Teks -- Daniel 7:1-23 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Dan 7:1 - BERMIMPILAH DANIEL DAN MENDAPAT PENGLIHATAN-PENGLIHATAN.
Nas : Dan 7:1
Kata-kata "mimpi" dan "penglihatan" kadang-kadang dipakai secara
bertukar-tukar dalam Alkitab. Daniel menafsirkan mimpi yang bersifat...
Nas : Dan 7:1
Kata-kata "mimpi" dan "penglihatan" kadang-kadang dipakai secara bertukar-tukar dalam Alkitab. Daniel menafsirkan mimpi yang bersifat nubuat dari orang lain; Allah juga memberi Daniel beberapa mimpi dan penglihatan yang luar biasa. Saat itu mungkin usianya hampir 70 tahun. Mimpi dan penglihatan bersifat nubuat termasuk berbagai manifestasi yang akan merupakan ciri umat Allah pada hari-hari terakhir apabila pelayanan dan kegiatan Roh Kudus akan terwujud secara penuh di dalam diri orang percaya (bd. Yoel 2:28;
lihat cat. --> Kis 2:16;
[atau ref. Kis 2:16]
lihat art. KARUNIA-KARUNIA ROHANI ORANG PERCAYA).
Full Life: Dan 7:3 - EMPAT BINATANG BESAR.
Nas : Dan 7:3
Beberapa penulis modern beranggapan bahwa binatang-binatang ini
melambangkan bangsa-bangsa yang ada pada akhir zaman. Sekalipun demik...
Nas : Dan 7:3
Beberapa penulis modern beranggapan bahwa binatang-binatang ini melambangkan bangsa-bangsa yang ada pada akhir zaman. Sekalipun demikian, sebagian besar penafsir Alkitab menganggap penglihatan ini sejajar dengan mimpi Nebukadnezar dalam pasal Dan 2:1-49
(lihat cat. --> Dan 2:37-38;
lihat cat. --> Dan 2:39;
lihat cat. --> Dan 2:40;
(lihat cat. --> Dan 2:41-43)
[atau ref. Dan 2:37-43]
tetapi untuk mengungkapkan sifat kebinatangan, yaitu sifat batin kerajaan-kerajaan ini.
- 1) Singa, lambang kekuasaan raja, melambangkan kerajaan Neo-Babilonia. Rajawali, raja burung, mungkin secara khusus melambangkan kuasa Raja Nebukadnezar, dan pencabutan sayap-sayap melambangkan apa yang terjadi dalam pasal Dan 4:1-37.
- 2) Beruang yang berdiri pada sisinya yang sebelah melambangkan Media-Persia, dengan Persia menguasai Media. Ketiga tulang rusuk di dalam mulutnya melambangkan penaklukan Babel, Lidia, dan Mesir.
- 3) Macan tutul, binatang yang kuat dan gesit, dengan empat sayap, melambangkan kerajaan Yunaninya Aleksander dan perluasan kerajaannya yang pesat. Keempat kepala merupakan empat kerajaan yang muncul dari kerajaannya ketika ia wafat karena dibagi di antara empat panglimanya: Lisimakhus (yang mengambil Trakhia dan Bitinia), Casandra (yang mengambil Yunani dan Makedonia), Seleukus (yang mengambil Babel dan Asyur), dan Ptolemeus (yang mengambil Palestina, Mesir, dan Arab).
- 4) Binatang keempat, yang menakutkan dan dahsyat, dengan gigi besi, melambangkan Roma, sebagaimana halnya sisa penglihatan tentang patung, termasuk sepuluh jari kaki.
Full Life: Dan 7:8 - TANDUK LAIN YANG KECIL.
Nas : Dan 7:8
Tanduk kecil ini melambangkan pemimpin besar terakhir di dunia --
antikristus (1Yoh 2:18), manusia durhaka (2Tes 2:3,8), binatang
yan...
Nas : Dan 7:8
Tanduk kecil ini melambangkan pemimpin besar terakhir di dunia -- antikristus (1Yoh 2:18), manusia durhaka (2Tes 2:3,8), binatang yang mengalahkan tiga dari sepuluh raja itu (ayat Dan 7:11,24; Wahy 13:7; Wahy 19:19-20). Dia akan berperang melawan orang-orang kudus Allah, mengalahkan mereka (ayat Dan 7:21-22,25), dan mengucapkan perkataan yang menentang Allah (ayat Dan 7:25). Ketika "Yang Lanjut Usia" (yaitu, Yesus Kristus) datang (ayat Dan 7:9), orang kudus akan memegang pemerintahan (ayat Dan 7:22,27; bd. Wahy 11:15-18; 20:4-6); antikristus akan dibinasakan (ayat Dan 7:11,26) dan dicampakkan ke dalam lautan api yang menyala-nyala (Wahy 19:20).
Full Life: Dan 7:9 - DUDUKLAH YANG LANJUT USIANYA.
Nas : Dan 7:9
"Yang Lanjut Usia" adalah cara lain untuk mengakui Allah sebagai
Yang Kekal, Yang oleh Abraham diakui sebagai "Hakim segenap bumi"
(K...
Nas : Dan 7:9
"Yang Lanjut Usia" adalah cara lain untuk mengakui Allah sebagai Yang Kekal, Yang oleh Abraham diakui sebagai "Hakim segenap bumi" (Kej 18:25). Ia dilukiskan sebagai menghakimi semua orang dan semua kerajaan pada akhir zaman. Gambaran Allah di dalam ayat ini juga menyatakan kekudusan-Nya ("pakaiannya putih seperti salju"), keagungan-Nya ("rambutnya bersih seperti bulu domba"), dan keadilan yang menyala-nyala ("kursi-Nya dari nyala api dan roda-rodanya dari api yang berkobar-kobar").
Full Life: Dan 7:13 - SEORANG SEPERTI ANAK MANUSIA.
Nas : Dan 7:13
Oknum agung ini dihadapkan kepada Allah Bapa sebagai oknum yang
terpisah dan berbeda dari Dia untuk menerima kerajaan kekal yang tid...
Nas : Dan 7:13
Oknum agung ini dihadapkan kepada Allah Bapa sebagai oknum yang terpisah dan berbeda dari Dia untuk menerima kerajaan kekal yang tidak pernah akan diberikan kepada orang lain (seperti yang terjadi dengan kerajaan-kerajaan sebelumnya). Awan-awan dari langit itu mungkin awan kemuliaan (bd. Kel 40:34,38; Kis 1:9,11; 1Tes 4:17; Wahy 1:7), yang menunjukkan bahwa Dialah Putra ilahi itu (Mat 26:64), Tuhan kita Yesus Kristus (bd. Luk 21:27; Yoh 1:51).
Full Life: Dan 7:17 - EMPAT RAJA ... MUNCUL DARI DALAM BUMI.
Nas : Dan 7:17
"Muncul dari dalam bumi" tidak bertentangan dengan "dari dalam laut"
(ayat Dan 7:3) karena di dalam Alkitab, laut melambangkan umat ...
Full Life: Dan 7:18 - ORANG-ORANG KUDUS ... MENERIMA PEMERINTAHAN.
Nas : Dan 7:18
(Versi Inggris NIV -- kerajaan) Kerajaan itu milik Anak Manusia
(ayat Dan 7:13-14), tetapi orang kudus (yang di sini mungkin mencaku...
Nas : Dan 7:18
(Versi Inggris NIV -- kerajaan) Kerajaan itu milik Anak Manusia (ayat Dan 7:13-14), tetapi orang kudus (yang di sini mungkin mencakup orang kudus segala zaman) menerima kerajaan itu (bd. Mat 5:3,10) dan ikut memerintah bersama Kristus (bd. Wahy 3:21). Orang kudus adalah mereka yang suci
- (1) karena di dalam hubungan mereka dengan Allah yang kudus, mereka dikuduskan oleh kehadiran-Nya yang kudus, dan
- (2) karena mereka telah memisahkan diri dari dosa dan dunia yang cemar serta mengabdikan diri untuk melayani dan menyembah Allah.
Bahasa Aram mempunyai dua tambahan kata yang tak jelas.
BIS: Dan 7:22 - memberi keputusan yang membenarkan memberi keputusan yang membenarkan atau: memberi hak untuk menghakimi kepada.
memberi keputusan yang membenarkan atau: memberi hak untuk menghakimi kepada.
Jerusalem: Dan 7:1 - bermimpilah Daniel Bdk Yeh 2:1+. Penglihatan berikut, Dan 6:1-28, adalah sejalan dengan mimpi Nebukadnezar, bab 2. Keempat kerajaan yang hilang lenyap di hadapan Anak Ma...
Bdk Yeh 2:1+. Penglihatan berikut, Dan 6:1-28, adalah sejalan dengan mimpi Nebukadnezar, bab 2. Keempat kerajaan yang hilang lenyap di hadapan Anak Manusia itu bersesuaian dengan keempat macam logam patung yang ditumbangkan oleh sebuah batu yang terungkit lepas Dan 2:28+. Ciri eskatologis penglihatan tentang sejarah ini diperuncing dalam Wah 13 yang memanfaatkan Dan 7 ini.
Ialah kerajaan Babel.
Jerusalem: Dan 7:5 - seekor binatang yang lain Binatang ini melambangkan kerajaan Media, yang menurut pendekatan kitab Daniel segera menyusul kerajaan Babel. bdk Dan 6:1+.
Binatang ini melambangkan kerajaan Media, yang menurut pendekatan kitab Daniel segera menyusul kerajaan Babel. bdk Dan 6:1+.
Binatang ini melambangkan kerajaan Persia.
Jerusalem: Dan 7:7 - binatang yang keempat Binatang ini melambangkan kerajaan Aleksander Agung (meninggal pada th 323 seb Mas) serta para penggantinya. Bdk Dan 2:40; 8:5; 11:3. Sepuluh tandukny...
Binatang ini melambangkan kerajaan Aleksander Agung (meninggal pada th 323 seb Mas) serta para penggantinya. Bdk Dan 2:40; 8:5; 11:3. Sepuluh tanduknya melambangkan kesepuluh raja dari wangsa kerajaan Seleukus. Tanduk merupakan lambang (yang sering dipakai) kekuasaan. Bdk Maz 18:3+; Maz 75:5; 89:18; 92:11; Ula 33:17; 1Ra 22:11, dll.
Jerusalem: Dan 7:8 - tanduk lain Tanduk kecil ini melambangkan raja Antiokhus IV Epifanes (th 175-163 seb Mas). Raja ini hanya dapat menjadi penting dengan menyingkirkan sejumlah sain...
Tanduk kecil ini melambangkan raja Antiokhus IV Epifanes (th 175-163 seb Mas). Raja ini hanya dapat menjadi penting dengan menyingkirkan sejumlah saingannya
Jerusalem: Dan 7:8 - mulut yang menyombong Harafiah: mulut yang mengatakan yang besar-besar. Adapun makna ungkapan itu ialah: kefasihan dalam bicara dan kesombongan penghujat, bdk Dan 7:25; 11:...
Harafiah: mulut yang mengatakan yang besar-besar. Adapun makna ungkapan itu ialah: kefasihan dalam bicara dan kesombongan penghujat, bdk Dan 7:25; 11:36; 1Ma 1:21,24,45 dan Wah 13:5.
Jerusalem: Dan 7:9 - takhta-takhta Ialah kursi para hakim. Orang-orang kudus oleh Allah diikutsertakan sebagai hakim dalam penghakiman. Gagasan itu terdapat dalam tradisi Yahudi (buku H...
Ialah kursi para hakim. Orang-orang kudus oleh Allah diikutsertakan sebagai hakim dalam penghakiman. Gagasan itu terdapat dalam tradisi Yahudi (buku Henokh) dan lebih jelas lagi dalam Perjanjian baru, Mat 19:28; Luk 22:30; Wah 3:21; 20:4
Jerusalem: Dan 7:9 - kursiNya Takhta Allah yang beroda dan berapi itu mengingatkan takhta Allah yang digambarkan Yeh 1.
Takhta Allah yang beroda dan berapi itu mengingatkan takhta Allah yang digambarkan Yeh 1.
Jerusalem: Dan 7:10 - dibukalah Kitab-kitab ialah kitab-kitab tempat tercatat perbuatan-perbuatan manusia, baik dan buruk. Bdk Yer 17:1; Mat 3:16; Maz 40:8; 56:9; Luk 10:20; Wah 20:12+. Mengenai...
Jerusalem: Dan 7:12 - jangka hidup mereka Ialah jangka waktu tidak menentukan bagi sisa kerajaan-kerajaan lain yang tidak lagi membahayakan kepercayaan sejati sejak umat Allah tidak lagi menja...
Ialah jangka waktu tidak menentukan bagi sisa kerajaan-kerajaan lain yang tidak lagi membahayakan kepercayaan sejati sejak umat Allah tidak lagi menjadi taklukan.
Jerusalem: Dan 7:13 - anak manusia Aramnya: bar nasya. Ini searti dengan ungkapan: ben Adam. Aselinya berarti: manusia, bdk Maz 8:5. Dalam kitab Yehezkiel Allah menyebut nabi Yehezkiel ...
Aramnya: bar nasya. Ini searti dengan ungkapan: ben Adam. Aselinya berarti: manusia, bdk Maz 8:5. Dalam kitab Yehezkiel Allah menyebut nabi Yehezkiel dengan ungkapan itu. tetapi dalam Dan 7:13 ungkapan yang sama mendapat arti khusus. Yang dimaksud ialah seorang manusia yang secara gaib melebihi keadaan manusia biasa. Dan manusia gaib yang dimaksudkan bukannya pertama-tama sekelompok orang, tetapi seorang tokoh tertentu. begitu ungkapan itu dimengerti oleh tulisan-tulisan Yahudi dari zaman dahulu yang bergantung pada Dan 7:13, yaitu buku apokrip Henokh dan IV Ezra. begitu pula para rabi Yahudi selalu mengartikannya. Yesuspun mengerti ungkapan itu dengan cara demikian dan mengetrapkannya pada diriNya, bdk Mat 8:20+. Tetapi ungkapan itu juga diartikan begitu rupa sehingga yang dimaksud ialah sekelompok orang. Pengertian itu berdasarkan Dan 7:18 (dan 22). Di situ anak manusia dengan satu atau lain jalan disamakan dengan orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi. Tetapi pengertian ini hanya melanjutkan pengartian pertama (seorang tokoh tertentu) Anak manusia (tokoh itu) menjadi kepala, wali dan contoh umat yang kudus. Pujangga Gereja, Efrem, berpendapat bahwa nubuat ini pertama-tama mengenai orang Yahudi (di masa para Makabe), tetapi sepenuh-penuhnya digenapi dalam diri Yesus.
Terjemahan menghilangkan dua kata Aram yang tidak dapat dimengerti.
Jerusalem: Dan 7:18 - orang-orang kudus Ialah umat orang-orang kudus, bdk Dan 8:24; Maz 34:10; Yes 4:3; Bil 16:3; bdk Kel 19:3+.
Terjemahan lain: pengadilan diserahkan.
Ende -> Dan 7:1-28; Dan 7:1; Dan 7:2; Dan 7:4; Dan 7:5; Dan 7:6; Dan 7:7; Dan 7:8; Dan 7:9-14; Dan 7:10; Dan 7:10; Dan 7:11; Dan 7:12; Dan 7:13-14; Dan 7:16
Ende: Dan 7:1-28 - -- Penglihatan pasal 7(Dan 7) sedjadjar dengan mimpi Nebukadnezar dalam
fasal 2(Dan 2). Disinipun keempat keradjaan (Babel, Media, Parsi,
Junani) bergili...
Ende: Dan 7:1 - -- Kisahnja kembali kedjaman radja Babel Belsjasar (Dan 5:1), meskipun
sudah mentjeritakan djaman Darios, pengganti Belsjasar.
Kisahnja kembali kedjaman radja Babel Belsjasar (Dan 5:1), meskipun sudah mentjeritakan djaman Darios, pengganti Belsjasar.
Ende: Dan 7:2 - -- Lautan besar ialah laut Purba. Dari laut itu dahulu mentjullah bumi dan orang
mengira, bahwa laut purba itu masih ada dibawah bumi.
Disini laut purba ...
Lautan besar ialah laut Purba. Dari laut itu dahulu mentjullah bumi dan orang mengira, bahwa laut purba itu masih ada dibawah bumi.
Disini laut purba itu merupakan lambang bangsa2 tempat muntjulnja keradjaan2, jang diibaratkan binatang2 raksasa dan buas.
Singa jang adjaib itu ialah keradjaan Babel.
Ende: Dan 7:5 - -- Beruang, binatang kurang kuat daripada singa, melambangkan keradjaan Media jang
dalam pandangan si pengarang mengganti keradjaan Babel. Ketiga tulang ...
Beruang, binatang kurang kuat daripada singa, melambangkan keradjaan Media jang dalam pandangan si pengarang mengganti keradjaan Babel. Ketiga tulang rusuk dalam montjongnja mungkin mengibaratkan tiga radja Babel jang terachir: Nebukadnezar, Merodak-Baladan dan Belsjasar. Keradjaan Media membinasakan Babel.
Ende: Dan 7:6 - -- Harimau buluh (kurang kuat daripada beruang) ialah keradjaan Parsi (Cyrus).
Sajap2 itu melambangkan ketjepatan dengan mana Cyrus merebut keradjaannja....
Harimau buluh (kurang kuat daripada beruang) ialah keradjaan Parsi (Cyrus). Sajap2 itu melambangkan ketjepatan dengan mana Cyrus merebut keradjaannja. Keempat kepala ialah empat radja Parsi. Kurang terang siapa jang dimaksud. Sesungguhnja ada sepuluh radja. Mungkin: Cyrus, Darios I, Xerxes, Artaxerxes. Ataupun: Cyrus, Kambuses, Darios I, Xerxes.
Ende: Dan 7:7 - -- Keradjaan jang keempat ialah keradjaan Junani, chususnja Iskandar Zulkarnain
(=jang bertanduk!). Tanduk adalah lambang kekuatan dan djuga lambang dewa...
Keradjaan jang keempat ialah keradjaan Junani, chususnja Iskandar Zulkarnain (=jang bertanduk!). Tanduk adalah lambang kekuatan dan djuga lambang dewa. Sepuluh tanduk lalu berarti: kekuatannja luar biasa besarnja. Sekaligus sepuluh tanduk itu mungkin menundjuk pengganti2 Iskandar.
Ende: Dan 7:8 - -- Tanduk ketjil itu ialah Antiochos IV Epifanes. ketiga tanduk lain ialah beberapa
orang jang djuga mau merebut tachta keradjaan dan jang dilenjapkan An...
Tanduk ketjil itu ialah Antiochos IV Epifanes. ketiga tanduk lain ialah beberapa orang jang djuga mau merebut tachta keradjaan dan jang dilenjapkan Antiochos. Mulut besar tanduk ketjil itu menundjukkan ketjongkakan Antiochos.
Ende: Dan 7:9-14 - -- Ajat2 ini menggambarkan pengadilan Allah (Jang Landjut usia) dengan bahasa jang
agak gelap dan kabur.
Ajat2 ini menggambarkan pengadilan Allah (Jang Landjut usia) dengan bahasa jang agak gelap dan kabur.
Api itu mengibaratkan pengadilan Allah.
Ende: Dan 7:10 - seribu kali...dst. ialah malaekat2, pelajan2 pengadilan Allah.
Bahwasanja disurga ada suatu kitab, merupakan anggapan jang biasa (Kuran!).
Kitab itu disini memuat perbua...
ialah malaekat2, pelajan2 pengadilan Allah.
Bahwasanja disurga ada suatu kitab, merupakan anggapan jang biasa (Kuran!). Kitab itu disini memuat perbuatan2 manusia jang akan diadili. Demikianlah kitab itu merupakan lambang keadilan Allah sadja.
Ende: Dan 7:11 - -- Pengadilan Allah itu chususnja mengenai keradjaan jang keempat. Jang lain2 djuga
dihukum dan memang terlebih dahulu.
Pengadilan Allah itu chususnja mengenai keradjaan jang keempat. Jang lain2 djuga dihukum dan memang terlebih dahulu.
Ende: Dan 7:12 - djangka hidup...dst. Keradjaan2 lain jang telah diambil kekuasaannja itu,
boleh berdiri terus sebagai daerah jang kurang penting, sehingga tidak ada lagi
keradjaan jang su...
Keradjaan2 lain jang telah diambil kekuasaannja itu, boleh berdiri terus sebagai daerah jang kurang penting, sehingga tidak ada lagi keradjaan jang sungguh2 dan jang berarti. Keradjaan itu toh tidak membawa bahaja lagi untuk umat Allah.
Ende: Dan 7:13-14 - -- Tokoh jang lain muntjul jang serupa dengan manusia. Tokoh itu melambangkan
keradjaan Allah (orang2 sutji)(Dan 7:18,22,27), seperti binatang2
tadi meng...
Tokoh jang lain muntjul jang serupa dengan manusia. Tokoh itu melambangkan keradjaan Allah (orang2 sutji)(Dan 7:18,22,27), seperti binatang2 tadi mengibaratkan suatu keradjaan pula. Djadi tokoh itu sebenarnja suatu kolektivita. Tetapi sekaligus ia adalah seorang individu djuga (seperti binatang2 itu kadang2 melambangkan seorang radja sadja). Djadi anak-manusia itu adalah radja keradjaan Allah dan tidak sama dengan Allah sendiri. Karena itu "anak-manusia" dari kitab Daniel dalam Perdjandjian Baru disamakan dengan diri al-Masih (Mar 14:62). Radja itu adalah wakil Allah sendiri dan disini nampak djuga bukannja sebagai manusia jang berasal dari bumi, melainkan sebagai suatu tokoh jang datang dari surga.
diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.).
Dua kata jang tertulis kurang terang.
Tanda batja dipindahkan.
Ref. Silang FULL: Dan 7:1 - pemerintahan Belsyazar // mendapat penglihatan-penglihatan // mendapat penglihatan-penglihatan // tempat tidurnya // Lalu dituliskannya · pemerintahan Belsyazar: Dan 5:1; Dan 5:1
· mendapat penglihatan-penglihatan: Yeh 40:2; Yeh 40:2
· mendapat penglihatan-pengliha...
· dari langit: Yeh 37:9; [Lihat FULL. Yeh 37:9]; Dan 8:8; 11:4; Wahy 7:1
Ref. Silang FULL: Dan 7:4 - seekor singa // burung rajawali · seekor singa: 2Raj 24:1; 2Raj 24:1; Mazm 7:3; Yer 4:7; Wahy 13:2
· burung rajawali: Yeh 17:3; Yeh 17:3
Ref. Silang FULL: Dan 7:7 - dalam penglihatan // dari besi // dan sisanya // diinjak-injaknya // ia bertanduk · dalam penglihatan: Yeh 40:2; Yeh 40:2
· dari besi: Dan 2:40; Dan 2:40
· dan sisanya: Dan 8:7
· diinjak-injaknya: Dan 8:1...
Ref. Silang FULL: Dan 7:8 - yang kecil // mata manusia // yang menyombong · yang kecil: Dan 8:9
· mata manusia: Wahy 9:7
· yang menyombong: Mazm 12:4; Mazm 12:4; Wahy 13:5-6
· yang kecil: Dan 8:9
· mata manusia: Wahy 9:7
· yang menyombong: Mazm 12:4; [Lihat FULL. Mazm 12:4]; Wahy 13:5-6
Ref. Silang FULL: Dan 7:9 - lalu duduklah // Lanjut Usianya // seperti salju // bulu domba // dengan roda-rodanya · lalu duduklah: 1Raj 22:19; 1Raj 22:19; 2Taw 18:18; Mat 19:28; Wahy 4:2; 20:4
· Lanjut Usianya: Dan 7:22
· seperti salju: Mat 28...
· lalu duduklah: 1Raj 22:19; [Lihat FULL. 1Raj 22:19]; 2Taw 18:18; Mat 19:28; Wahy 4:2; 20:4
· Lanjut Usianya: Dan 7:22
· seperti salju: Mat 28:3; [Lihat FULL. Mat 28:3]
· bulu domba: Wahy 1:14
· dengan roda-rodanya: Yeh 1:15; [Lihat FULL. Yeh 1:15]; Yeh 10:6
Ref. Silang FULL: Dan 7:10 - sungai api // dari hadapan-Nya // dibukalah Kitab-kitab · sungai api: Mazm 50:3; 97:3; Yes 30:27
· dari hadapan-Nya: Ul 33:2; Ul 33:2; Mazm 68:18; Yud 1:14; Wahy 5:11
· dibukalah Kitab-...
· sungai api: Mazm 50:3; 97:3; Yes 30:27
· dari hadapan-Nya: Ul 33:2; [Lihat FULL. Ul 33:2]; Mazm 68:18; Yud 1:14; Wahy 5:11
· dibukalah Kitab-kitab: Kel 32:32; [Lihat FULL. Kel 32:32]; Mazm 56:9; [Lihat FULL. Mazm 56:9]; Wahy 20:11-15
Ref. Silang FULL: Dan 7:11 - yang diucapkan // dalam api · yang diucapkan: Wahy 13:5-6
· dalam api: Wahy 19:20
· yang diucapkan: Wahy 13:5-6
· dalam api: Wahy 19:20
Ref. Silang FULL: Dan 7:13 - tampak datang // dari langit // anak manusia · tampak datang: Yes 13:6; Zef 1:14; Mal 3:2; 4:1
· dari langit: Ul 33:26; Ul 33:26; Wahy 1:7; Wahy 1:7
· anak manusia: Yeh 1:5; ...
Ref. Silang FULL: Dan 7:14 - kepadanya kekuasaan // mengabdi kepadanya // ialah kerajaan // akan musnah · kepadanya kekuasaan: Mat 28:18; Mat 28:18
· mengabdi kepadanya: Mazm 72:11; 102:23
· ialah kerajaan: Yes 16:5; Yes 16:5
·...
· kepadanya kekuasaan: Mat 28:18; [Lihat FULL. Mat 28:18]
· mengabdi kepadanya: Mazm 72:11; 102:23
· ialah kerajaan: Yes 16:5; [Lihat FULL. Yes 16:5]
· akan musnah: Dan 2:44; [Lihat FULL. Dan 2:44]; Ibr 12:28; Wahy 11:15
Ref. Silang FULL: Dan 7:15 - menggelisahkan aku · menggelisahkan aku: Ayub 4:15; Ayub 4:15; Dan 4:19; Dan 4:19
· kuminta penjelasan: Dan 8:16; 9:22; Za 1:9
Ref. Silang FULL: Dan 7:18 - orang-orang kudus // menerima pemerintahan // kekal selama-lamanya · orang-orang kudus: Mazm 16:3; Mazm 16:3
· menerima pemerintahan: Mazm 49:15; Mazm 49:15
· kekal selama-lamanya: Yes 60:12-14; L...
· orang-orang kudus: Mazm 16:3; [Lihat FULL. Mazm 16:3]
· menerima pemerintahan: Mazm 49:15; [Lihat FULL. Mazm 49:15]
· kekal selama-lamanya: Yes 60:12-14; Luk 12:32; Ibr 12:28; Wahy 2:26; 20:4
Ref. Silang FULL: Dan 7:20 - kesepuluh tanduk // yang menyombong · kesepuluh tanduk: Wahy 17:12
· yang menyombong: Wahy 13:5-6
· kesepuluh tanduk: Wahy 17:12
· yang menyombong: Wahy 13:5-6
· mengalahkan mereka: Wahy 13:7
· memegang pemerintahan: Mr 8:35