Artikel Penuntun - BAPTISAN DALAM ROH KUDUS

Nas : Kis 1:5

Ayat: "Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus."

Salah satu doktrin terpenting dalam Alkitab adalah baptisan dalam Roh Kudus

(lihat cat. --> Kis 1:4

[atau --> Kis 1:4]

tentang istilah "baptisan dalam" sebagai ganti istilah "baptisan dengan" Roh Kudus). Mengenai baptisan dalam Roh Kudus, Firman Allah mengajarkan yang berikut.

  1. 1) Baptisan dalam Roh ini dimaksudkan bagi semua orang yang mengaku percaya kepada Yesus, telah dilahirkan baru, dan didiami oleh Roh Kudus.
  2. 2) Salah satu sasaran utama misi Yesus di dunia ini ialah membaptiskan para pengikut-Nya dalam Roh Kudus (Mat 3:11; Mr 1:8; Luk 3:16; Yoh 1:33). Dia memerintahkan murid-murid-Nya untuk tidak mulai bersaksi sebelum mereka dibaptis dalam Roh dan "diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi" (Luk 24:49; Kis 1:4-5,8). Yesus Kristus sendiri tidak mulai pelayanan-Nya sehingga "Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa" (Kis 10:38; bd. Luk 4:1,18).
  3. 3) Baptisan dalam Roh Kudus ini merupakan pekerjaan Roh yang berbeda dan terpisah dari karya pembaharuan. Sama seperti karya pengudusan Roh merupakan pekerjaan yang berbeda yang melengkapi pembaharuan Roh, demikian pula baptisan dalam Roh ini menyempurnakan karya pembaharuan dan pengudusan-Nya. Pada hari kebangkitan-Nya, Kristus mengembusi murid-murid-Nya sambil berkata, "Terimalah Roh Kudus" (Yoh 20:22). Hal ini menunjukkan bahwa pembaharuan dan hidup baru telah diberi kepada mereka

    (lih. art.PEMBAHARUAN PARA MURID).

    Beberapa saat kemudian Dia memberitahukan bahwa mereka harus "diperlengkapi dengan kuasa" oleh Roh Kudus (Luk 24:49; bd. Kis 1:5,8). Bagi murid-murid jelas sekali pengalaman ini terjadi sesudah pembaharuan

    (lihat cat. --> Kis 11:17).

    [atau --> Kis 11:17]

    Seseorang dapat lahir baru dan didiami Roh Kudus namun belum dibaptis dalam Roh Kudus

    (lihat cat. --> Kis 19:6).

    [atau --> Kis 19:6]

  4. 4) Dibaptis dalam Roh artinya dipenuhi dengan Roh (bd. Kis 1:5; Kis 2:4). Akan tetapi, baptisan ini hanya terjadi pada saat dan sesudah hari Pentakosta. Mengenai mereka yang dipenuhi Roh sebelum hari Pentakosta (mis. Luk 1:15,67), Lukas tidak menggunakan istilah baptisan dalam Roh Kudus. Hal ini hanya akan terjadi sesudah kenaikan Kristus (Luk 24:49-51; Yoh 16:7-14; Kis 1:4).
  5. 5) Dalam kitab Kisah Para Rasul, berkata-kata dengan bahasa roh, sebagaimana diberikan oleh Roh untuk diucapkan, adalah tanda pertama yang menyertai baptisan dalam Roh (Kis 2:4; 10:45-46; 19:6). Baptisan dalam Roh berkaitan begitu erat dengan penyataan lahiriah bahasa roh sehingga hal ini harus dianggap biasa bila menerima baptisan Roh Kudus

    (lih. art.BERKATA-KATA DENGAN BAHASA ROH.

  6. 6) Baptisan dalam Roh Kudus akan memberikan keberanian pribadi dan kuasa Roh Kudus ke dalam kehidupan seorang percaya supaya melakukan pekerjaan-pekerjaan yang besar dalam nama Kristus serta meningkatkan keefektifan kesaksian dan pemberitaannya (bd. Kis 1:8; 2:14-41; Kis 4:31; 6:8; Rom 15:18-19; 1Kor 2:4). Kuasa ini bukan suatu kekuatan yang tidak bersifat pribadi, melainkan suatu penyataan Roh Kudus yang membuat Yesus dan kemuliaan serta pekerjaan-Nya hadir di tengah-tengah umat-Nya (Yoh 14:16-18; 16:14; 1Kor 12:7).
  7. 7) Akibat-akibat yang lain dari suatu baptisan yang sesungguhnya dalam Roh Kudus adalah:
    1. (a) nubuat dan pemujaan (Kis 2:4,17; 10:46; 1Kor 14:2);
    2. (b) peningkatan kepekaan akan dosa yang mendukakan Roh Kudus, pencarian akan kebenaran yang lebih sungguh-sungguh dan kesadaran yang lebih akan hukuman Allah terhadap semua kefasikan

      (lihat cat. --> Yoh 16:8;

      lihat cat. --> Kis 1:8);

      [atau --> Yoh 16:8; Kis 1:8]

    3. (c) suatu kehidupan yang memuliakan Yesus Kristus (Yoh 16:13-14; Kis 4:33);
    4. (d) penglihatan-penglihatan yang baru (Kis 2:17);
    5. (e) perwujudan dari berbagai karunia Roh (1Kor 12:4-10);
    6. (f) keinginan yang makin besar untuk berdoa (Kis 2:41-42; 3:1; Kis 4:23-31; 6:4; 10:9; Rom 8:26);
    7. (g) kasih dan pengertian yang lebih dalam terhadap Firman Allah (Yoh 16:13; Kis 2:42) dan
    8. (h) kesadaran yang makin bertambah tentang Allah sebagai Bapa pribadi (Kis 1:4; Rom 8:15; Gal 4:6).
  8. 8) Firman Allah memberikan beberapa syarat untuk menerima baptisan dalam Roh Kudus.
    1. (a) Kita harus menerima Yesus Kristus dengan iman sebagai Tuhan dan Juruselamat serta berbalik dari dosa dan dunia (Kis 2:38-40; Kis 8:12-17). Ini menyangkut penyerahan kehendak kita kepada Allah ("semua orang yang menaati Dia", Kis 5:32). Kita harus berbalik dari segala sesuatu yang melukai hati Allah sebelum kita dapat menjadi "sarana (terjemahan naskah NIV) untuk maksud yang mulia, ... dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan mulia" (2Tim 2:21).
    2. (b) Kita harus ingin dipenuhi. Setiap orang Kristen seharusnya memiliki kerinduan yang sangat mendalam untuk dibaptis dalam Roh (Yoh 7:37-39; bd. Yes 44:3; Mat 5:6; 6:33).
    3. (c) Kita sering kali menerima baptisan ini sebagai jawaban atas doa (Luk 11:13; Kis 1:14; 2:1-4; 4:31; 8:15,17).
    4. (d) Kita harus yakin bahwa Allah akan membaptiskan kita dalam Roh Kudus (Mr 11:24; Kis 1:4-5).
  9. 9) Baptisan dalam Roh Kudus dipertahankan dalam kehidupan seorang percaya dengan doa (Kis 4:31), kesaksian (Kis 4:31,33), penyembahan di dalam Roh (Ef 5:18-19), dan kehidupan yang disucikan

    (lihat cat. --> Ef 5:18).

    [atau --> Ef 5:18]

    Bagaimanapun berkuasanya kedatangan pertama Roh Kudus di dalam seorang percaya, jikalau tidak dinyatakan dalam kehidupan doa, kesaksian, dan kesucian, maka tidak lama kemudian pengalaman itu akan pudar kemuliaannya.
  10. 10) Baptisan dalam Roh Kudus hanya terjadi satu kali saja dalam kehidupan seorang Kristen dan mengarah kepada pengabdian orang percaya itu kepada pekerjaan Allah berupa bersaksi dengan kuasa dan kebenaran. Alkitab mengajarkan bahwa boleh jadi orang percaya diisi kembali setelah ia menerima baptisan Roh

    (lihat cat. --> Kis 4:31;

    [atau --> Kis 4:31]

    bd. Kis 2:4; 4:8,31; 13:9; Ef 5:18). Dengan demikian, baptisan dalam Roh membawa orang percaya ke dalam suatu hubungan dengan Roh yang harus diperbaharui (Kis 4:31) dan dipelihara (Ef 5:18).



Artikel yang terkait dengan Matius:


TIP #23: Gunakan Studi Kamus dengan menggunakan indeks kata atau kotak pencarian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA