // maha kudus · dan anak-anaknya: Im 2:10; Im 6:16; 10:12,13 · maha kudus: Kel 30:36; Kel 30:36

· dan anak-anaknya: Im 2:10; Im 6:16; 10:12,13

· maha kudus: Kel 30:36; [Lihat FULL. Kel 30:36]

Ref. Silang FULL: Im 2:4 - pembakaran roti // roti tipis // dengan minyak · pembakaran roti: Im 7:9; 26:26 · roti tipis: Im 7:12; 8:26 · dengan minyak: Kel 29:2; Kel 29:2

· pembakaran roti: Im 7:9; 26:26

· roti tipis: Im 7:12; 8:26

· dengan minyak: Kel 29:2; [Lihat FULL. Kel 29:2]

Ref. Silang FULL: Im 2:5 - atas panggangan · atas panggangan: Im 6:21; 7:9; Yeh 4:3

· atas panggangan: Im 6:21; 7:9; Yeh 4:3

Ref. Silang FULL: Im 2:7 - dalam wajan · dalam wajan: Im 7:9

· dalam wajan: Im 7:9

Ref. Silang FULL: Im 2:9 - itu bagian // bagi Tuhan · itu bagian: Im 2:2; Im 2:2 · bagi Tuhan: Kej 8:21; Kej 8:21

· itu bagian: Im 2:2; [Lihat FULL. Im 2:2]

· bagi Tuhan: Kej 8:21; [Lihat FULL. Kej 8:21]

Ref. Silang FULL: Im 2:10 - dan anak-anaknya // korban api-apian · dan anak-anaknya: Im 2:3 · korban api-apian: Ezr 2:63

· dan anak-anaknya: Im 2:3

· korban api-apian: Ezr 2:63

Ref. Silang FULL: Im 2:11 - diolah beragi · diolah beragi: Kel 23:18; Kel 23:18; Im 6:16

· diolah beragi: Kel 23:18; [Lihat FULL. Kel 23:18]; Im 6:16

Ref. Silang FULL: Im 2:12 - hasil pertama · hasil pertama: Kel 34:22; Kel 34:22

· hasil pertama: Kel 34:22; [Lihat FULL. Kel 34:22]

Ref. Silang FULL: Im 2:13 - kaububuhi garam // garam perjanjian · kaububuhi garam: Mr 9:49 · garam perjanjian: Bil 18:19; 2Taw 13:5; Yeh 43:24

· kaububuhi garam: Mr 9:49

· garam perjanjian: Bil 18:19; 2Taw 13:5; Yeh 43:24

Ref. Silang FULL: Im 2:14 - hulu hasil · hulu hasil: Kel 34:22; Kel 34:22; Bil 15:20; Ul 16:13; 26:2; Rut 3:2

· hulu hasil: Kel 34:22; [Lihat FULL. Kel 34:22]; Bil 15:20; Ul 16:13; 26:2; Rut 3:2

Ref. Silang FULL: Im 2:15 - kautaruh kemenyan · kautaruh kemenyan: Im 2:1; Im 2:1

· kautaruh kemenyan: Im 2:1; [Lihat FULL. Im 2:1]

Ref. Silang FULL: Im 2:16 - sebagai ingat-ingatannya // seluruh kemenyannya // korban api-apian · sebagai ingat-ingatannya: Im 2:2; Im 2:2 · seluruh kemenyannya: Im 2:1; Im 2:1 · korban api-apian: Bil 4:16; Yer 14:12

· sebagai ingat-ingatannya: Im 2:2; [Lihat FULL. Im 2:2]

· seluruh kemenyannya: Im 2:1; [Lihat FULL. Im 2:1]

· korban api-apian: Bil 4:16; Yer 14:12

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Im 2:1-10 - Hukum tentang Korban Sajian Dalam pasal ini diceritakan tentang hukum korban sajian. ...

Matthew Henry: Im 2:11-16 - Hukum tentang Korban Sajian Hukum tentang Korban Sajian (2:11-16) ...

SH: Im 2:1-16 - Indah kurban bagi Allah (Kamis, 5 September 2002) Indah kurban bagi Allah Indah kurban bagi Allah. Jenis kurban yang juga dianggap sebagai “yang paling kudu...

SH: Im 2:1-16 - Kurban pengucapan syukur (Senin, 13 Maret 2006) Kurban pengucapan syukur Judul: Kurban pengucapan syukur Kurban sajian merupakan kurban pengucapan...

SH: Im 2:1-16 - Kurban sajian (Selasa, 11 Februari 2014) Kurban sajian Judul: Kurban sajian Kurban sajian berupa tepung biasanya dipersembahkan bersama dengan ...

SH: Im 2:1-16 - Persembahan Syukur (Senin, 18 Maret 2019) Persembahan Syukur Kita sudah menerima penebusan dan pemeliharaan berlimpah dari Allah. Jadi, kehidupan umat perc...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Imamat (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Kekudusan Tanggal Penulisan: 1445 -- 1405 SM...

Full Life: Imamat (Garis Besar) Garis Besar I. Cara Menghampiri Allah: Pendamaian (...

Matthew Henry: Imamat (Pendahuluan Kitab) Tidak ada peristiwa-peristiwa sejarah dalam keseluruhan Kitab Imamat ini, ke...

Jerusalem: Imamat (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci me...

Ende: Imamat (Pendahuluan Kitab) LEVITIKA PENDAHULUAN Dengan menjebut kitab ini "Kitab Levitika" maka hanja tradisi kuno sadjanlah jang diteruskan, mesk...

BIS: Imamat (Pendahuluan Kitab) IMAMAT PENGANTAR Buku Imamat berisi peraturan-peraturan untuk ibadat dan upacara-upacara agama bangsa Israel d...

Ajaran: Imamat (Pendahuluan Kitab) Tujuan Agar dengan mengetahui isi kitab Imamat anggota jemaat mengetahui dan mengerti bahwa Allah yang Mahakuasa tela...

Intisari: Imamat (Pendahuluan Kitab) Peraturan mengenai kehidupan dan penyembahan MENGAPA IMAMAT?Sebagian besar isinya menyangkut imam-imam bangsa Lewi, tetap...

Garis Besar Intisari: Imamat (Pendahuluan Kitab) [1] PERSEMBAHAN Ima 1:1-6:23...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #34: Tip apa yang ingin Anda lihat di sini? Beritahu kami dengan klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.22 detik
dipersembahkan oleh YLSA