TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Kidung Agung 3:1-2

Konteks
Impian mempelai perempuan
3:1 Di atas ranjangku pada malam hari kucari f  jantung hatiku. Kucari, tetapi tak kutemui dia 1 . 3:2 Aku hendak bangun dan berkeliling di kota; di jalan-jalan dan di lapangan-lapangan kucari dia, jantung hatiku. Kucari, tetapi tak kutemui dia.

Kidung Agung 3:1

Konteks
Impian mempelai perempuan
3:1 Di atas ranjangku pada malam hari kucari f  jantung hatiku. Kucari, tetapi tak kutemui dia 2 .

1 Samuel 28:6

Konteks
28:6 Dan Saul bertanya k  kepada TUHAN, tetapi TUHAN tidak menjawab dia 3 , baik dengan mimpi, l  baik dengan Urim, m  baik dengan perantaraan para nabi. n 

Mazmur 22:1-2

Konteks
Allahku, mengapa Kautinggalkan aku?
22:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Rusa di kala fajar. Mazmur Daud. (22-2) Allahku 4 , Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku 5 ? w  Aku berseru, x  tetapi Engkau tetap jauh y  dan tidak menolong aku. 22:2 (22-3) Allahku, aku berseru-seru pada waktu siang, tetapi Engkau tidak menjawab 6 , z  dan pada waktu malam, a  tetapi tidak juga aku tenang.

Mazmur 28:1

Konteks
TUHAN, perisaiku
28:1 Dari Daud. Kepada-Mu, ya TUHAN, gunung batuku, aku berseru, janganlah berdiam e  diri terhadap aku, sebab, jika Engkau tetap membisu 7  f  terhadap aku, aku menjadi seperti orang yang turun ke dalam liang kubur. g 

Mazmur 80:4

Konteks
80:4 (80-5) TUHAN, Allah semesta alam, berapa lama c  lagi murka-Mu menyala d  sekalipun umat-Mu berdoa?

Mazmur 88:9-14

Konteks
88:9 (88-10) mataku q  merana karena sengsara. Aku telah berseru r  kepada-Mu, ya TUHAN, sepanjang hari, telah mengulurkan tanganku s  kepada-Mu. 88:10 (88-11) Apakah Kaulakukan keajaiban bagi orang-orang mati? Masakan arwah bangkit untuk bersyukur kepada-Mu? t  Sela 88:11 (88-12) Dapatkah kasih-Mu diberitakan di dalam kubur, dan kesetiaan-Mu u  di tempat kebinasaan? 88:12 (88-13) Diketahui orangkah keajaiban-keajaiban-Mu dalam kegelapan, dan keadilan-Mu di negeri segala lupa? 88:13 (88-14) Tetapi aku ini, ya TUHAN, kepada-Mu aku berteriak minta tolong, v  dan pada waktu pagi w  doaku datang ke hadapan-Mu. x  88:14 (88-15) Mengapa, ya TUHAN, Kaubuang y  aku, Kausembunyikan wajah-Mu z  dari padaku?

Yesaya 58:2

Konteks
58:2 Memang setiap hari mereka mencari e  Aku 8  dan suka untuk mengenal segala jalan-Ku. Seperti bangsa yang melakukan yang benar dan yang tidak meninggalkan f  hukum Allahnya mereka menanyakan Aku tentang hukum-hukum yang benar, mereka suka mendekat g  menghadap Allah, tanyanya:

Yesaya 4:1-6

Konteks
4:1 Pada waktu itu p  tujuh orang perempuan q  akan memegang seorang laki-laki, serta berkata: "Kami akan menanggung makanan r  dan pakaian kami sendiri; hanya biarlah namamu dilekatkan kepada nama kami; ambillah aib s  yang ada pada kami!"
Yerusalem disucikan dan dilindungi
4:2 Pada waktu itu t  tunas yang ditumbuhkan TUHAN 9  u  akan menjadi kepermaian v  dan kemuliaan, dan hasil w  tanah menjadi kebanggaan dan kehormatan x  bagi orang-orang Israel yang terluput. y  4:3 Dan orang yang tertinggal di Sion z  dan yang tersisa a  di Yerusalem akan disebut kudus 10 , b  yakni setiap orang di Yerusalem yang tercatat c  untuk beroleh hidup, 4:4 apabila TUHAN telah membersihkan kekotoran d  puteri Sion e  dan menghapuskan f  segala noda darah g  Yerusalem dari tengah-tengahnya dengan roh yang mengadili h  dan yang membakar. i  4:5 Maka TUHAN akan menjadikan j  di atas seluruh wilayah gunung Sion k  dan di atas setiap pertemuan yang diadakan di situ segumpal awan pada waktu siang dan segumpal asap serta sinar api yang menyala-nyala pada waktu malam, l  sebab di atas semuanya itu akan ada kemuliaan m  TUHAN sebagai tudung n  4:6 dan sebagai pondok tempat bernaung o  pada waktu siang terhadap panas terik dan sebagai perlindungan p  dan persembunyian terhadap angin ribut q  dan hujan.

Yesaya 7:1--9:21

Konteks
Yesaya dan raja Ahas
7:1 Dalam zaman Ahas z  bin Yotam bin Uzia, raja Yehuda 11 , maka Rezin, a  raja Aram, b  dengan Pekah c  bin Remalya, d  raja Israel, maju ke Yerusalem untuk berperang melawan kota itu, namun mereka tidak dapat mengalahkannya. 7:2 Lalu diberitahukanlah kepada keluarga Daud: e  "Aram telah berkemah di wilayah Efraim, f " maka hati Ahas dan hati rakyatnya gemetar g  ketakutan seperti pohon-pohon hutan bergoyang ditiup angin. 7:3 Berfirmanlah TUHAN kepada Yesaya: "Baiklah engkau keluar menemui Ahas, engkau dan Syear Yasyub 12 , h  anakmu laki-laki, ke ujung saluran kolam atas, ke jalan raya pada Padang i  Tukang Penatu, 7:4 dan katakanlah kepadanya: Teguhkanlah hatimu dan tinggallah tenang, j  janganlah takut k  dan janganlah hatimu kecut l  karena kedua puntung m  kayu api yang berasap ini, yaitu kepanasan amarah n  Rezin dengan Aram dan anak Remalya. o  7:5 Oleh karena Aram dan Efraim dengan anak Remalya p  telah merancang q  yang jahat atasmu, dengan berkata: 7:6 Marilah kita maju menyerang Yehuda dan menakut-nakutinya serta merebutnya, kemudian mengangkat anak Tabeel sebagai raja di tengah-tengahnya, 7:7 maka beginilah firman r  Tuhan ALLAH: Tidak akan sampai hal itu, dan tidak akan terjadi, s  7:8 sebab Damsyik t  ialah ibu kota Aram, dan Rezin u  ialah kepala Damsyik. Dalam enam puluh lima tahun 13  Efraim akan pecah, v  tidak menjadi bangsa lagi. 7:9 Dan Samaria w  ialah ibu kota Efraim, dan anak Remalya ialah kepala Samaria. Jika kamu tidak percaya, x  sungguh, y  kamu tidak teguh jaya. z "
Pemberitaan mengenai Imanuel
7:10 TUHAN melanjutkan firman-Nya kepada Ahas, kata-Nya: 7:11 "Mintalah suatu pertanda a  dari TUHAN, Allahmu, biarlah itu sesuatu dari dunia orang mati yang paling bawah atau sesuatu dari tempat tertinggi b  yang di atas." 7:12 Tetapi Ahas menjawab: "Aku tidak mau meminta 14 , aku tidak mau mencobai c  TUHAN." 7:13 Lalu berkatalah nabi Yesaya: "Baiklah dengarkan, hai keluarga Daud! d  Belum cukupkah e  kamu melelahkan f  orang, sehingga kamu melelahkan Allahku g  juga? 7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: h  Sesungguhnya, seorang perempuan muda i  mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, j  dan ia akan menamakan Dia Imanuel 15 . k  7:15 Ia akan makan dadih l  dan madu m  sampai ia tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik, 7:16 sebab sebelum anak itu tahu n  menolak yang jahat dan memilih yang baik, o  maka negeri yang kedua rajanya engkau takuti akan ditinggalkan kosong. p  7:17 TUHAN akan mendatangkan atasmu dan atas rakyatmu dan atas kaum keluargamu hari-hari seperti yang belum pernah datang sejak Efraim menjauhkan diri q  dari Yehuda--yakni raja Asyur. r " 7:18 Pada hari itu s  akan terjadi: TUHAN bersuit t  memanggil lalat yang ada di ujung anak-anak sungai Nil, dan memanggil lebah yang ada di tanah Asyur. u  7:19 Dan semuanya akan datang hinggap di lembah-lembah yang terjal dan di celah-celah v  bukit-bukit batu, di segala pagar duri w  dan di segala tanah penggembalaan. 7:20 Pada hari itu x  dengan y  pisau cukur yang dipinjam dari seberang sungai Efrat, z  yakni raja Asyur, a  Tuhan akan mencukur kepala dan bulu paha, bahkan b  pisau itu akan melenyapkan janggut c  juga. 7:21 Pada hari itu d  setiap orang akan memiara seekor lembu betina yang muda dan dua ekor domba, e  7:22 dan karena banyaknya susu yang dihasilkan, mereka akan makan dadih; f  sungguh, dadih g  dan madu akan dimakan oleh setiap orang yang masih tinggal di dalam negeri. 7:23 Pada hari itu h  setiap tempat, di mana biasanya tumbuh seribu pohon anggur dan yang berharga seribu syikal perak, i  akan menjadi tempat puteri malu dan rumput. j  7:24 Orang pergi ke sana terpaksa membawa anak-anak panah dan busur, sebab puteri malu k  dan rumput belaka seluruh negeri itu. 7:25 Dan engkau tidak berani pergi ke segala lereng l  gunung yang biasanya dicangkul, karena takut akan puteri malu dan rumput; m  di situ hanya lembu dan domba akan berkeliaran. n 
Anak nabi sebagai tanda
8:1 Berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Ambillah sebuah batu tulis o  besar dan tuliskanlah di atasnya dengan tulisan biasa: Maher-Syalal Hash-Bas 16 . p " 8:2 Maka aku memanggil dua saksi yang dapat dipercaya, q  yaitu imam Uria r  dan Zakharia bin Yeberekhya. 8:3 Kemudian aku menghampiri isteriku; s  ia mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki. t  Lalu berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Namailah dia: Maher-Syalal Hash-Bas, u  8:4 sebab sebelum anak itu tahu v  memanggil: Bapa! Ibu! maka kekayaan Damsyik w  dan jarahan Samaria akan diangkut di depan raja Asyur. x "
Penyerbuan Asyur ke Yehuda
8:5 TUHAN melanjutkan lagi firman-Nya kepadaku: 8:6 "Oleh karena bangsa ini telah menolak y  air Syiloah 17  z  yang mengalir lamban, dan telah tawar hati terhadap Rezin dan anak Remalya, a  8:7 sebab itu, sesungguhnya, Tuhan akan membuat air b  sungai Efrat yang kuat dan besar, meluap-luap atas mereka, yaitu raja Asyur c  dengan segala kemuliaannya; d  air ini akan meluap melampaui segenap salurannya dan akan mengalir melampaui segenap tebingnya, e  8:8 serta menerobos masuk ke Yehuda, ibarat banjir yang meluap-luap f  hingga sampai ke leher; dan sayap-sayapnya g  yang dikembangkan akan menutup seantero negerimu, ya Imanuel 18 ! h " 8:9 Ketahuilah, i  hai bangsa-bangsa, dan terkejutlah, j  perhatikanlah, ya segala pelosok bumi, berikatpingganglah, k  dan terkejutlah; berikatpingganglah dan terkejutlah! 8:10 Buatlah rancangan, tetapi akan gagal l  juga; ambillah keputusan, tetapi tidak terlaksana m  juga, sebab Allah menyertai kami! n 
Yesaya terpaksa bersembunyi
8:11 Sebab beginilah firman TUHAN kepadaku, ketika tangan-Nya menguasai aku, o  dan ketika Ia memperingatkan aku, supaya jangan mengikuti p  tingkah laku bangsa ini: 8:12 "Jangan sebut persepakatan 19  segala apa yang disebut bangsa ini persepakatan, q  dan apa yang mereka takuti janganlah kamu takuti r  dan janganlah gentar s  melihatnya. 8:13 Tetapi TUHAN semesta alam, Dialah yang harus kamu akui sebagai Yang Kudus; t  kepada-Nyalah harus kamu takut 20  u  dan terhadap Dialah harus kamu gentar. v  8:14 Ia akan menjadi tempat kudus, w  tetapi juga menjadi batu sentuhan x  dan batu sandungan y  z  bagi kedua kaum Israel itu, serta menjadi jerat a  dan perangkap bagi penduduk Yerusalem. 8:15 Dan banyak di antara mereka akan tersandung, b  jatuh dan luka parah, tertangkap dan tertawan." 8:16 Aku harus menyimpan kesaksian c  ini dan memeteraikan d  pengajaran 21  ini di antara murid-muridku. 8:17 Dan aku hendak menanti-nantikan e  TUHAN yang menyembunyikan f  wajah-Nya terhadap kaum keturunan Yakub; aku hendak mengharapkan Dia. g  8:18 Sesungguhnya, aku dan anak-anak yang telah diberikan TUHAN kepadaku h  adalah tanda i  dan alamat j  di antara orang Israel dari TUHAN semesta alam yang diam di gunung Sion. k  8:19 Dan apabila orang berkata kepada kamu: "Mintalah petunjuk l  kepada arwah dan roh-roh peramal m  yang berbisik-bisik dan komat-kamit, n " maka jawablah: "Bukankah suatu bangsa patut meminta petunjuk o  kepada allahnya? Atau haruskah mereka meminta petunjuk kepada orang-orang mati bagi orang-orang hidup?" 8:20 "Carilah pengajaran p  dan kesaksian! q " Siapa yang tidak berbicara sesuai dengan perkataan itu, maka baginya tidak terbit fajar. r  8:21 Mereka akan lalu lalang di negeri s  itu, melarat dan lapar, t  dan apabila mereka lapar, mereka akan gusar dan akan mengutuk u  rajanya dan Allahnya; mereka akan menengadah ke langit, 8:22 dan akan melihat ke bumi, dan sesungguhnya, hanya kesesakan dan kegelapan, kesuraman v  yang mengimpit, dan mereka akan dibuang ke dalam kabut. w 
Kelahiran Raja Damai
9:1 (8-23) Tetapi tidak selamanya akan ada kesuraman 22  x  untuk negeri yang terimpit itu. Kalau dahulu TUHAN merendahkan tanah Zebulon dan tanah Naftali, y  maka di kemudian hari Ia akan memuliakan jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, wilayah bangsa-bangsa lain. 9:2 (9-1) Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan z  telah melihat terang a  yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, b  atasnya terang telah bersinar. c  9:3 (9-2) Engkau telah menimbulkan banyak sorak-sorak, d  dan sukacita yang besar; e  mereka telah bersukacita di hadapan-Mu, seperti sukacita di waktu panen, seperti orang bersorak-sorak di waktu membagi-bagi jarahan. f  9:4 (9-3) Sebab kuk g  yang menekannya dan gandar yang di atas bahunya h  serta tongkat si penindas i  telah Kaupatahkan j  seperti pada hari kekalahan k  Midian. 9:5 (9-4) Sebab setiap sepatu tentara yang berderap-derap dan setiap jubah yang berlumuran darah akan menjadi umpan api. l  9:6 (9-5) Sebab seorang anak telah lahir m  untuk kita 23 , seorang putera telah diberikan n  untuk kita; lambang pemerintahan o  ada di atas bahunya, p  dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, q  Allah yang Perkasa, r  Bapa s  yang Kekal, t  Raja Damai. u  9:7 (9-6) Besar kekuasaannya, v  dan damai sejahtera w  tidak akan berkesudahan 24  x  di atas takhta y  Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan z  dan kebenaran a  dari sekarang sampai selama-lamanya. b  Kecemburuan c  TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.
Murka TUHAN terhadap Efraim
9:8 (9-7) Tuhan telah melontarkan firman d  kepada Yakub 25 , dan firman-Nya itu menimpa Israel. 9:9 (9-8) Biarlah seluruh bangsa itu mengetahuinya, yakni Efraim e  dan penduduk Samaria, f  yang berkata dengan congkaknya dan tinggi hatinya: g  9:10 (9-9) "Tembok batu bata jatuh, akan kita dirikan dari batu h  pahat; pohon-pohon ara i  ditebang, akan kita ganti dengan pohon-pohon aras. j " 9:11 (9-10) Maka TUHAN membangkitkan para panglima Rezin k  melawan mereka, dan menggerakkan musuh-musuh mereka: 9:12 (9-11) Orang Aram l  dari timur, dan orang Filistin m  dari barat, mereka menelan n  Israel dengan mulut yang lebar. Sekalipun semuanya ini terjadi, murka-Nya o  belum surut, dan tangan-Nya masih teracung. p  9:13 (9-12) Tetapi bangsa itu tidak kembali q  kepada Dia yang menghajarnya, r  dan mereka tidak mencari s  TUHAN semesta alam. 9:14 (9-13) Maka TUHAN mengerat dari Israel kepala dan ekor, batang dan ranting t  pada satu hari u  juga. 9:15 (9-14) Tua-tua v  dan orang yang terpandang, w  itulah kepala, dan nabi x  yang mengajarkan dusta, y  itulah ekor. 9:16 (9-15) Sebab orang-orang yang mengendalikan z  bangsa ini adalah penyesat, dan orang-orang yang dikendalikan mereka menjadi kacau. a  9:17 (9-16) Sebab itu Tuhan tidak bersukacita karena teruna-teruna b  mereka, dan tidak sayang c  kepada anak-anak yatim dan janda-janda mereka, sebab sekaliannya mereka murtad d  dan berbuat jahat, e  dan setiap mulut berbicara bebal. f  Sekalipun semuanya ini terjadi, murka-Nya belum surut, dan tangan-Nya masih teracung. g  9:18 (9-17) Sebab kefasikan itu menyala seperti api h  yang memakan habis puteri malu dan rumput, i  lalu membakar j  belukar di hutan sehingga tonggak asap berkepul-kepul ke atas. 9:19 (9-18) Oleh karena murka k  TUHAN semesta alam, terbakarlah l  tanah itu, dan bangsa itu menjadi makanan api; m  seorangpun tidak mengasihani saudaranya. n  9:20 (9-19) Mereka mencakup ke sebelah kanan, tetapi masih lapar, o  mereka memakan p  ke sebelah kiri, tetapi tidak kenyang, setiap orang memakan daging temannya: 9:21 (9-20) Manasye memakan Efraim, dan Efraim memakan Manasye, q  dan bersama-sama mereka melawan Yehuda. r  Sekalipun semuanya ini terjadi, murka-Nya belum surut, dan tangan-Nya masih teracung. s 

Ratapan 3:8

Konteks
3:8 Walaupun aku memanggil-manggil dan berteriak minta tolong, u  tak didengarkan-Nya doaku 26 . v 

Zakharia 7:13

Konteks
7:13 "Seperti mereka tidak mendengarkan u  pada waktu dipanggil, demikianlah Aku tidak mendengarkan v  pada waktu mereka memanggil, firman TUHAN semesta alam. w 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[3:1]  1 Full Life : PADA MALAM HARI KUCARI ... DIA.

Nas : Kid 3:1-4

"Malam hari" di dalam bahasa Ibrani adalah dalam bentuk jamak sehingga berarti "malam berganti malam"; gadis Sulam ini mungkin mimpi (ayat Kid 3:5) malam berganti malam bahwa dia sedang mencari kekasihnya tanpa menemukan dia.

[3:1]  2 Full Life : PADA MALAM HARI KUCARI ... DIA.

Nas : Kid 3:1-4

"Malam hari" di dalam bahasa Ibrani adalah dalam bentuk jamak sehingga berarti "malam berganti malam"; gadis Sulam ini mungkin mimpi (ayat Kid 3:5) malam berganti malam bahwa dia sedang mencari kekasihnya tanpa menemukan dia.

[28:6]  3 Full Life : TUHAN TIDAK MENJAWAB DIA.

Nas : 1Sam 28:6

Saul mencari firman nubuat dari Allah di tengah-tengah kesulitannya, tetapi tidak menerima apa-apa. Dalam keadaan putus asa dia lalu meminta tolong pada seorang tukang sihir.

[22:1]  4 Full Life : ALLAHKU.

Nas : Mazm 22:2-32

Mazmur ini, yang paling banyak dikutip dalam PB disebut "mazmur salib" karena begitu rinci melukiskan penderitaan berat Kristus di salib. Perhatikan setidak-tidaknya dua hal tentang mazmur ini:

  1. 1) Ini adalah seruan penderitaan dan kesedihan dari seorang penderita saleh yang belum dibebaskan dari pencobaan dan penderitaan. Dalam arti ini semua orang percaya yang menderita dapat menyatukan dirinya dengan kata-kata dalam doa ini.
  2. 2) Kata-kata dalam mazmur ini mengungkapkan suatu pengalaman yang jauh melebihi pengalaman manusia biasa. Dengan ilham Roh Kudus, pemazmur menubuatkan penderitaan Yesus Kristus ketika disalib dan menunjuk kepada pembenaran diri-Nya tiga hari kemudian.

[22:1]  5 Full Life : ALLAHKU, ALLAHKU, MENGAPA ENGKAU MENINGGALKAN AKU?

Nas : Mazm 22:2

Yesus mengucapkan seruan mengerikan ini di salib ketika kehadiran Bapa sorgawi-Nya yang memelihara dan melindungi ditarik (Yes 53:10-12; 2Kor 5:21; lih. Mat 27:46). Yesus ditinggalkan oleh Allah karena Ia menderita sebagai pengganti orang berdosa, yaitu menjadi kutuk karena kita (Gal 3:13). Dengan mengutip ayat ini, Yesus juga mengacu kepada seluruh mazmur ini sebagai gambaran diri-Nya.

[22:2]  6 Full Life : AKU BERSERU-SERU ... ENGKAU TIDAK MENJAWAB.

Nas : Mazm 22:3

Orang percaya, seperti Yesus sendiri, kadang-kadang mungkin merasa seperti ditinggalkan oleh Allah. Bilamana hal ini terjadi, peganglah teguh kepercayaan kepada Allah dan kebaikan-Nya, sambil tetap berdoa dan mengandalkan Dia (ayat Mazm 22:3-6).

[28:1]  7 Full Life : JIKA ENGKAU TETAP MEMBISU.

Nas : Mazm 28:1-9

Seorang percaya yang setia mungkin kadang-kadang merasa bahwa Allah tidak mendengarkan doanya (ayat Mazm 28:1-3); akan tetapi, pengalaman ini tidak lazim selama kita terus menghampiri Dia melalui Kristus (lih. Ibr 4:16; 7:25). Setelah masa pencobaan, Tuhan akan menanggapi dan menolong kita sebagaimana seorang gembala memelihara dombanya (bd. Yes 40:11).

[58:2]  8 Full Life : SETIAP HARI MEREKA MENCARI AKU.

Nas : Yes 58:2

Yehuda mencari Allah setiap hari seakan-akan mereka ingin tahu jalan-jalan-Nya; namun, pada saat yang sama mereka hidup di dalam dosa dan ketidakacuhan terhadap perintah-perintah-Nya yang benar. Jemaat-jemaat masa kini mungkin secara lahiriah beribadah kepada Tuhan, kelihatannya senang memuji Dia, dan seakan-akan rindu mengetahui jalan-jalan-Nya; tetapi pada saat yang sama mereka mungkin menyesuaikan diri dengan jalan-jalan dunia dan mengabaikan penelaahan yang tekun akan firman Allah yang tertulis. "Ibadah" semacam itu merupakan penghinaan dan kekejian bagi Allah.

[4:2]  9 Full Life : TUNAS YANG DITUMBUHKAN TUHAN.

Nas : Yes 4:2

Inilah sebutan bagi Mesias (yaitu Kristus). Ia akan tampil sebagai Tunas Daud (lih. Yes 11:1; 53:2; Yer 23:5; 33:15; Za 3:8; 6:12; Rom 15:12; Wahy 5:5; 22:16). Ayat Yes 4:2-6 mengacu kepada saat hukuman dan keselamatan, yaitu saat ketika Kristus akan memerintah di atas sisa umat-Nya yang setia di Yerusalem (ayat Yes 4:4) dan memelihara mereka dengan perhatian dan kasih yang besar (bd. Yes 38:5-8,15-17; Yes 65:18).

[4:3]  10 Full Life : AKAN DISEBUT KUDUS.

Nas : Yes 4:3

Mereka yang selamat dari hukuman yang datang akan menjadi "kudus"; yaitu, mereka akan memiliki sifat Allah, yang adalah "Yang Mahakudus, Allah Israel" (Yes 1:4); dengan kata lain, mereka akan dipisahkan dari dunia penuh dosa, dibersihkan dari segala macam pencemaran dengan darah Kristus, dan dibaharui oleh Roh Kudus. Di atas merekalah kemuliaan Allah akan melayang-layang sebagai tudung (ayat Yes 4:5)

[7:1]  11 Full Life : DALAM ZAMAN AHAS ... RAJA YEHUDA.

Nas : Yes 7:1-25

Sekitar tahun 735/734 SM raja Israel dan raja Aram menyerang Yehuda. Raja Ahas diberi tahu oleh Yesaya agar percaya Allah untuk kelepasan. Namun Ahas menolak untuk menerima tawaran Allah akan sebuah tanda ajaib, ia malah meminta bantuan Asyur (lih. 2Raj 16:5-18; 2Taw 28:16-21). Sekalipun demikian Allah tetap memberi tanda kepada seluruh rumah Daud ini -- lahirnya Imanuel (ayat Yes 7:13-17). Walaupun serbuan Aram-Israel akan gagal, Allah kelak akan mengirim orang Asyur dan Babel untuk menghancurkan negeri itu.

[7:3]  12 Full Life : SYEAR YASYUB.

Nas : Yes 7:3

Nama putra sulung Yesaya berarti "kaum sisa akan kembali." Nama ini menyoroti maksud Allah untuk memelihara kaum sisa yang setia untuk melaksanakan rencana keselamatan-Nya (bd. Yes 11:11-12,16; 37:4,31).

[7:8]  13 Full Life : DALAM ENAM PULUH LIMA TAHUN.

Nas : Yes 7:8

Israel (juga disebut Efraim) dikalahkan pada tahun 722 oleh Asyur, yang membawa orang asing ke negeri itu untuk kawin-mengawini dengan sedikit orang Israel yang tertinggal; keturunan campuran itu kemudian disebut orang Samaria (lih. 2Raj 17:24-34; bd. Yoh 4:7-42).

[7:12]  14 Full Life : AKU TIDAK MAU MEMINTA.

Nas : Yes 7:12

Ahas menolak nasihat nabi Yesaya untuk percaya Allah buat kelepasan; dia malah lebih mengandalkan akalnya yang terbatas dengan meminta pertolongan Asyur (lih. 2Raj 16:5-18; 2Taw 28:16-21).

[7:14]  15 Full Life : SEORANG PEREMPUAN MUDA MENGANDUNG ... IMANUEL.

Nas : Yes 7:14

"Perempuan muda" (juga diterjemahkan "perawan"; bah. Ibr. _almah_) dapat berarti "perawan" atau "seorang wanita muda sebelum nikah".

  1. 1) Penerapan langsung tanda ini ialah pada seorang pengantin perempuan baru yang masih perawan hingga saat pernikahannya. Sebelum anaknya cukup besar untuk mengetahui perbedaan di antara baik dengan buruk, raja-raja Aram dan Israel akan binasa (ayat Yes 7:16).
  2. 2) Penggenapan akhir nubuat ini terjadi dalam kelahiran Yesus Kristus oleh perawan Maria (Mat 1:23). Maria adalah perawan dan tetap perawan hingga Yesus lahir (Mat 1:18,25). Maria hamil secara ajaib oleh Roh Kudus dan bukan oleh seorang laki-laki

    (lihat cat. --> Mat 1:16;

    lihat cat. --> Mat 1:23;

    lihat cat. --> Luk 1:35).

    [atau ref. Mat 1:16,23; Luk 1:35]

  3. 3) Putra sang perawan akan diberi nama "Imanuel", yaitu "Allah menyertai kita" (Mat 1:23); nama tersebut memperoleh arti yang lebih dalam ketika Anak Tunggal Allah sendiri datang ke dalam dunia (bd. Yoh 3:16).

[8:1]  16 Full Life : MAHER-SYALAL HASY-BAS.

Nas : Yes 8:1

Arti dari nama putra kedua Yesaya (bd.

lihat cat. --> Yes 7:3)

[atau ref. Yes 7:3]

ialah "segera ke jarahan, cepat ke rampasan." Nama ini bukan hanya menubuatkan kebinasaan dan kejatuhan Aram oleh Asyur (732 SM) tetapi juga Israel (722 SM).

[8:6]  17 Full Life : AIR SYILOAH.

Nas : Yes 8:6

"Air Syiloah" (dalam PB dikenal sebagai kolam Siloam; Yoh 9:7) mendapatkan air dari sebuah mata air yang mengalir dengan tenang dan menjadi sumber air bawah tanah Yerusalem ketika dikepung oleh pasukan asing. Air ini melambangkan pemerintahan Allah yang penuh kemurahan dan lembut melalui raja-raja wakil-Nya -- yaitu, keturunan Daud yang saleh. Karena Yehuda dan Yerusalem sedang menolak pemerintahan Allah yang baik ini, sebagai gantinya mereka akan mengalami "banjir yang meluap-luap" dari daerah Efrat, yaitu: banjir besar berupa serbuan pasukan Asyur (ayat Yes 8:7-10).

[8:8]  18 Full Life : YA IMANUEL.

Nas : Yes 8:8

Di tengah-tengah nubuat Yesaya, Roh nubuat menunjuk kepada suatu pengharapan untuk masa depan. Apa pun juga yang terjadi, orang yang setia kepada Allah tidak perlu takut, karena Imanuel ("Allah menyertai kita", bd. ayat Yes 8:10) menjadi jaminan bagi semua yang mengandalkan Dia. Dengan demikian "Imanuel" adalah semboyan kekal umat Allah sepanjang sejarah -- masa lalu, masa kini, dan masa depan (Mat 1:23).

[8:12]  19 Full Life : PERSEPAKATAN.

Nas : Yes 8:12

Yesaya telah berusaha meyakinkan Yehuda untuk meminta bantuan Allah daripada bantuan bangsa asing. Ia dituduh berkomplot dan berkhianat. Demikian pula, sepanjang sejarah gereja, orang yang berusaha mengimbau gereja untuk meninggalkan program manusia dan kekristenan tidak alkitabiah untuk kembali kepada kuasa, kekudusan, dan misinya yang semula sering kali mengalami penganiayaan dan ketidaksenangan. Daripada takut kepada orang lain, nabi itu dinasihati untuk takut hanya kepada Tuhan semesta alam (ayat Yes 8:12-13).

[8:13]  20 Full Life : KEPADA-NYALAH KAMU HARUS TAKUT.

Nas : Yes 8:13

Di saat-saat bahaya dan pencobaan, hanya Allah sendiri Yang harus kita takuti dan harapkan untuk melepaskan (bd. Mat 10:28). Melalui sikap hormat dan kasih yang patut kepada-Nya, Dia akan hadir bersama kita dan menjadi tempat perlindungan kita (ayat Yes 8:14).

[8:16]  21 Full Life : MEMETERAIKAN PENGAJARAN.

Nas : Yes 8:16

Sebagian besar umat Allah hidup dalam kemurtadan, tetapi masih ada sekelompok kecil yang setia -- para murid yang mengikuti kehendak Tuhan. Merekalah yang dipanggil untuk memelihara firman Allah. Pada setiap zaman, murid Tuhan yang hatinya tetap pada firman Allah, harus berjuang untuk kebenaran Allah yang tidak dapat diubah (lih. Yud 1:3) dan meneruskannya kepada angkatan selanjutnya.

[9:1]  22 Full Life : TIDAK SELAMANYA AKAN ADA KESURAMAN.

Nas : Yes 8:23-9:6

Yesaya berbicara tentang datangnya seorang pelepas yang pada suatu hari akan menuntun umat Allah kepada sukacita, damai sejahtera, kebenaran, dan keadilan; orang itu adalah Mesias -- Yesus Kristus, Anak Allah. Nubuat ini menyatakan beberapa kebenaran penting tentang Mesias yang akan datang.

  1. 1) Sebagian besar pelayanan-Nya adalah di Galilea (ayat Yes 8:8:23; bd. Mat 4:13-14).
  2. 2) Ia akan membawa terang keselamatan dan pengharapan (ayat Yes 8:1; bd. Yes 42:6; 49:6; Mat 4:15-16).
  3. 3) Ia akan memperluas masyarakat umat Allah, terutama dengan memasukkan orang bukan Yahudi di dalam rumah tangga iman (ayat Yes 8:2; bd. Kis 15:13-18).
  4. 4) Ia akan membawa damai sejahtera dengan membebaskan umat-Nya dari kuk penindasan dan dengan menghancurkan musuh-musuh mereka (ayat Yes 8:3-4).
  5. 5) Mesias akan datang dari bangsa Israel dan Ia akan dinamakan Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai

    (lihat cat. --> Yes 8:5).

    [atau ref. Yes 8:5]

  6. 6) Ia akan memerintah umat Allah untuk selama-lamanya (ayat Yes 8:6; bd. 2Sam 7:16).

[9:6]  23 Full Life : SEORANG ANAK TELAH LAHIR UNTUK KITA.

Nas : Yes 9:5

Ayat ini menubuatkan kelahiran Mesias, Yesus Kristus (juga

lihat cat. --> Yes 7:14).

[atau ref. Yes 7:14]

Kelahiran-Nya akan terjadi pada saat dan di tempat tertentu di dalam sejarah, dan Anak Mesianis ini akan lahir dengan cara yang unik dan menakjubkan. Yesaya mencatat empat nama yang akan menandai tugas-Nya selaku Mesias.

  1. 1) Penasihat Ajaib. Mesias sendiri akan menjadi keajaiban adikodrati (kata Ibr. _pele'_ hanya dipakai untuk Allah, tidak pernah untuk manusia atau pekerjaannya; bd. Yes 28:29); Ia akan menunjukkan sifat-Nya melalui semua perbuatan dan mukjizat-Nya. Penasihat Ajaib ini akan merupakan penjelmaan hikmat sempurna dan mempunyai kata-kata hidup kekal; selaku Penasihat, Ia akan menyingkapkan rencana keselamatan sempurna (bd. pasal Yes 11:1-16).
  2. 2) Allah yang Perkasa. Di dalam Mesias seluruh kepenuhan ke-Allahan akan berdiam secara jasmaniah (Kol 2:9; bd. Yoh 1:1,14).
  3. 3) Bapa yang Kekal. Ia bukan hanya datang untuk memperkenalkan Bapa sorgawi, tetapi Ia sendiri akan bertindak terhadap umat-Nya secara kekal bagaikan seorang Bapa penuh belas kasihan yang mengasihi, melindungi, dan menyediakan kebutuhan anak-anak-Nya (bd. Mazm 103:13).
  4. 4) Raja Damai. Pemerintahan-Nya akan membawa damai dengan Allah bagi umat manusia melalui pembebasan dari dosa dan kematian (Yes 11:6-9; bd. Rom 5:1; 8:2).

[9:7]  24 Full Life : KEKUASAAN-NYA, DAN DAMAI SEJAHTERA TIDAK AKAN BERKESUDAHAN.

Nas : Yes 9:6

Di dalam pernyataan nubuat ini mengenai penetapan pemerintahan Kristus, tidak dibedakan di antara kedatangan-Nya yang pertama dengan yang kedua. Pada titik ini dalam sejarah manusia, seluruh karya penebusan Kristus dan pemerintahan-Nya dipandang sebagai satu kedatangan yang jauh di masa depan. Tidak pernah PL dengan jelas menyatakan bahwa pemerintahan Kristus di bumi akan meliputi kedatangan yang pertama dan kedua di dalam sejarah. Demikian juga di dalam PB, selang-selang waktu di antara aneka peristiwa pada zaman akhir tidak senantiasa tampak dengan jelas

(lihat cat. --> Mat 24:42;

lihat cat. --> Mat 24:43;

lihat cat. --> Mat 24:44).

[atau ref. Mat 24:42-44]

[9:8]  25 Full Life : FIRMAN KEPADA YAKUB.

Nas : Yes 9:7-10:4

Ayat-ayat ini melukiskan kesombongan Israel dan sifat tidak mau bertobat yang gigih, serta murka dan hukuman Allah atas mereka; bahkan dalam kesulitan besarpun mereka tidak bersedia merendahkan diri dan berbalik kepada Allah dengan hati yang menyesal dan remuk.

[3:8]  26 Full Life : TAK DIDENGARKAN-NYA DOAKU.

Nas : Rat 3:8

Bagi orang fasik, salah satu akibat mengerikan dari hidup di dalam dosa dan kebejatan ialah bahwa Allah tidak mau mendengar doa mereka (bd. ayat Rat 3:44; Mazm 18:42; Ams 1:28; Yer 7:16;

lihat art. BERDOA DENGAN EFEKTIF).



TIP #06: Pada Tampilan Alkitab, Tampilan Daftar Ayat dan Bacaan Ayat Harian, seret panel kuning untuk menyesuaikan layar Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.05 detik
dipersembahkan oleh YLSA