kecilkan semua  

Teks -- 1 Samuel 9:1--10:16 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Saul diurapi menjadi raja
9:1 Ada seorang dari daerah Benyamin, namanya Kish bin Abiel, bin Zeror, bin Bekhorat, bin Afiah, seorang suku Benyamin, seorang yang berada. 9:2 Orang ini ada anaknya laki-laki, namanya Saul, seorang muda yang elok rupanya; tidak ada seorangpun dari antara orang Israel yang lebih elok dari padanya: dari bahu ke atas ia lebih tinggi dari pada setiap orang sebangsanya. 9:3 Kish, ayah Saul itu, kehilangan keledai-keledai betinanya. Sebab itu berkatalah Kish kepada Saul, anaknya: "Ambillah salah seorang bujang, bersiaplah dan pergilah mencari keledai-keledai itu." 9:4 Lalu mereka berjalan melalui pegunungan Efraim; juga mereka berjalan melalui tanah Salisa, tetapi tidak menemuinya. Kemudian mereka berjalan melalui tanah Sahalim, tetapi keledai-keledai itu tidak ada; kemudian mereka berjalan melalui tanah Benyamin, tetapi tidak menemuinya. 9:5 Ketika mereka sampai ke tanah Zuf, berkatalah Saul kepada bujangnya yang bersama-sama dengan dia: "Mari, kita pulang. Nanti ayahku tidak lagi memikirkan keledai-keledai itu, tetapi kuatir mengenai kita." 9:6 Tetapi orang ini berkata kepadanya: "Tunggu, di kota ini ada seorang abdi Allah, seorang yang terhormat; segala yang dikatakannya pasti terjadi. Marilah kita pergi ke sana sekarang juga, mungkin ia dapat memberitahukan kepada kita tentang perjalanan yang kita tempuh ini." 9:7 Jawab Saul kepada bujangnya itu: "Tetapi kalau kita pergi, apakah yang kita bawa kepada orang itu? Sebab roti di kantong kita telah habis, dan tidak ada pemberian untuk dibawa kepada abdi Allah itu. Apakah yang ada pada kita?" 9:8 Jawab bujang itu pula kepada Saul: "Masih ada padaku seperempat syikal perak; itu dapat aku berikan kepada abdi Allah itu, maka ia akan memberitahukan kepada kita tentang perjalanan kita." 9:9 -- Dahulu di antara orang Israel, apabila seseorang pergi menanyakan petunjuk Allah, ia berkata begini: "Mari kita pergi kepada pelihat," sebab nabi yang sekarang ini disebutkan dahulu pelihat. -- 9:10 Kemudian berkatalah Saul kepada bujangnya itu: "Pikiranmu itu baik. Mari kita pergi." Maka pergilah mereka ke kota, ke tempat abdi Allah itu. 9:11 Ketika mereka naik jalan pendakian ke kota itu, mereka bertemu dengan gadis-gadis yang keluar hendak menimba air. Mereka bertanya kepada gadis-gadis itu: "Pelihat ada di sini?" 9:12 Jawab gadis-gadis itu kepada mereka: "Ya, ada, baru saja ia mendahului kamu, cepat-cepatlah sekarang. Ia datang ke kota hari ini, karena ada perjamuan korban untuk orang banyak di bukit pada hari ini. 9:13 Apabila kamu masuk ke kota, kamu akan segera menjumpainya, sebelum ia naik ke bukit untuk makan. Sebab orang banyak tidak akan makan, sebelum ia datang; karena dialah yang memberkati korban, kemudian barulah para undangan makan. Pergilah sekarang, sebab kamu akan menjumpainya dengan segera." 9:14 Maka naiklah mereka ke kota, dan ketika mereka masuk kota, Samuel yang berjalan keluar untuk naik ke bukit, berpapasan dengan mereka. 9:15 Tetapi TUHAN telah menyatakan kepada Samuel, sehari sebelum kedatangan Saul, demikian: 9:16 "Besok kira-kira waktu ini Aku akan menyuruh kepadamu seorang laki-laki dari tanah Benyamin; engkau akan mengurapi dia menjadi raja atas umat-Ku Israel dan ia akan menyelamatkan umat-Ku dari tangan orang Filistin. Sebab Aku telah memperhatikan sengsara umat-Ku itu, karena teriakannya telah sampai kepada-Ku." 9:17 Ketika Samuel melihat Saul, maka berfirmanlah TUHAN kepadanya: "Inilah orang yang Kusebutkan kepadamu itu; orang ini akan memegang tampuk pemerintahan atas umat-Ku." 9:18 Dalam pada itu Saul, datang mendekati Samuel di tengah pintu gerbang dan berkata: "Maaf, di mana rumah pelihat itu?" 9:19 Jawab Samuel kepada Saul, katanya: "Akulah pelihat itu. Naiklah mendahului aku ke bukit. Hari ini kamu makan bersama-sama dengan daku; besok pagi aku membiarkan engkau pergi dan aku akan memberitahukan kepadamu segala sesuatu yang ada dalam hatimu. 9:20 Adapun keledai-keledaimu, yang telah hilang tiga hari lamanya sampai sekarang, janganlah engkau kuatir, sebab telah diketemukan. Tetapi siapakah yang memiliki segala yang diingini orang Israel? Bukankah itu ada padamu dan pada seluruh kaum keluargamu?" 9:21 Tetapi jawab Saul: "Bukankah aku seorang suku Benyamin, suku yang terkecil di Israel? Dan bukankah kaumku yang paling hina dari segala kaum suku Benyamin? Mengapa bapa berkata demikian kepadaku?" 9:22 Sesudah itu Samuel mengajak Saul dan bujangnya, dibawanya ke pendopo dan diberikannya kepada mereka tempat utama di depan para undangan, yang banyaknya kira-kira tiga puluh orang. 9:23 Berkatalah Samuel kepada juru masak: "Berikanlah sekarang bagian yang kuberikan kepadamu tadi, dengan pesan: Simpanlah ini dahulu." 9:24 Lalu juru masak itu menghidangkan paha dan apa yang termasuk ke situ dan meletakkannya ke depan Saul. Dan Samuel berkata: "Lihat, yang tinggal ini diletakkan ke depanmu; makanlah, sebab telah disimpan bagimu untuk perayaan ini, ketika aku berkata: Aku telah mengundang orang banyak." Demikianlah pada hari itu Saul makan bersama-sama dengan Samuel. 9:25 Sesudah itu turunlah mereka dari bukit ke kota. Dan Samuel bercakap-cakap dengan Saul di atas sotoh. 9:26 Mereka bangun pagi-pagi, dan ketika fajar menyingsing, Samuel memanggil Saul yang ada di atas sotoh itu, katanya: "Bangunlah, aku akan mengantarkan engkau." Lalu Saul bangun dan mereka keduanya pergi ke luar, yakni ia dan Samuel. 9:27 Ketika mereka turun sampai ke ujung kota, berkatalah Samuel kepada Saul: "Katakanlah kepada bujang itu, supaya ia pergi mendahului kita, tetapi berhentilah engkau sebentar, maka aku akan memberitahukan kepadamu firman Allah." 10:1 Lalu Samuel mengambil buli-buli berisi minyak, dituangnyalah ke atas kepala Saul, diciumnyalah dia sambil berkata: "Bukankah TUHAN telah mengurapi engkau menjadi raja atas umat-Nya Israel? Engkau akan memegang tampuk pemerintahan atas umat TUHAN, dan engkau akan menyelamatkannya dari tangan musuh-musuh di sekitarnya. Inilah tandanya bagimu, bahwa TUHAN telah mengurapi engkau menjadi raja atas milik-Nya sendiri: 10:2 Apabila engkau pada hari ini pergi meninggalkan aku, maka engkau akan bertemu dengan dua orang laki-laki di dekat kubur Rahel, di daerah Benyamin, di Zelzah. Mereka akan berkata kepadamu: Keledai-keledai yang engkau cari itu telah diketemukan; dan ayahmu tidak memikirkan keledai-keledai itu lagi, tetapi ia kuatir mengenai kamu, katanya: Apakah yang akan kuperbuat untuk anakku itu? 10:3 Dari sana engkau akan berjalan terus lagi dan sampai ke pohon tarbantin Tabor, maka di sana engkau akan ditemui oleh tiga orang laki-laki yang naik menghadap Allah di Betel; seorang membawa tiga ekor anak kambing, seorang membawa tiga ketul roti dan yang lain lagi sebuyung anggur. 10:4 Mereka akan memberi salam kepadamu dan memberikan kepadamu dua ketul roti yang akan kauterima dari mereka. 10:5 Sesudah itu engkau akan sampai ke Gibea Allah, tempat kedudukan pasukan orang Filistin. Dan apabila engkau masuk kota, engkau akan berjumpa di sana dengan serombongan nabi, yang turun dari bukit pengorbanan dengan gambus, rebana, suling dan kecapi di depan mereka; mereka sendiri akan kepenuhan seperti nabi. 10:6 Maka Roh TUHAN akan berkuasa atasmu; engkau akan kepenuhan bersama-sama dengan mereka dan berubah menjadi manusia lain. 10:7 Apabila tanda-tanda ini terjadi kepadamu, lakukanlah apa saja yang didapat oleh tanganmu, sebab Allah menyertai engkau. 10:8 Engkau harus pergi ke Gilgal mendahului aku, dan camkanlah, aku akan datang kepadamu untuk mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan. Engkau harus menunggu tujuh hari lamanya, sampai aku datang kepadamu dan memberitahukan kepadamu apa yang harus kaulakukan." 10:9 Sedang ia berpaling untuk pergi meninggalkan Samuel, maka Allah mengubah hatinya menjadi lain. Dan segala tanda-tanda yang tersebut itu terjadi pada hari itu juga. 10:10 Ketika mereka sampai di Gibea dari sana, maka bertemulah ia dengan serombongan nabi; Roh Allah berkuasa atasnya dan Saul turut kepenuhan seperti nabi di tengah-tengah mereka. 10:11 Dan semua orang yang mengenalnya dari dahulu melihat dengan heran, bahwa ia bernubuat bersama-sama dengan nabi-nabi itu; lalu berkatalah orang banyak yang satu kepada yang lain: "Apakah gerangan yang terjadi dengan anak Kish itu? Apa Saul juga termasuk golongan nabi?" 10:12 Lalu seorang dari tempat itu menjawab: "Siapakah bapa mereka?" -- Itulah sebabnya menjadi peribahasa: Apa Saul juga termasuk golongan nabi? 10:13 Setelah habis ia kepenuhan seperti nabi, pulanglah ia. 10:14 Dan paman Saul berkata kepadanya dan bujangnya: "Dari mana kamu?" Jawabnya: "Mencari keledai-keledai itu, tetapi ketika tidak terlihat, maka kami pergi kepada Samuel." 10:15 Kemudian paman Saul itu berkata: "Coba ceritakan kepadaku apa yang dikatakan Samuel kepada kamu." 10:16 Kata Saul kepada pamannya itu: "Terus saja diberitahukannya kepada kami, bahwa keledai-keledai itu telah diketemukan." Tetapi perihal menjadi raja yang telah dikatakan Samuel kepadanya, tidak diceritakan kepadanya.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abiel the grandfather of King Saul and Abner,a man who was one of David's military elite; an Arbathite
 · Afiah a man of Benjamin who was an ancestor of King Saul
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Bekhorat son of Aphiah, a Benjaminite; forefather of King Saul
 · Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Betel a town of Benjamin bordering Ephraim 18 km north of Jerusalem
 · Efraim the tribe of Ephraim as a whole,the northern kingdom of Israel
 · Filistea the country of the Philistines which was the coastal plain of southwestern Palestine
 · Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Gibea- a town of Judah 8 km north of Jerusalem, 5 km east of Gibeon (SMM)
 · Gibeat a town of Judah 8 km north of Jerusalem, 5 km east of Gibeon (SMM)
 · Gibeon a town of Benjamin pioneered by Jeiel of Benjamin
 · Gilgal a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum suku Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Kish the father of King Saul,son of Abiel of Benjamin; father of Saul,son of Jeiel of Benjamin; uncle of Kish the father of Saul,second son of Mahli (Merari Levi); recognized by King David as the only son through whom Mahli's clan was built,son of Abdi; one of the Levites of Merari that King Hezekiah assigned to supervise the cleansing of the temple,a man who was an ancestor of Mordecai; the father of Shimei
 · orang Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · orang Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Benyamin member(s) of the tribe of Benjamin
 · orang-orang Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Rahel a daughter of Laban; wife of Jacob; mother of Joseph and Benjamin,Jacob's favorite wife
 · Sahalim a region; the highlands of Ephraim
 · Samuel son of Ammihud; Moses' land distribution deputy for Simeon,son of Tola son of Issachar
 · Saul the sixth king of Edom,son of Simeon and a Canaanite woman,son of Uzziah of Kohath son of Levi


Topik/Tema Kamus: Saul | Samuel | Nabi | Penyanyi Pengembara | Suku Benyamin | Raja | Jamu, Perjamuan | Musik | Abiel | Hadiah | Salam | Roh | Roti | Meminyaki | Rumah | Bukit Pengorbanan | Perempuan | Uang | Urap, Pengurapan Yang Kudus | Tumpang, Tumpangan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Sam 9:9 - PELIHAT. Nas : 1Sam 9:9 Seorang pelihat (Ibr. _ro'eh_, "dia yang melihat") adalah seorang yang diberi kemampuan khusus oleh Allah untuk melihat dunia rohani...

Nas : 1Sam 9:9

Seorang pelihat (Ibr. _ro'eh_, "dia yang melihat") adalah seorang yang diberi kemampuan khusus oleh Allah untuk melihat dunia rohani atau melihat peristiwa-peristiwa yang akan datang (bd. ayat 1Sam 9:19; 2Sam 24:11; 2Taw 29:25; 35:15). Sering kali Allah menyatakan aneka peristiwa masa kini atau masa depan kepada seorang nabi melalui mimpi atau penglihatan (bd. Bil 12:6); jadi, ketika karunia nubuat jarang terlihat, maka diberitahu bahwa "penglihatan-penglihatan pun tidak sering" (1Sam 3:1). Kemudian dalam sejarah Israel nabi menjadi lebih terkemuka daripada seorang pelihat, karena tugas utama nabi adalah berbicara kepada umat perjanjian Allah mengenai apa yang dilihat atau yang didengarnya dari Allah mengenai kesetiaan mereka kepada Allah

(lihat art. NABI DI DALAM PERJANJIAN LAMA).

Full Life: 1Sam 10:1 - TUHAN TELAH MENGURAPI ENGKAU. Nas : 1Sam 10:1 Maksud dari pengurapan Saul ialah (1) untuk mempersembahkannya kepada Allah guna tugas khusus yang untuknya ia dipanggi...

Nas : 1Sam 10:1

Maksud dari pengurapan Saul ialah

  1. (1) untuk mempersembahkannya kepada Allah guna tugas khusus yang untuknya ia dipanggil, dan
  2. (2) untuk menyalurkan kepadanya kasih karunia dan karunia yang memungkinkan dia melaksanakan tugas yang dibebankan Allah kepadanya. "Orang yang diurapi Tuhan" menjadi istilah umum untuk raja Israel (1Sam 26:9; bd. 1Sam 12:3; Rat 4:20). Raja tertinggi yang diurapi Allah adalah Yesus, sang Mesias (Ibr. _mashiah_, "Dia yang Diurapi"), yang diurapi Allah dengan Roh Kudus (Yoh 1:32-33). Karena itu, semua pengikut Yesus harus diurapi dengan Roh Kudus yang sama (2Kor 1:21; 1Yoh 2:20) sebagai imam dan raja perjanjian yang baru (bd. 1Pet 2:5,9).

Full Life: 1Sam 10:5 - MEREKA SENDIRI AKAN KEPENUHAN SEPERTI NABI Nas : 1Sam 10:5 (versi Inggris NIV -- bernubuat seperti nabi). Kepenuhan seperti nabi ini (ayat 1Sam 10:6,10-11,13) mungkin sekali mencakup pujian ...

Nas : 1Sam 10:5

(versi Inggris NIV -- bernubuat seperti nabi). Kepenuhan seperti nabi ini (ayat 1Sam 10:6,10-11,13) mungkin sekali mencakup pujian kepada Allah melalui ucapan nubuat dan nyanyian yang diilhamkan Roh Kudus (bd. Bil 11:25).

Full Life: 1Sam 10:6 - MANUSIA LAIN. Nas : 1Sam 10:6 Allah mengubah sifat batin Saul melalui pengurapan-Nya dengan Roh Kudus (bd. ayat 1Sam 10:9). Perubahan ini tidak bersifat permanen...

Nas : 1Sam 10:6

Allah mengubah sifat batin Saul melalui pengurapan-Nya dengan Roh Kudus (bd. ayat 1Sam 10:9). Perubahan ini tidak bersifat permanen atau tanpa syarat, tetapi sesuatu yang dapat dipelihara hanya oleh ketaatan kepada Allah. Kemudian Saul menolak untuk taat kepada Allah sehingga, setelah itu Roh Kudus meninggalkannya (1Sam 13:13-14; 15:11; 16:14).

Full Life: 1Sam 10:9 - ALLAH MENGUBAH HATINYA. Nas : 1Sam 10:9 Saul memiliki banyak sekali karunia pemberian Allah untuk menolongnya melayani Allah dan Israel dengan cara yang benar. Ia memiliki...

Nas : 1Sam 10:9

Saul memiliki banyak sekali karunia pemberian Allah untuk menolongnya melayani Allah dan Israel dengan cara yang benar. Ia memiliki hati yang diubah, pemberian kuasa oleh Roh Kudus (ayat 1Sam 10:6), tubuh yang kuat (ayat 1Sam 10:23), sikap rendah hati (1Sam 9:21), dan bimbingan serta doa Samuel (1Sam 12:23-25). Perhatikan secara khusus karunia bernubuat (ayat 1Sam 10:10-31), yang menjadi tanda bahwa ia telah diurapi untuk menjadi raja. Sekalipun demikian, oleh kebebalannya sendiri segera Saul gagal untuk tetap setia kepada Allah dan firman-Nya (1Sam 13:13-14).

BIS: 1Sam 9:20 - yang paling ... ayahmu yang paling ... ayahmu: atau siapakah yang memiliki segala yang diingini orang Israel? Bukankah itu ada padamu dan pada seluruh keluargamu?

yang paling ... ayahmu: atau siapakah yang memiliki segala yang diingini orang Israel? Bukankah itu ada padamu dan pada seluruh keluargamu?

BIS: 1Sam 9:24 - -- Kemungkinan besar artinya: kusisihkan ... tamu-tamu lain.

Kemungkinan besar artinya: kusisihkan ... tamu-tamu lain.

BIS: 1Sam 9:25 - di atas rumah di atas rumah: Pada zaman itu bentuk atap rumah-rumah adalah datar, dan tidur di atas atap adalah hal yang biasa.

di atas rumah: Pada zaman itu bentuk atap rumah-rumah adalah datar, dan tidur di atas atap adalah hal yang biasa.

BIS: 1Sam 9:26 - lalu ia tidur Beberapa terjemahan kuno: lalu ia tidur; Ibrani: mereka bangun pagi-pagi.

Beberapa terjemahan kuno: lalu ia tidur; Ibrani: mereka bangun pagi-pagi.

BIS: 1Sam 10:1 - -- Beberapa terjemahan kuno: menjadi raja atas Israel... TUHAN telah memilih engkau. Kata-kata ini tak ada dalam bahasa Ibrani.

Beberapa terjemahan kuno: menjadi raja atas Israel... TUHAN telah memilih engkau. Kata-kata ini tak ada dalam bahasa Ibrani.

Jerusalem: 1Sam 8:1--12:25 - -- Kisah tentang terbentuknya pemerintahan berupa kerajaan di Israel ini memberitakan sebuah kejadian yang memutuskan perjanjian di Silo sudah hancur dan...

Kisah tentang terbentuknya pemerintahan berupa kerajaan di Israel ini memberitakan sebuah kejadian yang memutuskan perjanjian di Silo sudah hancur dan persatuan bangsa terancam oleh karena tekanan dari pihak orang Filistin semakin menghebat. Dengan mengulang tawaran yang pernah disampaikan kepada Gideon, Hak 8:22 dst, dan percobaan yang diadakan Abimelekh, Hak 9:1 dst, sebagian dari bangsa Israel menurut seorang raja "seperti ada pada bangsa-bangsa lain", padahal sebagian lainnya menentang usul itu karena berpendapat bahwa Tuhan sendiri, satu-satunya Penguasa di Israel, akan membangkitkan pemimpin-pemimpin manakala diperlukan, seperti dahulu diperbuatNya pada zaman para hakim. Tetapi kurang tepat kiranya berkata tentang "Kisah yang berhaluan anti-monarki" (dari kalangan mereka yang melawan lembaga kerajaan), (bab 1Sa 8; 10:17-24; 12)dan tentang "Kisah yang berhaluan monarki" (dari kalangan pendukung lembaga kerajaan), 1Sa 9:1-10:16:11. Memang ada dua macam tradisi yang berasal dari dua tempat kudus. Tetapi kedua tradisi itu sehaluan mengenai peranan kenegaraan dan keagamaan Samuel. Adapun jasa Samuel yang terbesar adalah: Ia memenangkan suatu lembaga kerajaan yang mempertahankan hak-hak Allah atas bangsa Israel. Cita-cita itu tercapai dalam pemerintahan Daud, setelah usaha Saul mengalami kegagalan. Kepercayaan Daud yang luhur berhasil mempersatukan segikeagamaan dan segi keduniaan yang ada pada lembaga kerajaan di Israel. Sebagai negara Daud tidak melalaikan kewajibannya sebagai orang yang diurapi Tuhan. Selanjutnya cita-cita itu tidak lagi tercapai oleh para pengganti Daud dalam jabatan raja. Maka Daudlah yang tetap lambang raja di masa mendatang, ialah "Orang yang diurapi oleh Tuhan", Mesias. Melalui Dialah Allah mengerjakan keselamatan umatNya.

Jerusalem: 1Sam 9:1--10:16 - -- Ceritera ini tidak berhubungan dengan yang sebenarnya. Kisah ini berasal dari Rama dan memberi kesan bahwa Saul diurapi menjadi raja di masa mudanya t...

Ceritera ini tidak berhubungan dengan yang sebenarnya. Kisah ini berasal dari Rama dan memberi kesan bahwa Saul diurapi menjadi raja di masa mudanya tetapi pengurapannya dirahasiakan sama seperti halnya dengan Daud, 1Sa 9:16. tetapi seorang raja selalu diurapi justru pada waktu ia mengambil alih kekuasaan. Sudah pasti bahwa Saul diurapi, 1Sa 24:7,11; 26:9; 26:9,11,16,23; 2Sa 1:14-15, dan mungkin sekali ia diurapi oleh Samuel. Tetapi hal-ihwal pengurapannya kita tidak mengetahuinya. Seluruh kisah ini berpusatkan Saul. Samuel tampil di dalamnya bukan sebagai hakim melainkan selaku nabi yang secara kebetulan bertemu dengan Saul. Lembaga kerajaan memang dikehendaki Tuhan. Sebab raja pertama dipilih Tuhan sendiri.

Jerusalem: 1Sam 9:2 - Saul Nama itu berarti: yang diminta (dari Tuhan).

Nama itu berarti: yang diminta (dari Tuhan).

Jerusalem: 1Sam 9:6 - kota ini Ialah Roma, kota Samuel, 1Sa 7:17.

Ialah Roma, kota Samuel, 1Sa 7:17.

Jerusalem: 1Sam 9:8 - berikan kepada abdi Allah Orang tidak pergi meminta petunjuk dari seorang nabi tanpa membawa hadiah baginya, Bil 22:7; 1Ra 14:3; 2Ra 4:42; 5:15; 8:8; bdk Ams 7:12; Mik 3:11; Ye...

Orang tidak pergi meminta petunjuk dari seorang nabi tanpa membawa hadiah baginya, Bil 22:7; 1Ra 14:3; 2Ra 4:42; 5:15; 8:8; bdk Ams 7:12; Mik 3:11; Yeh 13:19. Istilah "abdi Allah" menterjemahkan ungkapan Ibrani yang secara harafiah diterjemahkan: Orang Allah. Istilah ini sebagai sebutan seorang nabi agak jarang dipakai dan hanya terdapat dalam ceritera-ceritera (berupa prosa) yang tua. Istilah yang kuno itu menyebabkan bahwa dalam 1Sa 9:9 disisipkan sebuah keterangan yang sebaik-baiknya dibaca sesudah 1Sa 9:11.

Jerusalem: 1Sam 9:12 - di bukit Bukit itu ialah sebuah "bukit pengorbanan". Bukit pengorbanan itu ialah tempat beribadat di dekat sebuah kota. Bukit-bukit semacam itu sudah lazim dal...

Bukit itu ialah sebuah "bukit pengorbanan". Bukit pengorbanan itu ialah tempat beribadat di dekat sebuah kota. Bukit-bukit semacam itu sudah lazim dalam agama orang Kanaan. Itu diambil alih oleh orang Israel, tetapi mereka mengganti dewa Baal dengan Tuhan, Hak 6:25 dst. Lama sekali bukit-bukit pengorbanan itu dibiarkan saja oleh agama Israel yang resmi, 1Ra 3:4 dst. Tetapi akhirnya dilarang oleh hukum yang hanya mengizinkan satu tempat beribadat saja, Ula 12:2+.

Jerusalem: 1Sam 9:13 - para undangan makan Perjamuan suci (selamatan) adalah bagian hakiki korban keselamatan, bdk Ima 3:1+

Perjamuan suci (selamatan) adalah bagian hakiki korban keselamatan, bdk Ima 3:1+

Jerusalem: 1Sam 9:16 - sengsara umatKu Begitulah menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani terbaca umatKu. Bdk Kel 3:7,10.

Begitulah menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani terbaca umatKu. Bdk Kel 3:7,10.

Jerusalem: 1Sam 9:20 - ada padamu Untuk pertama kalinya Saul diberitahukan bahwa akan menjadi raja.

Untuk pertama kalinya Saul diberitahukan bahwa akan menjadi raja.

Jerusalem: 1Sam 9:21 - suku yang terkecil Ini menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani terbaca: salah satu suku yang terkecil

Ini menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani terbaca: salah satu suku yang terkecil

Jerusalem: 1Sam 9:21 - kaum suku Benyamin Ini menurut terjemahan-terjemahan Kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: kaum suku-suku Benyamin.

Ini menurut terjemahan-terjemahan Kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: kaum suku-suku Benyamin.

Jerusalem: 1Sam 9:24 - -- Ayat ini sukar dimengerti dalam naskah Ibrani dan nampaknya rusak. Di sini terjemahan dikira-kirakan saja.

Ayat ini sukar dimengerti dalam naskah Ibrani dan nampaknya rusak. Di sini terjemahan dikira-kirakan saja.

Jerusalem: 1Sam 9:25 - -- Dalam terjemahan Yunani ayat ini berbunyi sbb: Sesudah itu turunlah mereka dari bukit ke kota. Bagi Saul disiapkan tempat tidur di atas sotoh (26), la...

Dalam terjemahan Yunani ayat ini berbunyi sbb: Sesudah itu turunlah mereka dari bukit ke kota. Bagi Saul disiapkan tempat tidur di atas sotoh (26), lalu ia tidur.

Jerusalem: 1Sam 9:26--10:8 - -- Ini ceritera mengenai Saul yang diurapi menjadi raja. Memang raja-raja di Israel diurapi (dengan minyak zaitun) oleh seorang yang mempunyai hubungan k...

Ini ceritera mengenai Saul yang diurapi menjadi raja. Memang raja-raja di Israel diurapi (dengan minyak zaitun) oleh seorang yang mempunyai hubungan khusus dengan Allah, yaitu seorang nabi atau imam, bdk 1Sa 16:13; 1Ra 1:39; 2Ra 9:6; 11:12. Upacara itu menguduskan raja dan menjadikan wazir Tuhan Raja adalah "orang yang diurapi Tuhan", 1Sa 2:35; 24:7,11; 26:9,16; dan lihat Kel 30:22+.

Jerusalem: 1Sam 9:27 - mendahului kita Naskah Ibrani masih menambah: dan ia pergi mendahului.

Naskah Ibrani masih menambah: dan ia pergi mendahului.

Jerusalem: 1Sam 10:1 - Engkau akan memegang.... milikNya sendiri Bagian ayat ini diambil dari terjemahan Yunani. Itu hilang dari naskah Ibrani.

Bagian ayat ini diambil dari terjemahan Yunani. Itu hilang dari naskah Ibrani.

Jerusalem: 1Sam 10:2 - daerah Benyamin Yaitu pada perbatasan antara wilayah suku Benyamin dan wilayah suku Efraim. Saul datang dari wilayah Efraim. Di sini (dan dalam Yer 31:15) tercantum t...

Yaitu pada perbatasan antara wilayah suku Benyamin dan wilayah suku Efraim. Saul datang dari wilayah Efraim. Di sini (dan dalam Yer 31:15) tercantum tradisi tua mengenai kubur Rahel. Kemudian kubur itu dikatakan terletak di dekat Betlehem; dewasa ini masih demikian. Bdk sisipan dalam Kej 35:19.

Jerusalem: 1Sam 10:5 - Gibea Allah Ini nama Gibea yang lain: kota itu ialah kota asal Saul, 1Sa 10:10 dst; 1Sa 11:4; 15:34

Ini nama Gibea yang lain: kota itu ialah kota asal Saul, 1Sa 10:10 dst; 1Sa 11:4; 15:34

Jerusalem: 1Sam 10:5 - tempat kedudukan... Filistin Ini sebuah sisipan yang dalam naskah Ibrani kurang jelas. Sisipan ini menyiapkan 1Sa 13:3

Ini sebuah sisipan yang dalam naskah Ibrani kurang jelas. Sisipan ini menyiapkan 1Sa 13:3

Jerusalem: 1Sam 10:5 - nabi "Nabi-nabi" itu hidup berkelompok-kelompok dan menimbulkan ekstase dengan musik dan bergerak-gerak. Ekstase itu dapat menular menyergap orang lain, 1S...

"Nabi-nabi" itu hidup berkelompok-kelompok dan menimbulkan ekstase dengan musik dan bergerak-gerak. Ekstase itu dapat menular menyergap orang lain, 1Sa 19:20-24; 1Ra 22:10 dst. Bangsa-bangsa tetangga Israel juga mengenal hidup keagamaan yang agak primitip semacam itu (bdk "nabi-nabi" Baal, 1Ra 18:25-29) dan di Israel lama dibiarkan saja oleh agama resmi, 1Ra 18:4. nabi-nabi itu berhubungan dengan nabi Elisa, 2Ra 2:3+. Nabi-nabi besar di Israel lain sifatnya. Lihat Pengantar bagi kitab para Nabi.

Jerusalem: 1Sam 10:8 - Gilgal Ialah Gilgal yang di dekat Yerikho, bdk Yos 4:19+. 1Sa 10:8 ini adalah sebuah sisipan yang menyiapkan 1Sa 13:8-15, yang berasal dari sumber lain.

Ialah Gilgal yang di dekat Yerikho, bdk Yos 4:19+. 1Sa 10:8 ini adalah sebuah sisipan yang menyiapkan 1Sa 13:8-15, yang berasal dari sumber lain.

Jerusalem: 1Sam 10:10 - Ketika mereka Ceritera asli kiranya juga menceritakan bahwa tanda-tanda lain terjadi juga.

Ceritera asli kiranya juga menceritakan bahwa tanda-tanda lain terjadi juga.

Jerusalem: 1Sam 10:11 - golongan nabi Orang merasa heran bahwa seseorang yang terkemuka seperti Saul bercampur dengan "nabi-nabi" dari golongan rendahan itu.

Orang merasa heran bahwa seseorang yang terkemuka seperti Saul bercampur dengan "nabi-nabi" dari golongan rendahan itu.

Jerusalem: 1Sam 10:13 - pulanglah ia Dalam naskah Ibrani tertulis: pulanglah ia ke bukit (pengorbanan). Dalam terjemahan Yunani terbaca: pulanglah ia ke Gibea.

Dalam naskah Ibrani tertulis: pulanglah ia ke bukit (pengorbanan). Dalam terjemahan Yunani terbaca: pulanglah ia ke Gibea.

Ende: 1Sam 9:6 - -- Nampaknja disini, apa tugas seorang "pesuruh Allah" (=nabi), jang merupakan suatu lembaga tetap di Israil. Orang2 itu menolong rakjat dalam kesulitan2...

Nampaknja disini, apa tugas seorang "pesuruh Allah" (=nabi), jang merupakan suatu lembaga tetap di Israil. Orang2 itu menolong rakjat dalam kesulitan2 hidup sehari2 dengan menanjai Jahwe. Tugas ini serupa dengan apa jang dibuat tukang tenung antara kaum kafir. Namun "nabi" besar mempunjai tugas lain dan tidak dapat begitu sadja disama dengan "nabi" biasa itu. Untuk pertolongan nabi2 orang harus membajar.

Ende: 1Sam 9:9 - -- Keterangan ini diberi oleh si penjusun sendiri. Pada djamannja sendiri istilah sudah berubah hingga orang jang dahulu dinamakan "pelihat", sekarang di...

Keterangan ini diberi oleh si penjusun sendiri. Pada djamannja sendiri istilah sudah berubah hingga orang jang dahulu dinamakan "pelihat", sekarang disebut "nabi".

Ende: 1Sam 9:12 - bukit angkar adalah sebuah ketinggian, jang dipakai untuk ibadat (entah antara kaum kafir entah dahulu pada bangsa Jahudi). Kemudian bukit2 ini harus dihapuskan, k...

adalah sebuah ketinggian, jang dipakai untuk ibadat (entah antara kaum kafir entah dahulu pada bangsa Jahudi). Kemudian bukit2 ini harus dihapuskan, karena mendjadi alasan adat2 jang buruk.

Ende: 1Sam 9:20 - Tetapi untuk siapa ... dst Sjemuel menjindir keradjaan jang diminta Israil dan akan diterima Sjaul.

Sjemuel menjindir keradjaan jang diminta Israil dan akan diterima Sjaul.

Ende: 1Sam 9:22 - balai diatas bukit angkar itu adalah sebuah gedung untuk perdjamuan kurban. Sjaul diberi tempat utama, bukan sadja oleh sebab ia adalah tamu Sjemuel (ada ba...

diatas bukit angkar itu adalah sebuah gedung untuk perdjamuan kurban. Sjaul diberi tempat utama, bukan sadja oleh sebab ia adalah tamu Sjemuel (ada banjak tamu lain), tetapi djuga untuk menghormatinja sebagai radja kelak.

Ende: 1Sam 9:27 - pinggiran kota bukannja pinggiran kota sendiri, melainkan perbatasan wilajah kota. Orang2 lain tidak boleh menjaksikan pengurapan Sjaul. Kemudian dalam tjeritera ini...

bukannja pinggiran kota sendiri, melainkan perbatasan wilajah kota. Orang2 lain tidak boleh menjaksikan pengurapan Sjaul.

Kemudian dalam tjeritera ini orang2 lain tidak tahu apa2 tentang peristiwa itu.

Ende: 1Sam 10:1 - -- Dalam tjeritera ini Sjemuel tidak melawan keradjaan itu. Ada beberapa djalan untuk mengangkat seseorang mendjadi radja. Disini (1Sa 8:1,10) ia diangka...

Dalam tjeritera ini Sjemuel tidak melawan keradjaan itu. Ada beberapa djalan untuk mengangkat seseorang mendjadi radja. Disini (1Sa 8:1,10) ia diangkat dan diurapi oleh nabi (1Sa 8:22), Lain kali ia dipilih oleh rakjat, kaum tua2 (1Sa 8:18; 11:14-15) atau dipilih oleh Jahwe dengan perantaraan undi (1Sa 10:17-24)! Mengenai pengangkatan Sjaul ada beberapa tentang tjara ia diangkat. Semua tradisi ini meninggalkan bekasnja dalam kitab Sjemuel.

Ende: 1Sam 10:2-7 - -- Tanda2 ini membuktikan Sjemuel sungguh bitjara atas nama Jahwe.

Tanda2 ini membuktikan Sjemuel sungguh bitjara atas nama Jahwe.

Ende: 1Sam 10:3 - Betel adalah sebuah tempat sutji jang kuno, seperti Sjilo.

adalah sebuah tempat sutji jang kuno, seperti Sjilo.

Ende: 1Sam 10:5 - Gibe'allah adalah tempat tinggal Sjaul (dinamakan djuga: Gibea'Sjaul, Gibea Binjamin).

adalah tempat tinggal Sjaul (dinamakan djuga: Gibea'Sjaul, Gibea Binjamin).

Ende: 1Sam 10:5 - nabi ini adalah orang2 jang dengan teknik tertentu (musik) mengadakan suatu exstase, jang dapat menular kepada orang2 lain djuga. Mereka merupakan suatu ta...

ini adalah orang2 jang dengan teknik tertentu (musik) mengadakan suatu exstase, jang dapat menular kepada orang2 lain djuga.

Mereka merupakan suatu tarekat keigamaan, tetapi agamanja masih agak rendah. Orang2 sedjenis itu djuga terdapat antara kaum kafir. Keadaan exstase itu, jang membawa gerak-gerik jang agak aneh, disebut "bernubuat", berlagak seperti nabi. Kami terdjemahkan dengan "mengigau".

Ende: 1Sam 10:8 - -- Rupa2nja ajat ini harus disambung dengan 1Sa 13:8-15. Tetapi semuanja kurang terang.

Rupa2nja ajat ini harus disambung dengan 1Sa 13:8-15. Tetapi semuanja kurang terang.

Ende: 1Sam 10:9-12 - -- Kisah ini sedjadjar dengan 1Sa 19:19-24 dan mau memberi keterangan mengenai suatu peribahasa jang berlangsung.

Kisah ini sedjadjar dengan 1Sa 19:19-24 dan mau memberi keterangan mengenai suatu peribahasa jang berlangsung.

Ende: 1Sam 10:10 - roh Allah adalah daja ilahi jang adjaib, jang mempengaruhi, memimpin dan menguatkan orang. Sjaul disini digambarkan seperti hakim2 dari Kitab Hakim.

adalah daja ilahi jang adjaib, jang mempengaruhi, memimpin dan menguatkan orang. Sjaul disini digambarkan seperti hakim2 dari Kitab Hakim.

Ende: 1Sam 10:12 - siapa gerangan merupakan suatu penghinaan. Asal-usul nabi2 itu disangsikan. Mereka tidak sangat dihormati di Israil.

merupakan suatu penghinaan. Asal-usul nabi2 itu disangsikan. Mereka tidak sangat dihormati di Israil.

Ende: 1Sam 10:13 - siuman jakni dari "igau2an" tadi (exstase).

jakni dari "igau2an" tadi (exstase).

Endetn: 1Sam 9:3 - Beberapa diperbaiki. Tertulis: (keledai) itu".

diperbaiki. Tertulis: (keledai) itu".

Endetn: 1Sam 9:8 - -- Ajat 1Sa 9:9 dipindahkan kesesudah ajat 1Sa 9:11.

Ajat 1Sa 9:9 dipindahkan kesesudah ajat 1Sa 9:11.

Endetn: 1Sam 9:14 - pintu-gerbang diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "kota".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "kota".

Endetn: 1Sam 9:16 - (kemalangan) ditambahkan menurut terdjemahan Junani.

ditambahkan menurut terdjemahan Junani.

Endetn: 1Sam 9:21 - jang terketjil diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "satu dari antara jang terketjil".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "satu dari antara jang terketjil".

Endetn: 1Sam 9:24 - buntutnja dikirakan sadja. Tertulis: "jang ada diatasnja".

dikirakan sadja. Tertulis: "jang ada diatasnja".

Endetn: 1Sam 9:24 - jang disimpan dikirakan. Tertulis: "jang tersisa".

dikirakan. Tertulis: "jang tersisa".

Endetn: 1Sam 9:27 - -- Ditinggalkan "dan menjeberang", menurut terdjemahan Junani dan Syriah.

Ditinggalkan "dan menjeberang", menurut terdjemahan Junani dan Syriah.

Endetn: 1Sam 10:5 - markas diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "markas2".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "markas2".

Endetn: 1Sam 10:5 - disana dipindahkan.

dipindahkan.

Endetn: 1Sam 10:13 - kerumah diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "ketinggian". (bukit angkar).

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "ketinggian". (bukit angkar).

Ref. Silang FULL: 1Sam 9:1 - daerah Benyamin // Kish // yang berada · daerah Benyamin: Yos 18:11-20 · Kish: 1Sam 14:51; 1Taw 8:33; 9:39; Est 2:5; Kis 13:21 · yang berada: Rut 2:1; Rut 2:1

· daerah Benyamin: Yos 18:11-20

· Kish: 1Sam 14:51; 1Taw 8:33; 9:39; Est 2:5; Kis 13:21

· yang berada: Rut 2:1; [Lihat FULL. Rut 2:1]

Ref. Silang FULL: 1Sam 9:2 - elok rupanya // yang lebih // lebih tinggi · elok rupanya: Kej 39:6; Kej 39:6 · yang lebih: 1Sam 10:24 · lebih tinggi: 1Sam 10:23

· elok rupanya: Kej 39:6; [Lihat FULL. Kej 39:6]

· yang lebih: 1Sam 10:24

· lebih tinggi: 1Sam 10:23

Ref. Silang FULL: 1Sam 9:3 - kehilangan keledai-keledai · kehilangan keledai-keledai: 1Sam 9:20; 1Sam 10:14,16

· kehilangan keledai-keledai: 1Sam 9:20; 1Sam 10:14,16

Ref. Silang FULL: 1Sam 9:4 - melalui pegunungan // tanah Salisa // tetapi keledai-keledai · melalui pegunungan: Yos 24:33; Yos 24:33 · tanah Salisa: 2Raj 4:42 · tetapi keledai-keledai: 1Sam 10:2

· melalui pegunungan: Yos 24:33; [Lihat FULL. Yos 24:33]

· tanah Salisa: 2Raj 4:42

· tetapi keledai-keledai: 1Sam 10:2

Ref. Silang FULL: 1Sam 9:5 - tanah Zuf // tetapi kuatir · tanah Zuf: 1Sam 1:1 · tetapi kuatir: 1Sam 10:2

· tanah Zuf: 1Sam 1:1

· tetapi kuatir: 1Sam 10:2

Ref. Silang FULL: 1Sam 9:6 - abdi Allah // segala · abdi Allah: Ul 33:1; Ul 33:1; Hak 13:6; Hak 13:6 · segala: 1Sam 3:19

· abdi Allah: Ul 33:1; [Lihat FULL. Ul 33:1]; Hak 13:6; [Lihat FULL. Hak 13:6]

· segala: 1Sam 3:19

Ref. Silang FULL: 1Sam 9:7 - ada pemberian · ada pemberian: Kej 32:20; Kej 32:20; 1Raj 13:7; 14:3; 2Raj 4:42; 5:5,15; Yer 40:5

· ada pemberian: Kej 32:20; [Lihat FULL. Kej 32:20]; 1Raj 13:7; 14:3; 2Raj 4:42; 5:5,15; Yer 40:5

Ref. Silang FULL: 1Sam 9:9 - menanyakan petunjuk // dahulu pelihat · menanyakan petunjuk: Kej 25:22; Kej 25:22 · dahulu pelihat: 2Sam 15:27; 24:11; 2Raj 17:13; 1Taw 9:22; 21:9; 26:28; 29:29; 2Taw 19:2; Y...

· menanyakan petunjuk: Kej 25:22; [Lihat FULL. Kej 25:22]

· dahulu pelihat: 2Sam 15:27; 24:11; 2Raj 17:13; 1Taw 9:22; 21:9; 26:28; 29:29; 2Taw 19:2; Yes 29:10; 30:10; Am 7:12

Ref. Silang FULL: 1Sam 9:11 - hendak menimba · hendak menimba: Kej 24:11,13; Kej 24:11; Kej 24:13

· hendak menimba: Kej 24:11,13; [Lihat FULL. Kej 24:11]; [Lihat FULL. Kej 24:13]

Ref. Silang FULL: 1Sam 9:12 - perjamuan korban // di bukit · perjamuan korban: Bil 28:11-15; 1Sam 7:17; 1Sam 7:17 · di bukit: Im 26:30; Im 26:30

· perjamuan korban: Bil 28:11-15; 1Sam 7:17; [Lihat FULL. 1Sam 7:17]

· di bukit: Im 26:30; [Lihat FULL. Im 26:30]

Ref. Silang FULL: 1Sam 9:13 - yang memberkati · yang memberkati: Mat 14:19; Mat 14:19; 1Kor 10:16; 1Tim 4:3-5

· yang memberkati: Mat 14:19; [Lihat FULL. Mat 14:19]; 1Kor 10:16; 1Tim 4:3-5

Ref. Silang FULL: 1Sam 9:16 - akan mengurapi // menjadi raja // akan menyelamatkan // orang Filistin // karena teriakannya · akan mengurapi: Kel 30:25; 1Sam 2:35; 1Sam 2:35; 1Sam 12:3; 15:1; 26:9; 2Raj 11:12; Mazm 2:2 · menjadi raja: 2Sam 7:8; 1Raj 8:16; 1Ta...

· akan mengurapi: Kel 30:25; 1Sam 2:35; [Lihat FULL. 1Sam 2:35]; 1Sam 12:3; 15:1; 26:9; 2Raj 11:12; Mazm 2:2

· menjadi raja: 2Sam 7:8; 1Raj 8:16; 1Taw 5:2

· akan menyelamatkan: Kel 3:7-9

· orang Filistin: 1Sam 23:4; 2Sam 3:18

· karena teriakannya: Kej 16:11; [Lihat FULL. Kej 16:11]; Mazm 102:2

Ref. Silang FULL: 1Sam 9:17 - Inilah · Inilah: 1Sam 16:12

· Inilah: 1Sam 16:12

Ref. Silang FULL: 1Sam 9:20 - Adapun keledai-keledaimu // yang diingini · Adapun keledai-keledaimu: 1Sam 9:3; 1Sam 9:3 · yang diingini: 1Sam 12:13; Ezr 6:8; Yes 60:4-9; Dan 2:44; Hag 2:8; Mal 3:1

· Adapun keledai-keledaimu: 1Sam 9:3; [Lihat FULL. 1Sam 9:3]

· yang diingini: 1Sam 12:13; Ezr 6:8; Yes 60:4-9; Dan 2:44; Hag 2:8; Mal 3:1

Ref. Silang FULL: 1Sam 9:21 - yang terkecil // paling hina // suku Benyamin · yang terkecil: Mazm 68:28 · paling hina: Kel 3:11; Kel 3:11; Mat 2:6; 1Kor 15:9 · suku Benyamin: Hak 6:15; 20:35,46; 1Sam 18:18...

· yang terkecil: Mazm 68:28

· paling hina: Kel 3:11; [Lihat FULL. Kel 3:11]; Mat 2:6; 1Kor 15:9

· suku Benyamin: Hak 6:15; 20:35,46; 1Sam 18:18

Ref. Silang FULL: 1Sam 9:24 - menghidangkan paha · menghidangkan paha: Im 7:32-34; Im 7:32 s/d 34

· menghidangkan paha: Im 7:32-34; [Lihat FULL. Im 7:32] s/d 34

Ref. Silang FULL: 1Sam 9:25 - atas sotoh · atas sotoh: Ul 22:8; Ul 22:8; Yos 2:8; Yos 2:8; Mat 24:17; Mat 24:17; Luk 5:19

· atas sotoh: Ul 22:8; [Lihat FULL. Ul 22:8]; Yos 2:8; [Lihat FULL. Yos 2:8]; Mat 24:17; [Lihat FULL. Mat 24:17]; Luk 5:19

Ref. Silang FULL: 1Sam 10:1 - mengambil buli-buli // telah mengurapi // atas umat-Nya · mengambil buli-buli: 1Sam 16:1; 2Raj 9:1,3,6 · telah mengurapi: Kel 29:7; Kel 29:7; 1Sam 9:16; 1Sam 9:16; 1Raj 1:39; 1Raj 1:39 ·...

· mengambil buli-buli: 1Sam 16:1; 2Raj 9:1,3,6

· telah mengurapi: Kel 29:7; [Lihat FULL. Kel 29:7]; 1Sam 9:16; [Lihat FULL. 1Sam 9:16]; 1Raj 1:39; [Lihat FULL. 1Raj 1:39]

· atas umat-Nya: Kel 34:9; [Lihat FULL. Kel 34:9]; 2Sam 20:19; Mazm 78:62,71

Ref. Silang FULL: 1Sam 10:2 - dekat kubur // kepadamu: Keledai-keledai // ia kuatir · dekat kubur: Kej 35:20 · kepadamu: Keledai-keledai: 1Sam 9:4 · ia kuatir: 1Sam 9:5

· dekat kubur: Kej 35:20

· kepadamu: Keledai-keledai: 1Sam 9:4

· ia kuatir: 1Sam 9:5

Ref. Silang FULL: 1Sam 10:3 - di Betel · di Betel: Kej 35:7-8; Kej 35:7; Kej 35:8

· di Betel: Kej 35:7-8; [Lihat FULL. Kej 35:7]; [Lihat FULL. Kej 35:8]

Ref. Silang FULL: 1Sam 10:4 - ketul roti · ketul roti: 1Sam 10:27; 1Sam 16:20; Ams 18:16

· ketul roti: 1Sam 10:27; 1Sam 16:20; Ams 18:16

Ref. Silang FULL: 1Sam 10:5 - ke Gibea // tempat kedudukan // serombongan nabi // dari bukit // gambus, rebana // suling // dan kecapi // akan kepenuhan · ke Gibea: 1Sam 10:26; 1Sam 11:4; 15:34 · tempat kedudukan: 1Sam 13:3 · serombongan nabi: Bil 11:29; Bil 11:29; 1Raj 20:35; 2Raj...

· ke Gibea: 1Sam 10:26; 1Sam 11:4; 15:34

· tempat kedudukan: 1Sam 13:3

· serombongan nabi: Bil 11:29; [Lihat FULL. Bil 11:29]; 1Raj 20:35; 2Raj 2:3,15; 4:1; 6:1; 9:1; Am 7:14

· dari bukit: Im 26:30; [Lihat FULL. Im 26:30]

· gambus, rebana: Kej 31:27; [Lihat FULL. Kej 31:27]; Yer 31:4

· suling: 1Raj 1:40; Yes 30:29

· dan kecapi: 1Sam 16:16; 18:10; 19:9; 2Raj 3:15; Mazm 92:4

· akan kepenuhan: 1Sam 10:10; 1Sam 19:20; 1Taw 25:1; 1Kor 14:1

Ref. Silang FULL: 1Sam 10:6 - Maka Roh // dan berubah · Maka Roh: Bil 11:25; Bil 11:25 · dan berubah: 1Sam 10:9

· Maka Roh: Bil 11:25; [Lihat FULL. Bil 11:25]

· dan berubah: 1Sam 10:9

Ref. Silang FULL: 1Sam 10:7 - lakukanlah apa // oleh tanganmu // Allah menyertai · lakukanlah apa: 2Sam 7:3; 1Raj 8:17; 1Taw 22:7; 28:2; 2Taw 6:7; Pengkh 9:10 · oleh tanganmu: Hak 9:33 · Allah menyertai: Yos 1:...

· lakukanlah apa: 2Sam 7:3; 1Raj 8:17; 1Taw 22:7; 28:2; 2Taw 6:7; Pengkh 9:10

· oleh tanganmu: Hak 9:33

· Allah menyertai: Yos 1:5; [Lihat FULL. Yos 1:5]; Luk 1:28; Ibr 13:5

Ref. Silang FULL: 1Sam 10:8 - ke Gilgal // menunggu tujuh · ke Gilgal: Yos 4:20; Yos 10:43; Yos 10:43; 1Sam 7:16; 11:14-15 · menunggu tujuh: 1Sam 13:8

· ke Gilgal: Yos 4:20; Yos 10:43; [Lihat FULL. Yos 10:43]; 1Sam 7:16; 11:14-15

· menunggu tujuh: 1Sam 13:8

Ref. Silang FULL: 1Sam 10:9 - Allah mengubah // segala tanda-tanda // itu terjadi · Allah mengubah: 1Sam 10:6 · segala tanda-tanda: Ul 13:2; Ul 13:2 · itu terjadi: 1Sam 10:7

· Allah mengubah: 1Sam 10:6

· segala tanda-tanda: Ul 13:2; [Lihat FULL. Ul 13:2]

· itu terjadi: 1Sam 10:7

Ref. Silang FULL: 1Sam 10:10 - Roh // turut kepenuhan · Roh: Bil 11:25; Bil 11:25; 1Sam 11:6 · turut kepenuhan: 1Sam 10:5-6; 1Sam 10:5; 1Sam 10:6

· Roh: Bil 11:25; [Lihat FULL. Bil 11:25]; 1Sam 11:6

· turut kepenuhan: 1Sam 10:5-6; [Lihat FULL. 1Sam 10:5]; [Lihat FULL. 1Sam 10:6]

Ref. Silang FULL: 1Sam 10:11 - Apakah gerangan // golongan nabi · Apakah gerangan: Mat 13:54; Yoh 7:15 · golongan nabi: 1Sam 10:12; 1Sam 19:24; 2Raj 9:11; Yer 29:26; Hos 9:7

· Apakah gerangan: Mat 13:54; Yoh 7:15

· golongan nabi: 1Sam 10:12; 1Sam 19:24; 2Raj 9:11; Yer 29:26; Hos 9:7

Ref. Silang FULL: 1Sam 10:12 - golongan nabi · golongan nabi: 1Sam 10:11; 1Sam 10:11

· golongan nabi: 1Sam 10:11; [Lihat FULL. 1Sam 10:11]

Ref. Silang FULL: 1Sam 10:13 - ia kepenuhan · ia kepenuhan: 1Sam 19:23

· ia kepenuhan: 1Sam 19:23

Ref. Silang FULL: 1Sam 10:14 - Dan paman // Mencari keledai-keledai · Dan paman: 1Sam 14:50 · Mencari keledai-keledai: 1Sam 9:3; 1Sam 9:3

· Dan paman: 1Sam 14:50

· Mencari keledai-keledai: 1Sam 9:3; [Lihat FULL. 1Sam 9:3]

Ref. Silang FULL: 1Sam 10:16 - bahwa keledai-keledai · bahwa keledai-keledai: 1Sam 9:3; 1Sam 9:3

· bahwa keledai-keledai: 1Sam 9:3; [Lihat FULL. 1Sam 9:3]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 1Sam 9:1-2 - Orangtua Saul Samuel telah berjanji kepada Israel, janji dari Allah, bahwa mereka akan memiliki seorang raja. Namun, sangatlah aneh bahwa kabar selanjutnya bukan...

Matthew Henry: 1Sam 9:3-10 - Saul Mencari Keledai-keledai Betina Ayahnya; Saul Pergi Mencari Samuel Saul Mencari Keledai-keledai Betina Ayahnya; Saul Pergi Mencari Samuel (9:3-10) Dalam perikop di atas kita menemukan, I. Seorang pria hebat ...

Matthew Henry: 1Sam 9:11-17 - Saul Diperkenalkan kepada Samuel Saul Diperkenalkan kepada Samuel (9:11-17) Dalam perikop di atas kita mendapati, I. Saul, hanya dengan bertanya-tanya biasa saja, diberi pet...

Matthew Henry: 1Sam 9:18-27 - Saul Dijamu oleh Samuel Saul Dijamu oleh Samuel (9:18-27) Penyelenggaraan TUHAN akhirnya mempertemukan Samuel dan Saul. Dalam perikop di atas kita dapati kisah tentang apa...

Matthew Henry: 1Sam 10:1-8 - Saul Diurapi oleh Samuel; Ucapan Samuel kepada Saul Pada penutup pasal sebelumnya kita tinggalkan Samuel dan Saul yang sedang berjalan bersama, mungkin di sebuah jalan yang sepi yang melintas di lada...

Matthew Henry: 1Sam 10:9-16 - Saul di Antara Para Nabi Saul di Antara Para Nabi (10:9-16) Pada saat ini, Saul sudah meninggalkan Samuel, sambil terkagum-kagum, kita perkirakan, dengan apa yang terjadi p...

SH: 1Sam 9:1-16 - Pemimpin Pilihan Tuhan. (Sabtu, 29 November 1997) Pemimpin Pilihan Tuhan. Samuel menaati pimpinan Tuhan untuk melantik seorang raja. Namun ia tidak tahu siapa yang harus diurapinya. Ia menunggu Tuhan...

SH: 1Sam 9:1-27 - Percayakan hidup pada-Nya (Kamis, 19 Juni 2008) Percayakan hidup pada-Nya Tiada orang yang mengerti apa yang akan terjadi hari esok. Hidup manusia bagaikan uap yang sebentar saja kelihatan lal...

SH: 1Sam 9:1-27 - Allah yang berdaulat (Selasa, 6 Mei 2014) Allah yang berdaulat Alkitab melukiskan asal usul Saul sebagai orang yang berasal dari kaum berada, memiliki ketampanan dan sosok fisik yang sangat m...

SH: 1Sam 9:1--10:16 - Tidak Ada yang Kebetulan (Minggu, 11 Agustus 2019) Tidak Ada yang Kebetulan Hidup itu misteri, tidak mudah ditebak. Namun satu hal yang pasti, Allah berkuasa memerintah dan menata segala sesuatu. Tida...

SH: 1Sam 9:17-27 - Penampilan Pemimpin (Minggu, 30 November 1997) Penampilan Pemimpin Saul tidak mengenal Samuel karena ia hampir-hampir tidak memiliki perhatian baik pada masalah-masalah rohani maupun pada hal-hal ...

SH: 1Sam 10:1-16 - Tuhan memperlengkapi. (Senin, 1 Desember 1997) Tuhan memperlengkapi. Meski kecewa atas keinginan Israel, Allah tetap membuat persiapan yang matang agar Saul diperlengkapi bagi tugas itu. Tuhan sen...

SH: 1Sam 10:1-16 - Urapan Ilahi (Jumat, 20 Juni 2008) Urapan Ilahi Siapa yang Tuhan bisa dan mau pakai untuk melaksanakan kehendak dan mewujudkan rencana-Nya? Bukan orang yang pintar atau berpe...

SH: 1Sam 10:1-16 - Dia yang layak ditinggikan (Rabu, 7 Mei 2014) Dia yang layak ditinggikan Setiap manusia adalah alat di tangan Allah yang Mahakuasa. Walaupun Saul kelak akan menjadi raja atas Israel, kedudukannya...

Topik Teologia: 1Sam 9:15 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah atas Orang-orang untuk Tugas Jabatan ...

Topik Teologia: 1Sam 10:6 - -- Roh Kudus Roh Yahweh Hak 3:10 Hak 6:34 Hak 11:29 Hak 13:25 Hak 14:6 Hak 14:19 Hak 15:14 1Sa 10:6 1Sa 16:13-14 2Sa 23:2 ...

Topik Teologia: 1Sam 10:7 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Perjanjian Lama Roh Aktif di dalam Sejarah Israel Kehadiran Roh di tengah Israel Roh Mengantar...

Topik Teologia: 1Sam 10:10 - -- Roh Kudus Roh adalah Pribadi yang Berkuasa Hak 14:6 Hak 14:19 Hak 15:14 1Sa 10:10 1Sa 16:13 Luk 1:35 Luk 4:14 Kis 10:38 Kis 15:28 R...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Diketahui Tema : Kerajaan Teokratis Tanggal Penulisan: Akhir abad ke-10 SM Latar Belakang Di PL Ibrani, 1 dan ...

Full Life: 1 Samuel (Garis Besar) Garis Besar I. Samuel: Seorang Nabi yang Menjadi Pemimpin Israel (1Sam 1:1-8:22) A. Kelahiran Seorang Nabi yang Menja...

Matthew Henry: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) Kitab ini beserta kitab yang mengikutinya membawa nama Samuel sebagai judul, bukan karena Samuel adalah penulisnya (walau begitu banyak isi kedua k...

Ende: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) SJEMUEL PENDAHULUAN Kedua kitab Sjemuel mula2 hanjalah satu karja besar, jang malahan dilandjutkan dalan I Radja2. Kesatuan ini njatalah baik dari isi...

BIS: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) I SAMUEL PENGANTAR Buku I Samuel berisi sejarah Israel dalam masa peralihan dari zaman Hakim-hakim kepada zaman Raja-raja. Perubahan dalam kehidupan

I SAMUEL

PENGANTAR

Buku I Samuel berisi sejarah Israel dalam masa peralihan dari zaman Hakim-hakim kepada zaman Raja-raja. Perubahan dalam kehidupan nasional di Israel itu khususnya berkisar pada tiga orang: Nabi Samuel, Raja Saul, dan Raja Daud. Pengalaman-pengalaman Daud di masa mudanya sebelum ia menjabat raja, terjalin erat dengan kisah Samuel dan Saul.

Pokok buku ini, sama seperti kisah-kisah lainnya dalam Perjanjian Lama, ialah bahwa orang akan berhasil kalau setia kepada Allah, dan celaka kalau mendurhaka. Hal itu dinyatakan dengan jelas dalam 1Sam 2:30 ketika TUHAN berkata kepada Imam Eli, "Yang menghormati Aku, akan Kuhormati, tetapi yang menghina Aku akan Kuhina."

Dalam buku ini kita melihat perasaan yang berbeda-beda mengenai pembentukan kerajaan Israel. Memang TUHAN sendiri sudah dianggap raja di Israel, tetapi untuk menanggapi permohonan rakyat, Ia memilih seorang raja bagi mereka. Hal yang penting ialah bahwa baik raja maupun rakyat Israel hidup di bawah kedaulatan Allah, Hakim mereka (1Sam 2:7-10). Di bawah hukum-hukum Allah, haruslah dijamin hak seluruh rakyat, kaya maupun miskin.

Isi

  1.  Samuel sebagai pemimpin Israel
    1Sam 1:1-7:17
  2.  Saul menjadi raja
    1Sam 8:1-10:27
  3.  Tahun-tahun pertama pemerintahan Saul
    1Sam 11:1-15:35
  4.  Daud dan Saul
    1Sam 16:1-30:31
  5.  Wafatnya Saul dan putra-putranya
    1Sam 31:1-13

Ajaran: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya anggota jemaat, dengan mengetahui isi kitab I Samuel, dapat mengerti bahwa kesejahteraan umat Allah tergantung dari kesetiaannya melak

Tujuan

Supaya anggota jemaat, dengan mengetahui isi kitab I Samuel, dapat mengerti bahwa kesejahteraan umat Allah tergantung dari kesetiaannya melaksanakan perintah dan kehendak Allah.

Pendahuluan

Penulis : Samuel.

Isi Kitab: Kitab I Samuel terdiri dari 31 pasal. Kitab I Samuel menceritakan tentang tiga tokoh utama dari bangsa Israel: nabi Samuel, raja Saul, dan raja Daud.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Samuel

  1. Pasal 1-8 (1Sam 1:1-8:22).

    Kehidupan Samuel Samuel bekerja dengan penuh usaha membangun kehidupan baik dan ketaatan agama bangsa Israel. Kemudian Samuel memegang jabatan hakim. Ia berhasil mengalahkan bangsa Filistin dan mempersatukan bangsa Israel (pasal 5-7; 1Sam 5:1-7:17).

    Pada waktu Samuel sudah menjadi tua, bangsa Israel ingin memiliki seorang raja, karena itu ia melakukan perintah Tuhan untuk melantik seorang raja, yakni Saul (pasal 8; 1Sam 8:1-22).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Sam 1:20,26-28. Apakah arti nama Samuel? Dan apakah teladan yang baik dari Ibu Samuel?
    2. Bacalah pasal 1Sam 3:19-20; 8:15. Bagaimanakah kehidupan rohani Samuel? Berapa lamakah ia menjadi hakim atas orang Israel?
    3. Bacalah pasal 1Sam 8:19-22. Atas kehendak siapakah orang Israel meminta seorang raja?
  2. Pasal 9-15 (1Sam 9:1-15:35).

    Kehidupan raja Saul Raja Saul memulai pemerintahannya dengan berhasil, tetapi pada akhirnya menjadi tidak taat pada Firman Tuhan. Hal ini membuat Tuhan akhirnya menolak dia sebagai raja.

    Pendalaman

    1. Siapakah yang mengurapi Saul? (1Sam 10:1).
    2. Bacalah pasal 1Sam 15:10-11. Apakah yang menjadi kesalahan Saul? Bagaimanakah dengan kelakuan saudara?
  3. Pasal 16-31 (1Sam 16:1-31:13).

    Kehidupan Raja Daud Setelah Saul ditolak, maka Allah memilih Daud sebagai Raja, menggantikan Saul.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Sam 16:11-13. Apakah pekerjaan Daud? Dan apakah yang terjadi setelah Daud diurapi oleh Samuel?
    2. Bacalah pasal 1Sam 17:45-50. Mengapakah Daud merasa tersinggung dan marah terhada orang Filistin?
    3. Bacalah pasal 1Sam 18:6-9. Mengapakah Saul membenci Daud? Apakah saudara sering iri hati juga?
    4. Bacalah pasal 1Sam 31:1-4. Bagaimanakah kematian Saul? Mengapakah ia melakukan hal itu?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Keberhasilan Samuel di dalam pelayanan merupakan hasil dari kesetiaan pada panggilan, suka berdoa dan tidak kompromi dengan dosa.

  2. Saul memulai pemerintahannya dengan rendah hati, sabar, tetapi diakhiri dengan kesombongan dan menolak Firman Allah. Ini adalah penyebab kegagalannya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah tokoh-tokoh penting dalam I Samuel? Dan bagaimanakah sifat mereka masing-masing?
  2. Apakah sebabnya Allah menolak Saul?
  3. Apakah kesan yang saudara peroleh dari kehidupan Saul?

Intisari: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) Bagaimana bangsa Israel mendapat seorang raja KISAH TENTANG TIGA ORANGPada mulanya 1 dan 2 Samuel merupakan satu kitab. Namun demikian, karena kitab

Bagaimana bangsa Israel mendapat seorang raja

KISAH TENTANG TIGA ORANG
Pada mulanya 1 dan 2 Samuel merupakan satu kitab. Namun demikian, karena kitab kedua melulu bercerita mengenai raja Daud, maka yang pertama mengisahkan ketiga orang tokoh yang hidupnya saling berkaitan satu sama lain yaitu Samuel, Saul dan Daud. Riwayat yang diceritakan tidak utuh; siapapun yang mengumpulkan seluruh kisah itu tentu mengambilnya dari beberapa sumber. Hal itu tidak menjadi masalah asal kita ingat bahwa bagi para penulis kuno arti suatu kejadian lebih penting daripada ketepatan waktu. Kitab Samuel bukan hanya semata-mata sebagai sejarah, tetapi merupakan cerita tentang bagaimana Allah menangani umat-Nya. Dalam pada itu riwayat yang diceritakan sungguh-sungguh terjadi. Bahkan, pahlawan bangsa seperti Daud digambarkan sebagai orang yang bermasalah dan seorang manusia biasa.

"KAMI MENGINGINKAN SEORANG RAJA"
Kitab Hakim-hakim menyimpulkan bahwa anarki merajalela di Israel pada masa itu, karena "Israel tidak mempunyai raja" (Hak 21:25). Samuel, hakim terakhir, walauoun terkenal tetapi pengaruhnya hanya setempat dan terbatas. Umat Israel memerlukan seorang pemimpin bangsa. Oleh karena itu, permohonan mereka untuk mendapat seorang raja bukanlah semata-mata sebagai suatu kecaman terhadap kepemimpinan Samuel, tetapi menunjukkan betapa manusiawinya pengharapan mereka. Pada kenyataannya hanya Allah yang dapat memimpin mereka untuk memperoleh kemenangan; kekalahan-kekalahan mereka tidak disebabkan karena mereka tidak mempunyai seorang raja, tetapi oleh karena mereka telah melupakan perjanjian dengan Allah (1Sa 10:18,19; 12:6-15). Mereka telah mengikuti cara-cara penyembahan orang kafir. Gagasan mengenai pembentukan kerajaan itu sendiri tidak salah, tetapi mereka menginginkan seorang raja seperti bangsa-bangsa kafir yang ada di sekitar mereka. Samuel memperingatkan mereka bahwa raja-raja mempunyai potensi untuk kebaikan dan kejahatan, seperti yang akan mereka lihat sendiri di kemudian hari.

BANGSA FILISTIN
Oleh karena bangsa Israel tidak membinasakan orang Filistin ketika mereka menduduki Kanaan, maka negara tetangga Israel ini terus menerus menjadi ancaman bagi keamanan mereka. Kita membaca mengenai bangsa Amori, Amalek dan Amon, tetapi kebanyakan mengenai bangsa Filistin. Bangsa-bangsa ini tinggal di lima kota pantai yaitu Asdod, Gat, Ekron, Gaza dan Askelon, dan mereka mengurung Israel (1Sa 13:19-21). Saul dan Yonatan memulai suatu revolusi, tetapi raja Daudlah yang akhirnya menumpas bangsa Filistin dan yang lainnya secara tuntas.

Pesan

1. Samuel, seorang hamba Tuhan
o Samuel adalah jawaban dari doa, dan dedikasi ibunya yang saleh memberikan kepadanya permulaan kehidupan yang terbaik. Ini mungkin berarti bahwa ia harus hidup sebagai seorang Nazir, walaupun biasanya hal ini berarti disumpah sementara dan tidak seumur hidup. 1Sa 1:10,11,27,28; 2:26; Bil 6:1-21.
o Pada waktu suara Tuhan tidak terdengar di Israel. Samuel menonjol sebagai seorang yang kepadanya Tuhan menampakkan diri dan yang mempunyai karunia sebagai peramal -- ia dapat melihat apa yang tidak tampak oleh orang lain. 1Sa 3:1-10, 19-21; 9:9.
o Samuel ternyata seorang hamba Allah yang jujur dan dapat dipercaya. Ia tidak mau melakukan sesuatu yang dapat menguntungkan dirinya, tidak seperti anak-anaknya. Reaksinya terhadap kemunduran Saul menunjukkan bahwa ia lebih mementingkan Allah. 1Sa 9:6; 12:3-5; 15:11,35.

2. Saul, raja yang gagal
o Saul adalah seorang raja yang memulai pemerintahannya dengan baik dan penuh pengharapan yang besar. Dia diurapi sebagai tanda bahwa Allah telah memilihnya dan ia pun rendah hati, berjiwa besar dan penuh kuasa roh serta dapat mengambil keputusan besar pada saat-saat kritis. 1Sa 10:1, 10:22; 11:6, 12, 13.
o Namun demikian, kita dapat melihat kemundurannya yang berangsur-angsur pada saat ia mulai menangani berbagai masalah seorang diri, mengucapkan sumpah dengan gegabah dan tidak taat kepada perintah-perintah Allah. Anaknya, Yonatan, mempermalukannya dengan kebangsawanannya yang sederhana. Sebaliknya, Saul menjadi cemburu, getir dan tertekan dan ia menghabiskan waktu dan tenaganya untuk memburu Daud.
o Dalam keputusasaannya mencari bimbingan, ia jatuh ke dalam spiritualisme yang sebelumnya dilarang olehnya dan akhirnya ia menjadi salah satu kasus bunuh diri yang langka dalam Alkitab. 1Sa 13:8-14; 14:24; 15:9-29; 16:14; 18:8-12; 28:6, 7; 31:4.

3. Daud, pilihan Tuhan
o Sebagai orang yang dipilih Allah untuk menggantikan Saul, Daud adalah seorang yang lurus hati dan yang kesetiaannya besar. Tidak mengherankan jika Yonatan tertarik untuk bersahabat dengannya. Daud yang dalam pekerjaannya diurapi oleh Roh secara istimewa dapat membentuk rakyat jelata menjadi suatu kekuatan tempur yang efektif atau melawan seorang raksasa seorang diri. Ia menunggu saat Allah akan menuntut balas baginya, dan ia dengan setia memohon pimpinan-Nya dan percaya bahwa Allah akan meluputkannya dari bahaya. Ia seorang pemimpin besar yang akan menjadi seorang raja Israel yang terbesar. 1Sa 16:7,13,18; 17:26,34-37, 45-51; 18:1-4; 22:5-15; 23:2,4,9-12; 24:12; 30:6-8, 23-25.
o Daud juga tidak terlepas dari sifat-sifat manusiawi. Ia juga dapat menjadi marah dan tergoda untuk melakukan tindakan yang gegabah dan ia juga dapat berdusta. Perlakuan Allah kepadanya sama dengan apa yang dilakukan kepada kita, yaitu dengan penuh kasih. 1Sa 25:32-34; 27:10-12.

Penerapan

1. Allah menjawab doa
Kitab ini menceritakan bahwa Allah menjawab doa yang sungguh-sungguh, baik doa pribadi orang yang berada dalam kesusahan maupun doa syafaat para pemimpin untuk bangsa mereka. Berdoa merupakan pelayanan yang harus kita lakukan atas nama orang lain. Dalam menjawab doa, Allah memberikan dan melakukan apa yang secara manusiawi tidak mungkin dilakukan.

2. Allah memelihara milik-Nya
Tanpa memandang ketidaktaatan umat-Nya, Allah berjanji untuk melaksanakan misi penyelamatan-Nya dan membela kehormatan-Nya. Jika perlu, Dia dapat melakukannya tanpa bantuan manusia sama sekali. Pada kesempatan lain Dia memberikan kepada umat-Nya pemimpin-pemimpin yang akan membawa mereka pada kemenangan. Jika kita berada dalam kehendak Allah, keberhasilan tidak tergantung pada kekuatan atau keahlian manusia. Dia dapat mengambil yang terlemah dan memakai mereka bagi kemuliaan-Nya jika mereka mempercayai Dia.

3. Kita harus benar di hadapan Allah
Allah memilih dan memakai mereka yang hatinya benar di hadapan-Nya. Dia memberi karunia, kuasa dan berkat bagi mereka yang melayani-Nya. Dia juga dapat menghakimi dan mempermalukan mereka yang tidak taat kepada-Nya. Oleh karena itu, suatu permulaan yang baik bukan merupakan jaminan untuk keberhasilan di masa datang. Kita perlu benar di hadapan-Nya, taat dan percaya, jika kita ingin mengalami berkat-Nya secara berkesinambungan.

Tema-tema Kunci

1. Doa dan pujian
Kitab ini banyak bercerita tentang doa dan pujian. Khususnya, kita melihat bagaimana orang pilihan Allah mencari pimpinan-Nya sebelum mengambil keputusan-keputusan besar. Lihat 1Sa 1:10-18; 2:1-10; 7:5,6,12; 8:6,21; 12:18,19,23; 15:11; 22:15; 23:2-4, 9-12; 30:7,8.

2. Syarat-syarat pengabdian
Ada beberapa persyaratan pokok yang tidak boleh dilupakan jika kita ingin mengenal berkat-berkat Allah. Lihat 1Sa 2:30; 7:3,4; 12:14,15,20-25; 15:22,23,26; 16:7; 26:23. Bandingkanlah dengan ketakhayulan orang Israel yang menganggap bahwa mereka dapat memanipulasi Allah untuk melakukan sesuatu bagi mereka (1Sa 4:1-11). Camkanlah bahwa mereka mempunyai reputasi, tetapi tidak mempunyai kuasa.

3. Karunia roh
Seperti halnya dalam kitab Hakim-hakim, kita melihat bahwa Allah secara khusus mengaruniakan kuasa roh kepada mereka yang melayani Dia. Apabila Roh Allah turun atas mereka, mereka dapat melakukan apa yang pada umumnya tidak dapat mereka lakukan sebelumnya. Lihat 1Sa 10:6,7,9-13; 11:6; 6:13 (Bandingkan 1Sa 19:23,24 Allah seakan-akan mengendalikannya, tetapi tidak memberikan kuasa kepada Saul). Pada saat yang sama kita mendapat bukti bahwa hal ini tidak perlu terjadi secara permanen, juga tidak berarti bahwa mereka seterusnya hidup dalam kekudusan. Tidak ada yang dapat menggantikan hubungan yang berkesinambungan dengan Allah.

Garis Besar Intisari: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) [1] ELI DAN SAMUEL 1Sa 1:1-7:17 1Sa 1:1-2:11Doa Hana dikabulkan 1Sa 2:12-3:21Penghakiman atas keluarga Eli 1Sa 4:1-6:21Tabut Perjanjian hilang da

[1] ELI DAN SAMUEL 1Sa 1:1-7:17

1Sa 1:1-2:11Doa Hana dikabulkan
1Sa 2:12-3:21Penghakiman atas keluarga Eli
1Sa 4:1-6:21Tabut Perjanjian hilang dan ditemukan
1Sa 7:1-17Ebenhaezer: Allah telah menolong kita

[2] SAMUEL DAN SAUL 1Sa 8:1-15:35

1Sa 8:1-22Israel meminta seorang raja
1Sa 9:1-11:15Saul dipilih dan diteguhkan
1Sa 12:1-25 Samuel menyerah
1Sa 13:1-15:35Saul gagal memenuhi persyaratan

[3] SAUL DAN DAUD 1Sa 16:1-31:13

1Sa 16:1-23Daud dipilih: Saul menolak
1Sa 17:1-18:30Daud memperoleh kemenangan: Saul cemburu
1Sa 19:1-26:25Orang pilihan Allah menjadi buronan
1Sa 27:1-12Daud mendua hati
1Sa 28:1-25Saul putus ada
1Sa 29:1-30:31Daud mengalahkan orang Amalek
1Sa 31:1-13Saul bunuh diri
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #31: Tutup popup dengan arahkan mouse keluar dari popup. Tutup sticky dengan menekan ikon . [SEMUA]
dibuat dalam 0.53 detik
dipersembahkan oleh YLSA