Kisah Para Rasul 2:10
Konteks2:10 Frigia e dan Pamfilia, f Mesir dan daerah-daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene, g pendatang-pendatang dari Roma,
Kisah Para Rasul 9:22
Konteks9:22 Akan tetapi Saulus semakin besar pengaruhnya dan ia membingungkan orang-orang Yahudi yang tinggal di Damsyik, karena ia membuktikan, bahwa Yesus adalah Mesias. i
Kisah Para Rasul 10:39
Konteks10:39 Dan kami adalah saksi z dari segala sesuatu yang diperbuat-Nya di tanah Yudea maupun di Yerusalem; dan mereka telah membunuh Dia dan menggantung Dia pada kayu salib. a
Kisah Para Rasul 12:3
Konteks12:3 Ketika ia melihat, bahwa hal itu menyenangkan hati orang Yahudi, p ia melanjutkan perbuatannya itu dan menyuruh menahan Petrus. Waktu itu hari raya Roti Tidak Beragi. q
Kisah Para Rasul 13:5
Konteks13:5 Setiba di Salamis mereka memberitakan firman Allah g di dalam rumah-rumah ibadat h orang Yahudi. Dan Yohanes i menyertai mereka sebagai pembantu mereka.
Kisah Para Rasul 14:4
Konteks14:4 Tetapi orang banyak di kota itu terbelah menjadi dua: ada yang memihak kepada orang Yahudi, ada pula yang memihak kepada kedua rasul itu 1 . u
Kisah Para Rasul 14:19
Konteks14:19 Tetapi datanglah orang-orang Yahudi s dari Antiokhia dan Ikonium t dan mereka membujuk orang banyak itu memihak mereka. Lalu mereka melempari Paulus u dengan batu 2 dan menyeretnya ke luar kota, karena mereka menyangka, bahwa ia telah mati.
Kisah Para Rasul 16:1
KonteksKisah Para Rasul 16:20
Konteks16:20 Setelah mereka membawa keduanya menghadap pembesar-pembesar kota itu, berkatalah mereka, katanya: "Orang-orang ini mengacau y kota kita ini, karena mereka orang Yahudi,
Kisah Para Rasul 17:10
KonteksKisah Para Rasul 17:17
Konteks17:17 Karena itu di rumah ibadat d ia bertukar pikiran dengan orang-orang Yahudi dan orang-orang yang takut akan Allah, dan di pasar setiap hari dengan orang-orang yang dijumpainya di situ.
Kisah Para Rasul 18:12
Konteks18:12 Akan tetapi setelah Galio menjadi gubernur b di Akhaya, c bangkitlah orang-orang Yahudi bersama-sama melawan Paulus, lalu membawa dia ke depan pengadilan.
Kisah Para Rasul 18:24
KonteksKisah Para Rasul 19:10
Konteks19:10 Hal ini dilakukannya dua tahun lamanya, q sehingga semua penduduk Asia r mendengar firman Tuhan, s baik orang Yahudi maupun orang Yunani.
Kisah Para Rasul 19:33-34
Konteks19:33 Lalu seorang bernama Aleksander didorong ke depan oleh orang-orang Yahudi. Ia mendapat keterangan dari orang banyak tentang apa yang terjadi. Segera ia memberi isyarat u dengan tangannya dan mau memberi penjelasan sebagai pembelaan di depan rakyat itu. 19:34 Tetapi ketika mereka tahu, bahwa ia adalah orang Yahudi, berteriaklah mereka bersama-sama kira-kira dua jam lamanya: "Besarlah Artemis dewi orang Efesus! v "
Kisah Para Rasul 20:3
Konteks20:3 Sesudah tiga bulan lamanya tinggal di situ ia hendak berlayar ke Siria. c Tetapi pada waktu itu orang-orang Yahudi bermaksud membunuh dia. d Karena itu ia memutuskan untuk kembali melalui Makedonia. e
Kisah Para Rasul 20:19
Konteks20:19 dengan segala rendah hati aku melayani Tuhan. Dalam pelayanan itu aku banyak mencucurkan air mata 3 f dan banyak mengalami pencobaan dari pihak orang Yahudi g yang mau membunuh aku.
Kisah Para Rasul 23:12
KonteksKisah Para Rasul 23:27
Konteks23:27 Orang ini ditangkap oleh orang-orang Yahudi dan ketika mereka hendak membunuhnya, e aku datang dengan pasukan mencegahnya dan melepaskannya, f karena aku dengar, bahwa ia adalah warganegara Roma. g
Kisah Para Rasul 24:5
Konteks24:5 Telah nyata kepada kami, bahwa orang ini adalah penyakit sampar, seorang yang menimbulkan kekacauan z di antara semua orang Yahudi a di seluruh dunia yang beradab, dan bahwa ia adalah seorang tokoh dari sekte b orang Nasrani. c
Kisah Para Rasul 24:18
Konteks24:18 Sementara aku melakukan semuanya itu, beberapa orang Yahudi dari Asia mendapati aku di dalam Bait Allah, sesudah aku selesai mentahirkan diriku, s tanpa orang banyak dan tanpa keributan. t
Kisah Para Rasul 25:7-8
Konteks25:7 Sesudah Paulus tiba di situ, semua orang Yahudi yang datang dari Yerusalem berdiri mengelilinginya dan mereka mengemukakan banyak tuduhan berat terhadap dia q yang tidak dapat mereka buktikan. r 25:8 Sebaliknya Paulus membela diri, katanya: "Aku sedikitpun tidak bersalah, baik terhadap hukum Taurat orang Yahudi 4 maupun terhadap Bait Allah s atau terhadap Kaisar."
Kisah Para Rasul 25:15
Konteks25:15 Ketika aku berada di Yerusalem, imam-imam kepala dan tua-tua orang Yahudi mengajukan dakwaan terhadap orang itu z dan meminta supaya ia dihukum.
Kisah Para Rasul 26:4
Konteks26:4 Semua orang Yahudi mengetahui jalan hidupku sejak masa mudaku, s sebab dari semula aku hidup di tengah-tengah bangsaku di Yerusalem.
Kisah Para Rasul 26:7
Konteks26:7 dan yang dinantikan oleh kedua belas suku kita, y sementara mereka siang malam z melakukan ibadahnya dengan tekun. Dan karena pengharapan itulah, ya raja Agripa, aku dituduh a orang-orang Yahudi.
[14:4] 1 Full Life : KEDUA RASUL ITU.
Nas : Kis 14:4
Paulus dan Barnabas disebut rasul. Sebagai istilah yang lebih umum, "rasul" digunakan untuk misionaris Kristen pertama yang diutus oleh gereja untuk memberitakan pesan PB (ayat Kis 14:4,14). Dalam arti kata yang lebih khusus, "rasul" digunakan hanya untuk mereka yang menerima tugas langsung dari Kristus untuk menegakkan berita dan penyataan-Nya yang asli
(lihat cat. --> Ef 2:20).
[atau ref. Ef 2:20]
Paulus adalah seorang rasul dalam arti yang khusus ini.
[14:19] 2 Full Life : MELEMPARI PAULUS DENGAN BATU.
Nas : Kis 14:19
Pada zaman PB Allah tidak selalu melindungi hamba-hamba-Nya. Kebenaran ini menjadi sifat Injil dan berlaku sampai hari ini: kerajaan Allah berkembang dengan meminta pengorbanan besar dari hamba Allah. Paulus kemudian mengisahkan penderitaan ini dengan mengatakan "satu kali aku dilempari dengan batu" (2Kor 11:25;
lihat cat. --> Kis 9:16);
[atau ref. Kis 9:16]
mungkin Paulus memikirkan peristiwa yang sama ketika menulis kepada jemaat di Galatia, "pada tubuhku ada tanda-tanda milik Yesus" (Gal 6:17;
lihat cat. --> 2Kor 11:23
[atau ref. 2Kor 11:23]
tentang penderitaan Paulus).
[20:19] 3 Full Life : MENCUCURKAN AIR MATA.
Nas : Kis 20:19
Beberapa kali Paulus menyebutkan bahwa dia melayani Tuhan dengan "air mata" (ayat Kis 20:31; 2Kor 2:4; Fili 3:18). Dalam amanat kepada para penatua di Efesus ini (ayat Kis 20:17-38), Paulus mengisahkan bagaimana dia setiap hari mengingatkan mereka dengan air mata selama tiga tahun (ayat Kis 20:31). Air mata ini bukan tanda kelemahan; sebaliknya, Paulus melihat keterhilangan umat manusia, kejahatan dosa, pemutarbalikan Injil serta bahayanya menolak Tuhan sebagai realitas yang begitu serius sehingga pemberitaannya sering disertai air mata (bd. Mr 9:24; Luk 19:41).
[25:8] 4 Full Life : TERHADAP HUKUM TAURAT ORANG YAHUDI.
Nas : Kis 25:8
Setahu Paulus ia tidak melakukan kesalahan apa pun terhadap orang Yahudi atau hukum mereka. Paulus sesungguhnya memelihara hukum moral PL (bd. Kis 21:24). Dia mengetahui bahwa patokan-patokan hukum Taurat tidak pernah berubah, sebagaimana halnya Allah tidak pernah berubah. Baginya, hukum Taurat itu kudus, baik dan rohani (Rom 7:12,14), mengungkapkan watak Allah dan menuntut hidup yang benar (bd. Mat 5:18-19). Sekalipun demikian, Paulus tidak menaati hukum Taurat sebagai kitab undang-undang atau patokan-patokan untuk menjadikan dirinya benar. Hidup benar memerlukan karya Roh Kudus; hanya setelah dibaharui oleh Roh Kudus melalui kasih karunia Kristus dapatlah kita menaati perintah Allah dengan sukses sebagai ungkapan kerinduan kita untuk menyenangkan Allah. Kita tidak pernah tanpa hukum Allah selama kita berada di bawah hukum Kristus (1Kor 9:21; Rom 3:21; 8:4;
lihat cat. --> Mat 5:17).
[atau ref. Mat 5:17]