Teks -- Yoel 2:28 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Yl 2:28-29; Yl 2:28
Full Life: Yl 2:28-29 - MENCURAHKAN ROH-KU.
Nas : Yoel 2:28-29
Yoel menubuatkan suatu hari ketika Allah akan mencurahkan Roh-Nya
atas "barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan" (ayat Yoel 2...
Nas : Yoel 2:28-29
Yoel menubuatkan suatu hari ketika Allah akan mencurahkan Roh-Nya atas "barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan" (ayat Yoel 2:32). Pencurahan ini akan menghasilkan aliran Roh nubuat kharismatik di antara umat Allah. Petrus mengutip ayat ini pada hari Pentakosta, serta menjelaskan bahwa pencurahan Roh pada hari itu adalah awal penggenapan nubuat Yoel (Kis 2:14-21). Nubuat ini merupakan janji berkesinambungan bagi setiap orang yang menerima Kristus sebagai Tuhan, karena semua orang percaya dapat dan harus dipenuhi dengan Roh Kudus (bd. Kis 2:38-39; Kis 10:44-48; 11:15-18;
lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
Keterangan selanjutnya tentang Roh Kudus dapat dilihat dalam
lihat art. ROH KUDUS DI DALAM PERJANJIAN LAMA, dan
lihat art. AJARAN TENTANG ROH KUDUS).
Full Life: Yl 2:28 - ANAK-ANAKMU LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN AKAN BERNUBUAT.
Nas : Yoel 2:28
Yoel membayangkan bahwa salah satu akibat utama dari pencurahan Roh
Kudus akan menjadi pemberian dan pelepasan karunia-karunia nubu...
Nas : Yoel 2:28
Yoel membayangkan bahwa salah satu akibat utama dari pencurahan Roh Kudus akan menjadi pemberian dan pelepasan karunia-karunia nubuat. Penyataan Roh melalui karunia-karunia-Nya memberitahukan kehadiran Allah di antara umat-Nya. Rasul Paulus menyatakan bahwa jikalau gereja bernubuat, seorang tamu yang belum percaya akan terpaksa mengaku, "Sungguh, Allah ada di tengah-tengah kamu!" (1Kor 14:24-25).
Jerusalem -> Yl 2:28-32; Yl 2:28
Jerusalem: Yl 2:28-32 - -- Nubuat ini (dalam naskah Ibrani: Yoe 3:1-5) mengenai akhir zaman. Hari Tuhan, menurut Yoe 2:30-31. Pada hari itu roh ilahi akan di curahkan, bdk Yeh 3...
Nubuat ini (dalam naskah Ibrani: Yoe 3:1-5) mengenai akhir zaman. Hari Tuhan, menurut Yoe 2:30-31. Pada hari itu roh ilahi akan di curahkan, bdk Yeh 36:27+. Menurut wejangan Petrus yang termaktub dalam Kis 2:16-21+, nubuat itu mulai digenapi pada hari raya Pentakosta.
Jerusalem: Yl 2:28 - semua manusia Roh ilahi dianugerahkan kepada sekalian orang dengan tidak membeda-bedakan golongan. Itulah yang diinginkan Musa, Bil 11:29. Roh itu adalah baik karun...
Roh ilahi dianugerahkan kepada sekalian orang dengan tidak membeda-bedakan golongan. Itulah yang diinginkan Musa, Bil 11:29. Roh itu adalah baik karunia kenabian di sertai mimpi penglihatan, bdk Bil 12:6, maupun pembaharuan batiniah, bdk Yeh 11:19-20; 36:26-27.
Ende -> Yl 2:28--3:21; Yl 2:28-32
Ende: Yl 2:28--3:21 - -- Bagian ini merupakan bagian jang paling penting dalam Kitab Joel. Dilukiskan
masa depan; dan harapan Israil akan keselamatan kelak kentara sekali sert...
Bagian ini merupakan bagian jang paling penting dalam Kitab Joel. Dilukiskan masa depan; dan harapan Israil akan keselamatan kelak kentara sekali serta dikuatkan oleh nubuat ini. Digambarkan baik kebahagiaan djasmani maupun chususnja kebahagiaan rohani umat terpilih; dan hal itu mengandung djuga kebinasaan segala musuh umat itu, jang karenanja djuga mendjadi musuh Jahwe sendiri.
Ende: Yl 2:28-32 - -- Sesudah pemulihan djasmani dari bentjana alam (Yoe 2:18-27:
ajat 27(Yoe 2:27) diuraikan lebih oleh bagian ini), maka pada masa
kemudian Jahwe akan mem...
Sesudah pemulihan djasmani dari bentjana alam (Yoe 2:18-27: ajat 27(Yoe 2:27) diuraikan lebih oleh bagian ini), maka pada masa kemudian Jahwe akan memberi anugerah rohani jang ber-limpah2.Roh Allah, jang ditjurahkan, ialah daja ilahi, jang dikurniakan kepada manusia pula, malahan kepada segenap umat (Joel membilang semua golongan masjarakat), sehingga manusiapun dapat mengerdjakan jang adjaib. Semua mendjadi serupa dengan nabi, jang djuga dirasuki roh Allah itu. Menurut perdjandjian Baru nubuat itu dipenuhi pada hari raya Pentakosta oleh turunnja Roh Kudus sendiri atas Geredja Kristen jang muda.
Dalam alam pula akan terdjadi keadjaiban (Yoe 2:3-4), jang mendahului kedatangan hari Jahwe, hari pengadilan. Hari itu merupakan keselamatan bagi orang2 pilihan Jahwe jang setia. Gedjala2 alamiah jang dilukiskan disini biasa terdapat dalam sastera nabi2, bila suatu penampakan Jahwe hendak digambarkan. Karenanja orang tidak boleh menafsirkannja sebagai hal2 jang terdjadi tepat seperti dilukiskan. Gambaran itu gunanja ialah: menandaskan hebatnja tindakan Allah (setjara rohani) pada hari pengadilan, baik akan keselamatan maupun akan hukuman. Karena itu bagian nubuat inipun menurut Perdjandjian Baru terpenuhi oleh turunannja Roh Kudus, meskipun tidak ada gedjala alamiah sebagaimana jang dilukiskan Joel.