: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Efata | Efer | Efes-Damim | Eflal | Efod | Efraim | Efron | Egla | Eglah | Eglaim | Eglath-Shelishiya
Daftar Isi
GREEK: 2187 Efraim Ephraim
HEBREW: 669 Myrpa 'Ephrayim 673 ytrpa 'Ephrathiy
BARCLAY: 2187
HAAG: Efraim
TOKOH: Efraim
PEDOMAN: Suku Efraim
BROWNING: EFRAIM
ENSIKLOPEDIA: EFRAIM

Efraim

berbuah-buah. Kej 41:52; Hak 12:4.
NETBible Maps:
Indo3 B4

Yunani

Strongs #2187: Efraim Ephraim

Ephraim = "double fruitfulness"

1) a city about a short day's journey from Jerusalem

2187 Ephraim ef-rah-im'

of Hebrew origin (669 or better 6085); Ephraim, a place in Palestine: KJV -- Ephraim.
see HEBREW for 0669
see HEBREW for 06085

Ibrani

Strongs #0669: Myrpa 'Ephrayim

Ephraim = "double ash-heap: I shall be doubly fruitful"

1) second son of Joseph, blessed by him and given preference over
first son, Manasseh
2) the tribe, Ephraim
3) the mountain country of Ephraim
4) sometimes used name for the northern kingdom (Hosea or Isaiah)
5) a city near Baal-hazor
6) a chief gate of Jerusalem

669 'Ephrayim ef-rah'-yim

dual of masculine form of 672; double fruit; Ephrajim, a son of Joseph; also the tribe descended from him, and its territory: KJV -- Ephraim, Ephraimites.
see HEBREW for 0672

Strongs #0673: ytrpa 'Ephrathiy

Ephrathite = "ashiness: fruitfulness"

1) an inhabitant or descendant of Ephraim
2) an inhabitant of Bethlehem

673 'Ephrathiy ef-rawth-ee'

patrial form 672; an Ephrathite or an Ephraimite: KJV -- Ephraimite, Ephrathite.
see HEBREW for 0672

[Barclay]

Strongs #2187:

[maskulin] Efraim

Efraim [haag]

Efraim.

(Bhs. Ibr.: Barangkali sebuah nama tempat atau nama sebuah daerah).

Anak Yusuf yang kedua (Kej 41:52; 46:20), sebagai -- Eponim -- suku ~E di Isr. Sifat suku ~E disebutkan pada (-->) Berkat Yakub (Kej 49:22-26) dan berkat Musa (Ul 33:13-17). Tempat kediaman yang diperuntukkan ~E adalah daerah pegunungan sebelah barat sungai Yordan bagian tengah (Yos 16:4-10). Pada zaman para hakim ~E ribut dengan para suku tetangganya (Hak 7:23-8:3; 12:1-6). Pada zaman Salomo ~E membentuk sebuah daerah tersendiri (1Raj 4:8) dan menjadi pemimpin para suku di daerah utara, Oleh sebab itu para Nabi menyebut kerajaan Isr. dengan ungkapan ~E tanpa tambahan lain. Peta PB C5.

  1. (2) Sebuah kota di daerah gurun. Yesus mengundurkan diri ke situ untuk menghindari orang-orang Yahudi (Yoh 11:54), yaitu ke kota PL Efron (2Sam 13:23) di sebelah timur Betel. Peta PB C6.

Efraim [tokoh]

Efraim

  1. Anak ke dua Yusuf (Kej 41:52:46:20). Diberkati sby anak sulung oleh Yakub (dalam Kej 48:1-22). Suku dihitung (Bil 1:33; 26:37), tidak berhasil menduduki seluruh negeri (Yos 16:10; Hak 1:29).
  2. Nama sama dengan kerajaan utara (Yes 7:17; Hos 5:1-15).

Suku Efraim [pedoman]

  1. 1. Keturunan anak Yusuf yang kedua, yang dijadikan anak angkat oleh Yakub.
  2. Kej 41:52; 48:5
  3. 2. Nubuat-nubuat mengenai - .
  4. Kej 48:20; Ul 33:13-17
  5. 3. Orang-orang yang terpilih dari - :
    1. 3.1 Untuk menghitung bani Israel.
    2. Bil 1:10
    3. 3.2 Untuk mengintai Kanaan.
    4. Bil 13:8
    5. 3.3 Untuk membagi tanah Kanaan.
    6. Bil 34:24
  6. 4. Kekuatan - ketika meninggalkan Mesir.
  7. Bil 1:32,33
  8. 5. Memimpin pasukan bani Israel yang ketiga.
  9. Bil 10:22
  10. 6. Kekuatan-pada waktu masuk ke negeri Kanaan.
  11. Bil 26:37
  12. 7. Berkemah di sebelah barat Kemah Pertemuan.
  13. Bil 2:18
  14. 8. Persembahan - pada waktu Kemah Pertemuan ditahbiskan.
  15. Bil 7:48-53
  16. 9. Bani - .
  17. Bil 26:35,36
  18. 10. Di atas gunung Gerizim telah memberi berkat.
  19. Ul 27:12
  20. 11. Batas-batas milik pusaka - .
  21. Yos 16:5-9
  22. 12. Tidak dapat mengusir orang Kanaan, tetapi menaklukkan mereka menjadi
  23. budak rodi.
    Yos 16:10; Hak 1:29
  24. 13. Membantu:
    1. 13.1 Manasye menyerang Betel.
    2. Hak 1:22-25
    3. 13.2 Debora dan Barak melawan Sisera.
    4. Hak 5:14
    5. 13.3 Gideon melawan Midian.
    6. Hak 7:24,25
  25. 14. Mencela Gideon sebab tidak segera memanggil mereka untuk melawan
  26. orang Midian.
    Hak 8:1-3
  27. 15. Berperang dengan Yefta karena tidak minta pertolongan mereka untuk
  28. melawan bani Amon.
    Hak 12:1-4
  29. 16. Dikalahkan dan banyak dibunuh.
  30. Hak 12:5,6
  31. 17. Beberapa orang - hadir pada waktu Daud dinobatkan menjadi raja.
  32. 1Taw 12:30
  33. 18. Kepala-kepala suku diangkat oleh Daud.
  34. 1Taw 27:10,20
  35. 19. Suku yang terpenting dari kerajaan Israel.
  36. Yes 7:2-17; Yer 31:9,20
  37. 20. Banyak dari - bergabung dengan Yehuda di bawah raja Asa.
  38. 2Taw 15:9
  39. 21. Banyak dari - ikut merayakan Paskah bersama Hizkia dan dalam
  40. pembaharuan.
    2Taw 30:18; 31:1
  41. 22. Kemah Pertemuan menetap lama di Silo, satu kota dari - .
  42. Yos 18:1; 19:51
  43. 23. Salah satu lembu emas Yerobeam ditempatkan di Betel, satu kota - .
  44. 1Raj 12:29
  45. 24. Orang-orang yang penting:
    1. 24.1 Abdon.
    2. Hak 12:13-15
    3. 24.2 Yosua.
    4. Bil 13:8; Yos 1:1
    5. 24.3 Zikhri.
    6. 2Taw 28:7

EFRAIM [browning]

Salah satu di antara keduabelas suku Israel yang merupakan keturunan anak *Yusuf yang termuda dan menempati daerah di kerajaan Utera, sebelah barat Sungai *Yordan, di dalamnya termasuk kota *Betel dan *Sikhem. Pada abad ke-8 sM oleh *Yesaya dan *Hoses dianggap sebagai keseluruhan kerajaan Utara. Yesaya menyarankan raja *Yehuda agar tidak takut terhadap aliansi Efraim dengan *Aram (Yes. 7:1-17).

EFRAIM [ensiklopedia]

1. Suku Israel. Putra kedua dari Yusuf, yg dilahirkan oleh Asnat, istrinya, putri dari Potifera, sebelum tiba masa kelaparan (Kej 41:50-52). Kedua putra Yusuf diberkati oleh Yakub yg sudah sakit-sakitan (Kej 48:5). Yakub memberkati Efraim dengan tangan kanan, dan Manasye dengan tangan kiri, yg berarti Efraim akan menjadi suku yg lebih besar (Kej 48:19).

Bahwa Efraim menjadi suku besar terlihat dari daftar sensus dalam Bil (Bil 1:33, 40.500 orang; Bil 26:37, 32.500 orang). Dalam pengaturan suku-suku Israel panji-panji perkemahan Efraim terletak di sebelah barat (Bil 2:18). Elisama dari suku Efraim harus mendampingi Musa (Bil 1:10), dan Hosea bin Nun mewakili suku Efraim sebagai salah seorang pengintai Kanaan (Bil 13:8, orang ini disebut juga Yosua). Dia terpilih bersama imam Eleazar untuk membagi-bagi tanah Kanaan (Bil 34:17). Efraim termasuk juga dalam berkat Musa (Ul 33:17).

Dengan pimpinan Yosua yg perkasa, suku Efraim bersama suku lainnya mendapat milik pusakanya yg diterangkan dalam Yos 16. Daerah itu secara kasar dapat dijabarkan sebagai berikut. Dari Gilgal ke arah barat sampai ke Betel, lalu ke hilir Bet-Horon di sebelah barat Gezer, ke arah utara menuju Lod, dan memutar ke arah barat ke laut, lalu ke arah utara ke S Kana dan kemudian ke arah timur ke Tapuah, Yanobah, Taanat-Silo, Atarot, kemudian ke arah selatan ke Nasrat dan Gilgal lagi.

Sejak dari semula suku Efraim mempunyai kedudukan dan peranan penting. Suku Efraim mengeluh kepada Gideon karena ia tidak memanggil mereka dalam peperangan melawan orang Midian; jawaban Gideon mengungkapkan keunggulan Efraim, Hak 8:2. Sekali lagi suku Efraim mengeluh kepada Yefta, dan hal ini menimbulkan perang antara suku Efraim dengan orang Gilead.

Suku Efraim tidak senang melihat perkembangan suku Yehuda yg mengancam martabat mereka. Sesudah Saul mati, maka Isyboset diangkat oleh Abner, panglima Saul, menjadi raja suku-suku utara, termasuk Efraim. Ia memerintah selama 2 thn, tapi Yehuda mengikuti Daud (2 Sam 2:8 dab).

Di kemudian hari bangsa Israel mengikuti Absalom. Suku-suku utara tidak pernah mau mengaku tunduk kepada takhta Daud, tapi Daud kian hari kian berjaya. Pada waktu pemerintahan Salomo kerajaan selatan mencapai puncak kemuliaan dan kemakmurannya. Tapi justru pada saat ini berkecamuk perasaan kurang senang di utara (1 Raj 11:26 dab).

Kebebalan Rehabeam mendorong suku-suku utara memisahkan diri dari suku-suku selatan, dengan meniadakan semua ikatan perjanjian yg telah dibuat terhadap Daud (1 Raj 12:16). Kendati demikian Allah tetap menyuruh para nabiNya ke kerajaan utara, dan satu dari ciri Kerajaan Mesianis ialah menyatukan kembali bangsa yg pecah secara menyedihkan itu, yg dimulai oleh Yerobeam bin Nebat (bnd Hos 1:11). EJY/MHS

2. Daerah. Batas daerah Efraim tertulis dalam Yos 16, dan perbatasan dengan daerah Manasye dalam Yos 17. Dari perbatasan ini hanya beberapa segi utama topografis yg ditentukan dengan pasti; kebanyakan dari tempat yg disebut dalam ps-ps ini belum dapat ditentukan dengan tepat di mana letaknya.

Batas selatan daerah Efraim paling jelas dipaparkan dalam Yos 16:1-3, walaupun disebut sebagai perbatasan selatan 'anak-anak Yusuf', yaitu Efraim-Manasye. Karena tempat Manasye adalah di utara dan di timur laut Efraim, maka dalam praktiknya perbatasan dalam Yos 16:1-3 adalah perbatasan daerah Efraim saja. Perbatasan itu mulai (dari timur ke barat) dari S Yordan dan Yerikho masuk ke pedalaman ke Betel (Beitin modern, kr 15 km sebelah utara Yerusalem), Lus dan Atarot (letaknya tidak pasti), lalu melalui perbatasan Bet-Horon hilir ke Gezer -- tempat yg terkenal -- dan pantai Laut Tengah. Ay 5 sukar dimengerti, tapi barangkali mungkin menentukan selanjutnya bagian perbatasan selatan ini.

Batas utara yg mulai dari Mikhmetat 'yg di sebelah timur Sikhem' (Yos 16:6; 17:2) berbelok ke arah barat; membentang dari Tapuah ke S Kana dan menyusuri sungai itu (barangkali Wadi Kana modern, yg bergabung dgn Wadi Auyah, dan bermuara di Laut Tengah kr 6 km sebelah utara Yafo) terus ke taut (16:8). Ke arah timur dari Mikhmetat, perbatasan itu berbelok dekat Tanaat-Silo (ke arah selatan) menyusuri bagian timur Yanoah ke Atarot (yg lain), Naara dan kembali ke Yerikho dan S Yordan (16:6-7). Di utara nampaknya Sikhem termasuk bagian Efraim, atas bukti daftar kota-kota suku Lewi (Yos 21:20-21; 1 Taw 6:67).

Daerah Efraim di pusat Palestina barat terutama merupakan daerah bukit-bukit tinggi dengan curah hujan yg lebih baik dari Yudea, disertai tanah subur yg baik; dari situlah timbul beberapa singgungan Alkitab akan kesuburan daerah Efraim. Orang Efraim mempunyai hubungan langsung, walau tidak terlalu mudah, dengan Jalan Utama Raya yg menghubungkan utara -- selatan di dataran barat.

KEPUSTAKAAN. D Baly, The Geography of the Bible2, 1974, hlm 164-176; J Simons, The Geographical and Topographical Texts of the Old Testament, 1959, hlm 158-169; Y Kaufmann, The Biblical Account of the Conquest of Palestine, 1953, hlm 28-36; E Jenni, Zeitschrift des deutschen Palestina-Vereins, 74, 1958, hlm 35-40, dan kepustakaan; FM Abel, Geographie de Ia Palestine, 1-2, 1933-1938. KAK/MHS

[+] Bhs. Inggris



TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 0.06 detik
dipersembahkan oleh YLSA