Kejadian 1:5
Konteks1:5 Dan Allah menamai n terang itu siang, dan gelap itu malam. o Jadilah petang dan jadilah pagi, p itulah hari pertama 1 .
Kejadian 1:8
Konteks1:8 Lalu Allah menamai v cakrawala itu langit. w Jadilah petang dan jadilah pagi, x itulah hari kedua.
Kejadian 5:32
Konteks5:32 Setelah Nuh berumur n lima ratus tahun, ia memperanakkan Sem, o Ham dan Yafet. p
Kejadian 7:9
Konteks7:9 datanglah sepasang mendapatkan Nuh ke dalam bahtera itu, jantan dan betina, seperti yang diperintahkan Allah kepada Nuh. s
Kejadian 8:4
Konteks8:4 Dalam bulan yang ketujuh, r pada hari yang ketujuh belas bulan itu, terkandaslah bahtera itu pada pegunungan s Ararat. t
Kejadian 9:3
Konteks9:3 Segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. r Aku telah memberikan semuanya s itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau.
Kejadian 9:6
Konteks9:6 Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah x oleh manusia 2 , sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya y sendiri.
Kejadian 9:13
Konteks9:13 Busur-Ku g Kutaruh di awan 3 , supaya itu menjadi tanda perjanjian antara Aku dan bumi.
Kejadian 9:17
Konteks9:17 Berfirmanlah Allah kepada Nuh: "Inilah tanda perjanjian m yang Kuadakan antara Aku dan segala makhluk yang ada di bumi."
Kejadian 9:21
Konteks9:21 Setelah ia minum anggur, r mabuklah ia 4 dan ia telanjang dalam kemahnya.
Kejadian 9:27
Konteks9:27 Allah meluaskan kiranya tempat kediaman Yafet, y dan hendaklah ia tinggal dalam kemah-kemah Sem, z tetapi hendaklah Kanaan menjadi hamba baginya."
Kejadian 10:18
Konteks10:18 orang Arwadi, q orang Semari dan orang Hamati; r kemudian berseraklah kaum-kaum orang Kanaan s itu.
Kejadian 11:26
Konteks11:26 Setelah Terah hidup tujuh puluh tahun, ia memperanakkan Abram, m Nahor n dan Haran. o
Kejadian 12:13
Konteks12:13 Katakanlah, bahwa engkau adikku 5 , j supaya aku diperlakukan mereka dengan baik karena engkau, dan aku dibiarkan hidup oleh sebab engkau."
Kejadian 14:6
Konteks14:6 dan orang Hori r di pegunungan mereka yang bernama Seir, s sampai ke El-Paran t di tepi padang gurun.
Kejadian 16:10
Konteks16:10 Lagi kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: "Aku akan membuat sangat banyak keturunanmu, sehingga tidak dapat dihitung d karena banyaknya."
Kejadian 18:4
Konteks18:4 Biarlah diambil air sedikit, basuhlah kakimu m dan duduklah beristirahat di bawah pohon ini;
Kejadian 18:23
Konteks18:23 Abraham datang mendekat dan berkata: "Apakah Engkau akan melenyapkan orang benar bersama-sama dengan orang fasik? v
Kejadian 20:12
Konteks20:12 Lagipula ia benar-benar saudaraku, w anak ayahku, hanya bukan anak ibuku, tetapi kemudian ia menjadi isteriku.
Kejadian 20:18
Konteks20:18 Sebab tadinya TUHAN telah menutup kandungan setiap perempuan di istana Abimelekh karena Sara, d isteri Abraham itu.
Kejadian 21:21
Konteks21:21 Maka tinggallah ia di padang gurun Paran, h dan ibunya mengambil seorang isteri baginya i dari tanah Mesir.
Kejadian 22:23
Konteks22:23 Dan Betuel w memperanakkan Ribka. x Kedelapan orang inilah dilahirkan Milka bagi Nahor, y saudara Abraham itu.
Kejadian 23:1-2
KonteksKejadian 23:20
Konteks23:20 Demikianlah dari pihak bani Het ladang dengan gua yang ada di sana diserahkan x kepada Abraham menjadi kuburan y miliknya 6 .
Kejadian 25:10
Konteks25:10 yang telah dibeli Abraham dari bani Het; x di sanalah terkubur Abraham dan Sara isterinya.
Kejadian 25:16-17
Konteks25:16 Itulah anak-anak Ismael, dan itulah nama-nama mereka, menurut kampung mereka dan menurut perkemahan i mereka, dua belas orang raja, j masing-masing dengan sukunya. 25:17 Umur Ismael ialah seratus tiga puluh tujuh tahun. Sesudah itu ia meninggal. Ia mati dan dikumpulkan kepada kaum leluhurnya 7 . k
Kejadian 27:3
Konteks27:3 Maka sekarang, ambillah senjatamu, tabung panah dan busurmu, pergilah ke padang k dan burulah bagiku seekor binatang;
Kejadian 27:10
Konteks27:10 Bawalah itu kepada ayahmu, supaya dimakannya, agar dia memberkati u engkau, sebelum ia mati."
Kejadian 28:17
Konteks28:17 Ia takut dan berkata: "Alangkah dahsyatnya tempat ini. c Ini tidak lain dari rumah Allah, d ini pintu gerbang sorga."
Kejadian 30:24
Konteks30:24 Maka ia menamai anak itu Yusuf, p sambil berkata: "Mudah-mudahan TUHAN menambah seorang anak laki-laki q lagi bagiku."
Kejadian 31:21
Konteks31:21 Demikianlah ia lari l dengan segala harta miliknya. Ia berangkat, menyeberangi sungai Efrat m dan berjalan menuju pegunungan Gilead. n
Kejadian 36:13
Konteks36:13 Inilah anak-anak Rehuel: Nahat, Zerah, Syama dan Miza. Itulah cucu-cucu Basmat o isteri Esau.
Kejadian 36:16
Konteks36:16 kepala kaum Korah, kepala kaum Gaetam dan kepala kaum Amalek; itulah kepala-kepala kaum Elifas u di tanah Edom; v itulah keturunan Ada. w
Kejadian 40:10
Konteks40:10 Pohon anggur itu ada tiga carangnya dan baru saja pohon itu bertunas, bunganya sudah keluar f dan tandan-tandannya penuh buah anggur yang ranum.
Kejadian 41:31
Konteks41:31 Sesudah itu akan tidak kelihatan lagi bekas-bekas kelimpahan di negeri ini karena kelaparan itu, sebab sangat hebatnya kelaparan itu.
Kejadian 43:4
Konteks43:4 Jika engkau mau membiarkan adik kami pergi bersama-sama dengan kami, maka kami mau pergi ke sana dan membeli bahan makanan bagimu. w
Kejadian 46:10
Konteks46:10 Anak-anak Simeon u ialah Yemuel, v Yamin, Ohad, Yakhin dan Zohar w serta Saul, anak seorang perempuan Kanaan.
Kejadian 46:21
Konteks46:21 Anak-anak Benyamin a ialah Bela, Bekher, Asybel, Gera, Naaman, Ehi, Rosh, Mupim, Hupim dan Ared. b
[1:5] 1 Full Life : JADILAH PETANG DAN JADILAH PAGI, ITULAH HARI PERTAMA.
Nas : Kej 1:5
Sebutan ini diulang enam kali dalam pasal ini (Kej 1:5,8,13,19,23,31). Kata Ibrani untuk hari adalah _yom_. Biasanya kata ini artinya suatu hari sepanjang 24 jam (bd. Kej 7:17; Mat 17:1), atau bagian siang dari suatu hari ("hari" sebagai lawan dari "malam"). Tetapi kata ini bisa juga dipakai untuk jangka waktu yang tidak tentu (mis: "musim panen," Ams 25:13). Banyak orang percaya bahwa hari-hari penciptaan merupakan hari dalam arti 24 jam karena digambarkan sebagai terdiri atas "petang" dan "pagi" (ayat Kej 1:5; bd. Kel 20:11). Yang lain percaya bahwa "petang" dan "pagi" hanya berarti bahwa suatu petang mengakhiri tahap penciptaan tersebut dan keesokan paginya merupakan awal yang baru lagi.
[9:6] 2 Full Life : SIAPA YANG MENUMPAHKAN DARAH MANUSIA, DARAH-NYA AKAN TERTUMPAH OLEH MANUSIA.
Nas : Kej 9:6
Akibat nafsu untuk melakukan kekerasan dan penumpahan darah yang timbul di hati manusia (bd. Kej 6:11; 8:21), Allah berusaha untuk melindungi kekudusan hidup manusia dengan membatasi pembunuhan yang ada di dalam masyarakat;
- (1) dengan menekankan bahwa manusia telah diciptakan menurut gambar-Nya (Kej 1:26) dan bahwa nyawa mereka itu kudus di hadapan-Nya;
- (2) dengan menetapkan hukuman mati, yaitu memerintahkan agar semua
pembunuh dijatuhi hukuman mati (bd. Kel 21:12,14; 22:2;
Bil 35:6-34; Ul 19:1-13;
lihat cat. --> Rom 13:4).
[atau ref. Rom 13:4]
Kekuasaan pemerintah untuk mempergunakan "pedang" dalam hukuman mati ditegaskan kembali dalam PB (Kis 25:11; Rom 13:4; bd. Mat 26:52).
[9:13] 3 Full Life : BUSUR-KU KUTARUH DI AWAN.
Nas : Kej 9:13
Pelangi merupakan tanda Allah dan peringatan terus-menerus mengenai janji-Nya untuk tidak lagi memusnahkan semua penghuni bumi dengan air bah. Pelangi seharusnya mengingatkan kita akan kemurahan dan kesetiaan Allah kepada firman-Nya.
[9:21] 4 Full Life : SETELAH IA MINUM ANGGUR, MABUKLAH IA.
Nas : Kej 9:21
Penyebutan anggur yang pertama dalam Alkitab dikaitkan dengan kemabukan, dosa, rasa malu, dan kutukan (ayat Kej 9:21-25). Karena hal-hal jahat yang menyertai minuman keras, Allah telah menjadikan pertarakan menyeluruh sebagai standar yang tinggi bagi umat-Nya (bd. Im 10:9; Hak 13:4-7; Ams 31:4; lih. Bil 6:3;
lihat cat. --> Ams 23:31;
lihat cat. --> 1Tes 5:6;
lihat cat. --> Tit 2:2;
[atau ref. Ams 23:31; 1Tes 5:6; Tit 2:2]
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA;
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1);
danlihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (2)).
[12:13] 5 Full Life : KATAKANLAH BAHWA ENGKAU ADIKKU.
Nas : Kej 12:13
Kepercayaan Abram kepada Allah gagal sejenak, sehingga mengakibatkan penipuan yang berdosa dan pembuangan yang memalukan dari Mesir (Kej 12:19-13:1). Ayat-ayat ini menunjukkan betapa jujurnya Firman Allah tentang kehidupan orang kudus. Sekalipun Abram bertobat, kegagalannya secara moral tidak ditutupi. Kegagalan semacam itu sungguh-sungguh mengingatkan semua orang percaya untuk tidak memandang keadaan, melainkan percaya janji-janji dan kesetiaan Allah. Kegagalan Abram juga mendorong kita karena menyatakan bagaimana Allah dengan kemurahan-Nya bekerja untuk menuntun Abram kembali kepada kehendak dan maksud-Nya.
[23:20] 6 Full Life : LADANG ... MENJADI KUBURAN MILIKNYA.
Nas : Kej 23:20
Alkitab mengatakan bahwa satu-satunya bidang tanah di Kanaan yang dimiliki Abraham sebagai penggenapan janji Allah adalah tanah kuburan (Ibr 11:8-9). Baru pada zaman Yosua, keturunannya memiliki tanah Kanaan. Kenyataan ini menunjuk kepada hidup iman yang menanti hingga akhir hidupnya untuk menerima upah penuh dari kepercayaan seseorang kepada Allah (Ibr 11:13). Orang percaya, seperti Abraham, tidak boleh mengarahkan hatinya kepada hal-hal di bumi, tetapi harus mendambakan tanah air sorgawi di mana Allah "telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka" (Ibr 11:16;
lihat cat. --> Ibr 11:10).
[atau ref. Ibr 11:10]
[25:17] 7 Full Life : ISMAEL ... DIKUMPULKAN KEPADA KAUM LELUHURNYA.
Nas : Kej 25:17
Pernyataan ini memberikan gagasan bahwa Ismael percaya kepada Allah dan menerima warisan rohani dari ayahnya dan semua orang yang mati di dalam iman
(lihat cat. --> Kej 25:8 sebelumnya).
[atau ref. Kej 25:8]