Program Bacaan 

Bacaan Alkitab 1 Agustus

<<
>>
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      

Yesaya 16:1--18:7

Konteks
16:1 Mereka mengirim anak domba g  kepada pemerintah h  negeri, dari Sela i  melalui padang gurun ke gunung puteri Sion 1 . j  16:2 Seperti burung yang lari terbang, dan isi sarang k  yang diusir, demikianlah anak-anak perempuan Moab l  di tempat-tempat penyeberangan m  sungai Arnon. n  16:3 "Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, o  janganlah khianati orang-orang pelarian! 16:4 Biarkanlah orang-orang yang terbuang dari Moab menumpang padamu, jadilah tempat persembunyian p  baginya terhadap si pembinasa! Apabila penggagahan q  sudah berakhir 2 , pembinasaan sudah lewat r  dan orang lalim sudah habis lenyap dari negeri, 16:5 maka suatu takhta s  akan ditegakkan t  dalam kasih setia dan di atasnya, dalam kemah Daud, u  akan duduk senantiasa seorang hakim yang menegakkan keadilan, v  dan yang segera melakukan kebenaran." 16:6 Kami telah mendengar tentang keangkuhan w  Moab 3 , x  alangkah angkuhnya dia, tentang kecongkakannya, keangkuhannya dan kegemasannya, dan tentang cakap anginnya yang tidak benar. 16:7 Sebab itu biarlah orang Moab meratap, y  seorang karena yang lain, biarlah sekaliannya meratap. Mengingat kue kismis z  Kir-Hareset a  biarlah mereka mengaduh dan hancur luluh sama sekali! 16:8 Sebab kebun-kebun Hesybon b  dan pohon anggur Sibma c  telah merana; d  para penguasa bangsa-bangsa telah memotong pohon-pohon anggurnya e  yang terbaik, yang dahulu meluas sampai ke Yaezer f  dan merambat ke padang gurun; ranting-rantingnya berserak g  sampai ke seberang laut. h  16:9 Sebab itu aku turut menangis i  dengan Yaezer karena pohon anggur Sibma; aku mau membasahi engkau dengan air mataku, j  hai Hesybon dan Eleale, k  sebab pada musim kemarau tepat waktu panen l  musuhmu menyerbu dengan pekik m  pertempuran. 16:10 Telah lenyap sukaria dan sorak-sorak dari kebun n  buah-buahan; telah menghilang dari kebun-kebun anggur tempik sorak dan sorak-sorai; o  tiada pengirik p  anggur di tempat pemerasan 4 , q  pekik mereka sudah berhenti. 16:11 Oleh karena itu, seperti kecapi r  mendengking, begitulah hatiku menjerit melihat keadaan Moab, s  dan batinku t  tergerak melihat keadaan Kir-Heres. 16:12 Maka sekalipun Moab pergi beribadah dan bersusah payah di atas bukit pengorbanan u  dan masuk ke tempat kudusnya v  untuk berdoa, ia tidak akan mencapai apa-apa. w  16:13 Itulah firman yang diucapkan TUHAN tentang Moab pada waktu yang lalu. 16:14 Maka sekarang TUHAN berfirman: "Dalam tiga tahun, x  menurut masa kerja y  z  prajurit upahan, maka kemuliaan Moab, serta dengan keramaiannya yang besar, akan menjadi kehinaan, a  dan orang yang tertinggal akan sangat sedikit dan tiada berkuasa. b "
Ucapan ilahi terhadap Damsyik dan Efraim
17:1 Ucapan ilahi c  terhadap Damsyik. d  Sesungguhnya, Damsyik tidak akan tetap sebagai kota 5 , nanti menjadi suatu timbunan reruntuhan; e  17:2 kampung-kampungnya f  akan ditinggalkan selama-lamanya dan menjadi tempat bagi kawanan-kawanan ternak, g  yang berbaring h  dengan tidak diganggu i  oleh siapapun. 17:3 Kubu-kubu j  akan hilang dari Efraim dan kuasa kerajaan akan lenyap dari Damsyik, juga sisa-sisa Aram, semuanya akan lenyap sama seperti kemuliaan k  orang Israel, l  demikianlah firman TUHAN semesta alam. 17:4 Maka pada waktu itu m  kemuliaan n  Yakub akan berkurang, dan kemakmurannya akan susut; o  17:5 keadaannya seperti gandum yang digenggam orang untuk dituai p  dan tangannya memetik bulir-bulir; atau seperti bulir-bulir q  yang dipungut orang di lembah orang Refaim. r  17:6 Dari padanya akan tertinggal s  sisa untuk pemetikan susulan seperti pada waktu orang menjolok t  buah zaitun, tertinggal satu dua di sebelah pucuknya dan beberapa di dahan-dahannya, demikianlah firman TUHAN, Allah Israel. 17:7 Pada waktu itu u  manusia akan memandang v  kepada Dia yang menjadikannya 6 , w  dan matanya akan melihat kepada Yang Mahakudus, x  Allah Israel; 17:8 ia tidak akan memandang kepada mezbah-mezbah y  buatan tangannya z  sendiri, dan tidak akan melihat kepada yang dikerjakan oleh tangannya, a  yakni tiang-tiang b  berhala dan pedupaan-pedupaan. 17:9 Pada waktu itu kota-kotamu akan ditinggalkan seperti kota-kota orang Hewi dan orang Amori yang mereka tinggalkan karena orang Israel, sehingga menjadi sunyi sepi. c  17:10 Sebab engkau telah melupakan d  Allah yang menyelamatkan e  engkau 7 , dan tidak mengingat gunung batu f  kekuatanmu. g  Sebab itu sekalipun engkau membuat taman yang permai dan menanaminya dengan cangkokan h  luar negeri, 17:11 sekalipun pada hari menanamnya engkau membuatnya tumbuh subur, dan pada pagi i  mencangkokkannya engkau membuatnya berbunga, namun panen j  akan segera lenyap k  pada hari kesakitan dan hari penderitaan l  yang sangat payah. m 
Ucapan ilahi terhadap Asyur
17:12 Wahai! Ributnya n  banyak bangsa-bangsa, mereka ribut seperti ombak laut o  menderu! Gaduhnya p  suku-suku bangsa, mereka gaduh seperti gaduhnya air q  yang hebat! 17:13 Suku-suku bangsa gaduh r  seperti gaduhnya air yang besar; tetapi TUHAN menghardiknya, s  sehingga mereka lari t  jauh-jauh, terburu-buru seperti sekam u  di tempat penumbukan dihembus angin, dan seperti dedak ditiup puting beliung. v  17:14 Menjelang waktu senja, sesungguhnya w  ada kedahsyatan! x  Sebelum hari pagi, mereka sudah tidak ada lagi! y  Itulah bagian orang-orang yang merampoki kita, dan itulah yang ditentukan bagi orang-orang yang merampasi kita.
Ucapan ilahi terhadap Etiopia
18:1 Wahai! z  Negeri dengingan sayap di seberang sungai-sungai Etiopia 8 , a  18:2 yang mengirim duta-duta b  melalui laut dalam perahu-perahu pandan c  mengarungi permukaan air! Pergilah, hai utusan-utusan yang tangkas, kepada bangsa yang jangkung dan berkulit mengkilap, d  kepada kaum yang ditakuti dekat dan jauh, yakni bangsa yang berkekuatan e  ulet dan lalim, yang negerinya dilintasi sungai-sungai! f  18:3 Hai semua penduduk dunia, g  hai orang-orang yang mendiami bumi! Apabila panji-panji h  dinaikkan di gunung-gunung, lihatlah; apabila sangkakala i  ditiup, dengarlah! 18:4 Sebab beginilah firman TUHAN kepadaku: "Aku akan menjenguk dari tempat j  kediaman-Ku dengan tidak bergerak, k  seperti hawa panas yang mendidih waktu panas terik, l  seperti kabut embun m  di panas musim menuai." 18:5 Sebab sebelum musim buah, apabila waktu berbunga sudah berakhir, dan gugusan putik menjadi buah anggur yang hendak masak, maka TUHAN akan mengerat n  ranting-rantingnya dengan pisau pemangkas, dan menyisihkan carang-carangnya o  dengan memancungnya. 18:6 Semuanya itu akan ditinggalkan bertumpuk-tumpuk bagi burung-burung buas p  di pegunungan, dan bagi binatang-binatang q  di hutan. Pada musim panas burung-burung buas akan bermukim di situ dan segala binatang hutan pada musim dingin. 18:7 Pada waktu itu juga persembahan r  akan disampaikan kepada TUHAN semesta alam dari kaum yang jangkung dan berkulit mengkilap, s  dan dari kaum yang ditakuti t  dekat dan jauh, yakni bangsa yang berkekuatan ulet dan lalim, yang negerinya dilintasi sungai-sungai, u  ke tempat nama TUHAN semesta alam, v  yaitu gunung Sion.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[16:1]  1 Full Life : GUNUNG PUTERI SION.

Nas : Yes 16:1-5

Orang pelarian dan pengungsi dari Moab disuruh mencari perlindungan di Yehuda dan menyerah kepada raja Yerusalem.

[16:4]  2 Full Life : PENGGAGAHAN SUDAH BERAKHIR.

Nas : Yes 16:4-5

Ketika memandang ke masa depan, Yesaya melihat kerajaan Mesias dan akhir semua penindasan.

[16:6]  3 Full Life : KEANGKUHAN MOAB.

Nas : Yes 16:6-13

Sekalipun peperangan dan kebinasaan suatu saat akan berakhir

(lihat cat. --> Yes 16:4 sebelumnya),

[atau ref. Yes 16:4]

orang Moab pada zaman Yesaya akan menghadapi hukuman karena keangkuhan dan kelalaian mereka untuk mengakui Allah dan kebenaran-Nya.

[16:10]  4 Full Life : TIADA PENGIRIK ANGGUR DI TEMPAT PEMERASAN.

Nas : Yes 16:10

Di sini, sari buah anggur segar yang belum difermentasi dan masih dalam tempat pemerasan disebut "anggur" (Ibr. _yayin_), sebagaimana halnya di tempat lain dalam PL

(lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA).

Istilah padanan dalam bahasa Yunani untuk _yayin_ ialah _oinos_

(lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1);

dan

lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (2)).

[17:1]  5 Full Life : DAMSYIK TIDAK AKAN TETAP SEBAGAI KOTA.

Nas : Yes 17:1-6

Damsyik, ibu kota Aram (ayat Yes 17:3), akan dikalahkan. Efraim (yaitu Israel atau kerajaan utara) juga akan menderita karena persekutuannya dengan Damsyik melawan Asyur.

[17:7]  6 Full Life : MEMANDANG KEPADA DIA YANG MENJADIKANNYA.

Nas : Yes 17:7

Hukuman Allah atas Israel akan menyebabkan kaum sisa meninggalkan penyembahan berhala dan berbalik kepada Tuhan Allah Pencipta mereka; mereka akan menyadari betapa tidak bergunanya berhala pada masa kesusahan dan perang.

[17:10]  7 Full Life : ENGKAU TELAH MELUPAKAN ALLAH YANG MENYELAMATKAN ENGKAU.

Nas : Yes 17:10

Melupakan Allah bukan dosa yang hanya dilakukan Israel. Yesus memperingatkan bahwa berbagai kekhawatiran hidup, tipu daya kekayaan, pencarian hal-hal materiel serta kenikmatan dosa dapat membantut firman Allah di dalam hidup seorang percaya (bd. Mr 4:3-9,14-20), dan membuat mereka melupakan Dia, berhenti berdoa setiap hari dan tidak lagi bergembira di dalam Dia dan firman-Nya. Pada saat hal ini terjadi, kita kehilangan berkat dan kehadiran Allah.

[18:1]  8 Full Life : ETIOPIA.

Nas : Yes 18:1

Etiopia terletak di bagian selatan Mesir. Rajanya ketika itu memerintah seluruh Mesir. Rupanya ia telah mengirim utusan ke Israel untuk mengadakan persekutuan melawan Asyur (ayat Yes 18:2). Allah sendiri akan mengalahkan Asyur, musuh itu, pada waktu-Nya (ayat Yes 18:3-6). Setelah kekalahan Asyur, rakyat Etiopia akan membawa persembahan ke Yerusalem (ayat Yes 18:7).



TIP #22: Untuk membuka tautan pada Boks Temuan di jendela baru, gunakan klik kanan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.01 detik
dipersembahkan oleh YLSA