Teks -- Yohanes 3:8 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Yoh 3:8
Full Life: Yoh 3:8 - ANGIN ... ROH.
Nas : Yoh 3:8
Sebagaimana halnya dengan angin, sekalipun tidak tampak, namun
diketahui karena aktivitas dan desirannya, demikian pula Roh Kudus
dik...
Nas : Yoh 3:8
Sebagaimana halnya dengan angin, sekalipun tidak tampak, namun diketahui karena aktivitas dan desirannya, demikian pula Roh Kudus diketahui melalui kegiatan dan efeknya atas mereka yang dilahirkan kembali.
Jerusalem -> Yoh 3:8
Jerusalem: Yoh 3:8 - Angin Baik dalam bahasa Ibrani (ruah) maupun dalam bahasa Yunani (pneuma) kata yang sama berarti angin /nafas dan roh.
Baik dalam bahasa Ibrani (ruah) maupun dalam bahasa Yunani (pneuma) kata yang sama berarti angin /nafas dan roh.
Ende -> Yoh 3:8
Ende: Yoh 3:8 - Angin bertiup Maksud kalimat ini: ada kenjataan-kenjataan jang tidak
kelihatan dan tidak begitu sadja dapat dimengerti wudjud dan sifatnja, namun
betul-betul ada.
Maksud kalimat ini: ada kenjataan-kenjataan jang tidak kelihatan dan tidak begitu sadja dapat dimengerti wudjud dan sifatnja, namun betul-betul ada.
Ref. Silang FULL -> Yoh 3:8
· dari Roh: 1Kor 2:14-16
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
3:1-21 Lahir jasmani, dan lahir dari Roh
3:1-21 Lahir jasmani, dan lahir dari Roh
Hagelberg: Yoh 3:8 - -- 3:8 Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halny...
3:8 Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang diperanakkan dari Roh."
Tuhan Yesus tidak menyangkal bahwa hal diperanakkan dari Roh adalah suatu hal yang sulit dipahami dan mengandung rahasia ilahi, tetapi kesulitan tersebut tidak membebaskan Nikodemus dari teguran, karena nampaknya dia tidak menerima penjelasan ini dari Tuhan Yesus.
Kata angin282 juga dapat diartikan "Roh", dan kata bunyi283 juga dapat diartikan "suara", jadi ada dua permainan kata dalam ayat ini. Hampir-hampir kalimat ini dapat diterjemahkan, "Roh bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar suara-Nya, tetapi engkau tidak tahu dari mana Ia datang atau ke mana Ia pergi", tetapi agak aneh jika dikatakan bahwa "Roh bertiup", dan juga agak aneh jika Tuhan mengatakan bahwa Nikodemus "mendengar suara-Nya".284 Mungkin permainan in dipakai karena ada kebenaran baik dalam terjemahan utama maupun dalam terjemahan kedua.
Morris285 mengemukakan Pengkhotbah 11:5, yang berkata "Sebagaimana engkau tidak mengetahui jalan angin dan tulang-tulang dalam rahim seorang perempuan yang mengandung, demikian juga engkau tidak mengetahui pekerjaan Allah yang melakukan segala sesuatu." Permainan kata ini juga ada dalam bahasa Ibrani, sehingga ayat ini memang sejajar dengan Yohanes pasal 3:8. Ada kesamaan juga dengan Markus 4:27, yang menceritakan keselamatan kekal dengan kata "...benih itu mengeluarkan tunas dan tunas itu makin tinggi, bagaimana terjadinya tidak diketahui orang itu."
Hagelberg: Yoh 3:1-15 - -- 5. Yesus dan Nikodemus (3:1-15)
Tema iman dikembangkan dalam pasal 3:1-21, pertama melalui ungkapan "lahir baru" yang diuraikan kepada Nikodemus, kemu...
5. Yesus dan Nikodemus (3:1-15)
Tema iman dikembangkan dalam pasal 3:1-21, pertama melalui ungkapan "lahir baru" yang diuraikan kepada Nikodemus, kemudian secara terang-terangan.
Dalam percakapan ini, pengertian lama, pengertian agama Yahudi, akan dikontraskan dengan apa yang ditawarkan oleh Tuhan Yesus. Yang lama menekankan kepentingan kelahiran jasmani. Asal lahir jasmani dalam keluarga Yahudi, orang itu memiliki hubungan yang khusus dengan Allah. Tuhan Yesus menawarkan kelahiran baru, yang mutlak diperlukan untuk menjadi terlibat dalam Kerajaan Allah. Yang lama tidak berarti, harus ada permulaan yang diadakan oleh Roh Allah. Sebenarnya konsep ini sudah diungkapkan dalam pasal 1:13, yang berkata "orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah."
Seperti seorang guru yang mahir, Tuhan Yesus memakai apa yang dimengerti (kelahiran jasmani) sebagai batu loncatan untuk menjelaskan apa yang belum dimengerti (bahwa silsilah dan amal tidak menolong orang untuk mendekat kepada Allah).
Hagelberg: Yoh 3:8 - -- 3:8 Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halny...
3:8 Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang diperanakkan dari Roh."
Tuhan Yesus tidak menyangkal bahwa hal diperanakkan dari Roh adalah suatu hal yang sulit dipahami dan mengandung rahasia ilahi, tetapi kesulitan tersebut tidak membebaskan Nikodemus dari teguran, karena nampaknya dia tidak menerima penjelasan ini dari Tuhan Yesus.
Kata angin282 juga dapat diartikan "Roh", dan kata bunyi283 juga dapat diartikan "suara", jadi ada dua permainan kata dalam ayat ini. Hampir-hampir kalimat ini dapat diterjemahkan, "Roh bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar suara-Nya, tetapi engkau tidak tahu dari mana Ia datang atau ke mana Ia pergi", tetapi agak aneh jika dikatakan bahwa "Roh bertiup", dan juga agak aneh jika Tuhan mengatakan bahwa Nikodemus "mendengar suara-Nya".284 Mungkin permainan in dipakai karena ada kebenaran baik dalam terjemahan utama maupun dalam terjemahan kedua.
Morris285 mengemukakan Pengkhotbah 11:5, yang berkata "Sebagaimana engkau tidak mengetahui jalan angin dan tulang-tulang dalam rahim seorang perempuan yang mengandung, demikian juga engkau tidak mengetahui pekerjaan Allah yang melakukan segala sesuatu." Permainan kata ini juga ada dalam bahasa Ibrani, sehingga ayat ini memang sejajar dengan Yohanes pasal 3:8. Ada kesamaan juga dengan Markus 4:27, yang menceritakan keselamatan kekal dengan kata "...benih itu mengeluarkan tunas dan tunas itu makin tinggi, bagaimana terjadinya tidak diketahui orang itu."
B. Pelayanan yang Awal: Tanda, Perbuatan, dan Kata (2:1-4:45)
II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)