Daftar Isi
GREEK: 2268 Hsaiav Hesaias
HEBREW: 3470 hyevy Y@sha`yah or whyevy Y@sha`yahuw
YOPPI: 2268
BARCLAY: 2268
HAAG: Yesaya
KECIL: Yesaya
TOKOH: Yesaya
BIOTOKOH PL: YESAYA
BROWNING: YESAYA
ENSIKLOPEDIA: YESAYA

Yesaya

(1) keselamatan dari Yehovah. Yes 1:1; Mat 3:3 (2) 1Taw 3:21 (3) 1Taw 25:3.

Yunani

Strongs #2268: Hsaiav Hesaias

Isaiah = "Jehovah's help"

1) a famous Hebrew prophet who prophesied in the reigns of Uzziah,
Jotham, Ahaz, and Hezekiah

2268 Hesaias hay-sah-ee'-as

of Hebrew origin (3470); Hesaias (i.e. Jeshajah), an Israelite: KJV -- Esaias.
see HEBREW for 03470

Ibrani

Strongs #03470: hyevy Y@sha`yah or whyevy Y@sha`yahuw

Isaiah or Jesaiah or Jeshaiah = "Jehovah has saved"

1) the major prophet, son of Amoz, who prophesied concerning Judah and
Jerusalem during the days of kings Uzziah, Jotham, Ahaz, and Hezekiah
of Judah; author of the prophetic book by his name; tradition has it
that he was sawn asunder in the trunk of a carob tree by king
Manasseh and that this is the incident referred to in Heb 11:37
2) son of Hananiah, brother of Pelatiah, and grandson of Zerubbabel
3) a Benjamite
4) one of the 6 sons of Jeduthun
5) son of Rehabiah, a descendant of Moses through Gershom, and an
ancestor of a Levite treasurer in the time of David
6) son of Athaliah and chief of the house of Elam who returned with Ezra
7) a chief of the descendants of Merari who returned with Ezra

3470 Ysha`yah yesh-ah-yaw'

or Yshayahuw {yesh-ah-yaw'-hoo}; from 3467 and 3050; Jah has saved; Jeshajah, the name of seven Israelites: KJV -- Isaiah, Jesaiah, Jeshaiah.
see HEBREW for 03467
see HEBREW for 03050

[Yoppi]

Strongs #02268:

Yesaya

[Barclay]

Strongs #2268:

ou [maskulin] Yesaya

Yesaya [haag]

Yesaya. (Bhs. Ibr.: Yahwe Adalah Penyelamat).

  1. (I). Ia adalah yang pertama dari antara para nabi besar. Putera Amos yang tidak dikenal. Pada tahun 738, yaitu tahun raja Azarya meninggal, ia terpanggil menjadi nabi (2Taw 6:1). Nama-nama simbolik para puteranya ("suatu sisa berbalik" dan "Segera merampok hasil tergesa-gesa") dimaksudkan menjadi tanda dan ajaran bagi Isr. (2Taw 8:18). Nampaknya ia berasal dari Yerusalem. Sekurang-kurangnya mengenai bahasa, lukisan dan contoh-contoh ajarannya membuat orang memikirkan suatu lingkungan kota (Lukisan tentang pakaian 2Taw 1:18; perhiasan 2Taw 3:16-23; nyanyian 2Taw 5:1). Pada saat kecilnya, keadaan sedang aman dan makmur (2Taw 2:7,16), sedangkan pada waktu ia dipanggil, timbul perubahan (2Taw 6:11). Ia langsung tampil pada saat sesudah Amos dan Hosea (sambutan ancaman lawan orang-orang Asyur). Ia memperjuangkan keadilan sosial seperti Mikha, rekan sezamannya (Bdk.: Yes 2:2-3; 7:14; 11:1 dengan Mi 4:1-2; 5:2). Dalam tema utama pewartaannya tercerminlah zaman yang secara politis dipandang sangat penting bagi karya ~Y. Tema itu mengungkapkan masalah putusan Allah yang sudah berada di ambang pintu dan hanya suatu "sisa" belaka yang akan diselamatkan. Pada mereka akan terpenuhi janji Allah terhadap Daud. Pada saat Yerusalem dikepung (735 oleh Rezin dan Pekah, 701 oleh Sanherib), ~Y berupaya menguatkan semangat rakyat dan pemerintah (Yes 7:28-31,36-37). Mungkin sekali ia meninggal segera setelah tahun 701. Berita-berita Talmud tentang kematiannya selaku martir adalah sebuah cerita legendaris. -- Pada ~Y dipertalikan pekerjaan berikut:
    1. (1) Kitab Yesaya (Lihat II).
    2. (2) Kemartiran Yesaya, sebuah tulisan apokrif dari abad 1 sebelum Mas. Isinya mengisahkan 2Raj 21:1-18: ~Y ditangkap dan digergaji oleh Manasye. Tulisan itu menunjukkan suatu sikap menghormati para martir pada zaman Makabe.
    3. (3) Yesaya mekrad. Sebuah apokrif kristen. Barangkali ditulis pada abad 2. Mengungkapkan pengaruh-pengaruh Doketisme (Yes 11:8-10). Penting untuk ajaran mengenai malaekat dan Tritunggal.
    4. (4) Penglihatan Yesaya. Sebuah tambahan kristen pada (2). Memperbincangkan soal wafat dan kebangkitan Yesus, tentang pewartaan Injil dan kemunduran Gereja, tentang pengejaran oleh Antikristus dan tentang kekalahan antikristus oleh Yesus. Penetapan tanggal dari tulisan itu tidak jelas. Barangkali dalam abad 1 atau 2.
  2. (II). (KITAB) Yesaya.
    1. (1) Bentuk naskah. Ditinjau dari bahannya, kitab ~Y dapat dibagi menjadi dua bagian (1-35 dan 40-66). Kedua bagian itu dipisahkan satu sama lain oleh berita-berita tentang Hizkia (36-39). Hanya bab 1-35 dapat dikaitkan dengan nabi ~Y. Bab 40-66 digolongkan pada --> Deutero-Yesaya, Trito-~Y. Sebetulnya bab 1-35 juga tidak menunjukkan sebuah kesatuan yang satu dan utuh, melainkan merupakan sebuah kumpulan ucapan nabiah.
    2. (2) (KITAB) YESAYA.
    3. (1) Bentuk naskah. Sejarah yang mendahului terjadinya naskah itu sukar ditentukan. Kebanyakan nubuat berasal dari ~Y sendiri, seperti yang terbukti dari hubungan yang begitu erat dengan perang Asyur. Sudah dapat dipastikan, bahwa ada tambahan dan sisipan yang terjadi di waktu kemudian seperti Yes 13:1-14:23 (kehancuran Babilon), bab 24-27 (perihal Wahyu ~Y) dan bab 34-35, yang telah menuntut adanya pembuangan.
    4. (2) Perihal isi Kitab~Y. Sesudah prolog (Bab 1) dan nubuat-nubuat mengenai Sion (Yes 2:1-5:30) dimulailah bagian riwayat hidup ~Y (Yes 6:1-9:7) dan peristiwa penggaliannya. Inti dari bagian itu adalah nubuat-nubuat Emanuel. Selesai bagian itu, menyusullah nubuat ancaman melawan kerajaan utara dan melawan Asyur (Yes 9:7-10:34) dan sebuah janji Mesiah-Daud (Yes 11:1-12:6). Ancaman terhadap berbagai bangsa dan terhadap Yerusalem (Yes 13:1-23:18). Lukisan tentang sebuah kehancuran total (Yes 24:1-27:13) yang ditutup dengan ungkapan celaka terhadap Yehuda dan Yerusalem (Yes 28:1-31:9) serta janji tentang kehormatan yang tetap (Yes 32:1-35:10).
    5. (3) Theologi. Di dalam penglihatan perihal panggilan (6) ~Y mengalami ke-maha-kuasaan dan ke-maha-kudusan Yahwe. Ia suka melukiskan ke-mahakuasaan itu dalam hubungan dengan ciptaannya. Ia lebih senang memanggil Tuhan "Yahwe Bala tentara" (Yhwh sebaot Yes 1:9,24 dbtl) atau juga "Yang Mahakuat (pelindung) Israel" (Yes 1:24), yang di dalam kekuatannya dapat melemahkan pohon-pohon cemara Libanon dan pohon-pohon terbantin Basyan (Yes 2:13). Yahwe itu terutama adalah Tuhan atas bangsa-bangsa. Beliau memerintahkan mereka, menggunakan mereka sebagai alatnya untuk melaksanakan kehendakNya. Beliau juga membuang mereka dan meremukkan mereka, apabila mereka tidak lagi diperlukan (Yes 2:7,18-20; 10:5-19; 30:31-35). Meninjau rencana sejarah Allah yang bertujuan pengudusan Isr., maka dari pihak manusia hanya diperlukan iman tanpa syarat (Yes 7:9; 30:15). Pengudusan itu masih mengandung arah-tujuan negatip (putusan hakim), yang bukan hanya ditujukan kepada bangsa-bangsa (dipertentangkan apakah itu berasal dari ~Y, tetapi amsal-amsal ancaman lawan bangsa-bangsa mengambil tempat luas sekali pada ~Y), tetapi juga pada Isr. yang berdosa (Yes 1:2 dst; Yes 6:11-13; 7:16-24 dll.). Tujuan positif dari pengudusan adalah pembentukan sebuah kerajaan yang terang dan damai di dalam kerajaan rumah Daud (Yes 8:23-9:6). Orang telah salah mengakukan pada ~Y nubuat-nubuat penyelamat dalam buku ~Y yang berasal dari waktu kemudian. Tambah lagi ancaman Yes 7:14 ditangkap secara salah sebagai kata penyelamatan, sehingga sifat keselamatan dari nubuat-nubuat ~Y kebanyakan dinilai terlalu tinggi.

Yesaya [kecil]

KS.- [PL] pasal 2Raj 19:1-20:21; pasal Yes 6:1-13; 7:3; 8:3; 37:1-39:38
[PB] Mat 3:3; 4:14; 8:17; 12:17; 13:14; 15:7; Mr 1:2; Luk 3:4; 4:17; Yoh 1:23; 12:38-41; 8:28,30; 28:25; Rom 9:27-29; 10:16,20-21; 15:12

Yesaya [tokoh]

Yesaya

Nabi orang Yehuda; bernubuat dalam zaman Uzia, Yotam, Ahas dan Hizkia (Yes 1:1).

Panggilannya (dalam Yes 6:1-13).

Mengumumkan hukuman atas Ahas (dalam Yes 7:1-25), kelepasan dari Asyur ke Hizkia (dalam 2Raj 19:1-37; Yes 36:1-22; 37:1-38), kelepasan dari kematian ke Hezkia (dalam 2Raj 20:1-11; Yes 38:1-22).

Penulis riwayat sejarah Yehuda (2Taw 26:22; 32:32).

YESAYA [biotokoh pl]

Arti nama:KESELAMATAN DARI ALLAH.
AyahAmos - Yesaya 38:1.
IstriSeorang Nabiah - Yesaya 8:3.
Anak laki-lakiSear - Yasub dan Maher-Syalal-has-baz-Yesaya 7:3 ; 8:1,3 .
Disebut pertama2 Raja-raja 19:2.
Namanya disebut53 kali
Kitab yang menyebut9 buku : 2 Raja-raja, 2 Tawarikh, Yesaya, Matius, Markus, Lukas, Yohanes, Kisah Para Rasul, Roma.
PekerjaanNabi - 2 Raja-raja 19:2
Terakhir disebutRoma 15:12.
Fakta pentingIA NABI PERJANJIAN LAMA YANG TERBESAR.

YESAYA [browning]

Anak *Amos. Yesaya pada dasarnya warga Yerusalem. Ia menikah dan mempunyai dua orang anak laki-laki, atau barangkali tiga, yang diberi nama-nama simbolik (Yes. 7:3; 8:3). Ia memberi nasihat kepada empat raja *Yehuda di antara 740 dan 701 sM, pada waktu menghadapi ancaman serangan *Asyur. Yesaya mendesak mereka agar menghindari keterlibatan dengan bangsa asing.

YESAYA [ensiklopedia]

(Ibrani yesya'yahu, 'Yahweh adalah keselamatan'), putra Amos (Ibrani 'amots, harus dibedakan dari nabi Amos, Ibrani 'amos), tinggal di Yerusalem (Yes 7:1-3; 37:2).

Menurut tradisi Yahudi, dia berasal dari keluarga raja; berdasarkan cerita-cerita dan ucapan-ucapan ilahi dalam kitabnya, kadang-kadang disimpulkan bahwa bagaimanapun juga dia adalah keturunan bangsawan; tapi tidak ada kepastian mengenai hal ini.

Seperti nyata dalam pendahuluan Yes (1:1), dia bernubuat pada zaman Uzia (791/790-740/739 sM, Yotarn (740/739-732/731 sM), Ahas (735-716/715 sM), dan Hizkia (716/715-687/686 sM). (Kurun waktu pemerintahan ini disesuaikan dgn pendapat E. R Thiele.) Yesaya dipanggil menjadi nabi 'dalam tahun matinya raja Uzia' (6:1), yaitu thn 740/739 sM; penampilannya yg terakhir dapat dipastikan yakni pada waktu Sanherib menyerang Yerusalem thn 701 sM (atau kr 688 sM, jika diterima teori bahwa Sanherib mengepung Yerusalem dua kali). Menurut tradisi dia digergaji hancur remuk pada pemerintahan Manasye (lih Martyrdom of Isaiah, ps 5, yg ditulis lama kemudian sesudah zaman Yesaya); ada orang yg melihat hal ini teracu dalam Ibr 11:37, tapi pengacuan itu tidaklah pasti, dan tradisi itu nampaknya tidak mempunyai asas historis yg kuat. Mungkin sekali Yesaya hidup sampai pada pemerintahan Manasye; alpanya nama Manasye dalam Yes 1:1 mungkin berarti bahwa Yesaya tidak berperan di depan umum sesudah Manasye menjadi raja.

Yesaya menikah; istrinya disebut dalam 8:3, mungkin dia bernubuat juga Dua anaknya disebut, dan keduanya diberi nama simbolis (8:18) -- Shear Yasyub, 'Sisa itu akan kembali' (7:3) dan Maher-Syalal Hasy-Bas, 'Percepatlah merampas, bersegeralah merampok' (8:1-4).

Yesaya dan Mikha sezaman (bnd 1:1 dgn Mi 1:1). Aktivitas Yesaya didahului oleh aktivitas Amos dan Hosea (Am 1:1; Hos 1:1). Amos dan Hosea bernubuat terutama kepada suku-suku utara; Yesaya dan Mikha mengalamatkan nubuat mereka terutama ke Yehuda dan Yerusalem (Yes 1:1).

Pada paroan pertama abad 8, baik Israel pada pemerintahan Yerobeam II (kr 782-753 sM), maupun Yehuda pada pemerintahan Uzia, menikmati masa makmur raya. Keadaan ini sebagian besar adalah akibat lemahnya kerajaan Aram dan alpanya campur tangan Asyur di wilayah barat untuk jangka waktu yg agak lama. Pemerintahan Uzia boleh dikatakan sebagai masa paling makmur yg dikenal Yehuda, setelah kekacauan menimpa kerajaan itu sesudah kematian Salomo. Zaman Uzia dan Yotam kemakmuran dan kemewahan berkelimpahan di Yehuda; keadaan ini digambarkan dalam Yes 2-4.

Tapi naiknya Tiglat-Pileser III (745-727 sM) di takhta kerajaan, memacu Asyur kembali mengembangkan sayapnya di wilayah barat. Pekah dari Israel dan Rezin dari Aram membentuk koalisi anti-Asyur. Mereka berusaha memaksa Ahas dari Yehuda bergabung dengan mereka. Karena Ahas menolak, mereka mengancam akan menyingkirkannya dan menempatkan raja boneka menduduki takhta Ahas (734 sM). Tindakan Yesaya pada waktu ini diberitakan dalam ps 7. Ahas melakukan dosa kebodohan dengan meminta bantuan dari raja Asyur; akibatnya Yehuda menjadi negara satelit Asyur. Pada thn 732 sM Asyur merebut Damsyik dan mencaplok wilayah Israel bagian utara dataran Yizreel, dan membiarkan sisa daerah kerajaan Utara diperintah oleh Hosea, sebagai pengikut Asyur. Sewaktu Hosea memberontak, Salmaneser V (727-722 sM) mengepung Samaria, dan penggantinya, Sargon II (722-705 sM), merebut Samaria pada tahun ia naik takhta.

Sesudah peristiwa di atas, beberapa kali lagi gerakan kemerdekaan dilancarkan menentang kekuasaan Asyur. Pada peristiwa-peristiwa itu Yesaya -- yg untuk sementara waktu undur dan membatasi kegiatannya hanya di lingkungan kecil sesudah protesnya menentang politik luar negeri Ahas pada thn 734 sM tidak digubris (8:16 dab) -- tampil memperingatkan Yehuda karena terlibat dalam gerakan politik yg sama, khususnya pengandalan atas bantuan Mesir.

Menurut 14:29, pada tahun kematian Ahas, orang Filistin mengutus delegasi ke Yerusalem untuk menyusun persekutuan anti-Asyur; menentang kegiatan ini Yesaya kembali melancarkan peringatan (14:29-32).

Pada zaman Hizkia juga timbul gerakan-gerakan sejenis, khususnya menonjol pemberontakan Asdod, yg dipatahkan pada thn 711 sM, sewaktu orang Asyur mengepung dan merebut Asdod (bnd Yes 20:1). Yehuda dan Mesir terlibat dalam pemberontakan ini. Mungkin sekali bahwa tarikh Yes 18 adalah waktu ini; pada waktu itu suatu dinasti Etiopia memerintah di Mesir. Setelah Sargon meninggal pemberontakan-pemberontakan timbul menentang penerusnya, Sanherib (705-681 sM). Yehuda adalah salah satu negara yg memberontak itu, dan pemberontakan itu memancing Sanherib thn 701 sM menyerbu Yehuda dan mengepung Yerusalem. Berbagai ucapan ilahi dalam ps 28-31 boleh jadi bertarikh 705-701 sM, termasuk tempelakan mengandalkan Mesir dalam 30:1-7; 31:1-3. Ps 36 dan 37 mencatat ancaman Sanherib terhadap Yerusalem, pembebasan Yerusalem dan aktivitas Yesaya selama waktu bahaya ini. Ps 38 dan 39, yg mungkin berhubungan dengan periode yg sama, melaporkan Hizkia sakit dan kesembuhannya, juga utusan dari Merodakh-Baladan (*MERODAKH-BALADAN). NHR/AL/HAO

[+] Bhs. Inggris



TIP #22: Untuk membuka tautan pada Boks Temuan di jendela baru, gunakan klik kanan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.09 detik
dipersembahkan oleh YLSA