Lihat definisi kata "Roh" dalam Studi Kata
Daftar Isi
KECIL: Roh
BROWNING: ROH
ENSIKLOPEDIA: ROH

Roh

(nafas). Menurut paham orang Ibrani ialah berpokok pada akal (pengertian), yang dapat dikenal dari pokok pernafasan, penghidupan (badaniah) dan jiwa. Rohulkudus atau roh suci dipandang sebagai oknum ketiga dari Allah. 2Korintus 13:13; Kisah 13:12; 15:28

Roh [kecil]

KS.-

  1. Roh Allah, Roh Tuhan
    [PL] Kej 1:2; 41:38; Kel 31:2-3; Bil 24:2; Hak 3:10; 11:29; 1Sam 10:6,10; 2Raj 2:16; Mazm 51:11; Yes 11:2; 61:1; Yeh 36:27; Yoel 2:28-29; Mi 3:8; Za 4:6
  2. Roh jahat
    [PL] umum, 1Sam 16:14-23
    [PB] Mr 1:23,26,27; 3:11; 5:3; 1Kor 7:5; 10:20-21; 1Tim 4:1; Wahy 9:20; 12:9; 16:13-14; 18:2; 20:2
  3. Roh jahat dengan Yesus
    [PB] Mat 4:24; 8:16; 28:34; Mr 3:11,23,30; 5:8,13; 7:25; Mr 9:17,20,25; Luk 11:14-26

ROH [browning]

Kata Ibrani ruah berarti angin (Kel. 10:13) atau napas (Kej. 6:17), atau kuasa ilahi (Yeh. 39:9 dst.). Semuanya mengan(lung arti yang mempesona. Dalam PB, kata Yunani pneima mempunyai arti luas. Roh itu datang dalam api dan *penghukuman (Mat. 3:11 dst.), roh datang atas *murid-murid pada hari *Pentakosta menyerupai api (Kis. 2:3), tetapi kedengaran seperti angin (pneuma). Dalam gabungan dengan kata sifat Kudus (Roh Kudus) yang dimaksud adalah Roh Allah. Roh Kudus tidak banyak disebutkan dalam Injil Sinoptik, karena menurut kepercayaan Kristen, Roh itu tidak diberikan sebelum *kebangkitan atau pemuliaan Tuhan (Yoh. 7:39). Tetapi, pada beberapa saat luar biasa dikatakan, Roh itu datang -- pada waktu pembuahan Yesus (Luk. 1:35), dan *baptisan-Nya (Luk. 3:16 dst.). Yesus dipimpin oleh Roh ke *padang gurun (Mrk. 1:12). Roh dijanjikan kepada para murid (Mrk. 13:11; Luk. 11:13) dan janji itu dipenuhi atas Gereja yang berkumpul waktu Pentakosta (Kis. 2) dan atas orang perorang pada awal kehidupan mereka yang baru (Gal. 3:2 dst.; Rm. 8:9 dst.; bnd. Yoh.3:3 dst.). Datangnya Roh itu membawa *kesukaan (kata yang kadang-kadang sepertinya searti dengan Roh, mis. Kis. 8:39). Roh memberikan *karunia-karunia yang beraneka ragam (1Kor. 12:4 dst.) untuk membangun kehidupan Gereja. Roh ini menyatakan kebenaran-kebenaran baru kepada setiap generasi (Yoh. 14:26; 16:12 dst.). Dan oleh Roh orang percaya mengenali Yesus (1Kor. 12:3) dan mengikuti teladan-Nva (2Kor. 3:18).

ROH [ensiklopedia]

1. Ruakh terdapat 378 kali dalam PL, bagian terbesar pemakaiannya mengacu pada manusia, tapi kebanyakannya berkaitan dengan yg supra alami. Kata benda ruakh berasal dari kata kerja yg berarti mengeluarkan nafas dengan kuat dari hidung. Kadang-kadang kata itu mengandung arti 'pusat hidup', searti dengan nefesy, tapi dalam anti itu jumlahnya sedikit dan umumnya ruakh berarti bernyawa berkaitan dengan nefesy, makhluk hidup.

Ruakh sering berarti 'angin', dan sering pula dianggap berkuasa, bahkan bisa merusak (mis Kel 10:13; 14:21; Ayb 21:18; Mzm 1:4; 35:5; 107:25; Yeh 1:4; 1 Raj 19:11), tapi selalu dikendalikan Allah untuk melaksanakan kehendakNya (bnd Am 4:13; Ayb 28:25; Ams 30:4; Mzm 104:3; 135:7; 148:8). Yeh 37:1-14 memberi contoh dari berbagai pemakaian kata itu: dalam ay 9 artinya 'angin' (sekalipun menurut TBI 'nafas hidup'), ay 5, 6, 8, 10, 'nafas hidup', dan dalam ay 14, 'roh'.

Dalam psikologi ruakh berarti 'pendorong yg dominan' (mis Kej 26:35; Bil 5:14; 14:24; Ayb 20:3; Mzm 32:2; 51:10; 2 Raj 19:7). pada beberapa keadaan ruakh menuntun orang untuk melakukan sesuatu yg khusus (Ams 16:32; 25:28; Hag 1:14).

Ruakh beberapa kali muncul dalam arti roh jahat (mis 1 Sam 16:16; 18:10; Bil 5:14; Hos 4:12; 5:4) dan 1 Raj 22:19-25 memperlihatkan bahwa yg dimaksud ialah roh yg berpribadi. Ruakh dapat juga berarti pengaruh baik yg supra alami (mis Kel 28:3; Ul 34:9; Yes 28:6; Za 12:10). Ke-imanen-an Allah akan menjadi nyata bila kehendak-Nya dinyatakan oleh RohNya (bnd Mzm 104; 139); Kej 1:2 adalah pemakaian pertama ruakh dengan arti itu (bnd Ayb 32:8; 33:4). Roh dihubungkan dengan perjanjian Allah dan Israel (Hag 2:5) dan sarana berbagai petugas untuk pelayanan ilahi (Bil 11:25; 1 Sam 11:6; 16:13; Mi 3:8; Yes 11:2-3; 61:1). Dalam Mzm 51:12; Yes 63:10-11 terdapat ungkapan 'Roh Kudus'. Kendati banyak ay menggunakan ungkapan Roh Kudus dengan sifat tidak berpribadi, tapi kegiatan, pengetahuan dan kodrat yg dikaitkan kepada Roh itu mengacu kepada kepribadian dan keilahian.

2. Pneuma, istilah Yunani, padanan ruakh, terdapat 220 kali dalam PB, 91 kali dengan atau tanpa keterangan mengenai sifat atau sumber-Nya, mengacu pada Roh Kudus. Arti umum pneuma serupa dengan arti ruakh, tapi tekanannya berubah terutama dalam Surat Paulus. Di situ pneuma jarang mengacu pada pihak manusia, tapi pada Roh Allah.

Dalam Yoh 3:8 pneuma berarti 'angin', dalam 2 Tes 2: 8 'nafas'. Dikaitkan dengan sari, pneuma berarti unsur non-ragawi manusia (2 Kor 7:1; Kol 2:5); bila dikaitkan dengan soma, artinya sama (1 Kor 5:3-5; 7:34). Pneuma dapat juga berarti unsur dini manusia yg tetap lestari sesudah kematian (Mat 27:50; Luk 8:55; 23:46; Yoh 19:30; Kis 7:59; Ibr 12:23; 1 Ptr 3:18-19; Why 11:11).

Sebagai istilah psikologi pneuma berarti daya tanggap, perasaan dan kehendak, atau keadaan kesadaran, dan mungkin imbangan dari ego (Mrk 2:8; Luk 1:47; Yoh 11:33; 13:21; Kis 17:16; 18:25; 19:21; Mat 26:41; 1 Kor 4:21; Gal 6:1; 1 Ptr 3:4; Rm 8:16; 1 Kor 16:18; Gal 6:18).

Dalam Injil Sinoptik dan Kis pneuma mengacu pada roh jahat, tapi pneuma pada umumnya dalam PB terkait dengan Roh Allah, khususnya yg langsung dikaitkan dengan Kristus sebagai asal-Nya atau yg diwakili-Nya. Kadang-kadang Ia dirujuk sebagai 'yg datang dari Allah' (mis 1 Kor 2:11, 14), pada kesempatan lain sebagai 'yg datang dari Tuhan' (mis Kis 8:39 -- maksudnya Kristus) atau 'yg datang dari Kristus' (Kis 16:7; 1 Ptr 1:11; Flp 1:19). Dalam beberapa ay terdapat ungkapan 'Roh Kudus' (Mat 12:32; Mrk 3:29; Luk 12:10). Dua kali Roh Kudus ditempatkan berdampingan dengan Allah Bapak dan Allah Anak dalam rangka keilahian dan kesetaraan (Mat 28:19; 2 Kor 13:14; bnd 1 Ptr 1:2). *ROH KUDUS.

PL dan PB tidak membenarkan pengertian tentang manusia sebagai terdiri dari tiga bagian (trikhotomi).

KEPUSTAKAAN. A McCaig, 'Thoughts on the Tripartite Theory of Human Nature', EQ 3, 1931, hlm 121 dab; W. P. D Dickson, St. Paul's Use of the Terms Flesh and Spirit, 1883, hlm 193 dab; N. H Snaith, The Distinctive ideas of the Old Testament, 1944, hlm 141-158, 179-180. WJC/MHS/HAO


Lihat definisi kata "Roh" dalam Studi Kata



TIP #07: Klik ikon untuk mendengarkan pasal yang sedang Anda tampilkan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA