kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 18:28 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yesus di hadapan Pilatus
18:28 Maka mereka membawa Yesus dari Kayafas ke gedung pengadilan. Ketika itu hari masih pagi. Mereka sendiri tidak masuk ke gedung pengadilan itu, supaya jangan menajiskan diri, sebab mereka hendak makan Paskah.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Kayafas the son-in-law of Annas; a high priest of the Jews
 · Paskah a Jewish religious feast. It may also refer to the lamb sacrificed and eaten at the feast.


Topik/Tema Kamus: Pilatus | Kayafas | Sidang, Persidangan Pengadilan | Yesus Kristus | Yohanes, Injil | Pretorium | Yesus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 18:28 - YESUS DI HADAPAN PILATUS. Nas : Yoh 18:28 Lihat cat. --> Mat 27:2; lihat cat. --> Luk 23:1 [atau ref. Mat 27:2; Luk 23:1]

Nas : Yoh 18:28

Lihat cat. --> Mat 27:2;

lihat cat. --> Luk 23:1

[atau ref. Mat 27:2; Luk 23:1]

Jerusalem: Yoh 18:28 - gedung pengadilan Ini terjemahan tepat dari istilah Yunani-Romawi: "pretorium", balai pengadilan wali negeri Roma

Ini terjemahan tepat dari istilah Yunani-Romawi: "pretorium", balai pengadilan wali negeri Roma

Jerusalem: Yoh 18:28 - supaya jangan menajiskan diri Masuk rumah seorang kafir memang menajiskan, menurut anggapan Yahudi, bdk Kis 11:2 dst. Akibatnya ialah orang tidak dapat (secara ayah) ikut serta dal...

Masuk rumah seorang kafir memang menajiskan, menurut anggapan Yahudi, bdk Kis 11:2 dst. Akibatnya ialah orang tidak dapat (secara ayah) ikut serta dalam ibadah, seperti makan domba-Paskah.

Ende: Yoh 18:28 - Keistana wali negeri Sebenarnja kepretorium, ialah tempat pengadilan wali negeri.

Sebenarnja kepretorium, ialah tempat pengadilan wali negeri.

Ende: Yoh 18:28 - Djangan kena nadjis Bagi orang Jahudi terlarang keras masuk kedalam rumah orang-orang kafir.

Bagi orang Jahudi terlarang keras masuk kedalam rumah orang-orang kafir.

Ref. Silang FULL: Yoh 18:28 - gedung pengadilan // pengadilan itu // makan Paskah · gedung pengadilan: Mat 27:2; Mat 27:2 · pengadilan itu: Yoh 18:33; Yoh 19:9 · makan Paskah: Yoh 11:55

· gedung pengadilan: Mat 27:2; [Lihat FULL. Mat 27:2]

· pengadilan itu: Yoh 18:33; Yoh 19:9

· makan Paskah: Yoh 11:55

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 18:28 - -- 18:28 Maka mereka membawa Yesus dari Kayafas ke gedung pengadilan1250. Ketika itu hari masih pagi.1251 Mereka sendiri tidak masuk ke gedung pengadilan...

18:28 Maka mereka membawa Yesus dari Kayafas ke gedung pengadilan1250. Ketika itu hari masih pagi.1251 Mereka sendiri tidak masuk ke gedung pengadilan itu, supaya jangan menajiskan diri, sebab mereka hendak makan Paskah.

Tidak ada penjelasan sedikitpun mengenai apa yang dikatakan oleh Kayafas, ataupun jawaban Tuhan Yesus. Mungkin bagi Yohanes, dan orang Yahudi yang lain, percakapan itu kurang menarik, karena Kayafas hanya menjabat sebagai Imam Besar dengan nama saja, sedangkan Hanaslah yang mempunyai kuasa Imam Besar. Juga, sikap para pemimpin agama Yahudi terhadap Tuhan Yesus telah dinyatakan dalam pasal 8:59; 9:18-34; 11:53; dan 12:37-43.

Menurut Matius, Markus, dan Lukas, Tuhan Yesus dan murid-murid-Nya telah makan Paskah, tetapi menurut ayat ini para pemimpin agama Yahudi tidak mau menajiskan diri mereka, sebab mereka hendak makan Paskah. Menurut Carson,1252 ungkapan makan Paskah biasanya merujuk ke perjamuan Paskah yang diceritakan dalam pasal 13, tetapi ungkapan ini juga dapat merujuk pada hari raya Roti Tidak Beragi.1253 Lukas 22:1 berkata, "Hari raya Roti Tidak Beragi, yang disebut Paskah, sudah dekat." Ayat itu menyamakan dua hari raya itu, maka istilah Paskah dalam ayat ini juga dapat merujuk pada Hari raya Roti Tidak Beragi, yang sedang mulai pada saat itu.

Mereka tidak mau menajiskan diri mereka supaya mereka dapat merayakan Hari raya Roti Tidak Beragi, dengan perjamuannya. Kenajisan yang hanya berlangsung selama satu hari pasti mengganggu keterlibatan mereka dalam perayaan itu, dan mereka, sebagai orang yang terkemuka, pasti tidak mau menunda partisipasi mereka. Mungkin mereka memikirkan Bilangan 9:7-10 dan 19:11, 16; 31:19 ataupun Ulangan 16:4. Lebih lanjut, ada kabar angin bahwa orang bukan Yahudi sering menguburkan mayat bayi-bayi yang digugurkan di bawah rumah mereka, maka kalau orang Yahudi masuk ke rumah orang bukan Yahudi, mereka kena kenajisan yang diceritakan dalam Ulangan 19:11, yaitu kenajisan karena mayat, suatu kenajisan yang berlangsung selama tujuh hari.1254 Kalau mereka kena kenajisan itu, mereka sama sekali tidak dapat ikut dalam perayaan hari raya Roti Tidak Beragi.

Matius 27:12; Markus 15:3; dan Lukas 23:1-5 memberi kesan bahwa imam-imam besar berada di situ pada waktu sidang diadakan. Mungkin mereka berada di halaman itu, tetapi tidak masuk ke dalam gedung pengadilan. Mereka sangat teliti supaya tidak melanggar (tafsiran mereka mengenai) hukum Taurat. Namun mereka tidak begitu teliti mengenai masalah kebenaran!

Hagelberg: Yoh 18:28-32 - -- a. Pilatus memeriksa pendakwa (18:28-32) Pontius Pilatus1245 diangkat menjadi gubernur Yudea1246 pada tahun 26 M., dan dia menjabat1247 sampai tahun 3...

a. Pilatus memeriksa pendakwa (18:28-32)

Pontius Pilatus1245 diangkat menjadi gubernur Yudea1246 pada tahun 26 M., dan dia menjabat1247 sampai tahun 36 M. Beberapa peristiwa menceritakan bagaimana Pontius Pilatus kurang peka terhadap situasi keagamaan di Yerusalem, sampai orang-orang Yahudi hampir mengamuk. Beberapa kali Pilatus terlalu nekad, dan terpaksa harus mengalah.1248 Dalam peristiwa ini dia berusaha untuk mengadakan kompromi antara Tuhan Yesus yang jelas benar, yang tidak merupakan ancaman bagi kuasa Roma, dan orang-orang Yahudi yang membenci Dia dan mengancam kerukunan yang harus Pilatus jaga. Menurut Culpepper,1249 Pilatus menyatakan kemustahilan kompromi dalam kehidupan Kristen.

Hagelberg: Yoh 18:28 - -- 18:28 Maka mereka membawa Yesus dari Kayafas ke gedung pengadilan1250. Ketika itu hari masih pagi.1251 Mereka sendiri tidak masuk ke gedung pengadilan...

18:28 Maka mereka membawa Yesus dari Kayafas ke gedung pengadilan1250. Ketika itu hari masih pagi.1251 Mereka sendiri tidak masuk ke gedung pengadilan itu, supaya jangan menajiskan diri, sebab mereka hendak makan Paskah.

Tidak ada penjelasan sedikitpun mengenai apa yang dikatakan oleh Kayafas, ataupun jawaban Tuhan Yesus. Mungkin bagi Yohanes, dan orang Yahudi yang lain, percakapan itu kurang menarik, karena Kayafas hanya menjabat sebagai Imam Besar dengan nama saja, sedangkan Hanaslah yang mempunyai kuasa Imam Besar. Juga, sikap para pemimpin agama Yahudi terhadap Tuhan Yesus telah dinyatakan dalam pasal 8:59; 9:18-34; 11:53; dan 12:37-43.

Menurut Matius, Markus, dan Lukas, Tuhan Yesus dan murid-murid-Nya telah makan Paskah, tetapi menurut ayat ini para pemimpin agama Yahudi tidak mau menajiskan diri mereka, sebab mereka hendak makan Paskah. Menurut Carson,1252 ungkapan makan Paskah biasanya merujuk ke perjamuan Paskah yang diceritakan dalam pasal 13, tetapi ungkapan ini juga dapat merujuk pada hari raya Roti Tidak Beragi.1253 Lukas 22:1 berkata, "Hari raya Roti Tidak Beragi, yang disebut Paskah, sudah dekat." Ayat itu menyamakan dua hari raya itu, maka istilah Paskah dalam ayat ini juga dapat merujuk pada Hari raya Roti Tidak Beragi, yang sedang mulai pada saat itu.

Mereka tidak mau menajiskan diri mereka supaya mereka dapat merayakan Hari raya Roti Tidak Beragi, dengan perjamuannya. Kenajisan yang hanya berlangsung selama satu hari pasti mengganggu keterlibatan mereka dalam perayaan itu, dan mereka, sebagai orang yang terkemuka, pasti tidak mau menunda partisipasi mereka. Mungkin mereka memikirkan Bilangan 9:7-10 dan 19:11, 16; 31:19 ataupun Ulangan 16:4. Lebih lanjut, ada kabar angin bahwa orang bukan Yahudi sering menguburkan mayat bayi-bayi yang digugurkan di bawah rumah mereka, maka kalau orang Yahudi masuk ke rumah orang bukan Yahudi, mereka kena kenajisan yang diceritakan dalam Ulangan 19:11, yaitu kenajisan karena mayat, suatu kenajisan yang berlangsung selama tujuh hari.1254 Kalau mereka kena kenajisan itu, mereka sama sekali tidak dapat ikut dalam perayaan hari raya Roti Tidak Beragi.

Matius 27:12; Markus 15:3; dan Lukas 23:1-5 memberi kesan bahwa imam-imam besar berada di situ pada waktu sidang diadakan. Mungkin mereka berada di halaman itu, tetapi tidak masuk ke dalam gedung pengadilan. Mereka sangat teliti supaya tidak melanggar (tafsiran mereka mengenai) hukum Taurat. Namun mereka tidak begitu teliti mengenai masalah kebenaran!

Hagelberg: Yoh 18:28--19:16 - -- 6. Yesus diperiksa di hadapan Pilatus (18:28-19:16a) Dalam ayat 24 kita membaca bahwa Tuhan Yesus dibawa kepada Kayafas, tetapi Yohanes tidak mencerit...

6. Yesus diperiksa di hadapan Pilatus (18:28-19:16a)

Dalam ayat 24 kita membaca bahwa Tuhan Yesus dibawa kepada Kayafas, tetapi Yohanes tidak menceritakan apa yang terjadi di situ. Matius 26:57-68, Markus 14:53-65; dan Lukas 22:66-71 menceritakan sidang itu, tetapi kita mengerti bahwa sidang yang mereka ceritakan hanya merupakan formalitas saja. Keputusan yang sungguhan telah diambil sebelumnya. Setelah kisah mengenai tanggapan mereka pada kebangkitan Lazarus, pasal 11:53 berkata, "Mulai dari hari itu mereka sepakat untuk membunuh Dia."

Hagelberg: Yoh 18:1--19:42 - -- E. Pemeriksaan, Pengadilan dan Penderitaan Yesus (18:1-19:42)

E. Pemeriksaan, Pengadilan dan Penderitaan Yesus (18:1-19:42)

Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31) Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...

IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)

Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 18:28-40 - Kristus di dalam Gedung Pengadilan; Kristus di hadapan Pilatus Kristus di dalam Gedung Pengadilan; Kristus di hadapan Pilatus (18:28-40)...

SH: Yoh 18:28--19:16 - Pemalsuan ibadah (Kamis, 1 April 1999) Pemalsuan ibadah Pemalsuan ibadah. Imam-imam kepala dan orang-orang Farisi, adalah orang-orang yang ...

SH: Yoh 18:28-38 - Penjahat (Rabu, 27 Maret 2002) Penjahat Penjahat. Tuhan dianggap penjahat? Begitulah yang terjadi! Bukan karena Dia jahat, tetapi ju...

SH: Yoh 18:28-38 - Yesus dan Pilatus (Rabu, 19 Maret 2008) Yesus dan Pilatus Judul: Yesus dan Pilatus Memperalat orang lain untuk melakukan kejahatan bagi kepent...

SH: Yoh 18:28-38 - Jangan menolak Raja kebenaran (Selasa, 15 April 2014) Jangan menolak Raja kebenaran Judul: Jangan menolak Raja kebenaran Orang Yahudi menolak Yesus yang dat...

SH: Yoh 18:28-38 - Check and Recheck (Selasa, 30 Maret 2021) Check and Recheck Check and recheck secara harfiah artinya mengecek dan mengecek ulang. Tentu maksud dari ungkapa...

SH: Yoh 18:28-40 - Siapa mengadili siapa? (Rabu, 12 April 2006) Siapa mengadili siapa? Judul: Siapa mengadili siapa? Dengan tekad hendak membunuh Yesus, para musu...

SH: Yoh 18:1-14 - Yesus menyerahkan diri (Senin, 10 April 2006) Yesus menyerahkan diri Judul: Yesus menyerahkan diri Pada perikop ini, Yohanes menceritakan penang...

Utley: Yoh 18:28-32 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 18:28-32...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #01: Selamat Datang di Antarmuka dan Sistem Belajar Alkitab SABDA™!! [SEMUA]
dibuat dalam 0.08 detik
dipersembahkan oleh YLSA