TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Keluaran 23:1--25:40

Konteks
Peraturan tentang hak-hak manusia
23:1 "Janganlah engkau menyebarkan kabar p  bohong; janganlah engkau membantu orang yang bersalah dengan menjadi saksi q  yang tidak benar. 23:2 Janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang r  melakukan kejahatan, dan dalam memberikan kesaksian mengenai sesuatu perkara janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang membelokkan hukum. s  23:3 Juga janganlah memihak t  kepada orang miskin dalam perkaranya. 23:4 Apabila engkau melihat lembu musuhmu u  atau keledainya yang sesat, maka segeralah kaukembalikan v  binatang itu. 23:5 Apabila engkau melihat rebah keledai w  musuhmu karena berat bebannya, maka janganlah engkau enggan menolongnya. Haruslah engkau rela menolong dia dengan membongkar muatan keledainya. 23:6 Janganlah engkau memperkosa hak x  orang miskin di antaramu dalam perkaranya. 23:7 Haruslah kaujauhkan dirimu dari perkara y  dusta. Orang yang tidak bersalah z  dan orang yang benar tidak boleh kaubunuh, a  sebab Aku tidak akan membenarkan orang yang bersalah. b  23:8 Suap c  janganlah kauterima, sebab suap membuat buta mata orang-orang yang melihat dan memutarbalikkan perkara orang-orang yang benar. 23:9 Orang asing d  janganlah kamu tekan, karena kamu sendiri telah mengenal keadaan jiwa orang asing, sebab kamupun dahulu adalah orang asing di tanah Mesir. 23:10 Enam tahunlah lamanya engkau menabur di tanahmu dan mengumpulkan hasilnya, 23:11 tetapi pada tahun ketujuh haruslah engkau membiarkannya dan meninggalkannya e  begitu saja, supaya orang miskin di antara bangsamu dapat makan, dan apa yang ditinggalkan mereka haruslah dibiarkan dimakan binatang hutan. Demikian juga kaulakukan dengan kebun anggurmu dan kebun zaitunmu. 23:12 Enam harilah lamanya engkau melakukan pekerjaanmu, f  tetapi pada hari ketujuh haruslah engkau berhenti, supaya lembu dan keledaimu tidak bekerja dan supaya anak budakmu perempuan dan orang asing melepaskan lelah. g  23:13 Dalam segala hal yang Kufirmankan kepadamu haruslah kamu berawas-awas; h  nama allah i  lain janganlah kamu panggil, janganlah nama itu kedengaran dari mulutmu. j "
Peraturan tentang kebaktian dan hari-hari raya
23:14 "Tiga kali k  setahun haruslah engkau mengadakan perayaan bagi-Ku. 23:15 Hari raya Roti Tidak Beragi 1  l  haruslah kaupelihara; tujuh hari lamanya engkau harus makan roti yang tidak beragi, seperti yang telah Kuperintahkan kepadamu, pada waktu yang ditetapkan dalam bulan Abib, m  sebab dalam bulan itulah engkau keluar dari Mesir, tetapi janganlah orang menghadap ke hadirat-Ku dengan tangan hampa. n  23:16 Kaupeliharalah juga hari raya menuai 2 , o  yakni menuai buah bungaran p  dari hasil usahamu menabur di ladang; demikian juga hari raya pengumpulan hasil 3  q  pada akhir tahun, apabila engkau mengumpulkan hasil usahamu dari ladang. r  23:17 Tiga kali s  setahun semua orangmu yang laki-laki harus menghadap ke hadirat Tuhanmu TUHAN. 23:18 Janganlah kaupersembahkan darah korban sembelihan yang kepada-Ku beserta sesuatu yang beragi, t  dan janganlah lemak korban hari raya-Ku bermalam sampai pagi. u  23:19 Yang terbaik dari buah bungaran v  hasil tanahmu haruslah kaubawa ke dalam rumah TUHAN, Allahmu. Janganlah kaumasak anak kambing dalam susu induknya. w "
Janji dan tegoran kepada Israel
23:20 "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat 4  x  berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. y  23:21 Jagalah dirimu di hadapannya dan dengarkanlah z  perkataannya, janganlah engkau mendurhaka kepadanya, sebab pelanggaranmu a  tidak akan diampuninya, b  sebab nama-Ku c  ada di dalam dia. 23:22 Tetapi jika engkau sungguh-sungguh mendengarkan perkataannya, dan melakukan d  segala yang Kufirmankan, maka Aku akan memusuhi e  musuhmu, dan melawan lawanmu. 23:23 Sebab malaikat-Ku akan berjalan di depanmu dan membawa engkau kepada orang Amori, orang Het, orang Feris, orang Kanaan, orang Hewi dan orang Yebus, f  dan Aku akan melenyapkan mereka. 23:24 Janganlah engkau sujud menyembah g  kepada allah mereka atau beribadah kepadanya, dan janganlah engkau meniru perbuatan h  mereka 5 , tetapi haruslah engkau memusnahkan i  sama sekali patung-patung berhala buatan mereka, dan tugu-tugu berhala mereka haruslah kauremukkan j  sama sekali. 23:25 Tetapi kamu harus beribadah kepada TUHAN, Allahmu; k  maka Ia akan memberkati l  roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit 6  m  dari tengah-tengahmu. 23:26 Tidak akan ada di negerimu perempuan yang keguguran atau mandul. n  Aku akan menggenapkan tahun umurmu. o  23:27 Kengerian p  terhadap Aku akan Kukirimkan mendahului engkau: Aku akan mengacaukan q  semua orang yang kaudatangi, dan Aku akan membuat semua musuhmu lari r  membelakangi engkau. 23:28 Lagi Aku akan melepaskan tabuhan s  mendahului engkau, sehingga binatang-binatang itu menghalau orang Hewi, orang Kanaan dan orang Het t  itu dari depanmu. 23:29 Aku tidak akan menghalau mereka dari depanmu dalam satu tahun, supaya negeri itu jangan menjadi sepi, dan segala binatang hutan u  jangan bertambah banyak melebihi engkau. 23:30 Sedikit demi sedikit Aku akan menghalau mereka dari depanmu, sampai engkau beranak cucu sedemikian, hingga engkau dapat memiliki v  negeri itu. 23:31 Aku akan menentukan batas daerahmu dari Laut Teberau sampai Laut Filistin dan dari padang gurun sampai sungai Efrat, w  sebab Aku akan menyerahkan penduduk negeri itu ke dalam tanganmu, sehingga engkau menghalau x  mereka dari depanmu. 23:32 Janganlah mengadakan perjanjian y  dengan mereka ataupun dengan allah mereka. 23:33 Mereka tidak akan tetap diam di negerimu, supaya mereka jangan membuat engkau berdosa kepada-Ku, dengan beribadah kepada allah mereka, sebab tentulah hal itu menjadi jerat z  bagimu."
Upacara pengikatan perjanjian antara TUHAN dengan bangsa Israel
24:1 Berfirmanlah Ia kepada Musa: "Naiklah menghadap TUHAN, engkau dan Harun, a  Nadab dan Abihu b  dan tujuh puluh orang dari para tua-tua c  Israel dan sujudlah kamu menyembah dari jauh. 24:2 Hanya Musa sendirilah yang mendekat d  kepada TUHAN, tetapi mereka itu tidak boleh mendekat, dan bangsa itu tidak boleh naik bersama-sama dengan dia." 24:3 Lalu datanglah Musa dan memberitahukan kepada bangsa itu segala firman TUHAN dan segala peraturan e  itu, maka seluruh bangsa itu menjawab serentak: "Segala firman yang telah diucapkan TUHAN itu, akan kami lakukan. f " 24:4 Lalu Musa menuliskan g  segala firman TUHAN itu. Keesokan harinya pagi-pagi didirikannyalah mezbah h  di kaki gunung itu, dengan dua belas tugu i  sesuai dengan kedua belas suku Israel. 24:5 Kemudian disuruhnyalah orang-orang muda dari bangsa Israel, maka mereka mempersembahkan korban bakaran j  dan menyembelih lembu-lembu jantan sebagai korban keselamatan k  kepada TUHAN. 24:6 Sesudah itu Musa l  mengambil sebagian dari darah m  itu, lalu ditaruhnya ke dalam pasu, sebagian lagi dari darah itu disiramkannya n  pada mezbah itu. 24:7 Diambilnyalah kitab perjanjian o  itu, lalu dibacakannya dengan didengar oleh bangsa itu dan mereka berkata: "Segala firman TUHAN akan kami lakukan dan akan kami dengarkan. p " 24:8 Kemudian Musa mengambil darah itu dan menyiramkannya pada bangsa q  itu serta berkata: "Inilah darah perjanjian 7  r  yang diadakan TUHAN dengan kamu, berdasarkan segala firman ini." 24:9 Dan naiklah Musa dengan Harun, Nadab dan Abihu dan tujuh puluh orang s  dari para tua-tua Israel. 24:10 Lalu mereka melihat t  Allah Israel; kaki-Nya berjejak pada sesuatu yang buatannya seperti lantai dari batu nilam u  dan yang terangnya seperti langit v  yang cerah. 24:11 Tetapi kepada pemuka-pemuka orang Israel itu tidaklah diulurkan-Nya tangan-Nya; mereka memandang w  Allah, lalu makan dan minum 8 . x 
Musa di gunung Sinai
24:12 TUHAN berfirman kepada Musa: "Naiklah menghadap Aku, ke atas gunung, dan tinggallah di sana, maka Aku akan memberikan kepadamu loh batu, y  yakni hukum dan perintah, yang telah Kutuliskan untuk diajarkan kepada mereka." 24:13 Lalu bangunlah Musa dengan Yosua, z  abdinya, maka naiklah Musa ke atas gunung a  Allah itu. 24:14 Tetapi kepada para tua-tua itu ia berkata: "Tinggallah di sini menunggu kami, sampai kami kembali lagi kepadamu; bukankah Harun dan Hur b  ada bersama-sama dengan kamu, siapa yang ada perkaranya c  datanglah kepada mereka." 24:15 Maka Musa mendaki gunung dan awan d  itu menutupinya. 24:16 Kemuliaan e  TUHAN 9  diam di atas gunung Sinai, f  dan awan itu menutupinya enam hari lamanya; pada hari ketujuh dipanggil-Nyalah Musa dari tengah-tengah awan g  itu. 24:17 Tampaknya kemuliaan TUHAN sebagai api h  yang menghanguskan di puncak gunung itu pada pemandangan orang Israel. 24:18 Masuklah Musa ke tengah-tengah awan itu dengan mendaki gunung itu. Lalu tinggallah ia di atas gunung itu empat puluh hari i  dan empat puluh malam j  lamanya.
Petunjuk untuk mendirikan Kemah Suci Mengenai persembahan khusus
25:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: 25:2 "Katakanlah kepada orang Israel, supaya mereka memungut bagi-Ku persembahan khusus; dari setiap orang yang terdorong k  hatinya, haruslah kamu pungut persembahan khusus kepada-Ku itu. 25:3 Inilah persembahan khusus yang harus kamu pungut dari mereka: emas, perak, tembaga; 25:4 kain ungu tua, kain ungu muda, kain kirmizi, l  lenan halus, bulu kambing; 25:5 kulit domba jantan yang diwarnai merah, kulit lumba-lumba m  dan kayu penaga; n  25:6 minyak o  untuk lampu, rempah-rempah untuk minyak urapan dan untuk ukupan dari wangi-wangian, p  25:7 permata krisopras dan permata tatahan untuk baju efod q  dan untuk tutup dada. r  25:8 Dan mereka harus membuat tempat kudus s  bagi-Ku, supaya Aku akan diam t  di tengah-tengah mereka. 25:9 Menurut segala apa yang Kutunjukkan kepadamu sebagai contoh u  Kemah Suci 10  dan sebagai contoh segala perabotannya, demikianlah harus kamu membuatnya."
Mengenai tabut perjanjian
25:10 "Haruslah mereka membuat tabut 11  v  dari kayu penaga, dua setengah hasta panjangnya, satu setengah hasta lebarnya dan satu setengah hasta tingginya. 25:11 Haruslah engkau menyalutnya w  dengan emas murni; dari dalam dan dari luar engkau harus menyalutnya dan di atasnya harus kaubuat bingkai emas sekelilingnya. 25:12 Haruslah engkau menuang empat gelang emas untuk tabut itu dan pasanglah gelang itu pada keempat penjurunya, yaitu dua gelang x  pada rusuknya yang satu dan dua gelang pada rusuknya yang kedua. 25:13 Engkau harus membuat kayu pengusung dari kayu penaga dan menyalutnya dengan emas. y  25:14 Haruslah engkau memasukkan kayu pengusung z  itu ke dalam gelang yang ada pada rusuk tabut itu, supaya dengan itu tabut dapat diangkut. 25:15 Kayu pengusung itu haruslah tetap tinggal dalam gelang itu, tidak boleh dicabut a  dari dalamnya. 25:16 Dalam tabut itu haruslah kautaruh loh hukum 12 , b  yang akan Kuberikan kepadamu. 25:17 Juga engkau harus membuat tutup pendamaian 13  c  dari emas murni, dua setengah hasta panjangnya dan satu setengah hasta lebarnya. 25:18 Dan haruslah kaubuat dua kerub 14  d  dari emas, kaubuatlah itu dari emas tempaan, pada kedua ujung tutup pendamaian itu. 25:19 Buatlah satu kerub pada ujung sebelah sini dan satu kerub pada ujung sebelah sana; seiras dengan tutup pendamaian itu kamu buatlah kerub itu di atas kedua ujungnya. 25:20 Kerub-kerub e  itu harus mengembangkan kedua sayapnya ke atas, sedang sayap-sayapnya menudungi f  tutup pendamaian itu dan mukanya menghadap kepada masing-masing; kepada tutup pendamaian itulah harus menghadap muka kerub-kerub itu. 25:21 Haruslah kauletakkan tutup pendamaian itu di atas tabut g  dan dalam tabut itu engkau harus menaruh loh hukum, h  yang akan Kuberikan kepadamu. 25:22 Dan di sanalah Aku akan bertemu i  dengan engkau dan dari atas tutup pendamaian itu, dari antara kedua kerub j  yang di atas tabut hukum itu, Aku akan berbicara dengan engkau tentang segala sesuatu yang akan Kuperintahkan kepadamu untuk disampaikan kepada orang Israel. k "
Mengenai meja roti sajian
25:23 "Lagi haruslah engkau membuat meja l  dari kayu penaga, dua hasta panjangnya, sehasta lebarnya dan satu setengah hasta tingginya. 25:24 Haruslah engkau menyalutnya dengan emas murni dan membuat bingkai emas sekelilingnya. 25:25 Haruslah engkau membuat sekelilingnya jalur pinggir yang setapak tangan lebarnya dan kaubuatlah bingkai emas sekeliling jalur pinggirnya itu. 25:26 Haruslah engkau membuat untuk meja itu empat gelang emas dan kaupasanglah gelang-gelang itu di keempat penjurunya, pada keempat kakinya. 25:27 Gelang itu haruslah dekat ke jalur pinggirnya sebagai tempat memasukkan kayu pengusung, supaya meja itu dapat diangkut. 25:28 Haruslah engkau membuat kayu pengusung itu dari kayu penaga dan menyalutnya dengan emas, m  dan dengan itulah meja harus diangkut. 25:29 Haruslah engkau membuat pinggannya, cawannya, kendinya dan pialanya, yang dipakai untuk persembahan curahan; n  haruslah engkau membuat semuanya itu dari emas murni. 25:30 Dan haruslah engkau tetap meletakkan roti sajian 15  o  di atas meja itu di hadapan-Ku."
Mengenai kandil
25:31 "Haruslah engkau membuat kandil 16  p  dari emas murni; dari emas tempaan harus kandil itu dibuat, baik kakinya baik batangnya; kelopaknya--dengan tombolnya dan kembangnya--haruslah seiras dengan kandil itu. 25:32 Enam cabang harus timbul dari sisinya: tiga cabang kandil itu dari sisi yang satu dan tiga cabang dari sisi yang lain. 25:33 Tiga kelopak yang berupa bunga badam pada cabang yang satu--dengan tombol dan kembangnya--dan tiga kelopak yang serupa pada cabang yang lain--dengan tombol dan kembangnya--;demikianlah juga kaubuat keenam cabang yang timbul dari kandil itu. 25:34 Pada kandil itu sendiri harus ada empat kelopak berupa bunga badam--dengan tombolnya dan kembangnya. 25:35 Juga harus ada satu tombol di bawah sepasang cabang yang pertama, yang timbul dari kandil itu, dan satu tombol di bawah yang kedua, dan satu tombol di bawah yang ketiga; demikianlah juga kaubuat keenam cabang yang timbul dari kandil itu. 25:36 Tombol dan cabang itu harus timbul dari kandil itu, dan semuanya itu haruslah dibuat dari sepotong emas tempaan yang murni. q  25:37 Haruslah kaubuat pada kandil itu tujuh lampu r  dan lampu-lampu itu haruslah dipasang di atas kandil itu, sehingga diterangi yang di depannya. 25:38 Sepitnya dan penadahnya s  haruslah dari emas murni. 25:39 Dari satu talenta emas murni haruslah dibuat kandil itu dengan segala perkakasnya itu. 25:40 Dan ingatlah, bahwa engkau membuat semuanya itu menurut contoh t  yang telah ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu."
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[23:15]  1 Full Life : HARI RAYA ROTI TIDAK BERAGI.

Nas : Kel 23:15

Lihat cat. --> Kel 12:17.

[atau ref. Kel 12:17]

[23:16]  2 Full Life : HARI RAYA MENUAI.

Nas : Kel 23:16

Hari raya ini juga dikenal dengan nama "Hari Raya Tujuh Minggu" (Kel 34:22) atau "hari Pentakosta" (Kis 2:1; 20:16;

lihat cat. --> Im 23:15).

[atau ref. Im 23:15]

[23:16]  3 Full Life : HARI RAYA PENGUMPULAN HASIL.

Nas : Kel 23:16

Hari raya ini juga disebut "Hari Raya Pondok Daun" (lih. Im 23:34).

[23:20]  4 Full Life : SEORANG MALAIKAT.

Nas : Kel 23:20

Mungkin sekali inilah "malaikat Tuhan"

(lihat cat. --> Kel 3:2).

[atau ref. Kel 3:2]

[23:24]  5 Full Life : MENIRU PERBUATAN MEREKA.

Nas : Kel 23:24

Allah memerintahkan umat-Nya untuk tidak menerima agama-agama atau meniru kebiasaan moral dari bangsa-bangsa di sekitar mereka. Israel tidak sepenuhnya memenuhi tuntutan ini; akibatnya mereka tidak dilindungi oleh Tuhan (ayat Kel 23:20-23). Di bawah perjanjian yang baru, orang percaya yang menyesuaikan diri dengan dunia ini juga akan kehilangan janji-janji dan perlindungan Allah (lih. ayat Kel 23:25). Kita tidak mungkin menerima berkat dan kehadiran Allah dan pada saat bersamaan ikut ambil bagian di dalam cara-cara dunia yang berdosa (lih. 2Kor 6:16-18;

lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).

[23:25]  6 Full Life : MENJAUHKAN PENYAKIT.

Nas : Kel 23:25-26

Allah mengaitkan penyingkiran penyakit dari antara umat-Nya dengan pengabdian sepenuh hati kepada-Nya dan pemisahan dari pengaruh jahat di sekeliling mereka. Akan tetapi, jangan menyimpulkan bahwa penyakit seseorang dengan sendirinya menunjukkan bahwa dia sudah menyesuaikan diri dengan masyarakat yang fasik. Bagian ayat ini memang mengisyaratkan bahwa keduniawian umat Allah secara keseluruhan akan menyebabkan Allah menahan sebagian berkat dan kuasa-Nya dari mereka, sehingga ikut juga mempengaruhi orang benar di antara umat Allah (bd. 1Kor 12:26).

[24:8]  7 Full Life : DARAH PERJANJIAN.

Nas : Kel 24:8

Perjanjian dengan Israel dimeteraikan dengan percikan darah, yang menunjukkan bahwa korban-korban pendamaian diperlukan untuk memelihara hubungan mereka dengan Allah.

  1. 1) Darah menandakan penyucian dan pengampunan yang dimungkinkan melalui persembahan sebuah hidup kepada Allah; korban-korban semacam itu membuka jalan untuk rujuk kembali dengan Allah dan ketaatan umat yang ditimbulkan oleh iman (bd. Rom 1:5; Ibr 9:19-20).
  2. 2) Arti utama dari "darah perjanjian" terwujud ketika Kristus mencurahkan darah-Nya di salib dan menetapkan perjanjian yang baru (bd. Mr 14:24; Ibr 9:11-18). Kematian-Nya sebagai korban menyucikan orang percaya dari dosa ketika mereka berusaha untuk berjalan dalam kesucian (1Yoh 1:7-2:2).
  3. 3) Ketaatan dan darah (ayat Kel 24:7-8) harus senantiasa berbarengan untuk mengesahkan penerimaan kembali umat Allah oleh-Nya dan penyerahan mereka kepada-Nya. Hanya setelah umat itu berikrar untuk taat kepada Allah melalui darah pendamaian, mereka dapat mengambil bagian dalam berkat-berkat perjanjian

    (lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN BANGSA ISRAEL).

    Dengan nada yang sama, rasul Petrus menyatakan bahwa kita terpilih "supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya" (1Pet 1:2).

[24:11]  8 Full Life : MEMANDANG ALLAH, LALU MAKAN DAN MINUM.

Nas : Kel 24:11

Kita tidak diberi tahu bagaimana Allah menyatakan diri. Yang diketahui ialah bahwa Ia tidak menunjukkan seluruh diri-Nya, karena tidak ada orang yang bisa melihat seluruh kemuliaan Allah dan tetap hidup (lih. Kel 33:18-23). Penampakan diri Allah dan perjamuan yang menyertainya menandakan bahwa setelah pendamaian dilaksanakan dan umat itu telah mengabdikan diri mereka kepada Tuhan, maka dapatlah mereka bersekutu dengan-Nya; ini juga menjadi prinsip PB (bd. Mat 26:28; Ibr 12:18-24).

[24:16]  9 Full Life : KEMULIAAN TUHAN.

Nas : Kel 24:16-17

Kemuliaan Tuhan dinyatakan melalui suatu manifestasi terang cemerlang yang memancar dari diri Allah

(lihat cat. --> Kel 40:34;

[atau ref. Kel 40:34]

bd. 1Tim 6:16).

[25:9]  10 Full Life : KEMAH SUCI.

Nas : Kel 25:9

Di dalam pasal Kel 25:1-40 Allah memberikan pengarahan tentang Kemah Suci. Makna historis, rohani, dan lambang dari Kemah Suci ini harus dilandaskan pada apa yang dikatakan oleh Alkitab.

  1. 1) Kemah Suci itu merupakan "tempat kudus" (ayat Kel 25:8), suatu tempat yang dikhususkan bagi Tuhan untuk tinggal di antara dan bertemu dengan umat-Nya (ayat Kel 25:22; 29:45-46; Bil 5:3; Yeh 43:7,9). Kemuliaan Allah ada di atas Kemah Suci siang malam. Ketika kemuliaan Allah naik, Israel harus pindah. Allah menuntun mereka dengan cara ini selama mereka ada di padang gurun (Kel 40:36-38; Bil 9:15-16).
  2. 2) Kemah Suci merupakan "tempat hukum Allah" (Kel 38:21), yaitu berisi Kesepuluh Hukum

    (lihat cat. --> Kel 25:10 berikutnya).

    [atau ref. Kel 25:10]

    Kesepuluh Hukum selalu mengingatkan mereka akan kekudusan Allah dan tuntutan-tuntutan-Nya. Hubungan kita dengan Allah tidak pernah dapat dipisahkan dari ketaatan kepada hukum-Nya.
  3. 3) Di Kemah Suci inilah Allah menyediakan pengampunan dosa melalui korban darah (Kel 29:10-14). Dengan demikian korban darah ini menunjuk kepada korban nyawa Kristus di kayu salib karena dosa umat manusia (lih. Ibr 8:1-2; 9:11-14).
  4. 4) Kemah Suci menunjuk ke sorga, yaitu ke tempat kudus sorgawi di mana Kristus, imam besar abadi kita, hidup selama-lamanya untuk berdoa bagi kita (Ibr 9:11-12,24-28).
  5. 5) Kemah Suci menunjuk kepada penebusan Allah yang terakhir ketika langit baru dan bumi baru akan datang, yaitu ketika "kemah Allah (har: Kemah Suci) ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka" (Wahy 21:3).

[25:10]  11 Full Life : TABUT.

Nas : Kel 25:10

Peti ini adalah tabut yang berisi Kesepuluh Hukum (bd. ayat Kel 25:16,22), sebuah buli-buli berisi manna (Kel 16:33-34), dan tongkat Harun (Bil 17:10; Ibr 9:4). Tabut ini ditutup dengan sebuah penutup yang diberi nama "tutup pendamaian" (ayat Kel 25:17). Pada kedua ujung tutup tersebut terpasang ukiran dua kerub bersayap

(lihat cat. --> Kel 25:18).

[atau ref. Kel 25:18]

Tabut ini diletakkan di tempat Mahakudus dalam Kemah Suci (Kel 26:34) dan melambangkan takhta Allah. Di hadapan tabut ini imam besar berdiri setahun sekali pada Hari Pendamaian untuk memercikkan darah atas tutup pendamaian untuk mengadakan pendamaian karena dosa-dosa yang tidak disengaja selama setahun sebelumnya

(lihat art. HARI PENDAMAIAN).

[25:16]  12 Full Life : LOH HUKUM.

Nas : Kel 25:16

"Loh Hukum" ini adalah dua loh batu yang ditulisi Kesepuluh Hukum sebagaimana diterima Musa di Gunung Sinai (Kel 31:18).

[25:17]  13 Full Life : TUTUP PENDAMAIAN.

Nas : Kel 25:17

Tutup pendamaian adalah tutup tabut perjanjian. Di atas tutup ini imam besar memercikkan darah korban yang dipersembahkan untuk mengadakan pendamaian karena dosa. Tindakan ini melambangkan kemurahan Allah yang memberi pengampunan (Im 16:14-15; 17:11;

lihat cat. --> Rom 3:25).

[atau ref. Rom 3:25]

Jadi, tutup pendamaian dan darah melambangkan pengampunan yang tersedia untuk umat berdosa melalui korban pendamaian Kristus (Rom 3:21-25; Ibr 4:14-16; 7:26).

[25:18]  14 Full Life : DUA KERUB.

Nas : Kel 25:18

Inilah ukiran dari makhluk malaikat yang melayang-layang di sekitar takhta Allah di sorga (bd. Ibr 8:5; Wahy 4:6,8). Mereka menandakan kehadiran dan martabat Allah selaku raja atas umat-Nya di bumi (1Sam 4:4; 2Sam 6:2; 2Raj 19:15). Penempatan kerub ini di atas tabut menegaskan kebenaran bahwa Allah akan tinggal di antara umat-Nya hanya selama korban darah dipersembahkan dan umat berusaha untuk menaati perintah-perintah Allah.

[25:30]  15 Full Life : ROTI SAJIAN.

Nas : Kel 25:30

Roti yang diletakkan di atas meja itu melambangkan kehadiran Tuhan yang memelihara seluruh kehidupan Israel (bd. Im 24:5-9; Yes 63:9). Roti ini menunjuk kepada Kristus, roti hidup itu (Mat 26:26-29; 1Kor 10:16;

lihat cat. --> Kel 16:4).

[atau ref. Kel 16:4]

[25:31]  16 Full Life : KANDIL.

Nas : Kel 25:31

Pada kandil ini terpasang beberapa lampu minyak yang menerangi Kemah Suci. Lampu yang menyala melambangkan terang Allah atau kehadiran-Nya di tengah-tengah perkemahan (Yer 25:10; bd. Wahy 21:22-22:6).



TIP #03: Coba gunakan operator (AND, OR, NOT, ALL, ANY) untuk menyaring pencarian Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA