Yesaya 11:1-2
KonteksYohanes 1:29-34
KonteksKisah Para Rasul 6:9-15
Konteks6:9 Tetapi tampillah beberapa orang dari jemaat Yahudi yang disebut jemaat orang Libertini--anggota-anggota jemaat itu adalah orang-orang dari Kirene v dan dari Aleksandria--bersama dengan beberapa orang Yahudi dari Kilikia w dan dari Asia. x Orang-orang itu bersoal jawab dengan Stefanus, 6:10 tetapi mereka tidak sanggup melawan hikmatnya dan Roh yang mendorong dia berbicara. y 6:11 Lalu mereka menghasut z beberapa orang untuk mengatakan: "Kami telah mendengar dia mengucapkan kata-kata hujat terhadap Musa dan Allah. a " 6:12 Dengan jalan demikian mereka mengadakan suatu gerakan di antara orang banyak serta tua-tua dan ahli-ahli Taurat; mereka menyergap Stefanus, menyeretnya dan membawanya ke hadapan Mahkamah Agama. b 6:13 Lalu mereka memajukan saksi-saksi palsu c yang berkata: "Orang ini terus-menerus mengucapkan perkataan yang menghina tempat kudus ini d dan hukum Taurat, 6:14 sebab kami telah mendengar dia mengatakan, bahwa Yesus, orang Nazaret itu, akan merubuhkan tempat ini e dan mengubah adat istiadat yang diwariskan oleh Musa kepada kita. f " 6:15 Semua orang yang duduk dalam sidang Mahkamah Agama g itu menatap Stefanus, lalu mereka melihat muka Stefanus sama seperti muka seorang malaikat.
[11:1] 1 Full Life : TUNAS AKAN KE LUAR
Nas : Yes 11:1
(versi Inggris NIV -- Tunas akan berbuah). Yesaya memberikan gambaran yang indah tentang dunia baru masa depan yang diperintah oleh sang Tunas (yaitu, Yesus Kristus). Kata Ibrani _netzer_ ("Tunas") mungkin merupakan akar kata dari nama Nazaret. Yesus disebut sebagai orang Nazaret (Mat 2:23) yang bisa berarti "orang dari Nazaret" atau "orang dari Tunas". Dia akan timbul sebagai Tunas dari tunggul Isai, yaitu ayah Daud
(lihat cat. --> Yes 4:2;
[atau ref. Yes 4:2]
bd. Yes 4:2-6; 7:14; 8:23-9:6; Rom 15:12) dan akan menjadi pemimpin dunia yang dipulihkan kepada kesejahteraan, kebenaran dan kebaikan. Awal penggenapan nubuat ini terjadi 700 tahun kemudian ketika Yesus Kristus lahir, sedangkan penyelesaiannya masih menantikan kedatangan-Nya yang kedua
(lihat cat. --> Yes 9:7).
[atau ref. Yes 9:7]
[11:2] 2 Full Life : ROH TUHAN AKAN ADA PADANYA.
Nas : Yes 11:2
Mesias akan diurapi secara luar biasa oleh Roh Kudus supaya dapat melaksanakan kehendak Bapa dan membawa keselamatan penuh bagi bangsa-bangsa (Yes 61:1; Mat 3:16-17; Yoh 1:33-34;
lihat art. YESUS DAN ROH KUDUS).
Supaya melaksanakan rencana keselamatan-Nya, Mesias juga akan membaptis dan mengurapi para pengikut-Nya dengan Roh Kudus. Ini adalah tuntutan penting dalam karya penebusan yang berlangsung terus
(lihat cat. --> Mat 3:11;
lihat cat. --> Luk 3:16;
lihat cat. --> Kis 1:5;
[atau ref. Mat 3:11; Luk 3:16; Kis 1:5]
lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
[11:2] 3 Full Life : ROH TUHAN.
Nas : Yes 11:2-3
Yesaya lebih banyak menyebutkan Roh Kudus daripada nabi PL lainnya (Yes 11:2; 30:1; 32:15; 34:16; 40:13; 42:1; 44:3; 48:16; 59:21; 61:1; Yes 63:10-11,14;
lihat art. ROH KUDUS DI DALAM PERJANJIAN LAMA).
Lukisan kenabian mengenai pengurapan Mesias ini berkaitan dengan sifat dan keunggulan rohani-Nya
(lihat cat. --> Yes 61:1-3).
[atau ref. Yes 61:1-3]
Mesias dipenuhi dengan Roh Kudus, dan berbagai karunia Roh-Nya dilukiskan sebagai
- (1) Roh Tuhan ALLAH (ayat Yes 11:1),
- (2) hikmat (ayat Yes 11:2),
- (3) pengertian (ayat Yes 11:2),
- (4) nasihat (ayat Yes 11:2),
- (5) perkasa (ayat Yes 11:2),
- (6) pengenalan (ayat Yes 11:2), dan
- (7) takut akan Tuhan. Kepenuhan dari lukisan ini adalah tanpa tandingan dalam Alkitab; ketujuh unsur karunia ini menandakan kelimpahan karunia itu.
[1:29] 4 Full Life : ANAK DOMBA ALLAH.
Nas : Yoh 1:29
Yesus merupakan Anak Domba yang disediakan Allah untuk dikorbankan sebagai pengganti orang berdosa (bd. Kel 12:3-17; Yes 53:7;
lihat art. PASKAH).
Melalui kematian-Nya, Yesus memungkinkan penghapusan kesalahan dan kuasa dosa dan membuka jalan kepada Allah bagi seluruh dunia.
[1:33] 5 Full Life : AKAN MEMBAPTIS DENGAN ROH KUDUS.
Nas : Yoh 1:33
Kata "dengan" adalah terjemahan preposisi bah. Yunani _en_ yang dapat diartikan sebagai "oleh", "dengan", atau "dalam". Terjemahan lain akan berbunyi "Dia yang akan membaptis dalam Roh Kudus", sama seperti "membaptis dengan air" dapat diterjemahkan "membaptis dalam air".
Semua Injil menekankan bahwa Yesus adalah "Dia ... yang akan membaptis dengan (dalam) Roh Kudus" (Mat 3:11; Mr 1:8; Luk 3:16; Yoh 1:33). Baptisan ini merupakan tanda dan ciri dinamis dari pengikut Yesus. Roh Kudus akan dicurahkan atas mereka supaya mereka dapat melanjutkan karya penyelamatan-Nya di seluruh dunia (bd. Kis 1:8). Tugas Yesus membaptis dalam Roh Kudus merupakan tujuan-Nya yang berlangsung sepanjang zaman ini
(lihat cat. --> Mat 3:11; dan
lihat cat. --> Kis 2:39).