Teks -- Yohanes 12:23 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Yoh 12:23
Full Life: Yoh 12:23 - ANAK MANUSIA DIMULIAKAN.
Nas : Yoh 12:23
Yesus berbicara tentang kematian-Nya sebagai suatu pemuliaan dan
bukan sebagai suatu tragedi. Dia mengajarkan murid-murid-Nya bahwa...
Ende -> Yoh 12:23
Ende: Yoh 12:23 - -- Pembitjaraan disini dan selandjutnja ditudjukan kepada murid-murid, tetapi
setjara tidak langsung djuga kepada semua orang jang hadir, tetapi tidak
la...
Pembitjaraan disini dan selandjutnja ditudjukan kepada murid-murid, tetapi setjara tidak langsung djuga kepada semua orang jang hadir, tetapi tidak langsung kepada orang Junani tersebut.
Ref. Silang FULL -> Yoh 12:23
Ref. Silang FULL: Yoh 12:23 - tiba saatnya // Manusia dimuliakan · tiba saatnya: Mat 26:18; Mat 26:18
· Manusia dimuliakan: Yoh 13:32; 17:1
· tiba saatnya: Mat 26:18; [Lihat FULL. Mat 26:18]
· Manusia dimuliakan: Yoh 13:32; 17:1
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Yoh 12:23 - -- 12:23 Tetapi Yesus menjawab mereka, kata-Nya, "Telah tiba914 saatnya Anak Manusia dimuliakan.
Sangat ironis bahwa pada saat pemimpin orang Yahudi sema...
12:23 Tetapi Yesus menjawab mereka, kata-Nya, "Telah tiba914 saatnya Anak Manusia dimuliakan.
Sangat ironis bahwa pada saat pemimpin orang Yahudi semakin melawan Dia, orang bukan Yahudi hendak mendekat kepada-Nya. Tuhan Yesus tidak menanggapi permohonan orang-orang Yunani itu, tetapi Dia menanggapi situasi yang ironis itu. Dia menanggapi adanya suku-suku bangsa yang sangat memerlukan Dia. Dengan demikian permohonan mereka menjadi semacam "picu" yang mendorong Dia untuk berbicara mengenai karya-Nya yang akan menyediakan keselamatan bagi segala suku bangsa.
Sampai dengan ayat ini, istilah saat ini915 merujuk pada peristiwa yang belum datang.916 Tuhan Yesus memakai istilah itu untuk menceritakan kematian, kebangkitan, dan kenaikan-Nya. Menurut pandangan Dia, Dia dimuliakan di kayu salib dan juga di kubur, bukan hanya pada saat Dia dibangkitkan. Bagaimana caranya salib Tuhan Yesus mengandung kemuliaan-Nya merupakan suatu rahasia yang tidak dapat dipahami oleh orang congkak.
Oleh karena kaitan erat antara Kidung Hamba yang ke empat, yaitu Yesaya 52:13-53:12, dan Yohanes pasal 12:37-41, mungkin ayat ini juga terkait dengan Yesaya 52:13.917 Dalam Injil Yohanes Dia dimuliakan, dan dalam Yesaya 52:13 Hamba itu "ditinggikan, disanjung dan dimuliakan".
Orang Yunani itu tidak disebutkan lagi, dan kita tidak diberitahu apa mereka berhasil bertemu dengan Tuhan Yesus.
Ayat ini terfokus pada Tuhan Yesus, tetapi fokus ayat berikut melebar dan menjangkau Dia dan seluruh umat manusia.
Hagelberg: Yoh 12:20-36 - -- 4. Orang kafir memicu pernyataan Yesus mengenai \"saatnya\" (12:20-36)
Setelah dia mencatat perkataan yang ironis tersebut, Yohanes mencatat peristiwa...
4. Orang kafir memicu pernyataan Yesus mengenai \"saatnya\" (12:20-36)
Setelah dia mencatat perkataan yang ironis tersebut, Yohanes mencatat peristiwa permohonan beberapa orang Yunani. Susunan ini tidak sembarangan. Sekali lagi musuh Tuhan Yesus mengucapkan suatu kebenaran, tanpa menyadari bahwa perkataan mereka mempunyai arti yang ironis. Dalam pasal 11:51-52 Yohanes menjelaskan bahwa perkataan Imam Besar merupakan nubuatan, tetapi dalam nas ini Yohanes tidak menjelaskan keironisan perkataan mereka secara terang-terangan. Namun kisah ini mengenai permohonan beberapa orang Yunani menyatakan bahwa memang "seluruh dunia mengikuti Dia", sementara ini diwaklili oleh beberapa orang Yunani.
Seolah-olah tanggapan Tuhan Yesus kurang tepat. Tampaknya tidak ada kaitan antara permohonan mereka dan tanggapan Tuhan Yesus. Namun ada kaitan. Bagi Tuhan Yesus, orang-orang Yunani itu melambangkan seluruh dunia yang harus dijangkau dengan berita kematian dan kenaikan-Nya. Lagipula mereka tidak akan dijangkau kecuali pengikut-pengikut Tuhan Yesus rela mengikuti teladan-Nya, dan tidak mengasihi nyawanya. Dengan demikian pokok-pokok yang diungkapkan dalamm nas ini memiliki kesatuan dan tujuan yang sangat tepat.
Hagelberg: Yoh 12:23 - -- 12:23 Tetapi Yesus menjawab mereka, kata-Nya, "Telah tiba914 saatnya Anak Manusia dimuliakan.
Sangat ironis bahwa pada saat pemimpin orang Yahudi sema...
12:23 Tetapi Yesus menjawab mereka, kata-Nya, "Telah tiba914 saatnya Anak Manusia dimuliakan.
Sangat ironis bahwa pada saat pemimpin orang Yahudi semakin melawan Dia, orang bukan Yahudi hendak mendekat kepada-Nya. Tuhan Yesus tidak menanggapi permohonan orang-orang Yunani itu, tetapi Dia menanggapi situasi yang ironis itu. Dia menanggapi adanya suku-suku bangsa yang sangat memerlukan Dia. Dengan demikian permohonan mereka menjadi semacam "picu" yang mendorong Dia untuk berbicara mengenai karya-Nya yang akan menyediakan keselamatan bagi segala suku bangsa.
Sampai dengan ayat ini, istilah saat ini915 merujuk pada peristiwa yang belum datang.916 Tuhan Yesus memakai istilah itu untuk menceritakan kematian, kebangkitan, dan kenaikan-Nya. Menurut pandangan Dia, Dia dimuliakan di kayu salib dan juga di kubur, bukan hanya pada saat Dia dibangkitkan. Bagaimana caranya salib Tuhan Yesus mengandung kemuliaan-Nya merupakan suatu rahasia yang tidak dapat dipahami oleh orang congkak.
Oleh karena kaitan erat antara Kidung Hamba yang ke empat, yaitu Yesaya 52:13-53:12, dan Yohanes pasal 12:37-41, mungkin ayat ini juga terkait dengan Yesaya 52:13.917 Dalam Injil Yohanes Dia dimuliakan, dan dalam Yesaya 52:13 Hamba itu "ditinggikan, disanjung dan dimuliakan".
Orang Yunani itu tidak disebutkan lagi, dan kita tidak diberitahu apa mereka berhasil bertemu dengan Tuhan Yesus.
Ayat ini terfokus pada Tuhan Yesus, tetapi fokus ayat berikut melebar dan menjangkau Dia dan seluruh umat manusia.
C. Kemenangan dan kematian yang mendekat (11:55-12:36)
Hagelberg: Yoh 11:1--12:50 - -- III. PERALIHAN: KEHIDUPAN DAN KEMATIAN, RAJA DAN HAMBA YANG MENDERITA (11:1-12:50)
III. PERALIHAN: KEHIDUPAN DAN KEMATIAN, RAJA DAN HAMBA YANG MENDERITA (11:1-12:50)