TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Amos 6:1--9:15

Konteks
Rasa tenteram yang palsu
6:1 "Celaka atas orang-orang b  yang merasa aman 1  c  di Sion, atas orang-orang yang merasa tenteram d  di gunung Samaria, e  atas orang-orang terkemuka dari bangsa yang utama, orang-orang yang kepada mereka kaum Israel biasa datang! f  6:2 Menyeberanglah ke Kalne, g  dan lihat-lihatlah; berjalanlah dari sana ke Hamat h  yang besar itu, dan pergilah ke Gat i  orang Filistin! Adakah mereka lebih baik dari j  kerajaan-kerajaan ini, atau lebih besarkah daerah mereka dari daerahmu? 6:3 Hai kamu, yang menganggap jauh hari malapetaka, tetapi mendekatkan pemerintahan kekerasan; k  6:4 yang berbaring di tempat tidur dari gading dan duduk berjuntai di ranjang; l  yang memakan anak-anak domba dari kumpulan kambing domba dan anak-anak lembu dari tengah-tengah kawanan binatang m  yang tambun; 6:5 yang bernyanyi-nyanyi mendengar bunyi gambus, n  dan seperti Daud menciptakan bunyi-bunyian o  bagi dirinya; 6:6 yang minum anggur p  dari bokor, dan berurap dengan minyak yang paling baik, tetapi tidak berduka 2  q  karena hancurnya keturunan Yusuf! r  6:7 Sebab itu sekarang, mereka akan pergi sebagai orang buangan s  di kepala barisan, dan berlalulah t  keriuhan pesta orang-orang yang duduk berjuntai itu." 6:8 Tuhan ALLAH telah bersumpah demi diri-Nya, u  --demikianlah firman TUHAN, Allah semesta alam--:"Aku ini keji v  kepada kecongkakan Yakub, w  dan benci kepada purinya; x  Aku akan menyerahkan y  kota 3  serta isinya. z " 6:9 Dan jika masih tinggal sepuluh a  orang dalam satu rumah, mereka akan mati. 6:10 Dan jika pamannya, pembakar mayat b  itu, yang datang mengangkat dan mengeluarkan mayat itu dari rumah itu, bertanya kepada orang yang ada di bagian belakang rumah: "Adakah lagi orang bersama-sama engkau?" dan dijawab: "Tidak ada," ia akan berkata: "Diam 4 ! c " Sebab tidaklah patut menyebut-nyebut nama TUHAN! 6:11 Sebab sesungguhnya, TUHAN memberi perintah, maka rumah besar d  dirobohkan e  menjadi reruntuhan dan rumah kecil menjadi rosokan. f  6:12 Berlarikah kuda-kuda di atas bukit batu, atau dibajak orangkah laut dengan lembu? Sungguh, kamu telah mengubah keadilan menjadi racun g  dan hasil kebenaran h  menjadi ipuh! i  6:13 Hai kamu, yang bersukacita karena Lodabar, dan yang berkata: "Bukankah kita dengan kekuatan j  kita merebut Karnaim bagi kita?" 6:14 "Sebab sesungguhnya, Aku akan membangkitkan suatu bangsa k  melawan kamu, hai kaum Israel," demikianlah firman TUHAN, Allah semesta alam, "dan mereka akan menindas kamu dari jalan yang menuju ke Hamat l  sampai ke sungai yang di Araba. m "
Penglihatan pertama: Belalang
7:1 Inilah yang diperlihatkan Tuhan ALLAH kepadaku 5 : n  Tampak Ia membentuk kawanan belalang, o  pada waktu rumput akhir mulai tumbuh, yaitu rumput akhir sesudah yang dipotong bagi raja. 7:2 Ketika belalang mulai menghabisi p  tumbuh-tumbuhan di tanah, berkatalah aku: "Tuhan ALLAH, berikanlah kiranya pengampunan! Bagaimanakah Yakub dapat bertahan? q  Bukankah ia kecil? r " 7:3 Maka menyesallah s  TUHAN karena hal itu. "Itu tidak akan terjadi," firman t  TUHAN.
Penglihatan kedua: Api
7:4 Inilah yang diperlihatkan Tuhan ALLAH kepadaku: Tampak Tuhan ALLAH memanggil api u  untuk melakukan hukuman. Api itu memakan habis v  samudera raya dan akan memakan habis tanah ladang. 7:5 Lalu aku berkata: "Tuhan ALLAH, hentikanlah kiranya! Bagaimanakah Yakub dapat bertahan? Bukankah ia kecil? w " 7:6 Maka menyesallah x  TUHAN karena hal itu. "Inipun tidak akan terjadi," firman y  Tuhan ALLAH.
Penglihatan ketiga: Tali sipat
7:7 Inilah yang diperlihatkan-Nya kepadaku: Tampak Tuhan berdiri dekat sebuah tembok yang tegak lurus, dan di tangan-Nya ada tali sipat 6 . 7:8 Lalu berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Apakah yang kaulihat, z  Amos? a " Jawabku: "Tali sipat! b " Berfirmanlah Tuhan: "Sesungguhnya, Aku akan menaruh tali sipat di tengah-tengah umat-Ku Israel; Aku tidak akan memaafkannya lagi. c  7:9 Bukit-bukit pengorbanan d  dari pada Ishak akan dilicintandaskan dan tempat-tempat kudus e  Israel akan diruntuhkan, dan Aku akan bangkit melawan keluarga Yerobeam f  dengan pedang."
Amos diusir
7:10 Lalu Amazia, imam di Betel, g  menyuruh orang menghadap Yerobeam, h  raja Israel, dengan pesan: "Amos telah mengadakan persepakatan i  melawan tuanku di tengah-tengah kaum Israel; negeri ini tidak dapat lagi menahan segala perkataannya. j  7:11 Sebab beginilah dikatakan Amos: Yerobeam akan mati terbunuh oleh pedang dan Israel pasti pergi dari tanahnya k  sebagai orang buangan. l " 7:12 Lalu berkatalah Amazia kepada Amos: "Pelihat, m  pergilah 7 , enyahlah ke tanah Yehuda! Carilah makananmu di sana dan bernubuatlah di sana! n  7:13 Tetapi jangan lagi bernubuat di Betel, o  sebab inilah tempat kudus raja, inilah bait suci p  kerajaan. q " 7:14 Jawab Amos kepada Amazia: "Aku ini bukan nabi r  dan aku ini tidak termasuk golongan nabi, melainkan aku ini seorang peternak dan pemungut buah ara hutan. s  7:15 Tetapi TUHAN mengambil aku dari pekerjaan menggiring kambing domba, t  dan TUHAN berfirman kepadaku: Pergilah, u  bernubuatlah v  terhadap umat-Ku Israel. w  7:16 Maka sekarang, dengarlah x  firman TUHAN! Engkau berkata: Janganlah bernubuat menentang y  Israel, dan janganlah ucapkan perkataan menentang keturunan Ishak. 7:17 Sebab itu beginilah firman TUHAN: Isterimu akan bersundal z  di kota, dan anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan tewas oleh pedang; tanahmu akan dibagi-bagikan dengan memakai tali pengukur, engkau sendiri akan mati di tanah yang najis, dan Israel pasti pergi dari tanahnya a  sebagai orang buangan. b "
Penglihatan keempat: Bakul dengan buah-buahan
8:1 Inilah yang diperlihatkan Tuhan ALLAH kepadaku: c  Tampak sebuah bakul berisi buah-buahan musim kemarau 8 . 8:2 Lalu berfirmanlah Ia: "Apakah yang kaulihat, d  Amos? e " Jawabku: "Sebuah bakul f  berisi buah-buahan musim kemarau." Berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Kesudahan telah datang bagi umat-Ku Israel. Aku tidak akan memaafkannya lagi. g  8:3 Nyanyian-nyanyian di tempat suci akan menjadi ratapan h  pada hari itu," demikianlah firman Tuhan ALLAH. "Ada banyak bangkai: ke mana-mana orang melemparkannya dengan diam-diam. i "
Peringatan terhadap orang yang mengisap sesamanya
8:4 Dengarlah ini, kamu yang menginjak-injak orang miskin, dan yang membinasakan orang sengsara j  di negeri k  ini 8:5 dan berpikir: "Bilakah bulan baru l  berlalu, supaya kita boleh menjual gandum dan bilakah hari Sabat 9  berlalu, supaya kita boleh menawarkan m  terigu n  dengan mengecilkan efa, membesarkan syikal, berbuat curang o  dengan neraca palsu, p  8:6 supaya kita membeli orang lemah q  karena uang dan orang yang miskin karena sepasang kasut; dan menjual terigu r  rosokan?" 8:7 TUHAN telah bersumpah demi kebanggaan Yakub: s  "Bahwasanya Aku tidak akan melupakan t  untuk seterusnya segala perbuatan u  mereka! 8:8 Tidakkah akan gemetar v  bumi karena hal itu, sehingga setiap penduduknya berkabung? Tidakkah itu seluruhnya akan naik seperti sungai Nil, diombang-ambingkan dan surut seperti sungai Mesir? w "
Gerhana matahari dan ratapan
8:9 "Pada hari itu akan terjadi," demikianlah firman Tuhan ALLAH, "Aku akan membuat matahari terbenam di siang hari dan membuat bumi gelap pada hari cerah. x  8:10 Aku akan mengubah perayaan-perayaanmu y  menjadi perkabungan, dan segala nyanyianmu menjadi ratapan. z  Aku akan mengenakan kain kabung a  pada setiap pinggang dan menjadikan gundul b  setiap kepala. Aku akan membuatnya sebagai perkabungan karena kematian anak tunggal, c  sehingga akhirnya menjadi seperti hari d  yang pahit pedih."
Lapar dan haus
8:11 "Sesungguhnya, waktu akan datang, e " demikianlah firman Tuhan ALLAH, "Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan f  akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman TUHAN 10 . g  8:12 Mereka akan mengembara dari laut ke laut dan menjelajah dari utara ke timur untuk mencari firman TUHAN, tetapi tidak mendapatnya. h  8:13 Pada hari itu akan rebah lesu anak-anak dara yang cantik dan anak-anak teruna i  karena haus; j  8:14 mereka yang bersumpah demi Asima, dewi Samaria k  dan yang berkata: Demi allahmu yang hidup, hai Dan! l  serta: Demi dewa kekasihmu yang hidup, hai Bersyeba! m  mereka itu akan rebah n  dan tidak akan bangkit-bangkit lagi. o "
Penglihatan kelima: Tuhan dekat mezbah
9:1 Kulihat Tuhan 11  berdiri dekat mezbah, dan Ia berfirman: "Pukullah hulu tiang dengan keras, sehingga ambang-ambang bergoncang, dan runtuhkanlah itu ke atas kepala p  semua orang, dan sisa-sisa mereka akan Kubunuh dengan pedang; tidak seorangpun dari mereka akan dapat melarikan diri, q  dan tidak seorangpun dari mereka akan dapat meluputkan diri. 9:2 Sekalipun mereka menembus sampai ke dunia orang mati, r  tangan-Ku akan mengambil mereka dari sana; sekalipun mereka naik ke langit, s  Aku akan menurunkan t  mereka dari sana. 9:3 Sekalipun mereka bersembunyi di puncak gunung Karmel, u  Aku akan mengusut dan mengambil mereka v  dari sana; sekalipun mereka menyembunyikan diri terhadap mata-Ku di dasar laut, w  Aku akan memerintahkan ular x  untuk memagut mereka y  z  di sana. 9:4 Sekalipun mereka berjalan di depan musuhnya sebagai orang tawanan, Aku akan memerintahkan pedang a  untuk membunuh mereka di sana. Aku akan mengarahkan mata-Ku kepada mereka untuk kecelakaan b  dan bukan untuk keberuntungan c  d  mereka." 9:5 Tuhan ALLAH semesta alamlah yang menyentuh bumi, sehingga bergoyang, e  dan semua penduduknya berkabung, dan seluruhnya naik seperti sungai Nil, dan surut seperti sungai Mesir; f  9:6 yang mendirikan anjung-Nya g  di langit dan mendasarkan kubah-Nya di atas bumi; yang memanggil air laut dan mencurahkannya ke atas permukaan bumi--TUHAN itulah nama-Nya. h 
Bangsa pilihan ditolak Allah
9:7 "Bukankah kamu sama seperti orang Etiopia i  bagi-Ku, hai orang Israel?" demikianlah firman TUHAN. "Bukankah Aku telah menuntun orang Israel keluar dari tanah Mesir, orang Filistin j  dari Kaftor, k  dan orang Aram dari Kir? l  9:8 Sesungguhnya, TUHAN Allah sudah mengamat-amati kerajaan yang berdosa ini: Aku akan memunahkannya m  dari muka bumi! Tetapi Aku tidak akan memunahkan keturunan Yakub sama sekali," demikianlah firman TUHAN. n  9:9 "Sebab sesungguhnya, Aku memberi perintah, dan Aku mengiraikan kaum Israel di antara segala bangsa, seperti orang mengiraikan ayak, o  p  dan sebiji batu kecilpun tidak akan jatuh ke tanah. q  9:10 Oleh pedang r  akan mati terbunuh semua orang berdosa di antara umat-Ku yang mengatakan: Malapetaka itu tidak akan menyusul dan tidak akan mencapai kami. s "
Janji mengenai keselamatan
9:11 "Pada hari itu 12  Aku akan mendirikan kembali pondok t  Daud u  yang telah roboh 13 ; Aku akan menutup pecahan dindingnya, dan akan mendirikan kembali reruntuhannya; v  Aku akan membangunnya kembali seperti di zaman dahulu w  kala, 9:12 supaya mereka menguasai sisa-sisa bangsa Edom x  dan segala bangsa 14  yang Kusebut milik-Ku, y " demikianlah firman TUHAN yang melakukan hal z  ini. 9:13 "Sesungguhnya, waktu akan datang, a " demikianlah firman TUHAN, "bahwa pembajak b  akan tepat menyusul penuai 15  c  dan pengirik d  buah anggur penabur benih; gunung-gunung akan meniriskan anggur e  baru dan segala bukit f  akan kebanjiran. 9:14 Aku akan memulihkan g  kembali umat-Ku h  Israel: mereka akan membangun kota-kota i  yang licin tandas dan mendiaminya; mereka akan menanami kebun-kebun anggur j  dan minum anggurnya; mereka akan membuat kebun-kebun buah-buahan dan makan buahnya. k  9:15 Maka Aku akan menanam l  mereka di tanah m  mereka, dan mereka tidak akan dicabut n  lagi dari tanah yang telah Kuberikan kepada mereka, o " firman TUHAN, Allahmu. p 

Obaja 1:1-21

Konteks
Nubuat tentang Edom
1:1 Penglihatan a  Obaja 18 . Beginilah firman Tuhan ALLAH tentang Edom 19  b --suatu kabar telah kami dengar dari TUHAN, seorang utusan c  telah disuruh ke tengah bangsa-bangsa: "Bangunlah, marilah kita bangkit memeranginya! d " -- 1:2 Sesungguhnya, Aku membuat engkau kecil e  di antara bangsa-bangsa, engkau dihinakan sangat. 1:3 Keangkuhan f  hatimu 18  telah memperdayakan engkau, ya engkau yang tinggal di liang-liang batu, g  di tempat kediamanmu yang tinggi; engkau yang berkata dalam hatimu: "Siapakah yang sanggup menurunkan aku ke bumi? h " 1:4 Sekalipun engkau terbang tinggi seperti burung rajawali, bahkan, sekalipun sarangmu i  ditempatkan di antara bintang-bintang, dari sanapun Aku akan menurunkan j  engkau, --demikianlah firman TUHAN. k  1:5 Jika malam-malam pencuri atau perampok datang kepadamu--betapa engkau dibinasakannya--bukankah mereka akan mencuri seberapa yang diperlukannya? Jika pemetik buah anggur datang kepadamu 19 , bukankah mereka akan meninggalkan sisa-sisa pemetikannya? l  1:6 Betapa kaum Esau digeledah, betapa harta bendanya yang tersembunyi dicari-cari! 1:7 Sampai ke tapal batas engkau diusir oleh semua teman sekutumu; m  engkau diperdayakan, dikalahkan oleh sahabat-sahabatmu. Siapa yang makan sehidangan n  dengan engkau memasang jerat terhadap engkau. --Tidak ada pengertian padanya. 1:8 Bukankah pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN, Aku akan melenyapkan o  orang-orang bijaksana dari Edom, dan pengertian dari pegunungan Esau? 1:9 Juga para pahlawanmu, hai Teman, p  akan tertegun, supaya semua orang di pegunungan Esau lenyap terbunuh. 1:10 Karena kekerasan q  terhadap saudaramu Yakub, r  maka cela akan meliputi engkau, dan engkau akan dilenyapkan untuk selama-lamanya 20 . s  1:11 Pada waktu engkau berdiri di kejauhan 21 , sedang orang-orang luar mengangkut kekayaan Yerusalem dan orang-orang asing memasuki pintu gerbangnya dan membuang undi t  atasnya, engkaupun seperti salah seorang dari mereka u  itu. 1:12 Janganlah memandang rendah v  saudaramu, pada hari kemalangannya, w  dan janganlah bersukacita x  atas keturunan Yehuda pada hari kebinasaannya; y  dan janganlah membual z  pada hari kesusahannya. a  1:13 Janganlah masuk ke pintu gerbang umat-Ku pada hari sialnya, bahkan janganlah memandang ringan malapetaka b  yang menimpanya pada hari sialnya; dan janganlah merenggut kekayaannya pada hari sialnya. 1:14 Janganlah berdiri di persimpangan untuk melenyapkan orang-orangnya yang luput, c  dan janganlah serahkan orang-orangnya yang terlepas pada hari kesusahan. 1:15 Sebab telah dekat d  hari TUHAN menimpa segala bangsa. Seperti yang engkau lakukan, demikianlah akan dilakukan kepadamu 22 , perbuatanmu e  akan kembali menimpa kepalamu sendiri. 1:16 Sesungguhnya, seperti kamu telah minum f  di atas gunung-Ku g  yang kudus, segala bangsapun akan minum h  dengan tidak henti-hentinya; bahkan, mereka akan minum dengan lahap, dan mereka akan menjadi seakan-akan mereka tidak pernah ada. i 
Keluputan hanya di Sion
1:17 Tetapi di gunung Sion akan ada orang-orang yang terluput 23 , j  dan gunung itu akan menjadi tempat kudus; k  dan kaum keturunan Yakub akan memiliki pula tanah miliknya. l  1:18 Kaum keturunan Yakub akan menjadi api dan kaum keturunan Yusuf menjadi nyala api, dan kaum keturunan Esau menjadi tunggul gandum: mereka akan membakar m  dan memakan n  habis sekaliannya, dan dari kaum keturunan Esau tidak ada seorangpun yang terlepas, o  sebab Tuhanlah yang berfirman demikian. 1:19 Maka orang-orang Tanah Negeb akan memiliki pegunungan Esau, dan orang-orang Daerah Bukit akan memiliki tanah orang Filistin. p  Mereka akan memiliki daerah Efraim dan daerah Samaria, q  dan suku Benyamin r  akan memiliki daerah Gilead. 1:20 Orang-orang Israel yang diangkut ke dalam pembuangan akan memiliki tanah orang Kanaan sampai ke Zarfat; s  dan orang-orang Yerusalem yang diangkut ke dalam pembuangan, yang ada di Sefarad, akan memiliki kota-kota di Tanah Negeb. t  1:21 Penyelamat-penyelamat u  akan naik ke atas gunung Sion untuk menghukumkan pegunungan Esau; maka Tuhanlah v  yang akan empunya kerajaan itu.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[6:1]  1 Full Life : CELAKA ... ORANG-ORANG YANG MERASA AMAN.

Nas : Am 6:1-7

Umat Allah baik di Israel (Samaria) maupun Yehuda (Sion) ditegur di sini.

  1. 1) Mereka mempunyai kuasa dan kemakmuran, tetapi sudah menjadi puas dengan dosa mereka. Mereka percaya bahwa keberhasilan materiel mereka membuktikan bahwa mereka hidup di bawah berkat Allah; mereka merasa yakin bahwa hukuman Allah takkan pernah datang.
  2. 2) Demikian pula, kemakmuran dan gaya hidup yang menyenangkan dapat membuat kita hanyut dalam gaya hidup duniawi di mana kerinduan yang mendalam dan tetap akan Allah tidak ada lagi

    (lihat art. KEKAYAAN DAN KEMISKINAN).

[6:6]  2 Full Life : TIDAK BERDUKA.

Nas : Am 6:6

Daripada hidup berbahagia dengan kemewahan materiel, bangsa Israel seharusnya meratapi dosa-dosa bangsa itu dan malapetaka yang akan segera datang. Mereka yang merasa sedih karena dosa-dosa umat itu akan lolos dari hukuman Allah (lih. Yeh 9:4) dan malahan mengalami berkat-Nya (Mat 5:4).

[6:8]  3 Full Life : AKU AKAN MENYERAHKAN KOTA.

Nas : Am 6:8

Karena umat itu menolak untuk kembali kepada Tuhan, kota-kota mereka akan dimusnahkan. Kehancuran mereka sudah pasti, karena Allah yang Mahakuasa telah menyatakannya dengan sumpah.

[6:10]  4 Full Life : DIAM!

Nas : Am 6:10

Ketika hari Tuhan tiba, tempat bencana itu akan penuh dengan takut akan Allah. Orang bahkan tidak berani menyebut nama-Nya, jangan sampai itu akan mendatangkan lebih banyak kebinasaan dan kematian atas mereka.

[7:1]  5 Full Life : DIPERLIHATKAN TUHAN ALLAH KEPADAKU.

Nas : Am 7:1-6

Amos diberikan dua penglihatan tentang hukuman Allah yang sudah dekat atas Israel; hukuman itu akan berbentuk serangan belalang (ayat Am 7:1) dan panas yang tinggi (ayat Am 7:4), yang menjadikan negeri itu tandus dan terkena bencana kelaparan. Sang nabi memohon syafaat bagi umat itu dan Tuhan menunda hukuman-Nya (ayat Am 7:3,6). Allah tidak menginginkan kematian orang berdosa (1Tim 2:4; 2Pet 3:9), dan Ia berjanji untuk menanggapi doa orang yang benar (Yak 5:16).

[7:7]  6 Full Life : TALI SIPAT.

Nas : Am 7:7-9

Penglihatan ketiga Amos menyatakan Allah sedang mengukur Israel dengan tali sipat. Tali sipat adalah tali yang berbandul timah pada ujungnya yang dipakai oleh tukang batu untuk memastikan ketegaklurusan tembok. Israel didapati dalam keadaan tidak lurus lagi dan mungkin akan roboh karena mereka telah menolak firman Allah (ayat Am 7:12-17); karena itu, hukuman Allah pasti akan datang.

[7:12]  7 Full Life : PELIHAT, PERGILAH!

Nas : Am 7:12-17

Ayat-ayat ini menyatakan salah satu alasan utama Tuhan tidak akan menyayangkan umat itu lagi. Imam Amazia yang mewakili umat itu dan khususnya para pemimpinnya, secara terang-terangan menolak nabi Allah dan beritanya. Orang yang dengan sadar menolak firman Allah menyebabkan dirinya kena hukuman kematian kekal; akan tiba saatnya ketika permohonan syafaat tidak berguna lagi.

[8:1]  8 Full Life : BAKUL BERISI BUAH-BUAHAN MUSIM KEMARAU

Nas : Am 8:1

(versi Inggris NIV -- buah-buahan yang sudah matang). Buah-buah yang matang itu menunjukkan bahwa umat itu siap dihukum; akhir mereka sudah kelihatan.

[8:5]  9 Full Life : HARI SABAT.

Nas : Am 8:5

Para pedagang demikian materialistis sehingga mereka menginginkan hari Sabat cepat berlalu supaya mereka dapat melanjutkan perdagangan mereka. Kita harus bertanya pada diri sendiri: Apakah saya demikian terlibat dalam mencari uang sehingga hampir tidak memperhatikan firman Allah dan kemajuan kerajaan-Nya? Menurut Tuhan Yesus sendiri, kita tidak dapat melayani Allah dan Mamon sekaligus

(lihat cat. --> Mat 6:24).

[atau ref. Mat 6:24]

[8:11]  10 Full Life : KELAPARAN ... MENDENGARKAN FIRMAN TUHAN.

Nas : Am 8:11

Israel berkali-kali menolak firman Allah yang disampaikan kepada mereka (Am 2:11-12; 7:10-13,16); kini mereka akan mengalami apa yang mereka inginkan.

  1. 1) Allah tidak akan mengutus nabi kepada mereka, dan firman Allah tidak lagi disampaikan kepada mereka; dengan kata lain, apabila mereka mungkin mencari bimbingan Allah sementara bencana yang akan datang, mereka hanya akan menemukan kesunyian.
  2. 2) Tidak ada hukuman yang lebih parah daripada Allah menyerahkan seseorang kepada keinginannya yang berdosa; orang semacam itu akan terjerumus ke dalam kebobrokan akhlak dan kesesatan serta akhirnya menjadi budak kekuatan setan (Rom 1:21-32;

    lihat cat. --> Rom 1:24).

    [atau ref. Rom 1:24]

[9:1]  11 Full Life : KULIHAT TUHAN.

Nas : Am 9:1-10

Dalam penglihatan kelima, Amos melihat Tuhan berdiri dekat mezbah di tempat suci-Nya, siap untuk membinasakan semua penyembah dengan merobohkan bait itu di atas mereka. Orang yang selamat akan dibunuh dengan pedang; semua orang berdosa di antara umat-Nya akan mati (ayat Am 9:10). Demikian pula, ketika Kristus datang kembali, dengan keras Dia akan menghukum semua orang di dalam gereja-Nya yang bergaya hidup penuh dosa; tidak ada di antara mereka yang akan luput dari murka Allah.

[9:11]  12 Full Life : PADA HARI ITU.

Nas : Am 9:11-15

Kitab Amos berakhir dengan janji bahwa Israel tidak akan dimusnahkan sama sekali (bd. ayat Am 9:8). Sang nabi melihat suatu hari ketika bangsa itu akan dikembalikan ke negeri mereka dan akan memberkati semua bangsa di bumi; Tuhan akan menjadi Allah mereka (ayat Am 9:15). Hari itu mengacu kepada kerajaan Mesias ketika Kristus memerintah atas seluruh bumi. Yakobus mengutip ayat Am 9:11-12 untuk menunjukkan bahwa rencana keselamatan Allah dirancang untuk mengikutsertakan orang bukan Yahudi di dalam kerajaan-Nya

(lihat cat. --> Kis 15:16).

[atau ref. Kis 15:16]

[9:11]  13 Full Life : PONDOK DAUD YANG TELAH ROBOH.

Nas : Am 9:11

Frase ini mengacu kepada kedua belas suku Israel yang hidup di bawah pemerintahan Mesias.

[9:12]  14 Full Life : SEGALA BANGSA.

Nas : Am 9:12

Mesias akan memerintah atas semua bangsa, dan Israel akan menjadi berkat bagi mereka; ini merupakan penggenapan akhir dari perjanjian Allah dengan Abraham dan dengan Daud

(lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN DAUD, dan

lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN ABRAHAM, ...).

[9:13]  15 Full Life : PEMBAJAK AKAN TEPAT MENYUSUL PENUAI.

Nas : Am 9:13-15

Amos menubuatkan dunia yang diubah dan dimuliakan, tempat umat Allah dapat terus-menerus menanam dan menuai pada saat bersamaan. Negeri itu akan sangat subur, dan berkat-berkat Allah tidak pernah berakhir. Israel pada akhirnya akan dikembalikan kepada Tuhan dan tidak akan pernah meninggalkan-Nya lagi; mereka akan aman di negeri itu.

[1:1]  16 Full Life : OBAJA.

Nas : Ob 1:1

Obaja adalah nabi untuk Yehuda yang bernubuat tentang hukuman Allah atas Edom

(lih. Pendahuluan kitab Obaja).

[1:1]  17 Full Life : TENTANG EDOM.

Nas : Ob 1:1

Orang Edom, tetangga selatan Yehuda, merupakan keturunan Esau (ayat Ob 1:6), saudara Yakub; jadi, mereka masih saudara Israel (ayat Ob 1:10). Akan tetapi, mereka telah menjadi musuh bebuyutan umat Allah, sering kali membantu pasukan asing untuk menyerbu Israel. Karena permusuhan dan kebencian Edom yang lama terhadap Israel, murka Allah akan menimpa mereka.

[1:3]  18 Full Life : KEANGKUHAN HATIMU.

Nas : Ob 1:3

Teks :
  1. 1) Orang Edom hidup di daerah pegunungan berbatu. Secara congkak mereka beranggapan bahwa negeri mereka itu aman dan menjadi sombong karena kemandirian dan kekuatan mereka; namun Allah akan meruntuhkan mereka.
  2. 2) Alkitab mengajarkan bahwa kesombongan dan kecongkakan menimbulkan penipuan diri sendiri, mendahului kejatuhan (ayat Ob 1:4; Ams 16:18) dan menyebabkan Allah menjadi musuh kita (ayat Ob 1:8; Yak 4:6; 1Pet 5:5).

[1:5]  19 Full Life : JIKA ... PENCURI ... DATANG KEPADAMU.

Nas : Ob 1:5-6

Telah menjadi kebiasaan orang Edom untuk menjarah, merampok dan membunuh orang lain; kini mereka akan mengalami hal yang sama karena Allah mengirim bangsa lain untuk melawan mereka.

[1:10]  20 Full Life : DILENYAPKAN UNTUK SELAMA-LAMANYA.

Nas : Ob 1:10

Obaja menubuatkan bahwa orang Edom akan dibinasakan sama sekali karena kekerasan dan kekejaman mereka (bd. ayat Ob 1:16,18), sedangkan Yehuda akan dipulihkan dan kerajaan Allah akan menang (ayat Ob 1:17,19,21). Pada tahun 582 SM, empat tahun setelah Yerusalem dihancurkan, orang Edom nyaris punah oleh serbuan pasukan Babel dan dipaksa hidup di bagian selatan Yehuda. Pada tahun 70 M setelah Yerusalem dibinasakan Roma, mereka tidak disebut-sebut lagi.

[1:11]  21 Full Life : BERDIRI DI KEJAUHAN.

Nas : Ob 1:11-14

Teks :
  1. 1) Edom menolak untuk menolong Israel, tetangga dan kerabatnya, ketika mereka dalam kesulitan; karena itu Allah akan menghukum mereka.
  2. 2) Allah berharap agar umat-Nya yang telah menerima pertolongan dan kemurahan-Nya menunjukkan kemurahan kepada orang lain pada saat mereka memerlukan bantuan. Ketidakacuhan dan sifat mementingkan diri menunjukkan bahwa kasih dan kasih karunia Allah tidak tinggal di dalam kita (1Yoh 3:15-17;

    lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT).

[1:15]  22 Full Life : AKAN DILAKUKAN KEPADAMU.

Nas : Ob 1:15

Obaja menubuatkan bahwa Allah akan membalas Edom dan semua bangsa lainnya sesuai dengan perlakuan mereka terhadap orang lain; prinsip yang sama berlaku bagi orang percaya PB

(lihat cat. --> Kol 3:25).

[atau ref. Kol 3:25]

[1:17]  23 Full Life : DI GUNUNG SION AKAN ADA ORANG-ORANG YANG TERLUPUT.

Nas : Ob 1:17-21

Gunung Sion melambangkan Yerusalem di bawah perjanjian lama dan tempat tinggal surgawi gereja di bawah perjanjian baru (Ibr 12:22-24;

lihat art. KOTA YERUSALEM).

Alkitab bernubuat bahwa Israel dan semua umat Allah yang setia akan dilepaskan dari musuh-musuh mereka, mewarisi bumi dan memerintah bersama Kristus. Penggenapan ini menanti kedatangan Kristus sang Mesias ke bumi. Pada waktu itu kejahatan akan dikalahkan; maka "Tuhanlah yang akan empunya kerajaan itu" (ayat Ob 1:21).



TIP #07: Klik ikon untuk mendengarkan pasal yang sedang Anda tampilkan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA