kecilkan semua  

Teks -- Lukas 9:1-62 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yesus mengutus kedua belas murid
9:1 Maka Yesus memanggil kedua belas murid-Nya, lalu memberikan tenaga dan kuasa kepada mereka untuk menguasai setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit. 9:2 Dan Ia mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang, 9:3 kata-Nya kepada mereka: "Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju. 9:4 Dan apabila kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ. 9:5 Dan kalau ada orang yang tidak mau menerima kamu, keluarlah dari kota mereka dan kebaskanlah debunya dari kakimu sebagai peringatan terhadap mereka." 9:6 Lalu pergilah mereka dan mereka mengelilingi segala desa sambil memberitakan Injil dan menyembuhkan orang sakit di segala tempat.
Herodes dan Yesus
9:7 Herodes, raja wilayah, mendengar segala yang terjadi itu dan iapun merasa cemas, sebab ada orang yang mengatakan, bahwa Yohanes telah bangkit dari antara orang mati. 9:8 Ada lagi yang mengatakan, bahwa Elia telah muncul kembali, dan ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit. 9:9 Tetapi Herodes berkata: "Yohanes telah kupenggal kepalanya. Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian?" Lalu ia berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus.
Yesus memberi makan lima ribu orang
9:10 Sekembalinya rasul-rasul itu menceriterakan kepada Yesus apa yang telah mereka kerjakan. Lalu Yesus membawa mereka dan menyingkir ke sebuah kota yang bernama Betsaida, sehingga hanya mereka saja bersama Dia. 9:11 Akan tetapi orang banyak mengetahuinya, lalu mengikuti Dia. Ia menerima mereka dan berkata-kata kepada mereka tentang Kerajaan Allah dan Ia menyembuhkan orang-orang yang memerlukan penyembuhan. 9:12 Pada waktu hari mulai malam datanglah kedua belas murid-Nya kepada-Nya dan berkata: "Suruhlah orang banyak itu pergi, supaya mereka pergi ke desa-desa dan kampung-kampung sekitar ini untuk mencari tempat penginapan dan makanan, karena di sini kita berada di tempat yang sunyi." 9:13 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Kamu harus memberi mereka makan!" Mereka menjawab: "Yang ada pada kami tidak lebih dari pada lima roti dan dua ikan, kecuali kalau kami pergi membeli makanan untuk semua orang banyak ini." 9:14 Sebab di situ ada kira-kira lima ribu orang laki-laki. Lalu Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Suruhlah mereka duduk berkelompok-kelompok, kira-kira lima puluh orang sekelompok." 9:15 Murid-murid melakukannya dan menyuruh semua orang banyak itu duduk. 9:16 Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya supaya dibagi-bagikannya kepada orang banyak. 9:17 Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian dikumpulkan potongan-potongan roti yang sisa sebanyak dua belas bakul.
Pengakuan Petrus
9:18 Pada suatu kali ketika Yesus berdoa seorang diri, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. Lalu Ia bertanya kepada mereka: "Kata orang banyak, siapakah Aku ini?" 9:19 Jawab mereka: "Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia, ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit." 9:20 Yesus bertanya kepada mereka: "Menurut kamu, siapakah Aku ini?" Jawab Petrus: "Mesias dari Allah." 9:21 Lalu Yesus melarang mereka dengan keras, supaya mereka jangan memberitahukan hal itu kepada siapapun.
Pemberitahuan pertama tentang penderitaan Yesus dan syarat-syarat mengikut Dia
9:22 Dan Yesus berkata: "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga." 9:23 Kata-Nya kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku. 9:24 Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan menyelamatkannya. 9:25 Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia membinasakan atau merugikan dirinya sendiri? 9:26 Sebab barangsiapa malu karena Aku dan karena perkataan-Ku, Anak Manusia juga akan malu karena orang itu, apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan-Nya dan dalam kemuliaan Bapa dan malaikat-malaikat kudus. 9:27 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Kerajaan Allah."
Yesus dimuliakan di atas gunung
9:28 Kira-kira delapan hari sesudah segala pengajaran itu, Yesus membawa Petrus, Yohanes dan Yakobus, lalu naik ke atas gunung untuk berdoa. 9:29 Ketika Ia sedang berdoa, rupa wajah-Nya berubah dan pakaian-Nya menjadi putih berkilau-kilauan. 9:30 Dan tampaklah dua orang berbicara dengan Dia, yaitu Musa dan Elia. 9:31 Keduanya menampakkan diri dalam kemuliaan dan berbicara tentang tujuan kepergian-Nya yang akan digenapi-Nya di Yerusalem. 9:32 Sementara itu Petrus dan teman-temannya telah tertidur dan ketika mereka terbangun mereka melihat Yesus dalam kemuliaan-Nya: dan kedua orang yang berdiri di dekat-Nya itu. 9:33 Dan ketika kedua orang itu hendak meninggalkan Yesus, Petrus berkata kepada-Nya: "Guru, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Baiklah kami dirikan sekarang tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia." Tetapi Petrus tidak tahu apa yang dikatakannya itu. 9:34 Sementara ia berkata demikian, datanglah awan menaungi mereka. Dan ketika mereka masuk ke dalam awan itu, takutlah mereka. 9:35 Maka terdengarlah suara dari dalam awan itu, yang berkata: "Inilah Anak-Ku yang Kupilih, dengarkanlah Dia." 9:36 Ketika suara itu terdengar, nampaklah Yesus tinggal seorang diri. Dan murid-murid itu merahasiakannya, dan pada masa itu mereka tidak menceriterakan kepada siapapun apa yang telah mereka lihat itu.
Yesus mengusir roh dari seorang anak yang sakit
9:37 Pada keesokan harinya ketika mereka turun dari gunung itu, datanglah orang banyak berbondong-bondong menemui Yesus. 9:38 Seorang dari orang banyak itu berseru, katanya: "Guru, aku memohon supaya Engkau menengok anakku, sebab ia adalah satu-satunya anakku. 9:39 Sewaktu-waktu ia diserang roh, lalu mendadak ia berteriak dan roh itu menggoncang-goncangkannya sehingga mulutnya berbusa. Roh itu terus saja menyiksa dia dan hampir-hampir tidak mau meninggalkannya. 9:40 Dan aku telah meminta kepada murid-murid-Mu supaya mereka mengusir roh itu, tetapi mereka tidak dapat." 9:41 Maka kata Yesus: "Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu dan sabar terhadap kamu? Bawa anakmu itu kemari!" 9:42 Dan ketika anak itu mendekati Yesus, setan itu membantingkannya ke tanah dan menggoncang-goncangnya. Tetapi Yesus menegor roh jahat itu dengan keras dan menyembuhkan anak itu, lalu mengembalikannya kepada ayahnya.
Pemberitahuan kedua tentang penderitaan Yesus
9:43 Maka takjublah semua orang itu karena kebesaran Allah. (#9-#43b) Ketika semua orang itu masih heran karena segala yang diperbuat-Nya itu, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: 9:44 "Dengarlah dan camkanlah segala perkataan-Ku ini: Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia." 9:45 Mereka tidak mengerti perkataan itu, sebab artinya tersembunyi bagi mereka, sehingga mereka tidak dapat memahaminya. Dan mereka tidak berani menanyakan arti perkataan itu kepada-Nya.
Siapa yang terbesar di antara para murid
9:46 Maka timbullah pertengkaran di antara murid-murid Yesus tentang siapakah yang terbesar di antara mereka. 9:47 Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka. Karena itu Ia mengambil seorang anak kecil dan menempatkannya di samping-Nya, 9:48 dan berkata kepada mereka: "Barangsiapa menyambut anak ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku; dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia, yang mengutus Aku. Karena yang terkecil di antara kamu sekalian, dialah yang terbesar."
Seorang yang bukan murid Yesus mengusir setan
9:49 Yohanes berkata: "Guru, kami lihat seorang mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita." 9:50 Yesus berkata kepadanya: "Jangan kamu cegah, sebab barangsiapa tidak melawan kamu, ia ada di pihak kamu."
Yesus dan orang Samaria
9:51 Ketika hampir genap waktunya Yesus diangkat ke sorga, Ia mengarahkan pandangan-Nya untuk pergi ke Yerusalem, 9:52 dan Ia mengirim beberapa utusan mendahului Dia. Mereka itu pergi, lalu masuk ke suatu desa orang Samaria untuk mempersiapkan segala sesuatu bagi-Nya. 9:53 Tetapi orang-orang Samaria itu tidak mau menerima Dia, karena perjalanan-Nya menuju Yerusalem. 9:54 Ketika dua murid-Nya, yaitu Yakobus dan Yohanes, melihat hal itu, mereka berkata: "Tuhan, apakah Engkau mau, supaya kami menyuruh api turun dari langit untuk membinasakan mereka?" 9:55 Akan tetapi Ia berpaling dan menegor mereka. 9:56 Lalu mereka pergi ke desa yang lain.
Hal mengikut Yesus
9:57 Ketika Yesus dan murid-murid-Nya melanjutkan perjalanan mereka, berkatalah seorang di tengah jalan kepada Yesus: "Aku akan mengikut Engkau, ke mana saja Engkau pergi." 9:58 Yesus berkata kepadanya: "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya." 9:59 Lalu Ia berkata kepada seorang lain: "Ikutlah Aku!" Tetapi orang itu berkata: "Izinkanlah aku pergi dahulu menguburkan bapaku." 9:60 Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Biarlah orang mati menguburkan orang mati; tetapi engkau, pergilah dan beritakanlah Kerajaan Allah di mana-mana." 9:61 Dan seorang lain lagi berkata: "Aku akan mengikut Engkau, Tuhan, tetapi izinkanlah aku pamitan dahulu dengan keluargaku." 9:62 Tetapi Yesus berkata: "Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Betsaida a town located on the northeast side of the Sea of Galilee
 · Elia a prophet from the 9th century B.C.,a prophet from Tishbe in Gilead to Israel in King Ahab's time,son of Jeroham of Benjamin,a priest of the Harim clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani Elam clan who put away his heathen wife
 · Herodes son of Antipater; king over Judea when Christ was born,a son of Herod the Great,a grandson of Herod the Great and son of Aristobulus and Berenice
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Samaria residents of the district of Samaria
 · seorang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · Yakobus a son of Zebedee; brother of John; an apostle,a son of Alpheus; an apostle,a brother of Jesus; writer of the epistle of James,the father (or brother) of the apostle Judas
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter


Topik/Tema Kamus: Lukas, Injil | Yesus | Yesus Kristus | Petrus | Perbuatan Ajaib Yesus | Yohanes | Yakobus | Herodes | Tengkar, Pertengkaran | Helenisme | Berita, Pemberitaan Injil | Tunda, Pendundaan | Perbuatan Ajaib | Iblis | Doa Perorangan | Balas, Membalas Dendam | Samaria Pada Zaman Kristus | Doa | Sangkal, Penyangkalan Diri | Elia | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Luk 9:1 - KUASA ... UNTUK MENGUASAI SETAN-SETAN. Nas : Luk 9:1 Lihat cat. --> Mat 10:1. [atau ref. Mat 10:1]

Nas : Luk 9:1

Lihat cat. --> Mat 10:1.

[atau ref. Mat 10:1]

Full Life: Luk 9:2 - MEMBERITAKAN KERAJAAN ... MENYEMBUHKAN ORANG. Nas : Luk 9:2 Teks : 1) Inilah kali pertama Yesus mengutus kedua belas murid-Nya untuk mewakili Dia dalam kata dan perbuatan. Perintah yang...

Nas : Luk 9:2

Teks :
  1. 1) Inilah kali pertama Yesus mengutus kedua belas murid-Nya untuk mewakili Dia dalam kata dan perbuatan. Perintah yang diberikan kepada kedua belas orang itu, menurut ayat-ayat paralelnya di kitab Matius, ialah pergi kepada "domba-domba yang hilang dari umat Israel" (Mat 10:6). Namun setelah kebangkitan-Nya, Yesus mengubah jangkauan pelayanan itu hingga meliputi segala bangsa, dalam suatu perintah yang harus berlangsung "sampai kepada akhir zaman" (Mat 28:18-20; Mr 16:15-20).
  2. 2) Para penulis Injil-Injil menjelaskan bahwa perintah Yesus untuk memberitakan Kerajaan Allah

    (lihat art. KERAJAAN ALLAH)

    jarang disampaikan terpisah dari perintah untuk menyembuhkan orang sakit dan mengusir setan-setan (Mat 9:35-38; 10:7-8; Mr 3:14-15; 6:7-13; Mr 16:15,17; Luk 9:2,6; 10:1,9; bd. Luk 4:17-19). Allah menghendaki agar pemberitaan Injil masa kini disertai dengan demonstrasi Roh dan kuasa yang sama

    (lihat cat. --> Mat 10:1;

    [atau ref. Mat 10:1]

    Mr 16:15-18; Kis 1:8; Rom 15:18-19; 1Kor 2:4-5; 4:20;

    lihat art. TANDA-TANDA ORANG PERCAYA)

    guna menghadapi tantangan Iblis pada hari-hari akhir ini (1Tim 4:1; 2Tim 3:1-5).
  3. 3) Gereja-gereja masa kini hendaknya jangan membandingkan dirinya dengan gereja lain, melainkan dengan berita dan pola PB ini. Apakah kita sedang menyaksikan dan mengalami Kerajaan Allah seperti orang Kristen yang mula-mula? Apakah Kerajaan Allah dekat dengan kita? Jika tidak, mengapa tidak?

Full Life: Luk 9:12-17 - MEMBERI MAKAN LIMA RIBU ORANG. Nas : Luk 9:12-17 Lihat cat. --> Mat 14:19. [atau ref. Mat 14:19]

Nas : Luk 9:12-17

Lihat cat. --> Mat 14:19.

[atau ref. Mat 14:19]

Full Life: Luk 9:23 - MEMIKUL SALIBNYA SETIAP HARI. Nas : Luk 9:23 Menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat tidak hanya menuntut percaya akan kebenaran Injil, tetapi juga menyerahkan diri kita un...

Nas : Luk 9:23

Menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat tidak hanya menuntut percaya akan kebenaran Injil, tetapi juga menyerahkan diri kita untuk mengikuti Dia dengan pengorbanan

(lihat cat. --> Mr 8:34).

[atau ref. Mr 8:34]

Pilihan antara menyangkal diri atau hidup untuk keinginan kita yang mementingkan diri sendiri, harus dibuat setiap hari. Pilihan itu akan menentukan nasib akhir kita.

Full Life: Luk 9:24 - BARANGSIAPA KEHILANGAN NYAWANYA. Nas : Luk 9:24 Menjadikan pencapaian kebahagiaan dan kesenangan sebagai sasaran hidup kita lebih daripada hidup di dalam kehendak Allah dan prinsip...

Nas : Luk 9:24

Menjadikan pencapaian kebahagiaan dan kesenangan sebagai sasaran hidup kita lebih daripada hidup di dalam kehendak Allah dan prinsip-prinsip-Nya akan berakhir dalam kekecewaan dan kerugian. Meninggalkan jalan-jalan kita sendiri untuk hidup dalam persekutuan dengan Yesus, sambil melandaskan hidup kita atas ajaran Firman-Nya, berarti menemukan hidup dan sukacita sejati, sekarang ini dan selamanya.

Full Life: Luk 9:26 - MALU KARENA AKU. Nas : Luk 9:26 Malu karena Yesus berarti merasa malu atau rikuh di hadapan dunia pada saat kita menyatukan diri dengan jalan, nilai dan sasaran hid...

Nas : Luk 9:26

Malu karena Yesus berarti merasa malu atau rikuh di hadapan dunia pada saat kita menyatukan diri dengan jalan, nilai dan sasaran hidup yang Yesus ajarkan. Malu karena Yesus adalah merasa malu karena Firman-Nya, malu untuk mengakui bahwa Firman itu sepenuhnya diilhami oleh Allah, malu untuk hidup taat kepadanya dan mempertahankannya. Orang seperti itu akan ditolak dan dihukum oleh Kristus (Mat 10:33;

lihat cat. --> Mr 8:34;

[atau ref. Mr 8:34]

Rom 1:16; 2Tim 1:8,12,16; Wahy 3:14-16).

Full Life: Luk 9:27 - MELIHAT KERAJAAN ALLAH. Nas : Luk 9:27 Lihat cat. --> Mat 16:28. [atau ref. Mat 16:28]

Nas : Luk 9:27

Lihat cat. --> Mat 16:28.

[atau ref. Mat 16:28]

Full Life: Luk 9:29 - PEMULIAAN. Nas : Luk 9:29 Pada saat dimuliakan, Yesus diubah di hadapan tiga murid-Nya, dan mereka melihat kemuliaan sorgawi-Nya sebagaimana Dia adanya -- All...

Nas : Luk 9:29

Pada saat dimuliakan, Yesus diubah di hadapan tiga murid-Nya, dan mereka melihat kemuliaan sorgawi-Nya sebagaimana Dia adanya -- Allah di dalam tubuh manusia. Pengalaman pemuliaan Yesus adalah:

  1. (1) dorongan bagi Yesus sementara Ia menghadapi kematian-Nya di kayu salib (bd. Mat 16:21);
  2. (2) pengumuman kepada para murid bahwa Yesus harus menderita di salib (ayat Luk 9:31);
  3. (3) pengesahan oleh Allah bahwa Yesus benar-benar Anak-Nya yang layak menebus umat manusia (ayat Luk 9:35).

Full Life: Luk 9:41 - ANGKATAN YANG TIDAK PERCAYA. Nas : Luk 9:41 Lihat cat. --> Mat 17:17. [atau ref. Mat 17:17]

Nas : Luk 9:41

Lihat cat. --> Mat 17:17.

[atau ref. Mat 17:17]

Full Life: Luk 9:55 - MENEGOR MEREKA. Nas : Luk 9:55 Kita harus berhati-hati agar kesetiaan dan semangat kita bagi Kristus tidak memendam suatu roh balas dendam dan kekerasan terhadap o...

Nas : Luk 9:55

Kita harus berhati-hati agar kesetiaan dan semangat kita bagi Kristus tidak memendam suatu roh balas dendam dan kekerasan terhadap orang yang belum selamat dan masih hidup di dalam kegelapan dan dosa.

BIS: Luk 9:54 - -- Dalam beberapa naskah kuno ada kata-kata: seperti yang dilakukan Nabi Elia.

Dalam beberapa naskah kuno ada kata-kata: seperti yang dilakukan Nabi Elia.

BIS: Luk 9:55 - -- Dalam beberapa naskah kuno ada kata-kata: dan berkata, "Kalian tidak tahu Roh mana yang menguasai kalian; sebab Anak Manusia tidak datang untuk membin...

Dalam beberapa naskah kuno ada kata-kata: dan berkata, "Kalian tidak tahu Roh mana yang menguasai kalian; sebab Anak Manusia tidak datang untuk membinasakan nyawa orang, melainkan untuk menyelamatkannya."

Jerusalem: Luk 9:1 - keduabelas muridNya Var (yang kiranya harus diterima): keduabelas. Var lain: keduabelas rasul.

Var (yang kiranya harus diterima): keduabelas. Var lain: keduabelas rasul.

Jerusalem: Luk 9:7-9 - -- Lukas tidak menceritakan (seperti Matius dan Markus) pembunuhan atas diri Yohanes Pembaptis, tetapi menyiapkan (ia berusaha supaya dapat bertemu den...

Lukas tidak menceritakan (seperti Matius dan Markus) pembunuhan atas diri Yohanes Pembaptis, tetapi menyiapkan (ia berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus, Luk 9:9) pertemuan Herodes dengan Yesus yang nanti akan diceritakan, Luk 23:8-12.

Jerusalem: Luk 9:10-17 - -- Lukas hanya sekali menceritakan bahwa Yesus memperbanyak roti, pada hal Markus dan Matius memuat dua cerita. Barangkali Lukas tidak mengenal Mar 6:45-...

Lukas hanya sekali menceritakan bahwa Yesus memperbanyak roti, pada hal Markus dan Matius memuat dua cerita. Barangkali Lukas tidak mengenal Mar 6:45-8:26, di mana terdapat cerita kedua tentang perbanyakan roti. Tetapi lebih mungkin bahwa Lukas ingin menghindarkan dua cerita serupa seperti terdapat dalam Markus dan Matius. Nampaknya kedua cerita tentang perbanyakan roti hanya dua tradisi mengenai peristiwa yang sama, yang berasal dari kalangan orang Kristen yang berbeda-beda, Mat 14:13+.

Jerusalem: Luk 9:17 - dua belas bakul Lukas meninggalkan bagian besar dari Markus (Mar 6:45-8:26).

Lukas meninggalkan bagian besar dari Markus (Mar 6:45-8:26).

Jerusalem: Luk 9:18-21 - -- Meskipun menurut Lukas Petrus tidak menyebut Yesus "Anak Allah", bdk Mat 16:16+, namun pengakuan Petrus atas nama kelompok para rasul ini sangat penti...

Meskipun menurut Lukas Petrus tidak menyebut Yesus "Anak Allah", bdk Mat 16:16+, namun pengakuan Petrus atas nama kelompok para rasul ini sangat penting. Ia menjadi titik balik dalam karya Yesus. Orang banyak yang pandangannya tentang Yesus tersesat semakin menjauhkan diri dari padaNya, tetapi murid-muridNya untuk pertama kalinya dengan jelas mengakuiNya sebagai Mesias, Luk 2:26+. Selanjutnya Yesus mengarahkan usahaNya kepada kelompok orang beriman yang kecil itu untuk memurnikan kepercayaan mereka.

Jerusalem: Luk 9:22 - -- Pemberitaan tentang penderitaan Yesus ini disusul beberapa pemberitaan lain, Luk 9:44; Luk 12:50; Luk 17:25; Luk 18:31-33. Bdk Luk 24:7,25-27. Lukas m...

Pemberitaan tentang penderitaan Yesus ini disusul beberapa pemberitaan lain, Luk 9:44; Luk 12:50; Luk 17:25; Luk 18:31-33. Bdk Luk 24:7,25-27. Lukas menghilangkan bantahan dari pihak Petrus dan teguran Yesus, Mar 8:32 dst.

Jerusalem: Luk 9:28-36 - -- Oleh karena cerita Lukas ini mempunyai banyak ciri khusus yang membedakannya dengan cerita Markus, jelaslah Lukas menggunakan sumber lain. Maka Lukas ...

Oleh karena cerita Lukas ini mempunyai banyak ciri khusus yang membedakannya dengan cerita Markus, jelaslah Lukas menggunakan sumber lain. Maka Lukas menggambarkan peristiwa itu dengan cara lain dari cara Matius dan Markus. Matius memperlihatkan Yesus sebagai Musa baru, bdk Mar 9:2+. Tetapi Lukas (atau sumbernya yang digabung dengan Markus) lebih-lebih menggambarkan suatu pengalaman pribadi Yesus. Ini terjadi waktu Yesus berdoa dengan hangat. Dalam doa itu Yesus mendapat penerangan sorgawi tentang "kepergianNya" (eksodos = Keluaran), artinya: kematianNya kelak, bdk Wis 3:2; 7:6; 2Pe 1:15. Kematian itu akan terjadi di Yerusalem, kota yang membunuh nabi-nabi, bdk Luk 13:33-34.

Jerusalem: Luk 9:30 - Musa dan Elia Kedua nama ini disebutkan untuk menentukan siapa "kedua orang" yang nampak itu, Luk 9:30. Boleh jadi bahwa dalam sumber yang dipakai Lukas (sambil dig...

Kedua nama ini disebutkan untuk menentukan siapa "kedua orang" yang nampak itu, Luk 9:30. Boleh jadi bahwa dalam sumber yang dipakai Lukas (sambil digabungkan dengan Markus) kedua orang itu dua malaikat, bdk Luk 24:4; Kis 1:10, yang memberikan keterangan kepada Yesus dan menguatkanNya, bdk Luk 22:43. Tentang pandangan tradisi Matius mengenai peranan Musa dan Elia, bdk Mat 17:1+.

Jerusalem: Luk 9:32 - telah tertidur dan ketiga mereka terbangun Terjemahan lain: ... mengantuk namun tetap berjaga ... Hanya Lukas memberitahu tentang "tidur" yang mendatangi ketiga murid itu. Tidur itu mengingatka...

Terjemahan lain: ... mengantuk namun tetap berjaga ... Hanya Lukas memberitahu tentang "tidur" yang mendatangi ketiga murid itu. Tidur itu mengingatkan tidur mereka di kebun Getsemani, Luk 22:45. Di sana tidur itu lebih sesuai dan pada tempatnya. Mungkin oleh Lukas diambil dari situ!

Jerusalem: Luk 9:32 - kemuliaanNya Ialah kemuliaan kedatanganNya kelak, Luk 9:26.

Ialah kemuliaan kedatanganNya kelak, Luk 9:26.

Jerusalem: Luk 9:35 - AnakKu yang Kupilih Var: AnakKu yang Kukasihi, bdk Matius dan Markus. Sebutan "orang pilihan", bdk Luk 23:35; Yes 42:1, dan "Anak Manusia" berganti-ganti dipakai dalam bu...

Var: AnakKu yang Kukasihi, bdk Matius dan Markus. Sebutan "orang pilihan", bdk Luk 23:35; Yes 42:1, dan "Anak Manusia" berganti-ganti dipakai dalam buku "Perumpamaan Henokh" (buku apokrip).

Jerusalem: Luk 9:46 - siapakah yang terbesar Jawaban tepat atas pertanyaan itu terdapat dalam Luk 9:48, dan dengan bentuk yang lebih tua ditemukan juga dalam Mat 18:3-4 atau dalam Mar 9:34. Perka...

Jawaban tepat atas pertanyaan itu terdapat dalam Luk 9:48, dan dengan bentuk yang lebih tua ditemukan juga dalam Mat 18:3-4 atau dalam Mar 9:34. Perkataan Yesus yang disajikan Luk 9:48, bdk Mat 18:5; Mar 9:37, dipungut Lukas dari konteks lain, bdk Mat 10:40.

Jerusalem: Luk 9:49 - lalu kami cegah Var: lalu kami mau cegah.

Var: lalu kami mau cegah.

Jerusalem: Luk 9:51--18:14 - -- Dari Luk 9:51 sampai Luk 18:14 Lukas menyimpang dari kisah Markus. Dalam rangka sebuah perjalanan Yesus, sebagaimana disarankan oleh Mar 10:1, naik ke...

Dari Luk 9:51 sampai Luk 18:14 Lukas menyimpang dari kisah Markus. Dalam rangka sebuah perjalanan Yesus, sebagaimana disarankan oleh Mar 10:1, naik ke Yerusalem, Luk 9:53,57; 10:1; 13:22,33; 17:11; bdk Luk 2:38+, Lukas mengumpulkan bahan-bahan yang diambil dari sebuah kumpulan (cerita dan perkataan Yesus), yang juga dimanfaatkan oleh Matius, dan dari sumber-sumber lain yang dapat digunakan Lukas. Bahan kumpulan tersebut oleh Matius disebarkan dalam seluruh injilnya, sedangkan Lukas menyajikannya berkelompok-kelompok justru dalam bagian injilnya ini, Luk 9:51-8:14, yang kebanyakan bahannya diambil dari kumpulan itu.

Jerusalem: Luk 9:51 - Yesus diangkat ke sorga Harafiah: pengangkatanNya. "Pengangkatan" atau "peninggian" Yesus, bdk 2Ra 2:9-11; Mar 16:19; Kis 1:2,10-11; 1Ti 3:16, merangkum hari-hari terakhir ke...

Harafiah: pengangkatanNya. "Pengangkatan" atau "peninggian" Yesus, bdk 2Ra 2:9-11; Mar 16:19; Kis 1:2,10-11; 1Ti 3:16, merangkum hari-hari terakhir kehidupanNya dan hari-hari pertama pemuliaanNya (penderitaan, wafat, kebangkitan, naik ke sorga). Hal yang sama oleh Yohanes disebut dengan istilah yang lebih berciri teologis: dimuliakan, Yoh 7:39; 12:16,23; 13:31 dst.; penyaliban oleh Yohanes dianggap sebagai "peninggian" Yoh 12:32+.

Jerusalem: Luk 9:53 - -- Sikap orang-orang Samaria selalu kurang ramah terhadap orang-orang Yahudi, Yoh 4:9+; sikap bermusuhan itu terutama mengenai mereka yang berziarah ke Y...

Sikap orang-orang Samaria selalu kurang ramah terhadap orang-orang Yahudi, Yoh 4:9+; sikap bermusuhan itu terutama mengenai mereka yang berziarah ke Yerusalem. Karena itu orang biasanya menghindarkan daerah mereka, bdk Mat 10:5. Hanya Lukas dan (Yoh 4:1-42) berkata bahwa Yesus pernah melalui wilayah orang bidaah itu, bdk Luk 17:11,16. Gereja purba segera menuruti teladan Yesus itu, Kis 8:5-25.

Jerusalem: Luk 9:54 - membinasakan mereka Sejumlah naskah menambah: seperti yang dilakukan Elia. Ini menyinggung 2Ra 1:10-12. Yohanes dan Yakobus benar-benar memperlihatkan diri sebagai "anak-...

Sejumlah naskah menambah: seperti yang dilakukan Elia. Ini menyinggung 2Ra 1:10-12. Yohanes dan Yakobus benar-benar memperlihatkan diri sebagai "anak-anak guruh", Mar 3:17.

Jerusalem: Luk 9:55 - menegor mereka Sejumlah naskah menambah: kataNya: Kamu tidak tahu roh manakah memiliki kamu. Sebab Anak Manusia tidak datang membinasakan jiwa manusia, tetapi menyel...

Sejumlah naskah menambah: kataNya: Kamu tidak tahu roh manakah memiliki kamu. Sebab Anak Manusia tidak datang membinasakan jiwa manusia, tetapi menyelamatkannya. Ini barangkali berasal dari bidaah Markion.

Jerusalem: Luk 9:59 - berkata: Izinkanlah Var: berkata; Ya Tuhan, izinkanlah, bdk Mat 8:21.

Var: berkata; Ya Tuhan, izinkanlah, bdk Mat 8:21.

Jerusalem: Luk 9:60 - orang mati menguburkan orang mati Perkataan Yesus ini menggunakan kata "mati" dengan dua arti, yaitu: mati secara badaniah dan mati secara rohaniah.

Perkataan Yesus ini menggunakan kata "mati" dengan dua arti, yaitu: mati secara badaniah dan mati secara rohaniah.

Ende: Luk 9:3 - Tongkat Menurut Mar 6:8 tongkat tidak boleh dibawa. Perbedaan ketjil ini tidak mengenai hakekat berita.

Menurut Mar 6:8 tongkat tidak boleh dibawa. Perbedaan ketjil ini tidak mengenai hakekat berita.

Ende: Luk 9:5 - Tanda kesaksian jaitu bahwa mereka bersalah sehingga diputuskan segala hubungan dengan kota itu.

jaitu bahwa mereka bersalah sehingga diputuskan segala hubungan dengan kota itu.

Ende: Luk 9:9 - Herodes Herodes ini ialah Herodes Antipas, putera Herodes Agung. Pemerintahannja meliputi Galilea dan Perea. Dia inilah pembunuh Joanes Pemandi.

Herodes ini ialah Herodes Antipas, putera Herodes Agung. Pemerintahannja meliputi Galilea dan Perea. Dia inilah pembunuh Joanes Pemandi.

Ende: Luk 9:10 - Betsaida Satu dusun nelajan, terletak ditepi utara tasik Genesaret, tempat asal dari Petrus, Andreas dan Pilipus (Yoh 1:44). Oleh Herodes Pilipus, ia diangkat ...

Satu dusun nelajan, terletak ditepi utara tasik Genesaret, tempat asal dari Petrus, Andreas dan Pilipus (Yoh 1:44).

Oleh Herodes Pilipus, ia diangkat mendjadi kota dan diberi nama Julias.

Ende: Luk 9:23 - Kepada semua orang bukan sadja kepada rasul-rasul atau murid-murid, melainkan kepada semua orang banjak jang hadir. Bdl. Mar 8:34.

bukan sadja kepada rasul-rasul atau murid-murid, melainkan kepada semua orang banjak jang hadir. Bdl. Mar 8:34.

Ende: Luk 9:23 - Mengangkat salibnja Dengan "salib" disini dimaksudkan kesusahan dan penderitaan demi Keradjaan Allah dan hidup abadi.

Dengan "salib" disini dimaksudkan kesusahan dan penderitaan demi Keradjaan Allah dan hidup abadi.

Ende: Luk 9:24 - -- Kalau perlu, hidup djasmani harus dipertaruhkan guna kepentingan-kepentingan hidup abadi.

Kalau perlu, hidup djasmani harus dipertaruhkan guna kepentingan-kepentingan hidup abadi.

Ende: Luk 9:27 - Melihat Keradjaan Allah diberi pernjataan djelas tentangnja.

diberi pernjataan djelas tentangnja.

Ende: Luk 9:51 - Diangkat naik Maksud ungkapan itu agaknja sama dengan "ditinggikan" dalam Yoh 3:14; 8:28; 12:32 dan Yoh 12:34, jaitu mengenai wafat Jesus disalib. "Dimuliakan" dala...

Maksud ungkapan itu agaknja sama dengan "ditinggikan" dalam Yoh 3:14; 8:28; 12:32 dan Yoh 12:34, jaitu mengenai wafat Jesus disalib.

"Dimuliakan" dalam Yoh 7:39; 12:16; 13:31-32 sama maksudnja. Kalau demikian ungkapan "ditinggikan" rupanja meliputi sengsara, wafat, kebangkitan dan kenaikan kesurga.

Ende: Luk 9:53 - -- Orang Samaria dan orang Jahudi saling membentji. Orang Samaria dianggap "murtad" oleh orang Jahudi, sebab mereka tidak menjetudjui bahwa kenisah Jerus...

Orang Samaria dan orang Jahudi saling membentji. Orang Samaria dianggap "murtad" oleh orang Jahudi, sebab mereka tidak menjetudjui bahwa kenisah Jerusalemlah satu-satunja tempat penjembahan jang halal dan resmi. Mereka mempersembahkan kurban-kurbannja diatas gunung Garizim.

Bdl. Yoh 4:9. Kedua murid ini Jakobus dan Joanes menundjukkan dirinja benar-benar "Putera Guntur" disini Bdl. Mar 3:17.

Ende: Luk 9:60 - -- Lihatlah Mat 8:22 dan tjatatan disitu.

Lihatlah Mat 8:22 dan tjatatan disitu.

Ref. Silang FULL: Luk 9:1 - menguasai setan-setan // menyembuhkan penyakit-penyakit · menguasai setan-setan: Mat 10:1; Mat 10:1 · menyembuhkan penyakit-penyakit: Mat 4:23; Mat 4:23; Luk 5:17

· menguasai setan-setan: Mat 10:1; [Lihat FULL. Mat 10:1]

· menyembuhkan penyakit-penyakit: Mat 4:23; [Lihat FULL. Mat 4:23]; Luk 5:17

Ref. Silang FULL: Luk 9:2 - Kerajaan Allah · Kerajaan Allah: Mat 3:2; Mat 3:2

· Kerajaan Allah: Mat 3:2; [Lihat FULL. Mat 3:2]

Ref. Silang FULL: Luk 9:3 - helai baju · helai baju: Luk 10:4; 22:35

· helai baju: Luk 10:4; 22:35

Ref. Silang FULL: Luk 9:5 - terhadap mereka · terhadap mereka: Mat 10:14; Mat 10:14

· terhadap mereka: Mat 10:14; [Lihat FULL. Mat 10:14]

Ref. Silang FULL: Luk 9:7 - Herodes // bahwa Yohanes // orang mati · Herodes: Mat 14:1; Mat 14:1 · bahwa Yohanes: Mat 3:1; Mat 3:1 · orang mati: Luk 9:19

· Herodes: Mat 14:1; [Lihat FULL. Mat 14:1]

· bahwa Yohanes: Mat 3:1; [Lihat FULL. Mat 3:1]

· orang mati: Luk 9:19

Ref. Silang FULL: Luk 9:8 - telah muncul // telah bangkit · telah muncul: Mat 11:14; Mat 11:14 · telah bangkit: Luk 9:19; Yoh 1:21

· telah muncul: Mat 11:14; [Lihat FULL. Mat 11:14]

· telah bangkit: Luk 9:19; Yoh 1:21

Ref. Silang FULL: Luk 9:9 - dengan Yesus · dengan Yesus: Luk 23:8

· dengan Yesus: Luk 23:8

Ref. Silang FULL: Luk 9:10 - rasul-rasul itu // bernama Betsaida · rasul-rasul itu: Mr 6:30; Mr 6:30 · bernama Betsaida: Mat 11:21; Mat 11:21

· rasul-rasul itu: Mr 6:30; [Lihat FULL. Mr 6:30]

· bernama Betsaida: Mat 11:21; [Lihat FULL. Mat 11:21]

Ref. Silang FULL: Luk 9:11 - Kerajaan Allah · Kerajaan Allah: Luk 9:2; Mat 3:2; Mat 3:2

· Kerajaan Allah: Luk 9:2; Mat 3:2; [Lihat FULL. Mat 3:2]

Ref. Silang FULL: Luk 9:16 - lalu memecah-mecahkan · lalu memecah-mecahkan: Mat 14:19; Mat 14:19

· lalu memecah-mecahkan: Mat 14:19; [Lihat FULL. Mat 14:19]

Ref. Silang FULL: Luk 9:18 - Yesus berdoa · Yesus berdoa: Luk 3:21; Luk 3:21

· Yesus berdoa: Luk 3:21; [Lihat FULL. Luk 3:21]

Ref. Silang FULL: Luk 9:19 - Yohanes Pembaptis // telah bangkit · Yohanes Pembaptis: Mat 3:1; Mat 3:1 · telah bangkit: Luk 9:7,8

· Yohanes Pembaptis: Mat 3:1; [Lihat FULL. Mat 3:1]

· telah bangkit: Luk 9:7,8

Ref. Silang FULL: Luk 9:20 - dari Allah · dari Allah: Yoh 1:49; 6:66-69; 11:27

· dari Allah: Yoh 1:49; 6:66-69; 11:27

Ref. Silang FULL: Luk 9:21 - kepada siapapun · kepada siapapun: Mr 8:30; Mr 8:30

· kepada siapapun: Mr 8:30; [Lihat FULL. Mr 8:30]

Ref. Silang FULL: Luk 9:22 - Anak Manusia // banyak penderitaan // ahli-ahli Taurat // lalu dibunuh // dan dibangkitkan // hari ketiga · Anak Manusia: Mat 8:20; Mat 8:20 · banyak penderitaan: Mat 16:21; Mat 16:21 · ahli-ahli Taurat: Mat 27:1,2 · lalu dibunu...

· Anak Manusia: Mat 8:20; [Lihat FULL. Mat 8:20]

· banyak penderitaan: Mat 16:21; [Lihat FULL. Mat 16:21]

· ahli-ahli Taurat: Mat 27:1,2

· lalu dibunuh: Kis 2:23; 3:13

· dan dibangkitkan: Mat 16:21; [Lihat FULL. Mat 16:21]

· hari ketiga: Mat 16:21; [Lihat FULL. Mat 16:21]

Ref. Silang FULL: Luk 9:23 - mengikut Aku · mengikut Aku: Mat 10:38; Luk 14:27

· mengikut Aku: Mat 10:38; Luk 14:27

Ref. Silang FULL: Luk 9:24 - akan menyelamatkannya · akan menyelamatkannya: Yoh 12:25; Yoh 12:25

· akan menyelamatkannya: Yoh 12:25; [Lihat FULL. Yoh 12:25]

Ref. Silang FULL: Luk 9:26 - orang itu // dan malaikat-malaikat · orang itu: Mat 10:33; Luk 12:9; 2Tim 2:12 · dan malaikat-malaikat: Mat 16:27; Mat 16:27

· orang itu: Mat 10:33; Luk 12:9; 2Tim 2:12

· dan malaikat-malaikat: Mat 16:27; [Lihat FULL. Mat 16:27]

Ref. Silang FULL: Luk 9:28 - dan Yakobus // untuk berdoa · dan Yakobus: Mat 4:21; Mat 4:21 · untuk berdoa: Luk 3:21; Luk 3:21

· dan Yakobus: Mat 4:21; [Lihat FULL. Mat 4:21]

· untuk berdoa: Luk 3:21; [Lihat FULL. Luk 3:21]

Ref. Silang FULL: Luk 9:31 - tujuan kepergian-Nya · tujuan kepergian-Nya: 2Pet 1:15

· tujuan kepergian-Nya: 2Pet 1:15

Ref. Silang FULL: Luk 9:32 - telah tertidur · telah tertidur: Mat 26:43

· telah tertidur: Mat 26:43

Ref. Silang FULL: Luk 9:33 - Guru · Guru: Luk 5:5; Luk 5:5

· Guru: Luk 5:5; [Lihat FULL. Luk 5:5]

Ref. Silang FULL: Luk 9:35 - yang Kupilih // dengarkanlah Dia · yang Kupilih: Yes 42:1 · dengarkanlah Dia: Mat 3:17; Mat 3:17

· yang Kupilih: Yes 42:1

· dengarkanlah Dia: Mat 3:17; [Lihat FULL. Mat 3:17]

Ref. Silang FULL: Luk 9:36 - lihat itu · lihat itu: Mat 17:9

· lihat itu: Mat 17:9

Ref. Silang FULL: Luk 9:41 - kamu angkatan · kamu angkatan: Ul 32:5

· kamu angkatan: Ul 32:5

Ref. Silang FULL: Luk 9:44 - tangan manusia · tangan manusia: Luk 9:22; Luk 9:22

· tangan manusia: Luk 9:22; [Lihat FULL. Luk 9:22]

Ref. Silang FULL: Luk 9:45 - dapat memahaminya · dapat memahaminya: Mr 9:32; Mr 9:32

· dapat memahaminya: Mr 9:32; [Lihat FULL. Mr 9:32]

Ref. Silang FULL: Luk 9:46 - yang terbesar · yang terbesar: Luk 22:24

· yang terbesar: Luk 22:24

Ref. Silang FULL: Luk 9:47 - pikiran mereka · pikiran mereka: Mat 9:4; Mat 9:4

· pikiran mereka: Mat 9:4; [Lihat FULL. Mat 9:4]

Ref. Silang FULL: Luk 9:48 - mengutus Aku // yang terbesar · mengutus Aku: Mat 10:40; Mat 10:40 · yang terbesar: Mr 9:35; Mr 9:35

· mengutus Aku: Mat 10:40; [Lihat FULL. Mat 10:40]

· yang terbesar: Mr 9:35; [Lihat FULL. Mr 9:35]

Ref. Silang FULL: Luk 9:49 - Guru · Guru: Luk 5:5; Luk 5:5

· Guru: Luk 5:5; [Lihat FULL. Luk 5:5]

Ref. Silang FULL: Luk 9:50 - pihak kamu · pihak kamu: Mat 12:30; Luk 11:23

· pihak kamu: Mat 12:30; Luk 11:23

Ref. Silang FULL: Luk 9:51 - ke sorga // ke Yerusalem · ke sorga: Mr 16:19; Mr 16:19 · ke Yerusalem: Luk 13:22; 17:11; 18:31; 19:28

· ke sorga: Mr 16:19; [Lihat FULL. Mr 16:19]

· ke Yerusalem: Luk 13:22; 17:11; 18:31; 19:28

Ref. Silang FULL: Luk 9:52 - orang Samaria · orang Samaria: Mat 10:5; Mat 10:5

· orang Samaria: Mat 10:5; [Lihat FULL. Mat 10:5]

Ref. Silang FULL: Luk 9:54 - dan Yohanes // membinasakan mereka · dan Yohanes: Mat 4:21; Mat 4:21 · membinasakan mereka: 2Raj 1:10,12

· dan Yohanes: Mat 4:21; [Lihat FULL. Mat 4:21]

· membinasakan mereka: 2Raj 1:10,12

Ref. Silang FULL: Luk 9:57 - perjalanan mereka · perjalanan mereka: Luk 9:51

· perjalanan mereka: Luk 9:51

Ref. Silang FULL: Luk 9:58 - Anak Manusia · Anak Manusia: Mat 8:20; Mat 8:20

· Anak Manusia: Mat 8:20; [Lihat FULL. Mat 8:20]

Ref. Silang FULL: Luk 9:59 - Ikutlah Aku · Ikutlah Aku: Mat 4:19; Mat 4:19

· Ikutlah Aku: Mat 4:19; [Lihat FULL. Mat 4:19]

Ref. Silang FULL: Luk 9:60 - Kerajaan Allah · Kerajaan Allah: Mat 3:2; Mat 3:2

· Kerajaan Allah: Mat 3:2; [Lihat FULL. Mat 3:2]

Ref. Silang FULL: Luk 9:61 - dengan keluargaku · dengan keluargaku: 1Raj 19:20

· dengan keluargaku: 1Raj 19:20

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Luk 4:16--9:50 - -- IV. Pelayanan Aktif Sang Juruselamat (4:16-9:50) Bagian pertama dari pelayanan Tuhan kita makan waktu sekitar dua setengah tahun. Termasuk di dalamny...

IV. Pelayanan Aktif Sang Juruselamat (4:16-9:50)

Bagian pertama dari pelayanan Tuhan kita makan waktu sekitar dua setengah tahun. Termasuk di dalamnya pemulihan para rasul, sebagian besar pengajaran dan penyembuhan oleh-Nya, dan mencapai puncaknya pada Pemuliaan di gunung. Lukas berusaha menunjukkan kepada Teofilus sifat ilahi Yesus serta sifat misi-Nya yang mengandung nubuat.

Wycliffe: Luk 7:1--9:17 - -- E. Aneka Ragam Pelayanan-Nya (7:1-9:17). Di dalam bagian antara penugasan para murid dan puncak pelayanan Yesus dalam Pemuliaan di gunung, Lukas meny...

E. Aneka Ragam Pelayanan-Nya (7:1-9:17).

Di dalam bagian antara penugasan para murid dan puncak pelayanan Yesus dalam Pemuliaan di gunung, Lukas menyajikan serangkaian tindakan dan ajaran Tuhan kita yang tidak membentuk suatu narasi yang berhubungan, tetapi yang menggambarkan sifat dari pelayanan-Nya. Mukjizat penyembuhan dan perumpamaan yang mengandung suatu kisah tampaknya menarik bagi Lukas secara khusus.

Wycliffe: Luk 9:1 - Tenaga dan kuasa. Tenaga // kuasa 9:1. Tenaga dan kuasa. Tenaga merupakan kemampuan yang melekat atau sudah ada: kuasa ialah hak untuk memakainya.

9:1. Tenaga dan kuasa. Tenaga merupakan kemampuan yang melekat atau sudah ada: kuasa ialah hak untuk memakainya.

Wycliffe: Luk 9:2 - Untuk memberitakan ... dan untuk menyembuhkan 2. Untuk memberitakan ... dan untuk menyembuhkan. Pelayanan mereka adalah perluasan dari pelayanan-Nya.

2. Untuk memberitakan ... dan untuk menyembuhkan. Pelayanan mereka adalah perluasan dari pelayanan-Nya.

Wycliffe: Luk 9:3 - Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan // bekal 3. Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan. Yesus ingin menguji iman mereka dengan tidak memperbolehkan mereka membawa apa-apa di dalam perjalanan. De...

3. Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan. Yesus ingin menguji iman mereka dengan tidak memperbolehkan mereka membawa apa-apa di dalam perjalanan. Deissman berpendapat bahwa bekal (Yunani: pēra) yang dimaksud adalah dompet yang dibawa seorang pengemis (LAE, hlm. 108-110). Yesus melarang murid-murid-Nya mengemis sebagaimana dilakukan penganut agama lainnya.

Wycliffe: Luk 9:4 - Tinggallah di situ 4. Tinggallah di situ. Mereka tidak boleh pergi dari rumah ke rumah untuk mencari tempat tinggal yang nyaman, tetapi diharuskan menerima yang ditawark...

4. Tinggallah di situ. Mereka tidak boleh pergi dari rumah ke rumah untuk mencari tempat tinggal yang nyaman, tetapi diharuskan menerima yang ditawarkan.

Wycliffe: Luk 9:5 - Kebaskanlah debunya dari kakimu 5. Kebaskanlah debunya dari kakimu. Apabila amanat mereka ditolak, mereka harus menunjukkan penolakan mereka terhadap kota tersebut dengan tindakan te...

5. Kebaskanlah debunya dari kakimu. Apabila amanat mereka ditolak, mereka harus menunjukkan penolakan mereka terhadap kota tersebut dengan tindakan tegas ini.

Wycliffe: Luk 9:6 - Di segala tempat 6. Di segala tempat. Galilea dijelajahi secara menyeluruh.

6. Di segala tempat. Galilea dijelajahi secara menyeluruh.

Wycliffe: Luk 9:7 - Herodes, raja wilayah 7. Herodes, raja wilayah merupakan penguasa Galilea yang telah memenjarakan dan menghukum mati Yohanes Pembaptis. Dia takut terhadap pengaruh Yohanes,...

7. Herodes, raja wilayah merupakan penguasa Galilea yang telah memenjarakan dan menghukum mati Yohanes Pembaptis. Dia takut terhadap pengaruh Yohanes, dan berpikir bahwa Yesus mungkin adalah pengganti Yohanes.

Wycliffe: Luk 9:8 - Elia 8. Elia. Elia, nabi Ibrani yang paling hebat, telah naik ke surga dalam keadaan hidup; dan Nabi Maleakhi (4:5) menubuatkan bahwa Elia akan kembali unt...

8. Elia. Elia, nabi Ibrani yang paling hebat, telah naik ke surga dalam keadaan hidup; dan Nabi Maleakhi (4:5) menubuatkan bahwa Elia akan kembali untuk mempersiapkan jalan bagi Mesias.

Wycliffe: Luk 9:9 - Herodes ... berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus 9. Herodes ... berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus. Nurani dan keingintahuan Herodes membuatnya ingin bertemu Yesus, mungkin dengan tujuan jaha...

9. Herodes ... berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus. Nurani dan keingintahuan Herodes membuatnya ingin bertemu Yesus, mungkin dengan tujuan jahat (bdg. 13:32).

Wycliffe: Luk 9:10 - Menyingkir ke sebuah kota bernama Betsaida // Betsaida 10. Menyingkir ke sebuah kota bernama Betsaida. Sebenarnya wilayah tak berpenghuni yang masih termasuk kawasan Betsaida. Betsaida. Sebuah kota kecil d...

10. Menyingkir ke sebuah kota bernama Betsaida. Sebenarnya wilayah tak berpenghuni yang masih termasuk kawasan Betsaida. Betsaida. Sebuah kota kecil di pantai utara Danau Galilea, sebelah timur sebuah teluk kecil Sungai Yordan, pada jarak sedang dari kota-kota yang lebih besar di pantai barat danau itu.

Wycliffe: Luk 9:12 - Pada waktu hari mulai malam 12. Pada waktu hari mulai malam. Para murid sadar bahwa orang-orang itu mulai kelaparan, dan harus diberi makan sebelum ada yang pingsan.

12. Pada waktu hari mulai malam. Para murid sadar bahwa orang-orang itu mulai kelaparan, dan harus diberi makan sebelum ada yang pingsan.

Wycliffe: Luk 9:13 - Kamu harus memberi mereka makan // Lima roti dan dua ikan. Roti // ikan 13. Kamu harus memberi mereka makan. Yesus memerintahkan para murid untuk menghitung persediaan mereka dan mempergunakan apa yang ada pada mereka. Lim...

13. Kamu harus memberi mereka makan. Yesus memerintahkan para murid untuk menghitung persediaan mereka dan mempergunakan apa yang ada pada mereka. Lima roti dan dua ikan. Roti yang dimaksudkan adalah kue yang bundar seperti biskuit: ikan di sini adalah ikan kecil yang dikeringkan. digunakan sebagai makanan penyedap.

Wycliffe: Luk 9:14 - Lima ribu orang laki-laki // Suruhlah mereka duduk berkelompok 14. Lima ribu orang laki-laki. Apabila ada wanita dan anak-anak sebagaimana disebutkan Matius (Mat. 14:21), semua orang itu bila berjumlah sepuluh rib...

14. Lima ribu orang laki-laki. Apabila ada wanita dan anak-anak sebagaimana disebutkan Matius (Mat. 14:21), semua orang itu bila berjumlah sepuluh ribu orang. Suruhlah mereka duduk berkelompok. Yesus tahu cara mengatur orang banyak. Mendudukkan mereka secara berkelompok akan mencegah terjadinya kekacauan. dan membuat pembagian makanan lebih mudah.

Wycliffe: Luk 9:16 - Ia mengambil ... mengucap berkat ... memecah-mecahkan ... dan memberikannya 16. Ia mengambil ... mengucap berkat ... memecah-mecahkan ... dan memberikannya. Pada saat Yesus memecah-mecahkan roti dan ikan. Dia memperbanyak maka...

16. Ia mengambil ... mengucap berkat ... memecah-mecahkan ... dan memberikannya. Pada saat Yesus memecah-mecahkan roti dan ikan. Dia memperbanyak makanan tersebut sehingga Dia bisa terus memberikan makanan kepada para murid-Nya untuk dibagikan.

Wycliffe: Luk 9:17 - Dua belas bakul // Bakul 17. Dua belas bakul merupakan bagian yang cukup besar bagi setiap murid. Bakul (Yunani: kophinos) adalah sebuah wadah besar, kurang lebih sebesar gant...

17. Dua belas bakul merupakan bagian yang cukup besar bagi setiap murid. Bakul (Yunani: kophinos) adalah sebuah wadah besar, kurang lebih sebesar gantang.

Wycliffe: Luk 9:18-50 - -- F. Puncak Pelayanan-Nya (9:18-50) Dengan bagian ini, Lukas membawa pelayanan Juruselamat mencapai titik balik. Di dalam pelayanan di Galilea, yang di...

F. Puncak Pelayanan-Nya (9:18-50)

Dengan bagian ini, Lukas membawa pelayanan Juruselamat mencapai titik balik. Di dalam pelayanan di Galilea, yang diakhiri dengan pembagian makan kepada lima ribu orang, Yesus mencapai puncak popularitas. dan bersama dengan penolakan-Nya untuk dijadikan Raja (Yoh. 6:15). Dia mulai kehilangan dukungan umum. Pengakuan Petrus dan penyataan dalam peristiwa Pemuliaan di gunung kepada kalangan dalam yakni para murid. mengawali perjalanan menuju ke salib, yang mendominasi bagian terakhir dari Injil ini.

Wycliffe: Luk 9:18 - Yesus berdoa seorang diri // Kata orang banyak, siapakah Aku ini? 18. Yesus berdoa seorang diri. Lukas mencatat bahwa Yesus berdoa setiap menghadapi krisis besar di dalam hidup-Nya (3:21; 5:16; 6:12; 11:1; 22:44). Ka...

18. Yesus berdoa seorang diri. Lukas mencatat bahwa Yesus berdoa setiap menghadapi krisis besar di dalam hidup-Nya (3:21; 5:16; 6:12; 11:1; 22:44). Kata orang banyak, siapakah Aku ini? Tuhan mengubah fokus perhatian para murid dari tindakan dan ajaran-Nya kepada diri-Nya sendiri.

Wycliffe: Luk 9:20 - Menurut kamu, siapakah Aku ini? // Jawab Petrus, Mesias dari Allah 20. Menurut kamu, siapakah Aku ini? Setelah membina iman mereka dan setelah memberikan mereka kesempatan yang cukup banyak untuk mengamati diri-Nya, Y...

20. Menurut kamu, siapakah Aku ini? Setelah membina iman mereka dan setelah memberikan mereka kesempatan yang cukup banyak untuk mengamati diri-Nya, Yesus menginginkan pengakuan pribadi para murid itu dan bukan pendapat acak. Jawab Petrus, Mesias dari Allah. Penegasan Petrus tentang kepercayaannya kepada Yesus sebagai Mesias yang dijanjikan di dalam Perjanjian Lama tidak dilandaskan pada harapan-harapan politis sang Guru, juga tidak pada klaim yang berlebihan. Kuasa dan otoritas Kristus sudah terbukti dengan sendirinya.

Wycliffe: Luk 9:21 - Lalu Yesus melarang mereka 21. Lalu Yesus melarang mereka. Tuhan tidak bersedia diperkenalkan sebagai pemimpin gerakan revolusioner. Karya, salib harus mendahului setiap pembeba...

21. Lalu Yesus melarang mereka. Tuhan tidak bersedia diperkenalkan sebagai pemimpin gerakan revolusioner. Karya, salib harus mendahului setiap pembebasan bangsa itu dari penjajahan politik.

Wycliffe: Luk 9:22 - Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan ... dan dibangkitkan pada hari ketiga 22. Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan ... dan dibangkitkan pada hari ketiga. Harus (Yunani: dei) berarti diperlukan berdasarkan logika....

22. Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan ... dan dibangkitkan pada hari ketiga. Harus (Yunani: dei) berarti diperlukan berdasarkan logika. Kristus berkewajiban untuk memenuhi maksud Allah sebagaimana terungkap di dalam Alkitab. Konsep ini muncul di dalam pemberitaan gereja mula-mula (Kis. 2:23, 24; 13:17-34; 17:3; 26:22, 23). Kematian Yesus merupakan suatu tragedi, tetapi bukan suatu kebetulan; sebab Dia sedang menggenapi rencana penebusan Allah.

Wycliffe: Luk 9:23 - Setiap orang yang mau mengikut Aku // Menyangkal // Mengikut 23. Setiap orang yang mau mengikut Aku. Para murid mengikuti sang Guru ketika Dia memanggil mereka (5:11), tetapi pada waktu itu mereka tidak mengetah...

23. Setiap orang yang mau mengikut Aku. Para murid mengikuti sang Guru ketika Dia memanggil mereka (5:11), tetapi pada waktu itu mereka tidak mengetahui bahwa karier-Nya akan berakhir di salib. Mereka masih berpikir tentang penaklukan dan kuasa (22:24). Pernyataan ini merupakan peringatan penting bagi para murid untuk mengevaluasi ulang harga untuk menjadi murid-Nya. Menyangkal artinya persis apa yang dilakukan oleh Petrus pada saat Yesus diadili: dia menolak untuk mengakui bahwa dia mengenal Yesus. Memikul salibnya setiap hari. Secara sukarela menerima segala tanggung jawab dan penderitaan yang ada kaitannya dengan menjadi murid Kristus. Mengikut. (Yunani: akoloutheite). Suatu perintah yang memerlukan tindakan tak putus-putus, "Hendaklah dia terus mengikut Aku."

Wycliffe: Luk 9:24 - Barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya. Nyawa // Karena Aku 24. Barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya. Nyawa (Yunani: psychēn) adalah jiwa atau kepribadian. Yesus menuntut penyerahan keseluruhan diri bagi...

24. Barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya. Nyawa (Yunani: psychēn) adalah jiwa atau kepribadian. Yesus menuntut penyerahan keseluruhan diri bagi maksud-Nya. Karena Aku. Dia mengklaim diri-Nya sebagai kriteria akhir bagi semua nilai manusia.

Wycliffe: Luk 9:26 - Apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan-Nya 26. Apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan-Nya. Di dalam khotbah yang sama, Yesus menubuatkan tentang salib dan pendirian Kerajaan Allah yang penuh k...

26. Apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan-Nya. Di dalam khotbah yang sama, Yesus menubuatkan tentang salib dan pendirian Kerajaan Allah yang penuh kemenangan pada waktu kedatangan-Nya yang kedua.

Wycliffe: Luk 9:27 - Di antara orang yang hadir di sini 27. Di antara orang yang hadir di sini. Kata-kata ini tampaknya menghendaki bahwa Kristus datang kembali ketika para rasul masih hidup, tetapi nyatany...

27. Di antara orang yang hadir di sini. Kata-kata ini tampaknya menghendaki bahwa Kristus datang kembali ketika para rasul masih hidup, tetapi nyatanya Dia tidak datang. Penjelasan yang paling masuk akal ialah bahwa Yesus sebenarnya berbicara tentang peristiwa Pemuliaan sebagai contoh dari kedatangan Kerajaan Allah yang diberikan kepada sebagian di antara para murid sebagai janji akan masa depan (bdg. II Ptr. 1:11, 16-19).

Wycliffe: Luk 9:29 - Rupa wajah-Nya berubah 29. Rupa wajah-Nya berubah. Untuk sesaat Yesus memakai kemuliaan yang ditinggalkan-Nya ketika datang ke bumi. Tubuh dan pakaian-Nya bersinar-sinar den...

29. Rupa wajah-Nya berubah. Untuk sesaat Yesus memakai kemuliaan yang ditinggalkan-Nya ketika datang ke bumi. Tubuh dan pakaian-Nya bersinar-sinar dengan pancaran kemuliaan ilahi.

Wycliffe: Luk 9:30 - Tampaklah dua orang berbicara dengan Dia, yaitu Musa dan Elia 30. Tampaklah dua orang berbicara dengan Dia, yaitu Musa dan Elia. Kedua tokoh ini meninggalkan dunia dengan Cara yang tidak biasa: Musa telah dikubur...

30. Tampaklah dua orang berbicara dengan Dia, yaitu Musa dan Elia. Kedua tokoh ini meninggalkan dunia dengan Cara yang tidak biasa: Musa telah dikuburkan oleh tangan Allah sendiri (Ul. 34:5, 6), dan Elia diangkat dalam angin badai (II Raj. 2:11). Mereka, mewakili Hukum Taurat dan para nabi, yang berkedudukan lebih rendah daripada Yesus, tetapi merupakan saksi-saksi yang penting mengenai karya-Nya.

Wycliffe: Luk 9:31 - Berbicara tentang tujuan kepergian-Nya // Kepergian 31. Berbicara tentang tujuan kepergian-Nya. Karya salib sangat penting di dalam rencana surgawi. Kepergian secara harfiah adalah exodus. Kematian Yesu...

31. Berbicara tentang tujuan kepergian-Nya. Karya salib sangat penting di dalam rencana surgawi. Kepergian secara harfiah adalah exodus. Kematian Yesus merupakan pengunduran diri dari dunia yang satu dan awal hidup baru di dunia yang lain.

Wycliffe: Luk 9:32 - Telah tertidur // Melihat Yesus dalam kemuliaan-Nya 32. Telah tertidur. Peristiwa ini terjadi pada malam hari. Melihat Yesus dalam kemuliaan-Nya. Bandingkan dengan kesaksian Yohanes (Yoh. 1:14).

32. Telah tertidur. Peristiwa ini terjadi pada malam hari. Melihat Yesus dalam kemuliaan-Nya. Bandingkan dengan kesaksian Yohanes (Yoh. 1:14).

Wycliffe: Luk 9:33 - Dirikan ... tiga kemah 33. Dirikan ... tiga kemah. Secara harfiah, gubuk. Petrus sedang berpikir tentang tempat berteduh sementara, sebab dia ingin menikmati kunjungan para ...

33. Dirikan ... tiga kemah. Secara harfiah, gubuk. Petrus sedang berpikir tentang tempat berteduh sementara, sebab dia ingin menikmati kunjungan para tamu surgawi tersebut untuk sesaat.

Wycliffe: Luk 9:34 - Awan 34. Awan. Bukan awan yang mengandung air hujan, tetapi Syekina yang menandakan kehadiran Allah (Kel. 13:21, 22; 40:38; Bil. 9:15; Mzm. 99:7; Yes. 4:5;...

34. Awan. Bukan awan yang mengandung air hujan, tetapi Syekina yang menandakan kehadiran Allah (Kel. 13:21, 22; 40:38; Bil. 9:15; Mzm. 99:7; Yes. 4:5; II Taw. 7:1).

Wycliffe: Luk 9:35 - Suara 35. Suara. Bapa mengulangi perkenaan-Nya terhadap Yesus pada akhir pelayanan umum Putra-Nya itu (lih. 3:22).

35. Suara. Bapa mengulangi perkenaan-Nya terhadap Yesus pada akhir pelayanan umum Putra-Nya itu (lih. 3:22).

Wycliffe: Luk 9:37 - Pada keesokan harinya 37. Pada keesokan harinya. Kristus kembali dari Pemuliaan untuk melanjutkan pelayanan-Nya dan untuk mati. Langkah pertama dalam mengalami kehinaan itu...

37. Pada keesokan harinya. Kristus kembali dari Pemuliaan untuk melanjutkan pelayanan-Nya dan untuk mati. Langkah pertama dalam mengalami kehinaan itu ialah kekecewaan terhadap ketidakmampuan para murid-Nya.

Wycliffe: Luk 9:41 - Angkatan yang tidak percaya dan yang sesat 41. Angkatan yang tidak percaya dan yang sesat. Tuhan sedang berbicara kepada para murid, bukan kepada Bapa. Sekalipun mereka memiliki hak istimewa da...

41. Angkatan yang tidak percaya dan yang sesat. Tuhan sedang berbicara kepada para murid, bukan kepada Bapa. Sekalipun mereka memiliki hak istimewa dan pengalaman sebelumnya dalam melayani Dia, mereka masih tanpa kuasa.

Wycliffe: Luk 9:44 - Dengarlah dan camkanlah 44. Dengarlah dan camkanlah. Yesus sedang berusaha keras untuk menjadikan para murid-Nya terbiasa dengan perubahan pandangan yang ada.

44. Dengarlah dan camkanlah. Yesus sedang berusaha keras untuk menjadikan para murid-Nya terbiasa dengan perubahan pandangan yang ada.

Wycliffe: Luk 9:46 - Siapakah yang terbesar di antara mereka 46. Siapakah yang terbesar di antara mereka. Ini merupakan pelengkap ayat 45. Mereka belum belajar untuk mengevaluasi hidup dari sudut salih (9:23-26)...

46. Siapakah yang terbesar di antara mereka. Ini merupakan pelengkap ayat 45. Mereka belum belajar untuk mengevaluasi hidup dari sudut salih (9:23-26).

Wycliffe: Luk 9:47 - Yesus ... mengambil seorang anak kecil // terkecil 47. Yesus ... mengambil seorang anak kecil. Dia mempergunakan seorang anak kecil sebagai ilustrasi kerendahan hati yang tidak berpura-pura. Anak kecil...

47. Yesus ... mengambil seorang anak kecil. Dia mempergunakan seorang anak kecil sebagai ilustrasi kerendahan hati yang tidak berpura-pura. Anak kecil itu tidak memiliki kedudukan penting di dalam masyarakat, sehingga melambangkan yang terkecil (ay. 48).

Wycliffe: Luk 9:49 - Ia bukan pengikut kita 49. Ia bukan pengikut kita. Para murid berpendirian keras. Sebab orang ini tidak termasuk golongan mereka, mereka siap untuk tidak menggubris sama sek...

49. Ia bukan pengikut kita. Para murid berpendirian keras. Sebab orang ini tidak termasuk golongan mereka, mereka siap untuk tidak menggubris sama sekali karya orang itu.

Wycliffe: Luk 9:51--18:30 - -- V. Jalan Menuju Salib (9:51-18:30) Bagian dari Injil Lukas, yang sebagian besar memang khas Lukas. mengandung banyak episode dan perumpamaan yang tid...

V. Jalan Menuju Salib (9:51-18:30)

Bagian dari Injil Lukas, yang sebagian besar memang khas Lukas. mengandung banyak episode dan perumpamaan yang tidak dijumpai dalam Injil lainnya, dan mungkin merupakan hasil riset pribadinya. Kronologinya sulit dilacak; bagian ini tampaknya merupakan kumpulan cerita dan bukan suatu narasi yang lengkap. Sekalipun demikian, bagian ini menyajikan ajaran Yesus pada tahun terakhir pelayanan-Nya, dan menggambarkan periode yang penuh penolakan dan ketegangan.

Wycliffe: Luk 9:51 - Ketika hampir genap waktunya Yesus diangkat ke surga // diangkat 51. Ketika hampir genap waktunya Yesus diangkat ke surga. Bisa ada dua penafsiran: Lukas mempergunakan istilah diangkat (bdg. Kis. 1:2) dalam arti lua...

51. Ketika hampir genap waktunya Yesus diangkat ke surga. Bisa ada dua penafsiran: Lukas mempergunakan istilah diangkat (bdg. Kis. 1:2) dalam arti luas yaitu dari seluruh pelayanan Kesengsaraan (termasuk Kenaikan) Yesus, atau, Lukas secara tidak langsung mengatakan bahwa Yesus, bukannya langsung kembali kepada Bapa pada puncak karier-Nya, malah secara sengaja memilih jalan yang menuju ke salib. Pandangan kedua memperoleh sedikit dukungan dalam Ibrani 12:2 yang mengatakan bahwa "dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti kemuliaan yang disediakan bagi Dia."

Wycliffe: Luk 9:52 - Suatu desa orang Samaria 52. Suatu desa orang Samaria. Orang Samaria merupakan keturunan penduduk pendatang yang telah ditempatkan di Palestina oleh para raja Asyur setelah ja...

52. Suatu desa orang Samaria. Orang Samaria merupakan keturunan penduduk pendatang yang telah ditempatkan di Palestina oleh para raja Asyur setelah jatuhnya Kerajaan Utara pada tahun 721 sM. Karena darah campuran mereka dam kebiasaan agama yang berbeda, orang Yahudi membenci mereka. Para peziarah ke Yerusalem pada umumnya tidak akan melewati Samaria.

Wycliffe: Luk 9:54 - Tuhan, apakah Engkau mau, supaya kami menyuruh api turun 54. Tuhan, apakah Engkau mau, supaya kami menyuruh api turun. Yakobus dan Yohanes membenci sikap melecehkan Yesus dan ingin membalas.

54. Tuhan, apakah Engkau mau, supaya kami menyuruh api turun. Yakobus dan Yohanes membenci sikap melecehkan Yesus dan ingin membalas.

Wycliffe: Luk 9:58 - Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya 58. Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya. Penolakan di Samaria memperkuat pernyataan ini. Tuhan segenap bumi memiliki lebih...

58. Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya. Penolakan di Samaria memperkuat pernyataan ini. Tuhan segenap bumi memiliki lebih sedikit dibandingkan dengan hewan dan burung.

Wycliffe: Luk 9:59 - Izinkanlah aku pergi dahulu menguburkan bapaku 59. Izinkanlah aku pergi dahulu menguburkan bapaku. Pembicara itu tidak bermaksud mengatakan bahwa ayahnya meninggal pada hari tersebut, tetapi bahwa ...

59. Izinkanlah aku pergi dahulu menguburkan bapaku. Pembicara itu tidak bermaksud mengatakan bahwa ayahnya meninggal pada hari tersebut, tetapi bahwa dia berkewajiban untuk merawat ayahnya hingga meninggal.

Wycliffe: Luk 9:60 - Biarlah orang mati menguburkan orang mati 60. Biarlah orang mati menguburkan orang mati. Orang yang rohaninya lumpuh bisa menunggu kematian; Yesus memanggil orang yang hidup secara rohani untu...

60. Biarlah orang mati menguburkan orang mati. Orang yang rohaninya lumpuh bisa menunggu kematian; Yesus memanggil orang yang hidup secara rohani untuk mengikut diri-Nya.

Wycliffe: Luk 9:62 - Setiap orang yang siap ... untuk membajak, tetapi menoleh ke belakang tidak layak untuk Kerajaan Allah. Menoleh ke belakang 62. Setiap orang yang siap ... untuk membajak, tetapi menoleh ke belakang tidak layak untuk Kerajaan Allah. Menoleh ke belakang adalah suatu tindakan ...

62. Setiap orang yang siap ... untuk membajak, tetapi menoleh ke belakang tidak layak untuk Kerajaan Allah. Menoleh ke belakang adalah suatu tindakan yang berkesinambungan. Seorang petani yang membajak harus senantiasa melihat ke depan kalau ia ingin membajak mengikuti alur yang lurus.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Luk 9:1-9 - Pengutusan Kedua Belas Murid Dalam pasal ini kita mendapati: I. Penugasan yang diberikan Kristus kepada kedua belas rasul-Nya untuk pergi beberapa waktu guna memberitakan ...

Matthew Henry: Luk 9:10-17 - Orang Banyak Diberi Makan secara Ajaib Orang Banyak Diberi Makan secara Ajaib (9:10-17) Di sini diceritakan tentang: I. Laporan yang disampaikan kedua belas murid kepada Guru mereka ...

Matthew Henry: Luk 9:18-27 - Pengakuan Petrus; Penyangkalan Diri Diperintahkan Pengakuan Petrus; Penyangkalan Diri Diperintahkan (9:18-27) Di dalam ayat-ayat ini diceritakan tentang Kristus yang bercakap-cakap dengan murid-mur...

Matthew Henry: Luk 9:28-36 - Yesus Dimuliakan Yesus Dimuliakan (9:28-36) Di sini diceritakan tentang pemuliaan (transfigurasi, "perubahan rupa") Kristus, yang dirancang untuk memperlihatkan sek...

Matthew Henry: Luk 9:37-42 - Roh Jahat Diusir Roh Jahat Diusir (9:37-42) Dalam Injil Matius dan Markus, kisah ini diceritakan langsung sesudah peristiwa pemuliaan Kristus dan percakapan-Nya den...

Matthew Henry: Luk 9:43-50 - Keinginan Berlebihan Murid-murid Mendapat Teguran Keinginan Berlebihan Murid-murid Mendapat Teguran (9:43-50) Di sini kita bisa melihat: I. Kesan yang ditimbulkan mujizat-mujizat Kristus pada s...

Matthew Henry: Luk 9:51-56 - Orang Samaria Menolak Kristus; Semangat Yakobus dan Yohanes yang Salah Orang Samaria Menolak Kristus; Semangat Yakobus dan Yohanes yang Salah (9:51-56) Kisah ini tidak kita dapati dalam ketiga Injil yang lain, dan sepe...

Matthew Henry: Luk 9:57-62 - Meninggalkan Semua demi Kristus Meninggalkan Semua demi Kristus (9:57-62) Di sini diceritakan kepada kita tentang tiga orang berbeda yang menawarkan diri untuk mengikut Kristus, s...

SH: Luk 9:1-9 - Siapa yang sungguh berkuasa? (Selasa, 23 Januari 2007) Siapa yang sungguh berkuasa? Sangkaan pribadi tidak selalu sinambung dengan realitas. Ketika kita menyangka diri kuat dan orang lain lemah, tidak...

SH: Luk 9:1-9 - Siap melayani. (Jumat, 30 Januari 2004) Siap melayani. Laksana seorang prajurit yang masuk ke medan perang, seorang pelayan Injil Kerajaan Allah memerlukan persiapan bukan hanya ...

SH: Luk 9:1-21 - KOSONG (Sabtu, 4 Maret 2000) KOSONG

SH: Luk 9:1-9 - Pelayanan dan harga yang harus dibayar. (Jumat, 21 Januari 2000) Pelayanan dan harga yang harus dibayar. Melayani memiliki risiko. Risiko menghadapi orang banyak dengan berbagai latar belakang, tantangan, at...

SH: Luk 9:8-36 - Awas! 'Egois Rohani'. Sifat egois nampaknya sulit dipisahkan (Senin, 6 Maret 2000) Awas! 'Egois Rohani'. Sifat egois nampaknya sulit dipisahkan dari kehidupan manusia. Yang lebih menyedihkan, sifat ini ternyata juga dapat mel...

SH: Luk 9:10-17 - Kerajaan Allah dan Lapar (Rabu, 24 Januari 2007) Kerajaan Allah dan Lapar Bukan cuma Herodes yang mencari Yesus. Orang banyak pun mencari Dia. Inilah respons mereka terhadap pemberitaan Kerajaan...

SH: Luk 9:10-17 - Memberi perhatian. (Sabtu, 31 Januari 2004) Memberi perhatian. Kita perlu memberi perhatian kepada orang-orang yang kita layani. Bentuk perhatian itu beragam. Bisa berupa kesediaan ...

SH: Luk 9:10-17 - Memberi bukan karena memiliki. (Sabtu, 22 Januari 2000) Memberi bukan karena memiliki. Minta diperhatikan seringkali menjadi tuntutan kita daripada memberi perhatian kepada sesama. Ada banyak faktor...

SH: Luk 9:18-27 - Mengecap maut (Kamis, 25 Januari 2007) Mengecap maut "Mengecap maut" adalah terjemahan harfiah dari frasa di ay. 27 yang oleh LAI diterjemahkan dengan satu kata, "mati". Frasa tersebut...

SH: Luk 9:18-27 - Bukan apa kata orang. (Minggu, 1 Februari 2004) Bukan apa kata orang. ”Tetapi kamu, apa katamu, siapakah Aku ini?” Dengan pertanyaan ini Yesus mendesak para murid untuk memberikan jawab...

SH: Luk 9:18-21 - Pengakuan dari pengenalan yang benar. (Minggu, 23 Januari 2000) Pengakuan dari pengenalan yang benar. Pertanyaan: "Siapakah Yesus?" tak pernah pupus di sepanjang sejarah era-mesianik. Berbagai asumsi orang ...

SH: Luk 9:22-27 - Pengakuan iman dan identitas diri. Setiap hari Minggu, (Minggu, 5 Maret 2000) Pengakuan iman dan identitas diri. Setiap hari Minggu, Kristen di seluruh dunia mengikrarkan Pengakuan Iman Rasuli. Namun berapa banyakkah ya...

SH: Luk 9:28-36 - Tatap dan dengar Dia! (Jumat, 26 Januari 2007) Tatap dan dengar Dia! Setiap kali kita membaca dan merenungkan nas ini, biasanya imajinasi kita segera melayang ke peristiwa kebangkitan dan kena...

SH: Luk 9:28-36 - Jangan menunggu logika dipuaskan baru percaya! (Senin, 2 Februari 2004) Jangan menunggu logika dipuaskan baru percaya! Sulit menerima kenyataan bahwa orang yang kita harapkan dapat menjadi tumpuan kehidupan masa d...

SH: Luk 9:37-43 - Para murid manusia biasa (Sabtu, 27 Januari 2007) Para murid manusia biasa Kelompok Dua Belas Murid Yesus sebenarnya sudah pernah diutus untuk menyembuhkan orang sakit (9:6). Akan tetapi, kali in...

SH: Luk 9:37-43 - Yesus turun tangan. (Selasa, 3 Februari 2004) Yesus turun tangan. Seorang pelukis berkebangsaan Italia pernah menghasilkan suatu karya seni yang luar biasa indah. Rafael, nama pelukis itu...

SH: Luk 9:37-43 - Penyataan kemuliaan Allah dibutuhkan bangsa ini. Peristiwa (Selasa, 7 Maret 2000) Penyataan kemuliaan Allah dibutuhkan bangsa ini. Peristiwa pengusiran roh jahat ini bukan sekadar peristiwa penyembuhan biasa. Karena peristiw...

SH: Luk 9:43-50 - Siapakah aku? (Minggu, 28 Januari 2007) Siapakah aku? Serangkaian peristiwa seputar diri Yesus makin menegaskan bahwa Ia adalah "Mesias dari Allah" (9:20). Peristiwa-peristiwa seperti ...

SH: Luk 9:43-50 - Ambisi untuk menjadi yang ter .... (Rabu, 4 Februari 2004) Ambisi untuk menjadi yang ter .... Bagi sementara orang keinginan untuk maju, untuk terkenal, untuk berkuasa dan memiliki kredibilitas terpe...

SH: Luk 9:43-62 - Murid Kristus bukanlah murid gampangan. Dunia pendidikan (Minggu, 19 Maret 2000) Murid Kristus bukanlah murid gampangan. Dunia pendidikan masa kini menuntut orang-tua mempersiapkan anak-anak agar berhasil masuk di sekolah l...

SH: Luk 9:51-62 - Masih mau ikut Yesus? (Senin, 29 Januari 2007) Masih mau ikut Yesus? Kembali kita bertemu dengan pembentukan Tuhan bagi para pengikut-Nya. Misalnya, dalam pasal 9 ada suatu hal yang mengejutka...

SH: Luk 9:51-62 - Fokus pada tujuan. (Kamis, 5 Februari 2004) Fokus pada tujuan. Ayat 51 dengan jelas menekankan bahwa Tuhan Yesus kini melangkah menuju kegenapan seperti yang telah diajarkan-Nya kepada ...

Topik Teologia: Luk 9:1 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di Dalam Perjanjia...

Topik Teologia: Luk 9:2 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di Dalam Perjanjia...

Topik Teologia: Luk 9:18 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Tubuh Manusia Yesus Memiliki Nama Manusia Mesias Luk 9...

Topik Teologia: Luk 9:19 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Tubuh Manusia Yesus Memiliki Nama Manusia Mesias Luk 9:18-21 Yoh 1:40...

Topik Teologia: Luk 9:25 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia sebagai Suatu Kesatuan Hidup Keutuhan Manusia Direpresentasikan oleh Jiwa Kej 2:7 Kej 12:5 Ke...

Topik Teologia: Luk 9:30 - -- Keselamatan Kebangkitan Kristus sebagai Peristiwa Keselamatan Fakta Kebangkitan Kristus Yesus Memberitahukan Sebelumnya tentang Ke...

Topik Teologia: Luk 9:35 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan Mesias Yes 42:1 Luk 9:35 Luk 23:35 1Pe 1:...

Topik Teologia: Luk 9:47 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Intelektual Manusia Yesus Sangat Tanggap Dia Memahami Pikiran O...

Topik Teologia: Luk 9:49 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Tubuh Manusia Yesus Memiliki Nama Manusia Tuan Luk 5:5 Luk 9:49-50 Lu...

Topik Teologia: Luk 9:57 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di Dalam Perjanjia...

Topik Teologia: Luk 9:58 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Tubuh Manusia Yesus Memiliki Keterbatasan Jasmaniah Dia Membutuhkan I...

Topik Teologia: Luk 9:60 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di Dalam Perjanjia...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Lukas (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Yesus, Juruselamat yang Ilahi dan Manusiawi Tanggal Penulisan: Tahun 60-63 M Latar Belakang Injil Lukas...

Full Life: Lukas (Garis Besar) Garis Besar I. Pendahuluan Injil Lukas (Luk 1:1-4) II. Kedatangan Juruselamat (Luk 1:5-2:52) A. Pem...

Matthew Henry: Lukas (Pendahuluan Kitab) Kita sekarang sedang memasuki karya seorang pemberita Injil lain bernama Lukas, yang menurut beberapa orang merupakan singkatan nama Lucilius. Menurut...

Jerusalem: Lukas (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Jerusalem: Lukas (Pendahuluan Kitab) Injil karangan Lukas Ciri khas yang ada pada injil ketiga berasal dari kepribadian pengarangnya yang sangat menarik. Kepribadian Lukas itu di mana-man...

Ende: Lukas (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN LUKAS KATA PENGANTAR Tentang pribadi pengarang Lukas dari semula terkenal sebagai pengarang Indjil ketiga dan Kisah Rasu...

Wycliffe: Lukas (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN LUKAS Injil menurut Lukas merupakan kisah paling lengkap tentang kehidupan Yesus yang masih bertahan sejak zaman rasuli. Injil ini dimaks...

Wycliffe: Lukas (Garis Besar) GARIS BESAR LUKAS I. Pendahuluan 1:1-4 II. Pemberitaan Tentang Juruselamat 1:5-2:52 A. Pemberitaan kepada Zakharia 1:5-25 ...

BIS: Lukas (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH LUKAS PENGANTAR Buku Kabar Baik oleh Lukas mengemukakan Yesus sebagai Raja Penyelamat yang dijanjikan Allah untuk I

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH LUKAS

PENGANTAR

Buku Kabar Baik oleh Lukas mengemukakan Yesus sebagai Raja Penyelamat yang dijanjikan Allah untuk Israel dan untuk seluruh umat manusia. Dalam bukunya ini Lukas menulis bahwa Yesus telah diberi tugas oleh Roh Tuhan untuk menyiarkan Kabar Baik dari Allah kepada orang miskin. Kabar Baik ini penuh dengan perhatian terhadap orang-orang dengan berbagai-bagai kebutuhan. Nampak pula suatu nada sukacita dalam buku Lukas ini, terutama pada pasal-pasal pertama mengenai kedatangan Yesus, kemudian pada bagian penutupnya juga mengenai terangkatnya Yesus naik ke surga. Kisah tentang tumbuhnya dan tersebarnya agama Kristen setelah Yesus naik ke surga diceritakan juga oleh penulis buku ini di dalam buku Kisah Rasul-rasul.

Bagian 2 dan 6 (lihat Isi buku di bawah ini) berisi banyak unsur cerita yang hanya terdapat dalam buku Kabar Baik ini. Misalnya, cerita tentang nyanyian para malaikat serta kunjungan para gembala pada saat kelahiran Yesus, Yesus di Rumah Tuhan ketika masih anak-anak, dan juga perumpa maan tentang Orang Samaria yang baik hati dan Anak yang hilang. Buku ini sangat menekankan juga hal doa, Roh Allah, peranan wanita dalam pelayanan Yesus dan pengampunan dosa oleh Allah.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Luk 1:1-4
  2.  Kelahiran dan masa kanak-kanak dari Yohanes Pembaptis dan Yesus
    Luk 1:5-2:52
  3.  Pelayanan Yohanes Pembaptis
    Luk 3:1-20
  4.  Baptisan Yesus dan cobaan terhadap diri-Nya
    Luk 3:21-4:13
  5.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat Galilea
    Luk 4:14-9:50
  6.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Luk 9:51-19:27
  7.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Luk 19:28-23:56
  8.  Kebangkitan Yesus dari kematian, penampakan diri-Nya
    dan terangkat-Nya ke surga
    Luk 24:1-53

Ajaran: Lukas (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Injil Lukas, orang-orang Kristen mengerti sejarah kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia, mulai dari silsilah kelah

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Injil Lukas, orang-orang Kristen mengerti sejarah kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia, mulai dari silsilah kelahiran-Nya sampai kepada kematian-Nya. Dan mengenal akan kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia yang sejati dan suci, penuh kesederhanaan dan ketulusan hati, sebagai teladan mereka dalam hidup kekristenan.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 62 SM.

Penerima : Theofilus (artinya sahabat Allah) Dan juga kepada orang-orang yang percaya pada Yesus.

Isi Kitab: Injil Lukas terdiri atas 24 pasal. Isi Injil ini menjelaskan kasih karunia Allah bagi segala bangsa. Orang-orang yang dipandang rendah oleh dunia, tidak dipandang rendah oleh Allah, seperti kaum wanita dan juga orang-orang miskin. Di dalam Injil ini juga nampak kesucian, kesederhanaan, dan keluhuran budi Tuhan Yesus sebagai manusia sejati. Bagi orang Kristen Tuhan Yesus adalah satu-satunya teladan sempurna. Karena itu, orang Kristen dipanggil untuk hidup seperti Yesus hidup.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Lukas

  1. _Bagian Pertama_

    Pengajaran tentang Yesus Kristus sebagai anak manusia, yang dibuktikan dengan perasaan dan sikap yang diperlihatkannya terhadap orang-orang yang dianggap rendah oleh masyarakat

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Luk 7:13. Nats ini menceritakan tentang seorang janda yang kematian anaknya. Tuhan Yesus yang melihat kesedihan janda itu, merasa kasihan sehingga ia menghidupkan anak yang sudah mati itu. Hal ini membuktikan bahwa Yesus Kristus adalah manusia sejati dan juga Allah sejati. Selain itu ayat ini juga mengajarkan setiap orang percaya untuk mengasihi orang lain. _Tanyakan_: pernahkah saudara mengasihi orang lain?
    2. Bacalah pasal Luk 7:37-50. Tuhan Yesus memperhatikan dan mengampuni wanita berdosa yang bertobat.
    3. Bacalah pasal Luk 10:25-37. Bagian ini menjelaskan perumpamaan Tuhan Yesus, tentang seorang Samaria yang lebih baik hati dari para imam Yahudi. Hal ini mengajarkan kepada setiap orang Kristen untuk mengasihi dengan tidak memandang suku bangsa, atau kaya miskin. Sudahkah saudara menolong orang lain?
    4. Bacalah pasal Luk 15:1-7. Tuhan Yesus bergaul dengan para pemungut cukai, karena mereka mau mendengarkan perkataan Tuhan Yesus dan bertobat dari perbuatan pemerasan yang mereka lakukan.
    5. Bacalah pasal Luk 16:20-21. Bagian ini membuktikan bahwa Tuhan Yesus mengasihi semua manusia, sampai kepada para pengemis. Bagaimanakah dengan kasih saudara? Apakah saudara mengasihi orang-orang yang dapat memberikan sesuatu kepada saudara saja?
    6. Bacalah pasal Luk 17:12. Bagian ini menjelaskan bahwa Tuhan Yesus mengasihi dan memperhatikan orang-orang sakit. Apakah yang saudara lakukan terhadap seorang saudara/anggota/jemaat yang sedang sakit lagi miskin?
    7. Bacalah pasal Luk 23:40-43. Tuhan Yesus memperhatikan seorang penjahat dan juga mengampuni dosanya, karena ia mau bertobat.
  2. _Bagian Kedua_

    Tuhan Yesus sebagai anak manusia, memberikan teladan dalam kehidupan doa, khususnya berhubungan dengan peristiwa/kegiatan penting

    Pendalaman

    1. Ia berdoa di saat pembaptisan (Luk 3:21).
    2. Ia berdoa sesudah mujizat-mujizat dilaksanakan (Luk 5:15-16).
    3. Ia berdoa sebelum memilih murid-murid-Nya (Luk 6:12).
    4. Ia berdoa sebelum memberikan nubuat pertama tentan penderitaan-Nya (Luk 9:18-22).
    5. Ia berdoa pada saat permuliaan-Nya di bukit (Luk 9:29).
    6. Ia berdoa di saat ketujuh puluh murid-Nya kembal (Luk 10:17-21).
    7. Ia berdoa sebelum mengajar murid-murid-Nya tentang car berdoa (Luk 11:1).
    8. Ia berdoa di Taman Getsemani menjelang penderitaan-Ny (Luk 22:39-46).
    9. Ia berdoa di atas salib (Luk 23:34,46).

    Tuhan Yesus selalu berdoa dalam setiap keadaan dan keperluan, maka apakah yang saudara lakukan pada saat-saat menghadapi keperluan/kepentingan dalam hidup?

  3. _Bagian Ketiga_

    Tuhan Yesus sebagai anak manusia, mengasihi semua manusia di dunia

    Pendalaman

    Bacalah pasal Luk 3:6; 24:46-53. Bagian ini menjelaskan, bahwa keselamatan adalah untuk setiap manusia yang percaya pada Tuhan Yesus. Dengan demikian setiap orang yang telah diselamatkan oleh Tuhan Yesus, haruslah juga memberitakan keselamatan itu kepada orang lain. Berdasarkan pasal Luk 24:47-48, siapakah yang bertugas untuk meneruskan berita pengampunan dosa ini kepada semua manusia? Sudahkah saudara menginjili?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Lukas jelaslah kita lihat bahwa Tuhan Yesus adalah Anak Manusia sejati, yang dibuktikan melalui kehidupan-Nya sehari-hari.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Lukas?
  2. Apakah pokok pengajaran Injil Lukas?
  3. Buktikanlah bahwa Yesus Kristus adalah anak manusia?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dari mempelajari Injil Lukas?

Intisari: Lukas (Pendahuluan Kitab) Yang paling manusiawi dari semua Injil SIAPA PENULIS INJIL LUKAS?Injil ini ditulis oleh seorang dokter yang bernama Lukas, seorang teman dan rekan se

Yang paling manusiawi dari semua Injil

SIAPA PENULIS INJIL LUKAS?
Injil ini ditulis oleh seorang dokter yang bernama Lukas, seorang teman dan rekan sekerja rasul Paulus (Kol 4:14; File 24 dan 2Tim 4:11). Lukas sendiri bukanlah seorang saksi mata dari kehidupan Yesus (Luk 1:1-4). Tradisi mengatakan bahwa ia seorang bukan Yahudi, berstatus bujangan dan hidup sampai usia delapan puluh empat tahun.

MENGAPA INJIL INI DITULIS?
Lukas mempunyai beberapa tujuan:
1. Ia ingin menulis kisah kehidupan Yesus secara teratur yang berdasarkan bukti dari saksi mata yang benar (Luk 1:1-4).
2. Ia ingin mencatat permulaan dan perkembangan Kekristenan, yang dikerjakannya dalam dua bagian. Kisah para Rasul merupakan buku kedua. Lukas menunjukkan bagaimana Allah bekerja di sepanjang sejarah dan khususnya mengenai cara bagaimana para pengikut Yesus dengan cepat tersebar dari Galilea ke Roma.
3. Ia ingin menyatakan bahwa Yesus adalah Juruselamat bagi semua golongan manusia dan bukan hanya bagi sekelompok orang.
4. Ia ingin menunjukkan kepada para penguasa Romawi bahwa Kekristenan bukanlah ancaman bagi tatanan politik yang baik.

SIAPA SAJA PEMBACA INJIL LUKAS?
1. Lukas menujukan Injilnya kepada Teofilus (Luk 1:3), yang boleh jadi adalah seorang bukan Yahudi dari golongan menengah atas yang sudah bertobat dan menjadi Kristen. Namanya berarti 'dikasihi Allah', tetapi selain itu tidak ada lagi yang kita ketahui tentang dia.
2. Disamping itu Lukas berharap mendapatkan sidang pembaca yang lebih luas, yang mencakup orang-orang bukan Yahudi lainnya dan mungkin khususnya para aparat pemerintahan Romawi.

CIRI-CIRI KHUSUS.
1. Cara Lukas bercerita tak ada bandingannya. Kemampuannya menyusun kata-kata tampak dalam gaya bahasa Yunaninya yang sangat baik.
2. Lukas juga lebih tertarik dengan kehidupan manusiawi Yesus dan lebih banyak bercerita mengenai awal hidup dan masa kanak-kanak Yesus dibanding dengan Injil-injil lainnya.
3. Dalam hal-hal lain, Injil Lukas juga lebih lengkap mencatat lebih banyak perumpamaan, kisah tentang banyak orang, serta kebangkitan Yesus dibanding dengan Injil lainnya.
4. Lukas lebih menunjukkan perhatiannya kepada pribadi-pribadi, khususnya anak-anak dan orang-orang yang tersingkir dari masyarakat, daripada para penulis Injil lainnya.
5. Lukas juga mempunyai perhatian khusus lainnya, sebagai contoh tentang: doa, Roh Kudus dan tema sukacita.

Pesan

1. Kabar baIk tentang keselamatan.
Berita dari Lukas ialah bahwa Allah telah datang untuk menyelamatkan manusia
dari dosa dan keadaan mereka.
o Allah adalah Juruselamat. Luk 1:47
o Kristus dilahirkan untuk menyelamatkan. Luk 2:11, 30; 3:6
o Dia datang untuk menyelamatkan yang hilang. Luk 19:9, 10
o Keselamatan datang oleh iman. Luk 7:50;8:12
o Keselamatan berarti kehilangan nyawa sekarang. Luk 9:24
o Keselamatan dimungkinkan karena Kristus tidak menyelamatkan diri-Nya sendiri. Luk 23:35-43
o Keselamatan tersedia saat ini. Luk 4:21; 19:9

2. Kabar baik tentang Kerajaan Allah.
Bagian pusat Injil Lukas (Luk 9:51-19:44) banyak
berbicara mengenai Kerajaan Allah yang menjadi pusat dari khotbah Yesus. Luk 4:43; 8:1
o Kerajaan Allah itu kekal. Luk 1:33
o Kerajaan Allah milik orang yang miskin. Luk 6:20
o Murid-murid-Nya harus memberitakan
o Kerajaan Allah. Luk 9:2, 11
o Kepentingan Kerajaan Allah harus didahulukan. Luk 9:60-62; 12:31
o Umat harus berdoa untuk Kerajaan Allah. Luk 11:2
o Kerajaan Allah adalah anugerah dari Allah. Luk 12:32; 22:29
o Kerajaan Allah seperti... Luk 13:18-30
o Orang kaya sukar untuk masuk. Luk 18:18-30
o Kerajaan Allah sudah dekat sekarang. Luk 10:9, 11; 11:20; 17:20, 21
o Tetapi, Kerajaan Allah juga akan datang. Luk 24:31
3. Kabar baik terlIhat dalam diri Yesus.
Kabar baik bukanlah suatu dongeng atau cerita anak-anak tetapi didukung oleh
peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan Yesus.
o Sejarah itu penting. Luk 1:1-4
o Allah telah merencanakannya sejak dahulu kala. Luk 3:23-38
o Allah bekerja di dalam kehidupan Yesus.
Banyak saksi mata melihatnya:
- pada saat kelahiran-Nya. Luk 2:30
- pada saat Yesus dibaptis. Luk 3:22
- dalam mukjizat-mukjizat yang dilakukan-Nya. Luk 4:36; 7:16
- dalam kematian-Nya. 23:39-49
- dalam kebangkitan-Nya. Luk 24:1-49 Yesus masih bekerja melalui murid-murid-Nya. Luk 24:48
Yesus sedang bekerja di seluruh dunia. Yerusalem hanyalah permulaan saja. Luk 24:47

Penerapan

Berita Injil Lukas dapat diterapkan kepada dua golongan utama:
1. Kepada mereka yang tidak percaya kepada Yesus.
Percaya kepada Yesus berarti:
o mempercayai kesaksian sejarah
o mengenaI pengampunan Allah
o mampu untuk hidup baru
o ikut ambil bagian dalam Kerajaan Allah
o tidak menuntut segala yang terbaik atau terhormat
o dituntut untuk rendah hati dan mau mengorbankan segalanya bagi Yesus
o mendapat anugerah besar pada masa yang akan datang
2. Kepada mereka yang percaya sungguh-sungguh kepada Yesus. Iman kepada Yesus
berarti Anda harus:

o bersukacita dan bersyukur dalam kehidupan
o meneladani kasih Yesus kepada semua orang
o ikut ambil bagian dalam penyebaran kabar baik tentang Kerajaan Allah.
o "mematikan" diri sendiri setiap hari
o berdoa seperti yang diajarkan Yesus
o menjadikan Kerajaan Allah prioritas Anda yang jelas
o percaya bahwa Allah mengendalikan dunia

Tema-tema Kunci

Inilah sebagian dari ajaran-ajaran penting dalam Injil Lukas: 1. Doa. Lukas sering berbicara tentang kehidupan doa Yesus: Luk 3:21; 5:16; 6:12; 9:18-22, 29; 10:17-21; 11:1; 22:39-46; 23:34, 46. Ia juga mencatat perumpamaan-perumpamaan Yesus tentang doa: Luk 11:5-13; 18:1-8. Apa yang dapat kita pelajari dari ayat-ayat tersebut tentang kapan Anda harus berdoa, bagaimana berdoa dan apa yang didoakan?

2. Roh Kudus. Lukas menekankan pekerjaan Roh Kudus dalam kehidupan Yesus. Tulislah saat-saat dalam kehidupan Yesus ketika Roh Kudus disebut: contoh Luk 1:35; 4:1, 14, 18; 10:21, 22; 24:49. Apa yang diajarkan dalam ayat-ayat ini mengenai Roh Kudus?

3. Pujian dan sukacita. Injil Lukas diawali dengan sejumlah lagu pujian: Luk 1:46-55, 68-79; 2:14; dan Luk 2:29- 32. Sebutkan bagian-bagian lain dalam Injil yang berbicara tentang sukacita. 4. Pengampunan. Pada dasarnya kabar baik berisi berita tentang pengampunan dosa. Mengapa pengajaran Yesus mengenai pengampunan menimbulkan perubahan secara besar-besaran? Pelajarilah dengan saksama apa yang Yesus katakan mengenai pengampunan dalam: Luk 5:17-25; 6:37; 7:36-50; 11:4; 17:3-4; 23:34; 24:47.

5. Uang. Lukas lebih banyak berbicara mengenai uang dibandingkan dengan Injil-injil lainnya dan menempatkan masalah orang miskin secara khusus. Lagi-lagi pesannya sangat revolusioner. Carilah ajaran tersebut dalam ayat-ayat berikut: Luk 1:53; 4:18; 6:20; 12:13-34; 15.8-10; 16:1-15, 19-31; 18:1-14; 19:1-27; 20:19-26.

6. Wanita dan anak-anak. Catatlah mengenai beberapa wanita yang terdapat dalam Injil Lukas. Masyarakat pada zaman Yesus biasanya tidak menganggap bahwa wanita layak mendapat banyak perhatian. Tetapi, Lukas menekankan mengenai kasih Allah terhadap semua orang bahkan terhadap wanita, orang-orang yang tersingkir dan anak-anak. Pelajarilah ayat-ayat tentang anak-anak berikut ini dan buatlah ringkasan dari ajaran yang terdapat di dalamnya: Luk 8:40-56; 9:37-43, 46-48; 18:15-17.

Garis Besar Intisari: Lukas (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Luk 1:1-4 [2] MASA MUDA SANG JURUSELAMAT Luk 1:5-4:13 Luk 1:5-25Pemberitahuan tentang kelahiran Yohanes Pembaptis Luk 1:26-

[1] PENDAHULUAN Luk 1:1-4

[2] MASA MUDA SANG JURUSELAMAT Luk 1:5-4:13

Luk 1:5-25Pemberitahuan tentang kelahiran Yohanes Pembaptis
Luk 1:26-38Pemberitahuan tentang kelahiran Yesus
Luk 1:39-56Kunjungan Maria ke rumah Elizabet
Luk 1:57-80Kelahiran Yohanes Pembaptis
Luk 2:1-38Kelahiran Yesus
Luk 2:39-52Masa kanak-kanak Yesus
Luk 3:1-22Khotbah Yohanes Pembaptis
Luk 3:23-38Silsilah Yesus
Luk 4:1-13Pencobaan Yesus

[3] SANG JURUSELAMAT DI GALILEA Luk 4:14-9:50

Luk 4:14-30Yesus memulai pelayanan-Nya
Luk 4:31-44Yesus menyembuhkan di Kapernaum
Luk 5:1-26Yesus melakukan mukjizat
Luk 5:27-39Panggilan dan di rumah perjamuan
Luk 6:1-11Lewi Perdebatan mengenai hari Sabat
Luk 6:12-16Yesus memilih murid-murid-Nya
Luk 6:17-49Yesus berkhotbah di depan orang banyak
Luk 7:1-17Mukjizat kesembuhan dan kebangkitan orang mati
Luk 7:18-35Pertanyaan-pertanyaan Yohanes terjawab
Luk 7:36-50Seorang pelacur menyembah Yesus
Luk 8:1-21Mengajar firman Allah
Luk 8:22-56Tiga mukjizat lagi
Luk 9:1-6Yesus mengutus murid-murid-Nya untuk misi penginjilan
Luk 9:7-9Reaksi Herodes terhadap Yesus
Luk 9:10-17Pemberian makan kepada lima ribu orang
Luk 9:18-27Yesus menanyakan pertanyaan yang penting
Luk 9:28-36Transfigurasi (perubahan rupa) Yesus
Luk 9:37-50Yesus berbicara dengan murid-murid-Nya

[4] SANG JURUSELAMAT PERGI KE YERUSALEM Luk 9:51-19:44

Luk 9:51-62Harga yang harus dibayar untuk mengikut Yesus
Luk 10:1-24Pengutusan tujuh puluh murid
Luk 10:25-37Perumpamaan tentang orang Samaria yang baik
Luk 10:38-42Maria dan Marta
Luk 11:1-13Ajaran tentang doa
Luk 11:14-36Ajaran tentang roh-roh dan tanda-tanda
Luk 11:37-54Kecaman terhadap orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat
Luk 12:1-59Mengajar orang banyak
Luk 13:1-9Kecuali jika engkau bertobat...
Luk 13:10-17Seorang wanita cacat disembuhkan
Luk 13:18-30Kerajaan Allah itu seperti...
Luk 13:31-35Yerusalem dan para nabi
Luk 14:1-24Makan malam bersama seorang Farisi
Luk 14:25-35Harga yang harus dibayar untuk menjadi seorang murid
Luk 15:1-32Tiga kisah tentang yang hilang
Luk 6:1-31Ajaran tentang uang
Luk 17:1-10Ajaran tentang pelayanan
Luk 17:11-19Penyembuhan sepuluh orang kusta
Luk 17:20-37Kedatangan Kerajaan Allah
Luk 18:1-17Ajaran mengenai keadilan dan kerendahan hati
Luk 18:18-34Yesus bertemu dengan seorang penguasa muda yang kaya-raya
Luk 18:35-43Mata seorang pengemis dicelikkan
Luk 19:1-10Yesus bertemu Zakheus
Luk 19:11-27Perumpamaan tentang uang mina
Luk 19:28-44Masuk ke Yerusalem

[5] JURUSELAMAT DI YERUSALEM Luk 9:45-24:53

Luk 19:45-21:4Yesus mengajar di Bait Allah
Luk 21:5-38Yesus berbicara mengenai akhir zaman
Luk 22:1-38Perjamuan Malam Terakhir
Luk 22:39-53Kejadian di taman Getsemani
Luk 22:54-62Penyangkalan Petrus
Luk 22:63-23:25Pengadilan atas Yesus
Luk 23:26-56Penyaliban dan penguburan
Luk 24:1-49Kebangkitan
Luk 24:50-53Kenaikan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #04: Coba gunakan range (OT dan NT) pada Pencarian Khusus agar pencarian Anda lebih terfokus. [SEMUA]
dibuat dalam 1.27 detik
dipersembahkan oleh YLSA