TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Ayub 16:6

Konteks
16:6 Tetapi bila aku berbicara, penderitaanku tidak menjadi ringan, dan bila aku berdiam diri, apakah yang hilang u  dari padaku?

Ayub 9:19

Konteks
9:19 Jika mengenai kekuatan tenaga, Dialah yang mempunyai! g  Jika mengenai keadilan, siapa dapat menggugat Dia? h 

Ayub 22:3

Konteks
22:3 Apakah ada manfaatnya i  bagi Yang Mahakuasa, kalau engkau benar, j  atau keuntungannya, kalau engkau hidup saleh? k 

Ayub 27:8

Konteks
27:8 Karena apakah harapan orang durhaka, e  kalau Allah menghabisinya, kalau Ia menuntut nyawanya? f 

Ayub 9:24

Konteks
9:24 Bumi telah diserahkan ke dalam tangan orang fasik, p  dan mata para hakimnya q  telah ditutup-Nya; kalau bukan oleh Dia, oleh siapa lagi? r 

Ayub 39:16

Konteks
39:16 (39-19) Ia memperlakukan anak-anaknya dengan keras k  seolah-olah bukan anaknya sendiri; ia tidak peduli, kalau jerih payahnya sia-sia,

Ayub 19:18

Konteks
19:18 Bahkan kanak-kanakpun v  menghina aku, kalau aku mau berdiri, mereka mengejek aku. w 

Ayub 34:9

Konteks
34:9 Karena ia telah berkata: Tidak berguna bagi manusia, kalau ia dikenan Allah. c 

Ayub 33:33

Konteks
33:33 Jikalau tidak, hendaklah engkau mendengarkan aku; o  diamlah, p  aku hendak mengajarkan hikmat q  kepadamu."

Ayub 23:10

Konteks
23:10 Karena Ia tahu jalan l  hidupku; seandainya Ia menguji aku 1 , m  aku akan timbul seperti emas. n 

Ayub 8:6

Konteks
8:6 kalau engkau bersih dan jujur 2 , maka tentu Ia akan bangkit demi engkau s  dan Ia akan memulihkan rumah yang adalah hakmu. t 

Ayub 27:14

Konteks
27:14 kalau anak-anaknya l  bertambah banyak mereka menjadi makanan pedang, m  dan anak cucunya tidak mendapat cukup makan; n 

Ayub 13:9

Konteks
13:9 Apakah baik, kalau Ia memeriksa kamu? h  Dapatkah kamu menipu Dia seperti menipu manusia? i 

Ayub 21:15

Konteks
21:15 Yang Mahakuasa itu apa, sehingga kami harus beribadah kepada-Nya, dan apa manfaatnya bagi kami, kalau kami memohon kepada-Nya? t 

Ayub 36:13

Konteks
36:13 Orang-orang yang fasik hatinya m  menyimpan kemarahan; n  mereka tidak berteriak minta tolong, o  kalau mereka dibelenggu-Nya;

Ayub 22:6

Konteks
22:6 Karena dengan sewenang-wenang o  engkau menerima gadai p  dari saudara-saudaramu dan merampas pakaian q  orang-orang yang melarat;

Ayub 27:9

Konteks
27:9 Apakah Allah akan mendengar teriaknya, jika kesesakan menimpa dia? g 

Ayub 9:12

Konteks
9:12 Apabila Ia merampas, siapa akan menghalangi-Nya? r  Siapa akan menegur-Nya: Apa yang Kaulakukan? s 

Ayub 14:7

Konteks
14:7 Karena bagi pohon l  masih ada harapan: apabila ditebang, ia bertunas kembali, dan tunasnya m  tidak berhenti n  tumbuh.

Ayub 22:4

Konteks
22:4 Apakah karena takutmu akan Allah, maka engkau dihukum-Nya, dan dibawa-Nya ke pengadilan? l 

Ayub 29:11

Konteks
29:11 apabila telinga mendengar tentang aku, maka aku disebut berbahagia; dan apabila mata melihat, maka aku dipuji. y 

Ayub 31:29

Konteks
31:29 Apakah aku bersukacita karena kecelakaan r  pembenciku, dan bersorak-sorai, bila ia ditimpa s  malapetaka

Ayub 32:22

Konteks
32:22 karena aku tidak tahu menyanjung-nyanjung; jika demikian, maka segera Pembuatku t  akan mencabut u  nyawaku."

Ayub 33:23

Konteks
33:23 Jikalau di sampingnya ada malaikat, penengah, o  satu di antara seribu, untuk menyatakan jalan yang benar kepada manusia, p 

Ayub 8:11

Konteks
8:11 Dapatkah pandan bertumbuh tinggi, kalau tidak di rawa, b  atau mensiang c  bertumbuh subur, kalau tidak di air?

Ayub 8:5

Konteks
8:5 Tetapi engkau, kalau engkau mencari Allah, dan memohon q  belas kasihan dari Yang Mahakuasa, r 

Ayub 10:14

Konteks
10:14 kalau aku berbuat dosa, maka Engkau akan mengawasi aku, m  dan Engkau tidak akan membebaskan n  aku dari pada kesalahanku.

Ayub 31:14

Konteks
31:14 apakah dayaku, kalau Allah bangkit berdiri; o  kalau Ia mengadakan pengusutan, p  apakah jawabku kepada-Nya?

Ayub 35:3

Konteks
35:3 kalau engkau bertanya: Apakah gunanya bagiku? Apakah kelebihanku bila aku berbuat dosa? m 

Ayub 35:14

Konteks
35:14 Lebih-lebih lagi kalau engkau berkata, bahwa engkau tidak melihat Dia, h  bahwa perkaramu i  sudah diadukan kehadapan-Nya, tetapi masih juga engkau menanti-nantikan Dia! j 

Ayub 23:3

Konteks
23:3 Ah, semoga aku tahu mendapatkan Dia 3 , dan boleh datang ke tempat Ia bersemayam. b 

Ayub 6:28

Konteks
6:28 Tetapi sekarang, berpalinglah kepadaku; aku tidak akan berdusta di hadapanmu. i 

Ayub 10:6

Konteks
10:6 sehingga Engkau mencari-cari kesalahanku, dan mengusut dosaku, z 

Ayub 12:2

Konteks
12:2 "Memang, kamulah orang-orang itu, dan bersama-sama kamu x  hikmat akan mati.

Ayub 20:13

Konteks
20:13 menikmatinya serta tidak melepaskannya, dan menahannya pada langit-langitnya, p 

Ayub 21:6

Konteks
21:6 Kalau aku memikirkannya, aku menjadi takut, e  dan gemetarlah tubuhku. f 

Ayub 21:34

Konteks
21:34 Alangkah hampanya penghiburanmu bagiku! d  Semua jawabanmu hanyalah tipu daya belaka! e "

Ayub 33:5

Konteks
33:5 Jikalau engkau dapat, jawablah aku, d  bersiaplah e  engkau menghadapi aku, f  pertahankanlah dirimu.

Ayub 38:18

Konteks
38:18 Apakah engkau mengerti luasnya bumi? g  Nyatakanlah, kalau engkau tahu semuanya itu. h 

Ayub 38:40

Konteks
38:40 (38-2) kalau mereka merangkak di dalam sarangnya, o  mengendap di bawah semak belukar? p 

Ayub 10:15

Konteks
10:15 Kalau aku bersalah, o  celakalah aku! p  dan kalau aku benar, aku takkan berani mengangkat kepalaku, q  karena kenyang dengan penghinaan, dan karena melihat sengsaraku. r 

Ayub 34:29

Konteks
34:29 --Kalau Dia berdiam diri, t  siapa akan menjatuhkan hukuman? u  Kalau Dia menyembunyikan wajah-Nya, v  siapa akan melihat Dia, baik itu sesuatu bangsa w  atau orang seorang? --,

Ayub 5:1

Konteks
5:1 Berserulah--adakah orang yang menjawab engkau? g  Dan kepada siapa di antara orang-orang yang kudus h  engkau akan berpaling?

Ayub 5:8

Konteks
5:8 Tetapi aku, tentu aku akan mencari Allah, dan kepada Allah v  aku akan mengadukan perkaraku.

Ayub 5:21

Konteks
5:21 Dari cemeti lidah y  engkau terlindung, dan engkau tidak usah takut, z  bila kemusnahan datang. a 

Ayub 8:4

Konteks
8:4 Jikalau anak-anakmu telah berbuat dosa terhadap Dia, maka Ia telah membiarkan mereka dikuasai oleh pelanggaran p  mereka.

Ayub 11:12

Konteks
11:12 Jikalau orang dungu dapat mengerti, maka anak keledai b  liarpun dapat lahir sebagai manusia. c 

Ayub 15:2

Konteks
15:2 "Apakah orang yang mempunyai hikmat menjawab dengan pengetahuan kosong, dan mengisi pikirannya dengan angin? v 

Ayub 19:16

Konteks
19:16 Kalau aku memanggil budakku, ia tidak menyahut; aku harus membujuknya dengan kata-kata manis.

Ayub 19:28

Konteks
19:28 Kalau kamu berkata: Kami akan menuntut o  dia dan mendapatkan padanya sebab perkaranya!,

Ayub 23:15

Konteks
23:15 Itulah sebabnya hatiku gemetar menghadapi Dia, v  kalau semuanya itu kubayangkan, maka aku ketakutan terhadap Dia. w 

Ayub 31:18

Konteks
31:18 --malah sejak mudanya aku membesarkan dia seperti seorang ayah, dan sejak kandungan ibunya aku membimbing dia w --;

Ayub 33:32

Konteks
33:32 Jikalau ada yang hendak kaukatakan, jawablah aku; m  berkatalah, karena aku rela membenarkan n  engkau.

Ayub 34:31

Konteks
34:31 Tetapi kalau seseorang berkata kepada Allah: Aku telah menyombongkan diri, a  tetapi aku tidak akan lagi berbuat jahat;

Ayub 35:12-13

Konteks
35:12 Ketika itu orang menjerit, tetapi Ia tidak menjawab, d  oleh karena kecongkakan e  orang-orang jahat. f  35:13 Sungguh, teriakan yang kosong tidak didengar Allah dan tidak dihiraukan g  oleh Yang Mahakuasa.

Ayub 38:4

Konteks
38:4 Di manakah engkau, ketika Aku meletakkan dasar bumi 4 ? f  Ceritakanlah, kalau engkau mempunyai pengertian 5 ! g 

Ayub 40:10

Konteks
40:10 (40-5) Hiasilah dirimu dengan kemegahan dan keluhuran, kenakanlah keagungan dan semarak! t 

Ayub 10:16

Konteks
10:16 Kalau aku mengangkat kepalaku, maka seperti singa s  Engkau akan memburu aku 6 , dan menunjukkan kembali kuasa-Mu yang ajaib kepadaku. t 

Ayub 11:3

Konteks
11:3 Apakah orang harus diam terhadap bualmu? l  Dan kalau engkau mengolok-olok, m  apakah tidak ada yang mempermalukan engkau?

Ayub 14:14

Konteks
14:14 Kalau manusia mati, dapatkah ia hidup lagi 7 ? Maka aku akan menaruh harap selama hari-hari pergumulanku, b  sampai tiba giliranku; c 

Ayub 17:3

Konteks
17:3 Biarlah Engkau menjadi jaminanku l  bagi-Mu sendiri! Siapa lagi yang dapat membuat persetujuan m  bagiku? n 

Ayub 22:21

Konteks
22:21 Berlakulah ramah terhadap Dia, w  supaya engkau tenteram; x  dengan demikian engkau y  memperoleh keuntungan 8 .

Ayub 23:8

Konteks
23:8 Sesungguhnya, kalau aku berjalan ke timur, Ia tidak di sana; atau ke barat, tidak kudapati Dia;

Ayub 35:6

Konteks
35:6 Jikalau engkau berbuat dosa, apa yang akan kaulakukan terhadap Dia 9 ? p  Kalau pelanggaranmu banyak, apa yang kaubuat terhadap Dia?

Ayub 36:33

Konteks
36:33 Pekik perang-Nya memberitakan kedatangan-Nya, e  f  kalau dengan murka Ia berjuang melawan kecurangan."

Ayub 39:24

Konteks
39:24 (39-27) dengan garang dan galak dilulurnya tanah, dan ia meronta-ronta kalau kedengaran bunyi w  sangkakala;

Ayub 41:10

Konteks
41:10 (41-1) Orang yang nekatpun takkan berani membangkitkan marahnya. e  Siapakah yang dapat bertahan di hadapan Aku? f 

Ayub 1:10

Konteks
1:10 Bukankah Engkau yang membuat pagar z  sekeliling dia 10  dan rumahnya serta segala yang dimilikinya? a  Apa yang dikerjakannya telah Kauberkati dan apa yang dimilikinya makin bertambah di negeri b  itu.

Ayub 7:20

Konteks
7:20 Kalau aku berbuat dosa 11 , apakah yang telah kulakukan terhadap Engkau, e  ya Penjaga manusia? Mengapa Engkau menjadikan aku sasaran-Mu, f  sehingga aku menjadi beban bagi diriku? g 

Ayub 36:16

Konteks
36:16 Juga engkau dibujuk-Nya v  keluar dari dalam kesesakan, ke tempat yang luas, w  bebas dari tekanan, x  ke meja y  hidanganmu yang tenang dan penuh lemak. z 

Ayub 1:5

Konteks
1:5 Setiap kali, apabila hari-hari pesta telah berlalu, Ayub memanggil mereka, dan menguduskan n  mereka; keesokan harinya, pagi-pagi, bangunlah Ayub, lalu mempersembahkan korban bakaran o  sebanyak jumlah mereka sekalian, sebab pikirnya: "Mungkin anak-anakku 12  sudah berbuat dosa p  dan telah mengutuki Allah q  di dalam hati." Demikianlah dilakukan Ayub senantiasa.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[23:10]  1 Full Life : SEANDAINYA IA MENGUJI AKU

Nas : Ayub 23:10-12

(versi Inggris NIV -- apabila Ia telah menguji aku). Ayub yakin bahwa Allah masih memperdulikan hidupnya dan tahu bahwa tidak ada kesengsaraan yang dapat membuat Ayub berbalik dari kesetiaan kepada-Nya.

  1. 1) Ayub melihat penderitaannya sebagai ujian iman dan kasihnya kepada Tuhan. Ujiannya mirip dengan ujian Abraham ketika ia diminta mempersembahkan putranya Ishak (Kej 22:1-24).
  2. 2) Yesus sendiri diuji oleh semua penderitaan yang dialami-Nya (Ibr 5:8), dan hasilnya ialah bahwa Dia kini menjadi pola dan teladan kita (1Pet 2:21); selaku pengikutnya kita diminta mengikuti jejak-Nya (Ibr 13:12-13).
  3. 3) Keyakinan Ayub yang kokoh bahwa dia akan lulus ujian dan tidak akan meninggalkan Tuhannya berlandaskan
    1. (a) ketaatannya yang setia pada masa lalu (ayat Ayub 23:11-12),
    2. (b) kasihnya akan firman Allah (ayat Ayub 23:12), dan
    3. (c) hormat dan takutnya akan Allah (ayat Ayub 23:13-15). Demikian juga, orang percaya PB harus menetapkan untuk tidak pernah menyimpang dari ketaatannya kepada Allah, tetapi sebaliknya takut akan berbagai akibat ketidakbenaran dan untuk lebih mengasihi firman Allah daripada makanan sehari-hari (bd. Mazm 40:9; 119:11;

      lihat cat. --> Yak 1:21).

      [atau ref. Yak 1:21]

[8:6]  2 Full Life : KALAU ENGKAU BERSIH DAN JUJUR.

Nas : Ayub 8:6

Argumentasi Bildad pada hakikatnya sama dengan yang dikemukakan Elifas. Jikalau Ayub sungguh-sungguh jujur, Allah akan membenarkannya. Karena Ayub tidak dibenarkan oleh Allah maka pasti dia jahat. Bildad melandaskan argumentasinya ini pada kepercayaannya bahwa karena Allah itu adil, Ia tidak akan mendatangkan kesulitan pada orang benar (ayat Ayub 8:3-4,20). Kekeliruan Bildad kemudian dibeberkan Allah sendiri (Ayub 42:7-8) -- dan akhirnya pada penyaliban Kristus, ketika Allah menyerahkan Anak-Nya kepada penderitaan dan kematian (Mat 27:31-50).

[23:3]  3 Full Life : SEMOGA AKU TAHU MENDAPATKAN DIA.

Nas : Ayub 23:3

Sepanjang pengalaman penderitaan Ayub, kerinduannya yang terbesar adalah akan kehadiran Tuhan.

  1. 1) Ia jarang menyebutkan kehilangan kekayaan; ia hampir tidak menyinggung kesedihannya yang mendalam atas kehilangan semua anaknya; kehilangan kehadiran Allahlah yang diratapinya. Di tengah segala kesengsaraannya ia ingin bertemu dengan Allah dan berhubungan dengan Dia lagi (bd. Ayub 13:24; 16:19-21; 29:2-5).
  2. 2) Kerinduan akan Allah semacam ini seharusnya menjadi ciri khas semua orang percaya sejati. "Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Allah. Jiwaku haus kepada Allah, kepada Allah yang hidup. Bilakah aku boleh datang melihat Allah?" (Mazm 42:2-3). Kemudian, "Ya Allah, Engkaulah Allahku, aku mencari Engkau, jiwaku haus kepada-Mu, tubuhku rindu kepada-Mu seperti tanah yang kering dan tandus, tiada berair" (Mazm 63:2).

[38:4]  4 Full Life : DASAR BUMI.

Nas : Ayub 38:4

Perkataan Allah hanya membahas dunia alami dari ciptaan dan alam. Ia melukiskan rahasia dan kerumitan semesta alam sambil menyatakan bahwa caranya mengatur dunia jauh melampaui jangkauan pemahaman kita. Allah ingin Ayub mengerti bahwa kegiatan-Nya di alam semesta itu dapat dibandingkan dengan pemerintahan-Nya dalam tatanan moral dan rohani semesta alam ini, dan pengertian lengkap mengenai cara-cara Allah tidak akan dijumpai dalam hidup ini. Tetapi kitab Ayub menyatakan bahwa apabila semua kebenaran telah diketahui, cara-cara dan tindakan-tindakan Allah akan tampak sebagai adil dan benar.

[38:4]  5 Full Life : CERITAKANLAH KALAU ENGKAU MEMPUNYAI PENGERTIAN.

Nas : Ayub 38:4

Allah menegur Ayub karena berbicara tanpa pengetahuan (ayat Ayub 38:2) dan merendahkan dia dengan membuat hamba-Nya yang menderita itu sadar bahwa nalar manusia bukan tandingan bagi Allah yang tak terbatas dan kekal (bd. Ayub 39:34-38). Tanpa menolak pernyataan Ayub mengenai integritas moralnya, Allah mempersoalkan gagasan Ayub bahwa Dia mungkin tidak memerintah dunia ini dengan adil (mis. pasal Ayub 21:1-34; Ayub 24:1-25). Tetapi Allah selanjutnya memastikan Ayub bahwa dalam dialognya dengan para penasihatnya, ia telah mengatakan yang benar tentang Allah (Ayub 42:7). Dengan kata lain, Allah menilai kesalahan pemahaman Ayub sebagai datangnya dari kekurangan pengertian dan bukan dari kegagalan iman atau kurang mengasihi Tuhan.

[10:16]  6 Full Life : SEPERTI SINGA ENGKAU AKAN MEMBURU AKU.

Nas : Ayub 10:16

Karena Ayub sedang menderita kesengsaraan hebat, ia merasa Allah memusuhinya. PB memberikan penyataan yang lebih lengkap mengenai kesulitan, sehingga orang percaya dapat bersukacita dalam penderitaan.

  1. 1) Paulus menulis kepada jemaat Korintus, "Beban yang ditanggungkan atas kami adalah begitu besar dan begitu berat sehingga kami putus asa juga akan hidup kami" (2Kor 1:8). Namun dalam kesulitannya rasul Paulus memuji Allah karena kehadiran dan Roh-Nya menyertai dirinya untuk menghibur (2Kor 1:3-4,22). Akan tetapi, kemuliaan utama dari penderitaan Paulus ialah bahwa pada batas tertentu ia mengambil bagian dalam "kesengsaraan Kristus" (2Kor 1:5; bd. 2Kor 4:10; Fili 3:10; Kol 1:24; 1Pet 4:13).
  2. 2) Semua orang kudus Allah yang ternama telah mengalami kebenaran alkitabiah itu bahwa menjadi satu dengan Allah dan kerajaan-Nya serta berkomitmen kepada jalan-jalan dan standar-standar-Nya belum tentu berarti bebas dari penderitaan di dunia ini, melainkan bebas untuk menderita di dunia ini bersama Kristus (lih. Ibr 13:12-13; Yak 5:10-11; 1Pet 2:21; 4:1).

[14:14]  7 Full Life : KALAU MANUSIA MATI, DAPATKAH IA HIDUP LAGI?

Nas : Ayub 14:14

Ayub percaya bahwa setelah mati dan memasuki dunia orang mati (ayat Ayub 14:13), Allah akan memanggil dia keluar dari kubur (ayat Ayub 14:15; bd. 1Kor 15:20; 1Tes 4:16-17); dengan kata lain, Ayub mengungkapkan harapan akan kebangkitan pribadi

(lihat cat. --> Ayub 19:25;

lihat cat. --> Ayub 19:26).

[atau ref. Ayub 19:25-26]

Dasar penantian yang penuh harapan ini ialah kasih Allah yang sungguh-sungguh bagi umat-Nya, yaitu "Engkau akan rindu kepada buatan tangan-Mu" (ayat Ayub 14:15). Untuk sesaat, Ayub menjangkau kepada Allah dengan ungkapan iman yang meluap-luap.

[22:21]  8 Full Life : ENGKAU MEMPEROLEH KEUNTUNGAN.

Nas : Ayub 22:21-30

Elifas menghimbau Ayub dengan doktrin pertobatan yang tradisional namun terlalu sederhana: jikalau Ayub bersedia kembali kepada Allah, menerima instruksi dari firman-Nya, merendahkan diri dan menghapus dosa dari hidupnya, dan meninggalkan ketergantungannya pada hal-hal dunia serta bersukacita di dalam Yang Mahakuasa, maka dengan sendirinya Allah akan membebaskannya dari semua kesulitan, doa-doanya akan didengar, dan keberhasilan akan mengikuti semua usahanya. Akan tetapi, Elifas bersalah dalam tiga hal.

  1. 1) Pertobatan dan keselamatan tidak selalu menghasilkan kemakmuran jasmaniah dan materiel. Kadang-kadang orang beriman, justru karena kesetiaannya "menderita kekurangan, kesesakan, dan siksaan" (Ibr 11:37); sekalipun mereka mempercayai janji-janji Allah, namun saat ini mereka "tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu" (Ibr 11:39).
  2. 2) Ketika menasihati Ayub untuk bertobat supaya memperoleh kembali kesehatan dan kemakmurannya, Elifas dengan tidak sengaja berpihak kepada Iblis dan tuduhan-tuduhannya menentang Ayub dan Allah. Iblis sebelumnya sudah menuduh Ayub melayani Allah hanya karena apa yang dapat diperoleh daripada-Nya (Ayub 1:9-11). Perhatikan bahwa jikalau Ayub bertobat karena dosa yang terduga supaya memperoleh berkat Allah, maka dia memang layak dituduh melayani Allah hanya demi keuntungan pribadi.
  3. 3) Walaupun perkataan Elifas dengan fasik mengungkapkan pentingnya pertobatan, perkataan itu diucapkan dengan motivasi yang salah. Sama sekali tidak ada simpati di dalam hatinya terhadap penderitaan Ayub. Kegagalan Elifas menunjukkan bahwa amanat pertobatan yang dialamatkan kepada yang lemah dan menderita harus disertai kata-kata penghiburan dan belas kasihan.

[35:6]  9 Full Life : JIKALAU ENGKAU BERBUAT DOSA, APA YANG AKAN KAULAKUKAN TERHADAP DIA?

Nas : Ayub 35:6

Elihu percaya bahwa Allah demikian jauh dari kita (ayat Ayub 35:5) sehingga dosa atau kebenaran kita tidak mempengaruhi Dia.

  1. 1) Pemahaman Elihu itu salah. Alkitab menyatakan bahwa Allah bukan tanpa perasaan; hati-Nya bisa terluka apabila manusia menolak kasih-Nya. Ketika mereka berbalik melawan Dia dan berbuat dosa, Ia sangat berduka (Kej 6:6; Mazm 78:40; Luk 19:41-44; Ef 4:30).
  2. 2) Pada pihak lain, ketika umat Allah mengikut Dia dengan kasih, ketaatan, dan kesetiaan yang sungguh-sungguh, Dia sangat senang (2Kor 9:7). Allah memperhatikan umat-Nya dengan perasaan yang mendalam, mengumpulkan mereka dalam rangkulan-Nya bagaikan seorang gembala (Yes 40:11) dan mengasihi mereka dengan kelembutan yang melebihi seorang ibu (Yes 49:15). Perhatikan ungkapan menakjubkan tentang kasih Allah yang tak kunjung putus sebagaimana dicatat Yesaya: "Bukan seorang duta atau utusan, melainkan Ia sendirilah yang menyelamatkan mereka; Dialah yang menebus mereka dalam kasih-Nya dan belas kasihan-Nya. Ia mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala" (Yes 63:9; bd. Yes 53:1-12; Ibr 4:14-15).

[1:10]  10 Full Life : MEMBUAT PAGAR SEKELILING DIA.

Nas : Ayub 1:10

Karena Iblis datang untuk mencuri, membunuh, dan membinasakan (bd. Yoh 10:10), Allah menempatkan pagar pelindung di sekitar umat-Nya untuk melindungi mereka dari serangan Iblis.

  1. 1) "Pagar pelindung" itu bagaikan "tembok berapi" rohani yang mengitari umat Allah yang setia sehingga Iblis tidak bisa melukai mereka. "Aku sendiri, demikianlah firman Tuhan, akan menjadi tembok berapi baginya di sekelilingnya, dan Aku akan menjadi kemuliaan di dalamnya" (Za 2:5).
  2. 2) Semua orang percaya yang dengan setia berusaha untuk mengasihi Allah dan mengikuti pimpinan Roh Kudus berhak untuk meminta dan mengharapkan Allah menempatkan tembok perlindungan keliling mereka dan keluarga mereka.

[7:20]  11 Full Life : KALAU AKU BERBUAT DOSA.

Nas : Ayub 7:20

Ayub mempertimbangkan kemungkinan bahwa pendapat teman-temannya itu benar, bahwa Allah marah kepadanya karena suatu pelanggaran yang tidak disadarinya. Yang tidak diketahui Ayub ialah bahwa Allah memang sedang mengawasinya, bukan dengan murka, tetapi dengan belas kasihan dan kekaguman. Sekalipun dicobai hingga batas kekuatannya, Ayub tetap menolak untuk mengutuk Allah (bd. Ayub 2:9) dan dengan demikian kuasa penebusan Allah ditinggikan. Ketika tiba saatnya, ketika ujian sudah berakhir, Allah menyatakan perkenan-Nya di depan umum (Ayub 42:8).

[1:5]  12 Full Life : ANAK-ANAKKU.

Nas : Ayub 1:5

Sebagai orang-tua beriman, Ayub sangat memperhatikan kesejahteraan rohani anak-anaknya. Ia memperhatikan kelakuan dan gaya hidup mereka, berdoa agar mereka terpelihara dari yang jahat dan mengalami berkat dan keselamatan Allah. Ayub menjadi contoh seorang ayah yang hatinya terarah kepada anak-anaknya dengan menyediakan waktu dan perhatian yang perlu agar mereka terhindar dari kehidupan yang berdosa

(lihat cat. --> Luk 1:17;

[atau ref. Luk 1:17]

lihat art. ORANG-TUA DAN ANAK-ANAK).



TIP #18: Centang "Hanya dalam TB" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab hanya dalam versi TB [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA