Teks -- Yohanes 9:1-3 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Yoh 9:3
Full Life: Yoh 9:3 - PEKERJAAN-PEKERJAAN ALLAH HARUS DINYATAKAN.
Nas : Yoh 9:3
Di sini Yesus membetulkan pemahaman salah para murid bahwa setiap
penyakit yang berat adalah akibat suatu dosa. Kadang-kadang penyaki...
Nas : Yoh 9:3
Di sini Yesus membetulkan pemahaman salah para murid bahwa setiap penyakit yang berat adalah akibat suatu dosa. Kadang-kadang penyakit disebabkan oleh dosa serius (Yoh 5:14), tetapi tidak selalu. Kadang-kadang penderitaan diizinkan Allah karena maksud ilahi, yaitu untuk menunjukkan kemurahan, kasih, dan kuasa Allah. Di dalam dunia sering kali orang yang tidak bersalah akan menderita sedangkan orang jahat tidak (bd. Mazm 73:1-14;
lihat art. PENDERITAAN ORANG BENAR).
Jerusalem -> Yoh 9:3
Ende -> Yoh 9:2
Ende: Yoh 9:2 - -- Siapakah jang berdosa". Orang Jahudi umumnja beranggapan dan malah diadjarkan
oleh para nabi, bahwa segala bentjana, kemelaratan, penjakit dan tjatjat...
Siapakah jang berdosa". Orang Jahudi umumnja beranggapan dan malah diadjarkan oleh para nabi, bahwa segala bentjana, kemelaratan, penjakit dan tjatjat badan adalah hukuman Allah atas dosa orang jang bersangkutan.
Ref. Silang FULL: Yoh 9:2 - Rabi // berbuat dosa // orang ini // orang tuanya · Rabi: Mat 23:7; Mat 23:7
· berbuat dosa: Yoh 9:34; Luk 13:2; Kis 28:4
· orang ini: Yeh 18:20
· orang tuanya: Kel 20:5; A...
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Yoh 9:1; Yoh 9:1-12; Yoh 9:1; Yoh 9:1-41; Yoh 8:12--10:42; Yoh 1:19--10:42; Yoh 9:2; Yoh 9:2; Yoh 9:3; Yoh 9:3
Hagelberg: Yoh 9:1 - -- 9:1 Waktu Yesus sedang lewat, Ia melihat seorang yang buta sejak lahirnya.
Penjelasan waktu ini, Waktu Yesus sedang lewat, begitu luas, sehingga tangg...
9:1 Waktu Yesus sedang lewat, Ia melihat seorang yang buta sejak lahirnya.
Penjelasan waktu ini, Waktu Yesus sedang lewat, begitu luas, sehingga tanggal peristiwa ini tidak dapat dipastikan. Pasal 8 terjadi pada akhir hari raya Pondok Daun, dan pasal 10:22-39 terjadi tiga bulan kemudian pada hari raya Pentahbisan Bait Allah. Namun peristiwa ini menjembatani dua pasal tersebut, karena Terang Dunia yang ditolak dalam pasal 8 bercahaya dalam pasal 9 untuk menyatakan sikap hati Gembala yang Baik dan sikap hati pencuri dan perampok.
Banyak orang buta disembuhkan dalam Injil Sinoptik, tetapi tidak disebutkan bahwa mereka buta sejak lahir seperti orang ini.
Hagelberg: Yoh 9:1-12 - -- a. Tanda itu sendiri (9:1-12)
Dalam seluruh Perjanjian Lama tidak ada penyembuhan orang buta. Hanya Tuhan Yesus yang mecelikkan mata orang buta sejak ...
a. Tanda itu sendiri (9:1-12)
Dalam seluruh Perjanjian Lama tidak ada penyembuhan orang buta. Hanya Tuhan Yesus yang mecelikkan mata orang buta sejak lahir dalam Perjanjian Baru.753 Dalam Keluaran 4:11 dan Mazmur 146:8, penyembuhan orang buta adalah karya Allah sendiri. Dalam Yesaya 29:18; 35:5; dan 42:7 penyembuhan orang buta adalah tanda zaman Mesias.754 Tradisi rabi-rabi Yahudi juga mengaku hal yang sama.755 Oleh karena itu, maka penyembuhan orang buta adalah tanda yang istimewa bagi orang Yahudi.
Hagelberg: Yoh 9:1 - -- 9:1 Waktu Yesus sedang lewat, Ia melihat seorang yang buta sejak lahirnya.
Penjelasan waktu ini, Waktu Yesus sedang lewat, begitu luas, sehingga tangg...
9:1 Waktu Yesus sedang lewat, Ia melihat seorang yang buta sejak lahirnya.
Penjelasan waktu ini, Waktu Yesus sedang lewat, begitu luas, sehingga tanggal peristiwa ini tidak dapat dipastikan. Pasal 8 terjadi pada akhir hari raya Pondok Daun, dan pasal 10:22-39 terjadi tiga bulan kemudian pada hari raya Pentahbisan Bait Allah. Namun peristiwa ini menjembatani dua pasal tersebut, karena Terang Dunia yang ditolak dalam pasal 8 bercahaya dalam pasal 9 untuk menyatakan sikap hati Gembala yang Baik dan sikap hati pencuri dan perampok.
Banyak orang buta disembuhkan dalam Injil Sinoptik, tetapi tidak disebutkan bahwa mereka buta sejak lahir seperti orang ini.
Hagelberg: Yoh 9:1-41 - -- 2. Yesus menyembuhkan orang yang buta sejak lahir (9:1-41)
Tema utama dari perdebatan tadi, pasal 8:12-59, adalah bahwa Tuhan Yesus adalah Terang, dan...
2. Yesus menyembuhkan orang yang buta sejak lahir (9:1-41)
Tema utama dari perdebatan tadi, pasal 8:12-59, adalah bahwa Tuhan Yesus adalah Terang, dan mereka yang melawan Dia adalah pendusta dan pembunuh. Pasal ini membuktikan pokok yang sama melalui suatu mukjizat serta reaksi mereka.
Suasana pasal ini lebih tenang daripada suasana akhir pasal 9, tetapi pada pasal 10:39 mereka berusaha lagi untuk mengangkap Dia.752
Hagelberg: Yoh 8:12--10:42 - -- D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)
D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)
II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)
Hagelberg: Yoh 9:2 - -- 9:2 Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya, "Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orangtuanya, sehingga ia dilahirkan buta?"
Rabi Amm...
9:2 Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya, "Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orangtuanya, sehingga ia dilahirkan buta?"
Rabi Ammi berkata, "Tidak ada kematian tanpa dosa, dan tidak ada penderitaan tanpa pelanggaran." Dia mendukung pernyataan tersebut dengan Mazmur 89:32, yang berkata, "...Aku akan membalas pelanggaran mereka dengan gada, dan kesalahan mereka dengan pukulan-pukulan."756 Menurut theologia mereka, penderitaan pasti merupakan akibat dosa. Murid-murid-Nya agak bingung dalam kasus ini, karena mereka mengerti bahwa orang itu buta sejak lahir. Jika demikian, keadaannya bukan merupakan akibat dosa orang ini sendiri, karena dia buta sebelum dia dapat berdosa. Alternatifnya juga tidak mudah diterima, yaitu bahwa dia buta karena dosa orangtuanya. Namun rabi-rabi Israel mengajar bahwa dosa orangtua dapat menyebabkan penderitaan anaknya.757
Hagelberg: Yoh 9:2 - -- 9:2 Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya, "Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orangtuanya, sehingga ia dilahirkan buta?"
Rabi Amm...
9:2 Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya, "Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orangtuanya, sehingga ia dilahirkan buta?"
Rabi Ammi berkata, "Tidak ada kematian tanpa dosa, dan tidak ada penderitaan tanpa pelanggaran." Dia mendukung pernyataan tersebut dengan Mazmur 89:32, yang berkata, "...Aku akan membalas pelanggaran mereka dengan gada, dan kesalahan mereka dengan pukulan-pukulan."756 Menurut theologia mereka, penderitaan pasti merupakan akibat dosa. Murid-murid-Nya agak bingung dalam kasus ini, karena mereka mengerti bahwa orang itu buta sejak lahir. Jika demikian, keadaannya bukan merupakan akibat dosa orang ini sendiri, karena dia buta sebelum dia dapat berdosa. Alternatifnya juga tidak mudah diterima, yaitu bahwa dia buta karena dosa orangtuanya. Namun rabi-rabi Israel mengajar bahwa dosa orangtua dapat menyebabkan penderitaan anaknya.757
Hagelberg: Yoh 9:3 - -- 9:3 Jawab Yesus, "Bukan dia dan bukan juga orangtuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.
Tuhan Yesus tidak menya...
9:3 Jawab Yesus, "Bukan dia dan bukan juga orangtuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.
Tuhan Yesus tidak menyangkal bahwa penderitaan kadang-kadang disebabkan oleh dosa. Kepada orang yang disembuhkan di Kolam Betesda Ia berkata, "Engkau telah sembuh; jangan berbuat dosa lagi, supaya padamu jangan terjadi yang lebih buruk" (Yohanes 5:14). Tuhan Yesus menyangkal bahwa penderitaan dan kesakitan selalu merupakan akibat dosa pribadi.758 Demikianlah dalam kasus ini.
Sebagai Terang Dunia, Dia menyatakan pekerjaan Allah dalam peristiwa ini. Namun "kegelapan" tidak akan memahaminya.
Hagelberg: Yoh 9:3 - -- 9:3 Jawab Yesus, "Bukan dia dan bukan juga orangtuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.
Tuhan Yesus tidak menya...
9:3 Jawab Yesus, "Bukan dia dan bukan juga orangtuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.
Tuhan Yesus tidak menyangkal bahwa penderitaan kadang-kadang disebabkan oleh dosa. Kepada orang yang disembuhkan di Kolam Betesda Ia berkata, "Engkau telah sembuh; jangan berbuat dosa lagi, supaya padamu jangan terjadi yang lebih buruk" (Yohanes 5:14). Tuhan Yesus menyangkal bahwa penderitaan dan kesakitan selalu merupakan akibat dosa pribadi.758 Demikianlah dalam kasus ini.
Sebagai Terang Dunia, Dia menyatakan pekerjaan Allah dalam peristiwa ini. Namun "kegelapan" tidak akan memahaminya.