Imamat 26:14-15
KonteksYudas 1:17-20
KonteksYudas 1:2
Konteks1:2 Rahmat, damai sejahtera e dan kasih kiranya melimpahi f kamu 4 .
1 Samuel 12:9-10
Konteks12:9 Tetapi mereka melupakan f TUHAN, Allah mereka, dan Ia menyerahkan mereka g ke dalam tangan Sisera, h panglima tentara di Hazor, i dan ke dalam tangan orang Filistin j dan raja Moab, k yang berperang melawan mereka. 12:10 Mereka berseru-seru l kepada TUHAN, katanya: Kami telah berdosa, sebab kami telah meninggalkan m TUHAN dan beribadah kepada para Baal dan para Asytoret; n maka sekarang lepaskanlah kami dari tangan musuh kami, maka kami akan beribadah kepada-Mu.
1 Samuel 12:2
Konteks12:2 Maka sekarang raja itulah yang menjadi pemimpinmu; o tetapi aku ini telah menjadi tua dan beruban, dan bukankah anak-anakku p laki-laki ada di antara kamu? Akulah yang menjadi pemimpinmu dari sejak mudaku sampai hari ini.
Kisah Para Rasul 22:11-17
Konteks22:11 Dan karena aku tidak dapat melihat oleh karena cahaya yang menyilaukan mata itu, s maka kawan-kawan seperjalananku memegang tanganku dan menuntun aku ke Damsyik. 22:12 Di situ ada seorang bernama Ananias, t seorang saleh yang menurut hukum Taurat dan terkenal baik di antara semua orang Yahudi yang ada di situ. u 22:13 Ia datang berdiri di dekatku dan berkata: Saulus, saudaraku, bukalah matamu dan melihatlah! Dan seketika itu juga aku melihat kembali dan menatap dia. 22:14 Lalu katanya: Allah nenek moyang v kita telah menetapkan engkau untuk mengetahui kehendak-Nya, untuk melihat w Yang Benar x dan untuk mendengar suara yang keluar dari mulut-Nya. 22:15 Sebab engkau harus menjadi saksi-Nya y terhadap semua orang tentang apa yang kaulihat z dan yang kaudengar. 22:16 Dan sekarang, mengapa engkau masih ragu-ragu? Bangunlah, berilah dirimu dibaptis 5 a dan dosa-dosamu disucikan 6 b sambil berseru kepada nama c Tuhan! 22:17 Sesudah aku kembali di Yerusalem d dan ketika aku sedang berdoa di dalam Bait Allah, rohku diliputi oleh kuasa ilahi 7 . e
Kisah Para Rasul 22:2
Konteks22:2 Ketika orang banyak itu mendengar ia berbicara dalam bahasa Ibrani, z makin tenanglah mereka. Ia berkata:
Kisah Para Rasul 1:14-17
Konteks1:14 Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa a bersama-sama 8 , dengan beberapa perempuan b serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara c Yesus.
Nehemia 1:7
Konteks1:7 Kami telah sangat bersalah m terhadap-Mu dan tidak mengikuti perintah-perintah, ketetapan-ketetapan dan peraturan-peraturan yang telah Kauperintahkan kepada Musa, hamba-Mu itu.
Nehemia 9:26
Konteks9:26 Tetapi mereka mendurhaka dan memberontak terhadap-Mu. Mereka membelakangi y hukum-Mu dan membunuh z nabi-nabi-Mu a yang memperingatkan mereka dengan maksud membuat mereka berbalik kepada-Mu. Mereka berbuat nista b yang besar.
Nehemia 9:29-30
Konteks9:29 Engkau memperingatkan i mereka dengan maksud membuat mereka berbalik kepada hukum-Mu. Tetapi mereka bertindak angkuh, j mereka tidak patuh kepada perintah-perintah-Mu dan mereka berdosa terhadap peraturan-peraturan-Mu, yang justru memberi hidup kepada orang yang melakukannya. k Mereka melintangkan bahu l untuk melawan, mereka bersitegang leher m dan tidak mau dengar. n 9:30 Namun bertahun-tahun lamanya Engkau melanjutkan sabar-Mu terhadap mereka. Dengan Roh-Mu Engkau memperingatkan mereka 9 , yakni dengan perantaraan para nabi-Mu, o tetapi mereka tidak menghiraukannya, sehingga Engkau menyerahkan mereka ke tangan bangsa-bangsa p segala negeri.
Yesaya 5:24-25
Konteks5:24 Sebab itu seperti lidah api a memakan jerami, b dan seperti rumput kering habis lenyap dalam nyala api, demikian akar-akar mereka akan menjadi busuk, c dan kuntumnya akan beterbangan seperti abu, d oleh karena mereka telah menolak pengajaran TUHAN 10 semesta alam dan menista firman e Yang Mahakudus, f Allah Israel.
Yeremia 8:9
Konteks8:9 Orang-orang bijaksana w akan menjadi malu, akan terkejut x dan tertangkap. y Sesungguhnya, mereka telah menolak firman z TUHAN, maka kebijaksanaan a apakah yang masih ada pada mereka?
Yehezkiel 16:1-63
KonteksYehezkiel 20:13
Konteks20:13 Tetapi kaum Israel memberontak q terhadap Aku di padang gurun; mereka tidak hidup menurut ketetapan-ketetapan-Ku dan mereka menolak peraturan-peraturan-Ku, r yang, kalau manusia melakukannya, ia akan hidup. Mereka juga melanggar kekudusan hari-hari Sabat-Ku s dengan sangat. Maka Aku bermaksud hendak mencurahkan amarah-Ku t ke atas mereka di padang gurun u hendak membinasakan v mereka.
Yehezkiel 20:16
Konteks20:16 oleh karena mereka menolak peraturan-peraturan-Ku a dan tidak hidup menurut ketetapan-ketetapan-Ku dan melanggar kekudusan hari-hari Sabat-Ku; sebab hati b mereka mengikuti berhala-berhala c mereka.
Yehezkiel 20:24
Konteks20:24 oleh karena mereka tidak melakukan peraturan-peraturan-Ku dan menolak ketetapan-ketetapan-Ku r dan melanggar kekudusan hari-hari Sabat-Ku s dan matanya selalu tertuju t kepada berhala-berhala u ayah-ayah mereka.
Yehezkiel 22:8
Konteks22:8 Engkau memandang ringan terhadap hal-hal yang kudus bagi-Ku dan hari-hari Sabat-Ku p kaunajiskan.
Yehezkiel 23:11-21
Konteks23:11 Walaupun hal itu dilihat s oleh adiknya, Oholiba, ia lebih berahi lagi dan persundalannya melebihi lagi dari kakaknya. t 23:12 Ia berahi kepada orang Asyur, kepada bupati-bupati dan penguasa-penguasanya, kepada pahlawan-pahlawan perang yang pakaiannya sangat sempurna, kepada pasukan kuda, semuanya pemuda u yang ganteng. 23:13 Aku melihat bahwa ia menajiskan diri; kelakuan mereka berdua adalah sama. v 23:14 Bahkan, ia menambah persundalannya lagi: ia melihat laki-laki yang terukir pada dinding, w gambar orang-orang Kasdim, diukir dalam warna linggam, x 23:15 pinggangnya diikat dengan ikat y pinggang, kepalanya memakai serban yang berjuntai, semuanya kelihatan seperti perwira, yang menyerupai orang Babel dari Kasdim, tanah kelahiran mereka. 23:16 Segera sesudah kelihatan oleh matanya ia berahi kepada mereka dan mengirim suruhan z kepada mereka ke tanah Kasdim. a 23:17 Maka orang Babel b datang kepadanya menikmati tempat tidur percintaan dan menajiskan dia dengan persundalan mereka; sesudah ia menjadi najis oleh mereka, ia meronta c dari mereka. 23:18 Oleh karena ia melakukan persundalannya dengan terang-terangan dan memperlihatkan sendiri auratnya, d maka Aku menjauhkan e diri karena jijik dari padanya, seperti Aku menjauhkan diri dari adiknya. f 23:19 Ia melakukan lebih banyak lagi persundalannya sambil teringat kepada masa mudanya, waktu ia bersundal di tanah Mesir. 23:20 Ia berahi kepada kawan-kawannya bersundal, yang auratnya seperti aurat keledai dan zakarnya seperti zakar kuda. 23:21 Engkau menginginkan kemesuman masa mudamu, waktu orang Mesir memegang-megang dadamu dan menjamah-jamah susu g kegadisanmu.
Daniel 9:5-12
Konteks9:5 Kami telah berbuat dosa 22 b dan salah, c kami telah berlaku fasik dan telah memberontak, kami telah menyimpang d dari perintah dan peraturan-Mu, e 9:6 dan kami tidak taat f kepada hamba-hamba-Mu, para nabi, g yang telah berbicara atas nama-Mu kepada raja-raja kami, kepada pemimpin-pemimpin kami, kepada bapa-bapa h kami dan kepada segenap rakyat negeri. 9:7 Ya Tuhan, Engkaulah yang benar, i tetapi patutlah kami malu j seperti pada hari ini, kami orang-orang Yehuda, penduduk kota Yerusalem dan segenap orang Israel, mereka yang dekat dan mereka yang jauh, di segala negeri kemana Engkau telah membuang k mereka oleh karena mereka berlaku murtad l terhadap Engkau. m 9:8 Ya TUHAN, kami, raja-raja kami, pemimpin-pemimpin kami dan bapa-bapa kami patutlah malu, sebab kami telah berbuat dosa terhadap Engkau. n 9:9 Pada Tuhan, Allah kami, ada kesayangan dan keampunan, o walaupun kami telah memberontak terhadap Dia, p 9:10 dan tidak mendengarkan suara TUHAN, Allah kami, yang menyuruh kami hidup menurut hukum yang telah diberikan-Nya kepada kami dengan perantaraan para nabi, q hamba-hamba-Nya. 9:11 Segenap orang Israel telah melanggar r hukum-Mu s dan menyimpang karena tidak mendengarkan suara-Mu. Sebab itu telah dicurahkan ke atas kami kutuk t dan sumpah, u yang tertulis dalam kitab Taurat Musa, hamba Allah itu, sebab kami telah berbuat dosa v terhadap Dia. 9:12 Dan telah ditetapkan-Nya w firman-Nya, yang diucapkan-Nya terhadap kami dan terhadap orang-orang yang telah memerintah kami, yakni bahwa akan didatangkan-Nya kepada kami malapetaka x yang besar, yang belum pernah terjadi di bawah semesta langit, seperti y di Yerusalem. z
Daniel 9:1
KonteksDaniel 4:8
Konteks4:8 Pada akhirnya Daniel datang menghadap aku, yakni Daniel yang dinamai Beltsazar t menurut nama dewaku, dan yang penuh dengan roh para dewa u yang kudus. Lalu kuceritakan kepadanya mimpi itu:
[26:14] 1 Full Life : JIKALAU KAMU TIDAK MENDENGARKAN DAKU.
Nas : Im 26:14
Pasal Im 26:1-46 menyatakan penderitaan, kesedihan, dan sakit hati Allah ketika Dia meratapi kenyataan bahwa Dia mungkin terpaksa harus menghukum umat yang ditebusnya. Apabila mereka, tanpa merasa terima kasih sama sekali, menolak kasih-Nya dan tidak bersedia menjadikan Dia Allah mereka, maka mau tak mau Ia harus mendatangkan kesusahan dan malapetaka atas mereka. Janji-janji dan peringatan-peringatan Tuhan diucapkan dari kedalaman kasih ilahi dan dengan keinginan yang sungguh-sungguh agar disiplin dan hukuman seperti itu tidak akan pernah perlu dijatuhkan pada umat pilihan-Nya (baca pula pasal Ul 28:1-30:20).
[1:18] 2 Full Life : MENJELANG AKHIR ZAMAN.
Nas : Yud 1:18
Lihat cat. --> 1Tim 4:1;
lihat cat. --> 2Tim 3:1.
[atau ref. 1Tim 4:1; 2Tim 3:1]
[1:20] 3 Full Life : BANGUNLAH DIRIMU SENDIRI.
Nas : Yud 1:20
Orang percaya harus mempertahankan dan menyebarluaskan iman serta melawan ajaran palsu dengan empat cara.
- 1) Dengan membangun diri kita sendiri di dalam iman kita yang paling kudus itu. Iman kudus ialah penyataan PB yang disampaikan kepada kita oleh Kristus dan para rasul (ayat Yud 1:3). Hal ini menuntut agar kita mempelajari Firman Allah dan mempunyai ketetapan teguh untuk berusaha mengetahui kebenaran dan ajaran Alkitab (bd. Kis 2:42; Kis 20:27; 2Tim 2:15; Ibr 5:12).
- 2) Dengan berdoa dalam Roh. Kita harus berdoa dengan kemampuan yang
diberikan Roh Kudus, yaitu dengan memohon Roh Kudus untuk mengilhami,
menuntun, menguasai, memelihara, dan menolong kita untuk berjuang dalam
doa kita
(lihat cat. --> Rom 8:26;
[atau ref. Rom 8:26]
bd. Gal 4:6; Ef 6:18). Berdoa dalam Roh termasuk berdoa dengan pikiran kita dan berdoa dengan roh kita(lihat cat. --> 1Kor 14:15).
[atau ref. 1Kor 14:15]
- 3) Dengan tetap tinggal dalam lingkaran kasih Allah kepada kita. Ini termasuk ketaatan yang setia kepada Allah dan Firman-Nya (Yoh 15:9-10).
- 4) Dengan merindukan dan menantikan kedatangan Tuhan dan kemuliaan
abadi yang menyertai kedatangan-Nya
(lihat cat. --> Yoh 14:2).
[atau ref. Yoh 14:2]
[1:2] 4 Full Life : RAHMAT ... MELIMPAHI KAMU.
Nas : Yud 1:2
Kata "melimpahi" (Yun. _plethuno_) secara harfiah berarti "menjadi berlipatganda". Pada saat kita menghampiri Allah, rahmat, sejahtera, dan kasih-Nya menjadi lipat dua, lipat tiga bahkan lipat empat.
[22:16] 5 Full Life : DIBAPTIS.
Nas : Kis 22:16
Baptisan air menyertai pekabaran Injil dari awal misi gereja (Kis 2:38,41). Itu merupakan upacara inisiasi Kristen yang dipakai dalam PB untuk menunjukkan bahwa seseorang sedang menyerahkan diri sepenuhnya kepada Yesus Kristus. Dengan memasuki baptisan air dalam nama Trinitas (Mat 28:19) atau Kristus (Kis 19:5) orang percaya secara nyata memperlihatkan iman mereka di hadapan masyarakat Kristen.
- 1) Baptisan air "dalam Kristus" (Gal 3:27) atau "dalam nama Yesus Kristus" (Kis 2:38; bd. Mat 28:19) menunjukkan bahwa orang itu kini adalah milik Kristus dan mempunyai bagian dalam hidup-Nya, Roh-Nya, serta warisan-Nya dengan Allah (Rom 8:14-17; Gal 3:26-4:7).
- 2) Baptisan air merupakan suatu tanggapan terhadap apa yang telah dilakukan Kristus bagi orang percaya. Agar menjadi sah, maka upacara itu harus didahului dengan pertobatan (Kis 2:38) serta iman pribadi dalam Kristus (Kol 2:12).
- 3) Baptisan air, bila dilaksanakan dengan hati yang sungguh beriman dan
komitmen kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, menjadi suatu
sarana untuk memperoleh kasih karunia dari Kristus (bd. 1Pet 3:21;
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
- 4) Baptisan air menjadi tanda lahiriah dan kesaksian tentang penerimaan Kristus selaku Tuhan dan Juruselamat kita serta penyucian kita dari semua dosa (bd. Kis 2:38; Tit 3:5; 1Pet 3:21).
- 5) Baptisan air melambangkan persatuan orang percaya dengan Kristus dalam kematian, penguburan, dan kebangkitan-Nya (Rom 6:1-11; Kol 2:11-12). Upacara ini menandakan akhir ("kematian") hidup di dalam dosa (Rom 6:3-4,7,10,12; Kol 3:3-14) dan awal hidup baru dalam Kristus (Rom 6:4-5,11; Kol 2:12-13). Oleh karena itu, baptisan air melibatkan suatu komitmen kepada kebiasaan sepanjang hidup untuk berpaling dari dunia dan semua yang jahat (Rom 6:6,11-13) sambil menjalankan hidup baru dalam Roh yang mencerminkan prinsip-prinsip kebenaran Allah (Kol 2:1-17).
[22:16] 6 Full Life : DOSA-DOSAMU DISUCIKAN.
Nas : Kis 22:16
Paulus bertobat dan diselamatkan dalam perjalanan ke Damsyik
(lihat cat. --> Kis 9:5).
[atau ref. Kis 9:5]
Baptisannya menjadi kesaksian di hadapan umum dari pengampunan dosa serta komitmen untuk meninggalkan semua dosa dan menyatukan diri dengan rencana Kristus.
[22:17] 7 Full Life : ROHKU DILIPUTI OLEH KUASA ILAHI.
Nas : Kis 22:17
Yang dimaksudkan ialah keadaan pikiran di mana perhatian seseorang terutama sadar akan dunia Roh dan bukan dunia alami. Pada saat-saat demikian seorang secara khusus terbuka terhadap penyataan dari Allah. Ini berarti dituntun oleh Roh ke dalam suatu hubungan yang makin mendalam dan sungguh-sungguh dengan Allah (lih. pengalaman Petrus dalam Kis 10:10 dan Kis 11:5; bd. 2Kor 12:3-4).
[1:14] 8 Full Life : BERTEKUN DENGAN SEHATI DALAM DOA BERSAMA-SAMA.
Nas : Kis 1:14
Pengalaman Pentakosta senantiasa melibatkan tanggung jawab manusia. Mereka yang membutuhkan pencurahan Roh agar berkuasa untuk melakukan pekerjaan Allah harus menyerahkan dirinya kepada Roh Kudus lewat suatu komitmen kepada kehendak Allah dan melalui doa (ayat Kis 1:4; 2:38; Kis 9:11-17; bd. Yes 40:29-31; Luk 11:5-13; 24:49). Perhatikan kesamaan-kesamaan di antara turunnya Roh Kudus atas Yesus dan turun-Nya atas murid Yesus.
- 1) Roh Kudus turun ke atas mereka setelah mereka berdoa (Luk 3:21-22; Kis 1:14; 2:4).
- 2) Ada kenyataan-kenyataan yang dapat dilihat dari Roh (Luk 3:22; Kis 2:2-4).
- 3) Pelayanan Yesus dan para rasul baru dimulai setelah Roh Kudus turun ke atas mereka (bd. Mat 3:16 dengan Mat 4:17; Luk 3:21-23 dengan Luk 4:14-19; bd. Kis 2:14-47).
[9:30] 9 Full Life : DENGAN ROH-MU ENGKAU MEMPERINGATKAN MEREKA.
Nas : Neh 9:30
Pekerjaan utama Roh Kudus dalam PL ialah menegur umat Allah dan menyingkapkan dosa mereka melalui para nabi yang setia. Di bawah perjanjian baru, Roh Kudus tetap menginsafkan orang akan dosa
(lihat cat. --> Yoh 16:8;
lihat cat. --> Yoh 16:13;
[atau ref. Yoh 16:8,13]
lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA).
[5:24] 10 Full Life : MENOLAK PENGAJARAN TUHAN.
Nas : Yes 5:24
Yesaya mengajarkan doktrin tentang hukuman yang sepadan atas dosa. Menolak hukum-hukum Allah dan menghina firman-Nya akan mengakibatkan orang diserahkan kepada semua akibat dosa mereka dan hukuman ilahi (ayat Yes 5:25; bd. Hos 4:6).
[16:1] 11 Full Life : YERUSALEM.
Nas : Yeh 16:1-63
Pasal ini melukiskan Yerusalem sebagai istri dan Allah sebagai suaminya
(lihat cat. --> Hos 1:2).
[atau ref. Hos 1:2]
Pada mulanya Yerusalem tidak memiliki keistimewaan yang dapat menjadikannya kota pilihan Allah. Tetapi Allah dalam kasih-Nya mengangkatnya, memeliharanya dan menjadikannya kota yang indah dan megah; namun dia tidak berterima kasih kepada suaminya, menjadi tidak setia dan mulai berzina dengan siapa pun yang lewat. Karena pelacurannya ini ia akan dibunuh.
[16:3] 12 Full Life : TANAH KANAAN.
Nas : Yeh 16:3
Pada mulanya Yerusalem tidak didirikan oleh orang Ibrani tetapi oleh bangsa Kanaan yang kafir (bd. Kej 14:18; Yoh 15:63).
[16:6] 13 Full Life : ENGKAU HARUS HIDUP!
Nas : Yeh 16:6
Allah memberi hidup kepada Yerusalem, memilihnya menjadi kota suci dan membangkitkan semangat Daud untuk merebutnya dari suku Yebus (2Sam 5:6-10).
[16:8] 14 Full Life : MENGADAKAN PERJANJIAN.
Nas : Yeh 16:8-14
Selaku pilihan Allah, Yerusalem menerima berbagai berkat dan karunia dari Allah. Di bawah pengawasan-Nya dia bertumbuh ke arah kedewasaan penuh, dan Tuhan memberinya kecantikan luar biasa lalu menyatakannya sebagai milik-Nya. Setelah pernikahannya, namanya makin harum di seluruh dunia kuno (khususnya pada zaman pemerintahan Daud dan Salomo).
[16:8] 15 Full Life : MENGHAMPARKAN KAIN-KU KEPADAMU.
Nas : Yeh 16:8
Kiasan ini melambangkan perlindungan dan hal memasuki hubungan pernikahan
(lihat cat. --> Rut 3:9).
[atau ref. Rut 3:9]
[16:15] 16 Full Life : ENGKAU MENGHAMBURKAN PERSUNDALANMU.
Nas : Yeh 16:15
Yerusalem mulai mengandalkan kecantikan dan kekayaannya (bd. Ul 6:10-12) dan bukan Allah. Ia menjadi sundal secara rohani dengan menjadi tidak setia dan meninggalkan Tuhan. Ia mengikat perjanjian dengan bangsa-bangsa asing (bd. 1Raj 11:1-13) dan mulai menyembah dewa-dewa mereka. Perzinaan rohani dewasa ini dilakukan oleh gereja atau perseorangan yang meninggalkan Tuhan dan menyerahkan diri kepada kenikmatan dosa dan nilai-nilai duniawi dan bukan kepada Allah dan kerajaan-Nya.
[16:17] 17 Full Life : ENGKAU BERSUNDAL.
Nas : Yeh 16:17
Penduduk Yerusalem bukan hanya melakukan perzinaan rohani, tetapi mereka juga terlibat di dalam kebejatan jasmaniah dalam upacara kesuburan agama-agama Kanaan.
[16:20] 18 Full Life : ANAK-ANAKMU LELAKI DAN PEREMPUAN ... MEMPERSEMBAHKANYA.
Nas : Yeh 16:20
Akhirnya kemurtadan Yerusalem mengakibatkan keterlibatan dalam persembahan anak (bd. 2Raj 16:3; 21:6) dan semua bentuk kebiasaan kafir yang keji (ayat Yeh 16:21-25).
[16:37] 19 Full Life : MENGUMPULKAN SEMUA KEKASIH-KEKASIHMU.
Nas : Yeh 16:37-42
Yerusalem telah melakukan perzinaan rohani dengan bangsa lain dan dewa-dewanya
(lihat cat. --> Yeh 16:15);
[atau ref. Yeh 16:15]
kini Allah akan memakai bangsa-bangsa itu untuk menghukumnya. Mereka akan membawa kebinasaan yang demikian berat sehingga tidak diperlukan hukuman selanjutnya lagi.
[16:43] 20 Full Life : MASA MUDAMU.
Nas : Yeh 16:43
Pada masa-masa pembentukannya, Yerusalem tergantung kepada Tuhan dan berkat-berkat-Nya; tetapi kini ia telah melupakan saat-saat itu dan sekarang mengejar dewa-dewa lainnya. Kesalahan tragis yang sama dilakukan oleh berbagai gereja dan aliran ketika tidak lagi lapar akan kehadiran Allah atau tidak lagi mencari dahulu kerajaan-Nya di dalam kebenaran, damai sejahtera, sukacita dan kuasa Roh Kudus (bd. Rom 14:17); sebaliknya, mereka membiarkan kebiasaan-kebiasaan duniawi dan ketiadaan hidup rohani yang murni serta manifestasi Roh.
[16:60] 21 Full Life : AKU AKAN MENGINGAT PERJANJIAN-KU.
Nas : Yeh 16:60
Setelah Allah menghukum Yerusalem dan seluruh bangsa Israel, Ia akan mengingat kembali janji-Nya kepada Abraham (bd. Kej 17:7-8; Im 26:42;
lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN ABRAHAM, ...),
dan mengembalikan mereka ke tanah Kanaan dan persekutuan dengan Dia. "Perjanjian baru" yang diucapkan oleh Yeremia (Yer 31:31-34) dan Yehezkiel (Yeh 11:18-20; 36:26-28; 37:26-28) akan melibatkan pengorbanan dan kematian Yesus Kristus yang mendamaikan di salib.
[9:5] 22 Full Life : KAMI TELAH BERBUAT DOSA.
Nas : Dan 9:5
Daniel tidak duduk diam dan secara pasif menunggu pemulihan yang dijanjikan itu
(lihat cat. --> Dan 9:2 sebelumnya);
[atau ref. Dan 9:2]
sebaliknya ia mulai memohon dengan sungguh-sungguh di dalam doa dan puasa (ayat Dan 9:3) untuk penggenapan firman Allah. Daniel memulai doa syafaatnya dengan mengakui kebesaran Allah yang membangkitkan rasa hormat, kasih setia-Nya, dan kemurahan perjanjian-Nya yang ditunjukkan kepada orang yang mengasihi dan menaati-Nya. Kemudian ia membuat pengakuan, menyamakan dirinya dengan umat Israel yang telah berdosa dan memberontak terhadap Allah. Ia meminta pemulihan Yerusalem bukan karena kebenaran di dalam dirinya atau Israel, tetapi demi Tuhan (Dan 9:17-18). Ketika Allah menanggapi, Ia menunjukkan kemurahan dan belas kasihan-Nya yang besar sebagai Allah yang memenuhi janji-janji-Nya.