Teks -- Yohanes 10:10 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem -> Yoh 10:10
Jerusalem: Yoh 10:10 - hidup Ialah hidup kekal. Yesuslah yang memberikannya, Yoh 3:16,36; 5:40; 6:33,35,48,51; 14:6; 20:31, dengan kelimpahan, bdk Wah 7:17; Mat 25:29; Luk 6:38.
Ialah hidup kekal. Yesuslah yang memberikannya, Yoh 3:16,36; 5:40; 6:33,35,48,51; 14:6; 20:31, dengan kelimpahan, bdk Wah 7:17; Mat 25:29; Luk 6:38.
Ref. Silang FULL -> Yoh 10:10
Ref. Silang FULL: Yoh 10:10 - mempunyai hidup // segala kelimpahan · mempunyai hidup: Yoh 1:4; Yoh 1:4; Yoh 3:15,16; 5:40; 20:31
· segala kelimpahan: Mazm 65:12; Rom 5:17
· mempunyai hidup: Yoh 1:4; [Lihat FULL. Yoh 1:4]; Yoh 3:15,16; 5:40; 20:31
· segala kelimpahan: Mazm 65:12; Rom 5:17
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Yoh 10:10 - -- 10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelim...
10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.
Pernyataan ini ditekankan dengan sebuah kontras. Di luar Kristus, tujuan pemimpin adalah untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan. Mereka dikiaskan sebagai pencuri. Tetapi Kristus tidak seperti itu. Dia datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan. Dalam ayat 9 Ia mengatakan bahwa melalui Dia domba-domba "selamat", dan dalam ayat ini Ia mengatakan bahwa Ia datang, supaya mereka mempunyai hidup. Yesus Kristus adalah Juru Selamat dunia. Dia menyediakan keselamatan kekal, sehingga setiap orang yang percaya kepada-Nya memperoleh hidup kekal, hidup ilahi, dan tidak mengalami kematian kekal.
Demikian juga dalam ayat 9 Ia mengatakan bahwa melalui Dia domba-domba "akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput", dan dalam ayat ini Ia mengatakan bahwa Ia datang, supaya mereka mempunyai hidup... dalam segala kelimpahan. Barangsiapa yang percaya kepada Tuhan Yesus (sehingga selamat) dan menyerahkan dirinya kepada-Nya dapat menikmati hidup ilahi itu, yang adalah hidup yang sesungguhnya, dengan sukacita yang benar dan dalam, bukan nikmat yang dangkal dan cepat layu. Bukankah hal yang sama dinyatakan dalam pasal 20:31, yang berbunyi "...supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya." Tuhan Yesus menyediakan kehidupan kekal bagi kita, bukan hanya supaya kita tidak kena api neraka, tetapi juga supaya kita dapat menikmatinya dalam segala kelimpahan pada masa kini.
c. Kiasan dikembangkan (10:7-10)
Hagelberg: Yoh 10:10 - -- 10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelim...
10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.
Pernyataan ini ditekankan dengan sebuah kontras. Di luar Kristus, tujuan pemimpin adalah untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan. Mereka dikiaskan sebagai pencuri. Tetapi Kristus tidak seperti itu. Dia datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan. Dalam ayat 9 Ia mengatakan bahwa melalui Dia domba-domba "selamat", dan dalam ayat ini Ia mengatakan bahwa Ia datang, supaya mereka mempunyai hidup. Yesus Kristus adalah Juru Selamat dunia. Dia menyediakan keselamatan kekal, sehingga setiap orang yang percaya kepada-Nya memperoleh hidup kekal, hidup ilahi, dan tidak mengalami kematian kekal.
Demikian juga dalam ayat 9 Ia mengatakan bahwa melalui Dia domba-domba "akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput", dan dalam ayat ini Ia mengatakan bahwa Ia datang, supaya mereka mempunyai hidup... dalam segala kelimpahan. Barangsiapa yang percaya kepada Tuhan Yesus (sehingga selamat) dan menyerahkan dirinya kepada-Nya dapat menikmati hidup ilahi itu, yang adalah hidup yang sesungguhnya, dengan sukacita yang benar dan dalam, bukan nikmat yang dangkal dan cepat layu. Bukankah hal yang sama dinyatakan dalam pasal 20:31, yang berbunyi "...supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya." Tuhan Yesus menyediakan kehidupan kekal bagi kita, bukan hanya supaya kita tidak kena api neraka, tetapi juga supaya kita dapat menikmatinya dalam segala kelimpahan pada masa kini.
Hagelberg: Yoh 10:1-21 - -- 3. Yesus sebagai Pintu dan Gembala (10:1-21)
Tidak ada peralihan antara pasal 9 dan pasal 10, dan hubungan antara pasal 10:1-12 dan pasal 9 tidak dije...
3. Yesus sebagai Pintu dan Gembala (10:1-21)
Tidak ada peralihan antara pasal 9 dan pasal 10, dan hubungan antara pasal 10:1-12 dan pasal 9 tidak dijelaskan oleh Rasul Yohanes. Namun kedua bagian ini menceritakan sikap para pemimpin agama Yahudi. Kedua bagian ini juga menegaskan kontras antara sikap Tuhan Yesus dan sikap para pemimpin agama Yahudi. Dalam pasal 9 kita melihat bahwa mereka tidak mencari kebenaran, dan mereka bersikap keras terhadap seseorang yang disembuhkan. Dalam pasal 10:1-21 mereka disebut "pencuri" dan "perampok" domba.
Bagian ini dilatarbelakangi oleh beberapa nas dalam Perjanjian Lama yang menegur para pemimpin agama Yahudi, yang disebut "gembala". Lihat Yeremia 23:1-4; 25:32-38; Zakharia 11; dan Yesaya 56:9-12. Dalam Mazmur 80:1 Allah dikiaskan sebagai Gembala Israel. Lihat juga Mazmur 23:1 dan Yesaya 40:11. Dalam Yehezkiel 34:20-24, Tuhan Allah menjelaskan bahwa Dia akan menempatkan seorang gembala atas mereka, karena domba-domba Israel telah menjadi mangsa gembala-gembala Israel. Gembala itu, yang dikiaskan sebagai "Daud", adalah Mesias.790
Dalam pasal 10:1-9 Dia adalah "pintu", suatu kiasan yang menceritakan kepada kita bahwa Dia adalah Juru Selamat yang benar, yang satu-satu. Akan tetapi dalam ayat 10-21 Dia adalah "Gembala yang Baik". Kiasan "Gembala yang Baik" mengembangkan ajaran mengenai Dia sebagai Juru Selamat. Kedua kiasan ini ("Pintu" dan "Gembala yang Baik") sulit disatukan secara logika. Namun ada beberapa kasus yang mirip kasus ini.791
Hagelberg: Yoh 8:12--10:42 - -- D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)
D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)
II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)