1 Timotius 2:4
Konteks2:4 yang menghendaki b supaya semua orang c diselamatkan 1 d dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran. e
1 Timotius 2:6
Konteks2:6 yang telah menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan i bagi semua manusia 2 : itu kesaksian j pada waktu yang ditentukan. k
Mazmur 36:6
Konteks36:6 (36-7) Keadilan-Mu i adalah seperti gunung-gunung j Allah, hukum-Mu bagaikan samudera raya k yang hebat. Manusia dan hewan l Kauselamatkan, ya TUHAN.
Mazmur 107:2
Konteks107:2 Biarlah itu dikatakan orang-orang yang ditebus l TUHAN, yang ditebus-Nya dari kuasa yang menyesakkan,
Mazmur 107:6-43
Konteks107:6 Maka berseru-serulah r mereka kepada TUHAN 3 dalam kesesakan mereka, dan dilepaskan-Nya mereka dari kecemasan mereka. 107:7 Dibawa-Nya mereka menempuh jalan yang lurus, s sehingga sampai ke kota t tempat kediaman orang. 107:8 Biarlah mereka bersyukur u kepada TUHAN karena kasih setia-Nya, v karena perbuatan-perbuatan-Nya w yang ajaib terhadap anak-anak manusia, 107:9 sebab dipuaskan-Nya x jiwa yang dahaga, dan jiwa yang lapar dikenyangkan-Nya dengan kebaikan. y 107:10 Ada orang-orang yang duduk di dalam gelap z dan kelam, terkurung dalam sengsara a dan besi. b 107:11 Karena mereka memberontak c terhadap perintah-perintah Allah, dan menista d nasihat e Yang Mahatinggi, 107:12 maka ditundukkan-Nya hati mereka ke dalam kesusahan, mereka tergelincir, dan tidak ada yang menolong. f 107:13 Maka berseru-serulah mereka kepada TUHAN dalam kesesakan mereka, dan diselamatkan-Nyalah mereka g dari kecemasan mereka 4 , 107:14 dibawa-Nya mereka keluar dari dalam gelap h dan kelam, i dan diputuskan-Nya belenggu-belenggu j mereka. 107:15 Biarlah mereka bersyukur k kepada TUHAN karena kasih setia-Nya, l karena perbuatan-perbuatan-Nya m yang ajaib terhadap anak-anak manusia, 107:16 sebab dipecahkan-Nya pintu-pintu tembaga, dan dihancurkan-Nya palang-palang pintu besi. 107:17 Ada orang-orang menjadi sakit n oleh sebab kelakuan o mereka yang berdosa, dan disiksa p oleh sebab kesalahan-kesalahan mereka; 107:18 mereka muak terhadap segala makanan q dan mereka sudah sampai pada pintu gerbang maut. r 107:19 Maka berseru-serulah s mereka kepada TUHAN dalam kesesakan mereka, dan diselamatkan-Nya mereka t dari kecemasan mereka, 107:20 disampaikan-Nya firman-Nya u dan disembuhkan-Nya v mereka, diluputkan-Nya w mereka dari liang kubur. x 107:21 Biarlah mereka bersyukur y kepada TUHAN karena kasih setia-Nya, z karena perbuatan-perbuatan-Nya a yang ajaib terhadap anak-anak manusia. 107:22 Biarlah mereka mempersembahkan korban syukur, b dan menceritakan pekerjaan-pekerjaan-Nya c dengan sorak-sorai! d 107:23 Ada orang-orang yang mengarungi laut e dengan kapal-kapal, f yang melakukan perdagangan di lautan luas; 107:24 mereka melihat pekerjaan-pekerjaan TUHAN, g dan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib di tempat yang dalam. 107:25 Ia berfirman, h maka dibangkitkan-Nya angin badai i yang meninggikan gelombang-gelombangnya. j 107:26 Mereka naik sampai ke langit dan turun ke samudera raya, jiwa mereka hancur k karena celaka; l 107:27 mereka pusing m dan terhuyung-huyung seperti orang mabuk, dan kehilangan akal. 107:28 Maka berseru-serulah n mereka kepada TUHAN dalam kesesakan mereka, dan dikeluarkan-Nya mereka dari kecemasan o mereka, 107:29 dibuat-Nyalah badai p itu diam, sehingga gelombang-gelombangnya q tenang. r 107:30 Mereka bersukacita, sebab semuanya reda, dan dituntun-Nya mereka s ke pelabuhan kesukaan mereka. 107:31 Biarlah mereka bersyukur t kepada TUHAN karena kasih setia-Nya, u karena perbuatan-perbuatan-Nya v yang ajaib terhadap anak-anak manusia. 107:32 Biarlah mereka meninggikan w Dia dalam jemaat x umat itu, dan memuji-muji Dia dalam majelis para tua-tua. 107:33 Dibuat-Nya sungai-sungai menjadi padang gurun, y dan pancaran-pancaran air z menjadi tanah gersang, 107:34 tanah yang subur menjadi padang asin, a oleh sebab kejahatan orang-orang yang diam di dalamnya. 107:35 Dibuat-Nya padang gurun menjadi kolam air, b dan tanah kering menjadi pancaran-pancaran air. c 107:36 Ditempatkan-Nya di sana orang-orang lapar, dan mereka mendirikan kota tempat kediaman; 107:37 mereka menabur di ladang-ladang dan membuat kebun-kebun anggur, d yang mengeluarkan buah-buahan sebagai hasil. 107:38 Diberkati-Nya mereka sehingga mereka bertambah e banyak dengan sangat, dan hewan-hewan mereka tidak dibuat-Nya berkurang. f 107:39 Tetapi mereka menjadi berkurang g dan membungkuk h oleh sebab tekanan celaka dan duka. 107:40 Ditumpahkan-Nya kehinaan ke atas orang-orang terkemuka, i dan dibuat-Nya mereka mengembara di padang tandus j yang tiada jalan; 107:41 tetapi orang miskin k dibentengi-Nya terhadap penindasan, dan dibuat-Nya kaum-kaum mereka seperti kawanan domba l banyaknya. 107:42 Orang-orang benar melihatnya, lalu bersukacita, m tetapi segala kecurangan tutup mulut. n 107:43 Siapa yang mempunyai hikmat? o Biarlah ia berpegang pada semuanya ini, dan memperhatikan segala kemurahan p TUHAN.
Yesaya 45:21-22
Konteks45:21 Beritahukanlah dan kemukakanlah alasanmu, ya, biarlah mereka berunding bersama-sama: Siapakah yang mengabarkan r hal ini dari zaman purbakala, dan memberitahukannya dari sejak dahulu? s Bukankah Aku, TUHAN? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! t Allah yang adil u dan Juruselamat, v tidak ada yang lain kecuali Aku! 45:22 Berpalinglah w kepada-Ku dan biarkanlah dirimu diselamatkan, x hai ujung-ujung bumi 5 ! y Sebab Akulah Allah dan tidak ada yang lain. z
Yohanes 1:29
KonteksYohanes 3:15-17
Konteks3:15 supaya setiap orang yang percaya w kepada-Nya beroleh hidup x yang kekal. 3:16 Karena begitu besar kasih y Allah akan dunia ini 7 , sehingga Ia telah mengaruniakan z Anak-Nya a yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya b kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. c 3:17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia d bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. e
Yohanes 3:1
KonteksYohanes 2:2
Konteks2:2 Yesus dan murid-murid-Nya diundang juga ke perkawinan itu.
Yohanes 4:14
Konteks4:14 tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus l untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air m di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal 8 . n "
[2:4] 1 Full Life : YANG MENGHENDAKI SUPAYA SEMUA ORANG DISELAMATKAN.
Nas : 1Tim 2:4
Alkitab menyatakan dua aspek kehendak Allah untuk manusia berhubung dengan masalah keselamatan: kehendak-Nya yang sempurna dan kehendak-Nya yang mengizinkan (lih. Mat 7:21; Luk 7:30; 13:34; Yoh 7:17; Kis 7:51;
lihat art. KEHENDAK ALLAH).
- 1) Kehendak Allah yang sempurna sungguh-sungguh menginginkan "supaya semua orang diselamatkan". Allah tidak mau seorang pun binasa, "melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat" (2Pet 3:9). Aspek kehendak Allah ini berkaitan dengan apa yang diinginkan oleh-Nya, dan bukan apa yang diizinkan-Nya.
- 2) Kehendak Allah yang mengizinkan berkaitan dengan apa yang dibiarkan atau diizinkan oleh-Nya, dan bukan apa yang sebenarnya diinginkan-Nya. Bahwa banyak orang tetap terhilang dalam dosa berhubungan dengan aspek kehendak Allah ini dan bukan karena kehendak-Nya yang sempurna. Kalau ada orang yang memilih untuk tetap tidak selamat, Allah akan mengizinkan hal itu karena Dia tidak memaksa mereka yang menolak untuk menerima keselamatan dari Anak-Nya. Dengan demikian, banyak hal yang terjadi di dunia ini sebenarnya bertentangan dengan kehendak Allah yang sempurna (yaitu dosa, hawa nafsu, kekerasan, kebencian, dan ketegaran hati), tetapi dalam kehendak-Nya yang mengizinkan.
- 3) Kedua aspek kehendak Allah ini juga berfungsi dalam pengalaman hidup yang menyedihkan dan mendukakan. Banyak penderitaan dan kesulitan pribadi diizinkan Allah, tetapi belum tentu menjadi maksud atau kehendak-Nya yang utama untuk orang itu. Karena dosa, pemberontakan, dan kesembronoan, maka kesulitan dan kesukaran dapat terjadi tanpa diinginkan Allah. Penderitaan pribadi kadang-kadang dapat disebabkan karena prinsip ilahi "yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya" (Gal 6:7).
[2:6] 2 Full Life : TEBUSAN BAGI SEMUA MANUSIA.
Nas : 1Tim 2:6
Lihat cat. --> Mat 20:28.
[atau ref. Mat 20:28]
[107:6] 3 Full Life : BERSERU-SERULAH MEREKA KEPADA TUHAN.
Nas : Mazm 107:6
Empat kali pemazmur memakai frasa ini, dan empat kali disebutkan bahwa Allah melepaskan mereka "dari kecemasan mereka" (ayat Mazm 107:6,13,19,28). Allah sering kali menuntun anak-anak-Nya ke tempat di mana kemampuan diri gagal dan di mana manusia tidak dapat menolong, supaya mereka dapat berseru kepada-Nya dengan iman yang rendah hati dan tulus seperti seorang anak.
[107:13] 4 Full Life : DISELAMATKAN-NYALAH MEREKA DARI KECEMASAN MEREKA.
Nas : Mazm 107:13
Perhatikan bahwa bahkan bila kita sendiri bersalah atas kesulitan yang kita alami, Allah ingin melepaskan kita (ayat Mazm 107:1-13,17-22); jadi, jikalau kita sedang mengalami kesesakan besar, sambil menyadari bahwa Allah mungkin sedang menghukum kita, kita masih dapat berharap akan kemurahan-Nya dan berseru kepada-Nya dengan iman memohon pengampunan dan pertolongan-Nya.
[45:22] 5 Full Life : BIARKANLAH DIRIMU DISELAMATKAN, HAI UJUNG-UJUNG BUMI!
Nas : Yes 45:22
Allah mengundang semua orang di bumi untuk bertobat dan berbalik kepada-Nya untuk menerima keselamatan. Injil Kristus berisi undangan yang sama, dan Allah telah memerintahkan gereja-Nya untuk membawa kabar baik ini ke seluruh dunia (Mat 28:19-20; Kis 1:8;
lihat cat. --> Yes 42:1).
[atau ref. Yes 42:1]
Tuhan menginginkan pertobatan semua orang (2Pet 3:9).
[1:29] 6 Full Life : ANAK DOMBA ALLAH.
Nas : Yoh 1:29
Yesus merupakan Anak Domba yang disediakan Allah untuk dikorbankan sebagai pengganti orang berdosa (bd. Kel 12:3-17; Yes 53:7;
lihat art. PASKAH).
Melalui kematian-Nya, Yesus memungkinkan penghapusan kesalahan dan kuasa dosa dan membuka jalan kepada Allah bagi seluruh dunia.
[3:16] 7 Full Life : BEGITU BESAR KASIH ALLAH AKAN DUNIA INI.
Nas : Yoh 3:16
Ayat ini mengungkapkan isi hati dan tujuan Allah.
- 1) Kasih Allah cukup luas untuk menjangkau semua orang, yaitu "dunia ini" (bd. 1Tim 2:4).
- 2) Allah "mengaruniakan" Anak-Nya sebagai korban penghapus dosa di atas kayu salib. Pendamaian mengalir dari hati Allah sendiri yang penuh kasih. Korban Kristus bukan sesuatu tindakan yang terpaksa dilakukan oleh Allah (Rom 8:32; 1Yoh 4:10).
- 3) Percaya (Yun. _pisteuo_) mengandung tiga unsur utama:
- (a) keyakinan yang kokoh bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah dan satu-satunya Juruselamat umat manusia yang hilang;
- (b) persekutuan yang menyangkal diri dan ketaatan kepada Kristus
(bd. Yoh 15:1-10;
lihat cat. --> Yoh 14:21; dan
lihat cat. --> Yoh 15:4); dan
[atau ref. Yoh 14:21; 15:4]
- (c) kepercayaan penuh di dalam Kristus bahwa Ia mampu dan bersedia
menuntun saudara hingga keselamatan kekal dan persekutuan dengan
Allah di sorga
(lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
- 4) "Binasa" merupakan kata yang sering dilupakan dalam ayat
Yoh 3:16 ini. Kata ini tidak menunjuk kepada kematian jasmani,
tetapi kepada hukuman kekal yang begitu mengerikan
(lihat cat. --> Mat 10:28).
[atau ref. Mat 10:28]
- 5) "Hidup kekal" adalah karunia yang dianugerahkan Allah kepada kita
pada saat kita dilahirkan kembali
(lihat art. PEMBAHARUAN).
"Kekal" bukan saja mengacu kepada keabadian tetapi juga kepada kualitas kehidupan ini; suatu jenis kehidupan yang ilahi, kehidupan yang membebaskan kita dari kuasa dosa dan Iblis serta meniadakan yang duniawi di dalam diri kita supaya kita dapat mengenal Allah (bd. Yoh 8:34-36;lihat cat. --> Yoh 17:3).
[atau ref. Yoh 17:3]
[4:14] 8 Full Life : AIR ... HIDUP YANG KEKAL.
Nas : Yoh 4:14
"Air" yang diberikan Yesus berarti hidup kekal (bd. Yes 12:3). Untuk memperoleh air hidup ini, seseorang harus "meminumnya" (lih. Yoh 7:37). Tindakan minum ini bukanlah suatu tindakan sesaat yang satu kali saja, namun suatu tindakan minum yang bertahap-tahap dan berkali-kali; perhatikan bahwa kata "minum" (Yun. _pineto_ dari akar _pino_) adalah dalam betuk imperatif masa kini yang berarti suatu tindakan yang berkesinambungan atau berulang-ulang. Meminum air hidup menuntut persekutuan terus-menerus dengan sumbernya, Yesus Kristus sendiri. Tidak seorang pun bisa meminum air hidup apabila hubungannya terputus dengan sumber itu. Orang-orang seperti itu akan menjadi, seperti yang dikatakan Petrus, "mata air yang kering" (2Pet 2:17).