Teks -- Imamat 2:1-16 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Kel 35:1--Im 3:4 - INILAH FIRMAN YANG DIPERINTAHKAN.
Nas : Kel 35:1-40:38
Pasal-pasal ini secara umum mengulang materi pasal
Kel 25:1-31:18, kecuali di sini petunjuk-petunjuk yang diberikan kepada
Mus...
Nas : Kel 35:1-40:38
Pasal-pasal ini secara umum mengulang materi pasal Kel 25:1-31:18, kecuali di sini petunjuk-petunjuk yang diberikan kepada Musa mengenai Kemah Suci dilaksanakan. Bagian ini dimaksudkan untuk menekankan bahwa sangat penting umat Allah menanggapi pengarahan-Nya dengan sungguh-sungguh dan menaatinya dengan tekun.
Full Life: Im 2:1 - KORBAN SAJIAN.
Nas : Im 2:1
Korban sajian merupakan sebuah persembahan kepada Allah sebagai
suatu tindakan penyembahan, yang melambangkan penyerahan hasil pekerja...
Nas : Im 2:1
Korban sajian merupakan sebuah persembahan kepada Allah sebagai suatu tindakan penyembahan, yang melambangkan penyerahan hasil pekerjaan seseorang kepada Allah. Dalam korban ini tersirat bahwa semua karya manusia harus dilakukan bagi Tuhan dan bahwa makanan sehari-hari harus diterima dengan ucapan syukur kepada-Nya (bd. 1Kor 10:31;
lihat cat. --> Kol 3:23).
[atau ref. Kol 3:23]
Full Life: Im 2:11 - JANGANLAH ... DARI RAGI ATAU DARI MADU.
Nas : Im 2:11
Ragi atau madu dilarang di mezbah karena dipakai untuk membantu
peragian. Peragian, yang membawa perubahan atau pembusukan, sering ka...
Jerusalem: Im 1:1--7:38 - -- Bagian ini boleh diberi judul: "Tata Upacara Korban". Oleh kitab Imamat seluruh tata upacara itu dihubungkan dengan masa tinggalnya Israel di padang g...
Bagian ini boleh diberi judul: "Tata Upacara Korban". Oleh kitab Imamat seluruh tata upacara itu dihubungkan dengan masa tinggalnya Israel di padang gurun dan ditempatkan di bawah kewibawaan Musa. Pada kenyataannya bagian ini memang memuat beberapa aturan kuno tetapi juga sejumlah penetapan yang berasal dari zaman jauh kemudian dari masa Musa. Sesudah pembuangan barulah tata upacara ini disusun. Maka Ima 1:1-7 sebenarnya menyajikan tata upacara korban yang menjadi pegangan bagi ibadah yang diselenggarakan dalam bait Allah yang didirikan sesudah masa pembuangan Israel ke Babel. Mengenai ibadah suku-suku Israel yang sebagai Badui mengembara di gurun tidak banyak yang dapat diketahui. Nas-nas yang tua usianya hanya memberi petunjuk mengenai perayaan Paskah, bdk catatan pada Kel 12:1,23,39. Tata upacara terperinci yang disajikan Taurat oleh tradisi Kristen diartikan sebagai persiapan dan pralambang korban tunggal penebus, bdk Ibr 8 dst, dan sakramen-sakramen Gereja.
Jerusalem: Im 2:1-16 - -- Korban sajian bersama dengan persembahan hasil bumi pertama yang dianggap korban sajian juga, Ima 2:14-15, ialah suatu korban yang bahannya terdiri at...
Korban sajian bersama dengan persembahan hasil bumi pertama yang dianggap korban sajian juga, Ima 2:14-15, ialah suatu korban yang bahannya terdiri atas hasil bumi. Maka jelaslah korban ini berasal dari suatu bangsa yang menetap dan bertani. Di Israel korban itu mulai dipersembahkan setelah suku-suku Israel menetap di negeri Kanaan - Persembahan ukupan yang menyertai korban sajian adalah lazim pada bangsa-bangsa di sekitar Israel, khususnya pada bangsa Mesir. Dan korban ini barangkali lebih tua dari pada korban sajian. Korban sajian disamakan dengan korban bakaran dengan jalan membakar segenggam tepung yang disirami dengan minyak (zaitun) sebagai "korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi Tuhan", Ima 1:9+. Biasanya korban sajian itu dipersembahkan sebagai pelengkap korban berdarah. Kalau demikian korban sajian dilengkapi dengan korban curahan air anggur, bdk Ima 23:13; Kel 29:40; Bil 15:5,7.
Jerusalem: Im 2:3 - Bagian maha kudus Dibedakan: persembahan, barang kudus dan barang maha kudus. Barang maha kudus menguduskan (artinya: menjadikannya milik Allah sehingga tidak lagi bole...
Dibedakan: persembahan, barang kudus dan barang maha kudus. Barang maha kudus menguduskan (artinya: menjadikannya milik Allah sehingga tidak lagi boleh dipakai manusia) segala sesuatunya yang bersentuhan dengannya, Kel 29:37
Jerusalem: Im 2:11 - beragi Ragi sedikit banyak merubah keadaan alamiah bahan yang dipersembahkan kepada Allah. Dengan demikian bahan itu dicemarkan. Barangkali peraturan ini men...
Ragi sedikit banyak merubah keadaan alamiah bahan yang dipersembahkan kepada Allah. Dengan demikian bahan itu dicemarkan. Barangkali peraturan ini menentang apa yang lazim dalam ibadat penduduk Kanaan, bdk Ams 4:5.
Jerusalem: Im 2:13 - garam perjanjian Garam dianggap berdaya untuk mentahirkan, Yeh 16:4; 2Ra 2:20; Mat 5:13. Pada bangsa Asyur garam dipakai dalam ibadat. Suku-suku Badui memakainya dalam...
Garam dianggap berdaya untuk mentahirkan, Yeh 16:4; 2Ra 2:20; Mat 5:13. Pada bangsa Asyur garam dipakai dalam ibadat. Suku-suku Badui memakainya dalam perjamuan persahabatan, artinya perjamuan perjanjian. Dari adat itu berasallah ungkapan "garam perjanjian". Ungkapan itu menekankan kemantapan perjanjian Allah dengan umatNya.
Ende: Im 1:1--7:38 - -- Dalam bagian pertama ini disadjikan peraturan mengenai pelbagai djenis kurban
dan mengenai ibadah umat Allah (lihat pendahuluan hal IX-XI) Kurban-kurb...
Dalam bagian pertama ini disadjikan peraturan mengenai pelbagai djenis kurban dan mengenai ibadah umat Allah (lihat pendahuluan hal IX-XI) Kurban-kurban ini didjaman persiapan itu adalah alat dan djalan jang ditentukan Jahwe sendiri, supaja manusia dapat menghadapiNja dan dengan djalan itu memperoleh berkah ilahi serta mengambil bagian dalam kekudusan tuhan. Manusia sendiri tidak tahu dan tidak mampu pula membuat djalan itu. Maka dari itu Allah berdjandji sendiri menetapkan djalan itu. Meskipun tidak sedikit dari upatjara itu sesungguhnja diambil alih oleh agama Israil dari bangsa-bangsa lain, namun kesemuanja disahkan oleh Allah dan dengan demikian dibuatNja mendjadi bertenaga djuga. Kitab Sutji menghubungkan semua dengan Musa, bukan oleh sebab Musa sendiri (sebagai pengantar Allah)memberikan undang-undang itu, melainkan oleh sebab Musalah pendiri agama Israil jang sedjati. Apa jang dimaksudkan kurban Perdjandjian Lama jang bermatjam ragam itu diketemukan kembali dalam satu Kurban Perdjandjian Baru, jakni kurban Kristus, sebagaimana ditegaskan dalam surat kepada orang-orang Hibrani (pasal 8-9(Ima 8-9), jang menafsirkan kurban-kurban itu sebagai perlambang kurban sedjati itu).
Tentang kurban santapan lihat pendahuluan hal. X-XI.
Ende: Im 2:2 - kurban peringatan Artinja kurang djelas. Mungkin: baginja kurban jang
mengingatkan keseluruhan kepada Jahwe.
Artinja kurang djelas. Mungkin: baginja kurban jang mengingatkan keseluruhan kepada Jahwe.
Ende: Im 2:3 - jang mahakudus Dalam kurban ada dua bagian jang diperuntukkan bagi imam
(dan orang-orang lain), jakni: jang kudus dan jang mahakudus. Jang mahakudus
"menguduskan" se...
Dalam kurban ada dua bagian jang diperuntukkan bagi imam (dan orang-orang lain), jakni: jang kudus dan jang mahakudus. Jang mahakudus "menguduskan" segala sesuatu jang disentuhnja dan harus dimakan menurut aturanaturan tertentu. Dengan "jang kudus" tidak demikian halnja.
Ende: Im 2:4 - tak beragi Ragi dianggap menghantjurkan dan membusukkan barang sehingga
dekat dengan maut. karenanja "nadjis" dan tidak patut untuk Allah jang hidup.
Ragi dianggap menghantjurkan dan membusukkan barang sehingga dekat dengan maut. karenanja "nadjis" dan tidak patut untuk Allah jang hidup.
Mengapa madu dilarang kurang terang.
Ende: Im 2:13 - -- Garam dipakai dalam djamuan (kurban) untuk mengikat perdjandjian dengan demikian
setiap kurban (jang harus diberi garam) mengingatkan perdjandjian Jah...
Garam dipakai dalam djamuan (kurban) untuk mengikat perdjandjian dengan demikian setiap kurban (jang harus diberi garam) mengingatkan perdjandjian Jahwe dengan umatNja.
Endetn -> Im 2:6
Endetn: Im 2:6 - -- "kau (petjah-petjahkan), diperbaiki dengan berdasarkan terdjemahan Junani. Naskah Hibrani menulis infinitivus.
"kau (petjah-petjahkan), diperbaiki dengan berdasarkan terdjemahan Junani. Naskah Hibrani menulis infinitivus.
Ref. Silang FULL: Im 2:1 - korban sajian // itu tepung // menuangkan minyak // ke atasnya // ke atasnya · korban sajian: Kel 29:41; Kel 29:41; Im 6:14-18
· itu tepung: Kel 29:2,40; Im 5:11
· menuangkan minyak: Bil 15:4; 28:5
·...
· korban sajian: Kel 29:41; [Lihat FULL. Kel 29:41]; Im 6:14-18
· itu tepung: Kel 29:2,40; Im 5:11
· menuangkan minyak: Bil 15:4; 28:5
· ke atasnya: Kel 29:2; [Lihat FULL. Kel 29:2]; Im 7:12
· ke atasnya: Im 2:2,15,16; Im 24:7; Neh 13:9; Yes 43:23
Ref. Silang FULL: Im 2:2 - itu tepung // seluruh kemenyannya // sebagai bagian // korban api-apian // bagi Tuhan · itu tepung: Im 5:11
· seluruh kemenyannya: Im 6:15; Yes 1:13; 65:3; 66:3
· sebagai bagian: Im 2:9,16; Im 5:12; 6:15; 24:7; Bil ...
· itu tepung: Im 5:11
· seluruh kemenyannya: Im 6:15; Yes 1:13; 65:3; 66:3
· sebagai bagian: Im 2:9,16; Im 5:12; 6:15; 24:7; Bil 5:26; 18:8; Mazm 16:5; 73:26; Yes 53:12
· korban api-apian: Im 2:16
Ref. Silang FULL: Im 2:3 - dan anak-anaknya // maha kudus · dan anak-anaknya: Im 2:10; Im 6:16; 10:12,13
· maha kudus: Kel 30:36; Kel 30:36
· dan anak-anaknya: Im 2:10; Im 6:16; 10:12,13
Ref. Silang FULL: Im 2:4 - pembakaran roti // roti tipis // dengan minyak · pembakaran roti: Im 7:9; 26:26
· roti tipis: Im 7:12; 8:26
· dengan minyak: Kel 29:2; Kel 29:2
· pembakaran roti: Im 7:9; 26:26
· roti tipis: Im 7:12; 8:26
· atas panggangan: Im 6:21; 7:9; Yeh 4:3
Ref. Silang FULL: Im 2:9 - itu bagian // bagi Tuhan · itu bagian: Im 2:2; Im 2:2
· bagi Tuhan: Kej 8:21; Kej 8:21
Ref. Silang FULL: Im 2:10 - dan anak-anaknya // korban api-apian · dan anak-anaknya: Im 2:3
· korban api-apian: Ezr 2:63
Ref. Silang FULL: Im 2:13 - kaububuhi garam // garam perjanjian · kaububuhi garam: Mr 9:49
· garam perjanjian: Bil 18:19; 2Taw 13:5; Yeh 43:24
Ref. Silang FULL: Im 2:14 - hulu hasil · hulu hasil: Kel 34:22; Kel 34:22; Bil 15:20; Ul 16:13; 26:2; Rut 3:2
· hulu hasil: Kel 34:22; [Lihat FULL. Kel 34:22]; Bil 15:20; Ul 16:13; 26:2; Rut 3:2