kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 8:1-40 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Penganiayaan terhadap jemaat di Yerusalem
8:1 Saulus juga setuju, bahwa Stefanus mati dibunuh. (#8-#1b) Pada waktu itu mulailah penganiayaan yang hebat terhadap jemaat di Yerusalem. Mereka semua, kecuali rasul-rasul, tersebar ke seluruh daerah Yudea dan Samaria. 8:2 Orang-orang saleh menguburkan mayat Stefanus serta meratapinya dengan sangat. 8:3 Tetapi Saulus berusaha membinasakan jemaat itu dan ia memasuki rumah demi rumah dan menyeret laki-laki dan perempuan ke luar dan menyerahkan mereka untuk dimasukkan ke dalam penjara.
Filipus di Samaria
8:4 Mereka yang tersebar itu menjelajah seluruh negeri itu sambil memberitakan Injil. 8:5 Dan Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ. 8:6 Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua dengan bulat hati menerima apa yang diberitakannya itu. 8:7 Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan. 8:8 Maka sangatlah besar sukacita dalam kota itu. 8:9 Seorang yang bernama Simon telah sejak dahulu melakukan sihir di kota itu dan mentakjubkan rakyat Samaria, serta berlagak seolah-olah ia seorang yang sangat penting. 8:10 Semua orang, besar kecil, mengikuti dia dan berkata: "Orang ini adalah kuasa Allah yang terkenal sebagai Kuasa Besar." 8:11 Dan mereka mengikutinya, karena sudah lama ia mentakjubkan mereka oleh perbuatan sihirnya. 8:12 Tetapi sekarang mereka percaya kepada Filipus yang memberitakan Injil tentang Kerajaan Allah dan tentang nama Yesus Kristus, dan mereka memberi diri mereka dibaptis, baik laki-laki maupun perempuan. 8:13 Simon sendiri juga menjadi percaya, dan sesudah dibaptis, ia senantiasa bersama-sama dengan Filipus, dan takjub ketika ia melihat tanda-tanda dan mujizat-mujizat besar yang terjadi. 8:14 Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke situ. 8:15 Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus. 8:16 Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. 8:17 Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus. 8:18 Ketika Simon melihat, bahwa pemberian Roh Kudus terjadi oleh karena rasul-rasul itu menumpangkan tangannya, ia menawarkan uang kepada mereka, 8:19 serta berkata: "Berikanlah juga kepadaku kuasa itu, supaya jika aku menumpangkan tanganku di atas seseorang, ia boleh menerima Roh Kudus." 8:20 Tetapi Petrus berkata kepadanya: "Binasalah kiranya uangmu itu bersama dengan engkau, karena engkau menyangka, bahwa engkau dapat membeli karunia Allah dengan uang. 8:21 Tidak ada bagian atau hakmu dalam perkara ini, sebab hatimu tidak lurus di hadapan Allah. 8:22 Jadi bertobatlah dari kejahatanmu ini dan berdoalah kepada Tuhan, supaya Ia mengampuni niat hatimu ini; 8:23 sebab kulihat, bahwa hatimu telah seperti empedu yang pahit dan terjerat dalam kejahatan." 8:24 Jawab Simon: "Hendaklah kamu berdoa untuk aku kepada Tuhan, supaya kepadaku jangan kiranya terjadi segala apa yang telah kamu katakan itu." 8:25 Setelah keduanya bersaksi dan memberitakan firman Tuhan, kembalilah mereka ke Yerusalem dan dalam perjalanannya itu mereka memberitakan Injil dalam banyak kampung di Samaria.
Sida-sida dari tanah Etiopia
8:26 Kemudian berkatalah seorang malaikat Tuhan kepada Filipus, katanya: "Bangunlah dan berangkatlah ke sebelah selatan, menurut jalan yang turun dari Yerusalem ke Gaza." Jalan itu jalan yang sunyi. 8:27 Lalu berangkatlah Filipus. Adalah seorang Etiopia, seorang sida-sida, pembesar dan kepala perbendaharaan Sri Kandake, ratu negeri Etiopia, yang pergi ke Yerusalem untuk beribadah. 8:28 Sekarang orang itu sedang dalam perjalanan pulang dan duduk dalam keretanya sambil membaca kitab nabi Yesaya. 8:29 Lalu kata Roh kepada Filipus: "Pergilah ke situ dan dekatilah kereta itu!" 8:30 Filipus segera ke situ dan mendengar sida-sida itu sedang membaca kitab nabi Yesaya. Kata Filipus: "Mengertikah tuan apa yang tuan baca itu?" 8:31 Jawabnya: "Bagaimanakah aku dapat mengerti, kalau tidak ada yang membimbing aku?" Lalu ia meminta Filipus naik dan duduk di sampingnya. 8:32 Nas yang dibacanya itu berbunyi seperti berikut: Seperti seekor domba Ia dibawa ke pembantaian; dan seperti anak domba yang kelu di depan orang yang menggunting bulunya, demikianlah Ia tidak membuka mulut-Nya. 8:33 Dalam kehinaan-Nya berlangsunglah hukuman-Nya; siapakah yang akan menceriterakan asal-usul-Nya? Sebab nyawa-Nya diambil dari bumi. 8:34 Maka kata sida-sida itu kepada Filipus: "Aku bertanya kepadamu, tentang siapakah nabi berkata demikian? Tentang dirinya sendiri atau tentang orang lain?" 8:35 Maka mulailah Filipus berbicara dan bertolak dari nas itu ia memberitakan Injil Yesus kepadanya. 8:36 Mereka melanjutkan perjalanan mereka, dan tiba di suatu tempat yang ada air. Lalu kata sida-sida itu: "Lihat, di situ ada air; apakah halangannya, jika aku dibaptis?" 8:37 (Sahut Filipus: "Jika tuan percaya dengan segenap hati, boleh." Jawabnya: "Aku percaya, bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah.") 8:38 Lalu orang Etiopia itu menyuruh menghentikan kereta itu, dan keduanya turun ke dalam air, baik Filipus maupun sida-sida itu, dan Filipus membaptis dia. 8:39 Dan setelah mereka keluar dari air, Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus dan sida-sida itu tidak melihatnya lagi. Ia meneruskan perjalanannya dengan sukacita. 8:40 Tetapi ternyata Filipus ada di Asdod. Ia berjalan melalui daerah itu dan memberitakan Injil di semua kota sampai ia tiba di Kaisarea.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Asdod a town of the Philistines on the Mediterranian coast straight west of Jerusalem
 · Filipus a man who was one of the twelve apostles,a son of Herod the Great; husband of Herodias; ruler of Iturea and Traconitis north and west of Galilee,a man who was one of the seven chosen to serve tables at the church at Jerusalem
 · Gaza a city A Philistine town 5 km east of the Mediterranean and 60 west of Hebron,a town on the western coast of the territory of Judah,a town and the region it controled
 · Kaisarea a town on the Mediterranean 40 kilometers south of Mt. Carmel and 120 kilometers NW of Jerusalem.
 · Kaisarea Filipi a town on the Mediterranean 40 kilometers south of Mt. Carmel and 120 kilometers NW of Jerusalem.
 · Kandake the title of Ethiopian queens
 · orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Samaria residents of the district of Samaria
 · Saul the sixth king of Edom,son of Simeon and a Canaanite woman,son of Uzziah of Kohath son of Levi
 · Saulus the man from Tarsus who became a great apostle to the gentiles,the first king of Isreal,son of Kish of Benjamin; king of Israel before David
 · seorang Etiopia a man of Ethiopia,a member of the nation of Ethiopia
 · seorang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · Simon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · Stefanus the man who became the first Christian martyr
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yesaya son of Hananiah, a descendant of King Jehoiachin,son of Jeduthun the Levite and worship leader under Jeduthun and King David,son of Rehabiah; a Levitical chief treasurer whose descendants returned from exile,son of Athaliah; head of a family group descended from Elam who returned from exile,a Levite of Merari who led recruits to Ezra,a man of Benjamin; ancestor of Sallu, who lived in Jerusalem in Nehemiah's time
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter
 · Yudea a region that roughly corresponded to the earlier kingdom of Judah
 · Yunus a son of Amittai; the prophet God sent to Nineveh,the prophet who was swallowed by the great fish; son of Amittai


Topik/Tema Kamus: Filipus | Petrus | Herodes | Bait Allah /Bait Suci | Simon | Yohanes (Rasul) | Etiopia | Orang Fasik | Samaria Pada Zaman Kristus | Baptis, Baptisan | Roh Kudus | Yohanes | Iman | Paulus | Mukjizat Melalui Perantaraan | Anugerah Roh Kudus Yang Ajaib | Mujizat Melalui Kuasa Jahat | Jemaat | Hamba Tuhan | Stefanus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 8:1 - MULAILAH PENGANIAYAAN YANG HEBAT. Nas : Kis 8:1 Saulus tampaknya merupakan pemimpin (ayat Kis 8:1-3; 9:1) penganiayaan besar pertama yang sangat hebat terhadap gereja. Laki-laki dan...

Nas : Kis 8:1

Saulus tampaknya merupakan pemimpin (ayat Kis 8:1-3; 9:1) penganiayaan besar pertama yang sangat hebat terhadap gereja. Laki-laki dan perempuan dimasukkan ke dalam penjara (ayat Kis 8:3) dan disesah (Kis 22:19); banyak juga dihukum mati (Kis 22:20; 26:10-11). Namun Allah menggunakan penganiayaan ini untuk memulai pekerjaan pekabaran Injil yang besar dari gereja (ayat Kis 8:4).

Full Life: Kis 8:5-24 - FILIPUS PERGI KE ... SAMARIA. Nas : Kis 8:5-24 Perhatikan urutan peristiwa dalam kisah pencurahan Roh atas orang percaya di Samaria. 1) Filipus memberitakan Injil Kerajaan ...

Nas : Kis 8:5-24

Perhatikan urutan peristiwa dalam kisah pencurahan Roh atas orang percaya di Samaria.

  1. 1) Filipus memberitakan Injil Kerajaan dan Allah meneguhkan Firman-Nya dengan tanda-tanda yang ajaib (ayat Kis 8:5-7).
  2. 2) Banyak orang Samaria menerima Firman Allah (ayat Kis 8:14), percaya kepada Yesus (ayat Kis 8:12), disembuhkan dan dilepaskan dari kuasa-kuasa kejahatan (ayat Kis 8:7), lalu dibaptis dalam air (ayat Kis 8:12-13). Dengan demikian, mereka mengalami keselamatan, karya pembaharuan Roh Kudus dan kuasa kerajaan Allah

    (lihat cat. --> Kis 8:12).

    [atau ref. Kis 8:12]

  3. 3) Akan tetapi, Roh Kudus "belum turun di atas seorang pun di antara mereka" setelah mereka bertobat dan dibaptis (ayat Kis 8:16).
  4. 4) Beberapa hari setelah pertobatan orang Samaria, Petrus dan Yohanes tiba di Samaria dan berdoa supaya mereka beroleh Roh Kudus (ayat Kis 8:14-15). Jelas adalah selang waktu di antara saat mereka bertobat dan saat mereka menerima baptisan dalam Roh Kudus (ayat Kis 8:16-17; bd. Kis 2:4). Dengan kata lain, penerimaan Roh oleh orang Samaria mengikuti pola pengalaman para murid pada hari Pentakosta

    (lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID; dan

    lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).

  5. 5) Penerimaan Roh Kudus seharusnya disertai suatu penyataan lahiriah, yaitu berbicara dengan bahasa roh dan bernubuat

    (lihat cat. --> Kis 8:18).

    [atau ref. Kis 8:18]

Full Life: Kis 8:6 - MELIHAT TANDA-TANDA YANG DIADAKANNYA. Nas : Kis 8:6 Janji Kristus untuk menggunakan tanda-tanda ajaib untuk meneguhkan penyampaian Firman Allah tidak terbatas pada para rasul (Mr 16:15-...

Nas : Kis 8:6

Janji Kristus untuk menggunakan tanda-tanda ajaib untuk meneguhkan penyampaian Firman Allah tidak terbatas pada para rasul (Mr 16:15-18;

lihat art. TANDA-TANDA ORANG PERCAYA).

Yesus berjanji bahwa mereka yang bertobat sebagai hasil pelayanan para rasul ("siapa yang percaya") akan melakukan tanda-tanda dalam nama Yesus, seperti mengusir setan-setan (Mr 16:17) dan menyembuhkan orang sakit (Mr 16:18). Hal inilah yang dilakukan oleh Filipus.

Full Life: Kis 8:12 - MEREKA PERCAYA ... NAMA YESUS KRISTUS. Nas : Kis 8:12 Orang-orang Samaria memenuhi syarat-syarat keselamatan dengan sepenuhnya dan menjadi orang Kristen sebelum Roh Kudus datang atas mer...

Nas : Kis 8:12

Orang-orang Samaria memenuhi syarat-syarat keselamatan dengan sepenuhnya dan menjadi orang Kristen sebelum Roh Kudus datang atas mereka.

  1. 1) Mereka "percaya" dan "dibaptiskan". Dua fakta membuktikan dengan jelas bahwa iman orang Samaria adalah iman sejati yang menyelamatkan.
    1. (a) Baik Filipus (ayat Kis 8:12) maupun para rasul (ayat Kis 8:14) menilai iman mereka sah.
    2. (b) Di depan umum orang Samaria itu menyerahkan diri kepada Kristus dengan dibaptis dalam air. Alkitab menyatakan bahwa "siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan" (Mr 16:16). Demikianlah, mereka lahir baru dan didiami oleh Roh Kudus (Rom 8:9).
  2. 2) Roh Kudus yang mereka terima beberapa hari kemudian (ayat Kis 8:17) bukan untuk keselamatan. Sebaliknya, penerimaan Roh itu seperti yang dialami oleh para rasul pada hari Pentakosta, yaitu untuk memperlengkapi mereka dengan kuasa untuk pelayanan dan bersaksi (Kis 1:8; 2:4). Lukas memakai istilah "menerima Roh Kudus" terutama dalam arti memberi kuasa (Kis 1:8; 2:38; 8:17; 10:47; 19:2), dan bukan dalam arti kelahiran baru atau pembaharuan

    (lihat art. PEMBAHARUAN;

    lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID; dan

    lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).

  3. 3) Ada orang yang mengajar bahwa iman orang Samaria bukanlah iman yang menyelamatkan dan membaharui. Akan tetapi, tidak masuk akal untuk percaya bahwa Filipus, yang penuh dengan Roh Kudus dan hikmat (Kis 6:3-5), akan membaptiskan, menyembuhkan, serta mengusir setan-setan dari orang-orang yang imannya tidak sungguh-sungguh.

Full Life: Kis 8:16 - BELUM TURUN DI ATAS SEORANGPUN DI ANTARA MEREKA. Nas : Kis 8:16 Roh Kudus belum turun di atas seorang pun di antara mereka dengan cara yang sama seperti Ia turun atas orang percaya pada hari Penta...

Nas : Kis 8:16

Roh Kudus belum turun di atas seorang pun di antara mereka dengan cara yang sama seperti Ia turun atas orang percaya pada hari Pentakosta (Kis 2:4). Dia belum datang atas mereka sebagaimana dijanjikan Bapa (Kis 1:4) dan seperti dinubuatkan Kristus "kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus" (Kis 1:5). Rupanya mereka belum menunjukkan tanda-tanda rohani yang diharapkan, khususnya ucapan ilahi yang diilhami

(lihat cat. --> Kis 8:5-24;

lihat cat. --> Kis 8:18).

[atau ref. Kis 8:5-24; 8:18]

Full Life: Kis 8:17 - MEREKA MENERIMA ROH KUDUS. Nas : Kis 8:17 Lewat penumpangan tangan, orang-orang Samaria menerima Roh Kudus dengan cara sama seperti baptisan dalam Roh Kudus yang terjadi pada...

Nas : Kis 8:17

Lewat penumpangan tangan, orang-orang Samaria menerima Roh Kudus dengan cara sama seperti baptisan dalam Roh Kudus yang terjadi pada hari Pentakosta (Kis 1:8; 2:4).

"Dua tahap" pengalaman orang Samaria ini -- yaitu, percaya dahulu dan kemudian dipenuhi dengan Roh Kudus -- menunjukkan bahwa pengalaman "dua tahap" orang percaya pada hari Pentakosta tidak abnormal. Baik pengalaman Paulus dalam Kis 9:5-17 maupun murid-murid di Efesus dalam Kis 19:1-6 adalah sama seperti orang Samaria ini. Mereka menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan kemudian mereka dipenuhi dengan Roh Kudus. Akan tetapi, selang waktu di antara keselamatan dan kepenuhan Roh Kudus tidak perlu lama seperti dipertunjukkan mereka yang ada di Kaisarea (pasal Kis 10:1-48).

Full Life: Kis 8:18 - KETIKA SIMON MELIHAT. Nas : Kis 8:18 Datangnya Roh Kudus atas orang Samaria disertai penyataan-penyataan lahiriah yang dapat diamati oleh seorang tukang sihir bernama Si...

Nas : Kis 8:18

Datangnya Roh Kudus atas orang Samaria disertai penyataan-penyataan lahiriah yang dapat diamati oleh seorang tukang sihir bernama Simon. Masuk akal untuk menyimpulkan bahwa penyataan yang dilihat adalah sama seperti yang terjadi setelah Roh Kudus turun pada hari Pentakosta, yaitu, berkata-kata dengan bahasa roh (lih. Kis 2:4; 10:45-46; 19:6;

lihat cat. --> Kis 11:15;

lihat cat. --> Kis 19:6; dan

[atau ref. Kis 11:15; Kis 19:6]

lihat art. BERKATA-KATA DENGAN BAHASA ROH).

Penyataan ini memberikan para rasul dan orang di Samaria tanda-tanda yang mengesahkan bahwa Roh Kudus telah turun atas orang percaya baru ini.

Full Life: Kis 8:21 - HATIMU TIDAK LURUS. Nas : Kis 8:21 Baptisan dalam Roh Kudus di seluruh Kisah Para Rasul terjadi hanya dalam keadaan kemuridan yang sungguh-sungguh kepada Yesus Kristus...

Nas : Kis 8:21

Baptisan dalam Roh Kudus di seluruh Kisah Para Rasul terjadi hanya dalam keadaan kemuridan yang sungguh-sungguh kepada Yesus Kristus.

  1. 1) Simon yang mencari kuasa dan karunia dari Roh Kudus ini dan juga kuasa untuk memberikannya (ayat Kis 8:19) ditolak Allah karena hatinya tidak lurus di hadapan Allah; Simon masih jahat dan "terjerat dalam kejahatan" (ayat Kis 8:22-23). Karunia Roh Kudus yang sejati hanya akan dicurahkan atas mereka yang "takut akan Dia dan yang mengamalkan yang benar" (Kis 10:35; bd. Kis 10:44-48; juga lih. Kis 5:32).
  2. 2) Sebelum dan sesudah hari Pentakosta, para pengikut Kristus mengabdikan diri kepada Tuhan yang sudah bangkit (Kis 1:2-14; 2:32) dan bertekun dalam doa (Kis 1:14; 6:4). Mereka menjalankan kehidupan yang terpisah dari dosa dan dunia (Kis 2:38-40) serta menaati ajaran para rasul (Kis 2:42; 6:4). Pencurahan yang diulangi atau yang baru oleh Roh Kudus diberikan hanya kepada orang percaya yang telah berbalik dari dosa dan cara hidup yang jahat kepada kehidupan yang taat kepada Kristus (bd. Kis 2:42; 3:1,19,22-26; 4:8,19-35; 5:29-32; 6:4; Kis 8:14-21; Kis 9:1-19; 10:34-47; 19:1-6; 24:16). Hidup dalam Roh dan dipimpin oleh Roh selalu menjadi syarat untuk dipenuhi dengan Roh

    (lih. Gal 5:16-25; Ef 5:18).

  3. 3) Sesuatu pengalaman adikodrati yang dikira baptisan dalam Roh yang terjadi pada seseorang yang masih melanjutkan cara hidup tabiat berdosa bukanlah dari Kristus (bd. 1Yoh 4:1-6). Hal itu merupakan baptisan yang "palsu" dan dapat disertai tanda-tanda dan kuasa-kuasa kegelapan (Mat 7:21-23; 2Tes 2:7-10;

    lihat art. KRITERIA UNTUK BAPTISAN DALAM ROH).

BIS: Kis 8:5 - kota kota: beberapa naskah kuno: kota yang terpenting di.

kota: beberapa naskah kuno: kota yang terpenting di.

BIS: Kis 8:26 - Jalan itu sepi Jalan itu sepi: atau Jalan itu tidak dipakai lagi sekarang.

Jalan itu sepi: atau Jalan itu tidak dipakai lagi sekarang.

Jerusalem: Kis 8:1-4 - -- Ayat-ayat ini terdiri atas beberapa catatan pendek: penguburan Stefanus Kis 8:2, kata penutup untuk hal yang baru diceritakan; Paulus sebagai pengejar...

Ayat-ayat ini terdiri atas beberapa catatan pendek: penguburan Stefanus Kis 8:2, kata penutup untuk hal yang baru diceritakan; Paulus sebagai pengejar umat Kis 8:1,3, sehingga dengan cerita tentang pembunuhan atas diri Stefanus, bdk Kis 7:58, dihubungkan cerita pertobatan Saulus, Kis 9:1-30, yang merupakan akibat pembunuhan Stefanus; akhirnya sebuah catatan mengenai jemaat yang tersebar-sebar Kis 8:1-4, hal mana merupakan pembukaan bagi kegiatan misionaris Filipus; Kis 8:5-40, dan Petrus, Kis 9:32-11:18; Kis 8:4 terulang dalam Kis 11:19. Maka dalam Kis 8:1-4 disarankan pokok-pokok yang selanjutnya akan diperbincangkan sampai bab 12.

Jerusalem: Kis 8:1 - mereka semua Ini tak perlu dimengerti secara harafiah. Pengejaran itu langsung mengenai mereka yang berbahasa Yunani, bdk Kis 6:1,5; justru kelompok yang tersebar ...

Ini tak perlu dimengerti secara harafiah. Pengejaran itu langsung mengenai mereka yang berbahasa Yunani, bdk Kis 6:1,5; justru kelompok yang tersebar oleh pengejaran itu memberikan kepada Gereja misionaris yang pertama, Kis 8:4; 11:19-20

Jerusalem: Kis 8:1 - Samaria Ini tahap kedua dalam merambatnya agama Kristen, bdk Kis 1:8. Tahap ketiga dimulai dengan didirikannya jemaat di Antiokhia, Kis 11:20.

Ini tahap kedua dalam merambatnya agama Kristen, bdk Kis 1:8. Tahap ketiga dimulai dengan didirikannya jemaat di Antiokhia, Kis 11:20.

Jerusalem: Kis 8:5 - ke suatu kota di Samaria Var: ke kota Samaria atau: ke kota Kaisarea. Sudah pasti juga bahwa yang dimaksudkan bukanlah kota Samaria yang ke Yunanian (Sebaste). Halnya tentang ...

Var: ke kota Samaria atau: ke kota Kaisarea. Sudah pasti juga bahwa yang dimaksudkan bukanlah kota Samaria yang ke Yunanian (Sebaste). Halnya tentang pewartaan injil kepada orang-orang Samaria menurut arti kata Yahudi: orang sebangsa dan seagama, tetapi terpisah dari umat Israel dengan menjadi bidaah, bdk Yoh 4:9+; Mat 10:5-6+

Jerusalem: Kis 8:5 - Mesias Juga orang-orang Samaria mengharapkan kedatangan Mesias, bdk Yoh 4:25.

Juga orang-orang Samaria mengharapkan kedatangan Mesias, bdk Yoh 4:25.

Jerusalem: Kis 8:10 - Kuasa Besar Atau kurang tepat kiranya: Kuasa Allah yang disebutkan Megalle (artinya dalam bahasa Aram: Yang menyatakan). Maka orang menerima bahwa semacam pancara...

Atau kurang tepat kiranya: Kuasa Allah yang disebutkan Megalle (artinya dalam bahasa Aram: Yang menyatakan). Maka orang menerima bahwa semacam pancaran dari Allah tertinggi tinggal dalam diri Simon, sehingga ia mempunyai kuasa ajaib.

Jerusalem: Kis 8:20 - karunia Allah Roh Kudus merupakan karunia Allah yang unggul, bdk Kis 2:38; 10:45; 11:17; Luk 11:9,13.

Roh Kudus merupakan karunia Allah yang unggul, bdk Kis 2:38; 10:45; 11:17; Luk 11:9,13.

Jerusalem: Kis 8:23 - kejahatan Dari peristiwa Simon ini datanglah istilah "simoni", artinya memperdagangkan hal-hal suci.

Dari peristiwa Simon ini datanglah istilah "simoni", artinya memperdagangkan hal-hal suci.

Jerusalem: Kis 8:24 - -- Teks barat masih menambahkan: dan ia tidak berhenti menangis dengan mencucurkan air mata.

Teks barat masih menambahkan: dan ia tidak berhenti menangis dengan mencucurkan air mata.

Jerusalem: Kis 8:26 - seorang malaikat Dalam injil-injil malaikat-malaikat, Tob 5:4; Efe 1:21+, nampak sebagai pelayan Kristus serta karyaNya, Mat 4:11 dsj; Kis 26:32; Yoh 1:51; dll. Dalam ...

Dalam injil-injil malaikat-malaikat, Tob 5:4; Efe 1:21+, nampak sebagai pelayan Kristus serta karyaNya, Mat 4:11 dsj; Kis 26:32; Yoh 1:51; dll. Dalam Kisah para rasul malaikat-malaikat itu melayani jemaat Kristen, Kis 1:10; 5:19; 10:3; 12:7-10,23; 27:23. Cerita ini selanjutnya berkata tentang "Roh", Kis 8:29 dan Kis 8:39

Jerusalem: Kis 8:26 - ke sebelah selatan Terjemahan lain: "di tengah hari".

Terjemahan lain: "di tengah hari".

Jerusalem: Kis 8:27 - seorang Etiopia Negeri Etiopia terbentang di sebelah selatan terjunnya air sungai Nil untuk pertama kalinya, jadi daerah Nubia dan Sudan Mesir. Tampuk kekuasaan neger...

Negeri Etiopia terbentang di sebelah selatan terjunnya air sungai Nil untuk pertama kalinya, jadi daerah Nubia dan Sudan Mesir. Tampuk kekuasaan negeri dipegang oleh seorang ratu yang bergelar Sri Kandake.

Jerusalem: Kis 8:32 - seperti berikut Kutipan ini menurut LXX, sebuah terjemahan kurang jelas atas teks Ibrani yang tidak terang dan kiranya rusak. Sehubungan dengan penggunaan Yes 53 dala...

Kutipan ini menurut LXX, sebuah terjemahan kurang jelas atas teks Ibrani yang tidak terang dan kiranya rusak. Sehubungan dengan penggunaan Yes 53 dalam pewartaan rasuli, lihat Kis 3:13+ dan Luk 4:17-21 dsj.

Jerusalem: Kis 8:37 - -- Ayat ini tidak terdapat dalam kebanyakan naskah. Berupa sebuah sisipan yang tua sekali dan yang tersimpan dalam teks barat. Sisipan itu kiranya berasa...

Ayat ini tidak terdapat dalam kebanyakan naskah. Berupa sebuah sisipan yang tua sekali dan yang tersimpan dalam teks barat. Sisipan itu kiranya berasal dari upacara baptisan.

Jerusalem: Kis 8:39 - melarikan Filipus Teks barat mengatakan: Roh Kudus menjatuhi sida-sida itu dan malaikat Tuhan melarikan Filipus.

Teks barat mengatakan: Roh Kudus menjatuhi sida-sida itu dan malaikat Tuhan melarikan Filipus.

Ende: Kis 8:1 - Semua orang ketjuali Rasul-rasul Penganiajaan rupanja chususnja ditudjukan kepada para penjebar Indjil dan pembantu rasul-rasul jang berasal dari luar Palestina. Karena mereka dipenga...

Penganiajaan rupanja chususnja ditudjukan kepada para penjebar Indjil dan pembantu rasul-rasul jang berasal dari luar Palestina. Karena mereka dipengaruhi kebudajaan Junani, seperti tampak dalam pidato Stefanus, dan tjara berpikir dan sikapnja terhadap"adat istiadat" tidak sepitjik orang Jahudi di Jerusalem, maka hal itu dengan sendirinja menimbulkan kebentjian dan pertentangan.

Ende: Kis 8:10 - Jang Agung Dewa jang tertinggi. Maklumlah agama orang Samaria jang berpokok pada agama Jahudi sangat bertjampuran dengan unsur-unsur kafir.

Dewa jang tertinggi. Maklumlah agama orang Samaria jang berpokok pada agama Jahudi sangat bertjampuran dengan unsur-unsur kafir.

Ende: Kis 8:17 - Merekapun menerima Roh Kudus Sebenarnja Roh Kudus sudah diterima ketika dipermandikan, tetapi oleh peletakkan tangan dan doa Rasul-rasul orang jang sudah dipermandikan menerima ke...

Sebenarnja Roh Kudus sudah diterima ketika dipermandikan, tetapi oleh peletakkan tangan dan doa Rasul-rasul orang jang sudah dipermandikan menerima kekuatan Roh Kudus jang istimewa, biasanja dewasa itu kurnia-kurnia jang njata.

Ende: Kis 8:27 - Kandase bukan nama pribadi, melainkan gelaran ratu Etiopia.

bukan nama pribadi, melainkan gelaran ratu Etiopia.

Ende: Kis 8:37 - -- Ajat ini tidak terdapat dalam kebanjakan naskah asli, dan sebab itu tidak djuga dalam segala terdjemahan.

Ajat ini tidak terdapat dalam kebanjakan naskah asli, dan sebab itu tidak djuga dalam segala terdjemahan.

Ende: Kis 8:40 - Azot Kota dipantai Laut-Tengah, sebelah selatan dari Jope (Jafa). Peristiwa bertobatnja Paulus ditjeritakan oleh Paulus sendiri dalam Kis 22:3-21; 26:9-20 ...

Kota dipantai Laut-Tengah, sebelah selatan dari Jope (Jafa).

Peristiwa bertobatnja Paulus ditjeritakan oleh Paulus sendiri dalam Kis 22:3-21; 26:9-20 dan Gal 1:2-7. Terdjadinja kira-kira dalam tahun 36.

Ref. Silang FULL: Kis 8:1 - Saulus // rasul-rasul, tersebar // dan Samaria · Saulus: Kis 7:58 · rasul-rasul, tersebar: Kis 8:4; Kis 11:19 · dan Samaria: Kis 9:31

· Saulus: Kis 7:58

· rasul-rasul, tersebar: Kis 8:4; Kis 11:19

· dan Samaria: Kis 9:31

Ref. Silang FULL: Kis 8:3 - Tetapi Saulus // jemaat itu · Tetapi Saulus: Kis 7:58 · jemaat itu: Kis 9:1,13,21; 22:4,19; 26:10,11; 1Kor 15:9; Gal 1:13,23; Fili 3:6; 1Tim 1:13

Ref. Silang FULL: Kis 8:4 - yang tersebar // memberitakan Injil · yang tersebar: Kis 8:1 · memberitakan Injil: Kis 15:35

· yang tersebar: Kis 8:1

· memberitakan Injil: Kis 15:35

Ref. Silang FULL: Kis 8:5 - Dan Filipus · Dan Filipus: Kis 6:5; 21:8

· Dan Filipus: Kis 6:5; 21:8

Ref. Silang FULL: Kis 8:7 - banyak orang // yang disembuhkan · banyak orang: Mr 16:17; Mr 16:17 · yang disembuhkan: Mat 4:24; Mat 4:24

· banyak orang: Mr 16:17; [Lihat FULL. Mr 16:17]

· yang disembuhkan: Mat 4:24; [Lihat FULL. Mat 4:24]

Ref. Silang FULL: Kis 8:9 - melakukan sihir // sangat penting · melakukan sihir: Kis 13:6 · sangat penting: Kis 5:36

· melakukan sihir: Kis 13:6

· sangat penting: Kis 5:36

Ref. Silang FULL: Kis 8:10 - Kuasa Besar · Kuasa Besar: Kis 14:11; 28:6

· Kuasa Besar: Kis 14:11; 28:6

Ref. Silang FULL: Kis 8:12 - Kerajaan Allah // mereka dibaptis · Kerajaan Allah: Mat 3:2; Mat 3:2 · mereka dibaptis: Kis 2:38; Kis 2:38

· Kerajaan Allah: Mat 3:2; [Lihat FULL. Mat 3:2]

· mereka dibaptis: Kis 2:38; [Lihat FULL. Kis 2:38]

Ref. Silang FULL: Kis 8:13 - dan mujizat-mujizat · dan mujizat-mujizat: Kis 8:6; Kis 19:11

· dan mujizat-mujizat: Kis 8:6; Kis 19:11

Ref. Silang FULL: Kis 8:14 - tanah Samaria // firman Allah // dan Yohanes · tanah Samaria: Kis 8:1 · firman Allah: Ibr 4:12; Ibr 4:12 · dan Yohanes: Luk 22:8; Luk 22:8

· tanah Samaria: Kis 8:1

· firman Allah: Ibr 4:12; [Lihat FULL. Ibr 4:12]

· dan Yohanes: Luk 22:8; [Lihat FULL. Luk 22:8]

Ref. Silang FULL: Kis 8:15 - Roh Kudus · Roh Kudus: Yoh 20:22; Yoh 20:22

· Roh Kudus: Yoh 20:22; [Lihat FULL. Yoh 20:22]

Ref. Silang FULL: Kis 8:16 - antara mereka // Tuhan Yesus · antara mereka: Kis 10:44; Kis 10:44; Kis 19:2 · Tuhan Yesus: Mat 28:19; Kis 2:38; Kis 2:38

· antara mereka: Kis 10:44; [Lihat FULL. Kis 10:44]; Kis 19:2

· Tuhan Yesus: Mat 28:19; Kis 2:38; [Lihat FULL. Kis 2:38]

Ref. Silang FULL: Kis 8:17 - atas mereka // Roh Kudus · atas mereka: Kis 6:6; Kis 6:6 · Roh Kudus: Yoh 20:22; Yoh 20:22

· atas mereka: Kis 6:6; [Lihat FULL. Kis 6:6]

· Roh Kudus: Yoh 20:22; [Lihat FULL. Yoh 20:22]

Ref. Silang FULL: Kis 8:20 - dengan uang · dengan uang: 2Raj 5:16; Dan 5:17; Mat 10:8; Kis 2:38

· dengan uang: 2Raj 5:16; Dan 5:17; Mat 10:8; Kis 2:38

Ref. Silang FULL: Kis 8:21 - atau hakmu // tidak lurus · atau hakmu: Neh 2:20 · tidak lurus: Mazm 78:37

· atau hakmu: Neh 2:20

· tidak lurus: Mazm 78:37

Ref. Silang FULL: Kis 8:22 - Jadi bertobatlah · Jadi bertobatlah: Kis 2:38

· Jadi bertobatlah: Kis 2:38

Ref. Silang FULL: Kis 8:24 - untuk aku · untuk aku: Kel 8:8; Bil 21:7; 1Raj 13:6; Yer 42:2

· untuk aku: Kel 8:8; Bil 21:7; 1Raj 13:6; Yer 42:2

Ref. Silang FULL: Kis 8:25 - firman Tuhan // banyak kampung · firman Tuhan: Kis 13:48; Kis 13:48 · banyak kampung: Kis 8:40

· firman Tuhan: Kis 13:48; [Lihat FULL. Kis 13:48]

· banyak kampung: Kis 8:40

Ref. Silang FULL: Kis 8:26 - seorang malaikat // kepada Filipus · seorang malaikat: Kis 5:19; Kis 5:19 · kepada Filipus: Kis 6:5

· seorang malaikat: Kis 5:19; [Lihat FULL. Kis 5:19]

· kepada Filipus: Kis 6:5

Ref. Silang FULL: Kis 8:27 - seorang Etiopia // seorang sida-sida // untuk beribadah · seorang Etiopia: Mazm 68:32; 87:4; Zef 3:10 · seorang sida-sida: Yes 56:3-5 · untuk beribadah: 1Raj 8:41-43; Yoh 12:20

· seorang Etiopia: Mazm 68:32; 87:4; Zef 3:10

· seorang sida-sida: Yes 56:3-5

· untuk beribadah: 1Raj 8:41-43; Yoh 12:20

Ref. Silang FULL: Kis 8:29 - Lalu kata · Lalu kata: Kis 10:19; 11:12; 13:2; 20:23; 21:11

Ref. Silang FULL: Kis 8:33 - dari bumi · dari bumi: Yes 53:7,8

· dari bumi: Yes 53:7,8

Ref. Silang FULL: Kis 8:35 - Maka mulailah // nas itu // memberitakan Injil · Maka mulailah: Mat 5:2 · nas itu: Luk 24:27; Kis 17:2; 18:28; 28:23 · memberitakan Injil: Kis 13:32; Kis 13:32

· Maka mulailah: Mat 5:2

· nas itu: Luk 24:27; Kis 17:2; 18:28; 28:23

· memberitakan Injil: Kis 13:32; [Lihat FULL. Kis 13:32]

Ref. Silang FULL: Kis 8:36 - aku dibaptis · aku dibaptis: Kis 2:38; Kis 2:38; Kis 10:47

· aku dibaptis: Kis 2:38; [Lihat FULL. Kis 2:38]; Kis 10:47

Ref. Silang FULL: Kis 8:39 - melarikan Filipus · melarikan Filipus: 1Raj 18:12; 2Raj 2:16; Yeh 3:12,14; 8:3; 11:1,24; 43:5; 2Kor 12:2; 1Tes 4:17; Wahy 12:5

Ref. Silang FULL: Kis 8:40 - semua kota // di Kaisarea · semua kota: Kis 8:25 · di Kaisarea: Kis 10:1,24; 12:19; 21:8,16; 23:23,33; 25:1,4,6,13

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Kis 6:1--12:25 - -- III. Perluasan Gereja di Palestina Melalui Perserakan (6:1-12:25) Sampai sejauh ini, para rasul tidak menunjukkan tanda-tanda adanya maksud untuk mem...

III. Perluasan Gereja di Palestina Melalui Perserakan (6:1-12:25)

Sampai sejauh ini, para rasul tidak menunjukkan tanda-tanda adanya maksud untuk memberitakan Injil ke seluruh dunia, tetapi tetap tinggal di Yerusalem sambil bersaksi kepada orang-orang Yahudi. Lukas sekarang mengisahkan permulaan dari perluasan gereja ke seluruh Yudea dan Samaria, yang disebabkan oleh penganiayaan yang muncul di sekitar Stefanus. Perluasan ini terjadi bukan karena visi dan rencana gereja, tetapi karena tindakan pengaturan Allah dalam menyerakkan orang-orang percaya. Untuk menjelaskan terjadinya penganiayaan ini, Lukas mula-mula mengisahkan bagaimana Stefanus menjadi menonjol di antara tujuh diaken yang ada.

Wycliffe: Kis 8:1 - Saulus juga setuju 8:1. Saulus juga setuju. Beberapa orang beranggapan bahwa kata-kata ini menunjukkan bahwa Saulus adalah anggota Sanhedrin. Pandangan ini belum tentu b...

8:1. Saulus juga setuju. Beberapa orang beranggapan bahwa kata-kata ini menunjukkan bahwa Saulus adalah anggota Sanhedrin. Pandangan ini belum tentu benar. Sekalipun demikian, karena Saulus berasal dari Kilikia, pasti ia adalah anggota sinagoge yang ikut berdebat dengan Stefanus (6:9). Hingga saat ini gereja tidak menunjukkan kecenderungan untuk memberitakan Injil ke seluruh dunia, tetapi tetap tinggal di Yerusalem. Allah mempergunakan penganiayaan yang terjadi menyusul kematian Stefanus sebagai sarana untuk menyebarkan Injil ke luar Yerusalem. Anggota jemaat Yerusalem terserak di mana-mana, tetapi para rasul tetap dapat tinggal di kota itu untuk menjaga stabilitas gereja.

Wycliffe: Kis 8:3 - -- 3. Tokoh yang menggerakkan penganiayaan ini ialah Saulus (lihat Gal. 1:13, 23; I Kor. 15:9; Flp. 3:6). Dia yakin bahwa gerakan baru yang menyatakan pe...

3. Tokoh yang menggerakkan penganiayaan ini ialah Saulus (lihat Gal. 1:13, 23; I Kor. 15:9; Flp. 3:6). Dia yakin bahwa gerakan baru yang menyatakan penjahat yang disalibkan itu sebagai Mesias tidak mungkin berasal dari Allah. Karena Perjanjian Lama menyebut sebagai terkutuk setiap orang yang digantung pada sebuah pohon. Ini merupakan bukti alkitabiah, menurut Saulus, bahwa Yesus adalah seorang penipu dan gerakan baru ini bersifat menghujat.

Wycliffe: Kis 8:4-25 - -- C. Injil di Samaria (8:4-25). Lukas pertama-tama mencatat penyebaran Injil ke Samaria. Orang-orang Samaria merupakan keturunan campuran dari golongan...

C. Injil di Samaria (8:4-25).

Lukas pertama-tama mencatat penyebaran Injil ke Samaria. Orang-orang Samaria merupakan keturunan campuran dari golongan sisa Israel dengan bangsa-bangsa asing yang ditempatkan di Samaria oleh bangsa Asyur yang menaklukkan mereka sementara kalangan kelas atas sudah dibuang (II Raj. 17). Orang-orang Samaria telah mendirikan bait suci tandingan di gunung Sikhem (lihat Yoh. 4:20). Karena orang-orang Yahudi menganggap orang Samaria sebagai suku campuran baik secara keturunan maupun secara agama, berbagai prasangka kesukuan yang bersifat. kekerasan harus diatasi sebelum gereja dapat menjadi umat yang sungguh-sungguh universal.

Wycliffe: Kis 8:5 - Kota di Samaria // Samaria // Mesias, 5. Kota di Samaria. Tidak jelas apakah yang dimaksudkan dengan Samaria itu sebuah kota atau suatu wilayah. Pada umumnya kata itu di dalam Perjanjian B...

5. Kota di Samaria. Tidak jelas apakah yang dimaksudkan dengan Samaria itu sebuah kota atau suatu wilayah. Pada umumnya kata itu di dalam Perjanjian Baru lebih menunjuk kepada wilayah ketimbang kola. Kota Samaria telah dibangun kembali oleh Herodes Agung sebagai kota Yunani dan diberi nama Sebaste, untuk menghormati raja Romawi. Pemberitaan Filipus di Samaria ialah Mesias, yaitu bahwa Yesus adalah Kristus.

Wycliffe: Kis 8:9-11 - Simon // kuasa Allah yang terkenal sebagai Kuasa Besar. Besar 9-11. Sebelum Filipus tiba di Samaria, seorang tukang sihir bernama Simon telah memamerkan keahlian sihirnya, dan berlagak seolah-olah dia adalah "ora...

9-11. Sebelum Filipus tiba di Samaria, seorang tukang sihir bernama Simon telah memamerkan keahlian sihirnya, dan berlagak seolah-olah dia adalah "orang yang sangat penting." Masyarakat tertipu oleh keahliannya itu dan menghubungkan dia dengan kuasa Allah yang terkenal sebagai Kuasa Besar. Besar merupakan kata yang dipakai orang Yunani untuk menunjuk kepada Allah orang Yahudi.

Wycliffe: Kis 8:12 - untuk memberitakan Injil tentang Kerajaan Allah 12. Amanat Tuhan kita adalah Injil Kerajaan Allah (Mat. 4:23; 9:35). Dia telah memerintahkan kepada murid-murid-Nya untuk memberitakan Injil kerajaan ...

12. Amanat Tuhan kita adalah Injil Kerajaan Allah (Mat. 4:23; 9:35). Dia telah memerintahkan kepada murid-murid-Nya untuk memberitakan Injil kerajaan itu ke seluruh dunia (Mat. 24:14). Filipus berangkat ke Samaria untuk memberitakan Injil tentang Kerajaan Allah. Injil tentang Kerajaan Allah dan tentang nama Yesus Kristus di sini merupakan dua hal yang dapat saling menggantikan.

Wycliffe: Kis 8:14-17 - Rasul-rasul di Yerusalem // adalah orang-orang Samaria 14-17. Rasul-rasul di Yerusalem tetap menjalankan peranan sebagai pengawas bagi seluruh gereja, dan karena itulah mereka mengutus Petrus dan Yohanes k...

14-17. Rasul-rasul di Yerusalem tetap menjalankan peranan sebagai pengawas bagi seluruh gereja, dan karena itulah mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke Samaria untuk memeriksa perkembangan baru ini. (Yohanes dan saudaranya Yakobus pernah bertanya kepada Yesus apakah mereka tidak sebaiknya mendatangkan api dari langit untuk menghanguskan sebuah desa Samaria tertentu; lihat Luk. 9:52 dst.). Petrus dan Yohanes akhirnya mengetahui bahwa karunia Roh Kudus yang diterima pada hari Pentakosta belum dialami oleh orang-orang Samaria yang sudah bertobat. Mereka telah menerima babtisan air tetapi bukan baptisan Roh. Jelas bagi kedua rasul itu bahwa iman orang-orang Samaria tersebut memang sungguh-sungguh. Karena itu mereka menumpangkan tangan di atas orang-orang tersebut, dan Roh Kuduspun turun atas mereka. Makna dari peristiwa ini telah menjadi pokok perdebatan, tetapi harus dikemukakan bahwa pada hari Pentakosta dan di rumah tangga Kornelius (Kis. 10), Roh Kudus diberikan tanpa penumpangan tangan. Karena itu adalah sewenang-wenang kalau orang memilih satu peristiwa ini dan menjadikannya hal yang harus dialami oleh semua orang Kristen, dan juga sewenang-wenang kalau orang bersikukuh bahwa ada baptisan khusus Roh sesudah orang memiliki iman yang menyelamatkan melalui penumpangan tangan oleh orang-orang yang telah mengalaminya. Makna dari peristiwa ini terletak pada kenyataan bahwa orang-orang ini adalah orang-orang Samaria. Inilah langkah pertama di mana gereja mematahkan belenggu ikatan Yahudinya dan bergerak menuju suatu persekutuan yang benar-benar meliputi seluruh dunia. Penumpangan tangan bukan hal yang diperlukan oleh orang Samaria; tetapi perlu bagi para rasul, agar mereka benar-benar yakin bahwa Allah memang sedang mematahkan berbagai hambatan dari sikap kesukuan dan menerima orang-orang berbangsa campuran ini di dalam persekutuan Gereja. Peristiwa ini bukan merupakan Pentakosta baru, melainkan perluasan dari Pentakosta kepada orang-orang Samaria.

Wycliffe: Kis 8:18-24 - terjerat dalam kejahatan 18-24. Keinginan Simon untuk membeli karunia-karunia Allah dengan uang telah dijawab Petrus dengan mengatakan, "Binasalah kiranya uangmu itu bersama d...

18-24. Keinginan Simon untuk membeli karunia-karunia Allah dengan uang telah dijawab Petrus dengan mengatakan, "Binasalah kiranya uangmu itu bersama dengan engkau ... jadi bertobatlah dari kejahatanmu." Tampaknya Simon benar-benar bertobat, tetapi kebiasaan hidup yang lama dan keadaan Simon yang terjerat dalam kejahatan (ay. 23) belum dipatahkan. Simon menjadi gemetar ketakutan dan memohon kepada para rasul untuk berdoa syafaat baginya dan memohon pengampunan Allah (ay. 24).

Wycliffe: Kis 8:25 - -- 25. Petrus dan Yohanes sekarang terlibat dalam suatu program penginjilan penuh semangat yang membawa mereka mengunjungi banyak desa di Samaria. Kemudi...

25. Petrus dan Yohanes sekarang terlibat dalam suatu program penginjilan penuh semangat yang membawa mereka mengunjungi banyak desa di Samaria. Kemudian, setelah menyelesaikan perjalanan ini, mereka kembali ke Yerusalem.

Wycliffe: Kis 8:26-40 - -- D. Pertobatan Sida-sida Etiopia (8:26-40). Lukas di sini mencatat langkah selanjutnya dari perluasan gereja di luar latar belakang Yahudinya dengan m...

D. Pertobatan Sida-sida Etiopia (8:26-40).

Lukas di sini mencatat langkah selanjutnya dari perluasan gereja di luar latar belakang Yahudinya dengan mengisahkan pertobatan sida-sida dari Etiopia yang mungkin sudah setengah meyakini kebenaran Yudaisme, sekalipun dia mungkin juga adalah orang Yahudi.

Wycliffe: Kis 8:26 - Gaza, // Jalan yang sunyi 26. Gaza, sebelumnya termasuk dalam lima kota orang Filistin terletak sekitar dua setengah mil dari laut. Kota ini dihancurkan pada tahun 93 M, tetapi...

26. Gaza, sebelumnya termasuk dalam lima kota orang Filistin terletak sekitar dua setengah mil dari laut. Kota ini dihancurkan pada tahun 93 M, tetapi dibangun kembali sekitar tiga puluh enam tahun kemudian di lahan batu yang lebih dekat dengan laut. Jalan yang sunyi mungkin mengacu kepada jalan yang mereka lalui itu atau, yang lebih mungkin, letak kota yang lebih tua.

Wycliffe: Kis 8:27 - Sri Kandake 27. Sida-sida dipekerjakan di istana-istana di dunia Timur sebagai pejabat yang berkedudukan tinggi. Sri Kandake. Bukan nama diri, melainkan gelar dar...

27. Sida-sida dipekerjakan di istana-istana di dunia Timur sebagai pejabat yang berkedudukan tinggi. Sri Kandake. Bukan nama diri, melainkan gelar dari sebuah jabatan istana. Raja Etiopia dianggap sebagai putera matahari sehingga terlalu suci untuk menjalankan berbagai fungsi pemerintahan secara aktual. Ibu Suri, yang dijuluki Sri Kandake yang melaksanakan kewajiban itu. Sida-sida ini mungkin adalah orang bukan Yahudi yang takut akan Allah atau setengah meyakini kebenaran Yudaisme. yang pergi ke Yerusalem untuk berziarah. Selaku sida-sida, dia tidak pernah dapat menjadi anggota umat Allah Perjanjian Lama (UI. 23:1), tetapi orang-orang semacam itu harus menerima Injil.

Wycliffe: Kis 8:28 - -- 28. Dengan naik kereta tertutup, yang mungkin ditarik sapi, dia sedang membaca terjemahan kitab nabi Yesaya.

28. Dengan naik kereta tertutup, yang mungkin ditarik sapi, dia sedang membaca terjemahan kitab nabi Yesaya.

Wycliffe: Kis 8:30 - -- 30. Orang-orang zaman dahulu biasanya membaca dengan keras, dan Filipus mendengar sida-sida itu membaca dari kitab Yesaya.

30. Orang-orang zaman dahulu biasanya membaca dengan keras, dan Filipus mendengar sida-sida itu membaca dari kitab Yesaya.

Wycliffe: Kis 8:32-33 - -- 32, 33. Nas Alkitab yang sedang dibacanya adalah Yesaya 53:7, 8. Nas itu melukiskan orang yang menderita dengan diam, yang tidak memperoleh keadilan, ...

32, 33. Nas Alkitab yang sedang dibacanya adalah Yesaya 53:7, 8. Nas itu melukiskan orang yang menderita dengan diam, yang tidak memperoleh keadilan, dan yang dibunuh.

Wycliffe: Kis 8:34 - -- 34. Sebelum Kristus datang orang-orang Yahudi mengerti bahwa nas ini berkaitan dengan Mesias dan bahwa penderitaan hamba Tuhan - itu merupakan nubuat ...

34. Sebelum Kristus datang orang-orang Yahudi mengerti bahwa nas ini berkaitan dengan Mesias dan bahwa penderitaan hamba Tuhan - itu merupakan nubuat tentang penderitaan Mesias mereka. Di kemudian hari ada sebagian orang yang menafsirkan hamba yang menderita ini sebagai sang nabi sendiri dan sebagian lain menafsirkannya sebagai bangsa Israel.

Wycliffe: Kis 8:35 - -- 35. Filipus menunjukkan kepada sida-sida itu bahwa nas tersebut adalah nubuat tentang Yesus. Ini mengingatkan kita pada ajaran Tuhan kita sendiri bahw...

35. Filipus menunjukkan kepada sida-sida itu bahwa nas tersebut adalah nubuat tentang Yesus. Ini mengingatkan kita pada ajaran Tuhan kita sendiri bahwa Dia datang untuk melayani dan menyerahkan nyawa-Nya sebagai tebusan bagi banyak orang (Mrk. 10:45).

Wycliffe: Kis 8:36 - -- 36. Di timur laut Gaza terdapat sebuah wadi atau lembah dengan air yang mengalir. Penjelasan Filipus tampaknya mencakup suatu tantangan untuk percaya ...

36. Di timur laut Gaza terdapat sebuah wadi atau lembah dengan air yang mengalir. Penjelasan Filipus tampaknya mencakup suatu tantangan untuk percaya kepada Yesus dan dibaptiskan. sebab sida-sida itu minta dibaptiskan oleh Filipus.

Wycliffe: Kis 8:37 - -- 37. Ayat ini tidak dijumpai di dalam naskah-naskah Yunani yang paling tua. Ayat ini ditambahkan kepada naskah kita pada masa permulaan dulu dan mencer...

37. Ayat ini tidak dijumpai di dalam naskah-naskah Yunani yang paling tua. Ayat ini ditambahkan kepada naskah kita pada masa permulaan dulu dan mencerminkan kebiasaan orang Kristen mula-mula untuk membaptiskan orang langsung setelah ia mengaku percaya kepada Yesus Kristus.

Wycliffe: Kis 8:38 - -- 38. Salah satu tulisan Kristiani abad pertama, yaitu Didakhe (sekitar tahun 125 M), mengatakan bahwa baptisan sebaiknya dilaksanakan di dalam air yang...

38. Salah satu tulisan Kristiani abad pertama, yaitu Didakhe (sekitar tahun 125 M), mengatakan bahwa baptisan sebaiknya dilaksanakan di dalam air yang mengalir apabila hal itu dimungkinkan.

Wycliffe: Kis 8:39-40 - Asdod // Lida // Yope // Kaisarea 39, 40. Kita tidak tahu apa yang selanjutnya terjadi pada sida-sida itu, tetapi tradisi mengatakan bawah dia menjadi seorang penginjil bagi bangsanya ...

39, 40. Kita tidak tahu apa yang selanjutnya terjadi pada sida-sida itu, tetapi tradisi mengatakan bawah dia menjadi seorang penginjil bagi bangsanya sendiri. Filipus kemudian mengunjungi Asdod yang terletak sekitar dua puluh mil di utara Gaza, dan kemudian mengadakan perjalanan di sepanjang pantai utara, memberitakan Injil di berbagai kota, mungkin termasuk di Lida dan Yope (9:32 dst.). Dia kemudian sampai di Kaisarea di mana dia rupanya tinggal menetap, sebab dia belakangan tercatat tinggal di situ (21:8). Kaisarea adalah kota orang bukan Yahudi dan tempat tinggal resmi para gubernur Romawi untuk Yudea.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kis 8:1-3 - Penganiayaan terhadap Jemaat Dalam pasal ini kita mendapati cerita tentang berbagai macam penganiayaan terhadap orang-orang Kristen, dan tersebarnya Kekristenan melalui pengan...

Matthew Henry: Kis 8:4-13 - Penyebaran Injil; Keberhasilan Filipus Penyebaran Injil; Keberhasilan Filipus ( Kis 8:4-13) Teka-teki Simson dipecahkan lagi di sini: Dari yang makan keluar makanan, dari yang kuat ke...

Matthew Henry: Kis 8:14-25 - Kisah Simon Si Tukang Sihir Kisah Simon Si Tukang Sihir ( Kis 8:14-25) Allah secara menakjubkan sudah mengakui Filipus dalam pekerjaannya sebagai seorang penginjil di Samari...

Matthew Henry: Kis 8:26-40 - Filipus dan Seorang Etiopia Filipus dan Seorang Etiopia ( Kis 8:26-40) Di sini kita mendapati kisah tentang seorang sida-sida dari Etiopia yang bertobat dan memeluk iman kep...

SH: Kis 7:54--8:3 - Martir perdana (Selasa, 30 Juni 2009) Martir perdana Seakan belum cukup umat Tuhan menyalibkan Yesus, kini mereka menambah dosa dengan membunuh seorang murid Tuhan. Kisah martir perda...

SH: Kis 7:54--8:3 - Memang seharusnya terjadi. (Jumat, 27 Juni 2003) Memang seharusnya terjadi. Bagian firman Tuhan yang baru saja kita baca ini merupakan salah satu kisah yang paling mengharukan. Ada beberapa h...

SH: Kis 7:54--8:3 - Berani mengatakan yang benar dan menyatakan yang salah. (Selasa, 8 Juni 1999) Berani mengatakan yang benar dan menyatakan yang salah. Banyak orang tidak mau memberikan peringatan apalagi mengatakan kesalahan mereka, demi...

SH: Kis 8:4-25 - Penginjilan secara utuh (Jumat, 24 Juli 2009) Penginjilan secara utuh Dari laporan Lukas, kita dapat menyimpulkan bahwa Simon, si tukang sihir, telah menjadi percaya melalui pelayanan Filipus...

SH: Kis 8:4-25 - Masih ada manusia lama. (Sabtu, 28 Juni 2003) Masih ada manusia lama. Kitab Kisah Para Rasul dapat pula kita sebut Kisah Karya Roh Kudus sebab pemeran utama kisah dalam kitab ini sebenarny...

SH: Kis 8:4-25 - Makin dibabat, makin merambat. (Rabu, 9 Juni 1999) Makin dibabat, makin merambat. Sejarah mengisahkan bahwa kekristenan berulang kali menghadapi tekanan, ancaman, hambatan bahkan penganiayaan. ...

SH: Kis 8:26-40 - Sampai ke ujung bumi (Minggu, 26 Juli 2009) Sampai ke ujung bumi Kalau kita membaca ulang Kis. 1:8, maka kita akan mendapati bahwa Injil harus disebarkan mulai dari Yerusalem, seluruh Yudea...

SH: Kis 8:26-40 - Pahami maksud-Nya. (Minggu, 29 Juni 2003) Pahami maksud-Nya. Pertemuan Filipus dengan sida-sida dari Etiopia merupakan bagian dari perjalanan misinya yang kedua. Pada perjalanan misi y...

SH: Kis 8:26-40 - Bimbingan untuk mengerti. (Kamis, 10 Juni 1999) Bimbingan untuk mengerti. Apa yang kita lakukan jika ada bagian Kitab Suci yang kita baca tidak kita mengerti? Sebagian orang berusaha mencari...

Utley: Kis 8:1 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 8:1a 1Saulus juga setuju, bahwa Stefanus mati dibunuh. Kis 8:1 "Saulus juga setuju, bahwa Stefanus mati dibunuh" ...

Utley: Kis 8:4-8 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 8:4-84 Mereka yang tersebar itu menjelajah seluruh negeri itu sambil memberitakan Injil. 5 Dan Filipus pergi ke suatu kota ...

Utley: Kis 8:9-13 - --NASKAH NASB (UPDATED):Kis 8: 9-139 Seorang yang bernama Simon sejak dahulu melakukan sihir di kota itu dan mentakjubkan rakyat Samaria, serta berlagak...

Utley: Kis 8:14-24 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 8:14-2414 Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah mendengar Firman Allah, mereka mengutus Petr...

Utley: Kis 8:25 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 8:2525 Setelah keduanya bersaksi dan memberitakan firman Tuhan, kembalilah mereka ke Yerusalem dan dalam perjalanannya itu ...

Utley: Kis 8:26-40 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 8:26-4026 Kemudian berkatalah seorang malaikat Tuhan kepada Filipus, katanya: "bangunlah dan berangkatlah ke sebelah selata...

Topik Teologia: Kis 8:1 - -- Gereja Gereja Yerusalem Kis 8:1 Kis 11:22 Kis 15:4 Penganiayaan Terhadap Orang Percaya Kis 8:1-3 Kis 13:49-50 1Te 3...

Topik Teologia: Kis 8:2 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab untuk Mencari Kebajikan dan Kualitas Pribadi Kesalehan ...

Topik Teologia: Kis 8:3 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Karakter Para Pendosa Para Pendosa Menghancurkan Maz 5:10 Maz 14:4 Maz 5...

Topik Teologia: Kis 8:4 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus

Topik Teologia: Kis 8:5 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis Pengusiran Iblis Pengenyahan Iblis Para Pengikut Yesus Mengusir Iblis ...

Topik Teologia: Kis 8:6 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Mujizat-mujizat sebagai Pemeliharaan Khusus dari Allah Tujuan Mujizat-mujizat Itu ...

Topik Teologia: Kis 8:7 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis Gereja Misi, Pelayanan dan Aktivitas Gerej...

Topik Teologia: Kis 8:9 - -- Gereja Sakramen / Ketetapan Gereja Ketetapan Baptisan Contoh-contoh Baptisan Orang Samaria Dibaptis Kis 8:9-12

Topik Teologia: Kis 8:12 - -- Yesus Kristus Nama Kristus Orang-orang Percaya Mengalami Banyak Hal di dalam Nama Yesus Orang-orang Percaya Berbicara, Berkhotbah,...

Topik Teologia: Kis 8:13 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Kedatangan dan Baptisan Roh Dimanifestasikan di dalam Kehidupan Orang Percaya Menyatuka...

Topik Teologia: Kis 8:14 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Natur Iman yang Menyelamatkan Iman yang Menyelamatkan...

Topik Teologia: Kis 8:16 - -- Yesus Kristus Tuhan Yesus Kis 7:59 Kis 8:16 Kis 11:20 Kis 15:11 Kis 16:31 Kis 20:21 1Ko 5:4-5 2Ko 11:31 Kol 3:17 1Te 4:1 2Te 1:...

Topik Teologia: Kis 8:17 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Natur Iman yang Menyelamatkan Iman yang Menyelamatkan...

Topik Teologia: Kis 8:18 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Kedatangan dan Baptisan Roh Dimanifestasikan di dalam Kehidupan Orang Percaya Menyatuka...

Topik Teologia: Kis 8:20 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Kedatangan dan Baptisan Roh Dimanifestasikan di dalam Kehidupan Orang Percaya Menyatuka...

Topik Teologia: Kis 8:21 - -- Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Natur Iman yang Menyelamatkan Iman yang Menyelamatkan adalah Lebih dari Sekadar Pemahaman Akal...

Topik Teologia: Kis 8:22 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

Topik Teologia: Kis 8:25 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap ...

Topik Teologia: Kis 8:26 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Para Malaikat Ayu 33:19-25 Dan 4:13-17 Dan 8:15-16 Dan 9:21-23 Dan 10:5-6,10-11 ...

Topik Teologia: Kis 8:27 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Tujuan Alkitab Kitab Suci adalah untuk Bacaan Ula 17:18-2...

Topik Teologia: Kis 8:29 - -- Roh Kudus Pribadi Roh Kudus Roh Memberi Arah Kepada Para Pemimpin Kis 8:29 Kis 13:2,4 Kis 16:6-10 Roh Menuntun ...

Topik Teologia: Kis 8:30 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa yang Berkenaan ...

Topik Teologia: Kis 8:36 - -- Gereja Sakramen / Ketetapan Gereja Ketetapan Baptisan Contoh-contoh Baptisan Sida-sida Etiopia Dibaptis Kis 8:36,38

Topik Teologia: Kis 8:37 - -- Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Objek dari Iman yang Menyelamatkan Kristus adalah Objek dari Iman yang Menyelamatkan Yoh 1:12 ...

Topik Teologia: Kis 8:38 - -- Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Objek dari Iman yang Menyelamatkan Kristus adalah Objek dari Iman yang Menyelamatkan ...

Topik Teologia: Kis 8:39 - -- Roh Kudus Sifat Ilahi Roh Kudus Roh yang Disamakan dengan Allah Relasi Roh dengan Pribadi-pribadi Allah Lainnya Roh dan ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui Kuasa Roh Kudus Tanggal Penulis...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) I. Pencurahan Roh Kudus (Kis 1:12-2:41) A. Persiapan untuk Perjanjian ...

Matthew Henry: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Dengan rasa puas hati yang melimpah kita sudah menyaksikan bagaimana dasar agama kita yang kudus dibangun di atas sejarah Juruselamat kita ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merupakan hanya satu karya saja, yang sekarang kiranya dapat diberi judul: "...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan langsung dari "Indjil ketiga" karangan ini be...

Wycliffe: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN KISAH PARA RASUL Judul. Judul kitab ini sebagaimana kita ketahui tidak menyatu dengan kitab yang aslinya, tetapi berasal dari abad kedua ...

Wycliffe: Kisah Para Rasul (Garis Besar) GARIS BESAR KISAH PARA RASUL PENDIRIAN DAN PERTUMBUHAN GEREJA I. Permulaan Gereja (1:1-2:47) A. Persiapan: pelayanan pasca-kebangki...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah

KISAH RASUL-RASUL

PENGANTAR

Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah menguraikan mengenai bagaimana pengikut-pengikut Yesus - dengan pimpinan Roh Allah - menyebarkan Kabar Baik tentang Yesus "di Yerusalem, di seluruh Yudea, di Samaria, dan sampai ke ujung bumi" (Kis 1:8). Buku ini adalah cerita tentang pergerakan Kristen yang dimulai di antara orang Yahudi lalu meluas menjadi suatu agama untuk seluruh dunia. Penulis buku ini merasa perlu pula meyakinkan para pembacanya bahwa orang-orang Kristen bukanlah suatu bahaya politik subversif terhadap kerajaan Roma, tetapi bahwa agama Kristen merupakan penyempurnaan agama Yahudi.

Kisah Rasul-rasul bisa dibagi dalam tiga bagian. Di dalam ketiga bagian itu nampak meluasnya wilayah di mana Kabar Baik tentang Yesus disiarkan dan gereja didirikan:

  1. (1) permulaan pergerakan Kristen di Yerusalem setelah Yesus terangkat naik ke surga;
  2. (2) perluasan ke daerah-daerah lain di Palestina; dan
  3. (3) perluasan yang lebih besar lagi ke negeri-negeri di sekitar Laut Tengah sampai sejauh Roma.

Satu hal yang khas dan penting dalam buku Kisah Rasul-rasul ini ialah pekerjaan Roh Allah yang datang dengan kuasa ke atas orang-orang percaya di Yerusalem pada hari Pentakosta. Di dalam seluruh peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam buku ini nyatalah bahwa Roh Allah itu terus-menerus memimpin dan menguatkan gereja beserta pemimpin-pemimpinnya. Berita yang diajarkan oleh agama Kristen pada masa-masa permulaan ini diringkaskan dalam sejumlah khotbah. Peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam buku ini menunjukkan pula betapa berkuasanya berita itu di dalam kehidupan orang-orang Kristen dan di dalam ikatan persaudaraan gereja.

Isi

  1.  Persiapan untuk pemberitaan
    Kis 1:1-26
    1. a. Perintah yang terakhir dan janji dari Tuhan Yesus
      Kis 1:1-14
    2. b. Pengganti Yudas
      Kis 1:15-26
  2.  Pemberitaan di Yerusalem
    Kis 2:1-8:3
  3.  Pemberitaan di Yudea dan Samaria
    Kis 8:4-12:25
  4.  Pelayanan Paulus
    Kis 13:1-28:31
    1. a. Perjalanan pertama untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 13:1-14:28
    2. b. Musyawarah di Yerusalem
      Kis 15:1-35
    3. c. Perjalanan kedua untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 15:36-18:22
    4. d. Perjalanan ketiga untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 18:23-21:16
    5. e. Paulus sebagai tahanan di Yerusalem, Kaisarea, dan Roma
      Kis 21:17-28:31

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-bangsa di dunia.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Seorang yang bernama Theofilus (Kis 1:1). (Dan kepada setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Kitab Para Rasul terbagi atas 28 pasal. Di dalam Kitab ini terdapat sejarah berdirinya Gereja Kristen, khotbah-khotbah para Rasul, penganiayaan terhadap umat Kristen, penginjilan kepada bangsa-bangsa lain, serta permulaan adanya sebutan Kristen.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kisah Para Rasul

  1. Pasal 1-5 (Kis 1:1-5:42).

    Pengajaran tentang kelahiran gereja Tuhan Yesus pertama kali

    Bagian ini menceritakan tentang amanat Tuhan Yesus yang diberikan kepada murid-murid-Nya sebelum Ia naik ke Sorga. Dan tentang orang-orang percaya setelah mendengar khotbah Rasul Petrus yang dikuasai oleh Roh Kudus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 1:8; 2:1-3,36-41. Nats ini menyatakan perkataan Tuhan Yesus bahwa murid-murid-Nya akan menerima kuasa setelah menerima Roh Kudus, dan perkataan Tuhan Yesus itu digenapi ketika Para Rasul berkumpul di Yerusalem. _Tanyakan_: Apakah saudara yakin sudah menerima Roh Kudus dan memiliki kuasa-Nya? Kalau sudah apakah yang harus saudara perbuat?
    2. Bacalah pasal Kis 2:41-47; 4:32-37.

      Nats ini menceritakan kehidupan orang-orang percaya pada abad pertama penuh dengan kasih terhadap sesama dan ketekunan dalam beribadah kepada Allah. _Tanyakan_: Bagaimanakah sifat saudara terhadap anggota gereja yang lain? Apakah saudara rajin ke Gereja, baca Alkitab dan berdoa?

  2. Pasal 6-12 (Kis 6:1-12:25).

    Pengajaran tentang perkembangan gereja yang berada dalam penganiayaan terhadap orang-orang percaya

    Orang-orang percaya di kota Yerusalem mengalami penganiayaan dari orang- orang Yahudi, sehingga mereka melarikan diri ke penjuru dunia. Tetapi di dalam segala penderitaan dan penganiayaan itu mereka tetap memberitakan Injil Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 7:54-60; 8:1-4. Nats-nats ini menceritakan bagaimana beratnya penderitaan dan aniaya yang dialami oleh orang-orang percaya, tetapi walaupun di dalam penderitaan dan aniaya itu mereka tetap setia beribadah dan memberitakan Injil. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap saudara kalau saudara diancam setelah masuk Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 9:1-22. Nats ini menceritakan tentang Saulus (Paulus) yang adalah seorang penganiaya orang-orang percaya, mengalami pertobatan dan akhirnya menjadi Rasul. Ini mengajarkan bahwa kuasa Tuhan Yesus dapat mengubah kehidupan seseorang yang sangat jahat sekalipun. _Tanyakan_: Sudahkah kehidupan saudara diubah oleh Tuhan Yesus menjadi kehidupan yang benar?
  3. Pasal 13-15 (Kis 13:1-15:41).

    Pengajaran tentang jemaat (gereja) setempat yang menginjil

    Bagian ini menjelaskan tentang kehidupan orang-orang percaya di kota Antiokhia, dan sebutan Kristen pertama kali diberikan kepada murid-murid Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 11:23-26. _Tanyakan_: Mengapa orang-orang percaya di Antiokhia disebut Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 13:1-6.

      Nats ini menceritakan tentang jemaat Antiokhia, yang mengirimkan penginjil-penginjil kepada bangsa-bangsa lain karena taat pada Roh Kudus. Ini mengajarkan pada setiap gereja untuk mempunyai beban penginjilan pada setiap orang yang belum mengenal Tuhan Yesus.

      _Tanyakan_: Apakah di gereja saudara mempunyai beban penginjilan?

  4. Pasal 16-28 (Kis 16:1-28:31).

    Pengajaran tentang nama Tuhan Yesus diberitakan ke seluruh dunia

    Dalam bagian ini, dijelaskan bagaimana Kasih Karunia Allah yang ada dalam Tuhan Yesus, diberitakan pada setiap suku bangsa, baik yang menjadi rakyat biasa, maupun yang menjadi tentara dan orang-orang istana.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kis 23:11. Ayat ini menyatakan tentang perkataan Tuhan Yesus kepada Paulus untuk bersaksi dengan penuh keberanian di kota Roma. Ini juga mengajarkan pada setiap orang Kristen tetap mempunyai keberanian untuk bersaksi kepada setiap orang.

    _Tanyakan_: Sudahkah saudara bersaksi dengan berani kepada setiap orang?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Kisah Para Rasul dapatlah diketahui bahwa perkembangan Gereja Tuhan Yesus dan Kasih Karunia Allah yang diberikan pada setiap bangsa mendapat tantangan dari kuasa dunia dan orang-orang yang tidak mau mengenal Allah. Tetapi melalui Kemahakuasaan-Nya, Tuhan Yesus mengalahkan semua kuasa dunia itu, dan Gereja tetap bertumbuh.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Kisah Para Rasul?
  2. Dengan kuasa apakah Rasul Paulus berkhotbah Yerusalem?
  3. Bagaimanakah kehidupan orang percaya pada abad pertama?
  4. Bagaimanakah beban penginjilan di jemaat Antiokhia?
  5. Dari manakah datangnya keberanian Rasul Paulus untuk bersaksi?

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Ku

Kisah tentang gereja yang bersaksi

SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?
Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Kudus, karena menceritakan apa yang terjadi setelah Roh Kudus turun atas para rasul pada hari Pentakosta. Lukas, satu-satunya penulis Perjanjian Baru yang bukan orang Yahudi, menulis Kisah para Rasul sebagai kelanjutan dari tulisan sebelumnya yakni Injil yang memakai namanya.

APAKAH ISI KITAB INI?
12 pasal pertama terutama meliput kegiatan rasul Petrus, sementara pasal-pasal selanjutnya sebagian besar tentang pekerjaan rasul Paulus. Yesus telah mengatakan kepada para murid-Nya bahwa apabila Roh Kudus turun ke atas mereka, mereka akan menjadi saksi-saksi-Nya. Kitab Kisah para Rasul memperlihatkan bagaimana hal ini digenapi. Dari kitab Kisah para Rasul, kita banyak sekali belajar tentang gereja mula-mula, suka dan dukanya, kemenangan dan kesusahannya, tetapi yang terpenting ialah perkembangan gereja yang dalam jangka waktu beberapa tahun sudah dibangun di seluruh dunia yang telah beradab. Kita tahu bahwa tabib Lukas adalah seorang sejarawan yang cermat dan kita boleh yakin bahwa dalam kitab ini kita memperoleh catatan yang benar tentang kekristenan yang mula-mula.

APA CIRI-CIRI UTAMANYA?
Kata 'saksi' dipakai lebih dari 30 kali, mengingatkan kita bahwa gereja yang sejati adalah gereja yang bersaksi dan setiap Kristen dipanggil untuk menjadi saksi. Sungguh menakjubkan bahwa hanya dalam satu generasi, orang-orang Kristen mula-mula ini telah mengabarkan Injil ke seluruh dunia yang sudah beradab. Kisah para Rasul merupakan buku pedoman misi yang terbaik yang pernah ditulis. Kisah para Rasul berakhir dengan tiba-tiba - seolah-olah tidak selesai. Suatu cara mengakhiri yang tepat, karena gereja yang bersaksi harus terus maju sampai Kristus datang kembali. Kitab-kitab Injil memperlihatkan apa yang mulai dilakukan oleh Kristus ketika Ia ada di dunia dan Kisah para Rasul menunjukkan apa yang dilakukan-Nya selanjutnya oleh Roh-Nya yang kudus melalui murid-murid-Nya. Kitab ini dimulai dengan pemberitaan Injil di Yerusalem, ibu kota agama bangsa Yahudi; diakhiri dengan pemberitaan Injil di kota Roma, ibu kota dari dunia yang beradab pada waktu itu.

KAPAN KITAB INI DITULIS?
Hampir dapat dipastikan bahwa tabib Lukas menulis Kisah para Rasul pada awal atau pertengahan tahun enam puluhan abad pertama - pada akhir masa dua tahun hukuman penjara rasul Paulus di Roma. Kitab itu mencakup masa dari pendirian gereja di Yerusalem sampai masa hukuman penjara rasul Paulus di Roma - yaitu kurang lebih tiga puluh tahun

Pesan

1. Gereja menanti dan menerIma kuasa Roh Kudus.
o Amanat agung diulangi. Kis 1:8
o Tuhan yang bangkit naik ke surga. Kis 1:9
o Para rasul berdoa. Kis 1:14
o Roh yang dijanjikan diberikan. Kis 2:4
o Disusul dengan khotbah yang penuh kuasa. Kis 2:37

2. Gereja mempertunjukkan persekutuan Kristen.
o Dalam kehidupan bersama. Kis 2:44; 4:32
o Dalam ibadah bersama. Kis 2:46

3. Gereja segera mengalami baik kemenangan maupun kesusahan.
o Penyembuhan orang lumpuh. Kis 3:2
o Penipuan Ananias dan Safira. Kis 5:1

4. Gereja mengangkat 'para pejabat' yang pertama -'Kelompok Tujuh Orang' (Kis 6:3).

5. Martir pertama gereja - Stefanus (Kis 7:60).

6. Gereja menerima seorang petobat baru yang luar biasa - Saulus dari Tarsus (Kis 9:1-19).

7. Gereja membuktikan kuasa doa.
o Persekutuan doa yang membuka pintu penjara. Kis 12:5

8. Gereja mengadakan sidangnya yang pertama yang di dalamnya kebebasan orang
bukan Yahudi dilindungi (Kis 15:19).

Penerapan

1.Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita apa yang harus dilaksanakan oleh gereja Perjanjian Baru:
o Pengajaran
o Persekutuan
o Pemecahan roti
o Kebaktian (doa-doa)

2. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya persekutuan Kristen itu:
o Saling berbagi hidup dan memperhatikan

3. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya pekerjaan misi dilaksanakan:
o Oleh setiap orang yang dipanggil oleh Allah - bukan suatu golongan elit tertentu
o Di bawah pimpinan Roh Kudus
o Mengunjungi tempat-tempat yang strategis

4. Kisah para Rasul mengingatkan kita bahwa Kristen yang sungguh-sungguh sekalipun, kadang-kadang berbeda pendapat dan berpisah.
o Paulus dan Barnabas mengambil sikap yang berbeda terhadap Yohanes Markus ketika ia meninggalkan mereka, tetapi perbedaan ini kemudian dipulihkan.

5. Kisah para Rasul memperkenalkan kita kepada para pemimpin pertama yang diangkat dalam gereja Kristen dan memberitahukan kepada kita apa persyaratan mereka.

Tema-tema Kunci

1. Bersaksi.
Kata Yunani yang diterjemahkan menjadi 'saksi' berhubungan dengan kata 'martir'.
Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita betapa tinggi harga yang harus dibayar
dalam bersaksi - Stefanus harus membayar dengan nyawanya dan kesaksian Petrus
dan Paulus menyebabkan mereka dipenjarakan.
Carilah ayat-ayat lain yang mengandung kata' saksi'. Bandingkan siksaan yang
diterima oleh Stefanus dengan kematian Kristus di kayu salib (Luk. 23:34; Kis. 7:60).

2. Pertobatan.
Kisah para Rasul mencatat sejumlah peristiwa pertobatan yang unik. Keempat
contoh di bawah ini memperlihatkan bagaimana Allah membawa laki-laki dan
perempuan kepadaNya dengan berbagai cara: O Sida-sida dari Etiopia yang dibawa
kepada Kristus melalui pembacaan Kitab Suci (Kis 8:30).
o Saulus dari Tarsus, yang hidupnya berubah secara tiba-tiba dan dramatis (Kis 9:1-19).
o Lidia, wanita yang taat beribadah, yang telah siap menerima Injil (Kis 16:14).
o Kepala penjara Filipi yang mencari keselamatan karena didorong oleh rasa takut
(Kis 16:29, 30).
Carilah ayat-ayat yang berhubungan dengan keempat pertobatan di atas serta
bandingkanlah cara-cara yang Allah pakai waktu itu dan sekarang untuk membawa
orang kepada-Nya.

3.Tim penginjilan.
Kita melihat di dalam Kisah para Rasul pola kerja misionaris. Paulus tidak saja
menetapkan tempat-tempat yang strategis dan berusaha menyebarkan kabar baik di
daerah sekelilingnya, tetapi ia juga mempunyai rekan penolong.

Perhatikanlah kampanye Paulus yang berbeda-beda dalam perjalanan misionarisnya
yang tercatat dalam Kisah para Rasul.

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya: Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus Kis 1:12-14Para murid yang menanti Kis 1:15-2

[1] PENGANTAR Kis 1:1-26

Masa empat puluh hari dan sesudahnya:

Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus
Kis 1:12-14Para murid yang menanti
Kis 1:15-26Penggantian Yudas

[2] BERSAKSI DI YERUSALEM Kis 2:1-7:60

Kis 2:1-47Kuasa diberikan dan khotbah penuh kuasa
Kis 3:1-26Mukjizat pertama yang dicatat dalam gereja mula-mula
Kis 4:1-31Timbulnya kaum oposisi
Kis 4:32-5:16Berkat dan cela
Kis 5:17-42Lebih menaati Allah daripada manusia
Kis 6:1-7:60Martir Kristen pertama

[3] BERSAKSI DI SAMARIA Kis 8

[4] BERSAKSI DI TEMPAT YANG LEBIH JAUH Kis 9:1-13:3

Kis 9Pertobatan yang luar biasa
Kis 10:1-11:30Mata Petrus terbuka
Kis 12:1-25 Petrus ditangkap
Kis 13:1-3Paulus dan Barnabas diutus

[5] BERSAKSI SAMPAI KE UJUNG DUNIA Kis 13:4-28:31

Kis 13:4-15:35Perjalanan misionaris yang pertama

o Siprus (Kis 13:4-12)

o Perga (Kis 13:13)

o Pisidia Antiokhia (Kis 13:14-52)

o Ikonium (Kis 14:1-6)

o Listra (Kis 14:6-20)

o Derbe (Kis 14:20-21)

o Sidang di Yerusalem (Kis 15:1-35)

Kis 15:36-18:22Perjalanan misionaris yang kedua

o Paulus dan Barnabas berpisah (Kis 15:36-41)

o Paulus mengunjungi Listra (Kis 16:1-3)

o Berbagai kota di Asia Kecil (Kis 16:4-11)

o Filipi (Kis 16:12-40)

o Tesalonika (Kis 17:1-9)

o Berea (Kis 17:10-14)

o Atena(Kis 17:15-34)

o Korintus (Kis 18:1-17)

o Kembali ke Antiokhia
Kis 18:23-21:17Perjalanan misionaris yang ketiga

o Paulus mengunjungi Efesus (Kis 18:23-19:40)

o Berangkat ke Yerusalem (Kis 20:1-16)

o Berpidato di depan para penatua di Efesus (Kis 20:17-38)

o dan akhirnya tiba di Yerusalem (Kis 21:1-17)

Kis 21:18-28:3Paulus berhadapan dengan para penguasa

o Didakwa dan ditangkap (Kis 21:18-40)

o Membela diri (Kis 22-26)

o Dalam perjalanan ke Roma (Kis 27:1-28:15)

o Paulus masih berkhotbah (Kis 28:16-31)

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #10: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab menjadi per baris atau paragraf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.91 detik
dipersembahkan oleh YLSA