TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Ayub 7:10

Konteks
7:10 Ia tidak lagi kembali ke rumahnya, dan tidak dikenal lagi g  oleh tempat tinggalnya. h 

Ayub 19:13

Konteks
19:13 Saudara-saudaraku p  dijauhkan-Nya dari padaku, dan kenalan-kenalanku tidak lagi mengenal aku. q 

Ayub 29:16

Konteks
29:16 aku menjadi bapa bagi orang miskin, i  dan perkara j  orang yang tidak kukenal, k  kuselidiki.

Ayub 11:11

Konteks
11:11 Karena Ia mengenal penipu dan melihat kejahatan tanpa mengamat-amatinya. a 

Ayub 24:16

Konteks
24:16 Di dalam gelap mereka membongkar rumah, m  pada siang hari mereka bersembunyi; mereka tidak kenal terang, n 

Ayub 18:21

Konteks
18:21 Sungguh, demikianlah tempat kediaman m  orang yang curang, n  begitulah tempat o  tinggal orang yang tidak mengenal Allah. p "

Ayub 28:23

Konteks
28:23 Allah mengetahui jalan ke sana, Ia w  juga mengenal tempat kediamannya. x 

Ayub 2:12

Konteks
2:12 Ketika mereka memandang dari jauh, mereka tidak mengenalnya u  lagi. Lalu menangislah mereka dengan suara nyaring. v  Mereka mengoyak jubahnya, w  dan menaburkan debu di kepala x  terhadap langit.

Ayub 4:16

Konteks
4:16 Ia berhenti, tetapi rupanya tidak dapat kukenal. Suatu sosok ada di depan mataku, suara s  berbisik-bisik kudengar:

Ayub 16:13

Konteks
16:13 Aku dihujani anak panah, k  ginjalku ditembus-Nya l  dengan tak kenal belas kasihan, empeduku ditumpahkan-Nya ke tanah.

Ayub 42:11

Konteks
42:11 Kemudian datanglah kepadanya semua saudaranya laki-laki dan perempuan dan semua kenalannya yang lama, f  dan makan bersama-sama dengan dia di rumahnya. Mereka menyatakan turut berdukacita dan menghibur dia oleh karena segala malapetaka yang telah ditimpakan TUHAN kepadanya, g  dan mereka masing-masing memberi dia uang satu kesita dan sebuah cincin emas.

Ayub 20:4

Konteks
20:4 Belumkah engkau mengetahui semuanya itu sejak dahulu u  kala, sejak manusia ditempatkan di bumi,

Ayub 20:17

Konteks
20:17 Ia tidak boleh melihat batang-batang air dan sungai-sungai w  yang mengalirkan madu x  dan dadih. y 

Ayub 21:14

Konteks
21:14 Tetapi kata mereka kepada Allah: Pergilah r  dari kami! Kami tidak suka mengetahui jalan-jalan-Mu. s 

Ayub 23:10

Konteks
23:10 Karena Ia tahu jalan l  hidupku; seandainya Ia menguji aku 1 , m  aku akan timbul seperti emas. n 

Ayub 28:13

Konteks
28:13 Jalan d  ke sana tidak diketahui manusia, dan tidak didapati di negeri orang hidup. e 

Ayub 28:21

Konteks
28:21 Ia terlindung dari mata segala yang hidup, bahkan tersembunyi bagi burung di udara. t 

Ayub 31:6

Konteks
31:6 biarlah aku ditimbang v  di atas neraca w  yang teliti, maka Allah akan mengetahui, bahwa aku tidak bersalah. x 

Ayub 38:33

Konteks
38:33 Apakah engkau mengetahui hukum-hukum d  bagi langit? e  atau menetapkan pemerintahannya di atas bumi?

Ayub 41:33

Konteks
41:33 (41-24) Tidak ada taranya f  di atas bumi; itulah makhluk yang tidak mengenal takut.

Ayub 24:13

Konteks
24:13 Ada lagi golongan yang memusuhi terang, e  yang tidak mengenal jalannya dan tidak tetap tinggal pada lintasannya. f 

Ayub 20:20

Konteks
20:20 Sesungguhnya, ia tidak mengenal ketenangan dalam batinnya, e  dan ia tidak akan terluput dengan membawa harta bendanya. f 

Ayub 30:8

Konteks
30:8 mereka itulah orang-orang bebal m  yang tak dikenal, yang didepak dari negeri. n 

Ayub 19:15

Konteks
19:15 Anak semang s  dan budak perempuanku t  menganggap aku orang yang tidak dikenal, aku dipandang mereka orang asing.

Ayub 20:7

Konteks
20:7 namun seperti tahinya ia akan binasa untuk selama-lamanya; b  siapa yang pernah melihatnya, bertanya: Di mana dia? c 

Ayub 24:1

Konteks
Allah seakan-akan acuh tak acuh terhadap kejahatan
24:1 "Mengapa Yang Mahakuasa tidak mencadangkan masa b  penghukuman c  dan mereka yang mengenal Dia tidak melihat hari d  pengadilan-Nya?

Ayub 28:7

Konteks
28:7 Jalan ke sana tidak dikenal seekor burung buaspun, dan mata elang tidak melihatnya; s 

Ayub 38:20

Konteks
38:20 sehingga engkau dapat mengantarnya ke daerahnya, dan mengetahui jalan-jalan j  ke rumahnya?

Ayub 41:24

Konteks
41:24 (41-15) Hatinya keras seperti batu, keras seperti batu kilangan t  bawah.

Ayub 9:35

Konteks
9:35 maka aku akan berbicara tanpa rasa takut terhadap Dia, n  karena aku tidak menyadari o  kesalahanku."

Ayub 18:17

Konteks
18:17 Ingatan kepadanya lenyap dari bumi, a  namanya b  tidak lagi disebut di lorong-lorong. c 

Ayub 24:15

Konteks
24:15 Orang yang berzinah j  menunggu senja, k  pikirnya: Jangan seorangpun melihat aku; l  lalu dikenakannya tudung muka.

Ayub 27:7

Konteks
27:7 Biarlah musuhku mengalami seperti orang fasik, c  dan orang yang melawan d  aku seperti orang yang curang.

Ayub 27:22

Konteks
27:22 Dengan tak kenal belas kasihan f  Allah melempari dia, dengan cepat g  ia harus melepaskan diri dari kuasa-Nya. h 

Ayub 37:7

Konteks
37:7 Tangan setiap manusia diikat-Nya t  dengan dibubuhi meterai, agar semua orang mengetahui perbuatan-Nya. u 

Ayub 38:21

Konteks
38:21 Tentu engkau mengenalnya, karena ketika itu engkau telah lahir, k  dan jumlah hari-harimu telah banyak!

Ayub 4:7

Konteks
4:7 Camkanlah ini: siapa binasa z  dengan tidak bersalah dan di manakah orang yang jujur dipunahkan 2 ? a 

Ayub 7:9

Konteks
7:9 Sebagaimana awan lenyap d  dan melayang hilang, demikian juga orang yang turun ke dalam dunia orang mati e  tidak akan muncul kembali. f 

Ayub 19:27

Konteks
19:27 yang aku sendiri akan melihat memihak kepadaku; mataku m  sendiri menyaksikan-Nya 3  dan bukan orang lain. Hati sanubariku merana karena rindu. n 

Ayub 22:21

Konteks
22:21 Berlakulah ramah terhadap Dia, w  supaya engkau tenteram; x  dengan demikian engkau y  memperoleh keuntungan 4 .

Ayub 42:5

Konteks
42:5 Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, n  tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau 5 . o 

Ayub 1:1

Konteks
Kesalehan Ayub dicoba
1:1 Ada seorang laki-laki di tanah Us a  bernama Ayub 8 ; b  orang itu saleh c  dan jujur; d  ia takut akan Allah e  dan menjauhi kejahatan 9 . f 

Ayub 6:10

Konteks
6:10 Itulah yang masih merupakan hiburan h  bagiku, bahkan aku akan melompat-lompat kegirangan di waktu kepedihan i  yang tak kenal belas kasihan, sebab aku tidak pernah menyangkal firman j  Yang Mahakudus 8 . k 

Ayub 24:14

Konteks
24:14 Pada parak siang bersiaplah si pembunuh, orang sengsara g  dan miskin dibunuhnya, h  dan waktu malam ia berlaku seperti pencuri. i 

Ayub 2:10

Konteks
2:10 Tetapi jawab Ayub kepadanya: "Engkau berbicara seperti perempuan gila! Apakah kita mau menerima yang baik dari Allah, tetapi tidak mau menerima yang buruk 9 ? o " Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dengan bibirnya. p 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[23:10]  1 Full Life : SEANDAINYA IA MENGUJI AKU

Nas : Ayub 23:10-12

(versi Inggris NIV -- apabila Ia telah menguji aku). Ayub yakin bahwa Allah masih memperdulikan hidupnya dan tahu bahwa tidak ada kesengsaraan yang dapat membuat Ayub berbalik dari kesetiaan kepada-Nya.

  1. 1) Ayub melihat penderitaannya sebagai ujian iman dan kasihnya kepada Tuhan. Ujiannya mirip dengan ujian Abraham ketika ia diminta mempersembahkan putranya Ishak (Kej 22:1-24).
  2. 2) Yesus sendiri diuji oleh semua penderitaan yang dialami-Nya (Ibr 5:8), dan hasilnya ialah bahwa Dia kini menjadi pola dan teladan kita (1Pet 2:21); selaku pengikutnya kita diminta mengikuti jejak-Nya (Ibr 13:12-13).
  3. 3) Keyakinan Ayub yang kokoh bahwa dia akan lulus ujian dan tidak akan meninggalkan Tuhannya berlandaskan
    1. (a) ketaatannya yang setia pada masa lalu (ayat Ayub 23:11-12),
    2. (b) kasihnya akan firman Allah (ayat Ayub 23:12), dan
    3. (c) hormat dan takutnya akan Allah (ayat Ayub 23:13-15). Demikian juga, orang percaya PB harus menetapkan untuk tidak pernah menyimpang dari ketaatannya kepada Allah, tetapi sebaliknya takut akan berbagai akibat ketidakbenaran dan untuk lebih mengasihi firman Allah daripada makanan sehari-hari (bd. Mazm 40:9; 119:11;

      lihat cat. --> Yak 1:21).

      [atau ref. Yak 1:21]

[4:7]  2 Full Life : DI MANAKAH ORANG YANG JUJUR DIPUNAHKAN?

Nas : Ayub 4:7

Teologi bahwa yang benar tidak akan binasa dan yang jahat akan dihukum adalah benar dari sudut pandangan kekekalan (lih. Gal 6:7; Ibr 10:13); pada akhirnya, keadilan akan dijalankan. Akan tetapi, di bumi ini, sering kali pembalasan adil justru tidak terjadi dan yang tidak bersalahlah yang menderita. Kegagalan untuk menyadari kebenaran ini menjadi kesalahan pokok dalam pikiran Elifas (mis. Mat 23:25; Luk 13:4-5; Yoh 9:1-3; 1Pet 2:19-20).

[19:27]  3 Full Life : MATAKU SENDIRI MENYAKSIKAN-NYA.

Nas : Ayub 19:27

Kerinduan Ayub untuk melihat Allah-Penebusnya sangat melampaui semua keinginan lain yang terungkap dalam kitab ini

(lihat cat. --> Ayub 23:3).

[atau ref. Ayub 23:3]

Ayub merindukan hari itu ketika ia dapat melihat wajah Tuhan dalam penebusan penuh. Demikian pula, orang percaya PB merindukan kedatangan Juruselamat mereka (1Kor 1:7; 2Tim 4:8) dan hari penggenapan, ketika "kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka" (Wahy 21:3) dan "mereka akan melihat wajah-Nya" (Wahy 22:4).

[22:21]  4 Full Life : ENGKAU MEMPEROLEH KEUNTUNGAN.

Nas : Ayub 22:21-30

Elifas menghimbau Ayub dengan doktrin pertobatan yang tradisional namun terlalu sederhana: jikalau Ayub bersedia kembali kepada Allah, menerima instruksi dari firman-Nya, merendahkan diri dan menghapus dosa dari hidupnya, dan meninggalkan ketergantungannya pada hal-hal dunia serta bersukacita di dalam Yang Mahakuasa, maka dengan sendirinya Allah akan membebaskannya dari semua kesulitan, doa-doanya akan didengar, dan keberhasilan akan mengikuti semua usahanya. Akan tetapi, Elifas bersalah dalam tiga hal.

  1. 1) Pertobatan dan keselamatan tidak selalu menghasilkan kemakmuran jasmaniah dan materiel. Kadang-kadang orang beriman, justru karena kesetiaannya "menderita kekurangan, kesesakan, dan siksaan" (Ibr 11:37); sekalipun mereka mempercayai janji-janji Allah, namun saat ini mereka "tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu" (Ibr 11:39).
  2. 2) Ketika menasihati Ayub untuk bertobat supaya memperoleh kembali kesehatan dan kemakmurannya, Elifas dengan tidak sengaja berpihak kepada Iblis dan tuduhan-tuduhannya menentang Ayub dan Allah. Iblis sebelumnya sudah menuduh Ayub melayani Allah hanya karena apa yang dapat diperoleh daripada-Nya (Ayub 1:9-11). Perhatikan bahwa jikalau Ayub bertobat karena dosa yang terduga supaya memperoleh berkat Allah, maka dia memang layak dituduh melayani Allah hanya demi keuntungan pribadi.
  3. 3) Walaupun perkataan Elifas dengan fasik mengungkapkan pentingnya pertobatan, perkataan itu diucapkan dengan motivasi yang salah. Sama sekali tidak ada simpati di dalam hatinya terhadap penderitaan Ayub. Kegagalan Elifas menunjukkan bahwa amanat pertobatan yang dialamatkan kepada yang lemah dan menderita harus disertai kata-kata penghiburan dan belas kasihan.

[42:5]  5 Full Life : SEKARANG MATAKU SENDIRI MEMANDANG ENGKAU.

Nas : Ayub 42:5

Ayub sebelumnya berdoa untuk melihat Sang Penebus (Ayub 19:27); kini kerinduan itu terpenuhi. Firman dan kehadiran Allah membawa suatu penyataan yang lebih besar tentang sifat dan jalan Allah bagi Ayub. Melalui pengalaman pribadi ini, Ayub diubah oleh suatu kesadaran akan pengampunan, kepercayaan yang dibaharui akan kebaikan Allah dan pengalaman yang menenteramkan hati akan kasih Allah.

  1. 1) Penampakan Allah kepada Ayub membuktikan kebenaran Ayub, dan ini juga merupakan jaminan bagi semua orang percaya yang setia bahwa Tuhan akan menerima pertanyaan kita yang tulus ketika kita mengalami kesulitan atau penderitaan yang tidak bisa dijelaskan.
  2. 2) Allah itu sabar dengan umat-Nya dan menaruh simpati terhadap kelemahan-kelemahan, salah pengertian, dan bahkan kemarahan kita (Ibr 4:15). Seperti halnya dengan Ayub, apabila kita tahan menderita, Allah akan menyatakan kehadiran-Nya dan menyampaikan perhatian-Nya kepada kita.

[1:1]  6 Full Life : AYUB.

Nas : Ayub 1:1

Agaknya Ayub hidup pada zaman leluhur Israel (Abraham, Ishak, Yakub, sekitar 2100-1800 SM). Banyak ahli beranggapan bahwa tanah Us terletak di sebelah tenggara Palestina dan Laut Mati atau di bagian utara Arab

(lih. Pendahuluan Ayub).

Yang lain beranggapan bahwa tanah Us terletak di bagian timur laut Danau Galilea, dekat Damsyik.

[1:1]  7 Full Life : SALEH DAN JUJUR; IA TAKUT AKAN ALLAH DAN MENJAUHI KEJAHATAN.

Nas : Ayub 1:1

Teks :
  1. 1) Takut akan Allah dan menjauhi kejahatan menjadi landasan kesalehan dan kejujuran Ayub (bd. Ams 1:7). "Saleh" mengacu kepada integritas moral Ayub dan komitmen sepenuh hati kepada Allah; "jujur" menunjukkan kebenaran dalam perkataan, tindakan, dan pikiran.
  2. 2) Pernyataan tentang kebenaran Ayub ini diulangi oleh Allah sendiri dalam ayat Ayub 1:8 dan Ayub 2:3, yang dengan jelas menegaskan bahwa melalui kasih karunia-Nya Allah dapat menebus manusia yang berdosa sehingga menjadikan mereka sungguh-sungguh benar, baik, dan menang atas dosa. Pernyataan ini memalukan dan menyalahkan ajaran injili dewasa ini yang beranggapan bahwa
    1. (a) tidak ada orang percaya di dalam Kristus, bahkan dengan bantuan sepenuhnya Roh Kudus yang ini tersedia, dapat mengharapkan dirinya tanpa cacat dan jujur di dalam hidup ini; dan
    2. (b) orang percaya tak usah terkejut apabila mereka berbuat dosa tiap hari dalam perkataan, tindakan, dan pikiran tanpa harapan untuk menaklukkan tabiat berdosa selama hidup ini.

[6:10]  8 Full Life : AKU TIDAK PERNAH MENYANGKAL FIRMAN YANG MAHAKUDUS.

Nas : Ayub 6:10

Di dalam semua penderitaannya, yang menghibur Ayub ialah bahwa dia tidak berpaling dari Tuhan atau menyangkal firman-Nya. Karena tidak merasa telah berbuat dosa tertentu, Ayub menegaskan ketidaksalahannya sepanjang kitab ini (lih. Ayub 16:17; 27:6), yakin bahwa dirinya senantiasa berusaha untuk menghormati dan menaati Allah. Karena itu ia dapat bersukacita, bahkan dalam kepedihannya.

[2:10]  9 Full Life : TIDAK MAU MENERIMA YANG BURUK?

Nas : Ayub 2:10

Orang percaya sejati harus mempersiapkan diri untuk diuji oleh Allah melalui kesengsaraan dan juga menerima yang baik dari tangan-Nya. Mempercayai Allah tidaklah berarti bahwa Dia senantiasa akan membebaskan kita dari kesulitan, demikian pula kesetiaan kepada Allah tidak menjamin kemakmuran dan keberhasilan

(lihat cat. --> Ayub 2:3;

lihat cat. --> 3Yoh 1:2).

[atau ref. Ayub 2:3; 3Yoh 1:2]

Ketika kesukaran datang, orang percaya yang tidak merasa ada dosa atau pemberontakan melawan Allah dalam hatinya, harus menyerahkan jiwanya kepada Allah. Beriman kepada Allah sebagai Tuhan yang pengasih di tengah-tengah pencobaan dan penindasan mengungkapkan kemenangan sempurna dari iman (1Pet 1:3-9).



TIP #20: Untuk penyelidikan lebih dalam, silakan baca artikel-artikel terkait melalui Tab Artikel. [SEMUA]
dibuat dalam 0.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA