Teks -- Imamat 4:20 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem -> Im 1:1--7:38; Im 4:1-35
Jerusalem: Im 1:1--7:38 - -- Bagian ini boleh diberi judul: "Tata Upacara Korban". Oleh kitab Imamat seluruh tata upacara itu dihubungkan dengan masa tinggalnya Israel di padang g...
Bagian ini boleh diberi judul: "Tata Upacara Korban". Oleh kitab Imamat seluruh tata upacara itu dihubungkan dengan masa tinggalnya Israel di padang gurun dan ditempatkan di bawah kewibawaan Musa. Pada kenyataannya bagian ini memang memuat beberapa aturan kuno tetapi juga sejumlah penetapan yang berasal dari zaman jauh kemudian dari masa Musa. Sesudah pembuangan barulah tata upacara ini disusun. Maka Ima 1:1-7 sebenarnya menyajikan tata upacara korban yang menjadi pegangan bagi ibadah yang diselenggarakan dalam bait Allah yang didirikan sesudah masa pembuangan Israel ke Babel. Mengenai ibadah suku-suku Israel yang sebagai Badui mengembara di gurun tidak banyak yang dapat diketahui. Nas-nas yang tua usianya hanya memberi petunjuk mengenai perayaan Paskah, bdk catatan pada Kel 12:1,23,39. Tata upacara terperinci yang disajikan Taurat oleh tradisi Kristen diartikan sebagai persiapan dan pralambang korban tunggal penebus, bdk Ibr 8 dst, dan sakramen-sakramen Gereja.
Jerusalem: Im 4:1-35 - -- Bagian terbesar Tata Upacara Korban (Ima 4:1-6:7) membicarakan korban pendamaian. dibedakan dua macam korban pendamaian, yaitu: korban penghapusan dos...
Bagian terbesar Tata Upacara Korban (Ima 4:1-6:7) membicarakan korban pendamaian. dibedakan dua macam korban pendamaian, yaitu: korban penghapusan dosa dan korban penebus salah. Tetapi perbedaannya jauh dari jelas. Rupanya "korban penghapus dosa" lebih luas dari pada "korban penebus salah". Yang terakhir terutama mengenai kesalahan-kesalahan yang dianggap merugikan Allah, para imam atau sesama manusia. Tetapi kedua macam korban itu di sini dibebankan bagi kesalahan yang sangat serupa satu sama lain, bab 5, sehingga perbedaan tsb mengabur. Kekaburan hanya bertambah besar kalau juga diperhatikan aturan-aturan khusus yang tercantum dalam Ima 14:10-32; Bil 6:9-12; 15:22-33. Upacara-upacara terperinci yang disajikan dosa tunggal, yang dipersembahkan Yesus Kristus, bdk Ibr 9+.
Ende: Im 1:1--7:38 - -- Dalam bagian pertama ini disadjikan peraturan mengenai pelbagai djenis kurban
dan mengenai ibadah umat Allah (lihat pendahuluan hal IX-XI) Kurban-kurb...
Dalam bagian pertama ini disadjikan peraturan mengenai pelbagai djenis kurban dan mengenai ibadah umat Allah (lihat pendahuluan hal IX-XI) Kurban-kurban ini didjaman persiapan itu adalah alat dan djalan jang ditentukan Jahwe sendiri, supaja manusia dapat menghadapiNja dan dengan djalan itu memperoleh berkah ilahi serta mengambil bagian dalam kekudusan tuhan. Manusia sendiri tidak tahu dan tidak mampu pula membuat djalan itu. Maka dari itu Allah berdjandji sendiri menetapkan djalan itu. Meskipun tidak sedikit dari upatjara itu sesungguhnja diambil alih oleh agama Israil dari bangsa-bangsa lain, namun kesemuanja disahkan oleh Allah dan dengan demikian dibuatNja mendjadi bertenaga djuga. Kitab Sutji menghubungkan semua dengan Musa, bukan oleh sebab Musa sendiri (sebagai pengantar Allah)memberikan undang-undang itu, melainkan oleh sebab Musalah pendiri agama Israil jang sedjati. Apa jang dimaksudkan kurban Perdjandjian Lama jang bermatjam ragam itu diketemukan kembali dalam satu Kurban Perdjandjian Baru, jakni kurban Kristus, sebagaimana ditegaskan dalam surat kepada orang-orang Hibrani (pasal 8-9(Ima 8-9), jang menafsirkan kurban-kurban itu sebagai perlambang kurban sedjati itu).
jaitu kurban guna imam agung (aj. 3-11)(Ima 4:3-11).
Ende: Im 4:20 - Mentjeriakan Dengan perkataan ini kami menterdjemahkan suatu perkataan
Hibrani jang sesungguhnja sukar diterdjemahkan kedalam bahasa manapun sadja.
Kata "kapar" Hi...
Dengan perkataan ini kami menterdjemahkan suatu perkataan Hibrani jang sesungguhnja sukar diterdjemahkan kedalam bahasa manapun sadja. Kata "kapar" Hibrani aselinja ada sangkut pautnja dengan "memurnikan, membersihkan", mentahirkan". Seringkali kata tsb. diterdjemahkan dengan "mengadakan penjilihan", "memulihkan", "mengadakan perdamaian". Tetapi arti kata "dosa" dalam Perdjandjian Lama, terutama dalam kitab Levitika sangat luas dan menjangkut djuga selalu salah satu "kenadjisan" rituil. Karena itu kami berpendapat bahwa "mentjeritakan" tjukup mendekati arti kata Hibrani.
Kurban penebus dosa memulihkan keadaan jang menghalangi orang menghampiri Allah dalam ibadah, dengan menghapus segala sesuatu jang merupakan halangan untuk ikut serta dalam ibadah, entah orang sadar atau tidak terhadap halangan itu.
Ref. Silang FULL -> Im 4:20
Ref. Silang FULL: Im 4:20 - mengadakan pendamaian // menerima pengampunan · mengadakan pendamaian: Kel 29:36; Kel 29:36; Kel 32:30; Kel 32:30; Rom 3:25; Rom 3:25; Ibr 10:10-12
· menerima pengampunan: Im 4:26,...
· mengadakan pendamaian: Kel 29:36; [Lihat FULL. Kel 29:36]; Kel 32:30; [Lihat FULL. Kel 32:30]; Rom 3:25; [Lihat FULL. Rom 3:25]; Ibr 10:10-12
· menerima pengampunan: Im 4:26,31,35; Bil 15:25