kecilkan semua  

Teks -- Yudas 1:1-25 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Salam
1:1 Dari Yudas, hamba Yesus Kristus dan saudara Yakobus, kepada mereka, yang terpanggil, yang dikasihi dalam Allah Bapa, dan yang dipelihara untuk Yesus Kristus. 1:2 Rahmat, damai sejahtera dan kasih kiranya melimpahi kamu.
Hukuman atas guru-guru palsu
1:3 Saudara-saudaraku yang kekasih, sementara aku bersungguh-sungguh berusaha menulis kepada kamu tentang keselamatan kita bersama, aku merasa terdorong untuk menulis ini kepada kamu dan menasihati kamu, supaya kamu tetap berjuang untuk mempertahankan iman yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus. 1:4 Sebab ternyata ada orang tertentu yang telah masuk menyelusup di tengah-tengah kamu, yaitu orang-orang yang telah lama ditentukan untuk dihukum. Mereka adalah orang-orang yang fasik, yang menyalahgunakan kasih karunia Allah kita untuk melampiaskan hawa nafsu mereka, dan yang menyangkal satu-satunya Penguasa dan Tuhan kita, Yesus Kristus. 1:5 Tetapi, sekalipun kamu telah mengetahui semuanya itu dan tidak meragukannya lagi, aku ingin mengingatkan kamu bahwa memang Tuhan menyelamatkan umat-Nya dari tanah Mesir, namun sekali lagi membinasakan mereka yang tidak percaya. 1:6 Dan bahwa Ia menahan malaikat-malaikat yang tidak taat pada batas-batas kekuasaan mereka, tetapi yang meninggalkan tempat kediaman mereka, dengan belenggu abadi di dalam dunia kekelaman sampai penghakiman pada hari besar, 1:7 sama seperti Sodom dan Gomora dan kota-kota sekitarnya, yang dengan cara yang sama melakukan percabulan dan mengejar kepuasan-kepuasan yang tak wajar, telah menanggung siksaan api kekal sebagai peringatan kepada semua orang. 1:8 Namun demikian orang-orang yang bermimpi-mimpian ini juga mencemarkan tubuh mereka dan menghina kekuasaan Allah serta menghujat semua yang mulia di sorga. 1:9 Tetapi penghulu malaikat, Mikhael, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa, tidak berani menghakimi Iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata: "Kiranya Tuhan menghardik engkau!" 1:10 Akan tetapi mereka menghujat segala sesuatu yang tidak mereka ketahui dan justru apa yang mereka ketahui dengan nalurinya seperti binatang yang tidak berakal, itulah yang mengakibatkan kebinasaan mereka. 1:11 Celakalah mereka, karena mereka mengikuti jalan yang ditempuh Kain dan karena mereka, oleh sebab upah, menceburkan diri ke dalam kesesatan Bileam, dan mereka binasa karena kedurhakaan seperti Korah. 1:12 Mereka inilah noda dalam perjamuan kasihmu, di mana mereka tidak malu-malu melahap dan hanya mementingkan dirinya sendiri; mereka bagaikan awan yang tak berair, yang berlalu ditiup angin; mereka bagaikan pohon-pohon yang dalam musim gugur tidak menghasilkan buah, pohon-pohon yang terbantun dengan akar-akarnya dan yang mati sama sekali. 1:13 Mereka bagaikan ombak laut yang ganas, yang membuihkan keaiban mereka sendiri; mereka bagaikan bintang-bintang yang baginya telah tersedia tempat di dunia kekelaman untuk selama-lamanya. 1:14 Juga tentang mereka Henokh, keturunan ketujuh dari Adam, telah bernubuat, katanya: "Sesungguhnya Tuhan datang dengan beribu-ribu orang kudus-Nya, 1:15 hendak menghakimi semua orang dan menjatuhkan hukuman atas orang-orang fasik karena semua perbuatan fasik, yang mereka lakukan dan karena semua kata-kata nista, yang diucapkan orang-orang berdosa yang fasik itu terhadap Tuhan." 1:16 Mereka itu orang-orang yang menggerutu dan mengeluh tentang nasibnya, hidup menuruti hawa nafsunya, tetapi mulut mereka mengeluarkan perkataan-perkataan yang bukan-bukan dan mereka menjilat orang untuk mendapat keuntungan.
Nasihat-nasihat untuk meneguhkan iman
1:17 Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, ingatlah akan apa yang dahulu telah dikatakan kepada kamu oleh rasul-rasul Tuhan kita, Yesus Kristus. 1:18 Sebab mereka telah mengatakan kepada kamu: "Menjelang akhir zaman akan tampil pengejek-pengejek yang akan hidup menuruti hawa nafsu kefasikan mereka." 1:19 Mereka adalah pemecah belah yang dikuasai hanya oleh keinginan-keinginan dunia ini dan yang hidup tanpa Roh Kudus. 1:20 Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus. 1:21 Peliharalah dirimu demikian dalam kasih Allah sambil menantikan rahmat Tuhan kita, Yesus Kristus, untuk hidup yang kekal. 1:22 Tunjukkanlah belas kasihan kepada mereka yang ragu-ragu, 1:23 selamatkanlah mereka dengan jalan merampas mereka dari api. Tetapi tunjukkanlah belas kasihan yang disertai ketakutan kepada orang-orang lain juga, dan bencilah pakaian mereka yang dicemarkan oleh keinginan-keinginan dosa.
Penutup
1:24 Bagi Dia, yang berkuasa menjaga supaya jangan kamu tersandung dan yang membawa kamu dengan tak bernoda dan penuh kegembiraan di hadapan kemuliaan-Nya, 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Adam the father of Cain, Abel, Seth and all mankind,the original man created by God,a town on the Jordan at the mouth of the Jabbok (OS)
 · Bileam a town of eastern Manasseh assigned to the Levites
 · Gomora an ancient city known for its sin whose ruins are said to be visible from the Masada,a town destroyed with Sodom by burning sulphur
 · Henokh son of Midian son of Abraham and Keturah,son of Reuben son of Israel
 · Kain a town in the hill country of Judah
 · Korah a man who led a rebellion against Moses and Aaron.,son of Esau and Oholibamah,son of Eliphaz son of Esau,son of Izhar son of Kohath son of Levi,son of Hebron of Judah,son of Izhar (Amminadab) son of Kohath son of Levi
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Mikhael a chief angel; an archangel,father of Sethur, of Asher, who helped spy out Canaan,son of Abihail; a founding father of one of the clans of Gad,son of Jeshishai of the tribe of Gad,son of Baaseiah, of Gershom of Levi; ancestor of Asaph,son of Izrahiah of Issachar,son of Beriah of Benjamin,one of Saul's commanders from Manasseh who defected to David,a man of Issachar in Saul and David's time. The father of Omri, who was the officer over the tribe of Issachar.,son of king Jehoshaphat,father of Zebadiah who lead the Shephatiah Clan back from exile,an angel
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · Sodom an ancient town somewhere in the region of the Dead Sea that God destroyed with burning sulphur,a town 25 km south of Gomorrah and Masada
 · Yakobus a son of Zebedee; brother of John; an apostle,a son of Alpheus; an apostle,a brother of Jesus; writer of the epistle of James,the father (or brother) of the apostle Judas
 · Yudas a son of Mary and Joseph; half-brother of Jesus)


Topik/Tema Kamus: Malaikat | Teguh, Keteguhan | Datang, Kedatangan Kristus | Tritunggal | Neraka | Gelap, Kegelapan | Hakim Penghakiman | Korah | Sangkal, Penyangkalan Terhadap Kristus | Hukum, Penghukuman | Hukum Terhadap Orang | Nista Dan Celaan | Henokh | Kristus, Allah | Yakobus | Mikhael | Tingkah Laku Kristen | Doa | Orang Fasik Disamakan Dengan .. | Teguh, Meneguhkan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yud 1:2 - RAHMAT ... MELIMPAHI KAMU. Nas : Yud 1:2 Kata "melimpahi" (Yun. _plethuno_) secara harfiah berarti "menjadi berlipatganda". Pada saat kita menghampiri Allah, rahmat, sejahter...

Nas : Yud 1:2

Kata "melimpahi" (Yun. _plethuno_) secara harfiah berarti "menjadi berlipatganda". Pada saat kita menghampiri Allah, rahmat, sejahtera, dan kasih-Nya menjadi lipat dua, lipat tiga bahkan lipat empat.

Full Life: Yud 1:3 - IMAN YANG TELAH DISAMPAIKAN KEPADA ORANG-ORANG KUDUS. Nas : Yud 1:3 Mereka yang setia kepada Kristus diberikan tugas yang sangat serius untuk "mempertahankan iman" yang disampaikan Allah kepada para ra...

Nas : Yud 1:3

Mereka yang setia kepada Kristus diberikan tugas yang sangat serius untuk "mempertahankan iman" yang disampaikan Allah kepada para rasul dan orang kudus (Fili 1:27; bd. 1Tim 1:18-19; 6:12).

  1. 1) "Iman itu" terdiri atas Injil yang diberitakan Kristus dan para rasul. Iman itu merupakan kebenaran yang sudah kokoh dan tidak bisa berubah, diberikan oleh Roh Kudus dan diungkapkan dalam PB. Akan tetapi, "iman itu" bukan sekadar kebenaran objektif saja. Iman juga adalah cara hidup yang harus dijalankan dalam kasih dan kemurnian (Kol 1:9-11; 1Tim 1:5). Itulah suatu kerajaan yang datang dengan kuasa untuk membaptiskan semua orang percaya di dalam Roh Kudus

    (lihat art. KERAJAAN ALLAH; dan

    lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS),

    supaya mereka dapat memberitakan Injil kepada semua bangsa (Mr 16:15-17;

    lihat cat. --> 1Tes 1:5)

    [atau ref. 1Tes 1:5]

    dengan tanda-tanda dan mukjizat serta karunia Roh (lih. Kis 2:22; Kis 14:3; Rom 15:19;

    lihat cat. --> Ibr 2:4;

    [atau ref. Ibr 2:4]

    lihat art. TANDA-TANDA ORANG PERCAYA).

  2. 2) Kata "berjuang" (Yun. _epagonizomai_) menggambarkan pertempuran yang harus diikuti oleh seorang percaya yang setia dalam rangka mempertahankan iman. Kata ini secara harfiah artinya "bergumul", "menderita", "di bawah tekanan besar", atau "berjuang dalam pertempuran". Kita harus mengerahkan segala tenaga kita untuk mempertahankan Firman Allah dan iman PB, sekalipun itu menuntut pengorbanan besar. Kita harus menyangkal diri dan, apabila perlu, bersiap mati syahid demi Injil (bd. 2Tim 4:7).
  3. 3) Memperjuangkan iman berarti
    1. (a) berhadapan langsung dengan mereka di dalam gereja yang menyangkal kekuasaan Alkitab atau memutarbalikkan iman yang sejati sebagaimana disampaikan oleh Kristus dan para rasul, dan
    2. (b) memberitakannya sebagai kebenaran yang menebus semua orang

      (lihat cat. --> Yoh 5:47;

      [atau ref. Yoh 5:47]

      lihat art. PENGILHAMAN DAN KEKUASAAN ALKITAB).

      Mereka yang setia kepada Kristus dan iman PB sepenuhnya sama sekali tidak boleh membiarkan beritanya dilemahkan dengan mengurangi kekuasaannya, memutarbalikkan kebenarannya atau menjadikan kuasa dan janjinya itu tidak penting.

Full Life: Yud 1:4 - KASIH KARUNIA ALLAH KITA UNTUK MELAMPIASKAN HAWA NAFSU MEREKA. Nas : Yud 1:4 Yudas mengecam beberapa orang yang mengajarkan bahwa keselamatan oleh kasih karunia memberi peluang bagi orang yang mengaku percaya u...

Nas : Yud 1:4

Yudas mengecam beberapa orang yang mengajarkan bahwa keselamatan oleh kasih karunia memberi peluang bagi orang yang mengaku percaya untuk berbuat dosa serius namun tidak dihukum Allah. Mereka mungkin mengajar bahwa Allah dengan cuma-cuma akan mengampuni orang yang terus menerus berbuat dosa seksual, atau bahwa mereka yang saat ini akhlaknya tercemar tetap dijamin hidup kekal jikalau mereka pernah percaya kepada Kristus pada suatu saat di masa lampau (bd. Rom 5:20; 6:1-2). Mereka memberitakan pengampunan dosa tetapi bukan pentingnya hidup kudus.

Full Life: Yud 1:6 - MALAIKAT-MALAIKAT. Nas : Yud 1:6 Yudas menunjuk kepada para malaikat yang tidak tinggal di dalam kedudukan kekuasaan seperti semula, tetapi memberontak terhadap Allah...

Nas : Yud 1:6

Yudas menunjuk kepada para malaikat yang tidak tinggal di dalam kedudukan kekuasaan seperti semula, tetapi memberontak terhadap Allah, melanggar hukum-Nya dan yang kini terpenjara sambil menunggu penghakiman. Akan tetapi, tidak semua malaikat terjatuh itu terpenjara, karena Iblis dan banyak setan berkeliaran di bumi saat ini

(lihat cat. --> 2Pet 2:4;

lihat cat. --> 1Yoh 5:19).

[atau ref. 2Pet 2:4; 1Yoh 5:19]

Full Life: Yud 1:8 - MENGHINA KEKUASAAN. Nas : Yud 1:8 Lihat cat. --> 2Pet 2:10. [atau ref. 2Pet 2:10]

Nas : Yud 1:8

Lihat cat. --> 2Pet 2:10.

[atau ref. 2Pet 2:10]

Full Life: Yud 1:9 - MIKHAEL ... BERTENGKAR DENGAN IBLIS. Nas : Yud 1:9 Jikalau penghulu malaikat terbesar menolak untuk mengumpat Iblis namun bersandar pada kuasa Allah, apalagi kita harus menahan diri se...

Nas : Yud 1:9

Jikalau penghulu malaikat terbesar menolak untuk mengumpat Iblis namun bersandar pada kuasa Allah, apalagi kita harus menahan diri sebagai manusia untuk tidak mengumpat segala sesuatu, termasuk roh-roh jahat (lih. 2Pet 2:11).

Full Life: Yud 1:12 - MATI SAMA SEKALI Nas : Yud 1:12 (versi Inggris NIV -- "mati dua kali"). Para guru palsu di antara pembaca surat Yudas sudah mati sama sekali, (secara harfiah "sudah...

Nas : Yud 1:12

(versi Inggris NIV -- "mati dua kali"). Para guru palsu di antara pembaca surat Yudas sudah mati sama sekali, (secara harfiah "sudah mati dua kali"). Guru palsu ini dahulunya orang percaya yang "sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup" (Yoh 5:24), tetapi beberapa waktu setelah itu memutuskan persatuan mereka dengan Kristus dan kembali berpindah dari hidup ke dalam maut (bd. Ef 2:1;

lihat cat. --> Rom 8:13).

[atau ref. Rom 8:13]

Ayat sebelumnya memberikan alasan bagi kematian rohani mereka ini.

Full Life: Yud 1:14 - HENOKH ... BERNUBUAT. Nas : Yud 1:14 Yudas mungkin mengutip dari kitab Henokh, kitab yang ditulis sebelum tahun 110 SM, atau sekadar dari tradisi Yahudi. Kutipan Yudas h...

Nas : Yud 1:14

Yudas mungkin mengutip dari kitab Henokh, kitab yang ditulis sebelum tahun 110 SM, atau sekadar dari tradisi Yahudi. Kutipan Yudas hanya menunjukkan kebenaran dari nubuat Henokh; ini tidak berarti bahwa Yudas menyetujui seluruh kitab ini.

Full Life: Yud 1:18 - MENJELANG AKHIR ZAMAN. Nas : Yud 1:18 Lihat cat. --> 1Tim 4:1; lihat cat. --> 2Tim 3:1. [atau ref. 1Tim 4:1; 2Tim 3:1]

Nas : Yud 1:18

Lihat cat. --> 1Tim 4:1;

lihat cat. --> 2Tim 3:1.

[atau ref. 1Tim 4:1; 2Tim 3:1]

Full Life: Yud 1:20 - BANGUNLAH DIRIMU SENDIRI. Nas : Yud 1:20 Orang percaya harus mempertahankan dan menyebarluaskan iman serta melawan ajaran palsu dengan empat cara. 1) Dengan membangun d...

Nas : Yud 1:20

Orang percaya harus mempertahankan dan menyebarluaskan iman serta melawan ajaran palsu dengan empat cara.

  1. 1) Dengan membangun diri kita sendiri di dalam iman kita yang paling kudus itu. Iman kudus ialah penyataan PB yang disampaikan kepada kita oleh Kristus dan para rasul (ayat Yud 1:3). Hal ini menuntut agar kita mempelajari Firman Allah dan mempunyai ketetapan teguh untuk berusaha mengetahui kebenaran dan ajaran Alkitab (bd. Kis 2:42; Kis 20:27; 2Tim 2:15; Ibr 5:12).
  2. 2) Dengan berdoa dalam Roh. Kita harus berdoa dengan kemampuan yang diberikan Roh Kudus, yaitu dengan memohon Roh Kudus untuk mengilhami, menuntun, menguasai, memelihara, dan menolong kita untuk berjuang dalam doa kita

    (lihat cat. --> Rom 8:26;

    [atau ref. Rom 8:26]

    bd. Gal 4:6; Ef 6:18). Berdoa dalam Roh termasuk berdoa dengan pikiran kita dan berdoa dengan roh kita

    (lihat cat. --> 1Kor 14:15).

    [atau ref. 1Kor 14:15]

  3. 3) Dengan tetap tinggal dalam lingkaran kasih Allah kepada kita. Ini termasuk ketaatan yang setia kepada Allah dan Firman-Nya (Yoh 15:9-10).
  4. 4) Dengan merindukan dan menantikan kedatangan Tuhan dan kemuliaan abadi yang menyertai kedatangan-Nya

    (lihat cat. --> Yoh 14:2).

    [atau ref. Yoh 14:2]

BIS: Yud 1:5 - Tuhan Tuhan: beberapa naskah kuno: Yesus, yang dalam Yunani sama dengan Yosua.

Tuhan: beberapa naskah kuno: Yesus, yang dalam Yunani sama dengan Yosua.

Jerusalem: Yud 1:1 - mereka, yang terpanggil Var: bangsa-bangsa lain yang terpanggil

Var: bangsa-bangsa lain yang terpanggil

Jerusalem: Yud 1:1 - yang dikasihi Var: yang dikuduskan.

Var: yang dikuduskan.

Jerusalem: Yud 1:3 - keselamatan kita Var: keselamatan kamu

Var: keselamatan kamu

Jerusalem: Yud 1:3 - merasa terdorong Yaitu oleh karena kepercayaan sejati terancam oleh ajaran sesat

Yaitu oleh karena kepercayaan sejati terancam oleh ajaran sesat

Jerusalem: Yud 1:3 - telah disampaikan Seharusnya: telah disampaikan sekali untuk selamanya. Yang dimaksudkan ialah tradisi iman rasuli, Yud 1:17, dasar hidup Kristen, Yud 1:20, yang tidak ...

Seharusnya: telah disampaikan sekali untuk selamanya. Yang dimaksudkan ialah tradisi iman rasuli, Yud 1:17, dasar hidup Kristen, Yud 1:20, yang tidak boleh dirubah, Yud 1:5; bdk 1Ko 11:2; 2Te 2:15+; 1Ti 6:20+.

Jerusalem: Yud 1:4 - untuk dihukum Var: untuk berdosa

Var: untuk berdosa

Jerusalem: Yud 1:4 - yang menyangkal satu-satunya Penguasa dan Tuhan kita, Yesus Kristus Var: yang menyangkal Allah, satu-satunya Penguasa, dan Tuhan kita, Yesus Kristus.

Var: yang menyangkal Allah, satu-satunya Penguasa, dan Tuhan kita, Yesus Kristus.

Jerusalem: Yud 1:5 - mengetahui semuanya Seharusnya: mengetahui semuanya sekali untuk selamanya, bdk Yud 1:3. Ini juga berarti: tidak boleh dirubah sedikitpun

Seharusnya: mengetahui semuanya sekali untuk selamanya, bdk Yud 1:3. Ini juga berarti: tidak boleh dirubah sedikitpun

Jerusalem: Yud 1:5 - Tuhan Ialah Allah Bapa, bdk 2Pe 2:4. Var: Yesus. Kalau demikian maka yang dimaksudkan ialah Kristen dalam kepra-adaanNya yang ilahi, bdk 1Ko 10:4.

Ialah Allah Bapa, bdk 2Pe 2:4. Var: Yesus. Kalau demikian maka yang dimaksudkan ialah Kristen dalam kepra-adaanNya yang ilahi, bdk 1Ko 10:4.

Jerusalem: Yud 1:6 - meninggalkan tempat kediaman mereka Oleh karena terbujuk oleh "anak-anak perempuan manusia", Kej 6:1-2. Hal itu dengan panjang lebar diceritakan dalam buku (aprokrip) Henokh.

Oleh karena terbujuk oleh "anak-anak perempuan manusia", Kej 6:1-2. Hal itu dengan panjang lebar diceritakan dalam buku (aprokrip) Henokh.

Jerusalem: Yud 1:7 - kepuasan-kepuasan yang tak wajar Harafiah: daging lain. Mereka mengejar "daging" yang bukan daging manusiawi, oleh karena mau menyalah-gunakan bukan manusia, tetapi malaikat-malaikat,...

Harafiah: daging lain. Mereka mengejar "daging" yang bukan daging manusiawi, oleh karena mau menyalah-gunakan bukan manusia, tetapi malaikat-malaikat, Kej 19:1-11. Sama seperti dalam Yudas, Yud 1:6-7, demikianpun dalam buku (apokrip) "Wasiat Keduabelas Bapa Bangsa" disebutkan bersama-sama dosa malaikat-malaikat dan dosa penduduk Sodom.

Jerusalem: Yud 1:8 - orang-orang yang bermimpi-mimpian ini Ialah: kaum bidaat di zaman Yudas, yang tidak ditakuti hukuman yang menimpa malaikat-malaikat yang terbujuk itu, Yud 1:6-7

Ialah: kaum bidaat di zaman Yudas, yang tidak ditakuti hukuman yang menimpa malaikat-malaikat yang terbujuk itu, Yud 1:6-7

Jerusalem: Yud 1:8 - kekuasaan Allah Harafiah: ketuanan/pemerintah. Yang dimaksudkan ialah Allah. Ada var: ketuanan-ketuanan/pemerintah-pemerintah. Kalau demikian maka yang dimaksudkan ia...

Harafiah: ketuanan/pemerintah. Yang dimaksudkan ialah Allah. Ada var: ketuanan-ketuanan/pemerintah-pemerintah. Kalau demikian maka yang dimaksudkan ialah para malaikat (bdk Efe 1:21; Kol 1:16).

Jerusalem: Yud 1:9 - -- Dalam ayat ini Yudas agaknya bergantung pada buku apokrip yang berjudul: Pengangkatan Musa ke Sorga. Dalam cerita itu malaikat Mikhael bertengkar deng...

Dalam ayat ini Yudas agaknya bergantung pada buku apokrip yang berjudul: Pengangkatan Musa ke Sorga. Dalam cerita itu malaikat Mikhael bertengkar dengan Iblis tentang mayat Musa, setelah Musa meninggal.

Jerusalem: Yud 1:10 - yang tidak mereka ketahui Mereka tidak mengetahui oleh karena tidak mempunyai Roh Kudus, Rom 1:9+. Mereka hanya dapat pengetahuan yang sesuai dengan kodrat mereka yang duniawi ...

Mereka tidak mengetahui oleh karena tidak mempunyai Roh Kudus, Rom 1:9+. Mereka hanya dapat pengetahuan yang sesuai dengan kodrat mereka yang duniawi belaka; mereka adalah "orang-orang alamiah" bdk 1Ko 15:44+, yang dipandang rendah oleh penganut-penganut Gnosis

Jerusalem: Yud 1:10 - dengan nalurinya Harafiah: secara kodrati, atau: secara alamiah.

Harafiah: secara kodrati, atau: secara alamiah.

Jerusalem: Yud 1:12 - noda Kata Yunani yang dipakai kurang jelas artinya. Tetapi di sini kiranya berarti: noda, bdk 2Pe 2:13

Kata Yunani yang dipakai kurang jelas artinya. Tetapi di sini kiranya berarti: noda, bdk 2Pe 2:13

Jerusalem: Yud 1:12 - perjamuan kasihmu Yunani: agape. Var: mabuk hawa nafsu, bdk 2Pe 2:13. Jelaslah bahwa kaum bidaat itu masih turut serta dalam hidup jemaat penipuan mereka disingkapkan. ...

Yunani: agape. Var: mabuk hawa nafsu, bdk 2Pe 2:13. Jelaslah bahwa kaum bidaat itu masih turut serta dalam hidup jemaat penipuan mereka disingkapkan. Kurang jelas apakah "perjamuan kasih" itu adalah Ekaristi atau "agape" yang mendahuluinya. Tingkah laku kaum bidaat itu agak serupa dengan yang digambarkan dalam 1Ko 11:17-22.

Jerusalem: Yud 1:13 - bintang-bintang Yang dimaksudkan ialah bintang-bintang siarah. Dalam buku-buku apokrip Yahudi bintang-bintang sering kali melambangkan malaikat-malaikat (bdk buku Hen...

Yang dimaksudkan ialah bintang-bintang siarah. Dalam buku-buku apokrip Yahudi bintang-bintang sering kali melambangkan malaikat-malaikat (bdk buku Henokh).

Jerusalem: Yud 1:14-15 - -- Kutipan (menurut ingatan saja) ini diambil dari buku apokrip Henokh, Yud 1:9.

Kutipan (menurut ingatan saja) ini diambil dari buku apokrip Henokh, Yud 1:9.

Jerusalem: Yud 1:16 - mulut mereka mengeluarkan perkataan-perkataan yang bukan-bukan Ini mengingatkan buku Henokh, Yud 5:5.

Ini mengingatkan buku Henokh, Yud 5:5.

Jerusalem: Yud 1:17 - -- Yang dimaksudkan ialah ajaran rasuli yang diterima melalui tradisi, Yud 1:3.

Yang dimaksudkan ialah ajaran rasuli yang diterima melalui tradisi, Yud 1:3.

Jerusalem: Yud 1:18 - -- Ucapan yang dikutip ini tidak ada dalam Kitab Suci. Tetapi terdapatlah ucapan-ucapan yang serupa, Kis 20:19-31; 1Ti 4:1; 2Ti 3:1-5; 4:3, dan sudah ada...

Ucapan yang dikutip ini tidak ada dalam Kitab Suci. Tetapi terdapatlah ucapan-ucapan yang serupa, Kis 20:19-31; 1Ti 4:1; 2Ti 3:1-5; 4:3, dan sudah ada dalam Mat 24:24; Mar 13:22.

Jerusalem: Yud 1:19 - pemecah-belah Var: (Vlg): yang memisahkan diri. Kaum bidaat serupa dengan binatang-binatang yang tidak berakal, Yud 1:10. Terjemahan menterjemahkan "Roh Kudus". Tet...

Var: (Vlg): yang memisahkan diri. Kaum bidaat serupa dengan binatang-binatang yang tidak berakal, Yud 1:10. Terjemahan menterjemahkan "Roh Kudus". Tetapi naskah Yunani hanya berkata: roh. Dan apa yang dimaksudkan barangkali justru bagian utama dalam manusia.

Jerusalem: Yud 1:22-23 - -- Var: Kasihanilah yang seorang, yaitu mereka yang ragu-ragu, selamatkanlah mereka, rampaslah mereka dari api; mengenai yang lain-lain: tunjukkanlah bel...

Var: Kasihanilah yang seorang, yaitu mereka yang ragu-ragu, selamatkanlah mereka, rampaslah mereka dari api; mengenai yang lain-lain: tunjukkanlah belas-kasihan kepada mereka dengan disertai ketakutan... Kasih memperlakukan dengan cara yang berbeda-beda mereka yang lebih atau kurang terpengaruh oleh ajaran sesat.

Jerusalem: Yud 1:25 - -- Doksologi/pujian meriah ini, bdk Rom 16:25-27+; Efe 3:20; Wah 1:6+, barangkali diambil dari ibadat.

Doksologi/pujian meriah ini, bdk Rom 16:25-27+; Efe 3:20; Wah 1:6+, barangkali diambil dari ibadat.

Ende: Yud 1:1 - -- Judas, lazim disebut Juda, untuk membedakan dia dari Judas pengchianat.

Judas, lazim disebut Juda, untuk membedakan dia dari Judas pengchianat.

Ende: Yud 1:3 - -- Ia sebenarnja bermaksud menulis suatu karangan besar mengenai adjaran kristen. Tetapi, melihat gentingnja suasana ketika itu, ia lalu mengemukakan han...

Ia sebenarnja bermaksud menulis suatu karangan besar mengenai adjaran kristen.

Tetapi, melihat gentingnja suasana ketika itu, ia lalu mengemukakan hanja adjaran-adjaran pokok.

Ende: Yud 1:4 - -- Ketika itu ada beberapa orang jang masuk agama kristen hanja dengan motip-motip jang palsu.

Ketika itu ada beberapa orang jang masuk agama kristen hanja dengan motip-motip jang palsu.

Ende: Yud 1:6 - -- Malaekat tidak senang dengan kedudukannja jang istimewa disurga. Mereka berdosa, diusir dari surga, lalu harus menderita siksaan abadi diapi naraka.

Malaekat tidak senang dengan kedudukannja jang istimewa disurga. Mereka berdosa, diusir dari surga, lalu harus menderita siksaan abadi diapi naraka.

Ende: Yud 1:7 - -- Kota-kota purba biasanja makmur. Sering dengan itu dilakukan banjak dosa disana. Dan semuanja berachir dengan keruntuhan jang dahsjat.

Kota-kota purba biasanja makmur. Sering dengan itu dilakukan banjak dosa disana. Dan semuanja berachir dengan keruntuhan jang dahsjat.

Ende: Yud 1:8 - -- Orang-orang djahat itu memakai salah kebebasan, menolak kuasa Kristus dan menghinakan machluk-machluk Tuhan.

Orang-orang djahat itu memakai salah kebebasan, menolak kuasa Kristus dan menghinakan machluk-machluk Tuhan.

Ende: Yud 1:9 - -- Tjeritera tentang Malaekat Mikael ini dipakai Judas hanja sekedar untuk memperdjelas karangannja.

Tjeritera tentang Malaekat Mikael ini dipakai Judas hanja sekedar untuk memperdjelas karangannja.

Ende: Yud 1:10 - -- Nabi-nabi palsu ini disangka mahir dalam ilmu rohani. Pada hal mereka tak punja pengertian sedikitpun tentang itu.

Nabi-nabi palsu ini disangka mahir dalam ilmu rohani. Pada hal mereka tak punja pengertian sedikitpun tentang itu.

Ende: Yud 1:11 - -- Mereka sebagai Kain jang membunuh Abel, sebagai Balaam jang mentjari keuntungan, dan sebagai Kore jang melawan kekuasaan jang sah.

Mereka sebagai Kain jang membunuh Abel, sebagai Balaam jang mentjari keuntungan, dan sebagai Kore jang melawan kekuasaan jang sah.

Ende: Yud 1:16 - -- Orang-orang djahat itu biasanja berkomplot melawan kekuasaan Geredja, mentjari kesenangan dirinja dan bersikap angkuh.

Orang-orang djahat itu biasanja berkomplot melawan kekuasaan Geredja, mentjari kesenangan dirinja dan bersikap angkuh.

Ende: Yud 1:19 - -- Mereka menganggap dirinja sempurna, lebih dari orang lain. Pada hal hidup mereka tak ubahnja seperti binatang.

Mereka menganggap dirinja sempurna, lebih dari orang lain. Pada hal hidup mereka tak ubahnja seperti binatang.

Ref. Silang FULL: Yud 1:1 - Dari Yudas // Yesus Kristus // yang terpanggil // Yesus Kristus · Dari Yudas: Mat 13:55; Yoh 14:22; Kis 1:13 · Yesus Kristus: Rom 1:1 · yang terpanggil: Rom 1:6,7 · Yesus Kristus: Yoh 17...

· Dari Yudas: Mat 13:55; Yoh 14:22; Kis 1:13

· Yesus Kristus: Rom 1:1

· yang terpanggil: Rom 1:6,7

· Yesus Kristus: Yoh 17:12

Ref. Silang FULL: Yud 1:2 - damai sejahtera // kiranya melimpahi · damai sejahtera: Gal 6:16; 1Tim 1:2 · kiranya melimpahi: Rom 1:7; Rom 1:7

· damai sejahtera: Gal 6:16; 1Tim 1:2

· kiranya melimpahi: Rom 1:7; [Lihat FULL. Rom 1:7]

Ref. Silang FULL: Yud 1:3 - Saudara-saudaraku // kita bersama // tetap berjuang // mempertahankan iman // orang-orang kudus · Saudara-saudaraku: 1Kor 10:14; 1Kor 10:14 · kita bersama: Tit 1:4 · tetap berjuang: 1Tim 6:12 · mempertahankan iman: Yu...

· Saudara-saudaraku: 1Kor 10:14; [Lihat FULL. 1Kor 10:14 ]

· kita bersama: Tit 1:4

· tetap berjuang: 1Tim 6:12

· mempertahankan iman: Yud 1:20; Kis 6:7

· orang-orang kudus: Kis 9:13; [Lihat FULL. Kis 9:13]

Ref. Silang FULL: Yud 1:4 - tengah-tengah kamu // dan Tuhan · tengah-tengah kamu: Gal 2:4 · dan Tuhan: Tit 1:16; 2Pet 2:1; 1Yoh 2:22

· tengah-tengah kamu: Gal 2:4

· dan Tuhan: Tit 1:16; 2Pet 2:1; 1Yoh 2:22

Ref. Silang FULL: Yud 1:5 - semuanya itu // mengingatkan kamu // tidak percaya · semuanya itu: 1Yoh 2:20; 1Yoh 2:20 · mengingatkan kamu: 2Pet 1:12,13; 3:1,2 · tidak percaya: Bil 14:29; Ul 1:32; 2:15; Mazm 10...

· semuanya itu: 1Yoh 2:20; [Lihat FULL. 1Yoh 2:20 ]

· mengingatkan kamu: 2Pet 1:12,13; 3:1,2

· tidak percaya: Bil 14:29; Ul 1:32; 2:15; Mazm 106:26; 1Kor 10:1-5; Ibr 3:16,17

Ref. Silang FULL: Yud 1:6 - hari besar · hari besar: 2Pet 2:4,9; 2Pet 2:4; 2Pet 2:9

· hari besar: 2Pet 2:4,9; [Lihat FULL. 2Pet 2:4]; [Lihat FULL. 2Pet 2:9]

Ref. Silang FULL: Yud 1:7 - dan Gomora // kota-kota sekitarnya // api kekal · dan Gomora: Mat 10:15; Mat 10:15 · kota-kota sekitarnya: Ul 29:23 · api kekal: Mat 25:41; Mat 25:41; 2Pet 3:7

· dan Gomora: Mat 10:15; [Lihat FULL. Mat 10:15 ]

· kota-kota sekitarnya: Ul 29:23

· api kekal: Mat 25:41; [Lihat FULL. Mat 25:41]; 2Pet 3:7

Ref. Silang FULL: Yud 1:8 - yang mulia · yang mulia: 2Pet 2:10

· yang mulia: 2Pet 2:10

Ref. Silang FULL: Yud 1:9 - penghulu malaikat // Mikhael // mayat Musa // menghardik engkau · penghulu malaikat: 1Tes 4:16 · Mikhael: Dan 10:13,21; 12:1; Wahy 12:7 · mayat Musa: Ul 34:6 · menghardik engkau: Za 3:2

· penghulu malaikat: 1Tes 4:16

· Mikhael: Dan 10:13,21; 12:1; Wahy 12:7

· mayat Musa: Ul 34:6

· menghardik engkau: Za 3:2

Ref. Silang FULL: Yud 1:10 - kebinasaan mereka · kebinasaan mereka: 2Pet 2:12

· kebinasaan mereka: 2Pet 2:12

Ref. Silang FULL: Yud 1:11 - ditempuh Kain // dalam kesesatan // karena kedurhakaan · ditempuh Kain: Kej 4:3-8; Ibr 11:4; 1Yoh 3:12 · dalam kesesatan: 2Pet 2:15; 2Pet 2:15 · karena kedurhakaan: Bil 16:1-3,31-35

· ditempuh Kain: Kej 4:3-8; Ibr 11:4; 1Yoh 3:12

· dalam kesesatan: 2Pet 2:15; [Lihat FULL. 2Pet 2:15 ]

· karena kedurhakaan: Bil 16:1-3,31-35

Ref. Silang FULL: Yud 1:12 - perjamuan kasihmu // dirinya sendiri // tak berair // ditiup angin // dengan akar-akarnya · perjamuan kasihmu: 2Pet 2:13; 1Kor 11:20-22 · dirinya sendiri: Yeh 34:2,8,10 · tak berair: Ams 25:14; 2Pet 2:17 · ditiup...

· perjamuan kasihmu: 2Pet 2:13; 1Kor 11:20-22

· dirinya sendiri: Yeh 34:2,8,10

· tak berair: Ams 25:14; 2Pet 2:17

· ditiup angin: Ef 4:14

· dengan akar-akarnya: Mat 15:13

Ref. Silang FULL: Yud 1:13 - ombak laut // membuihkan keaiban // untuk selama-lamanya · ombak laut: Yes 57:20 · membuihkan keaiban: Fili 3:19 · untuk selama-lamanya: 2Pet 2:17

· ombak laut: Yes 57:20

· membuihkan keaiban: Fili 3:19

· untuk selama-lamanya: 2Pet 2:17

Ref. Silang FULL: Yud 1:14 - mereka Henokh // Tuhan datang // orang kudus-Nya · mereka Henokh: Kej 5:18,21-24 · Tuhan datang: Mat 16:27; Mat 16:27 · orang kudus-Nya: Ul 33:2; Dan 7:10; Za 14:5; Ibr 12:22

· mereka Henokh: Kej 5:18,21-24

· Tuhan datang: Mat 16:27; [Lihat FULL. Mat 16:27 ]

· orang kudus-Nya: Ul 33:2; Dan 7:10; Za 14:5; Ibr 12:22

Ref. Silang FULL: Yud 1:15 - hendak menghakimi // terhadap Tuhan · hendak menghakimi: 2Pet 2:6-9 · terhadap Tuhan: 1Tim 1:9

· hendak menghakimi: 2Pet 2:6-9

· terhadap Tuhan: 1Tim 1:9

Ref. Silang FULL: Yud 1:16 - yang menggerutu // hawa nafsunya // yang bukan-bukan · yang menggerutu: 1Kor 10:10 · hawa nafsunya: Yud 1:18; 2Pet 2:10 · yang bukan-bukan: 2Pet 2:18

· yang menggerutu: 1Kor 10:10

· hawa nafsunya: Yud 1:18; 2Pet 2:10

· yang bukan-bukan: 2Pet 2:18

Ref. Silang FULL: Yud 1:17 - telah dikatakan // oleh rasul-rasul · telah dikatakan: Ibr 2:3; 2Pet 3:2 · oleh rasul-rasul: Ef 4:11; Ef 4:11

· telah dikatakan: Ibr 2:3; 2Pet 3:2

· oleh rasul-rasul: Ef 4:11; [Lihat FULL. Ef 4:11]

Ref. Silang FULL: Yud 1:18 - akhir zaman // nafsu kefasikan · akhir zaman: 1Tim 4:1; 2Tim 3:1; 2Pet 3:3 · nafsu kefasikan: Yud 1:16; 2Pet 2:1; 3:3

· akhir zaman: 1Tim 4:1; 2Tim 3:1; 2Pet 3:3

· nafsu kefasikan: Yud 1:16; 2Pet 2:1; 3:3

Ref. Silang FULL: Yud 1:19 - Roh Kudus · Roh Kudus: 1Kor 2:14,15

· Roh Kudus: 1Kor 2:14,15

Ref. Silang FULL: Yud 1:20 - dirimu sendiri // dasar imanmu // Roh Kudus · dirimu sendiri: Kol 2:7; 1Tes 5:11 · dasar imanmu: Yud 1:3 · Roh Kudus: Ef 6:18

· dirimu sendiri: Kol 2:7; 1Tes 5:11

· dasar imanmu: Yud 1:3

· Roh Kudus: Ef 6:18

Ref. Silang FULL: Yud 1:21 - sambil menantikan // yang kekal · sambil menantikan: Tit 2:13; Ibr 9:28; 2Pet 3:12 · yang kekal: Mat 25:46; Mat 25:46

· sambil menantikan: Tit 2:13; Ibr 9:28; 2Pet 3:12

· yang kekal: Mat 25:46; [Lihat FULL. Mat 25:46]

Ref. Silang FULL: Yud 1:23 - selamatkanlah // keinginan-keinginan dosa · selamatkanlah: Am 4:11; Za 3:2-5; 1Kor 3:15 · keinginan-keinginan dosa: Wahy 3:4

· selamatkanlah: Am 4:11; Za 3:2-5; 1Kor 3:15

· keinginan-keinginan dosa: Wahy 3:4

Ref. Silang FULL: Yud 1:24 - yang berkuasa // tak bernoda // hadapan kemuliaan-Nya · yang berkuasa: Rom 16:25; Rom 16:25 · tak bernoda: Kol 1:22 · hadapan kemuliaan-Nya: 2Kor 4:14; 2Kor 4:14

· yang berkuasa: Rom 16:25; [Lihat FULL. Rom 16:25 ]

· tak bernoda: Kol 1:22

· hadapan kemuliaan-Nya: 2Kor 4:14; [Lihat FULL. 2Kor 4:14]

Ref. Silang FULL: Yud 1:25 - Allah // sampai selama-lamanya // Amin · Allah: Yoh 5:44; 1Tim 1:17 · sampai selama-lamanya: Ibr 13:8 · Amin: Rom 11:36; Rom 11:36

· Allah: Yoh 5:44; 1Tim 1:17

· sampai selama-lamanya: Ibr 13:8

· Amin: Rom 11:36; [Lihat FULL. Rom 11:36]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Yud 1:1 - Yudas // hamba // dipelihara 1. Yudas mengidentifikasi dirinya sebagai penulis, menjelaskan hubungannya dengan Kristus dan Yakobus, dan mendefinisikan para pembacanya di dalam sat...

1. Yudas mengidentifikasi dirinya sebagai penulis, menjelaskan hubungannya dengan Kristus dan Yakobus, dan mendefinisikan para pembacanya di dalam satu kalimat pendek. Yudas adalah sebuah nama yang populer di dalam tradisi Ibrani. Kata Yang sering dipakai Paulus - hamba atau budak - dipergunakan sebagai ungkapan kesetiaan Yudas kepada Kristus. Hubungan darah penulis dengan Kristus tidak begitu penting. Kedaulatan Allah dan sentralitas Kristus terungkap di dalam pemilihan dari pemeliharaan para pembaca. Kata kerja yang diterjemahkan menjadi dipelihara menunjuk ke depan kepada kedatangan kembali Kristus.

Wycliffe: Yud 1:2 - rahmat ... damai sejahtera, dan kasih 2. Trilogi Yudas rahmat ... damai sejahtera, dan kasih bersifat khas Semitis dan erat berkaitan dengan "kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera" yan...

2. Trilogi Yudas rahmat ... damai sejahtera, dan kasih bersifat khas Semitis dan erat berkaitan dengan "kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera" yang digunakan oleh Paulus (II Tim. 1:2).

Wycliffe: Yud 1:3 - keselamatan kita bersama // telah disampaikan // mencapai sasarannya, sebab disampaikan kepada orang-orang kudus 3. Maksud penulisan surat ini dinyatakan dengan jelas, dan nada polemik yang akan dipakai dikemukakan. Yudas tidak menuntut dengan kasar namun mengimb...

3. Maksud penulisan surat ini dinyatakan dengan jelas, dan nada polemik yang akan dipakai dikemukakan. Yudas tidak menuntut dengan kasar namun mengimbau orang-orang Kristen itu dengan kasih untuk mengingat kembali keselamatan kita bersama. Kata keterangan Yunani hapax, yang diterjemahkan (sekali untuk selamanya; tidak tercantum dalam terjemahan baru LAI) telah disampaikan (Ibr. 6:4; 10:2; I Ptr. 3:18), menegaskan finalnya penyataan Allah di dalam Kristus dalam sejarah penebusan. Itulah titik pasti yang tidak bisa hilang dari iman kita. Penyataan ini telah mencapai sasarannya, sebab disampaikan kepada orang-orang kudus.

Wycliffe: Yud 1:4 - melampiaskan hawa nafsu, 4. Peristiwa yang menyebabkan surat ini ditulis adalah menyusupnya orang-orang yang tidak saleh ke dalam persekutuan jemaat. Para penyesat ini terbuka...

4. Peristiwa yang menyebabkan surat ini ditulis adalah menyusupnya orang-orang yang tidak saleh ke dalam persekutuan jemaat. Para penyesat ini terbuka untuk empat tuduhan; mereka menyusup dengan diam-diam; sebelumnya mereka sudah dikutuk; mereka tidak saleh, yaitu tidak sopan; dan mereka menyangkal bahwa Kristus adalah Tuan dan Tuhan. Menyangkal berarti secara positif tidak mempercayai kesaksian Kristus tentang diri-Nya. Antinomianisme Gnostik tersirat di dalam melampiaskan hawa nafsu, yang artinya berbagai penyelewengan di bidang seksual.

Wycliffe: Yud 1:5 - -- 5. Kata keterangan hapax dipakai kembali (bdg. ay. 3); di sini yang dimaksudkan adalah pemahaman mengenai Injil. Yudas mengemukakan bahwa pengakuan im...

5. Kata keterangan hapax dipakai kembali (bdg. ay. 3); di sini yang dimaksudkan adalah pemahaman mengenai Injil. Yudas mengemukakan bahwa pengakuan iman seseorang tidak menjadikan dia benar di hadapan Allah. Kemungkinan terjadinya kemunduran diilustrasikan dengan contoh orang Israel yang tidak percaya sehingga sekalipun mereka diselamatkan dari Mesir, mereka kemudian dihancurkan juga.

Wycliffe: Yud 1:6 - -- 6. Ilustrasi berikutnya ialah kejatuhan para malaikat pemberontak yang menyalahi panggilan mereka dengan meninggikan diri mereka sendiri. Bahasa yang ...

6. Ilustrasi berikutnya ialah kejatuhan para malaikat pemberontak yang menyalahi panggilan mereka dengan meninggikan diri mereka sendiri. Bahasa yang dipakai Yudas mungkin menunjukkan adanya pengaruh kitab Enoch yang berisi suatu penjelasan panjang mengenai para malaikat pemberontak. Kejadian 6:1-4 memberikan kisah Alkitab yang asli.

Wycliffe: Yud 1:7 - kota Sodom // Gomora 7. Akhirnya, Tuhan mengutip sejarah kota Sodom dan Gomora untuk memperkuat apa yang dikemukakan olehnya. Sepanjang Alkitab kota-kota ini merupakan lam...

7. Akhirnya, Tuhan mengutip sejarah kota Sodom dan Gomora untuk memperkuat apa yang dikemukakan olehnya. Sepanjang Alkitab kota-kota ini merupakan lambang hukuman ilahi yang dilaksanakan dengan api belerang. Jadi nasib mereka merupakan semacam cicipan dari nasib orang yang mengaku percaya namun tidak bertahan dalam kebenaran.

Wycliffe: Yud 1:8 - orang-orang fasik // semua yang mulia 8. Sikap tidak menghormati merupakan dosa utama dari orang-orang fasik pada ayat 4. Arti dari ungkapan semua yang mulia tidak jelas; mungkin yang dima...

8. Sikap tidak menghormati merupakan dosa utama dari orang-orang fasik pada ayat 4. Arti dari ungkapan semua yang mulia tidak jelas; mungkin yang dimaksudkan adalah para pemimpin orang percaya.

Wycliffe: Yud 1:9 - -- 9. Yudas memperkuat imbauannya untuk bersikap hormat dengan mengutip kisah apokrif Mikhael dan Iblis yang diambil dari kitab pseudepigrafa Assumption ...

9. Yudas memperkuat imbauannya untuk bersikap hormat dengan mengutip kisah apokrif Mikhael dan Iblis yang diambil dari kitab pseudepigrafa Assumption of Moses. Sekalipun Yudas mengutip kitab ini dan kitab Enoch, itu tidak dapat diangkat sebagai bukti bahwa dia menganggap kedua kitab ini kanonik atau bersifat historic. Inti yang ditunjukkan oleh Yudas adalah bahwa Mikhael menunjukkan kesabaran bahkan dalam hubungannya dengan Iblis sekalipun, sedangkan para guru palsu itu menunjukkan sikap tidak hormat kepada penguasa.

Wycliffe: Yud 1:10 - -- 10. Karena tidak memiliki wawasan rohani untuk mengenali "semua yang mulia," orang-orang jahat ini mengolok-olok mereka. Dengan nada mengejek Yudas me...

10. Karena tidak memiliki wawasan rohani untuk mengenali "semua yang mulia," orang-orang jahat ini mengolok-olok mereka. Dengan nada mengejek Yudas menghancurkan klaim Gnostik bahwa mereka memiliki pengetahuan rohani lebih tinggi dengan menyatakan bahwa mereka hanya memiliki naluri kehewanan yang tidak rasional. Ketergantungan pada pengetahuan yang hanya diperoleh dari naluri tidak rasional hanya akan menuntun kepada kehancuran.

Wycliffe: Yud 1:11 - Kain, Bileam, // Korah 11. Yudas mengucapkan sebuah kutuk, kembali dengan memanfaatkan trio teladan sejarah - Kain, Bileam, dan Korah. Kain merupakan contoh ketidakbenaran. ...

11. Yudas mengucapkan sebuah kutuk, kembali dengan memanfaatkan trio teladan sejarah - Kain, Bileam, dan Korah. Kain merupakan contoh ketidakbenaran. Bileam merupakan contoh sikap menipu dan serakah (bdg. Bil. 22-24), sedangkan Korah adalah contoh pemberontakan terhadap pihak yang berwewenang (bdg. Bil. 16). Dosa-dosa ini merusak kesehatan rohani seluruh gereja dan menghancurkan mereka yang melakukannya.

Wycliffe: Yud 1:12 - Perjamuan kasih // Awan yang tidak berair 12. Penulis meningkatkan kutukannya terhadap para guru palsu dengan beralih dari analogi alkitabiah ke analogi alamiah yang jumlahnya ada lima. Perjam...

12. Penulis meningkatkan kutukannya terhadap para guru palsu dengan beralih dari analogi alkitabiah ke analogi alamiah yang jumlahnya ada lima. Perjamuan kasih merupakan perjamuan yang dilaksanakan dalam hubungan dengan kebaktian Perjamuan Kudus, dan tujuannya ialah memperkaya persekutuan antar orang Kristen dan memperkokoh kesadaran akan kesatuan mereka di dalam Kristus. Rupanya para penganut Gnostik telah merusak perjamuan-perjamuan tersebut dengan mengubahnya menjadi pesta pora penuh kerakusan sehingga menyelewengkan tujuan penyelenggaraannya. Mereka ini mengenyangkan perut mereka tanpa mempedulikan kesejahteraan rohani Gereja. Awan yang tidak berair melukiskan orang-orang ini dengan tepat; mereka tidak memiliki beban dan terbawa oleh angin seakan-akan tidak memiliki bobot. Musim semi merupakan saat memetik buah. Namun guru palsu tidak menghasilkan buah dan pohon-pohon semacam itu. karena mati ganda, dipastikan akan dihancurkan.

Wycliffe: Yud 1:13 - ombak taut ... ganas // sebagai binatang-binatang yang baginya telah tersedia tempat di dunia kekelaman 13. Kehidupan yang fasik bagaikan ombak taut ... ganas yang serba gelisah ketika menerpa pantai. Kehidupan semacam itu bukan hanya akan dihancurkan ke...

13. Kehidupan yang fasik bagaikan ombak taut ... ganas yang serba gelisah ketika menerpa pantai. Kehidupan semacam itu bukan hanya akan dihancurkan kelak, namun saat ini juga menimbulkan kesan memalukan dan kerendahan budi pekerti. Akhirnya, Yudas melukiskan orang-orang sesat itu sebagai binatang-binatang yang baginya telah tersedia tempat di dunia kekelaman. Yudas menyiratkan bahwa kehidupan mereka adalah kehidupan yang tak bertujuan dan sia-sia dan akan berakhir dengan kemusnahan selamanya. Di dalam hal ini kitab Enoch 18:12-16 mungkin mempengaruhi pikiran Yudas.

Wycliffe: Yud 1:14-15 - Henoch, keturunan ketujuh dari Adam, telah bernubuat 14, 15. Dari ayat-ayat ini muncul persoalan sebab yang dikutip adalah kitab Enoch. Yudas mengatakan: Henoch, keturunan ketujuh dari Adam, telah bernub...

14, 15. Dari ayat-ayat ini muncul persoalan sebab yang dikutip adalah kitab Enoch. Yudas mengatakan: Henoch, keturunan ketujuh dari Adam, telah bernubuat. Kesulitannya ialah bahwa Yudas rupanya menyebutkan bahwa nubuat dari kitab apokrif Enoch ini adalah Henokh dari Kejadian 5. Karena tidak ada kisah Alkitab yang mencatat nubuat Henokh, beberapa orang beranggapan bahwa Yudas mungkin menganggap kitab apokrif Enoch sebagai kanonik atau bisa juga ia melakukan sebuah kesalahan. Bagaimanapun juga, pemecahan dari persoalan ini terletak di dalam kenyataan bahwa yang dianggap nubuat ini sama sekali bukan merupakan kutipan dari nas tertentu dalam kitab Enoch, tetapi dari beberapa nas, dan mungkin Yudas juga mengutip frasa "keturunan Adam yang ketujuh" dari Enoch 60:8. Jadi Yudas tidak bermaksud untuk mengacu pada Henokh dari Kejadian 5, tetapi sepenuhnya, bahkan juga di bagian pendahuluannya, mengacu pada kata-kata dalam kitab apokrif Enoch. Sekalipun nubuat ini tidak memiliki kekuatan kanonik, hal-hal yang dikemukakan sejalan dengan dan didukung oleh berbagai nas Alkitab seperti Matius 25:31-46.

Wycliffe: Yud 1:16 - -- 16. Sesudah menegaskan kehancuran para guru palsu, Yudas melukiskan watak mereka dengan tiga cara. Mereka adalah tukang menggerutu, yakni, orang yang ...

16. Sesudah menegaskan kehancuran para guru palsu, Yudas melukiskan watak mereka dengan tiga cara. Mereka adalah tukang menggerutu, yakni, orang yang suka mengomel dengan diam-diam: mereka adalah orang yang suka mengeluh tentang nasibnya, yaitu orang yang hanya dipimpin oleh nafsunya; dan mereka suka membual dengan tujuan memperoleh keuntungan bagi dirinya sendiri. Bahasa yang dipakai mencerminkan pemikiran dari kitab Assumption of Moses 5:5.

Wycliffe: Yud 1:17 - mengingat apa yang dahulu telah dikatakan kepada kamu oleh rasul // rasul 17. Sekalipun surat ini ditulis kepada orang Kristen, di dalam ayat 5-16 Yudas membahas kesalahan dari para guru palsu. Kini dia mengarahkan perhatian...

17. Sekalipun surat ini ditulis kepada orang Kristen, di dalam ayat 5-16 Yudas membahas kesalahan dari para guru palsu. Kini dia mengarahkan perhatiannya kepada para pembacanya dalam bentuk nasihat langsung. Mereka akan melindungi diri mereka sendiri dari kesalahan apabila mereka mengingat apa yang dahulu telah dikatakan kepada kamu oleh rasul-rasul yaitu bahwa guru-guru palsu akan muncul dari dalam kalangan gereja itu sendiri. Dengan demikian para pembacanya akan dengan sungguh-sungguh "mempertahankan iman" (ay. 3).

Wycliffe: Yud 1:18 - Menjelang akhir zaman // pengejek 18. II Petrus 3:3 mempergunakan bahasa yang hampir sama. Kedua nas mungkin melihat ke belakang kepada satu tradisi lisan dari ajaran para rasul. Menje...

18. II Petrus 3:3 mempergunakan bahasa yang hampir sama. Kedua nas mungkin melihat ke belakang kepada satu tradisi lisan dari ajaran para rasul. Menjelang akhir zaman menentukan warna situasi dan menunjukkan bahwa pada akhir zaman manusia akan bersifat sangat tidak rohani. Mengejek berarti bertindak tidak senonoh terhadap hal-hal yang kudus, dan pengejek tidak menaati hukum Roh, tetapi menuruti hukum nafsu kedagingan.

Wycliffe: Yud 1:19 - pemecah belah // hidup tanpa Roh Kudus 19. Yudas melanjutkan tuduhannya terhadap para guru palsu dalam dua hal: mereka bersifat memecah belah dan hidup tanpa Roh Allah. Kata kerja Yunani ya...

19. Yudas melanjutkan tuduhannya terhadap para guru palsu dalam dua hal: mereka bersifat memecah belah dan hidup tanpa Roh Allah. Kata kerja Yunani yang diterjemahkan menjadi pemecah belah menunjukkan penetapan garis-garis pemisah yang menimbulkan sikap perpecahan. Selanjutnya. sikap memecah belah ini menunjukkan adanya rasa diri lebih tinggi pada pihak para guru palsu tersebut. Dengan ironi yang halus Yudas menuduh para penganut Gnostik itu, yang menganggap diri mereka sebagai rohani, sebagai hidup tanpa Roh Kudus. Yudas menegaskan, bahwa kerohanian merupakan kwalitas kehidupan yang dihasilkan oleh Roh Allah, dan bukan oleh berbagai kegiatan religius tertentu yang hanya dapat dilakukan oleh sekelompok orang saja.

Wycliffe: Yud 1:20 - bangunlah dirimu sendiri // berdoalah dalam Roh Kudus 20. Kembali perhatian diarahkan kepada para pembaca. Hidup yang murni berawal dari doktrin yang benar, yaitu "iman yang telah disampaikan kepada orang...

20. Kembali perhatian diarahkan kepada para pembaca. Hidup yang murni berawal dari doktrin yang benar, yaitu "iman yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus" (ay. 3). Kunci untuk memahami apa yang dimaksudkan dengan bangunlah dirimu sendiri dijumpai dalam frasa berikutnya: berdoalah dalam Roh Kudus. Yang tersirat secara kuat ialah bahwa orang yang sungguh-sungguh rohani bukanlah orang-orang tertentu yang menganggap dirinya benar (ay. 19). melainkan mereka yang berdoa dalam Roh Kudus.

Wycliffe: Yud 1:21 - -- 21. Arndt membuat parafrase ayat ini sebagai berikut. "Hindarkanlah dirimu dari kerugian dengan memberikan kesempatan kepada Allah untuk menunjukkan k...

21. Arndt membuat parafrase ayat ini sebagai berikut. "Hindarkanlah dirimu dari kerugian dengan memberikan kesempatan kepada Allah untuk menunjukkan kasih-Nya kepadamu juga pada masa depan." Lingkungan orang Kristen pada saat itu ialah kasih Allah, dan penantian mereka ialah jaminan hidup kekal bersama dengan Yesus Kristus.

Wycliffe: Yud 1:22 - eleeo, 22. Naskah Yunani dari ayat 22, 23 sulit untuk dipahami. Dalam ayat 22 kata kerja yang diakui lebih baik ialah eleeo, "menunjukkan belas kasihan." Sas...

22. Naskah Yunani dari ayat 22, 23 sulit untuk dipahami. Dalam ayat 22 kata kerja yang diakui lebih baik ialah eleeo, "menunjukkan belas kasihan." Sasaran dari belas kasihan ialah mereka yang ragu-ragu. Dengan demikian, di dalam nas ini, Yudas mendesak orang-orang Kristen untuk menanggapi keraguan intelektual dan moral dari orang-orang yang terpengaruh oleh para guru palsu. Tujuannya bukanlah mengusir dan mengutuk mereka yang ragu-ragu tersebut, melainkan memulihkan mereka ke dalam persekutuan.

Wycliffe: Yud 1:23 - merampas mereka dari api 23. Zakharia 3:2-4 mungkin mempengaruhi pernyataan Yudas ini, sebab dia berbicara tentang merampas mereka dari api. Api mungkin melambangkan nafsu sen...

23. Zakharia 3:2-4 mungkin mempengaruhi pernyataan Yudas ini, sebab dia berbicara tentang merampas mereka dari api. Api mungkin melambangkan nafsu sensual. tetapi lebih besar kemungkinan bahwa yang dimaksudkan adalah hukuman abadi. Hal yang disuruh di sini ialah agar orang Kristen bersikap penuh belas kasihan kepada si pelaku dosa sambil membenci dosa yang dilakukannya.

Wycliffe: Yud 1:24-25 - tak bernoda // Juruselamat 24, 25. Berkat yang terdapat di akhir surat yang singkat ini termasuk berkat yang paling besar dan agung dalam Perjanjian Baru. Doa berkat yang bisa d...

24, 25. Berkat yang terdapat di akhir surat yang singkat ini termasuk berkat yang paling besar dan agung dalam Perjanjian Baru. Doa berkat yang bisa disamakan dengan ini ialah berkat Paulus dalam Roma 16:25 dan I Timotius 6:14-16. Vital dalam semua nasihat kepada orang-orang percaya ialah mengingatkan mereka akan sumber-sumber yang tak terbatas dari Allah sendiri, sebab hanya Dia saja yang mampu memelihara kita agar tidak terjatuh dalam hidup ini dan menuntun kita kepada diri-Nya pada hari terakhir. Dialah yang akan menyempurnakan karya pengudusan sehingga orang percaya akan tak bernoda. Kata ini mengingatkan kepada syarat hewan yang dikurbankan dalam Perjanjian Lama. Ayat 25 mengajarkan keesaan Allah dan kesetaraan Yesus Kristus dengan Allah Bapa. Dengan demikian ajaran ini menyerang pandangan bahwa keilahian Kristus merupakan penciptaan gereja pasca rasuli. Allah disebut sebagai Juruselamat sebanyak tujuh kali dalam Perjanjian Baru. Di sini kuasa-Nya untuk menyelamatkan tampak di dalam diri Anak-Nya, yang oleh gereja diakui sebagai Tuhan, yaitu Allah. Sebutan terakhir tentang kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa merupakan kesaksian Yudas tentang watak agung Allah yang mengerjakan keselamatan kita melalui Kristus.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Yud 1:1-4 - Berjuang mempertahankan iman. (Senin, 10 Desember 2001) Berjuang mempertahankan iman. Maksud semula Yudas adalah menulis sepucuk surat mengenai keselamatan kita bersama, tetapi kemudian ia harus mengubah...

SH: Yud 1:5-16 - Awas, banyak penyesat! (Selasa, 11 Desember 2001) Awas, banyak penyesat! Di dalam bagian ini, Yudas memberikan peringatan kepada pembacanya agar bersikap kritis dalam menghadapi para penyesat yang ...

SH: Yud 1:17-25 - Membangun iman yang teguh di atas dasar yang benar. (Rabu, 12 Desember 2001) Membangun iman yang teguh di atas dasar yang benar. Bagian terpenting di dalam surat Yudas ada pada ayat 17-25 yang memberikan nasihat sehubungan d...

Topik Teologia: Yud 1:1 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Allah Berlaku di Dalam Kehidupan Orang-orang Percaya Pemeliharaan-Nya Me...

Topik Teologia: Yud 1:4 - -- Yesus Kristus Keluaran Mat 2:14-15 1Ko 10:1-11 Ibr 3:7-19 Yud 1:4-5 Berdaulat Yud 1:4 Pekerjaan-Pe...

Topik Teologia: Yud 1:5 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Tuhan (Yun.: Kurios) Mat 9:38 Mat ...

Topik Teologia: Yud 1:6 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Jahat Dosa Dosa Bermula di Surga Bersama dengan Satan dan Malaikat-malaikatnya Y...

Topik Teologia: Yud 1:7 - -- Dosa Dosa-dosa Kedagingan Dosa-dosa Seksual yang Dihukum Kej 12:15,17-19 Kej 20:2-3,6-7,9 Kej 49:4 Ima 18:24-29 Ima 20:10-22 Bi...

Topik Teologia: Yud 1:8 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Orang Percaya Jangan Menyimpan Alam Demonik Yud 1:8-9 Orang Percaya Jangan Pernah Berbicar...

Topik Teologia: Yud 1:9 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Orang Percaya Jangan Menyimpan Alam Demonik Yud 1:8-9 Setan Gereja ...

Topik Teologia: Yud 1:10 - -- Dosa Dosa-dosa Roh Dosa-dosa Penipuan Diri Buta Rohani Ayu 17:10 Ayu 38:2 Ams 12:8 Ams 14:7 Ams 19:2-3 Mat 13:13-15 1...

Topik Teologia: Yud 1:11 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Keinginan Tamak dan Rakus Kel 20:17 Ula 5:21 Maz 10:3 Maz 119:36 Ams 1:18-19...

Topik Teologia: Yud 1:12 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Tidak Takut kepada Allah Kej 20:11 Kel 9:30 Ula 25:18 Ayu 6:14 Ayu 15:4 Maz 36...

Topik Teologia: Yud 1:13 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Gereja Masalah-masalah Yang Dihadapi Gereja Masalah Kerohanian dan Keagamaan dalam Ge...

Topik Teologia: Yud 1:14 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Dosa Natur Dosa Dosa adalah Pelanggaran Aktif Terhadap Hukum Allah Melawan...

Topik Teologia: Yud 1:15 - -- Dosa Melawan Allah Rom 1:18 Rom 6:13 1Ko 6:9-10 Kol 3:25 1Ti 1:9 2Ti 2:16 Tit 2:12 1Pe 3:18 2Pe 3:7 1Yo 1:9 Yud 1:14-15 ...

Topik Teologia: Yud 1:16 - -- Dosa Para Pendosa Dikendalikan Hasrat Jahat Ams 11:6 Rom 1:24,26,28 Rom 6:12 Rom 13:14 Gal 5:16-17 Efe 2:3 Efe 4:22 1Ti 6:9 2Ti...

Topik Teologia: Yud 1:18 - -- Dosa Penghinaan 2Ta 36:16 Ayu 34:7 Maz 1:1 Maz 22:7 Maz 39:9 Maz 73:8 Maz 123:4 Ams 1:22 Ams 3:34 Ams 9:7-8,12 Ams 13:1 Ams 14:...

Topik Teologia: Yud 1:19 - -- Roh Kudus Sifat Ilahi Roh Kudus Roh yang Disamakan dengan Allah Keilahian Roh di dalam Keberadaan Diri-Nya Roh yang Dise...

Topik Teologia: Yud 1:20 - -- Allah yang Berpribadi Allah sebagai Tritunggal Ketritunggalan Allah Tritunggal dalam Pengajaran Perjanjian Baru Mat 3...

Topik Teologia: Yud 1:21 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Tritunggal dalam Pengajaran Perjanjian Baru Mat 3:16-17 Mat 12:18 Mat 12:28 Mat...

Topik Teologia: Yud 1:22 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Mengekspresikan Moral Kasih Sayang Mereka Mengekspresik...

Topik Teologia: Yud 1:23 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Mengekspresikan Moral Kasih Sayang Mereka Mengekspresik...

Topik Teologia: Yud 1:24 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Allah Berlaku di Dalam Kehidupan Orang-orang Percaya Pemeliharaan-Nya Me...

Topik Teologia: Yud 1:25 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama-nama, Gelar-gelar Deskriptif dan Kiasan-kiasan untuk Allah Juruselamat Ula 3...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yudas (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yudas Tema : Berjuang untuk Mempertahankan Iman Tanggal Penulisan: 70-80 M Latar Belakang Yudas memperkenalkan dirin...

Full Life: Yudas (Garis Besar) Garis Besar Salam Kristen (Yud 1:1-2) I. Penjelasan Mengenai Penulisan Surat Ini (Yud 1:3-4) II. Menyingkapkan Guru-Guru P...

Jerusalem: Yudas (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT KATOLIK PENGANTAR Di dalam Perjanjian Baru tercantum tujuh surat yang bukan karangan Rasul Paulus. Agak segera ketujuh surat ini dijadikan...

Ende: Yudas (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL SANTU JUDAS KATA PENGANTAR Pengarang surat Penulis memperkenalkan diri sebagai "Judas" abdi Jesus Kristus, dan saudara Jakobus". Untuk men...

Wycliffe: Yudas (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN YUDAS Penulis dan Tanggal Penulisan. Surat Yudas, surat "umum" atau surat "Katolik" yang terakhir, dinyatakan sebagai...

Wycliffe: Yudas (Garis Besar) GARIS BESAR YUDAS I. Identifikasi, Salam dan Maksud Penulisan (1-4) II. Nasihat untuk Waspada Terhadap Guru-Guru Palsu (5,16) III. Berba...

BIS: Yudas (Pendahuluan Kitab) SURAT YUDAS PENGANTAR Surat Yudas ini ditulis untuk memperingatkan para pembacanya supaya waspada terhadap guru-guru palsu yang menyebut dirinya Kri

SURAT YUDAS

PENGANTAR

Surat Yudas ini ditulis untuk memperingatkan para pembacanya supaya waspada terhadap guru-guru palsu yang menyebut dirinya Kristen. Dalam surat yang pendek ini, yang isinya mirip dengan surat Petrus yang kedua, penulisnya memberi dorongan kepada para pembacanya supaya terus berjuang untuk iman.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Yud 1:1-2
  2.  Sifat, pengajaran dan nasib guru-guru palsu
    Yud 1:3-16
  3.  Nasihat supaya tetap percaya
    Yud 1:17-23
  4.  Doa pujian
    Yud 1:24-25

Ajaran: Yudas (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Yudas dan melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendahuluan Penu

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Yudas dan melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pendahuluan

Penulis : Yudas, saudara Yakobus, saudara Tuhan Yesus.

Tahun : Sekitar tahun 70-80 sesudah Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen (untuk semua yang percaya di seluruh dunia). Keadaan mereka (penerima pertama) sama dengan penerima Kitab I, II, III Yohanes, yaitu sedang menghadapi ajaran sesat yang tidak sesuai dengan Firman Allah.

Isi Kitab: Kitab Yudas hanya terdiri dari satu pasal. Di dalam Kitab ini Yudas menasehati setiap orang Kristen untuk tetap berjuang mempertahankan iman yang telah disampaikan oleh hamba-hamba Tuhan.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Yudas

  1. Ayat 1-4 (Yud 1:1-4).

    Salam dan tujuan

    Bagian ini berisi doa untuk pertumbuhan rohani jemaat, agar tetap berjuang dalam segala daya upaya bertahan pada iman yang teguh. Karena iman kepada Yesus Kristus menuntut adanya hidup yang suci.

  2. Ayat 5-16 (Yud 1:15-16).

    Pengajaran mengenal guru palsu

    Bagian ini menjelaskan bahwa guru-guru palsu harus ditolak oleh orang Kristen. Akhir hidup daripada guru-guru itu sudah ditentukan, yaitu penghukuman. Hal ini disebabkan mereka telah merubah kasih karunia Allah dengan cara hidup di dalam dosa, dan mereka menyangkal Tuhan Yesus Kristus. Sifat-sifat mereka disamakan dengan tiga tokoh Alkitab yang jahat yaitu: Kain, Bileam, Korah.

    Pendalaman

    1. Bagaimanakah caranya saudara mengenal guru-guru palsu/ajaran palsu?
    2. Ceritakanlah kejahatan yang dilakukan oleh Kain, Bileam dan Korah.
  3. Ayat 17-23 (Yud 1:17-23).

    Pengajaran tiga tugas orang Kristen dalam menghadapi guru-guru palsu

    Bagian ini menjelaskan tugas orang-orang Kristen dalam menghadapi guru- guru palsu, yaitu:

    _Pertama_, mengingat ajaran-ajaran Firman Allah, _Kedua_, membangun di atas dasar iman yang suci dan berdoa dalam Roh Kudus. _Ketiga_, menunjukkan kebaikan kepada orang lain, dengan disertai rasa takut kepada Tuhan, yaitu tidak mengikuti atau mengingini kejahatan/dosa, yang mencemarkan hidup.

    Pendalaman

    1. Apakah tugas orang percaya dalam menghadapi ajaran sesat?
    2. Apakah tugas yang kedua dan ketiga sama dengan melakukan Firman Allah?
  4. Ayat 24-25 (Yud 1:24-25).

    Penutup

    Pujian karena Allah akan menjaga anak-anak-Nya, karena dalam Yesus Kristus sajalah terletak kekuatan orang Kristen. Inilah dasar dari kemenangan akhir setiap orang Kristen.

    Pendalaman

    1. Siapakah yang menjagai kita, supaya tidak tersesat?
    2. Dengan apakah Allah menjagai kita?
    3. Apakah dasar kekuatan kemenangan dari orang Kristen?
    4. Apakah yang menjadi sandaran kekuatan saudara?
    5. Kalau seseorang Kristen masih tetap mengikuti upacara-upacara ada yang tidak sesuai dengan Alkitab, apakah itu sama dengan ia mendasar kekuatannya kepada Yesus Kristus?

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab Yudas?
  2. Apakah pusat pengajaran Kitab Yudas?
  3. Apakah keadaan saudara sama dengan keadaan penerima Kitab ini?

Intisari: Yudas (Pendahuluan Kitab) Surat Pendek yang menggigit! Yang kita hadapi saat ini adalah salah satu dari surat-surat terpendek dalam Perjanjian Baru, tetapi surat ini benar-ben

Surat Pendek yang menggigit!

Yang kita hadapi saat ini adalah salah satu dari surat-surat terpendek dalam Perjanjian Baru, tetapi surat ini benar-benar padat dengan makna. Surat ini mengingatkan kitajika kita mengasihi orang, kita kadang-kadang harus berlaku jujur, terus terang dan tegas terhadap mereka.

SIAPAKAH YUDAS?
Ia sendiri mengatakan bahwa ia 'saudara Yakobus' (1) atau dapat Anda anggap saudara Yakobus yang terkenal itu. Jadi, siapakah Yakobus? Hanya ada satu orang yang cocok dengan gambaran itu, yaitu Yakobus saudara Yesus. Berarti Yudas tentu adalah saudara dari Yesus juga (lihat Mar 6:3; Mat 13:55). Namun demikian, Yudas tidak pernah menyebut dirinya seorang rasul (walaupun ia berbicara tentang mereka)! Ini berarti kita sedang berhadapan dengan seorang yang rendah hati dan sederhana yang tidak ingin menonjolkan diri.

KAPAN DAN MENGAPA IA MENULIS?
Dari caranya ia membicarakan iman dan pengajaran para rasul, tampaknya Yudas menulis dengan baik pada zaman Perjanjian Baru, meskipun kita tidak dapat benar-benar memastikannya. Kita juga tidak tahu di mana teman-temannya tinggal, tetapi kita tahu pasti apa yang mereka lawan. Seperti juga banyak gereja-gereja dalam Perjanjian Baru, jemaat ini pun berada dalam kesulitan, dan yang lebih buruk lagi, masalah itu terjadi di dalam lingkungan gereja. Banyak orang mengaku bahwa mereka Kristen, tetapi mereka membawa jemaat pada kehidupan yang tidak senonoh, menyebarkan pemikiran-pemikiran yang palsu dan tidak bermoral. Pula, mereka seolah-olah terlihat sedang melakukan ajaran yang 'lebih rohani' dan 'yang lebih tinggi'. Yudas bermaksud untuk menulis kepada mereka surat yang lebih panjang dan tidak tergesa-gesa tentang ajaran Kristen, tetapi penulisan ini harus dilakukan dengan cepat. Inilah sebabnya mengapa surat Yudas dan 11 Petrus banyak kemiripannya. Entah Yudas yang mengutip Petrus dan menyesuaikannya dengan gaya tulisannya, atau mungkin ia dan Petrus mendapatkan beberapa traktat yang sama. Hasilnya adalah sepucuk surat yang penting, berbobot dan sarat dengan petunjuk.

BAGAIMANA TENTANG HENOKH?
Satu hal yang tidak biasa mengenai Yudas ialah bahwa ia tidak hanya mengutip Perjanjian Lama dan para rasul, tetapi ia juga mengutip kitab-kitab yang tidak kita punyai dalam Alkitab. Kitab Henokh (14, 15) adalah buku agama yang populer dan yang sangat banyak dikenal orang pada zaman itu. Pengangkatan Musa (9) merupakan contoh lainnya. (Ada cerita tentang Mikhael yang dikirim untuk menguburkan Musa dan bertemu dengan Iblis yang menuntut tubuhnya sebab Musa seorang pembunuh. Mikhael menyerahkan keputusan itu kepada Allah). Mungkin ada pula rujukan lainnya, tetapi semua ini tidak berarti bahwa Yudas menganggap kutipan itu setara dengan Alkitab. Dalam Perjanjian Baru terdapat beberapa kali penulis mengutip ucapan-ucapan atau tulisan-tulisan terkenal lain hanya untuk menegaskan suatu pendapat, sama seperti yang dilakukan oleh pengkhotbah-pengkhotbah dewasa ini yang mungkin mengutip dari karya Shakespeare atau Perjalanan Seorang Musafir, misalnya.

Pesan

1.Ada musuh didalam selimut
Mereka sudah
o menyelusup masuk. Yud 1:4
o menodai persekutuan. Yud 1:12
o memecah belah jemaat. Yud 1:19
o terbukti sebagai Kristen palsu. Yud 1:19

2. Mereka menyangkal iman.
o Menentang apa yang kita percayai. Yud 1:3
o Hidup dalam kejahatan. Yud 1:4, 11, 12, 16

3. Allah akan mengurus mereka.
o Ia telah melakukannya di masa lampau. Yud 1:4, 5, 6, 7, 11
o Ia akan melakukannya lagi. Yud 1:14, 15

4. Kristen sejati akan siap siaga.
o Berjuang demi iman. Yud 1:3
o Setia kepada Tuhan. Yud 1:4
o Ingat akan janji-janji. Yud 1:17
o Terus bertahan dan memelihara iman. Yud 1:20,21
o Menyelamatkan orang lain. Yud 1:22, 23

5. Allah akan memelihara kita.
o Ia memanggil kita. Yud 1:1
o Ia mengasihi kita. Yud 1:1, 2, 21
o Ia berkuasa memberikan apa yang kita perlukan. Yud 1:2
o Ia akan memelihara kita. Yud 1:24
o Ia yang memegang kendali. Yud 1:25

Penerapan

Yudas mengajar kita bagaimana menyelesaikan kesalahan...

1. Apa yang akan kita hadapi.
o Ajaran palsu
o Orang yang tidak saleh
o Kebebasan dan nafsu
o Ketidakpercayaan
o Kesombongan
o Ketidakhormatan
o Ejekan
o Penolakan terhadap wibawa
o Egoisme
o Tidak adanya buah Roh
o Keluhan
o Bualan
o Rayuan
o Pemecahbelahan
o Keduniawian
o Kerohanian pura-pura

2. Bagalmana mengadakan perlawanan.
o Bergantung pada Alkitab
o Periksa ajaran mereka
o Jangan biarkan adanya penyimpangan
o Sadari bahwa hal itu serius
o Teruskan apa yang sudah dimulai
o Pegang janji janji Allah
o Berhati-hati walaupun Anda ingin menolong mereka

Tema-tema Kunci

1. Alkitab.
Yudas berbicara tentang 'iman' (3); menyimpulkan apa yang kita percayai. Oleh karena iman adalah 'pemberian Allah' dan sebab Allah tidak ingkar, maka sangatlah penting bagi kita untuk berpegang pada iman. Kita memilikinya tertulis dalam Alkitab bagi kita, dan Yudas menganggap bahwa semua kawannya telah mengetahuinya dan akan mempertahankannya. Lihat bagaimana Yudas mengacu baik ke Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru (ayat-ayat Yud 1:3, 5, 6, 7, 11, 17, 18, 20) dan carilah acuan berikut ini: I Korintus 10:1-12; Kejadian 10:1-12; 6:1-4; 19:1-25; 4:1-16; Bilangan 22-23; 25:1-5; 31:15, 16; 16:1-35.

2. Hidup dan iman.
Apa yang kita percayai dan bagaimana kita hidup harus serasi. Para guru palsu mengatakan bahwa mereka percaya akan kasih karunia Allah (4) dan bahkan mereka mengaku mendapatkan wahyu khusus (8,lihat 19), tetapi kehidupan mereka sehari- hari menyangkal pengakuan tersebut. Buatlah daftar tentang gambaran yang berbeda-beda yang dipakai Yudas untuk menggambarkan Kristen palsu ini. Apa kesan yang Anda dapatkan secara menyeluruh?

3. Dosa tidak akan lepas dari hukuman.
Walaupun kelihatannya orang dapat meng hindarihukuman dosa, sejarah Alkitab mengatakan bahwa pada suatu hari Allah akan menghakimi mereka. Carilah hal-hal yang menunjuk kepada penghakiman Allah dalam surat ini.

4. Orang Kristen sejati akan selamat.
Tidak saja Allah sangat memperhatikan umat-Nya, tetapi Ia dapat memberikan segala sesuatu bagi mereka untuk tetap mempertahankan diri. Pikirkan ayat-ayat Yud 1:24, 25 dan carilah apa yang ingin Allah lakukan dan bagaimana Ia dapat melakukannya.

Garis Besar Intisari: Yudas (Pendahuluan Kitab) [1] 'YUDAS UNTUK SAHABAT-SAHABATNYA' Yud 1:1,2 Saudara-saudara adalah orang-orang yang istimewa [2] 'DITULIS DENGAN TERBURU-BURU...' Yud 1:3,4

[1] 'YUDAS UNTUK SAHABAT-SAHABATNYA' Yud 1:1,2

Saudara-saudara adalah orang-orang yang istimewa

[2] 'DITULIS DENGAN TERBURU-BURU...' Yud 1:3,4

Yud 1:3a Apa yang ingin saya tulis
Yud 1:3b Apa yang sedang saya tulis
Yud 1:4Mengapa saya menulis seperti ini

[3] 'TIGA PERINGATAN YANG MENGERIKAN' Yud 1:5-7

Yud 1:5Mesir
Yud 1:6Para malaikat
Yud 1:7Sodom dan Gomora

[4] 'APA YANG KITA LAWAN' Yud 1:8-13

Yud 1:8-9Memberontak terhadap kekuasaan Allah
Yud 1:10Berlaku seperti binatang
Yud 1:11Kain, Bileam dan Korah dijadikan satu!
Yud 1:12-13Berbahaya dan tak berguna

[5] 'HENOKH BENAR!' Yud 1:14-16

Yud 1:14-15Hakim sedang datang
Yud 1:16Kesombongan dan nafsu

[6] 'PARA RASUL SUDAH MENGATAKANNYA PADAMU!' Yud 1:17-19

Yud 1:17-18Hari-hari jahat akan tiba
Yud 1:19Hati-hati terhadap hal duniawi!

[7] 'LANJUTKAN PEKERJAANMU!' Yud 1:20-23

Yud 1:20,21Kuatkan diri
Yud 1:22,23Ulurkan tangan

[8] 'ALLAH YANG SEPERTI APA YANG KITA MILIKI!' Yud 1:24,25

Mampu dan memelihara

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #01: Selamat Datang di Antarmuka dan Sistem Belajar Alkitab SABDA™!! [SEMUA]
dibuat dalam 0.31 detik
dipersembahkan oleh YLSA